Sign in to follow this  
praspraspras

Istana Siak, Sisa Kesultanan yang Turut Campur Kemerdekaan RI

12 posts in this topic

Kenapa saya bilang turut campur? tau gak alesannya?

yang pasti bukan karena istana siak ikut berperang ke wilayah jakarta, atau wilayah lainnya. yang pasti kesultanan siak gak mengirimkan orang orangnya untuk mengangkat bambu runcing.

alasan utama kenapa saya bilang turut campur karena kesultanan siak adalah salah satu kesultanan yang lebih merelakan kesultanannya dibawah bendera republik indonesia. saat itu, sultan terakhir Sultan Syarif Qasim II memberikan sebagian besar hartanya kepada Presiden Soekarno untuk kemerdekaan Indonesia dan mengibarkan bendera Merah Putih di istananya mendandakan Sultan memberikan wilayahnya ke Indonesia

Nah, dari semua harta yang sebagian besar disumbangin, satu satunya peninggalan dari kesultanan Siak yang masih bisa dilihat sampai sekarang di Kabupaten Siak, Riau ini adalah istana dan segala diorama yang ada di dalamnya.

Satu hal tambahan yang membuat istana ini spesial adalah pemutar musik yang cuma ada 2 di dunia yang bernama komet

1. Sejarah Berdirinya Istana Siak

Istana Siak berdiri pada tahun 1889. Walau kesultanan Siak sudah ada sebelum 1827, kesultanan siak baru bertempat di Siak pada tahun 1827. dan baru pada masa pemerintahan sultan ke 11 yaitu Sultan Assayaidis Syarief Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin yang menjabat pada tahun 1889 sampai 1908 istana ini dibangun.

Secara arsitektur, istana siak dibangun dengan konsep melayu, arab dan eropa (khususnya belanda). arab diambil dari nuansa islami, melayu diambil dari kawasan tempat berdirinya istana dan eropa karena pengaruh kerajaan belanda saat sultan berkunjung ke eropa sebelum masa pembangunan.

Secara fisik, istana ini tidak ada yang berubah hingga sekarang

26815109662795364617650.jpg

2. Arsitektur ruangan istana siak

Istana siak terdiri dari 2 lantai. yang masing masing diperuntukkan sesuai fungsinya. Lantai 1 digunakan untuk jamuan tamu, ruangan sidang, dan pertemuan sedangkan lantai 2 untuk peristirahatan. lantai 1 dan 2 dihubungkan dengan tangga yang berbentuk melingkar khas eropa

istana-siak-02.jpg

3. lokasi

istana siak terletak di kabupaten siak (1999) yang berada sekitar 200 kilometer dari ibukota Riau Pekanbaru. Mengunjungi istana siak bisa ditempuh melalui jalur air ataupun darat melewati kecamatan tualang dan minas yang berada pada area pemerintahan kabupaten siak. butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai ke siak dengan melewati jalur darat

peta-riau.jpg

sebelumnya, walau ditempuh lewat darat dari Pekanbaru, untuk bisa mengunjungi istana siak harus dilanjutkan dengan menyebrang menggunakan feri ataupun perahu sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. namun sejak jembatan baru kabupaten siak dibangun, maka waktu tempuh darat bisa menjadi hanya 3 jam

89852880.jpg

4. Peninggalan

selain mahkota dan uang sejumlah 10 juta poundsterling yang diberikan sultan ke indonesia, masih ada lagi peninggalan lainnya seperti:

- komet, alat musik pemberian dari ratu belanda (atau inggris, saya lupa)

- singgasana sultan yang berbalut emas

- alat masak, alat makan, dan lainnya

- bangunan bangunan lain yang masih digunakan keturunan kerabat sultan (SSQ ii tidak memiliki keturunan)

berikut beberapa galeri istana siak, diambil dari google (ntar yang koleksi pribadi belakangan deh, males upload :P )

Istana-Siak-03.jpg

Istana-Siak-02.jpg

istana.JPG

tangga-di-istana-siak.jpg

komet.jpg

3259535962_40083c27c3.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya pernah ke sini, waktu jembatannya masih belom ada. jadi nyebrangnya masih pake kapal ferry. untung mobil bisa ikutan disebrangi, mabok juga tuh kalo jalan kaki dari dermaga ke istana nya. kalo naik becak, kasian bapaknya hehe..

kalo dibaca2, jadi inget cerita kakek saya. banyak banget loh pengorbanan rakyat indonesia buat bikin indonesia merdeka, termasuk menghibahkan kekayaannya, karna republik indonesia gak punya aset apa2 buat bikin negara. kekayaan dari kerajaan2 di indonesia, ato harta rakyat. sayang udah bertahun merdeka, republik indonesia gak bisa kasih balik itu harta2 yang udah didapat dari rakyaknya. *serius mode: on*

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya pernah ke sini, waktu jembatannya masih belom ada. jadi nyebrangnya masih pake kapal ferry. untung mobil bisa ikutan disebrangi, mabok juga tuh kalo jalan kaki dari dermaga ke istana nya. kalo naik becak, kasian bapaknya hehe..

kalo dibaca2, jadi inget cerita kakek saya. banyak banget loh pengorbanan rakyat indonesia buat bikin indonesia merdeka, termasuk menghibahkan kekayaannya, karna republik indonesia gak punya aset apa2 buat bikin negara. kekayaan dari kerajaan2 di indonesia, ato harta rakyat. sayang udah bertahun merdeka, republik indonesia gak bisa kasih balik itu harta2 yang udah didapat dari rakyaknya. *serius mode: on*

wah, pernah kesana mas? emang asli orang mana mas? kok bisa kesana?

jaman belum ada jembatan? jembatannya aja baru ada sekitaran 2 taun ini mas, jadi ya sekitaran 2 tahun sebelum 2012 gitu mas?

wuih kental ya melayu nya keren neh nice inpo mas

iya, disini kental banget. kalo main main ke siak situ, kabarnya akan disambut sama nuansa melayu yang khas banget. berasa bedanya. udah kaya dateng ke malaka atau ke malaysia. tapi dari segi bahasa, karena sekarang banyak keturunan dari pendatang yang dominan jawa ketimbang keturunan melayu, jadi bahasanya agak ke arah bahasa jawa, bukan melayu lagi

