Sign in to follow this  
baihaki1985

Sedikit Belajar Tentang Kuliner Enak di Negara Cina

6 posts in this topic

Cina merupakan negara yang kaya akan budaya. Termasuk di antaranya tentu adalah kekayaan kuliner. Sebagai masyarakat awam sih kebanyakan hanya mengenal yang namanya masakan Cina. Entah itu Cina yang sebelah mana. Padahal di negara Cina, masing-masing tempat memiliki ciri khas kulinernya tersendiri. Hampir seperti di Indonesia begitulah yang punya masakan sunda, masakan jawa, manado, padang dan lain-lain. 

masakan_cina.thumb.JPG.f047d3fb03be18d4e

Berbagai jenis masakan Cina (kredit: Wikipedia)

Di negara Cina, terdapat delapan jenis kuliner yang dianggap merepresentasikan 22 provinsi di negara Cina. Selain 22 provinsi tersebut, sebenarnya terdapat lagi 14 provinsi di negara tersebut. Namun masakan dari 14 provinsi tersebut. Kedelapan kuliner itu biasa disebut dengan  Eight Culinary Traditions of Chinese cuisine. 

Masakan Guangdong / Kanton

Di antara delapan masakan tradisional Cina, kuliner Kanton adalah yang paling terkenal di dunia internasional. Masakan Kanton dikenal mempunyai ciri khas agak manis serta mempunyai tekstur lembut. Selain itu, saus merupakan ciri khas lainnya dari sebuah masakan Kanton. Jenis saus yang biasa digunakan pada masakan Kanton antara lain adalah saus hoisin, saus tiram, saus plum serta saus asam manis. 

kuliner_kanton.thumb.JPG.581733359fc364b

Kuliner Kanton (kredit: Shutterstock)

Bahan baku yang dijadikan untuk masakan kanton pun sangat beragam. Bahkan ada anekdot orang Cina makan semua yang berkaki empat selain meja dan semua yang terbang kecuali pesaat terbang. Bahkan beberapa bahan ekstrem seperti ular, kucing ataupun trenggiling pun dianggap sebagai bahan makanan yang lezat oleh masyarakat Cina. 

Masakan Sichuan

Setelah masakan Kanton, kuliner Cina yang terkenal adalah masakan Sichuan. Kalau yang suka makanan pedas, maka tentu bakal senang dengan kuliner Sichuan ini. Rasa kuliner Sichuan biasanya mengkombinasikan antara rasa pedas dengan asam. Kuliner Sichuan pun dikenal sebagai makanan dengan cita rasa yang unik. Dan karena rasanya pedas, kuliner dari Sichuan pun bisa dengan mudah dikenali dengan warnanya yang dominan merah. 

kuliner_sichuan.thumb.JPG.9f3b6e3e35746b

Kuliner Sichuan (kredit: eatagoodlife)

Masakan Shandong

Masakan Shandong juga dikenal dengan nama Lu Cuisine merupakan kuliner tradisional dari Provinsi Shandong. Kuliner yang satu ini pun sudah berkembang sejak lama, sejak zaman Dinasti Qin pada tahun 221 hingga 207 sebelum masehi. 

Kuliner Shandong ini dikenal sebagai masakan yang sangat memperhatikan tingkat kesegaran bahan baku yang digunakan. Dan kuliner Shandong biasanya menggunakan bahan baku berupa seafood. Makanan laut yang kerap dijadikan bahan baku antara lain adalah mentimun laut, cumi-cumi, kerang serta udang. 

Masakan Fujian

Kuliner Fujian yang juga dikenal dengan nama Min Cuisine mempunyai sejarah hingga mencapai 5000 tahun. Makanan Fujian pun terkenal akan variasi bahan baku yang digunakan, baik berbagai bahan yang bisa dijumpai di pegunungan ataupun apa yang ada di lautan. Selain itu, masakan Fujian juga dikenal sebagai spesialis kuliner sup dan punya keunggulan dalam pemakaian bumbu. 

Masakan Jiangsu

Masakan Jiangsu dikenal mempunyai ciri khas yang fresh serta kombinasi antara rasa asin dan manis. Selain itu, masakan Jiangsu terkenal akan teknik pemasakan yang presisi. Mengenai bahan bakunya, masakan Jiangsu sebenarnya cukup variatif. Namun secara khusus, banyak kuliner Jiangsu yang menggunakan bahan baku utama berupa daging bebek. 

