• 0
Berangan Trip Organizer

Escape to Ora Beach [OPEN TRIP]

Question

Pantai Ora di Maluku Tengah, tepatnya di Pulau Seram Utara, adalah tempat yang sangat cocok untuk bersantai dan lepas sejenak dari rutinitas sehari-hari karena suasananya yang tenang, dan punya pemandangan yang indah. Tempat ini dikelilingi oleh hutan Taman Nasional Manusela dan perbukitan karst yang seolah memisahkan kita dari hiruk-pikuk dunia luar. Sedangkan pantainya memiliki resort yang berdiri di atas laut, layaknya Maldives. Pemandangan bawah laut di tempat ini pun tak kalah indah dengan atas lautnya.

IMG_1682(see other pictures here)

Date :

  • 30 Juli – 2 Agustus 2015
  • 17 – 20 September 2015
  • 26 – 29 November 2015

Itinerary :

Hari 1 : AMBON – ORA (L, D)

Pukul 7 pagi berkumpul di meeting point (Bandara Pattimura Ambon), lalu menuju pelabuhan. Kita akan menyeberang ke Pulau Seram, dan melakukan perjalanan menuju Ora Resort. Siang hari tiba di resort, check-in, kemudian acara bebas. Bisa diisi dengan aktivitas snorkeling di sekitar resort, ataupun bersantai dan menikmati pemandangan.

Hari 2 : SALEMAN (B, L, D)

Tour dan snorkeling di tebing batu dan Mata Air Belanda.

Hari 3 : ORA – AMBON (B, L)

Pagi hari acara bebas. Siang harinya bersiap untuk pulang, dan melakukan perjalanan kembali ke Ambon. Bermalam di salah satu hotel di Ambon.

Hari 4 : AMBON – End (B)

Setelah makan pagi di hotel, kita akan tour berkeliling kota Ambon. Siang hari diantar hingga bandara, dan trip berakhir.

Price : Rp 4,500,000/pax (harga Early Bird Rp 4,200,000/pax)

Quota : min. 5 pax

Include :

  1. Transportasi darat selama trip (mobil AC)
  2. Kapal cepat Ambon – Seram PP (kelas VIP)
  3. Speed boat untuk snorkeling tour
  4. 2N Ora Resort (kamar apung, 1 kamar 2 orang)
  5. 1N Hotel Ambon (AC, 1 kamar 2 orang)
  6. Makan 9x
  7. Guide / Tour leader

Exclude :

  1. Tiket pesawat
  2. Peralatan snorkeling

Terms & Conditions :

  1. Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan downpayment (DP) sebesar Rp 2,000,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran.
  2. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan.
  3. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus.
  4. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan.
  5. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%.
  6. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%.
  7. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat.

Contact :

Intan Primadewati
Call/WhatsApp : +6281233843907 . +6287703039763
Pin BB : 5368F674

Indra Yulianto
Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
Pin BB : 75A0A51D

Email : marketing@berangan.com
Facebook : Berangan Trip Organizer
Twitter : @berangan_trip

Website : www.berangan.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

0 answers to this question

There have been no answers to this question yet

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By Lee_ega
      Ini beberapa irisan cerita perjalanan saya dalam misi rekonstruksi uang seribu, karena saking penasarannya, saya sampai membuat itinerary backpacking ke maluku utara, ternate-tidore-morotai, sejak setahun yg lalu, namun karena kendala teknis,baru bisa berangkat september silam, alhamdulillah.
      Setelah menebar racun,lalu menskrining calon travelmate saya, tentunya dg berbagai alasan banyak yg membatalkannya, akhirnya saya berhasil mengajak 1 orang, masrangga nama samarannya,  wkwkwk. Karena gak tega liat saya berangkat sendiri, akhirnya masrangga bersedia nemenin saya. Maacih ya mas.
      Berangkat dari Surabaya malam tgl 16 september,lalu transit d makassar tengah malam,lanjut terbang subuh,dan akhirnya landing dg selamat d bandara baabulah ternate jam 6 pagi tgl 17 september. Overall, bandaranya meski kecil tp view sekitar sangat memanjakan mata. Dari atas saya bisa melihat view masjid Al Munawwar (salah 1 masjid terapung di Indonesia) dan gunung Gamalama, Pulau Maitara, dan pulau2 lainnya. Ceritanya saya skip ya, next akan saya posting d lain waktu.
      Setelah keluar dari bandara, saya jalan sekitar 500 meteran lah,sampai ke gerbang luar,lalu nyetop angkota,atau di sini menyebutnya oto. Setelah tawar menawar,jatuh pada harga 300ribu untuk putar2 ternate seharian, lebih murah daripada sewa travel yg berada d kisaran 300-500rb. Sambil niatnya berbagi rezeki dg supir oto,krn d sana oto lumayan sepi penumpang. Deal berangkat sodara. Oiya, oto d sini sama seperti d flores,ambon,kupang,ada full musik nya. Jadi jangan heran ya nuat teman2 d jawa. Tp pas waktu masuk sholat, semua kendaraan yg lalu lalang dpn masjid mematikan lagu mereka. (Ini baru toleransi).
      Lanjut, setelah tanya2,dan gugling, akhirnya didapat informasi bahwa lokasi uang 1000 itu ada d 3 spot, d pantai gambesi, cafe florida, dan pantai fitu. Tp bang supirnya menyarankan ke cafe florida,karena katanya pula di sini ada pigura berinformasikan sbg lokasi uang 1000. Okelah demikian. Toh juga baru sekali ke ternate, belum tentu bisa kesana lagi next. Kemudian kami masuk,bang supir milih d luar aja. Kesan pertama memang wow banget, viewnya keren, cuma sayangnya untuk spot 1000 kurang pas, mungkin kami harus bergeser ke arah timur 10 derajat lah. Tapi krn sudah terlanjur, skalian pesen minuman, dan kami sempat terkejut, harga minuman d sini lumayan mihil untuk kantong bekpekere macem saya. Akhirnya kami sepakat untuk sedikit khilaf dg bersikap hedon selama di sini .