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, pernah kesana mas? emang asli orang mana mas? kok bisa kesana?

jaman belum ada jembatan? jembatannya aja baru ada sekitaran 2 taun ini mas, jadi ya sekitaran 2 tahun sebelum 2012 gitu mas?

asli sumatra mas, masa kecil di pekanbaru. bisa lah ya nyasar2 sampe siak, bangkinang aja habis saya jelajahi. :)

bukan sih, lebih tepatnya sekitaran taun 2000-2003 mas. udah lama banget ya berarti hehe..

seneng lah daerah2 di indonesia ada perkembangan. denger2 pekanbaru lagi djamuri sama mall2 ya mas :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

asli sumatra mas, masa kecil di pekanbaru. bisa lah ya nyasar2 sampe siak, bangkinang aja habis saya jelajahi. :)

bukan sih, lebih tepatnya sekitaran taun 2000-2003 mas. udah lama banget ya berarti hehe..

seneng lah daerah2 di indonesia ada perkembangan. denger2 pekanbaru lagi djamuri sama mall2 ya mas :D

wah, saya bener, sekarang pekanbaru tambah besar, udah banyak mall nya. tapi di siak mah kayanya masih kaya dulu. jembatannya aja yang baru, sama jalan yang lebih besar. sekarang jalannya mulus, dan bisa dilewati full darat

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, saya bener, sekarang pekanbaru tambah besar, udah banyak mall nya. tapi di siak mah kayanya masih kaya dulu. jembatannya aja yang baru, sama jalan yang lebih besar. sekarang jalannya mulus, dan bisa dilewati full darat

seinget saya, kendaraan umum di sana cuma becak mas. kecuali bawa kendaraan sendiri ke sana, berarti kemana2 mesti naik becak, ato jalan kaki. sekarang masih gitu ato udah banyak kendaraan umum ya? inget banget deh anaknya orang nomer satu di sana (bupati ya?) masih bisa main2 sepeda di jalanan utama. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

seinget saya, kendaraan umum di sana cuma becak mas. kecuali bawa kendaraan sendiri ke sana, berarti kemana2 mesti naik becak, ato jalan kaki. sekarang masih gitu ato udah banyak kendaraan umum ya? inget banget deh anaknya orang nomer satu di sana (bupati ya?) masih bisa main2 sepeda di jalanan utama. :)

nah, semenjak ada jembatan itu, pembangunan di siak meningkat drastis kabarnya. emang sih, waktu terakhir kesana, siak itu bagus. rapi dan besar banget. banyak jalan jalan besar, rame. tapi saya jarang liat becak disana. gak tau, ntah udah di gusur atau emang saya aja yang kurang beruntung

becaknya dayung samping atau belakang ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, kayaknya bisa sekalian belajar tentang sejarah juga nih di istana siak ini...

arsitekturnya kental banget dengan melayunya yah mas...?

lalu, dari dibuat jaman dulu, ampe hari ini belom pernah di pugar. kerasa banget aslinya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, kayaknya bisa sekalian belajar tentang sejarah juga nih di istana siak ini...

arsitekturnya kental banget dengan melayunya yah mas...?

lalu, dari dibuat jaman dulu, ampe hari ini belom pernah di pugar. kerasa banget aslinya.

hm, iya mbak, beneran bisa belajar tentang sejarah melayu, sejarah adat istiadat kita. sekalian ngeliat, sebenernya gimana sih rumpun melayu itu seenernya. cara berpakaiannya, cara ngomongnya, cara sopan santunnya, masih kental banget

dari arsitektur juga bener bener bisa belajar mbak. banyak yang bisa kita tangkep kalo ngejaga sesuatu dengan baik mbak. contohnya istana siak ini, karena dijaga, jadi paling diperbaiki dikit dikit aja, belum pernah dipugar kalo gak salah

kepengen kesana mbak?

Share this post


Link to post
Share on other sites

nah, semenjak ada jembatan itu, pembangunan di siak meningkat drastis kabarnya. emang sih, waktu terakhir kesana, siak itu bagus. rapi dan besar banget. banyak jalan jalan besar, rame. tapi saya jarang liat becak disana. gak tau, ntah udah di gusur atau emang saya aja yang kurang beruntung

becaknya dayung samping atau belakang ya?

wah, udah kegusur kali mas. waktu saya dulu itu, becaknya ada dimana2. yg diliat cuma becak, sama sebagian kecil kendaraan pribadi. trade-off dari sebuah pembangunan kali ya mas. makin modern, makin maju sebuah kota, yg kuno2 jadi terpinggirkan kalo enggak tergusur. tergantung nilai yg ingin dicari apa kan. :)

becaknya di belakang mas. emang ada yg dayung samping ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

review saya yang mungkin sedikit miris sih sebenarnya....

pernah ajak teman2 yang setelah sekian ratus tahun di pekanbaru, dan akhirnya melanglang buana ke ujung dunia, hingga kembali untuk sementara ke tanah tempat dia tumbuh ... tapi tidak pernah tau istana siak.......

meluncurlah kami hingga akhirnya melintas di jembatan panjang X tinggi X mewah, terlihatnya lah gedung besar dan megah.... bersoraklah mereka.....ISTANA SIAK..... padahal itu baru mesjid raya siak....   *harap2 cemas, pasti nih istana 2 x lipat besarnya dibandingkan ni mesjid*

 

akhirnya saya lanjutkan perjalanan namun tidak memberitahukan yang mana istana siak, walaupun sudah dilewati.......dan benar mereka tidak mengenali istana itu....

