Sign in to follow this  
zeekyuryu

Tentang Visa dan Mers di Korea Saat Ini

31 posts in this topic

 
Awak Juli lalu, saya berkesempatan untuk datang ke Kedutaan Besar Korea Selatan yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Di acara media gathering tersebut, ada duta besar Korea Selatan untuk Indonesia, Cho Tai Young, ada juga direktur KTO, Oh Hyon Jae, dan lain sebagainya. Topik pembicaraan dalam acara tersebut adalah tentang isu MERS di Korea saat ini, tentang Visa, dan juga tentang nuklir Korea Utara. Saya rasa 2 topik utama di atas menarik untuk saya bagikan, terutama untuk teman-teman JJers yang mau jalan-jalan ke Korea dalam waktu dekat atau ke depan. Oke saya bagi beberapa ya, semoga bermanfaat. :)
 
150617153207-korea-mers-780x439.jpg
 
1. Tentang Status MERS saat ini
Korea Selatan memang sedang lagi hits banget tentang virus MERS yang melanda sejak bulan Mei lalu. Seperti yang sudah kita tahu, MERS atau Middle East Respitory Syndrom merupakan virus asal Timur Tengah yang belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Virus MERS di Korea pertama kali ditularkan oleh seorang pengusaha yang baru pulang dari timur tengah dan akhirnya menular di rumah sakit. Nah karena sampai saat ini penularan hanya di area rumah sakit, maka untuk wisatawan asing dinyatakan aman. Duta besar Korea untuk Indonesia menegaskan bahwa tidak ada dari hampir 2 juta wisatawan asing belakangan ini yang tertular virus tersebut. Jadi untuk wisatawan yang jalan-jalannya ke area selain rumah sakit itu aman-aman aja. 
 
Selain itu, tercatat sejak akhir Juni dan awal Juli kemarin, belum ada kasus baru yang muncul akibat virus MERS ini. Jumlah pasien yang tadinya diisolasi juga sudah menurun, banyak yang dinyatakan boleh pulang. Ditambah lagi pernyataan WHO yang mengatakan bahwa Korea tidak usah meengeluarkan status gawat darurat karena kondisinya memang sudah stabil. Alasan lainnya mengapa saat ini status MERS tidak mengkhawatirkan adalah cuaca yang diperkirakan akan membaik akhir Juli nanti. Akhir Juli, hujan diperkirakan sudah akan berakhir di Korea dan WHO akan segera mengeluarkan pernyataan bahwa kasus MERS di Korea sudah selesai. Karena itulah, KTO Jakarta dan juga Kedubes Korea Selatan menyatakan bahwa Korea aman dan wisatawan Indonesia tidak perlu khawatir lagi untuk berkunjung ke negeri gingseng tersebut. 
 
2. Promosi Visa Akibat MERS
Isu MERS Korea ini ternyata sangat berpengaruh lho terhadap pariwisata Korea. Sebanyak 130 ribu wisatawan asing membatalkan perjalanannya ke Korea. Dan dari Indonesia sendiri ada 2 ribu orang yang batal berkunjung ke sana. Jumlah ini juga diperkirakan masih bertambah karena jumlah didapat KTO dari survey terhadap sejumlah travel agent di Indo. Belum lagi yang di luar itu. Memang banyak alasan di balik pembatalan tersebut, namun pihak KOrea nggak memungkiri jika alasan mayoritasnya adalah karena isu MERS yang mengkhawatirkan. Karena itu, untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, pihak Korea lagi menggenjot lagi kepercayaan orang Indonesia untuk mengunjungi Korea, salah satu caranya promosi visa.
 
