baihaki1985

Ada Tempat Wisata Menarik Apa Saja Sih di Guangzhou?

3 posts in this topic

Guangzhou memang terkenal dengan wisata kulinernya. Namun bukan berarti selain kuliner, tempat ini tak mempunyai destinasi wisata yang menarik. Jangan lupa, Guangzhou merupakan kota terbesar ketiga di negara Cina setelah Shanghai dan Beijing. Dengan statusnya tersebut, tentu kota ini pun mempunyai destinasi wisata yang tak kalah dibandingkan dengan kota lain. 

Ada cukup banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi pada saat ke Guangzhou. Meski memang sih, popularitas tempat-tempat wisata di Guangzhou sangat kalah jauh kalau dibandingkan dengan wisata di Beijing, Hong Kong ataupun Shanghai. Meski begitu akan sangat rugi dong kalau ke Guangzhou hanya untuk menikmati kulinernya?

Pulau Shamian

Pulau Shamian ini merupakan sebuah pulau yang menyimpan peninggalan sejarah zaman kolonial di negara Cina. Pulau ini pun ukurannya sangat kecil, hanya seluas 0,3 kilometer persegi. Shamian ini berbatasan dengan Pearl River di bagian selatan serta dipisahkan oleh sebuah kanal dengan daratan utama. 

shamian.thumb.JPG.59106c1ebd6bea63af9247Bangunan-bangunan tua ala Eropa di Shamian (kredit: Wikipedia)

Pada abad 18 dan 19, Pulau Shamian ini merupakan lokasi perdagangan luar negeri yang sangat penting di kota Guangzhou. Para orang bule yang berbisnis di Guangzhou pun banyak yang bertempat tinggal di pulau ini. Bahkan terdapat deretan rumah di Shamian yang dikenal dengan nama Thirteen Factories. 

Pulau ini pun sempat terbagi dua menjadi konsesi Inggris dan Prancis. Dengan kondisi tersebut, tidak heran kalau di pulau ini banyak dijumpai bangunan-bangunan kuno bergaya barat. Bahkan total terdapat 150 bangunan tua bergaya Eropa yang berdiri di pulau ini. 

Selain itu, Pulau ini juga dikenal sempat menjadi lokasi berdirinya gedung konsulat negara-negara Dunia. Beberapa negara yang sempat mendirikan gedung konsulat di Shamian antara lain adalah Cekoslovakia, Perancis, Jerman, Jepang, Norwegia, Inggris, Uni Soviet, Portugal serta Amerika Serikat. Bangunan-bangunan tersebut mayoritas berada di Shamian Main Street. 

Our_Lady_of_Lourdes_Chapel.thumb.jpg.d63

Our Lady of Lourdes Chapel di Pulau Shamian (kredit: Wikipedia)

Ada pula bangunan lain yang terkenal di tempat ini, yakni Our Lady of Lourdes Chapel. Bangunan ini merupakan sebuah gereja Katolik yang dibangun oleh Pemerintah Prancis pada tahun 1982. Bangunan ini pun mempunyai desain arsitektur yang menarik. Dan hingga saat ini, gereja tersebut pun masih digunakan oleh para penganut agama Katolik di Guangzhou.  

Pearl River

Tempat menarik berikutnya yang bisa di Sungai Pearl yang merupakan sungai terbesar ketiga di negara Cina dengan panjang mencapai 2.214 kilometer. Nama sungai ini memang cukup menarik, hal ini karena sungai tersebut dianggap mempunyai penampilan yang mirip dengan sebuah permata raksasa. 

pearl_river.thumb.jpg.13235af7dbb2108375Suasana Pearl River di Malam Hari (kredit: Wikipedia)

Tidak hanya mempunyai ukuran yang panjang, Pearl River di Guangzhou ini terkenal karena pemandangannya yang sangat indah. Di sepanjang pinggir sungai terdapat berbagai bangunan bersejarah yang mempunyai desain arsitektur unik. Termasuk di antaranya adalah bangunan kuno yang ada di Pulau Shamian. 

Pemandangan di Sungai Pearl ini pun bakal lebih cantik lagi kalau dinikmati pada malam hari. Tak heran kalau banyak wisatawan di Guangzhou yang ingin menikmati pengalaman layanan cruise ship menjelajahi Pearl River yang berlangsung selama dua jam. 

