baihaki1985

Menengok Keindahan Surga yang Hilang, Pulau Sipadan

3 posts in this topic

Nama Pulau Sipadan menjadi nama pulau yang sangat familier di telinga masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah karena pulau ini sempat menjadi pulau sengketa antara Pemerintah Malaysia dan Indonesia yang sayangnya berujung pada kepemilikan Malaysia. 

pulau_sipadan.thumb.jpg.0b175e5cf7a49088

Pulau Sipadan (kredit: Alterra)

Dan setelah berada di tangan Malaysia, Pulau Sipadan pun menjadi salah satu destinasi wisata andalan negara tersebut. Tak heran karena pulau ini memang sangat cantik. Bahkan pemandangan bawah lautnya diklaim sebagai lokasi scuba diving terbaik di dunia. 

Pulau Sipadan ini merupakan sebuah pulau yang indah. Pantai di pulau ini mempunyai pasir putih yang lembut. Selain terkenal sebagai lokasi untuk scuba diving, para wisatawan yang datang ke Sipadan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling

Tak ada Penginapan

Namun yang perlu diperhatikan, tidak ada penginapan di pulau ini. Hal ini dilakukan untuk bisa menjaga kelestarian alam di pulau yang cantik ini. Sebagai gantinya, terdapat penginapan yang bisa dijumpai di pulau sekitar, baik di Mabul ataupun Kapalai. Selain itu, wisatawan juga bisa memilih untuk menginap di Semporna. 

Pada awalnya, memang terdapat penginapan yang berdiri di Pulau Sipadan. Namun pada tahun 2002, hal ini tidak lagi diperbolehkan. Oleh karena itu para wisatawan pun akhirnya hanya bisa memilih untuk menginap di luar area pulau. 

resort_kapalai.thumb.jpg.9a7ccbbe00efa19

Resort di Pulau Kapalai (Kredit: borneo)

Jumlah penyelam yang ingin berkunjung ke Sipadan pun dibatasi oleh pemerintah setempat. Untuk setiap harinya, hanya diperbolehkan sebanyak 120 penyelam yang datang ke tempat ini. Tak hanya itu, Pemerintah Malaysia juga membatasi waktu kunjungan, diperbolehkan hanya dalam rentang antara pukul 08:00 hingga pukul 15:00. 

Selain tak ada penginapan di Sipadan, pulau ini juga tidak dilengkapi dengan sarana tempat makan. Jadi, wisatawan yang datang ke Pulau Sipadan harus membawa bekal makanan dan minuman tersendiri. 

Akses transportasi

Pulau Sipadan ini terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan dan menjadi bagian wilayah dari Sabah. Para wisatawan yang pergi ke Pulau Sipadan ini biasanya terlebih dulu menuju ke Tawau. Perjalanan ke Tawau pun bisa dilakukan baik melalui Kuala Lumpur ataupun Kota Kinabalu. 

Perjalanan dari Tawau pun bisa dilanjutkan dengan naik taksi atau minivan menuju ke Semporna. Perjalanan dari Tawau menuju ke Semporna biasanya memakan waktu selama satu hingga dua jam. Dari Semporna, para wisatawan bisa langsung menuju ke Sipadan dengan menggunakan fast boat selama 1 jam. 

Diving dan Snorkeling

Aktivitas diving dan snorkeling memang menjadi aktivitas utama yang bisa dilakukan selama di Sipadan. Bagaimana tidak, kedua aktivitas tersebut merupakan kegiatan yang memperlihatkan keindahan sebenarnya dari alam Sipadan. Terlebih untuk bisa melihat keindahan alam bawah laut di sini, jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pantai utama. 

diving_sipadan.thumb.jpg.2707ec991686833

Perairan di Pulau Sipadan (kredit: impressivemagazine)

Alam bawah laut Sipadan terkenal akan keanekaragaman flora dan faunanya. Di sini, terdapat berbagai jenis terumbu karang. Baik terumbu karang yang keras ataupun yang lembut. Tak hanya itu, berbagai jenis hewan laut pun banyak dijumpai di sini. Tak jarang para diver di sini akan menjumpai sekumpulan ikan barracuda, leopard shark, penyu dan lain-lain. 

penyu_sipadan.thumb.jpg.72f87e990e9c814b

Kondisi bawah laut Sipadan (kredit: dynamicvacation)

Kondisinya juga didukung dengan daya pandang yang bagus. Para penyelam bisa memperoleh pandangan dari 10 meter hingga bahkan 30 meter lebih. Satu spot diving yang terkenal di Sipadan ini adalah Barracuda Point. Selain itu ada pula gua yang dikenal dengan nama Turtle Tomb. 

Di kawasan ini juga terdapat beberapa organisasi yang menyediakan jasa diving bagi para wisatawan. Tentu saja penyedia jasa diving tersebut menyesuaikan waktu penyelaman sesuai dengan aturan yang ada, yakni dalam rentang waktu antara pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. 

Para wisatawan yang ingin melakukan aktivitas diving pun bisa menghubungi beberapa penyedia jasa diving yang ada baik di Mabul ataupun Semporna. Bahkan tak jarang layanan penyedia jasa diving tersebut terafiliasi dengan penginapan. Beberapa penyedia jasa diving di Sipadan antara lain adalah:

  • Borneo Global Sipadan Backpacker & Dive Centre
  • Big John Scuba
  • Scuba Junkie
  • Bleu Sea Divers
  • Diving Sipadan Malaysia
  • North Borneo Dive & Sea Sports
  • Borneo Divers Mabul Resort
  • Sipadan Scuba
  • Sipadan-Mabul Resort
  • dan lain-lain. 

Sementara itu untuk aktivitas snorkeling juga bisa dilakukan bagi yang tidak memiliki kemampuan diving. Lokasi terumbu karang pun berada cukup dekat dengan pantai, jadi bisa dijangkau dengan mudah. Di situ, wisatawan bisa melihat berbagai jenis terumbu karang lengkap dengan ikan-ikan kecil yang tinggal di dalamnya. 

Kalau beruntung, aktivitas snorkeling di Sipadan ini juga bisa menyaksikan hewan laut lainnya seperti penyu, kura-kura, barracuda atau bahkan ikan hiu. Namun yang perlu diperhatikan pada saat beraktivitas snorkeling tentunya adalah mengenai keselamatan. Bahaya yang dihadapi pada saat snorkeling antara lain adalah kapal yang lewat, ombak serta jenis-jenis ikan tertentu. 

Edited by baihaki1985

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now