Sign in to follow this  
nonaJJ

Adegan Drama Korea yang Bikin Penasaran Wisatawan Asing

10 posts in this topic

Banyak cara untuk mempromosikan pariwisata sebuah daerah. Korea termasuk negara yang gencar mempromosikan pariwisatanya lewat media film, drama dan program TV nya. Jika bicara korea, maka banyak yang tahu tentang Drama Korea pastinya. Drama Korea ini sepertinya nggak hanya disukai wanita aja, tapi juga sejumlah pria. Plot yang bagus ditambah juga dengan pengambilan gambar yang indah menjadi nilai lebih mengapa drama Korea banyak disukai orang-orang. Adegan di dalam drama Korea ini juga biasanya memengaruhi keinginan wisatawan asing untuk mengunjungi Korea dan mencoba sendiri merasakan pengalaman yang serupa dengan yang ada di dalam layar. Berikut ini beberapa adegan yang biasanya ada di dalam drama Korea yang menarik perhatian dan membuat rasa penasaran para wisatawan asing. Ini dia nih!

http://jalan2.com/forum/topic/17947-drama-korea-oke-ongoing-masih-tayang-bulan-juni-2015/

 

Sauna
Jika suka nonton drama Korea, pasti tahu banget yang namany aktivitas sauna di negeri gingseng ini. Sauna bukan hanya jadi tempat relaksasi, tapi di drama Korea sering diceritakan sebagai tempat pelarian orang-orang yang ingin jauh dari rumah atau emang tidak punya tempat menginap. Sauna bisa jadi tempat menginap dengan harga yang relatif murah menurut orang lokal sana. Saat masuk ke tempat sauna, kita akan diberi seragam yang biasanya warna pink untuk wanita dan biru untuk pria. Kita akan mendapat loker untuk menyimpan barang-barang pribadi kita. Setelah itu, kita bisa langsung masuk pemandian dan langsung masuk ke ruangan sauna.

Di sini juga yang menarik. Saat di ruang sauna, banyak fasilitas yang disediakan dan aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari bergosip dengan orang-orang, tidur, main kartu, makan telur rebus, hingga karaoke. Di drama-drama sering banget tuh dikasih lihat makan telur rebus yang mecahinnya di kepala, terus bergosip sampai nyanyi atau berkaraoke dan lalu tidur. Karena pengaruh drama Korea itu juga, tempat sauna di Korea ramai lho dikunjungi turis. Orang-orang banyak yang penasaran bagaimana rasanya bersauna ala drama Korea. Harganya juga beragam. Tapi jangan kaget karena menurut teman yang sudah pergi ke sana, banyak yang nude alias telanjang dari mulai di loker penyimpanan barang. hihi
 
Nyoba Jajanan di Pinggir Jalan
Street food, kalau yang satu ini sebenarnya nggak di mana-mana sih pada suka banget nge-street food. Nah kalau suka nonton drama Korea, sering ada adegan di mana pemainnya mampir di tukang pinggir jalan atau di pasar tradisional buat makan jajanannya. Makanan yang biasanya diperlihatkan antara lain adalah odeng alias kue ikan gitu yang ada kuahnya yang ditusuk kayak sate dan asapnya yang membumbung bikin kita ngiler. Ada juga tteokbokki alias kue beras. dan lain sebagainya. Biasanya yang bikin ngiler kalau udah musim dingin ceritanya dan mereka pada makan yang panas-panas gitu. sluuurppp

Minum dan Makan di Tenda
Selain jajan di pinggr jalan, hal lain dari adegan drama Korea yang bikin penasaran adalah merasakan makan dan minum di warung-warung tenda. Suka banyak adegan mereka yang abis pulang kerja atau lagi pusing pada nongkrong di warung tenda pinggir jalan. Jajanannya sama sih, kalau nggak tteokbokki, odeng dan lain-lain. Tapi kalau di drama korea yang sering ditunjukkin di warung tenda pinggir jalan kayak gini adalah minum sojunya. Mereka biasanya minum sambil ngobrol ngelepas rasa pusing mereka di warung tenda kayak gini. 

 

Naik Bus
Naik transportasi umum memang jadi hal biasa kalau kita ke luar negeri. Subway sebenarnya adalah alat transportasi yang kalau saya pribadi paling ingin merasakannya karena di Indonesia kita belum ada subway. Tapi kalau merujuk drama Korea, yang bikin penasaran adalah naik bus nya. Banyak adegan di drama korea yang dilakukan di dalam bus. Merasakan bagaimana meminta mereka berhenti sampai adegan yang kejar-kejar bus. Duh yang kejar2 bus itu banyak banget di drama Korea, tapi kalau yang mengejar bus nggak bikin pengen lari2an juga sih. 

Makan Mie Pakai Tutup Panci
Yup yang ini bisa dilakukan di mana saja nggak harus ke Korea. Akan tetapi akan punya feels yang beda deh kalau melakukannya di Korea hehe. Makan mie pakai alas tutup pancinya. Pancinya biasanya warnanya emas dan mereka makan langsung abis diseduh panas2 dari panci itu tanpa harus memindahkannya ke mangkuk seperti kita. Tutup pancinya dipakai untuk mewadahi saat kita makan mie. Saking aktivitas ini sering banget di drama Korea dan banyak orang mupeng pengen ikut nyobain, panci-panci emas kuning tersebut banyak dijual di pasaran. Kalau ke toko alat atau makanan Korea biasanya nemuin deh panci mie drama Korea, hehe.