      Gb.1 view dari cafe floridas + minuman yg saya pesan
      Setelah gagal merekonstruksi krn posisi yg kurg bbrp derajat, akhirnya kami cuma ceki2 selfie sebentar sembari ngabisin minuman di sini. Setelahnya, kami sepakat melanjutkan perjalanan ke benteng kalamata untuk hunting sunset, karena searah lanjut balik ke pusat kota bawah sambil cari akomodasi. besok pagi sebelum berangkat ke tidore, mau menyempatkan ke pantai fitu.
      18 september jam 6 pagi, kami sudah siap packing,niat awal mau ke pantai fitu,mumpung masih pagi,dan cuaca di sana cukup terik untuk jam 7 pagi ke atas, gak seperti di malang yg masih sejuk. Setelah naik oto yg menuju ke atas/ngade, tibalah kami d bibir pantai fitu, berkat pak sopir yg bersedia otonya kami carter untuk berangkat saja, 20k/2 orang. Jadi drpd jalan dr depan sampai ke bibir pantai,lumayan jauh,sekitar 300meter. Dan berikut view pantai fitu sbg spot uang 1000

      Gb.2 misi rekonstruksi uang 1000 berhasil,,uyeee
      Pantai fitu sendiri terletak d kawasan pemukiman penduduk yg bermatapencaharian sbg nelayan, dan sebelum memasuki bibir pantai ini, kita akan melewati pemukiman/mess tentara nasional Indonesia. Tidak ada tiket masuk ke kawasan pantai fitu, kita cukup membayar dg senyuman hangat kepada penduduk sekitar. Dan penduduknya ramah dg pendatang atau turis. Setelah bermain disini kurleb 1 jam, kami beranjak menuju pelabuhan bastiong, kali ini kami membayar 6rb/orang untuk oto nya. Tetap jadi pejalan yg santun dan bijak ya jalaners. Semoga bermanfaat
       
    • By Berangan Trip Organizer
      Menjejakkan kaki di pantai Kepulauan Kei akan menjadi sebuah pengalaman baru yang mungkin akan sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya di seluruh Indonesia. Butir pasir sehalus tepung akan memanjakan kulit kaki setelah menempuh perjalanan jauh menuju kota Langgur-Tual. Kombinasi jernihnya air laut, halusnya pasir pantai, dan indahnya panorama ciptaan Tuhan terbentang dengan megah bagi setiap pejalan yang beruntung memiliki kesempatan mengunjungi kepulauan terkenal di Maluku Tenggara ini. Ya, semua tersaji di Pulau Kei Besar dan Kei Kecil.