 

akhirnya saya kembalikan mereka ke jalurnya, dan AKHIRRRRRRRRNYA..... kecewa yang muncul.. dengan bahasa satirr....."ini sih besaran rumah temanku"

 

 

 

untunglah di akhir perjalanan.... kekecewaan terobati dengan DURIAN RUNTUH dari kebun masyarakat.. dengan harga yang lumayan murah disana... dengan rasa yang BUOOOLEH LAH

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By citrariana

      Ada apa di Pekanbaru? Banyak kok. Ini buktinya :
      Desa Okura

       
      Desa ini dinobatkan menjadi desa wisata sejak 2010. Suasana tradisional masih dipertahankan. Terbukti dengan adanya beberapa rumah panggung di tepi Sungai Siak. Selain itu pengobatan tradisional masih populer digunakan. Masyarakat pun masih menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Salah satu tradisi unik di desa ini adalah Silat Pangean yang masih bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada tidak akan bosan di sana. Ada berbagai paket wisata yang di tawarkan seperti bersepeda di kebun sagu, berkuda, susur sungai, naik sampan, dan menikmati wisata budaya.
      Sungai Kampar

      Sungguh Indonesia sangatlah unik. Termasuk wisatanya. Contohnya di Sungai Kampar. Namanya adalah gelombang bono. Gelombang ini menyerupai gelombang yang ada di pantai. Tingginya mencapai 6 m dan panjang gelombang mencapai 300 m. Di sungai ini pengunjung dapat berselancar menantang ombak. Sungai Kampar telah terkenal hingga luar negeri terbukti dengan banyaknya peselancar dunia yang berniat mencoba ombak yang menantang ini. Menurut peselancar, tidak mudah menahlukkan gelombang bono. Gelombangnya cepat, karakternya tidak terduga dan panjang. Selain itu, cukup sulit untuk mengambang di sungai ini mengingat sungai ini adalah sungai air tawar.
      Masjid Agung An-Nur

      Dibangun pada tahun 1963, masjid ini salah satu yang tertua di Pekanbaru. Arsitekturnya yang unik merupakan perpaduan dari Turki, Arab, India, dan Melayu. Arsitektur masjid ini sering disamakan dengan Taj Mahal. Masjid ini telah menjadi landmark Provinsi Riau. Anda akan merasakan kemegahan masjid ini bahkan sebelum Anda memasuki masjid.
      Dekranasda

      Tidak lengkap rasanya bila pulang dari liburan tidak membawa oleh-oleh. Maka datanglah ke Dekranasda.Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian, tempat ini merupakan pusatnya oleh-oleh Riau. Menjual berbagai macam batik Riau, kain tenun, kain songket, busana melayu, dan berbagai kerajinan dari kayu. Pastinya Anda tak perlu khawatir dengan harga.
      Sop Tunjang

      Kuliner merupakan salah satu tujuan wisatawan. Pekanbaru pun tak mau kalah dengan menyuguhkan kuliner yang lenzat dan membuat Anda rindu untuk kembali. Salah satu makanan khas di sana adalah sop tanjung. Salah satu yang paling lezat berapa di kawasan Gor Tri Buana Jalan Diponegoro. Masakan yang terbuat dari tulang sapi yang direbus hingga menjadi sop dengan rasa yang sangat gurih. Perpaduan bumbu yang dipilih membuat sop ini semakin nikmat dinikmati bahkan saat Anda merasa kenyang.
      Apa hanya itu? Tentu tidak. Masih ada wisata lain seperti Riau Fantasi, Kebun Binatang Sang Kulim, Danau Buatan Lembah Sari, Rekreasi Alam Mayang, Istana Siak, Pasar Bawah, Air Terjun Aek Martua, dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi? Yuk segera siapkan liburan Anda ke Pekanbaru. 
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Pekanbaru adalah sebuah kota di Sumatera yang menjadi ibukota provinsi Riau. Kota ini sendiri merupakan kota perdagangan dan jasa, dengan termasuk sebagai kota dengan tingkat migrasi, pertumbuhan dan urbanisasi yang tinggi.
      Saat ini, kota Pekanbaru tengah berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi etnik. Keberadaan ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.
      Kota Pekanbaru masuk dalam salah satu kota besar yang berkembang di Indonesia. Kamu berniat untuk mengunjungi Pekanbaru? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam rekomendasi hotel bintang tiga di Pekabaru.
       
      1. Grand Tjokro Pekanbaru Hotel


      Grand Tjokro Hotel Pekanbaru via Agoda
       
      Hotel bintang tiga pertama di Pekanbaru yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap adalah Grand Tjokro Hotel Pekanbaru ini.
      Hotel ini terletak di kawasan yang sangat strategis, yaitu di sekitar pusat kota Pekanbaru. Lokasi tepat dari hotel ini adalah di Jalan Jend. Sudirman no. 51, pusat kota Pekanbaru.
      Salah satu kelebihan dari hotel ini adalah pelayanan yang diberikan oleh hotel ini. Staf hotel mampu melayani dengan sangat baik dan ramah sehingga mampu membuat para pengunjung merasa betah ketika berada di hotel ini.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai factor value for money yang dimiliki oleh hotel ini. Ya, para pengunjung merasa bahwa uang yang mereka keluarkan telah sesuai dengan fasilitas yang mereka dapatkan selama berada di hotel ini.
      Adapun dokumentasi dari fasilitas umum di hotel ini adalah sebagai berikut:


      Resepsionis via Agoda


      Resepsionis via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Restoran via Agoda


      Lounge via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Hotel ini bernuansa ceria dengan pemilihan warna-warna seperti abu-abu, cokelat, biru tua, krem dan masih banyak lainnya. Hal ini membuat nuansa yang diciptakan menjadi terlihat elegan namun masih chic.
      Dokumentasi interior kamar hotel adalah sebagai berikut ini:


      Interior kamar hotel dengan jenis twin bed via Agoda


      Interior kamar hotel dengan jenis king bed via Agoda

      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar mandi pribadi via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah fasilitas wifi yang terdapat bukan hanya di kamarmu, tetapi juga di berbagai area public hotel ini. Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai kebersihan yang ditawarkan oleh hotel ini. Hotel ini memiliki kebersihan yang sangat baik.
      Hotel ini mendapatkan nilai 7,6 atau very good menurut situs Agoda. Beberapa pengunjung sangat merekomendasikan untuk datang kembali ke hotel ini ketika menginap di Pekanbaru.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman no. 51, Pekanbaru
      No. telp      : (0761) 851298
      Rate           : Mulai dari 323.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : Lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, wifi, room service, business center, daily housekeeping dan masih banyak lainnya
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      2. Red Planet Pekanbaru


