Sign in to follow this  
Rachman SE

Tanya Transportasi Bus di Malaysia (Singapore - KL)

14 posts in this topic

Teman- teman saya mau tanya.. Apakah kalau naik bus di malaysia bisa turun/memberhentikan bus di jalan atau turunnya tidak sampai di terminal akhir?

Saya berencana naik bus dari Singapore ke KL (bukit bintang) tempat check in Hotel. Akan tetapi saya lihat di pemesanan tiket bus online tidak ada pemberangkatan bus yg Sore hari (antara jam 4 sampai jam 6 sore) dr Singapore ke Terminal Puduraya, adanya yg jurusan SIng - KL Sentral atau Sing-BTS/TBS.

Apakah bisa naik bus yg jurusan SIng- KL sentral atau Sing - BTS/TBS minta turun di Bukit Bintang?

Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Edited by Rachman SE

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hi @Rachman SE, selamat datang di Jalan2, semoga thread2nya bisa membantu perjalananmu.

Seingat saya bisa menyetop bus di tengah jalan, apalagi kalau pas sampainya pas jam2 sepi. Kalau mau ke Bukit Bintang bisa cari bus yg stopnya di Berjaya Times Square, ada yg ke Berjaya Times Square dari Singapore kok yg berangkat jam 16.00, 17.00, 17.15 dan yg ke Puduraya ada yg berangkat jam 17.30 dari Singapore. Bisa di cek lagi di BusOnlineTicket.com

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Rachman SE

halo mas rachman welcome di forum jalan2

untuk menyetop Bus di jalan kalo malam2 seh gak masalah mungkin ya, tapi kalo siang wajib dari Halte dan terminal. Untuk Bus Lokal

 

Tapi untuk kasus mas Rachman ini bus antar negara jadi tidak bisa karena memang rute nya itu ke KL Sentral. Btw dari KL Sentral ke Bukit Bintang tinggal naik BTS dari KL Sentral itu menuju BTS Bukit Bintang kok. Jadi memang searah

Share this post


Link to post
Share on other sites

@rianifitria trimakasih mba...

Untuk tanggal 8 agustus 2015 saya cek di webnya tidak ada pemberangkatan bus ke Puduraya di jam yg dimaksud mba...

Kalau dari Berjaya Times Square ke Bukit Bintangnya naik apa mba? soanya kalau dari Singaporenya sore pasti sampai nya Tengah malam...

Edited by Rachman SE

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hi @Rachman SE

Itu jadwal bus yg ke Berjaya Time Square. Memang gak ada yg ke Puduraya jam 4-6 sore. Ada yg ke Chinatown KL The 5 Elements Hotel (beside Puduraya) tapi sebenernya lumayan jauh dari Puduraya.

Kalau dari Berjaya Times Square, dulu itu saya jalan kaki ke Bukit Bintang, gak sampe 15 menit jalan. Saya dulu naik bus jam 10 dan sampe jam 5 pagi. Gara2nya musim liburan jadi busnya macet pas jalan ke Singapore. Tgl 8 Agustus itu bakalan musim liburan di Singapore, jadi mungkin perlu book tiketnya jauh2 hari. Selain itu bias juga naik skytrain dari Stasiun Imbi (Berjaya Times Square) ke Bukit Bintang.

Mungkin bisa dipertimbangkan untuk naik bus malam, jadi tidurnya di bus. Sampai KL subuh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Rachman SE  Hm, coba ada di cek di google map yg mana yg lebih deket. Siapa tahu hotelmu ternyata lebih deket ke Chinatown KL The 5 Elements Hotel daripada Berjaya Times Square. Kalau saya sih dulu habis turun bus jalan kaki ke backpackers hostel di Bukit Bintang, lumayan dekat.