      Date :
      14 – 17 April 2016 Itinerary :
      Hari 1 (D)
      Peserta dijemput di Bandara Tual pukul 14.00, kemudian menuju Goa Hawang dan Pemandian Evu. Sore harinya kita akan menikmati sunset di Pantai Ngurbloat. Setelah itu menuju penginapan untuk beristirahat.
      Hari 2 (B, L, D)
      Usai sarapan pagi, kita akan hopping island dan snorkeling di Pulau Ngav, Pulau Ngodan, dan Pulau Bair. Sore hari kembali ke penginapan.
      Hari 3 (B, L, D)
      Pagi hari kita akan menikmati sunrise di Bukit Masbait. Setelah itu kembali ke penginapan untuk mandi dan sarapan. Usai sarapan, kita akan explore Goa Luvat dan snorkeling di Pantai Ngurbloat. Kemudian trip berlanjut menuju rumah produksi Embal Nen Te Idar, lalu belanja oleh-oleh di kota. Sore hari kembali ke penginapan.
      Hari 4 (B, L)
      Pagi hari waktu bebas untuk menikmati pantai di depan penginapan. Siang hari check-out penginapan, lalu menuju Langgur untuk city tour. Setelah itu diantar hingga bandara, dan trip berakhir.
      Price : Rp 2,900,000/pax
      Quota : min. 10 pax
      Include :
      Transportasi darat dan laut ke tempat wisata selama trip Makan pagi 3x, makan siang 3x, makan malam 3x Penginapan di Coaster Cottage selama 3 malam; 1 kamar 2 – 3 orang Tiket masuk tempat wisata dan sumbangan sukarela di Ngurbloat, NgurSarnadan, Evu, Bukit Masbait, dan Taman Ziarah Guide lokal Asuransi Kopi dan teh di penginapan Exclude :
      Tiket pesawat dari dan ke kota asal ke Langgur, Tual Sewa alat snorkeling. Sewa Rp 50.000,-/hari untuk satu set mask, snorkel dan fins Pengeluaran pribadi, oleh-oleh dll Tip guide dan sopir Dokumentasi Laundry Rekomendasi pesawat :
      Ambon – Langgur :
      07.55 – 09.30 : Garuda Indonesia
      08.00 – 09.35 : Trigana Air
      12.25 – 13.50 : Wings air
      Langgur – Ambon :
      05.50 –  07.15    : Wings air
      10.00 –  11.35    : Garuda
      11.35 –  13.10    : Trigana
      13.20 –  14.55    : Trigana
      14.15 – 15.40     : Wings air
      Terms & Conditions :
      Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp. 1.500.000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat. Contact :
      Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674
      Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675
      Pin BB : 75A0A51D
      Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip
    • By Berangan Trip Organizer
      Pantai Ora di Maluku Tengah, tepatnya di Pulau Seram Utara, adalah tempat yang sangat cocok untuk bersantai dan lepas sejenak dari rutinitas sehari-hari karena suasananya yang tenang, dan punya pemandangan yang indah. Tempat ini dikelilingi oleh hutan Taman Nasional Manusela dan perbukitan karst yang seolah memisahkan kita dari hiruk-pikuk dunia luar. Sedangkan pantainya memiliki resort yang berdiri di atas laut, layaknya Maldives. Pemandangan bawah laut di tempat ini pun tak kalah indah dengan atas lautnya.

