baihaki1985

Restoran Halal Muslim dan Vegetarian yang Tersebar di Guangzhou

3 posts in this topic

Sebagai kota surganya kuliner, tentu Guangzhou menyediakan berbagai jenis makanan lokal yang bisa dikonsumsi oleh siapapun. Termasuk tentunya bagi traveler muslim yang tentu tidak diperbolehkan untuk makan makanan tertentu. Para traveler muslim pun dalam kesehariannya harus mengkonsumsi makanan halal. Dan untungnya, sebagai salah satu kota terbesar di Cina, Guangzhou mempunyai fasilitas untuk para traveler muslim

Restoran Muslim Xinyue

Restoran yang satu ini merupakan salah satu tempat makan halal yang popularitasnya tinggi di kota Guangzhou. Namun Restoran Muslim Xinyue ini tidak menyediakan kuliner khas Kanton. Restoran ini pun biasanya menyediakan menu dari suku Xinjiang yang dikenal sebagai suku dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam. 

xinyue.thumb.jpg.e3d1baafde3ae132c56fe0f

Restoran Muslim Xinyue (kredit: thatsmags)

Restoran Xinyue pun tak hanya berdiri di kota Guangzhou. Restoran ini juga bisa dijumapi di kota lain seperti Foshan, Shenzhen, Zhuhai, Zhongshan serta Nanhai. Menu yang disajikan di restoran ini sepenuhnya adalah makanan halal. Untuk alamatnya, restoran ini berada di Lantai tiga Xinjiang Mansion, 76 Tianhe North Road, Tianhe District. 

Restoran Nur Bostan

Masih berada di Distrik Tianhe, tepatnya di alamat Unit 7, Lantai 1 Tianhehui, 160 Tianhe Straight Street adalah Restoran Nur Bostan. Seperti halnya Xinyue, Restoran Nur Bostan ini juga tidak menyediakan makanan Kanton. Namun tempat ini menyediakan makanan ala Arab dan Xinjiang. 

nur_bostan.thumb.JPG.5d59001d9dea4ea82d3

Restoran Nur Bostan (kredit: Nur Bostan)

Selain menyajikan menu makanan halal, restoran ini juga menghadirkan suasana ala Timur Tengah. Desain interior ruangan pun dibentuk dengan dekorasi ala Turki. Selain itu, tempat ini juga memberikan hiburan berupa musik Arab yang diadakan setiap malam. 

Restoran Bogda Paradise

Restoran Bogda Paradise ini terkenal dengan olahan makanan daging kambingnya. Masakan yang disajikan di tempat ini pun merupakan masakan ala Xinjiang. Untuk alamatnya, restoran ini berada di Lantai 2 Xinjiang Mansion, 76 Tianhe North Road, Distrik Tianhe. 
Restoran ini lokasinya strategis berseberangan dengan Masjid Hua Sheng yang merupakan salah satu masjid tertua di dunia berusia lebih dari 1300 tahun. 


Restoran Brother Muslim

Tempat ini mempunyai sajian utama berupa kambing guling serta sajian ayam ala Xinjiangnya. Selain itu, Restoran Brother Muslim ini juga dikenal mempunyai sajian yogurt yang enak. Lokasi restoran ini berada di Unite 65  Dongdu Big World Office Building, 475 Huanshi East Road, Yuexiu District.

Restoran Huimin Fandian

Huimin Fandian atau juga dikenal dengan nama Restoran Muslim. Restoran ini pun dikenal sebagai tempat makan yang mempunyai banderol tidak terlalu mahal serta opsi makan malam yang cukup banyak. Dan di kota Guangzhou, Huimin Fandian ini dikenal sebagai salah satu restoran halal yang sangat populer. Bahkan tempat ini kerap dijadikan lokasi berkumpulnya komunitas muslim di kota Guangzhou.

huimin_fandian.thumb.jpg.e128ec435db713b

Restoran Huimin Fandian (kredit: Canyin88)

Restoran ini pun mempunyai sejarah yang cukup panjang dan telah berdiri selama lebih dari 45 tahun. Berbagai sajian makanan pun bisa diperoleh di sini. Tak hanya berbagai jenis sajian daging sapi, Restoran Humin Fandian ini juga menyediakan menu seafood serta makanan Kanton. Untuk alamatnya, Huimin Fandian ini berlokasi di alamat 325 Zhongshan Liu Lu. 