 

KL_1.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Rachman SE

ya kalo mau di bedakan harfiah nya memang beda tapi kegunaan nya sama 

dan satu lagi LOKASI nya sama2 di KL SENTRAL jadi ya terserah kalo memang masih ingin di bedakan, karena saya pribadi sama aja itu alat transportasi masal yang sangat berguna yang belum ada di Indonesia :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Di KL untuk transportasi saya sarankan menggunakan Monorail ataupun Mrt lbh baik, Taxi banyak yang tukang tipu serta argo kuda, dan sering minta borongan, kalau dari KL ke singapore setiap saat bisa menggunakan Bus dari KL ke Johor bahru di terminal Larkin setelah itu ada bus yang ke Singapore ( SBS,interlink)

Bila ada yang berkeinginan beli tiket bus online juga bisa website: busonlineticket.com

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 10/31/2015, 3:19:11, Hooseikayo7bb said:

Di KL untuk transportasi saya sarankan menggunakan Monorail ataupun Mrt lbh baik, Taxi banyak yang tukang tipu serta argo kuda, dan sering minta borongan, kalau dari KL ke singapore setiap saat bisa menggunakan Bus dari KL ke Johor bahru di terminal Larkin setelah itu ada bus yang ke Singapore ( SBS,interlink)

Bila ada yang berkeinginan beli tiket bus online juga bisa website: busonlineticket.com