      Date :
      7 – 10 April 2016 Itinerary :
      Hari 1 : AMBON – ORA (D)
      Pukul 7 pagi berkumpul di meeting point (Bandara Pattimura Ambon), lalu menuju pelabuhan. Kita akan menyeberang ke Pulau Seram, dan melakukan perjalanan menuju Ora Resort. Siang hari tiba di resort, check-in, kemudian acara bebas. Bisa diisi dengan aktivitas snorkeling di sekitar resort, ataupun bersantai dan menikmati pemandangan.
      Hari 2 : SALEMAN (B, L, D)
      Tour dan snorkeling di tebing batu dan Mata Air Belanda.
      Hari 3 : ORA – AMBON (B)
      Pagi hari acara bebas. Siang harinya bersiap untuk pulang, dan melakukan perjalanan kembali ke Ambon. Bermalam di salah satu hotel di Ambon.
      Hari 4 : AMBON – End (B)
      Setelah makan pagi di hotel, kita akan tour berkeliling kota Ambon. Siang hari diantar hingga bandara, dan trip berakhir.
      Price : Rp 4,800,000/pax
      Quota : min. 2 pax
      Include :
      Transportasi darat selama trip (mobil AC) Kapal cepat Ambon – Seram PP (kelas VIP) Speed boat untuk snorkeling tour 2N Ora Resort (kamar apung, 1 kamar 2 orang) 1N Hotel Ambon (AC, 1 kamar 2 orang) Makan 6x Exclude :
      Tiket pesawat Peralatan snorkeling Terms & Conditions :
      Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan downpayment (DP) sebesar Rp 2,400,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat. Contact :
      Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674
      Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D
      Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip
    • By Berangan Trip Organizer
      Pantai Ora di Maluku Tengah, tepatnya di Pulau Seram Utara, adalah tempat yang sangat cocok untuk bersantai dan lepas sejenak dari rutinitas sehari-hari karena suasananya yang tenang, dan punya pemandangan yang indah. Tempat ini dikelilingi oleh hutan Taman Nasional Manusela dan perbukitan karst yang seolah memisahkan kita dari hiruk-pikuk dunia luar. Sedangkan pantainya memiliki resort yang berdiri di atas laut, layaknya Maldives. Pemandangan bawah laut di tempat ini pun tak kalah indah dengan atas lautnya.     Date : 7 – 10 April 2016 Itinerary :   Hari 1 : AMBON – ORA (D)
      Pukul 7 pagi berkumpul di meeting point (Bandara Pattimura Ambon), lalu menuju pelabuhan. Kita akan menyeberang ke Pulau Seram, dan melakukan perjalanan menuju Ora Resort. Siang hari tiba di resort, check-in, kemudian acara bebas. Bisa diisi dengan aktivitas snorkeling di sekitar resort, ataupun bersantai dan menikmati pemandangan.   Hari 2 : SALEMAN (B, L, D)
      Tour dan snorkeling di tebing batu dan Mata Air Belanda.   Hari 3 : ORA – AMBON (B)
      Pagi hari acara bebas. Siang harinya bersiap untuk pulang, dan melakukan perjalanan kembali ke Ambon. Bermalam di salah satu hotel di Ambon.   Hari 4 : AMBON – End (B)
      Setelah makan pagi di hotel, kita akan tour berkeliling kota Ambon. Siang hari diantar hingga bandara, dan trip berakhir.   Price : Rp 4,500,000/pax   Quota : min. 2 pax   Include : Transportasi darat selama trip (mobil AC) Kapal cepat Ambon – Seram PP (kelas VIP) Speed boat untuk snorkeling tour 2N Ora Resort (kamar apung, 1 kamar 2 orang) 1N Hotel Ambon (AC, 1 kamar 2 orang) Makan 6x   Exclude : Tiket pesawat Peralatan snorkeling   Terms & Conditions : Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan downpayment (DP) sebesar Rp 2,000,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat.   Contact :   Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674   Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D   Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip Website : www.berangan.com
    • By syahril
      Hallooo sahabat jalan2 sedikit share hasil nekat solo backpacker saya kemarin di pulau banda neira, maluku.
      Seperti kita ketahui indonesia timur memiliki destinasi yang begitu wahh yang mesti wajib di kunjungi. Banda neira salah satunya, salah satu kecamatan yang ada di maluku yang sudah mendunia akan hasil rempah-rempahnya yaitu buah pala. Keindahan-keindahan pulau banda neira diantaranya :
      1.     Mercusuar laut taka

      Salah satu spot yang kata orang sana spot terkece, kenapa ??karna dari atas mercusuar ini kita bisa menikmati hamparan laut banda serta pemandangan gunung api, pulau karaka serta pulau neira.
      2.     Benteng belgica

      Banda neira kaya akan wisata sejarahnya, salah satunya yaitu benteng belgica, benteng yang berada tepat di tengah kota sehingga ganpang untuk di kunjunggi. Dari atas benteng kita bisa menikmati indahnya gunung api yang begitu kokoh serta hamparan laut teluk banda.
      3.     Gunung api

       
      Iya kata orang kalau ke banda ngk naik gunung api berarti belum sampai di banda. Gunung api yang masih aktif memiliki daya tarik yg begitu asik untuk di daki. Dari puncaak gunung kita bisa menikmati sunset, sunrise, serta keindahan pulau banda yang ada di depanya. Waktu yang tepat sdh jelas di pagi hari dan sore hari. Soalnya kalau siang panas matahari serta panas uap api  gunung kalau berada di puncak.. hehehehe
      4.     Pulau lonthoir

      Salah satu pulau yang ada di banda neira, pulau ini memiliki pesona tersendiri, karna dari salah satu tebing yang ada kita bisa menikmati indahnya pulau lonthor dari atas ketinggian serta gagahnya gunung api.
      5.     Lava floow

       
      Keindahan bawah laut banda tidak di ragukan lagi. Salah satu nya di spot lava floow ini. Tepat di bawah gunung api. Keindahan karang serta ikan yang berenang buat kita betah.
      6.     Pulau karaka

       
      Pulau kecil yang pertama di temui ketika masuk di selat banda. Memiliki bebatuan unik serta dari tempat ini kita bisa menikmatisunset.
       