Sun Yat-sen Memorial Hall

Di Guangzhou juga ada bangunan Sun Yat-sen Memorial Hall. Bangunan ini tentu saja ditujukan untuk mengenang jasa Sun Yat-sen. Bangunan ini dibangun pada tahun 1929 dan diselesaikan pada tahun 1931. Sun Yat-sen Memorial Hall ini merupakan sebuah bangunan berbentuk oktagon dengan tinggi mencapai 71 meter. Menariknya, bangunan ini tidak menggunakan pilar satu pun. Dan 

Tower Kanton

tower_kanton_siang.thumb.jpg.f7d83f8bb5d

Tower Kanton di siang hari (kredit: Flickr/ohmytrip)

Bangunan yang satu ini merupakan salah satu ciri khas dari kota Guangzhou. Tower Kanton yang pembangunannya selesai pada tahun 2010 ini mempunyai tinggi mencapai 600 meter. Sempat menjadi bangunan tertinggi dunia sebelum dikalahkan oleh Tokyo Skytree. Sempat pula menjadi bangunan tertinggi di Cina setelah dilampaui oleh Tower Shanghai. 

tower_kanton_malam.thumb.jpg.fb5e477e58e

Tower Kanton malam hari (kredit: Wikipedia)

Selain megah, bangunan Tower Kanton ini juga mempunyai bentuk yang unik. Arsitektur bangunan ini sengaja dibentuk seperti spiral. Dan pada malam hari, bangunan Tower Kanton ini pun bakal menjadi pemandangan yang sangat menarik berkat kerlip lampu yang mewarnainya. 

Gunung Baiyun

Kalau ingin menyaksikan keindahan alami yang ada di kota Guangzhou, maka lokasi yang bisa dituju adalah Gunung Baiyun. Gunung ini tidak terlalu tinggi, yakni hanya 382 meter di atas permukaan laut. Ditambah lagi, gunung ini juga dilengkapi dengan cable car yang tentu saja memudahkan proses pendakian. 

baiyun.thumb.jpg.a60bf101d99b3d94d59091aGunung Baiyun (kredit: kredit: China.cn)

Di gunung ini terdapat enam area yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Enam tempat tersebut adalah Mingzhu Tower, Maoxing Ridge, Santai Ridge, Mingchun Valley, Fei'e Ridge serta Luhu Lake. Transportasi menggunakan cable car bisa membawa pengunjung secara langsung hingga menuju ke Maoxing Ridge dengan biaya sebesar 25 RMB. 

Edited by baihaki1985

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By baihaki1985
      Kalau berbicara tentang masakan, maka masakan dari Cina tak bisa dilewatkan begitu saja. Masakan dari negeri tirai bambu ini telah mendunia. Terlebih hampir di setiap negara terdapat pecinan atau chinatown yang mau tidak mau memberi popularitas lebih bagi masakan Cina. Dan mayoritas masakan Cina yang populer di berbagai belahan dunia tak lain adalah masakan Kanton. 
      Nah, kalau ingin mencicipi kuliner masakan Kanton yang otentik, maka tempat yang bisa dijadikan rujukan adalah kota Guangzhou yang merupakan ibukota dari Provinsi Guangdong. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di negara Cina setelah Shanghai dan Beijing. Selain itu, Guangzhou layak untuk disebut sebagai surga kuliner Cina karena kota Guangzhou memperoleh pemasukan perkapita sektor kuliner tertinggi di negara Cina. 
      Masakan Kanton yang ada di Guangzhou ataupun Provinsi Guangdong pun menggunakan berbagai jenis bahan baku utama. Di antaranya adalah daging sapi, daging babi, ayam, ceker ayam, lidah bebek, bekicot dan bahkan ular sekalipun. Namun untuk daging kambing ataupun domba cukup jarang dipakai sebagai bahan baku utama. 
      Dim sum kanton
      Dim sum memang menjadi makanan yang banyak dijumpai di seluruh negara Cina. Namun dim sum dari Kanton banyak dianggap sebagai dim sum terbaik di seantero negara Cina. Dan tempat yang banyak disarankan untuk bisa menikmati sajian dim sum kanton di kota Guangzhou adalah Restoran Panxi. 
       