nah bisa di gunakan info nya neh @Rachman SE :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By vie asano
      Jepang boleh saja dikenal sebagai salah satu negara dengan jaringan kereta api dan subway terumit di dunia. Kereta dan subway pun menjadi moda transportasi andalan bagi penduduk Jepang dan juga wisatawan yang berwisata ke Jepang. Namun perlu diketahui juga jika bus pun memegang peranan penting dalam moda transportasi di Jepang. Bus menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kereta dan subway, dan bahkan untuk beberapa kota yang tak terlalu besar seperti Kyoto, bus menjadi moda transportasi utama mengalahkan kereta dan subway. Jadi nggak ada salahnya bagi wisatawan untuk mengenal sedikit tentang moda transportasi bus di Jepang.
      Bus di Jepang, foto:
      thanhnientudo Sebagai Gambaran Awal, Inilah Macam Bus di Jepang
      Secara mudah, bus di Jepang dapat dibedakan dalam kategori berikut ini: bus dalam kota, highway bus (atau bus jalan tol), dan bus wisata. Bus dalam kota, atau bus lokal, merupakan bus yang bergerak di dalam kota saja. Bus ini menjadi moda transportasi kedua di kota besar seperti Tokyo, namun menjadi moda transportasi utama di kota kecil dan menengah. Highway bus merupakan bus yang bergerak di jalan tol dan fungsinya sebagai alat transportasi untuk berpindah kota dari satu kota ke kota lainnya. Sedangkan bus wisata merupakan jenis bus yang dioperasikan dengan tujuan untuk wisata dan bukan untuk digunakan sehari-hari. Yang termasuk dalam jenis bus wisata ini seperti shuttle bus dan sightseeing bus.
      Sightseeing bus di Tokyo, foto:
      wikimedia commons Khusus untuk tulisan ini, saya akan membahas lebih lanjut tentang bus lokal. Untuk highway bus maupun jenis bus lainnya akan saya ulas terpisah.
      Mengapa Wisatawan Asing Perlu Mengetahui Seluk Beluk Bus di Jepang?
      Di Jepang, tidaklah sulit jika ingin menggunakan kereta dan subway sekalipun kalian tidak menguasai bahasa Jepang. Seiring dengan semakin tingginya perhatian akan sektor wisata, saat ini kalian bisa dengan mudah menemukan berbagai petunjuk arah maupun informasi dalam bahasa Inggris di berbagai stasiun dan kereta di Jepang.
      Namun itu tidak berlaku untuk bus. Setidaknya, hingga saat ini mayoritas bus di Jepang masih minim dari sentuhan bahasa Inggris. Umumnya informasi masih disajikan dalam bahasa Jepang, pun dengan supir bus yang tidak mengerti bahasa Inggris. Itulah mengapa naik bus di Jepang bisa cukup mengintimidasi bagi wisatawan asing, khususnya jika kalian pergi ke kota-kota dimana bus menjadi moda transportasi utama.
      Beginilah Caranya Naik Bus di Jepang
      Sekalipun bus di Jepang terasa mengintimidasi, bukan berarti kalian nggak bisa menaklukkan hal tersebut. Berikut ini beberapa tips umum yang bisa dicoba saat naik bus di Jepang.
      1. Naiklah bus dari halte bus. Untuk masuk ke dalam bus, umumnya menggunakan pintu belakang maupun pintu tengah, dan turun lewat pintu depan. Kecuali jika bus hanya memiliki satu pintu, maka masuklah dari pintu tersebut.
      Tambahan: timetable bus bisa dilihat di halte bus.
      Naik bus dari pintu tengah atau belakang, foto:
      weshare 2. Saat baru masuk, kalian akan menemukan mesin kecil yang akan mengeluarkan tiket. Ambil tiketnya dan perhatikan nomor yang tertera di tiket tersebut. Gunanya nomor itu adalah untuk menentukan biaya perjalanan yang harus dibayar (yang akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jarak tempuh, kecuali jika bus yang dinaiki menggunakan flat rate). Sedangkan jika kalian menggunakan kartu IC seperti Suica atau Passmo, jangan lupa men-scan kartu saat akan masuk ke dalam bus.
      3. Di dekat supir bus biasanya akan ada monitor yang menunjukkan angka-angka. Untuk mengetahui biaya yang harus kalian bayarkan, cari nomor yang sesuai dengan nomor tiket dan lihat harga yang tertera disebelahnya. Untuk bus dengan tiket flat rate, mungkin saja display ini tidak tersedia.
      Foto:
      reviewmylife 4. Saat mendekati halte tujuan, tekan tombol yang terdapat di dinding maupun tiang di dekat tempat duduk. Tombol tersebut berfungsi untuk memberitahu supir bus jika kalian akan turun di pemberhentian berikutnya.
      Tips: hapalkan dengan benar halte bus tujuan, jika perlu catat namanya, karena mungkin saja informasi yang tersedia hanya menggunakan bahasa Jepang.
      Tombol untuk berhenti di tiang bus, foto:
      closertojapan 5. Saat akan turun, bayarkan biaya perjalanan dengan memasukkan sejumlah uang ke dalam kotak di dekat supir. Bayar dengan uang pas ya! Jika nggak punya uang kecil, kalian bisa menukarkan uang tersebut di mesin penukar uang yang juga terletak di dekat supir. Jangan lupa masukkan juga tiket yang diambil saat masuk ke dalam bus.
      Catatan tambahan: untuk bus yang menggunakan flat rate, ada kemungkinan biaya harus dibayarkan di awal saat naik ke dalam bus.
      Berapa Sih Biaya Untuk Naik Bus di Jepang?
      Harga tiket bus berbeda-beda untuk setiap kota. Sebelumnya, ketahui dulu jenis harga yang berlaku dalam sebuah bus. Ada bus yang menerapkan harga berdasarkan zona, yaitu tarif bertambah seiring dengan bertambahnya jarak tembuh; dan ada juga yang menerapkan regular charge/flat charge. Untuk tarif berdasarkan zona, harganya bisa mulai dari 100-200 yen untuk dewasa, dan diskon 50% untuk anak-anak. Sedangkan untuk tarif flat rate, bisa mulai dari 200 yen-an.
      Cara Untuk Mengetahui Bus yang Harus Dinaiki
      Sama seperti kereta dan subway, bus di Jepang juga bergerak berdasarkan rute/jalur tertentu. Biasanya jalur tersebut diwakili oleh angka maupun warna yang bisa dilihat di peta rute bus. Untuk mencari tahu bus mana yang harus dinaiki, cari tahu halte bus mana yang terdekat dengan tempat tujuan dan bus mana yang berhenti di halte tersebut. Kalian mungkin saja harus pindah jaur beberapa kali sebelum bisa mencapai halte yang dituju.
      Sebagai contoh, inilah rute bus di Kyoto. Silahkan diklik untuk melihat langsung jalur bus di kota Kyoto. Misalnya saja jika ingin pergi ke Gion, kalian harus naik bus no 12, 46, 100, 201, 202, 203, 206, atau 207 yang berhenti di halte bus Gion. Jika kalian berangkat dari depan Stasiun Kyoto (yang dilalui oleh bus no 4, 5, 9, 17, 26, 28, 50, 100, 101, 205, 206), maka kalian bisa naik bus nomor 100 maupun nomor 206. Silahkan coba melihat sendiri obyek wisata favorit kalian dan halte bus terdekat, sambil menerka-nerka bus mana yang seharusnya diambil untuk bisa sampai ke halte bus yang diinginkan.
      Semoga bermanfaat!
    • By YnnaF
      Selamat pagi teman-teman,
      salam kenal. Sya ingin melakukan perjalanan di pattaya untuk 1 hari. Destinasi nya: nong nooch, khao chi can, upside down, pattaya floating market, mini siam, dan alcazar cabaret show. Saya dengar" transportasi umum seperti taxi di pattaya susah di temukan. Apakah benar? Jika memang benar, apakah ada saran transportasi untuk 4 orang?
    • By siskawul
      Halo mas mbak. mau nanya nih. saya ada rencana ke lombok awal mei besok.
      Saya sampe Bandara jam 10 pagi. terus mau explore pantai2 di Lombok Barat bagian selatan kayak Tanjung Aan, Seger, Kuta, Mawun. terus dari situ mau nginepnya di senggigi. Nah, dari Bandara ke Pantai2 itu bagusnya naik apa ya? kalau sewa motor, ada tidak ya, sewa motor yg dianter ke bandara? Terus, jalanan dari pantai di selatan itu ke senggigi itu bagaimana seandainya kami kemaleman? Terus lagi, misal kami nitip tas keril kami di salah satu pantai, sementara kami muter2 explore pantai, apakah itu bisa?
      Thanks mas dan mbak
    • By Dimaz
      KEAMANAN DAN TRANSPORTASI TUJUAN WISATA DI LOMBOK.
      Selamat sore all jjers dan semuanya.
      Disaat melihat foto/gambar daerah wisata mungkin Dalam benak orang ada saja yg berfikiran bahwa daerah tersebut jalurnya mudah dan aman untuk di jangkau, tapi kadang tidak seperti yg di bayangkan.
      Nah kali ini sy akan mengupas sedikit pengetahuan sy pribadi tentang KEAMANAN DAN TRANSPORTASI daerah wisata di LOMBOK.
      KEAMANAN yang sy maksud adalah baik dari medannya dan kriminalnya.
      Langsung saja ya All jjers.
      Biar lebih singkat maka saya akan kelompokkan dalam beberapa POINT.