      Mungkin ini dulu foto2nya.. foto yang lain bisa di intip di instagram saya hehehe.. IG : www.instagram.com/riendsyahril 
       
    • By Gayatri
       
      PESONA AMBON
      Ambon bisa menjadi alternative berlibur yang super pecaahhh dengan kekayaan akan wisata alamnya, Pantai  pantai yang indah dan wisata bawah lautnya serta wisata kuliner dan keramah tamahan penduduknya. Bicara tentang wisata  Ambon lengkap banget deh..

              
      Ini berawal dari ajakan Monica Kakiay teman satu kantor yang kebetulan  asli Ambon , berhubung Dia dapat Double of dia berencana mau Pulang kampuang dan mengajak teman2 kantor lainnya. Dan ini Trip yang sangat sangat saya tunggu2 karena sudah lama penasaran sama Ambon Manise. Setelah semua urusan tiket selesai dan saya confirm untuk ikut.
       
      Sedikit mengenai kota Ambon (Wikipedia)
      ” Kota ini dikenal juga dengan nama Ambon Manise yang berarti Kota Ambon Yang Indah/Manis/Cantik, merupakan Kota terbesar di wilayah kepulauan Maluku dan menjadi sentral bagi wilayah kepulauan Maluku. Saat ini kota Ambon menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.
      Kota Ambon berbatasan dengan Laut Banda disebelah selatan dan dengan kabupaten Maluku Tengah di sebelah timur (pulau-pulau Lease yang terdiri atas pulau-pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut), di sebelah barat (petuanan negeri Hila, Leihitu, Maluku Tengah dan Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah yang masuk dalam kecamatan Leihitu, Maluku Tengah) dan di sebelah utara (kecamatan Salahutu, Maluku Tengah) “.
      Berangkat hari kamis 9 Oktober 2015 dengan pesawat Lion Air dengan kode penerbangan EEXYXR  jam 01:30 WIB dan tiba di Bandara Pattimura jam 07:00 WIT
       
      Hari I: Bandara – Talake – Perjalanan Ke Ora Beach
      Setibanya di Bandara Pattimura Mobil yang akan membawa kami sudah menanti di Bandara. Berhubung jumlah peserta yang dari Jakarta Cuma 6 orang bisa pakai mobil. Dan perjalanan hari ini kami mulai dari Bandara langsung ke Talake.
      Perjalanan dari Bandara Ke Talake ditempuh selama 1 jam, sesampai  di Talake kami disambut hangat oleh orangtua monica dan selama di ambon kami akan nginap dirumah keluarga baru yang super baik. Dan langsung dijamu makan dengan makanan khas ambon nasi panas, ikan laut sambal, peyek, kangkung dan sambel maknyosss. Lahap karena kelaparan selama perjalanan.
      Sarapan

      Perut pun kenyang hati pun senang  kami ber 8 langsung melanjutkan Perjalan Ke Pantai Ora. Untuk rute perjalan menuju Pantai Ora di Desa Sawai. Berangkat dari Talake ke Pelabuhan Ferri Hunimua, perjalanan kira kira 1,5 jam. Untuk Ke Ora harus menyeberang menggunakan Ferri dari pelabuhan Hunimua desa Liang kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.
      Jadwal penyebrangan Ferri dimulai pukul 7 pagi. Setiap harinya kapal Ferri hanya melayani 6 kali penyebrangan dengan tarif Rp 13.000/orang dan kalau mau di kelas VIP Cuma tambah Rp 5000/orang. Dan kita ambil yang kelas VIP ada TV,AC,Toilet dan sangat nyaman bisa tiduran juga hehehehehe…  Selama diatas kapal kita bisa melihat hamparan pasir putih dan laut lepas sambil makan pisang goreng khas ambon. Sekitar 45 menit kami tiba di Pelabuhan Waipirit Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram bagian barat.
      Sesampai di waipirit kita dijemput sama abang Ganteng yang aku lupa namanya yang jadi Driver kami dari Pelabuhan Waipirit sampai ke Desa Saleman. Dari Pelabuhan Waipirit perjalanan sepanjang 85 kilometer kita tempuh dengan menggunakan mobil. Karena medan yang dapat di katakan kurang bagus, kebetulan lagi banyak perbaikan jalan dibutuhkan setidaknya 4-5 jam perjalanan. Setibanya di Desa Saleman tepatnya di tepi Teluk Saleman sudah malam kira2 jam 19.00 wita.

