Sign in to follow this  
travellinglover

Apa rasanya ketemu Reog di Malaysia?

7 posts in this topic

beberapa waktu lalu, saya kaget, dapet telpon dari temen yang baru pulang dari malaysia.

yang pertama yang buat saya kaget, dia bilang malaysia itu kaya indonesia. nah loh? gimana bisa? kayanya malaysia lebih rapi, lebih tertata. kalo mukanya mirip, ya iyalah, wong sama sama satu rumpun. kalo bahasanya mirip, ya iyalah, wong sama sama di kawasan melayu.

trus dia ngebantah, dan ini yang buat saya kaget. dia bilang "iya, mirip banget sama indonesia, ada batik juga, ada rendang, ada wayang". whatzzzzz? *kok gak nyambung sama judulnya? ya kan judulunya nanya bo, hehe*

ini mah bukan mirip, ini mah ngaku ngaku. ini kan yang sering diributin dari indonesia

wayang-kulit24.jpg

sebelumnya, saya mikir, itu cuma oknum oknum tertentu yang bilang malaysia jahat, malaysia mencuri budaya indonesia dan lain lain. tapi kalo ada saksi hidupnya gini, dia bilang jalan jalan di malaysia sama kaya jalan di indonesia, lah trus saya harus bilang wow gitu?

inforesep_rendang-daging.jpg

nah, gimana kalo mas sama mbak disini, jalan jalan ke malaysia, niatnya liburan, niatnya berwisata, eh yang ditemuin wisata wisata kaya di indonesia? padahal iklan malaysia is trully asia kan gak gitu, banyak tempat tempat yang bagus? ayo ayo gimana?

Share this post


Link to post
Share on other sites

hhhmmm....

jujur saja. kita sendiri sering kali merasa minder kan ama budaya kita sendiri?

seperti contohnya, anak muda jaman sekarang masih mendengarkan keroncong pasti pada malu.

tapi, giliran keroncong ada yang mengakui malah marah2x.

hahahaha...

betul tidak?

jadi, sebelum pada marah2x dulu, ada baiknya kita benar2x mencintai dan memahami kebudayaan kita sendiri dulu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Malaysia emang sering bikin gatal kuping orang2 Indonesia, dari masalah yang ngga perlu sampe ke masalah kedaulatan RI.

Kalo boleh disamain dengan artis ya, Malaysia tuh haus popularitas biar ngga dilupain/ditinggal sama penggemar dan yang paling ampuh tuh yang ngrecokin Indonesia...hehehe...emang Indonesia "SESUATU" banget.

Tapi mo gimana lagi wong yang menduplikat reog di Malaysia itu juga orang2 Indonesia yang udh jd WN Malaysia, trus dia bilang itu budaya nenek moyangnya. Masalahnya dia ngga jujur kalo nenek moyangnya ada di Ponorogo (Indonesia atuh) hehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahaa... bner kata yg di atas sebelumnya... pemuda kita blm spenuhnya cinta budaya..msh kurang walaupun belakangan ud mulai bngkit lagi "cinta indonesia banget"nya.. smoga kita bisa makin cinta, makin giat promosiin jd biar pateennn ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

hhhmmm....

jujur saja. kita sendiri sering kali merasa minder kan ama budaya kita sendiri?

seperti contohnya, anak muda jaman sekarang masih mendengarkan keroncong pasti pada malu.

tapi, giliran keroncong ada yang mengakui malah marah2x.

hahahaha...

betul tidak?

jadi, sebelum pada marah2x dulu, ada baiknya kita benar2x mencintai dan memahami kebudayaan kita sendiri dulu.

iyap, bener sekali. gak keroncong doang, wayang juga, disuru nonton wayang gak mau, bener kan? tapi ya saya sih mikirnya, ngapain ke malaysia kalo gitu coba? kalo yang dilihat sama aja kaya yang dilihat di indonesia, bener gak?

ya kasih aja lagu Boys N Rot - Ngaku Ngaku :P

haha, lagu band sendiri ni ya bos? boleh juga, sekalian numpang promosi ya ini? hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Malaysia emang sering bikin gatal kuping orang2 Indonesia, dari masalah yang ngga perlu sampe ke masalah kedaulatan RI.

Kalo boleh disamain dengan artis ya, Malaysia tuh haus popularitas biar ngga dilupain/ditinggal sama penggemar dan yang paling ampuh tuh yang ngrecokin Indonesia...hehehe...emang Indonesia "SESUATU" banget.