      POINT 1.
      --pantai Selong blanak
      –pantai mawun
      --Pantai sungkun
      --Pantai Tunak
      TRANSPORTASI : bisa di jangkau dengan sepeda motor dan mobil minibus/medium bus.
      KEAMANAN : (pantai sungkun dan Tunak) dari segi medan kalo pakai mobil hrs berhati2 karena rumput dan tumbuhan liar di samping kiri kanan bisa membuat body mobil tergores hancur.
      Dari segi kriminalitas....Harus berhati2 di POINT 1 ini, jangan pergi/pulang terlalu sore apalagi sampai malam hari bisa bahaya.
      POINT 2.
      –pantai kuta lombok
      –pantai tanjung aan 
      --pantai cemara
      --bukit merese
      --Pantai seger
      –desa adat suku sasak
      TRANSPORTASI : Bisa di jangkau oleh semua jenis kendaraan darat.
      KEAMANAN : walopun ahir2 ini sudah relatif aman tapi sebaiknya jangan pergi/pulang malam.
      POINT 3.
      --Pantai batu payung
      --Gili layar
      --Gili gede
      --Gili Rengit
      --Gili anyaran
      --Gili Asahan 
      –gili trawangan
      --Gili air
      --Gili meno
      –pantai pink 1
      –gili gosong 
      –gili petelu 
      –pantai pink 2
      --Gili semangkok
      --Pulau pasir
      –gili nanggu
      –gili sudak
      –gili kedis
      –gili kondo
      –gili kapal
      –gili petagan
      --gili bidara
      TRANSPORTASI : naah di POINT 3 ini harus menggunakan 2 jenis transportasi yaitu TRANSPORTASI DARAT (pilihannya yaitu sepedamotor/minibus/medium bus/largebus ) & TRANSPORTASI LAUT  (pilihannya yaitu perahu,boat atau fastboat).
      KEAMANAN : dari segi Medan maupun kriminalitasnya sudah cukup aman dan nyaman untuk di kunjungi, jadi tidak perlu di khawatirkan lagi.
      POINT 4.
      –air terjun sendang gile
      –air terjun tiu kelep
      –air terjun benang stokel
      –air terjun benang kelambu
      TRANSPORTASI : bisa di jangkau dengan semua jenis transportasi darat. Namun karena Medan yg cukup menguras energi...Di POINT 4 ini bisa di lanjutkan dengan tranportasi tambahan berupa ojek sepeda motor.
      KEAMANAN : sudah sangat aman dan nyaman.