      Pelabuhan Waipirit
       
      Sesampai Dipelabuhan kita sudah ditunggu oleh teman baru asli Ambon juga dan sudah disiapkan satu boat dan pak Anwar yang akan mengantar kita selama trip di Ora. Kita melewati lautan dimalam hari dengan menempuh perjalanan laut sekitar 20 menit sebelum akhirnya sampai di Sawai. Untuk malam pertama kita nginap dirumah nasabah teman alias Gretongannn. Kita langsung beres beresin barang mandi, makan dan istrahat ngumpulin stamina besok paginya.
      Rute Hari II Tebing Sawai – Chek In Roneela Cottage – Pulau Kecil –Pantai Ora – Air Belanda

      Pagi telah tiba, kita langsung berburu sarapan khas sawai yaitu nasi pulut srikaya. Selesai sarapan langsung kita lanjutkan Perjalanan ke Tebing Sawai Pulau Seram, Maluku Tengah. Melihat  tebing dan hamparan pasir Putih. Perjalanan dari sawai hanya membutuhkan waktu 10 menit kita sudah bisa menikmati indahnya Tebing Sawai.

      Tebing Sawai dengan Pesonanya
      Jam 10 kita lanjut Perjalanan ke tempat Penginapan untuk Chek In di Roneela Cottage  desa Rumah Olat Seram bagian Utara dengan menempuh perjalanan selama 15 menit dari desa Wahai
      @Tebing Sawai

      Roneela Cottage
      Cottage dengan desain bangunan kayu bernuansa alami dengan hunian di atas air menyajikan pesona pemandangan alam dan keindahan taman bawah laut. Fasilitas penginapan di Roneela cottage dilengkapi dengan AC, Air panas dan resto untuk makanan dan minuman. Untuk Tarif dan Fasilitas serta pemesanan bisa langsung di chek di web nya http://roneelacottage.com/ infonya sangat Lengkap.

      Habis Chek in langsung lanjut Ke Pulau Kecil dengan perjalanan 20 menit. Selama Perjalanan kita Bisa melihat hutan mangrove. Pulau tak berpenghuni serasa pulau Pribadi yang ada Cuma kita ber 9. Dilanjut makan siang disana dengan menu khas Ambon nasi kelapa dan ikan Colo colo.
      Pulau Kecil

      Sehabis bersantai di Pulau Kecil lanjut ke Pantai Ora tempat yang selama ini buat Penasaran perjalanan ditempuh 10 menit dari Pulau Kecil.

      Semua kelelahan akibat perjalanan jauh akan segera lenyap ketika melihat keindahan tempatnya. Disambut hangat sama keindahan bawah lautnya dengan mata telanjang kita sudah bisa melihat ikan dan terumbu karang. Kita menghabiskan waktu disana dengan bersantai ria dan tidak lupa untuk foto foto kece.
      Pelabuhan Ora

      Berhubung kami tidak menginap di The Ora Eco Resort saya tidak bisa share untuk rate penginapan, tapi sekarang gampang kita bisa searching langsung.
      Setelah Puas memanjakan mata  kita lanjut ke Air Belanda sebagai destinasi terakhir hari ini dengan perjalanan 10 menit dari ora, Air pegunungan yang sangat dingin dan jernih. Air Belanda langsung terhubung ke Laut.

      Perjalan kali ini sungguh sangat memuaskan dan sangat memanjakan, Terimakasih Tuhan untuk ciptaanMu yang sungguh sangat luar biasa ini.

      Kamar di the Ora Eco Resort

       
      Hari ke III Check Out – wisata sekitar penginapan – Sawai – Kota Ambon
      Didepan Cottage Roneela

      Keindahan taman bawah laut menjadikan pengalaman berenang dan snorkling yang sangat mengesankan selain ber-bananaboat bersama teman dan keluarga.
      Tersedia juga ayunan didepan Roneela Cottage.

      Tanggal 11 oct jam 12.00 wita kita check out dari Penginapan untuk kembali ke Kota Ambon. Untuk Rute balik ke ambon kita melalui rute yang sama dengan rute berangkat.
      Perjalanan Pulang kembali Ke Kota Ambon

      Sebelum tiba di Ambon kita mampir di Kampung Bola Desa Tulehu dan langsung lanjut ke Talake. Kita sampai jam 20.00 wita dan istrahat.
      Hari ke IV Pintu Kota -- Patung Martha Christina Tiahau – Pasar Mardika -- Gong Perdamaian

      Perjalanan selama di Ambon kita menggunakan Motor dengan  tujuan pertama ke Pintu Kota. Dari Talake menempuh waktu selama ½ jam menggunakan Motor. Dari tempat parkir menuju lokasi pantai kita harus menuruni tangga yang agak curam dan sempit, lokasi Pantai Pintu Kota terdapat pondokan-pondokan untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan rimbunnya pepohonan yang cukup besar.  Sesampai disana kita membayar tiket masuk Rp2000/0rang.
      Begitu tiba di kawasan wisata Pintu Kota tampak sebuah lubang batu karang berbentuk persegi empat di kaki perbukitan.dan hilir-mudik kapal yang akan memasuki kota Ambon. "Pintu Kota" yang terbentuk dari tebing terjal batu karang, sebagian lubangnya tertutup air ketika pasang dan terbuka disaat air surut.
      Selanjutnya Perjalanan ke Patung Martha Christina Tiahau Dari lokasi Patung Martha Christina Tiahahu biasa dijadikan tempat alternatif untuk menikmati suasana santai dan kita juga bisa melihat pemandangan Kota Ambon.
       