      Red Planet Hotel Pekanbaru via Agoda
       
      Hotel berbintang tiga selanjutnya yang dapat kamu sambangi di Pekanbaru adalah Red Planet hotel ini. Hotel ini terletak di pusat kota Pekanbaru.
      Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Teuku Zainal Abidin no. 23 Pekanbaru. Pekanbaru Mall dan Masjid An-Nur berjarak 5 menit berjalan kaki dari Red Planet Pekanbaru. Hotel ini berjarak 20 menit berkendara dari Danau Bandar Khayangan Lembah Sari dan 30 menit berkendara dari Bandara Sultan Sharif Kasim II.
      Pengunjung yang datang ke hotel ini bukan hanya mereka yang berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Para pengunjung yang berasal dari luar negeri datang dari Singapura dan Malaysia.
      Dokumentasi fasilitas umum hotel ini adalah sebagai berikut:


      Meeting room via Agoda


      Interior hotel via Agoda


      Meeting room via Agoda
       
      Interior hotel kebanyakan didominasi oleh warna seperti cokelat, merah dan putih.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah twin dan double room. Kamu juga dapat memilih preferensi tempat tidurmu baik berupa king maupun twin.
      Para pengunjung juga sudah mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini. Berikut ini adalah tampilan interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel berjenis twin bed via Agoda


      Interior kamar hotel berjenis king bed via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Faktor kenyamanan dan suasana juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengunjung hotel ini. Ya, para pengunjung merasa nyaman ketika menginap di hotel ini.
      Hotel ini memiliki nilai 7,6 atau termasuk dalam kategori very good menurut situs Agoda. Kebanyakan para pengunjung juga sangat merekomendasikan hotel ini untuk menjadi pilihan akomodasimu selama menginap di kota Pekanbaru.
       
      Informasi
      Alamat       : Jalan Tengku Zainal Abidin no. 23, Pekanbaru
      No. telp      : (0761) 851008
      Rate           : Mulai dari 254.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : fitness center, spa, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, ruang keluarga, meeting facilities, safety deposit boxes dan area bermain.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      3. Winstar Hotel


      Winstar Hotel via Agoda
       
      Inilah dia hotel selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama berada di Pekanbaru. Hotel ini memiliki interior yang elegan serta simpel yang bernama Winstar Hotel.
      Hotel ini terletak di kawasan yang strategis di Pekanbaru. Lokasi tepat dari hotel ini adalah di Jalan M. Ali no. 118 Pekanbaru.
      Para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Para staf hotel melayani dengan sangat baik dan ramah sehingga membuat para pengunjung merasa betah selama berada di hotel ini.
      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini merasa sangat senang dengan lokasi hotel ini yang strategis. Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai kebersihan yang ditawarkan oleh hotel ini.
      Adapun tampilan dari fasilitas umum hotel ini adalah sebagai berikut:


      Lobby via Agoda


      Restoran via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Ballroom via Agoda


      Restoran via Agoda


      Bar via Agoda


      Lobby via Agoda
       
      Interior hotel ini bernuansa warna merah dan cokelat. Hal ini membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior dan deluxe room. Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sarapan pagi.
      Kamu juga dapat memilih preferensi apakah ingin menginap di kamar dengan tipe king atau twin. Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel dengan jenis king bed via Agoda


      Kamar mandi pribadi via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Selain itu, penggunaan cat yang berwarna tenang seperti cokelat dan abu juga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman berada di hotel ini.
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya yang strategis. Hotel ini dapat dicapai dalam 10 menit berkendara dari pusat perbelanjaan Ciputra dan Matahari. Dibutuhkan waktu 15 menit berkendara menuju taman rekreasi Taman Labuay dan 20 menit berkendara menuju Bandara Internasional Syarif Kasim II.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,8 atau termasuk dalam kategori very good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Pekanbaru lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan M. Ali no. 118, Pekanbaru
      No. telp      : (0761) 23588
      Rate           : Mulai dari 246.000 per malam. (Book Disini) 
      Fasilitas     : penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, restoran, meeting facilities, dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      4. Hotel Dafam Pekanbaru


      Hotel Dafam Pekanbaru via Agoda
       
      Hotel selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap selama berada di Pekanbaru adalah Dafam Hotel Pekanbaru.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Pekanbaru. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Sultan Syarif Qasim kav. 150, Pekanbaru. Hotel ini memiliki kamar berjumlah 107 kamar.
      Salah satu kelebihan dari hotel ini adalah tersedianya fasilitas wifi yang dapat kamu akses bukan hanya ketika kamu berada di dalam kamarmu, tetapi juga ketika kamu berada di berbagai penjuru hotel ini.
      Selain itu, kelebihan hotel ini adalah hotel ini sangat direkomendasikan terutama jika kamu ingin berada tidak terlalu lama di Pekanbaru. Para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh hotel ini karena para staf hotel melayani dengan sangat baik dan ramah.
      Para pengunjung juga sangat menyukai hotel ini yang bersih dan juga interior kamar yang modern. Hal ini membuat para pengunjung betah berada di hotel ini.
      Tampilan fasilitas umum hotel ini adalah sebagai berikut:


      Meeting room via Agoda


      Restoran via Agoda


      Lounge via Agoda


      Resepsionis via Agoda


      Ballroom via Agoda


      Meeting room via Agoda
       
      Hotel ini memiliki fasilitas yang cukup menunjang pengunjung yang datang dan menginap di hotel ini. Interior hotel ini didominasi dengan warna cokelat dan merah.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior dan deluxe room. Para pengunjung dapat memilih sesuai dengan preferensinya apakah mereka ingin menginap di kamar dengan tipe king atau twin ketika menginap di hotel ini. Para pengunjung juga dapat memilih sendiri ingin melengkapinya dengan fasilitas sarapan pagi atau tidak.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel dengan tipe king bed via Agoda