Tapi mo gimana lagi wong yang menduplikat reog di Malaysia itu juga orang2 Indonesia yang udh jd WN Malaysia, trus dia bilang itu budaya nenek moyangnya. Masalahnya dia ngga jujur kalo nenek moyangnya ada di Ponorogo (Indonesia atuh) hehehe...

haha, emang sih. tapi yang saya fokusin disini bukan ngambil nya sih. bisa aja waktu itu cuma kebetulan lagi ada pementasan di malaysia. hehe. karena kan malaysia is trully asia, jadi semua budaya ditampilin disana.

wah, yang itu saya baru tau tu mbak. beneran gitu ya? pemuda indonesia sendiri yang bawa budaya kita ke tanah air orang? wah wah, pasti karena gak ngerasa dihargai di tanah sendiri tu

hahaa... bner kata yg di atas sebelumnya... pemuda kita blm spenuhnya cinta budaya..msh kurang walaupun belakangan ud mulai bngkit lagi "cinta indonesia banget"nya.. smoga kita bisa makin cinta, makin giat promosiin jd biar pateennn ;)

iya, harus emang selalu diingetin sama cinta indonesia nya ni mbak, biar rame, biar tetep memegang teguh tanah air :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ViCar Bromocorah
      Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 
      Selamat mendaki.

       
      Sumber : gunung artapela
    • By RahmadR
      Hi guys
      Buat liburan nanti saya mau nyari teman backpacker ke singapore, malaysia , thailand  karena saya cuma berdua (masih amatir hehe) sama teman jadi mau nyari teman lagi biar lebih seru . untuk itinerary masih disusun belum fix. untuk kontak add line : rahmad_riyan97
    • By Ahmad Andi Affandi
      Halo Jalan2ers  fans MotoGP, yuk kita ketemu di KL untuk menonton MotoGP Sepang 27-29 Oktober  2017 nanti.
      Untuk fans Tim Ducati, Honda, Suzuki & Yamaha yuk kita nonton bareng disana nanti.
      Disiini sifatnya hanya ajakan ya jd kalian nanti bebas menginap di daerah mana, pilihan tribun menonton jg pasti nya. Sifatnya untuk kebersamaan dan keceriaan aja.
      Untuk detail dan lain lain silahkan japri aja ya
      Terima Kasih
      Cp : Andy WA:08111698889
       
       




    • By nashir
      Opentrip MotoGP Sepang Malaysia
      28 - 31 OCT 2017
      Only Rp 2.950.000 (untuk 30 orang pendaftar pertama)
      Include
      Ticket Pesawat AirAsia Pulang Pergi Jakarta – Kuala Lumpur
      Airport Tax
      Free Cabin 7Kg
      Hotel Orkid
      Transport menuju sirkuit Sepang Only
      Ticket nonton MotoGP | F-GrandStand
      Dokumentasi + Photographer
      T-Shirt
      Guide
      Upgrade Ticket Zone
      K1 Grandstand + Rp 300.000
      VR46 Tribune + Rp 500.000
      Main Grandstand + Rp 600.000
      Marc Marquez Tribune + Rp 800.000
      Pendaftaran Paling lambat 30 Maret 2017
      Itinerary www.tripbackpacker.asia
      Watch our video trip last year
       
      Untuk Pertanyaan / Informasi / Konfirmasi Pembayaran silahkan ke:
      WhatsApp: 0857 9502 1995
      Line Official: @asiatrip
      Reseller Welcome, Ajak 10 orang GRATISS 1 (:

    • By Wisnu Jibonk
      Potong gigi (bahasa Bali: mepandes, mesangih atau metatah) adalah upacara keagamaan Hindu-Bali. Upacara ini termasuk apa yang disebut dengan istilah upacara manusa yadnya. Ritual yang dilakukan pada saat potong gigi adalah mengikis 6 gigi bagian atas yang berbentuk taring. Tujuan dari upacara ini untuk mengurangi sifat buruk (sad ripu) pada yang bersangkutan. (Source: Wikipedia)
      Upacara Potong Gigi sebagai salah satu bentuk untuk membayar hutang budi kepada leluhur. Manusia dalam hidupnya mempunyai tiga hutang budi yang disebut Tri Rnam dan salah satu diantaranya adalah Pitra Rnam yaitu hutang budi kepada orang tua (leluhur) yang menyebabkan manusia lahir, jadi untuk membayar hutang budi kepada leluhur harus dibayar dengan memelihara dan mengupacarai keturunannya ( pari sentana ).
      Merupakan suatu simbolis untuk melenyapkan atau mengendalikan hawa nafsu yang disebut Sadripu adalah enam musuh yang ada dalam diri manusia yaituKama;keinginan, Kroda;kemarahan, Lobha; serakah, Moha; kebingungan, Matsarya; dengki / irihati, dan Mada; mabuk. (Source: http://jibonkrocksite.blogspot.com/)
    • By chacha11
      Hei...hei...mo nanya
      Rencana awal tahun depan pengen ke Singapura, tapi lewat Johor Bahru...
      Kalo ada waktu sehari jalan-jalan di JB enaknya kemana aja ya? terus dari bandara JB ke kota jauh ga ya? cz rencana pulang ke Indo pake pesawat pagi...
      Mohon pencerahannya
    • By Hilda Jusuf
      Halo,
       
      Saya Hilda dari Bogor.
      Mau nyari barengan dong buat nonton motoGP Sepang, Malaysia tahun depan, 2017.
      udah ada kah yang prepare dari sekarang?
      Mohon infonya.
      makasih...