      Harga tiket masuk Rp 5.000/org tapi kebetulan pas kita kesana Gratissss lagi hehehe. Puas menikmati pemandangan dari Patung Martha Christina Tiahahu, kita langsung beranjak untuk hunting oleh2 khas Ambon, ke Pasar Mardika. Oleh-oleh Khas Ambon Mutiara, Besi Putih,  Minyak kayu Putih, Sagu, Roti Sarindah, Ikan Asar (diasapi) dan banyak lagi.
      Destinasi Penutup untuk hari ini ke Taman Gong Perdamaian. Gong Perdamaian Dunia Kota Ambon, ialah gong perdamaian dunia yang ke-39. Gong ini didatangkan dan dipancangkan di ACC (Ambon City Centre) sebagai peringatan tragedi kerusuhan sosial bermotif SARA yang terjadi di Maluku, khususnya kota Ambon (Wikipedia)
       
      Kita sampai di Taman Gong udah hampir malam, karena itu kita tidak sempat lagi untuk berkunjung ke Museumnya. dari Gong Perdamaian, kita singgah ke Lapangan Merdeka yang disana ada lapangan kantor Gubernur Maluku. Malam hari kita bisa melihat banyak Remaja melakukan beragam aktivitas seperti break dance atau sekadar nongkrong dan foto-foto.

      Di Gong ini terdapat gambar ratusan bendera negara-negara yang ikut menandatangani Deklarasi Ambon.
      Kita bisa berfoto pada sebuah tulisan besar yang merupakan identitas lain dari orang Ambon. Yaitu, Ambon Manise!

      Lanjut makan malam terakhir di Ambon kita diajak ke Coto 3 Saudara. Trippp hari ini  selesaiii

      Coto
       
      Trip di Ambon telah selesai tanggal 13 October kita kembali ke Jakarta. Dan perjalanan ke bandara kita masih singgah di Hatiweh besar dari tempat ini kita bisa melihat keindahan kota Ambon.
       
      Untuk Biaya dan Share Cost / 8 orang Selama Trip Ambon:
      1.    Tiket Pesawat PP Rp 500.000 (Karena Kebetulan dapat Konsesi) tapi kalau tiket PP biasanya di kisaran Rp 2.200.000
      2.    Sewa Mobil Bandara -- Talake -- Pelabuhan Liang Rp 400.000 (Share Cost)
      3.    Tiket Kapal Pelabuhan Liang – Waipirit Rp 13.000 + vip 5.000 /orang
      4.    Sewa Mobil Pelabuhan Waipirit – Pelabuhan saleman PP Rp 1.600.000 (Share Cost)
      5.    Penginapan Malam Pertama di Sawai Gratis karena kebetulan ada rumah Nasabah Teman yang ikut Trip.
      6.    Roneela Cottage Rp 750.000/malam termasuk sarapan (Share Cost)
      7.    Sewa Boat Dari Penjemputan di pelabuhan Saleman – Sawai -- Selama Trip Kepulau Kecil – Pantai Ora – ke penginapan – dan kembali pulang ke pelabuhan saleman Rp 1.200.000 (Share Cost)
      8.    Tiket Kapal Pelabuhan Waipirit -- Pelabuhan Liang Rp 13.000 + vip 5.000 /orang
      9.    Sewa Angkot dari waipirit – Talake Rp 250.000 (Share Cost)
      10. Penginapan Selama di Ambon Gratis
      11. Sewa Motor + bensin 1 hari Rp 100.000/ (2 orang)
      12. Tiket Masuk Pintu Kota Rp 2.000 + Parkir Motor Rp 5.000
      13. Tiket Masuk Gong Perdamaian Rp 5.000
      14. Tiket Masuk ke Patung Martha Christina Tiahahu Rp 5.000
      15. OLEH-OLEH……
       
      Perkiraan Budget selama disana di luar Tiket Pesawat / orang Rp 779.000 Tapi kita sepakati untuk share cost Rp 1.000.000/orang dan sisanya untuk bayar makan + jajan selama di Ambon dan membeli Oleh2 untuk Ibu dan Bapak keluarga baru tempat kita menginap Gratisan selama Trip..
       