      POINT 5.
      --Pusuk Sembalun
      --Bukit Selong & rumah adat
      --Air terjun Mangku sakti 
      --Air terjun Mangku kode
      TRANSPORTASI : bisa di jangkau dengan sepeda motor/minibus/medium bus.
      KEAMANAN : dari segi Medan harus berhati2 karena jalur yg di lalu adalah pegunungan , jalur tanjakan dan berkelok2. Jangan lengah apalagi ngantuk. Di setiap perjalanan barengi dengan BERDOA .
      Dari segi kriminalitas tidak perlu di khawatirkan alias aman2 saja.

      SEMOGA RANGKUMAN INI BISA DI JADIKAN PERTIMBANGAN BAIK ITU PERTIMBANGAN BIAYA PENGELUARAN (BUDGETING) MAUPUN KEAMANAN (SAFETY).
      SEMOGA BERMANFAAT.
      SALAM JALAN2.COM
    • By Vara Deliasani
      Salah satu transportasi yang paling murah di Kyoto adalah bus. Buat yang pertama kali ke Jepang, terutama Kyoto, mungkin akan sedikit bingung dengan cara naik bus di Kyoto serta nomor bus yang menuju tempat wisata utama seperti Kiyomizudera, Kinkakuji, Gion, dll. Untuk memudahkan teman-teman berikut  hal-hal yang perlu diketahui sebelum menjelajah Kyoto dengan bus.
       
      How to Ride:
      Naik bus dari pintu belakang, lalu turun dari pintu depan ya. Pada saat nama halte tujuan tertera dilayar langsung tekan tombol yang tersedia di dalam bus, agar bus berhenti di halte yang kita tuju.
       
      Cara membaca petunjuk tujuan dan nomor bis :

      sumber : http://www2.city.kyoto.lg.jp/
       
      Tarif :
      Jenis tarif terbagi 2, tarif flat dan tarif yang sesuai dengan jarak. Untuk tarif flat seperti keterangan pada gambar di atas nomor bus menggunakan latar belakang putih. Sedangkan bus denga  tarif flat rata2 menggunakan backgound nomor berwarna orange atau biru.
      Metode pembayaran bisa dilakukan dengan uang tunai. IC Card (Suica, ICOCA, dll) dan menggunakan one day pass.
       