      Interior kamar hotel dengan tipe twin bed via Agoda


      Interior seating area via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Fasilitas yang tersedia di kamar hotel ini adalah AC, rak pakaian, TV kabel, brankas pribadi serta coffee/tea maker. Di kamar mandi juga tersedia sandal, shower dan perlengkapan mandi gratis.
      Hotel ini juga memiliki nilai value for money yang sangat baik. Ya, kebanyakan pengunjung yang telah datang dan menginap di hotel ini merasa bahwa uang yang mereka keluarkan telah sesuai dengan fasilitas yang mereka dapatkan selama berada di hotel ini.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,3 atau termasuk dalam kategori Very Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini ketika mereka memiliki kesempatan untuk menyambangi kota Pekanbaru lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Sultan Syarif Qasim kav. 150, Pekanbaru
      No. telp      : (0761) 851177
      Rate           : Mulai dari 302.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, room service, lobi 24 jam, binatu, dry cleaning, restoran, safety deposit boxes, bar, coffee shop dan fasilitas rapat.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      5. Hotel Ibis Pekanbaru


      Hotel Ibis Pekanbaru via Agoda
       
      Hotel berbintang tiga selanjutnya di Pekanbaru yang dapat kamu jadikan sebagai referensi adalah Hotel Ibis. Hotel bernuansa modern dan chic ini merupakan salah satu hotel yang terletak di kawasan pusat kota Pekanbaru. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Jendral Soekarno Hatta kav. 148, Tampan, Pekanbaru.
      Para pengunjung yang sudah datang dan menginap di hotel ini sangat menyukai lokasi hotel ini yang strategis. Lokasi hotel yang strategis di daerah Tampan mampu membuat para pengunjung dapat dengan mudah menyambangi berbagai destinasi wisata di kota Pekanbaru.
      Para pengunjung juga sangat menyukai interior dan desain hotel yang bernuansa elegan dan chic.
      Adapun dokumentasi untuk fasilitas umum yang tersedia di hotel ini adalah sebagai berikut:


      Meeting room via Agoda


      Restoran via Agoda


      Lobby via Agoda
       
      Interior hotel yang bernuansa chic dan elegan ini memiliki warna cokelat, cokelat tua dan kuning yang mendominasi. Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah standard dan deluxe.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Kamar hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi yang akan memudahkan akses internetmu. Akses wifi ini dapat kamu nikmati bukan hanya di dalam kamarmu tetapi juga di area public hotel ini.
      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah bangunan hotel ini yang tergolong sudah cukup tua sehingga membutuhkan renovasi agar dapat menjadi lebih baik lagi. Hotel ini mendapatkan nilai 7,2 atau termasuk dalam kategori very good menurut situs Agoda.
      Hotel yang terletak di daerah Tampan ini tentunya dapat kamu jadikan sebagai pilihan selama kamu menginap di kota Pekanbaru.
       
      Informasi
      Alamat       : Jalan Soekarno Hatta kav. 148, Tampan, Pekanbaru
      No. telp      : (0761) 571600
      Rate           : Mulai dari 372.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, bar, coffee shop, safety deposit boxes dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      Nah, itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang tiga di Pekanbaru. Semoga artikel ini mampu menginspirasimu dalam mencari akomodasi terbaik selama berada di Pekanbaru.
      Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Pekanbaru adalah sebuah kota di Sumatera yang menjadi ibukota provinsi Riau. Kota ini sendiri merupakan kota perdagangan dan jasa, dengan termasuk sebagai kota dengan tingkat migrasi, pertumbuhan dan urbanisasi yang tinggi.
      Saat ini, kota Pekanbaru tengah berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi etnik. Keberadaan ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.
      Kota Pekanbaru masuk dalam salah satu kota besar yang berkembang di Indonesia. Kamu berniat untuk mengunjungi Pekanbaru? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam rekomendasi hotel bintang dua di Pekabaru.
       
      1. Zuri Express Hotel Pekanbaru


      Zuri Express Hotel Pekanbaru Siang Hari via Agoda


      Zuri Express Hotel Pekanbaru Malam Hari via Agoda
       
      Hotel pertama yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama berada di Pekanbaru adalah Zuri Express Hotel ini. Hotel ini menjadi urutan teratas hotel berbintang dua yang direkomendasikan di Pekanbaru.
      Salah satu kelebihan utama dari hotel ini adalah letaknya yang strategis. Hotel ini terletak di Jalan Gatot Subroto no. 39B, Pekanbaru, Riau.
      Kelebihan dari hotel ini adalah sinyal wifi yang sangat baik. Hotel ini menyediakan wifi yang dapat dinikmati pengunjung bukan hanya ketika pengunjung berada di kamarnya namun juga ketika pengunjung berada di area public.
      Adapun dokumentasi fasilitas-fasilitas umum di hotel ini adalah sebagai berikut:


      Meeting room via Agoda


      Sarapan pagi via Agoda


      Interior hotel via Agoda


      Lobby hotel via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Interior hotel ini didominasi dengan warna oranye, putih dan kuning. Hal ini dapat membuat suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan bagi pengunjung yang menginap di hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika menginap di hotel ini adalah kamar dengan jenis standard, superior dan deluxe. Pilihan kamar sendiri dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensimu.
      Sementara itu, berikut inilah bagian interior kamar hotel ini:


      Interior kamar dengan tipe king bed via Agoda


      Interior kamar hotel dengan tipe twin bed via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah factor value for money yang ditawarkan oleh hotel ini. Ya, para pengunjung dapat merasa bahwa uang yang mereka keluarkan telah sesuai dengan fasilitas yang mereka dapatkan ketika menginap di hotel ini.
      Sementara itu, kekurangan hotel ini adalah factor kebersihan hotel ini. Ada salah satu reviewer yang sangat mengeluhkan kebersihan hotel ini dan berharap di masa yang akan datang, pihak pengelola mampu memperbaiki kebersihan hotel ini.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Gatot Subroto no. 39B, Pekanbaru, Riau
      No. telp      : (0761) 854899
      Rate           : Mulai dari 205.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : fasilitas rapat, faks, coffee shop, luggage storage, concierge, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, sauna, spa, dry cleaning.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      2. Amaris Hotel Pekanbaru