Selain restoran halal, tentunya informasi yang dibutuhkan kala berada di Guangzhou adalah tentang restoran untuk para vegetarian. Kurang begitu tahu sih apakah makanan yang disajikan di restoran vegetarian mesti adalah makanan yang halal. Secara sih bahan-bahan yang digunakan mestinya adalah bahan nabati yang saya rasa semuanya halal deh. Tapi harus ada informasi lebih lanjut tentunya mengenai halal atau tidaknya makanan di restoran vegetarian. 

Keberadaan restoran vegetarian di Guangzhou pun cukup banyak, lebih banyak dibandingkan dengan restoran halal. Secara khusus sih, Jinghui Lu menjadi lokasi pusatnya kuliner vegetarian di kota Guangzhou. Berikut ini adalah beberapa restoran vegetarian yang ada di kota surganya wisata kuliner Cina tersebut:

Shui Yun Tian

Restoran vegetarian yang satu ini merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Jinghui Lu. Dan di sini, para pengunjung pun bisa menikmati sajian makanan vegetarian yang dibentuk sehingga mirip dengan daging. Sebagai tambahan, restoran ini tak menggunakan bahan telur ataupun susu. Jadi pure vegetarian. Alamatnya, restoran ini berada di 38-42 Jinghui Lu, Yuexiu District Guangzhou.

Ci Sheng

Sama halnya seperti Shui Yun Tian, restoran ini berada di Jinghui Lu, tepatnya di alamat 76 Jinghui Lu. Dari luar, restoran ini akan nampak seperti sebuah guest house. Harga makanan di tempat ini pun cukup murah, berkisar dari 8 RMB hingga 46 RMB. 

Big Buddha Temple Vegetarian Restaurant

Seperti namanya, restoran ini merupakan tempat makan yang mengambil tema Buddha. Bahkan pada saat pelayan memberikan daftar menu, mereka akan melakukannya dengan disertai ucapan 'amitabha'. Sebagai pelengkap, pelayan yang ada di restoran ini berpenampilan layaknya seorang biksu yang ada di kuil. Tentu dengan kepala plontos serta atribut pakaiannya. 

Big_Buddha_Temple_Vegetarian_Restaurant.

kredit: dafosi.org

Mengenai makanannya, tentu saja menu di sini disesuaikan dengan selera para vegetarian. Bahkan ada yang menyebutkan, meski menunya vegetarian namun rasanya hampir mirip dengan rasa daging ataupun ikan. Namun kekurangannya, makanan di sini cukup berminyak. Oh iya, untuk alamatnya, Big Buddha Temple Vegetarian Restaurant ini berada di  Floor 3 of the Big Buddha Temple, 27 Xihu Road, Yuexiu District.

Edited by baihaki1985

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By baihaki1985
      Kalau berbicara tentang masakan, maka masakan dari Cina tak bisa dilewatkan begitu saja. Masakan dari negeri tirai bambu ini telah mendunia. Terlebih hampir di setiap negara terdapat pecinan atau chinatown yang mau tidak mau memberi popularitas lebih bagi masakan Cina. Dan mayoritas masakan Cina yang populer di berbagai belahan dunia tak lain adalah masakan Kanton. 
      Nah, kalau ingin mencicipi kuliner masakan Kanton yang otentik, maka tempat yang bisa dijadikan rujukan adalah kota Guangzhou yang merupakan ibukota dari Provinsi Guangdong. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di negara Cina setelah Shanghai dan Beijing. Selain itu, Guangzhou layak untuk disebut sebagai surga kuliner Cina karena kota Guangzhou memperoleh pemasukan perkapita sektor kuliner tertinggi di negara Cina. 
      Masakan Kanton yang ada di Guangzhou ataupun Provinsi Guangdong pun menggunakan berbagai jenis bahan baku utama. Di antaranya adalah daging sapi, daging babi, ayam, ceker ayam, lidah bebek, bekicot dan bahkan ular sekalipun. Namun untuk daging kambing ataupun domba cukup jarang dipakai sebagai bahan baku utama. 
      Dim sum kanton
      Dim sum memang menjadi makanan yang banyak dijumpai di seluruh negara Cina. Namun dim sum dari Kanton banyak dianggap sebagai dim sum terbaik di seantero negara Cina. Dan tempat yang banyak disarankan untuk bisa menikmati sajian dim sum kanton di kota Guangzhou adalah Restoran Panxi. 
       