      Semoga Tulisan ini bisa membantu teman-teman yang akan pergi backpacker-an maupun rombongan ke Ambon Manise. Dan saya akan kembali lagi untuk menyapa dan melihat keindahan Kota Ambon.
      Danke banyak2 untuk semua dan teman seperjuangan yang kece abis selama ke Ambon.
       

       
       
       
    • By chrisvild
      Halo Guys!

      saya Mario dari www.mariophotoworks.com kebetulan saya adalah freelance fotografer & writer untuk travel magazine, prewed & wed dan sebagai kontributor untuk shutterstock. Maaf kalo kali ini saya buat judulnya antimainstream, judul aslinya sebenernya adalah Jangan coba-coba berkunjung ke Maluku kalau kita tidak bisa menjaga keindahan alamnya. Yup! seperti kita ketahui, Maluku itu menyimpan berbagai potensi wisata, khususnya bahari, meski bisa saya bilang makanannya juga enak-enak Oleh karena itu uda tanggung jawab kita untuk menjaga sisa-sisa keindahan alam di negri kita ini. Kenapa saya bilang sisa-sisa? karena banyak keindahan alam di Indonesia ini yang sudah rusak sama tangan-tangan yang ga bertanggung jawab, kabut asap kemarin contohnya. Ok, lanjut ke bawah ya..
      Tujuan saya ke Maluku ini sebenernya mau berkunjung ke Ora Beach, sering banget saya liat orang posting tentang tempat ini dan sangat amaze sama keindahannya. Ya saya percaya si, Timur Indonesia memang sangat indah. Akhirnya saya join trip yang diadakan temen saya, kita berangkat ber 8 dengan background masing-masing profesi. Tapi tunggu dulu, sayang bukan sudah jauh-jauh ke Maluku tapi ga sempet explore Maluku atau Ambon ini. Eh ternyata, di sisi lain, banyak keindahan yang tertangkap oleh kamera saya baik wisata baharinya maupun dari sisi historical nya. Yu langsung aja dilihat foto-foto saya dibawah ini:
       
      Pantai Liang

      Pantai Hunimua lebih dikenal dengan nama Pantai Liang karena pantai ini terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai ini pernah dinobatkan oleh UNDP-PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990. Dermaga panjang dengan air laut biru jernih ditambah gradasi warna yang indah menjadi daya tarik pantai ini.
       
      Pantai Pintu Kota

      Pantai Pintu Kota merupakan Pantai yang terletak di desa Air Louw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, dimana pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat lubang besar pada tebing karangnya hingga menembus di kedua sisinya. Di tempat ini kita juga bisa trekking ke atas bukitnya untuk meilhat Laut Banda dari kejauhan.
       
      Benteng Amsterdam

      Benteng Amsterdam adalah benteng peninggalan Belanda yang letaknya di perbatasan antara Negeri Hila dan Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, terletak sekitar 42 km dari kota Ambon. Letak benteng ini tepat di samping pantai Negeri Hila dan Negeri Kaitetu. Benteng Amsterdam merupakan salah satu bangunan tua yang berusia ratusan tahun dan merupakan bagian dari sejarah penguasaan VOC di Ambon, Maluku.
       
      Ora Beach

      Untuk mencapai Pantai Ora atau Ora Beach ini memang dibutuhkan waktu yang agak panjang dimana rute yang harus ditempuh adalah Kota Ambon - Pelabuhan Tulehu - Amahai - Terminal Masohi - Desa Saleman - Pantai Ora. Total perjalanan bisa mencapai 5 jam termasuk perjalanan darat - laut tapi itu semua terbayar kok sama keindahan yang didapat
      Berikut foto-fotonya:
      Floating Resto di Ora Beach Resort

       
      Berenang di sekitar Pantai Ora

       
      Beningnya perairan di sekitar Pantai Ora

       
      Sunrise di Pantai Ora

       
      Cottage di Pantai Ora

       
      Milky Way di Pantai Ora

       
      Bintang-bintang di langit Pantai Ora

       
      Jernihnya air laut di sekitar Pantai Ora

       
      Senyum ramah dari penduduk lokal

       
      Breathtaking View di sekitar Pantai Ora


      Gimana gan? indah banget kan negeri kita ini. Yu mari kita sama-sama jaga dan lestarikan keindahan alam Indonesia ini
      Foto: Dokumen Pribadi
      Text: Wikipedia & Dokumen Pribadi