Kosan di Atap
Pernah memperhatikan kalau kosan yang ada di drama korea itu biasanya terletak di atap rumah orang? Kosan-kosan yang dari luar kelihatannya kumuh tapi pas masuk bagus gitu, lucu-lucu. Ini sih saya dan teman2 yang rasanya gemes sama kosan di drama korea. Kosan karakter utamanya kok ya bagus-bagus gitu. Di luarnya meski pun jelek tapi bagus bisa dihias-hias. Pokoknya penasaran apakah di sana emang kosannya bagus2 atau emang settingan aja gitu.

Lokasi Syuting: Landmark, Cafe, Museum
Yang ini adalah bagian paling pentingnya nih. Banyak banget wisatawan asing yang ke Korea karena penasaran dengan lokasi syutingnya. Mulai dari landmark-landmark pentingnya, cafe-cafenya, sampai ke museum atau taman atau tempat lain yang jadi latar drama tersebut. landmark yang paling sering dipakai antara lain di N Seoul Tower, terus di Fountain Sungai Han atau Banpo Bridge kalau nggak salah yang banyak air mancur bagusnya kalau malam. Terus ada juga di patung bersejarah itu dan kalau film kolosal biasanya di palace palace yang biasa dijadikan lokasi film. 

baf5c-mangosix-dramakoreaterbaruheirskis

 

Kalau cafe-cafe ada Mango Six yang banyak digunakan sebagai latar tempat cerita mereka dan juga cafe-cafe lainnya. Museum, aquarium terbesar, dan juga taman bermain pun banyak dijadikan latar tempat di drama yang mengundang wisatawan untuk datang dan mengunjungi lokasi2 tersebut.

Nyobain Baju Hanbok
Baju Hanbok alias baju tradisional Korea ini juga menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Di drama-drama Korea terutama drama yang bergenre historical atau kolosal, para pemainnya mengenakan baju tradisional yang cantik. Nggak heran karena membuat para wisatawan ingin ikut mencoba baju tradisional tersebut. Banyak lokasi yang menyediakan para pengunjungnya untuk mencoba memakai hanbok. Yang gratis biasanya ada di festival-festival gitu dan photoshoot dengan backdrop yang sudah disediakan. Tapi yang bayar biasanya bisa menyewa dan merasakan memakainya dalam waktu yang lebih lama. Di lokasi istana sejarah gitu biasanya ada dan kita bisa foto di luar ruangan yang lebih cantik pemandangannya.

Belanja Serba Couple
Nah, di drama romantis Korea juga banyak ditunjukkan adegan para couple atau pasangan yang berbelanja item2 pasangan. Misalnya di daerah Myeongdong atau Dongdaemun, pada beli item yang walaupun kecil tapi couple. Gantungan kunci, kaos kaki, dan lain-lain. Drama korea suka menunjukkan hadiah2 kecil yang jadi punya nilai sangat berharga karena itu diceritakan dari pasangannya. Begitulah.

Gembok Cinta dan Love Message
Kalau lihat drama Korea pasti tahu tentang gembok cinta di N SEoul Tower. Ada spot gembok cinta yang banyaaaak banget di sana di mana para pasangan mengunci cinta mereka di atas situ dan membuang kuncinyta. Selain gembok cinta, di ba nyak cafe dan tempat lainnya juga sering menjadi spot love message oleh para pengunjungnya. Suka lihat di drama2 banyak kertas warna warni yang ditempel di cafe2 untuk meninggalkan aneka pesan mereka. Hal-hal kayak gini banyak juga dilakukan para wisatawan asing di Korea sana. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

haaaa jaman aku pusing tugas akhir tuh makan mie pake tutup panci..

gegara di sela2 garap tugas aku suka nonton drama korea buat refreshing.

jadi kebawa suasana.. hahahaa

bener kannnn itu bikin mupeng banget. padahal mah rasanya sama aja hahaha baper aja klo nonton drama korea mah hihiii

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kosan di atap pernah tuh

jadi kosan pas di lantai atas ada balkoni nya buat jemuran jadi lumayan lah hahha

hahaha iya banyak sih kalau di indo model kosan begitu yakkk mayan enak, adem bisa lihat pemandangan padat kalau di kota2 besar :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

bener kannnn itu bikin mupeng banget. padahal mah rasanya sama aja hahaha baper aja klo nonton drama korea mah hihiii

rasanya emang sama. tapi sensasinya beda.

aku bahkan makan pake cara itu aja nggak pake indomie. tapi beli ramyun instan yang bungkusnya pake huruf hangeul.

padahal mie apapun kan bisa digituin.. hhheehhhh

Share this post


Link to post
Share on other sites

@nonaJJ

eeaa kalo di kota besar kayak jakarta sama aja panas2 juga hahah

dlo saya di dago pakar di sana lihat pemandangan gunung dan pasti dingin banget :D

anggap komen saya di atas terjadi pada sore hari menjelang magrib hahaha adem kan

rasanya emang sama. tapi sensasinya beda.

aku bahkan makan pake cara itu aja nggak pake indomie. tapi beli ramyun instan yang bungkusnya pake huruf hangeul.

padahal mie apapun kan bisa digituin.. hhheehhhh

namanya juga kabita, pengen banget mirip sama aslinya hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

@nonaJJ

ya standar adem nya orang jakarta ama bandung dan daerah dingin lain nya beda seh

saya di Jakarta walaupun tengah malam aja masih keringetan

kebalikannya orang jakarta yang saya sering lihat nongkrong di bandung jam 8 malam jalan kaki di bandung udah pake Jaket Tebal

balik lagi kebiasaan tempat asal seh :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this