      Amaris Hotel Pekanbaru via Agoda
       
      Hotel ini adalah salah satu hotel yang strategis karena terletak di pusat kota Pekanbaru. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan KH. Wahid Hasyim no. 30, pusat kota Pekanbaru.
      Fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah lobi 24 jam, business center, jasa laundry, room service, coffee shop, luggage storage, area merokok, jasa antar jemput bandara dan masih banyak lainnya.
      Lokasinya yang strategis karena berada di dekat jalan raya juga memudahkan para pengunjung untuk mencapai hotel ini. Selain itu, para pengunjung juga menyukai pelayanan hotel yang ramah dan sopan.
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah kebersihan hotel ini yang sangat terjaga dengan baik. Ya, dengan demikian hal ini akan membuat para pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Berikut ini adalah dokumentasi fasilitas umum di hotel ini:


      Resepsionis via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Restoran via Agoda


      Coffee maker via Agoda


      Safety deposit boxes via Agoda
       
      Hotel ini memiliki interior yang sangat baik dan terdiri dari warna-warna netral seperti cokelat dan abu. Dengan demikian, para pengunjung akan merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah smart twin dan double room. Adapun tampilan interior dari kamar hotel ini adalah sebagai berikut:


      Interior kamar dengan tipe king bed via Agoda


      Interior kamar hotel dengan tipe twin bed via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah factor pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Staf hotel mampu memberikan pelayanan yang ramah dan baik sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Namun, kekurangan dari hotel ini adalah masalah kulinernya. Ada reviewer yang mengeluhkan kuliner yang tersedia di hotel ini karena kurang begitu nikmat.
      Informasi
      Alamat       : Jalan KH. Wahid Hasyim no. 30, pusat kota Pekanbaru
      No. telp      : (0761) 856111
      Rate           : Mulai dari 252.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, restoran, shuttle service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      3. De Whitte Hotel Pekanbaru


      De Whitte via Agoda
       
      Hotel selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama berada di Pekanbaru adalah De Whitte ini.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Pekanbaru. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Soekarno Hatta no. 1, Delima, Tampan, Pekanbaru.
      Kelebihan dari hotel ini adalah lokasinya yang sangat strategis. Para pengunjung dapat mencapai mall yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini ketika menginap di sini. Mall tersebut adalah SKA Mall.
      Dari segi value for money, hotel ini juga menawarkan biaya yang sudah sesuai dengan ekspektasi dan fasilitas. Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Interior hotel via Agoda


      Lounge via Agoda


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Hotel ini didesain dengan senyaman mungkin dan bernuansa warna-warna yang ceria seperti merah dan hijau.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah simply dan smart hotel. Para pengunjung pun telah mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini.
      Tampilan interior dari kamar hotel ini adalah sebagai berikut:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel tipe twin bed via Agoda
       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Selain itu, penggunaan cat yang berwarna terang juga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman berada di hotel ini.
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah kebersihan hotel ini. Para pengunjung merasa sangat puas dengan factor kebersihan hotel ini yang membuat pengunjung merasa nyaman.
      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah ukuran hotel ini yang tergolong sempit dan tidak terlalu besar. Beberapa reviewer sangat mengeluhkan ukuran kamar hotel di sini.
      Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Pekanbaru lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Soekarno Hatta no. 1, Delima, Tampan, Balikpapan
      No. telp      : (0761) 565716
      Rate           : Mulai dari 280.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : jasa antar jemput bandara, taman, tempat parkir mobil, lobi 24 jam, restoran, area merokok, jasa penyewaan mobil, room service 24 jam, concierge, dan fasilitas wifi di area publik
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      4. Paramita Hotel


      Paramita Hotel via Agoda
       
      Selanjutnya, kamu dapat memasukkan Paramita Hotel ke dalam salah satu referensimu untuk menginap selama berada di Pekanbaru. Hotel ini adalah salah satu hotel yang direkomendasikan untukmu yang datang ke Pekanbaru dengan tujuan liburan atau bersantai.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Pekanbaru. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Teuku Umar no. 20A Pekanbaru. Hotel ini memiliki kamar berjumlah 45 kamar.
      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini menyukai pelayanan dari hotel ini yang sangat ramah. Ya, para staf hotel mampu melayani dengan sangat baik dan ramah. Para pengunjung juga sangat menyukai kesopanan para staf hotel ini.
      Kelebihan lain yang dimiliki oleh hotel ini adalah pelayanan yang diberikan oleh pihak staf hotel. Ya, staf hotel mampu melayani dengan sangat baik dan ramah sehingga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel yang strategis ini. Hotel ini terletak di pusat kota sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman untuk menjangkau berbagai destinasi wisata yang terletak di kota Pekanbaru.
      Kekurangan dari hotel ini adalah fasilitas AC-nya yang kurang dingin. Dengan demikian, beberapa reviewer merasa sangat menyayangkan kejadian ini.
      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda


      Meeting room via Agoda
       
      Nuansa hotel ini yang nyaman memang membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini. Interior hotel ini didominasi dengan warna seperti cokelat, hijau dan ungu.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah deluxe dan executive. Para pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika mereka menginap di hotel ini.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar bertipe twin bed via Agoda


      Interior king bed via Agoda
       
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya yang strategis. Hotel ini terletak di pusat kota Pekanbaru sehingga kamu dapat menyambangi berbagai destinasi wisata yang terdapat di kota Pekanbaru dengan mudah.
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Selain itu, kamar ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi sehingga kamu dapat memanfaatkannya ketika kamu berada di kamar hotel ini.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 6,7 atau termasuk dalam kategori Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Pekanbaru lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Teuku Umar no. 20A Pekanbaru
      Rate           : Mulai dari 305.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, coffee shop, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, concierge, dan fasilitas rapat.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      5. Gaja Hotel Pekanbaru


      Gaja Hotel via Agoda
       
      Hotel berbintang dua selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama kamu berada di Pekanbaru adalah Gaja Hotel. Hotel ini adalah sebuah hotel yang terletak di pusat kota Pekanbaru, tepatnya di di Jalan Sutomo no. 90, Pekanbaru.
      Kelebihan dari hotel ini adalah hotel ini merupakan hotel yang tepat jika kamu ingin melihat lebih dekat bagaimana pemandangan yang tersedia di Pekanbaru ini. Dengan demikian, bagi kamu yang ingin berwisata dengan alasan liburan, kamu dapat menginap di hotel ini.
      Para pengunjung juga sangat menyukai interior dan desain hotel yang dibuat sangat homey sehingga pengunjung dapat merasa seolah-olah sedang berada di rumah ketika menginap di hotel ini. Hal ini membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini.
      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Lobby via Agoda