Dari Bulan Juli hingga 30 September 2015, Korea akan membebaskan biaya visa bagi kelompok wisatawan. Kelompok? iya, sayangnya kelompok :( (yang ini saya juga sedih karena niatnya mau jalan sendiri hehehe) Kelompok yang dimaksud ya yang tercatat ikut trip bareng agen2 perjalanan gitu. Kalau nitip travel agent buat bikin visa doang? Wallahualam deh. Tapi yang jelas, akan ada free biaya visa bagi kelompok tur (yang mana setahu saya biayanya saat ini adalah 520k rupiah) Promosi biaya visa ini berlaku untuk China dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk kita, Indonesia. Pokoknya, negara yang dibebaskan biaya visanya ini adalah negara yang termasuk punya pengaruh besar dalam penurunan angka wisatawan akibat MERS tersebut. Jadi wisatawan dari Cina ternyata jumlahnya sangat menurun.
 
4ffd10903101a74d9f91a2ee0c1b41ae.jpg
 
3. Soal Free Visa, benarkah?
Nah salah satu yang jadi pertanyaan utama, Kapan Indonesia bisa free visa ke Korea? Ada yang bilang tahun depan. Hmmm.. ternyata duta besar Korea sendiri bilang sayangnya, belum bisa sampai saat ini. Korea memang termasuk salah satu negara yang dibebaskan visa oleh Indonesia, tapi belum bisa sebaliknya. Tapi untuk multiple entry visa, ada beberapa kebijakan yang dipermudah. Kebijakan ini sih sebenarnya sudah dipakai sejak April lalu. Ini saya tulis ulang dari rilis yang diberikan biar makin jelas. Mungkin sudah tercantum juga kali ya di situs kedutaannya. 
 
1. Perluasan persyaratan pembuatan multiple entry visa 
dulu:
- Negara yang tergabung dalam OECD (34 negara): Yunani, Belanda, Norwegia, Selandia Baru, Denmark, Jerman, Luksemburg, Meksiko, Amerika Serikat, Belgia, Swedia, Swiss, Spanyol, Slowakia, Slovenia, Islandia, Irlandia, Estonia, Inggris, Austria, Israel, Italia, Jepang, Republik Ceko, Chili, Kanada, Turki, Portugis, Polandia, Perancis, Filandia, Hongaria, Australia.
 
sekarang:
- Negara yang tergabung dalam OECD (20 negara): Yunani, Belanda, Norwegia, Selandia Baru, Denmark, Jerman, Amerika Serikat, Belgia, Swedia, Swiss, Spanyol, Irlandia, Inggris, Italia, Jepang, Kanada, Portugis, Perancis, Filandia, Australia.
 
dulu:
- Apabila memiliki izin tinggal di negara-negara OECD atau
- Pernah berkunjung ke negara OECD sebanyak lebih dari 2 kali dalam kurun waktu 4 tahun.
- Pernah berkunjung ke Korea lebih dari sekali
 
sekarang:
- Pernah berkunjung ke negara OECD sebanyak lebih dari satu kali saja atau,
- Pernah berkunjung ke Korea sebanyak lebih dari sekali
- Yang memiliki visa beberapa negara OECD.
 
- PNS atau pegawai BUMN dapat memiliki multiple entry visa meskipun tanpa syarat-syarat di atas (di dalam paspor tercantum keterangan sebagai PNS atau pegawai BUMN dan diajukannya surat keterangan kerja).
 
2. Diperpanjangnya masa berlaku multiple entry visa
 
dulu:
- Masa berlaku multiple entry visa diberikan secara bertahap (1 tahun - 3 tahun - 5 tahun)
 
sekarang:
- Masa berlaku multiple entry visa adalah 5 tahun sehingga pembuatan multiple entry visa ini hanya dilakukan 1 kali saja untuk 5 tahun tersebut.
 
3. Dapat diperpanjangnya masa tinggal di Korea bagi pemilik multiple entry visa 
 
dulu:
- Apabila tidak terdapat pesawat atau kapal untuk keluar area atau mempunyai alasan yang khusus, dapat diperpanjang (jangka waktu tinggal di Korea maksimal 30 hari dengan multiple entry Visa, sedangkan 90 hari dengan single entry visa)
 
sekarang:
- Memperluas syarat untuk memperpanjang masa tinggal:
a. Bila tidak memiliki kapal/pesawat atau terjadi hal yang tidak terduga saat masuk ke Korea, seperti kecelakaan, saki, dan lain-lain.
b. Bagi yang datang dengan tujuan komersil, bila memiliki masalah dalam prosedur bongkar muat barang di pelabuhan atau keterlambatan kapal. 
c. Khusus bagi Warga Negara Asing asal Korea dan Keluarga Warga Negara Asing yang menikah dengan orang Korea, yang datang dengan tujuan mengunjungi keluarga atau belajar Bahasa Korea, dan lain-lain. 
 