      Pembayaran :
      Pembayaran dilakukan pada saat turun dari bus di payment box yang terletak di samping supir. Bentuknya kira-kira seperti ini:
       
      sumber : http://www2.city.kyoto.lg.jp/
      Keterangan Gambar:
      (1):Fare charging port
      (2):bill slot (change 1,000yen)
      (3):coin slot (change 500yen,100yen,50yen)
      (4):Card ticket slot
      (5):coin outlet(for change)
      (6):IC card reader
      (7):display
       
      Pembayaran Cash :
      Payment box hanya menerima uang koin pecahan 50, 100, 500. Masukan uang pas ke dalam dalam payment box (keterangan gambar 1). Harus uang pas yaa karena mesin tidak menyediakan kembalian. Jika menggunakan uang lembaran 1000 Yen bisa ditukarkan terlebih dahulu di cash change machine (keterangan gambar 2). Nanti uang hasil tukerannya akan keluar di coin outlet (keterangan gambar no 5)
      Khusus untuk bus dengan tarif non flat bayar sesuai dengan tarif yang tertera di layar.
       
      Pembayaran dengan IC Card :
      Tempelkan kartu di IC Card Reader (keterangan gambar no 6). Saldo dikartu akan dipotong sesuai dengan biaya perjalanan.
       
      Pembayaran dengan Bus Pass :
      Jika menggunakan pass untuk bus dengan tarif flat maka pada saat penggunaaan pertama kali masukin pass ke slot bus pass (keterangan gambar 4). Untuk naik berikutnya tinggal tunjukan pass ke supir pada saat turun.
      Yang perlu diperhatikan jika menggunakan pass ini untuk bus dengan tarif non flat maka setiap naik ambil boarding tiket di pintu masuk lalu saat turun serahkan boarding ticket dan masukan kembali bus pass ke slot 4, mengingat jika tujuan berada diluar area pass maka akan dikenakan biaya tambahan. 
      Jenis-jenis bus pass :
      The Kyoto City Bus & Kyoto Bus One-Day Pass seharga 500 yen untuk dewasa dan 250 Yen untuk anak-anak. Dengan pass ini bisa naik bus di Kyoto sampai puas selama 1 hari. Pass dapat digunakan untuk naik bus dengan tarif flat dengan bebas. Untuk bus dengan tarif non flat akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan jarak. The Kyoto Sightseeing Pass  seharga 1.200 Yen (1 day pass) dan 2.000 Yen (2 day pass). Pass ini mengcover seluruh Municipal Subway trains dan hampir seluruh bus yang dikelola oleh Kyoto Bus company. The Traffica Kyoto Card merupakan kartu prepaid seharga 3000 yen. Dengan kartu ini kita akan mendapatkan diskon 10% di seluruh Municipal Subway trains dan hampir seluruh bus yang dikelola oleh Kyoto Bus company. Jadi mirip IC Card tapi memberikan diskon tiap naik bus dan subway. Atau bisa menggunakan Kansai Thru Pass seperti yang pernah di review oleh @deffa  
      Contoh Itinerary di Kyoto dengan menggunakan bus :
       
      Contoh :
      Dari Kyoto Station menuju Kiyomizudera : Naik dari halte Kyoto Station, pilih bus nomor 100 turun di halte Kiyomizu-ichi
      Dari Kiyomizudera menuju Ginkakuji : Naik dari halte Kiyomizu-ichi, pilih bus no 100 menuju ke Ginkakuji-mae. Turun di halte Ginkakuji.
      Dari Ginkakuji menuju ke Kinkakuji : Naik bus no 102 atau 204 dari Halte Ginkakuji, turun di halte Kinkakuji.
      Ginkakuji ke Gion : Naik bus no 100 atau 203, turun di halte Gion.
       
      Lebih lengkap bisa cek tabel di bawah ini..
       

      sumber : Bus Navi
       
       
       
      Nah sekarang udah ga bingung lagi kan? Selamat menjelajah Kyoto dengan Bus!! 
       