Masakan Hunan

Masakan dari Hunan kerap disebut sebagai masakan yang mempunyai ciri khas Cina utara dan selatan. Masakan ini pun mempunyai cita rasa yang asin, biasa dijumpai di masakan Cina utara serta juga memiliki rasa manis yang mahfum dirasakan pada masakan dari Cina selatan. Ditambah lagi, masakan Hunan juga kerap mengandalkan bahan lokal. Dan dibandingkan dengan kuliner Cina lainnya, masakan Hunan biasanya relatif lebih murah. 

Masakan Anhui

Kuliner Anhui merupakan sebuah cita rasa masakan yang dilahirkan di Provinsi Anhui yang berada di Cina bagian utara. Wilayah Anhui ini pun mayoritas adalah lahan tak terjamah, hutan serta gunung. Dengan kondisi seperti itu, masakan Anhui pun mempunyai variasi bahan baku lokal yang sangat beragam. 

Masakan Anhui dikenal hanya menggunakan bahan baku lokal. Jadi masalah kesegaran bahan tak perlu dipertanyakan. Bahkan berbagai bahan baku masakan Anhui diperoleh dari wilayah pegunungan. Sebut saja seperti trenggiling, berbagai jenis jamur, bayberry, daun teh, rebung dan lain-lain. 

Masakan Zhejiang

Masakan dari wilayah Cina bagian selatan ini dikenal mempunyai struktur makanan yang lembut namun tak berminyak. Selain itu, masakan Zhejiang juga dikenal mempunyai penampilan yang mengundang nafsu makan. 

kuliner_zhengjian.thumb.JPG.c567c2a76513

Ciri khas ikan pada masakan Zhejian (kredit: iamfatyu)

Mengenai bahan baku yang digunakan, masakan Zhejiang dikenal kerap menggunakan berbagai jenis bahan baku utama. Di antaranya adalah ikan air tawar, ikan laut, rebung serta juga dikenal mempunyai teknik memasak yang bervariasi. 

Masakan Zhejiang juga dikenal mempunyai tiga teknik memasak, yakni Hangzhou, Ningbo serta Shaoxing. Dari tiga gaya memasak tersebut, Hangzhou merupakan teknik memasak yang paling banyak digunakan. Dan teknik memasak yang satu ini paling banyak menggunakan bahan baku berupa rebung.  

Share this post


Link to post
Share on other sites

Delapan Makanan Cina Paling Populer

Nah setelah sedikit mengetahui jenis kuliner Cina, kali ini kita berbicara mengenai masakan yang paling populer. Baik di kalangan orang-orang Cina ataupun masyarakat dunia lain. Terdapat delapan masakan yang menjadi kuliner paling terkenal di seantero Cina. Bahkan masakan-masakan tersebut hampir bisa dijumpai di setiap restoran besar yang ada di negara Cina. Apa saja masakan-masakan tersebut?

Babi Asam Manis

babi_asam_manis.thumb.jpg.ae5e824db967ecBabi asam manis (kredit: chinesefoodrecipes)

Masakan yang satu ini menjadi kuliner yang sangat populer di negara Cina. Utamanya sih karena saos asam manis yang digunakan pada masakan ini. Jadi tak heran saat ini pun bisa dijumpai berbagai jenis makanan lain yang menggunakan saos serupa. Entah itu ayam, daging dan berbagai jenis ikan.

Ayam Gong Bao

gong_pao_ayam.thumb.jpg.8a25c2c682a6389aAyam gong bao (kredit: Wikipedia)

Masakan ayam gong bao ini merupakan salah satu kuliner Sichuan yang mempunyai popularitas tinggi baik di kalangan masyarakat Cina ataupun non Cina. Bahan utama dari masakan yang satu ini adalah daging ayam yang dipotong dadu, cabe serta kacang goreng. Tentu saja karena menggunakan cabe dan ini merupakan kuliner Sichuan, rasa dari ayam gong bao ini bakal pedas. 

Tofu Ma Po

Lagi-lagi masakan ini merupakan salah satu masakan dari Sichuan. Dan menariknya, tofu ma po ini merupakan salah satu masakan yang sudah sangat terkenal dalam sejarah negara Cina. Bahkan masakan ini disebut-sebut sudah mempunyai usia melebihi 100 tahun. 

tofu_ma_po.thumb.jpg.ae0725e4ac4eda6cf0d

Tofu ma po (kredit: words-chinese)

Nama dari tofu ma po ini pun memperlihatkan bagaimana cita rasa dari kuliner ini. Karakter ma yang ada dalam nama masakan ini merepresentasikan rasa pedas. Hal ini karena penggunaan bumbu lada yang dipakai dalam tofu ma po. 