Nah jadi kurang lebihnya, kebijakan kelonggaran visa ini lebih ditujukan untuk pemohon multiple entry visa. Cukup bikin 1 kali untuk 5 tahun, kayak bikin paspor aja kan yak. Walaupun memang belum bisa memberikan yang lebih untuk pemegang single visa dan seluruh warga Indonesia, duta besar tetap berharap akan ada kebijakan baru yang mengarah untuk free visa tersebut, tapi kapan? Nggak tahu juga sih. 
 
PS: mohon doa restunya awal agustus mau apply visa ke Korea. Agak parno kalau baca2 blog orang yang banyak ditolak. Kemarin ngobrol sama orang KTO (yang mana sebenrnya orang KTO nggak punya pengaruh sama visa tapi sering banget dikomplain mereka yang visanya ditolak hehe) dia bilang kalau Korea memang termasuk negara yang no reason soal penolakan visa, seperti Amerika. Jadi benar kata mereka, para suhu senior yang sudah mendahului ke Korea sana, kalau biarlah, hanya Tuhan dan orang Kedutaan yang tahu alasan penolakannya. Nggak niat buat memanfaatkan isu MERS ini, tapi tetep berdoa, semoga sekarang dan seterusnya lebih mudah dan semoga saya dan kawan-kawan lolos pastinya heheh Aaamin ya Allah. 
 
Sekian dan terima kasih
Edited by zeekyuryu

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

soal MERS memang lagi hits dan dibkin hits oleh Media juga seh

dapat kabar dari @mega_yoora disana aman2 aja kok. 

ya kenapa free visa kelompok (tour) karena mungkin korea ingin langsung mengembalikan kunjungan wisatawan secara skala besar, dan itu bisa dilakukan oleh Travel Agent yang mana mereka pasti berkelompok minimal 10 orang

kalo soal penolakan visa balik lagi, kenapa ketat karena memang menghindari wisatawan yang "Berbohong" Visa Liburan jadi Kerja, hal yang sama terjadi di Jepang juga seh tapi untung nya jepang udah toleransi sekarang dengan memberika Free Visa untuk E-Passport

 

Untuk kasus penolakan Visa ya banyak2 ngobrol ama @mone deh dia yang jelas paling dekat kemaren ngurus Visa korea di tolak. tapi masih ada Visa Jepang kok :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hahahahahaha,.

momod bisa aja nie.

btw makasih yakh @zeekyuryu atas informasi tentang korea. Meskipun di situ multiple entry visa, tetep gak meyakinkan dahh kalo mau ke korea lagi. Habis gara2 udah pernah d tolak, mending ngajuin visa jepang yang kemungkinan agak mudah sich.

Semangat yakh semoga visa'y d setujui, btw berarti berangkat k korea pas autum yakh???

Share this post


Link to post
Share on other sites

@mone

ya memang baru mone seh sumber info langsung tentang Visa Korea, saya juga tar mau tanya2 langsung ke Mone deh tentang Visa Korea nya :D

boleeh mod, sambil jalan2 d bandung yukks.

Share this post


Link to post
Share on other sites

eeeaa abis lebaran malah gue susah kayak nya manggung dah ter schedule :P

amazing emang selebriti kita ini.

Jadwal padet euy...