      Dim sum berbentuk kelinci di Restoran Panxi (kredit: letstalkfoodandetc)
       
      Yuntun Mian atau mie pangsit
      Kalau ingin mencari mie pangsit otentik di Guangzhou, tempat terbaik yang bisa dituju adalah di jalan Xihua Lu dan Renmin Lu. Di kedua jalan ini, terdapat berbagai tempat makan yang terkenal dengan sajian mie pangsitnya. Selain itu, ada pula restoran bernama Restoran Ouchengji yang terkenal dengan sajian mie pangsitnya. Restoran ini terletak di alamat 127 Dishipu Lu dan sudah berdiri sejak tahun 1940an. 
      Restoran ini beralamat di No. 151 Longin West Road, Liwan, Guangzhou Guangdong. Restoran Panxi ini terkenal karena mereka menyajikan varian dim sum yang beragam. Bagaimana tidak, di sini terdapat 1000 jenis dim sum. Namun nampaknya kemungkinan kecil ya kalau 1000 jenis dim sum tersebut disajikan setiap hari. 
      Jidi Zhou
      Kuliner lain yang juga terkenal di kota Guangzhou adalah Jidi Zhou atau bubur Jidi. Restoran yang terkenal dengan bubur ini adalah Restoran Wuzhanji yang berlokasi di Wenchang Xiang. Restoran ini pun terkeanl sudak sejak awal tahun 1900an. Bahkan Jidi Zhou dari Restoran Wuzhanji ini memperoleh gelar sebagai Chinese Famous Food pada tahun 1997. 
      Namun sepertinya tak semua orang bakal cocok dengan bubur ini. Terlebih untuk para traveler muslim yang ingin menjaga makanan dari makanan yang haram. Tak lain karena bubur ini menggunakan bahan baku babi. Baik itu potongan hati babi, usus babi dan lain-lain.  
      Chang Fen atau Streamed vermicelli roll
      Kalau berbicara tentang makanan yang populer di Guangzhou, maka kuliner yang tak bisa dilepaskan adalah Chang Fen. Kuliner yang satu ini pun bahkan hampir bisa dijumpai di semua teahouse ataupun night market yang ada di kota Guangzhou. 

      Chang fen (kredit: Wikipedia)
      Chang fen ini sendiri dikenal sebagai salah satu kuliner Kanton dari Cina bagian selatan. Selain dijumpai di Guangzhou, kuliner ini juga dapat ditemukan di Hong Kong. Chang Fen ini pun bisa disajikan sebagai snack atau terkadang juga disajikan sebagai varian dari dim sum. Chang fen ini pun mempunyai variasi isi. Bisa diisi dengan udang, daging babi, daging sapi, sayuran ataupun bahan-bahan lain.
      Guiling Gao
      Kuliner berikutnya yang kerap menjadi santapan warga Guangzhou adalah guiling gao. Makanan yang satu ini biasanya dijadikan makanan penutup. Guiling gao ini merupakan sebuah jelly yang bahan baku utamanya terbuat dari seekor kura-kura. Biasanya kura-kura yang dipakai adalah kura-kura Cuora trifasciata. 

      Guiling gao (kredit: Tripadvisor)
      Namun yang perlu diperhatikan, kura-kura ini ternyata adalah hewan endemik di wilayah Cina bagian selatan dan Vietnam bagian utara. Dan karena spesies kura-kura ini adalah hewan endemik seperti halnya anoa di Indonesia, kura-kura ini pun menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Terlebih lagi saat ini statusnya terancam punah. 
      Menurut masyarakat Cina sendiri, guiling gao merupakan salah satu makanan untuk kesehatan tubuh. Masyarakat Cina percaya kalau guiling gao ini bisa menyembuhkan panas dalam tubuh yang berlebih. Bahkan kalau guiling gao terasa semakin pahit, maka dianggap mempunyai khasiat yang lebih baik. 
      White Cut Chicken atau baiqie chicken
      Makanan yang satu ini merupakan masakan yang sangat sederhana dan cukup gampang dibuat. White cut chicken ini bisa dibuat hanya menggunakan air mendidih tanpa perlu tambahan bumbu. Jadi rasa ayam ini pun bakal terasa orisinil. 

      White cut chicken (kredit: absolutechinatours)
      Namun ayam yang dipakai untuk membuat masakan ini haruslah ayam lokal yang mempunyai bobot kurang dari 1 kg. Untuk memasaknya pun hanya perlu waktu 15 menit dalam air yang mendidih. Dalam penyajiannya, white cut chicken ini kerap disajikan dengan cocolan jahe, daun bawang serta minyak kacang.