Wontons

Wonton merupakan salah satu makanan yang banyak dijumpai di berbagai tempat. Biasanya wonton dibentuk segitiga, dimasak dalam air mendidih serta selanjutnya disajikan bersama dengan sup. Wonton pun mempunyai berbagai macam isian. Bisa merupakan potongan daging babi, namun bisa juga berisi daging udang. 

Dilihat dari jenisnya, wonton sejatinya termasuk kategori dumpling. Selain itu, wonton di negara Cina juga muncul dalam berbagai macam variasi. Bahkan hampir dikatakan kalau setiap wilayah mempunyai variasi wonton-nya sendiri, seperti Beijing, Sichuan, Hubei, Jiangnan, Guangdong dan lain-lain. 

Dumpling

Makanan berikutnya yang sangat populer di negara Cina adalah dumpling. Kuliner yang satu ini pun sudah mempunyai usia ribuan tahun, tepatnya sih lebih dari 1800 tahun. Dan dumpling merupakan makanan yang sangat populer terutama di Cina bagian utara. 

Agak membingungkan antara membedakan dumpling dengan wonton yak. Namun wonton merupakan salah satu kategori dari dumpling. Jadi bisa dikatakan kalau dumpling belum tentu wonton, tapi wonton bisa dipastikan adalah dumpling. Mungkin begitu kira-kira ya. 

dumpling_jiaozi.thumb.jpg.3ff436a0a11521Dumpling jiaozi (kredit: riceandbread)

Dumpling dibuat dengan menggunakan berbagai jenis isian yang selanjutnya dibalut menggunakan adonan kulit tipis. Isian yang digunakan pun bisa bermacam-macam. Dapat menggunakan daging babi, daging ayam, daging udang, daging sapi atau bisa pula memakai campuran sayuran. 

Secara khusus, dumpling juga menjadi salah kuliner yang tak bisa dilepaskan dari kebiasaan masyarakat Cina. Bahkan setiap perayaan tahun baru Cina, masyarakat Tionghoa selalu mengikutsertakan dumpling dalam sajiannya. 

Saat ini, dumpling pun tak hanya menjadi sajian bagi masyarakat Cina. Berbagai kuliner dari negara lain pun banyak yang dipengaruhi oleh dumpling. Sebut saja gyoza dan dango yang berasal dari Jepang. Selain itu, kalau dari negara Korea Selatan ada makanan yang namanya mandu. 

Chow Mein 

Makanan bernama chow mein ini merupakan kuliner Kanton yang mirip dengan mie goreng yak. Biasanya chow mein ini menggunakan berbagai bahan seperti mie, daging (baik daging ayam, daging sapi, daging babi ataupun udang) yang dicampur dengan bawang serta seledri. Namun sebelumnya mie yang digunakan harus direbus dan didinginkan sebelum akhirnya dicampur dengan bahan-bahan lain. 

Peking Roasted Duck

bebek_peking.thumb.jpg.062a1bc8ba75d7496Bebek peking panggang (kredit: Groupon)

Makanan yang satu ini tentunya dikenal oleh banyak orang di dunia. Peking roasted duck seperti namanya merupakan kuliner yang berasal dari Peking atau Beijing. Tak hanya terkenal di seantero dunia, peking roasted duck ini juga merupakan salah satu kuliner nasional dari negara Cina. Dan pada saat berkunjung ke kota Beijing, nampaknya bebek peking panggang ini harus menjadi salah satu kuliner yang harus dinikmati kelezatannya. 

Spring Rolls

spring_rolls.thumb.png.d4d123b17a637d999

Spring rolls (kredit: .swisschalet)

Nah makanan yang terakhir adalah spring rolls atau kalau di Indonesia lebih banyak dikenal dengan nama lumpia kali ya. Spring rolls ini merupakan jenis dim sum Kanton yang dibuat dengan bentuk silinder. Isian yang digunakan pada makanan ini pun bisa saja sayuran atau daging. Selain itu, rasanya juga bisa dibuat gurih atau manis. Dan spring rolls ini secara khusus merupakan makanan yang sangat populer di kota seperti Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen serta Hong Kong. 

Edited by baihaki1985

Share this post


Link to post
Share on other sites

salah satu alasan pengen ke cina adalah keaneka ragaman makanannya

tapi bentrok dengan tingkat kehalalan nya jadi benar2 harus riset makanan halal yang enak disana neh :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this