Share this post


Link to post
Share on other sites

alhamdulilah mon masih ada job hahahah

kabarin aja tanggal nya kalo mau ke bandung ya :D

Siapp mod,

ntar gw kabarin, biar d ajak kulineran d bandung.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@mone

agustus udah ada beberapa seh tar kabarin aja ya :)

btw FR korea lanjutin dnk. mau di fitur di fanpage nanggung soalnya belom lengkap, orang malah banyak liat yang ini ngurus visa heheh

Share this post


Link to post
Share on other sites

@mone

agustus udah ada beberapa seh tar kabarin aja ya :)

btw FR korea lanjutin dnk. mau di fitur di fanpage nanggung soalnya belom lengkap, orang malah banyak liat yang ini ngurus visa heheh

iya mod, pasti dilanjutin koq tenang aja.

akhir minggu ini baru kelar 2 hari mod.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@mone

ya lagi libur lebaran juga oke ditunggu lanjutannya

jangan lupa di save dlo ke Words atau Notepad ya siapa tau error :D

siph mod, udah paham kalo masalah itu mah, saya udah ketik d word, jadi ntar tinggal di copas aja koq.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

soal MERS memang lagi hits dan dibkin hits oleh Media juga seh

dapat kabar dari @mega_yoora disana aman2 aja kok. 

ya kenapa free visa kelompok (tour) karena mungkin korea ingin langsung mengembalikan kunjungan wisatawan secara skala besar, dan itu bisa dilakukan oleh Travel Agent yang mana mereka pasti berkelompok minimal 10 orang

kalo soal penolakan visa balik lagi, kenapa ketat karena memang menghindari wisatawan yang "Berbohong" Visa Liburan jadi Kerja, hal yang sama terjadi di Jepang juga seh tapi untung nya jepang udah toleransi sekarang dengan memberika Free Visa untuk E-Passport

 

Untuk kasus penolakan Visa ya banyak2 ngobrol ama @mone deh dia yang jelas paling dekat kemaren ngurus Visa korea di tolak. tapi masih ada Visa Jepang kok :)

visa jepang means kan ongkos lagi mod hahaha doain aja biar langsung lolos. deg degan euuuyyy

wah ini toh yang menjadi salah satu penyebab agak susahnya masuk ke korsel, btw semoga keterima visanya :senyum 

aaaaminnn makasih mas

Hahahahahaha,.

momod bisa aja nie.

btw makasih yakh @zeekyuryu atas informasi tentang korea. Meskipun di situ multiple entry visa, tetep gak meyakinkan dahh kalo mau ke korea lagi. Habis gara2 udah pernah d tolak, mending ngajuin visa jepang yang kemungkinan agak mudah sich.

Semangat yakh semoga visa'y d setujui, btw berarti berangkat k korea pas autum yakh???

tahu begitu dari awal langsung beli tiket promo jepang yak jadi bisa dapet jepang korea sekaligus hehe. Tapi semoga pas gue diterima ya mone.

 

bener kata @deffa lau lanjutin dong FR koreanya. Masa udah berapa bulan nggak selese selese haha

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

ya memang harus ongkos lagi

tapi lebih baik kan dari pada di tolak visa terus gak jadi berangkat ke Korea sayang banget kan

istilah nya lo marathon dan posisi pertama, udah di depan garis Finish tapi stop karena tali sepatu lepas satu :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

ya memang harus ongkos lagi

tapi lebih baik kan dari pada di tolak visa terus gak jadi berangkat ke Korea sayang banget kan

istilah nya lo marathon dan posisi pertama, udah di depan garis Finish tapi stop karena tali sepatu lepas satu :P

buat ngiket sepatunya lagi harus ganti tali sepatu yang lain yang mahal juga (ini apa sih jd ngomongin sepatu) hehehe doain aja mod..

Share this post


Link to post
Share on other sites

buat ngiket sepatunya lagi harus ganti tali sepatu yang lain yang mahal juga (ini apa sih jd ngomongin sepatu) hehehe doain aja mod..

ya itu balik lagi kalau memang niat banget seh semua halangan di hadapi, tapi kalau memang di relakan ya sudah tunggu lain kali saja, ketika KorSel udah agak woles ngeluarin Visa nya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this