       
       
       
    • By Theresia Puspitawati
      Mohon info, bila kami mau ke Kualaumpur darai Singapore, lebih nyaman dan hemat dengan moda transportasi apa? Terima kasih
    • By Vara Deliasani
      Alternatif Transportasi Osaka – Tokyo (Vice Versa)
       
       

       
      Biasanya kota-kota utama yang jadi tujuan utama perjalanan ke Jepang adalah Osaka – Kyoto dan Tokyo. Kalo punya waktu yang singkat mungkin bisa landing di osaka lalu ke kyoto lanjut ke tokyo (vice versa).
      Tapi kalau punya waktu panjang sayang dong kalo cuma ke Tokyo, Osaka dan Kyoto. Sebagai alternatif bisa mampir ke beberapa kota di antara kota-kota tersebut. Contohnya Kanazawa, Shirakawago, Takayama, Toyama dan Nagoya. Di postingan kali ini gw akan mencoba membahas transportasi antar kota-kota tersebut untuk 1 kali perjalanan dari Osaka ke Tokyo.
       
       

      Sumber : JPRail.com
       
      Alternatif 1:
      Osaka – Kyoto – Kanazawa – Shirakawago – Takayama – Nagoya – Tokyo
       
      Osaka – Kyoto
      Jika menggunakan kereta, maka alternatifnya adalah sbb :
      1.    Sinkansen :
      JR Tokaido Shinkansen, naik dari Sin-Osaka, waktu tempuh 15 menit harga sekitar 1420 yen (unreserved seat). Kalo punya JR Pass bisa naik Hikari dan Kodama.
      Tapi ga bisa dipake buat naik Nozomi yaa..
      2.    JR Special Rapid Train :
      Naik dari Osaka Station. Waktu tempuh sekitar 30 menit, harga sekitar 560 yen
      3.    JR Rapid Train :
      Naik dari Osaka Station. Waktu tempuh sekitar 40-45 menit, harga sekitar 560 yen
      4.    JR Limited Express Train :
      Waktu tempuh 30 menit. Harga 1210 – 1930 Yen.
       
       
      Kyoto ­– Kanazawa
      Jika menggunakan kereta maka:
      Limited Express Train :
      JR Thunderbird, waktu tempuh 2 jam dengan biaya sekitar 6380 Yen (unreserved seat). Dicover oleh JR Pass.
       
      Jika menggunakan bis maka:
      Highway Bus. Biaya sekitar 4200 Yen.  Waktu tempuh sekitar 4 jam.
       

      Website JR Takayama Hokuriku Pass
       
       
      Kanazawa – Shirakawago
      Tidak ada kereta yang melayani jalur ini. Satu-satunya alternatif adalah menggunakan bus. Bisa menggunakan Nohi Bus. Biaya sebesar 1850 Yen dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit.
       

      Sumber : Website JR Takayama Hokuriku Pass
       
      Shirakawago – Takayama
      Tidak ada kereta yang melayani jalur ini. Satu-satunya alternatif adalah menggunakan bus. Bisa menggunakan Nohi Bus. Biaya sebesar 2470 Yen dengan waktu tempuh 1 jam.
       

      Sumber : Website JR Takayama Hokuriku Pass
       
       
      Takayama – Nagoya
      Naik Bus :
      Highway Bus. Waktu tempuh 2 Jam 30 Menit. Biaya : 2980 Yen.
       
      Jika memilih naik kereta maka:
      JR Hida Ltd Exp train. Waktu tempuh sekitar 2 Jam. Biaya 6030 Yen (unreserved seat). Dicover oleh JR Pass.
       

      Sumber : Website JR Takayama Hokuriku Pass
       
       
      Nagoya – Tokyo
      Jika menggunakan kereta, maka:
      Sinkansen :
      JR Tokaido Shinkansen, waktu tempuh Hikari 2 jam, Kodama 3 jam dan Nozomi 1 jam 40 menit. Biaya sekitar 8 100 – 11.000 yen (unreserved seat) tergantung jenis kereta.
      Kalo punya JR Pass bisa naik Hikari dan Kodama. Tapi ga bisa dipake buat naik Nozomi ya.
       
      Jika naik bis maka:
      Highway Bus. Waktu tempuh 5-6 jam. Biaya sekitar 5000 yen.
       
       
      Alternatif 2 :
      Osaka – Kyoto – Kanazawa – Shirakawago – Takayama – Tokyo
      Masih sama alternatifnya seperti di atas, tapi tanpa mampir ke nagoya.
       