      Outdoor via Agoda


      Resepsionis via Agoda


      Restoran via Agoda


      Meeting room via Agoda
       
      Hotel ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat cocok denganmu yang ingin menginap di hotel yang mirip seperti rumah. Nuansa yang nyaman ini juga menjadi nilai tambah dari hotel yang satu ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah deluxe, executive dan suite room. Kamu dapat memilih sendiri hotel yang sesuai dengan preferensimu.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel jenis king bed via Agoda


      Interior kamar hotel jenis twin bed via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya. Lokasi hotel ini di pusat kota Pekanbaru mampu membuat para pengunjung merasa betah ketika ingin menjangkau berbagai destinasi wisata di Pekanbaru.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 6,4 atau termasuk dalam kategori Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Pekanbaru lagi terutama dalam jangka waktu yang tidak begitu lama.
       
      Informasi
      Alamat       : Jalan Sutomo no. 90 Pekanbaru.
      No. telp      : (0761) 29777
      Rate           : Mulai dari 280.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, area merokok dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      Nah, itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang dua di Pekanbaru. Semoga artikel ini mampu menginspirasimu dalam mencari akomodasi terbaik selama berada di Pekanbaru.
      Happy traveling!


    • By marioboros
      Taman Nasional Tesso Nilo ,merupakan sebuah taman nasional yang berada di Provinsi Riau. Taman nasional dengan luas 38.576 hektar ini sudah diresmikan sejak 19 Juli 2004. Terdapat sekitar 360 jenis flora yang masuk dalam golongan 165 marga serta 57 suku, 23 jenis mamalia, 107 jenis burung, 50 jenis ikan, 3 jenis primata, 18 jenis amfibia, dan juga 15 jenis reptilia. Tesso Nio sendiri juga merupakan salah satu hutan dataran rendah yang dijadikan sebagai tempat tinggal 60 hingga 80 ekor gajah.







      Wisata pengamatan satwa dan flora



      Pemantauan kehidupan liar satwa dan flora menjadi sebuah hal yang menarik dari Tesso Nilo. Terdapat beberapa trek ekowisata yang difokuskan ke dalam pemantauan kehidupan liar ini, termasuk pada penggunaan pompong (perahu kecil) untuk melewati sungai. Pengamatan burung atau birding sendiri dilakukan di trek Lubuk Nalai, Kuala Napu serta Trek Sawan. Primata seperti halnya siamang, kera ekor panjang, serta wau wau juga banyak dijumpai di kawasan Sungai Nilo serta Lubuk Balai. Berada di lokasi trek ini Anda dapat menjumpai jejak-jejak dari gajah, beruang, tapir, hingga harimau Sumatera.



      Wisata paling menarik






      Salah satu kegiatan ekowisata dari Taman Nasional Tesso Nilo yang paling menarik serta cukup menantang bagi para wisatawan, yaitu observasi Harimau menggunakan Camera Trap atau jebakan kamera. Tujuan dari observasi ini antara lain untuk mendapatkan gambar dari Harimau Sumatera serta berbagai satwa lainnya yang akan tertangkap oleh kamera setelah kamera terpasang.
    • By enrymazni
      nah mau share info, bagi teman teman yang lagi berkunjung ke pekanbaru riau, bisa coba ne treking hutan dengan gajah di pusat latih gajah riau, seru banget loh... PLG berada lebih kurang 1 jam an dari kota pekanbaru yaitu daerah minas, untuk biaya treking nya 150.000/orang dengan lama treking sekitar 1 jam... jangan lupa mampir ya menikmati salah satu wisata riau.
    • By Usman KualaSimpang
      Sapat, adalah sebuah desa yang merupakan Ibukota kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri HIlir, Provinsi Riau. Sapat terletak di sebuah pulau yang bernama Pulau Mas. Aku terlahir di desa kecil ini. Desa yang berada persis di tepian Sungai Indragiri, sebagai jalur utama transportasi perairan antara satu desa ke desa lainnya, atau menuju ke kota-kota yang lebih besar. Untuk mencapai desa ini, dari Tembilahan sebagai ibukota Kabupaten Indragiri Hilir, 
       
      kita harus menggunakan speed boat kecil bermesin 40pk yang disebut “bot pancongâ€, speed boat besar bermesin 400pk yang disebut “bot ganal†atau perahu bermesin yang disebut “Pompongâ€. Sebagian masyarakat bahkan rela mendayung sampan selama berjam-jam untuk bepergian dari satu desa ke desa lain, seperti yang pernah dilakukan aku dan almarhum ayahku.
       
      Sungai Indragiri dipengaruhi oleh pasang surut yang diakibatkan oleh gaya Gravitasi Bulan, sehingga setiap kali bulan purnama, artinya air pasang mencapai puncaknya. Seringkali, ketika air pasang dalam, atau dalam istilah setempat disebut sebagai “Banyu Pasang 30″ hampir seluruh bagian desa Sapat tenggelam oleh air sampai sebatas lutut. Sehingga membatasi aktifitas warga untuk melakukan kegiatan sehari hari. Rumah-rumah warga dibangun dengan menggunakan pondasi kayu, seperti kayu ulin, dedaru, bakau atau penyirih. Hampur kesemua jenis kayu itu merupakan kayu yang tahan terhadap air. Tinggi bangunan rumah, pada sebagian kawasan bisa mencapai hampir 12 meter. Hal itu untuk mengantisipasi pasang surutnya air laut.


       
      Tak Jauh dari Desa Sapat, terdapat satu Desa Hidayat, yang tekenal dengan salah satu Tokoh ulama pada masa lampau yaitu Syekh Abdurrahman Siddiq, yang hingga kini makam nya banyak diziarahi oleh orang-orang dari berbagai tempat. Bahkan sebagian penziarah berasal dari negeri yang sangat jauh atau dari luar negeri.
       

