• 0
rainhujan

Nama Satu Kata, Akankah Ada Masalah?

Question

Tanya dong kalau mau bikin paspor dan visa itu harus punya 3 namakah? Kalau nama kita cuma ada satu kata aja gimana ya? apa akan dipermasalahkan? 

Nggak enak juga nih punya satu nama, misalnya Joko doang. Apa harus menggunakan nama orang tua? Tapi nanti beda dengan KTP dong karena di KTP juga cuma 1 nama aja. 

Mohon penjelasannya 

Share this post


Link to post
Share on other sites

29 answers to this question

  • 2

@rainhujan

kalo Passport seh setau saya gak masalah

walaupun cuma 1 nama tetap akan di tulis 2. misal Zainab aja, Nama Depan dan Belakang akan Zainab Zainab

tapi untuk Visa ada beberapa negara yang mewajibkan 3 kata dalam nama, kalo gak salah USA dan Visa Schengen tapi gak tau juga bener atau gak, tapi kalau Asia Visa 1 atau 2 nama saja cukup

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Nggak perlu 3 nama sih. Tapi satu nama jelas kurang. Minimal dua kata. Temenku ada yang satu nama doang. Pas bikin paspor dia tambahin pake nama kakek. Cuma nggak tahu juga sih ke KTP dan Akta Kelahirannya gimana. Coba kamu tanya ke Pak RT, Pak RW, ato Pak Lurah setempat..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@Asa Citra

nah beda KTP dan Akta Kelahiran ini tergantung kemana negara nya jika Singapura ini sangat ketat, dan akan jadi masalah, kemaren kasus nya @lilswallow dia cerita kalo tanggal lahir dia di KTP dan Passport beda cuma 2 hari karena kesalahan di Akta Kelahiran, dan dia katanya di Banned selama 2 tahun gak boleh masuk Singapura, karena Passport nya di cap semacam Banned gitu. Tapi jika negara2 lain mungkin aman2 aja :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@Fitriani Fitri

di atas saya udah jawab

@rainhujan

kalo Passport seh setau saya gak masalah

walaupun cuma 1 nama tetap akan di tulis 2. misal Zainab aja, Nama Depan dan Belakang akan ditulis di passport Zainab Zainab

tapi untuk Visa ada beberapa negara yang mewajibkan 3 kata dalam nama, kalo gak salah USA dan Visa Schengen tapi gak tau juga bener atau gak, tapi kalau Asia Visa 1 atau 2 nama saja cukup

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@Asa Citra

nah beda KTP dan Akta Kelahiran ini tergantung kemana negara nya jika Singapura ini sangat ketat, dan akan jadi masalah, kemaren kasus nya @lilswallow dia cerita kalo tanggal lahir dia di KTP dan Passport beda cuma 2 hari karena kesalahan di Akta Kelahiran, dan dia katanya di Banned selama 2 tahun gak boleh masuk Singapura, karena Passport nya di cap semacam Banned gitu. Tapi jika negara2 lain mungkin aman2 aja :D

@deffa

 

Ralat mod.. yang salah ktp

bukan akte

dob aku di passport pas dengsn akte

kemarin pembuatam KK lurah salah ketik impact ke buat ktp and sim

huhuhu

tapi karena di ICA gk bisa buktikan bahwa benar adanya real dob  sesuai akte lahir = passport.. akunya kena banned

kan gak mungkin bawa akte kemana"

Huhuhu

 

Cc @Asa Citra

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@deffa

bener mod

sebenarnya ktp yang harus sinkron dengan passport

aku sih pas ngurus perpanjang passport di kanim medan kenak reject jugak

gegara hal yang sama

jadi aku disuruh pulang buat mintak surat keterangan dr lurah bahwasannya aku adalah orang yang sama , hanya salah ketik di ktp

baru deh balik lagi ke kanim

Selesai passport

akunya degil malas urus untuk update ktp

kirain it wont be a big deal..

Sekalian pelajaran lagh

hahahahah...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@rainhujan

kalo Passport seh setau saya gak masalah

walaupun cuma 1 nama tetap akan di tulis 2. misal Zainab aja, Nama Depan dan Belakang akan Zainab Zainab

tapi untuk Visa ada beberapa negara yang mewajibkan 3 kata dalam nama, kalo gak salah USA dan Visa Schengen tapi gak tau juga bener atau gak, tapi kalau Asia Visa 1 atau 2 nama saja cukup

best answered!!! Legaaa semoga nanti lancar lancar aja. Thank youuuu

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@deffa

bener mod

sebenarnya ktp yang harus sinkron dengan passport

aku sih pas ngurus perpanjang passport di kanim medan kenak reject jugak

gegara hal yang sama

jadi aku disuruh pulang buat mintak surat keterangan dr lurah bahwasannya aku adalah orang yang sama , hanya salah ketik di ktp

baru deh balik lagi ke kanim

Selesai passport

akunya degil malas urus untuk update ktp

kirain it wont be a big deal..

Sekalian pelajaran lagh

hahahahah...

thank you for sharing..

 

thanks juga all atas jawabannya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

seinget saya nambahin nama ayah dan kake, jadi Joko (nama ayah) (nama kakek) :)

ini untuk haji, tapi bisa juga seh untuk passport juga tergantung tar pas di Imigrasi nya di tanya apa oleh petugas

tapi saran seh tetap nama kita aja karena beberapa negara yang ketat seperti singapura pasti akan mempermasalahkan perbedaan kecil ini, cc @rainhujan

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@lilswallow

waahh... dirimu apes ya.. cuma gegara pak lurahnya sliwer jadi kena reject sana sini..

thanks for sharing. cerita ini bermanfaat bgt soalnya suamiku namanya beda antara KTP n Akte. yang satu pake Y yang satu pake I. ini mau bikin paspor jadi pake yang sesuai KTP aja ya.. heheh

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@lilswallow

waahh... dirimu apes ya.. cuma gegara pak lurahnya sliwer jadi kena reject sana sini..

thanks for sharing. cerita ini bermanfaat bgt soalnya suamiku namanya beda antara KTP n Akte. yang satu pake Y yang satu pake I. ini mau bikin paspor jadi pake yang sesuai KTP aja ya.. heheh

@Asa Citra

 

Sama" mbak

Sebenarnya yang bener ktp atau akte?

kalau akte yang bener

imho

better ktp aja yang diperbaiki

jadi kedepannya gak ada lagi data yang salah

secara kalau buat passport lampirannya kan musti ada akte jugak

tapi kalau suami istti kurang tau ya

apa masih perlu akte lahir atau hanya surat nikah aja

^^

Edited by lilswallow

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

namaku juga 1 kata

ivan

jadi dah langganan kalo ke singapore musti ke office dulu buat manual screening 

 

kalo keluar dr singapore kadang lolos kadang di tahan dulu... 

kalo baru buat mending pake 2 nama saja.. aman deh

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

iya om.. saya sudah ke sg 7 kali. pake nama 1 kata dan selalu di tahan 7 kali juga..

 

libur dulu acara ke sg om

dollar nya mahal.. duh gmna ini rupiah kok ga berdaya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now