      Takayama – Tokyo
      Naik bis dari Takayama langsung ke Tokyo (Shinjuku). Waktu tempuh 5 jam 30 menit. Biaya sekitar 7000 yen.
       
       
      Alternatif 3 :
      Osaka – Kyoto – Kanazawa – Shirakawago – Takayama – Toyama – Tokyo  
      Masih sama alternatifnya seperti di atas, tapi ke Tokyo melalu Toyama.
       
      Takayama – Toyama
      Naik bis dari Takayama ke Toyama dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit. Biaya 3,200 yen.
       
      Kalau naik kereta maka:
      JR Takayama Line. Waktu tempuh 1 jam 30 menit.
       

      Sumber : Website JR Takayama Hokuriku Pass
       
      Toyama – Tokyo
      Kalau naik kereta maka:
      Hokuriku Shinkansen. Waktu tempuh sekitar 2 Jam dengan biaya 12.210 Yen
       
      Tips :
      Biar lebih ekonomis bisa beli JR Pass atau JR Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass.
      Kalau JR Pass mungkin udah banyak yang bahas yaa.. jadi kali ini gw cuma akan membahs soal JR Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass.
       
      JR Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass
      Merupakan salah satu jenis JR Pass. Kalau diliat dari itinerary di atas selain JR Pass (yang emang mengcover seluruh area Jepang) bisa juga pakai pass ini. Harganya lumayan murah, hampir setengah harga dari JR Pass. Yang jelas lebih murah daripada beli tiket satuan seperti itinerary di atas.
      Pass ini dapat digunakan untuk area berikut :
      JR Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass berlaku untuk 5 hari berturu-turut dengan harga sbb:
      Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass
      5 consecutive days
      13,500 yen
      Reduced rates apply to children aged 6-11 (50% off).
       
      1.    unlimited JR limited express and local trains antara Nagoya, Takayama dan Toyama.
      unlimited of JR limited express dan local trains antara Osaka dan Kanazawa.
      unlimited JR Hokuriku Shinkansen antara Kanazawa dan Toyama.
      unlimited JR trains di seputar Osaka.
      unlimited JR trains antara Osaka dan Kansai Airport. 
      unlimited bis antara Takayama dan Kanazawa. 
      Unlimited bis antara Takaoka, Gokayama and Shirakawago.
      Unlimited  Sarubobo buses di Takayama.
      2.    Termasuk 4 kali reservasi seat di kereta jenis limited express trains (tapi ga bisa dipake untuk reserved seat di Shinkansen dan Haruka limited express trains dari dan ke Kansai Airport, untuk kereta tersebut hanya berlaku unreserved seat).
      3.    Pass ini berlaku 5 hari berturut-turut. Berlaku berdasarkan hari kalender (midnight to midnight) bukan berdasarkan hitungan 24 jam.
      4.    Pass ini ga berlaku yaa buat perjalanan dari Nagoya – Tokyo dan Toyama – Tokyo.
       
       
      The Shoryudo Highway Bus Ticket
      Alternatif selain JR Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass adalah The Shoryudo Highway Ticket. Pass ini mengcover area yang sama dengan JR Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass (kecuali penggunaan transportasi di area Kanazawa-Osaka). Pass ini hanya dapat dogunakan untuk bis saja.
       
      Shoryudo Highway Bus Ticket (as of October 1, 2015) 3 consecutive days 7,000 yen 5 consecutive days 14,000 yen  
       
      Informasi lebih detail bisa cek di link berikut ini :
      https://www.japan-rail-pass.com/pass-regional/central/takayama-hokuriku-tourist-pass/order
      http://touristpass.jp/en/takayama_hokuriku/
      http://www.japanican.com/en/tour/list?typecd=PRA&kw=shoryudo&aff=EXJ
      http://www.japan-guide.com/bus/shirakawago.html
      http://highway-buses.jp/
      http://www.hyperdia.com