      Dim sum berbentuk kelinci di Restoran Panxi (kredit: letstalkfoodandetc)
       
      Yuntun Mian atau mie pangsit
      Kalau ingin mencari mie pangsit otentik di Guangzhou, tempat terbaik yang bisa dituju adalah di jalan Xihua Lu dan Renmin Lu. Di kedua jalan ini, terdapat berbagai tempat makan yang terkenal dengan sajian mie pangsitnya. Selain itu, ada pula restoran bernama Restoran Ouchengji yang terkenal dengan sajian mie pangsitnya. Restoran ini terletak di alamat 127 Dishipu Lu dan sudah berdiri sejak tahun 1940an. 
      Restoran ini beralamat di No. 151 Longin West Road, Liwan, Guangzhou Guangdong. Restoran Panxi ini terkenal karena mereka menyajikan varian dim sum yang beragam. Bagaimana tidak, di sini terdapat 1000 jenis dim sum. Namun nampaknya kemungkinan kecil ya kalau 1000 jenis dim sum tersebut disajikan setiap hari. 
      Jidi Zhou
      Kuliner lain yang juga terkenal di kota Guangzhou adalah Jidi Zhou atau bubur Jidi. Restoran yang terkenal dengan bubur ini adalah Restoran Wuzhanji yang berlokasi di Wenchang Xiang. Restoran ini pun terkeanl sudak sejak awal tahun 1900an. Bahkan Jidi Zhou dari Restoran Wuzhanji ini memperoleh gelar sebagai Chinese Famous Food pada tahun 1997. 
      Namun sepertinya tak semua orang bakal cocok dengan bubur ini. Terlebih untuk para traveler muslim yang ingin menjaga makanan dari makanan yang haram. Tak lain karena bubur ini menggunakan bahan baku babi. Baik itu potongan hati babi, usus babi dan lain-lain.  
      Chang Fen atau Streamed vermicelli roll
      Kalau berbicara tentang makanan yang populer di Guangzhou, maka kuliner yang tak bisa dilepaskan adalah Chang Fen. Kuliner yang satu ini pun bahkan hampir bisa dijumpai di semua teahouse ataupun night market yang ada di kota Guangzhou. 

      Chang fen (kredit: Wikipedia)
      Chang fen ini sendiri dikenal sebagai salah satu kuliner Kanton dari Cina bagian selatan. Selain dijumpai di Guangzhou, kuliner ini juga dapat ditemukan di Hong Kong. Chang Fen ini pun bisa disajikan sebagai snack atau terkadang juga disajikan sebagai varian dari dim sum. Chang fen ini pun mempunyai variasi isi. Bisa diisi dengan udang, daging babi, daging sapi, sayuran ataupun bahan-bahan lain.
      Guiling Gao
      Kuliner berikutnya yang kerap menjadi santapan warga Guangzhou adalah guiling gao. Makanan yang satu ini biasanya dijadikan makanan penutup. Guiling gao ini merupakan sebuah jelly yang bahan baku utamanya terbuat dari seekor kura-kura. Biasanya kura-kura yang dipakai adalah kura-kura Cuora trifasciata. 

      Guiling gao (kredit: Tripadvisor)
      Namun yang perlu diperhatikan, kura-kura ini ternyata adalah hewan endemik di wilayah Cina bagian selatan dan Vietnam bagian utara. Dan karena spesies kura-kura ini adalah hewan endemik seperti halnya anoa di Indonesia, kura-kura ini pun menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Terlebih lagi saat ini statusnya terancam punah. 
      Menurut masyarakat Cina sendiri, guiling gao merupakan salah satu makanan untuk kesehatan tubuh. Masyarakat Cina percaya kalau guiling gao ini bisa menyembuhkan panas dalam tubuh yang berlebih. Bahkan kalau guiling gao terasa semakin pahit, maka dianggap mempunyai khasiat yang lebih baik. 
      White Cut Chicken atau baiqie chicken
      Makanan yang satu ini merupakan masakan yang sangat sederhana dan cukup gampang dibuat. White cut chicken ini bisa dibuat hanya menggunakan air mendidih tanpa perlu tambahan bumbu. Jadi rasa ayam ini pun bakal terasa orisinil. 

      White cut chicken (kredit: absolutechinatours)
      Namun ayam yang dipakai untuk membuat masakan ini haruslah ayam lokal yang mempunyai bobot kurang dari 1 kg. Untuk memasaknya pun hanya perlu waktu 15 menit dalam air yang mendidih. Dalam penyajiannya, white cut chicken ini kerap disajikan dengan cocolan jahe, daun bawang serta minyak kacang.