       
      Mata Pencaharian masyarakat desa Sapat sehari-hari adalah didominasi oleh aktifitas Berkebun kelapa, Berladang, Nelayan, dan sisanya adalah guru atau PNS. Dulu, sebelum 1990an, Sapat terkenal akan kualitas olahan kopra yang terbuat dari buah kelapa yang di panggang, yang dijadikan bahan baku untuk membuat minyak goreng. Sebuah Pabrik Kopra PT.Unas Bahagia, sempat menjadi penopang ekonomi utama masyarakat desa. Tapi semenjak pabrik itu bangkrut, Sapat menjadi salah satu desa yang tertinggal dalam perkembangan ekonomi.
       
      Pada era 1980 – 1990an, di sapat masih sering terlihat Harimau, babi hutan, beruang, atau bahkan buaya pada muara-muara sungai. Merupakan berita yang sering terdengar ketika ada informasi tentang warga desa yang menjadi korban serangan harimau, beruang, atau lenyap disambar buaya saat mandi ditepi sungai. Ketika berumur 10an tahun, aku masih sempat beberapa kali melihat seekor harimau sumatera yang tertangkap dan tewas dengan sebuah lubang tombak diperutnya. Tubuh kaku harimau tersebut diseret dengan tenaga luar biasa oleh Seorang pemburu terkenal asal desaku ; Busu Unus, menyampaikan bahwa harimau tersebut yang menerkam seorang korbannya jauh didalam hutan pada saat mencari kayu. Busu Unus menangkap dan membunuh harimau tersebut seorang diri. Beliau adalah seorang pawang. Tidak pernah mengusik alam dan isinya, kecuali jika salah satu penduduk desa menjadi korban dari harimau yang mengamuk. Lama sesudah peristiwa itu, aku meyakini, bahwa harimau yang terbunuh di tangan Busu Unus adalah harimau Sumatera, hewan yang dilindungi dan terancam punah.
       
      Hal yang sama juga terjadi dengan penduduk yang tinggal persis di tepian sungai. Seringkali aku mendengar tentang penduduk yang hilang, tewas, atau terluka parah karena serangan buaya. Padahal, ketika tumbuh besar didesa tersebut, aku dan kawan-kawan selalu mandi di Sungai. Tidak peduli dengan peringatan orang-orang tua tentang serangan buaya. Entahlah, ketika teringat semua masa kecilku aku hanya bisa berucap Syukur masih mendapat lindungan dari Allah SWT.
       
      Sapat adalah desa yang memiliki keberagaman budaya dan bahasa. Riau adalah kawasan yang mayoritas menggunakan bahasa asli melayu, dengan berbagai variasinya. Begitu juga dengan bahasa minang, juga dengan berbagai variasinya. Sebagian lain menggunakan bahas orang laut, melayu lajau, atau melayu tingkat tinggi seperti yang dipergunakan oleh orang-orang bangsawan melayu.
       
      Di Sapat, bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Banjar. Sama dengan bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat kalimantan Selatan. Tidak ada perbedaan signifikan antara bahasa yang kami pergunakan, dengan bahasa Banjar asli pulau Borneo. Menurut cerita tetua desa, ini disebabkan karena nenek moyang kami berasal dari kalimantan. Mereka bermigrasi sejak ratusan tahun lalu, bermukim di kawasan pedalaman melayu, dan berbaur menjadi satu bersama masyarakat setempat.
       
      Mereka kemudian menyebar kebeberapa kawasan, hingga hampir se-kabupaten Indragiri Hilir. Pembauran budaya ini, memberikan warna tersendiri terhadap perkembangan budaya masyarakat melayu secara keseluruhan. Masyarakat sekitaran Sapat khususnya, dan Kabupaten Indragiri Hilir mampu berkomunikasi dalam beberapa bahasa diantaranya Banjar, Melayu, Minang, Orang Laut, Bugis dan beberapa bahasa khas melayu lainnya. Akupun begitu. Ayahku yang asli Bangkinang, melayu Pekanbaru, dan Ibuku yang asli Sapat, membuatku harus mampu berbicara dalam berbagai macam bahasa sumatera dengan dialek yang berbeda-beda. alhamdulillah..
       
      Sumatera. Sapat adalah satu titik kecil yang jarak mendapat perhatian ketika kita melihat Sumatera secara keseluruhan. Sapat mungkin tidak memberikan kontribusi penting apapun terhadap Sumatera secara keseluruhan, tapi yang jelas, Sapat telah memberikan warna dan sisi tersendiri dari Sumatera, sehingga ketika berkunjung ke Sumatera, Sapat jelas merupakan salah satu bagiannya.
       

      Sumatera ; Jelajah bhÅ«mi mÄlayu
      u/k
    • By putrakelana
      Danau Koto Panjang di Kampar [Riau] merupakan danau buatan manusia yang terbentuk akibat pembendungan sungai Kampar untuk proyekPembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

      Sejak dam bendungan mulai berfungsi di tahun 1996, air sungai Kampar di bagian hulu (XIII Koto Kampar) pasang secara drastis sehingga membentuk genangan danau bercelah-celah bukit.

      Danau yang terbentuk begitu luas dan indah. Puncak-puncak bukit yang tidak terjangkau rendaman air menjadi gugusan pulau-pulau kecil yang menghijau. Beberapa penduduk setempat memanfaatkannya sebagai lahan kebun.

      Kalau anda melakukan perjalanan dari Riau menuju Sumatera Barat atau sebaliknya, anda akan melewati sebagian sisi danau ini, khususnya di bagian hulu yang sudah dibangun jembatan yang menghubungkan dua provinsi.

      Namun, jika anda berkesempatan masuk menyusuri danau ini, pemandangan yang lebih indah dan menakjubkan akan menyejukkan mata anda. Riak air nan jernih berpadu dengan pemandangan bukit-bukit nan menghijau menciptakan panorama alam yang amat indah.

      Sayangnya, keindahan danau ini belum tergali sepenuhnya dan belum dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai aset yang berharga.

      Berikut beberapa foto yang menunjukkan keindahan danau Koto Panjang: SUMBER
       

       

       

       

       
       
      SUMBER