baihaki1985

Pernah Lihat Gunung Warna-warni? Datang saja ke Zhangye Danxia di Cina!

11 posts in this topic

Dalam beberapa tahun terakhir, ada satu objek wisata di negara Cina yang popularitasnya tengah melambung. Tempat wisata yang satu ini memang menyajikan keindahan alam yang sangat khas dan jarang dijumpai di lokasi lain. Tempat yang dimaksud adalah Zhangye Danxia National Geopark yang menyuguhkan pemandangan gunung warna-warni layaknya sebuah lukisan. 

zhangye_danxia_1.thumb.jpg.7c3bf4bdc425e

Gunung warna-warni di Zhangye Danxia (kredit: AP)

Pertama kali melihat gambar dari tempat ini, pertama yang melintas di pikiran kemungkinan besar adalah, "ah ini pasti hoax, mana ada gunung dengan warna seperti itu!". Ini sih yang saya rasakan ya. Terlebih pemandangan di tempat yang dijuluki sebagai rainbow mountain ini memang sangat mirip dengan sebuah pemandangan di lukisan ketimbang pemandangan di dunia nyata. 

Zhangye Danxia Geopark ini memang mempunyai pemandangan lain daripada yang lain. Hal ini karena formasi batuan di tempat ini mempunyai warna yang menarik seperti halnya sebuah pelangi. Dan tentu saja batuan berwarna-warni yang ada di tempat ini terbentuk secara alami dan tidak ada campur tangan manusia sekalipun dalam proses pembentukannya. 

Batuan warna-warni yang ada di tempat ini pun terbentuk karena adanya erosi yang berlangsung selama bertahun-tahun. Para geologis pun percaya kalau tempat ini mempunyai topologi yang unik karena terbentuk karena kerak bumi yang terlipat. Dan karena proses erosi serta densitas batuan yang berbeda, berbagai bentuk batu pun bisa dijumpai di tempat ini. Ada yang membentuk tower, gua dan lain-lain. 

Geopark ini merupakan sebuah tempat wisata yan berada di kaki gunung sebelah utara dari Qilian Mountain yang menjadi wilayah dari kota Zhangye di Provinsi Ganxu. Dan Zhangye Danxia Geopark ini sendiri terbagi menjadi tiga area, yakni Linze Danxia Scenic Area, Binggou Danxia Scenic Area dan yang terakhir adalah Sunan Danxia Scenic Area. 

Dari ketiga area di Zhangye Danxia Geopark tersebut, Linze Danxia, lebih sering dikenal dengan nama Danxia park, merupakan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sementara itu Binggou mempunyai luas sebesar 300 kilometer persegi dengan ketinggian berkisar antara 1500 hingga 2500 meter di atas permukaan laut. Dan area ketiga Sunan Danxia berada di Ganjung yang terletak di sebelah utara Linze. 

Danxia National Geopark ini mempunyai empat tempat yang memang disediakan bagi para wisatawan untuk bisa menyaksikan keindahan alamnya. Masing-masing platform pun berjarak sekitar delapaon kilometer. Dan untuk bisa mengunjungi ke empat platform tersebut, waktu yang dibutuhkan adalah sebanyak dua jam menggunakan mobil wisata yang disediakan. 

Platform pertama merupakan tempat yang paling dekat, berada sekitar 10 menit berjalan kaki dari pintu masuk geopark. Sementara itu platform kedua merupakan platform tertinggi yang ada di Danxia National Geopark ini. Untuk menjangkau platform ini terdapat 666 anak tangga yang harus dilalui dan butuh sekitar 30 menit untuk menjangkaunya. 

Selanjutnya, platform ketiga menjadi lokasi yang terkenal dan tempat untuk bisa menyaksikan 'seven-color fan'. Dan yang terakhir adalah platform keempat yang merupakan platform terbesar di Danxia National Geopark ini. Selain bisa menyaksikan keindahan batu warna-warni, di sini juga dianggap menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Pada saat musim semi dan gugur, sunset terjadi pada pukul 7:30. Sementara kalau di musim panas, sunset terjadi pada pukul 8 pagi. 

sunrise_danxia.thumb.jpg.9571c09ace22582

Sunrise di Zhangye Danxia (kredit: Weerapong Chaipuck)

Waktu paling bagus untuk berkunjung ke Zhanghye Danxia National Geopark ini adalah dalam rentang bulan Juni hingga September. Cuaca saat itu bakal terasa nyaman, sinar matahari yang hangat dan sesekali terdapat hujan membuat batuan di tempat ini bakal semakin terlihat. Selain itu, waktu kunjungan yang direkomendasikan adalah pada saat pagi hari ataupun senja. 

Akses transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Zhangye antara lain adalah menggunakan kereta ataupun pesawat. Kalau menggunakan pesawat, terdapat sebuah bandara kecil yang berjarak sekitara 15 kilometer dari pusat kota Zhangye. Sayangnya, tidak ada penerbangan dari kota besar menuju ke tempat ini. Penerbangan hanya dilakukan melalui kota Xi'an dan Lanzhou. 

Untuk akses transportasi yang lebih mudah bisa menggunakan kereta. Selain mempunyai ongkos yang lebih murah, durasi pemberangkatan juga lebih banyak jika dibandingkan dengan transportasi udara. Transportasi kereta yang digunakan pun beragam, bisa berangkat dari kota Beijing, Xi'an serta Chongqing. 

Sayangnya, selain Danxia National Geopark, tak begitu banyak tempat wisata menarik yang ada di kota Zhangye ini. Cukup disayangkan memang, meski tempat ini dinominasikan sebagai salah satu tempat dengan pemandangan tercantik yang ada di negara Cina. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayak karpet.... emang lagi naik daun nih pegunungan ini semenjak bnyk diliput media...

yupp yupp

oh ya ini yang pernah hits di sosial media karena on the spot trans 7 itu ya

banget... malah pertama liat gambarnya dikira hoax

Share this post


Link to post
Share on other sites
9 minutes ago, ko Acong said:

iya ke vietnam  @deffa

SEptember Nanti Sendirian Juga  Belajar Adaptasi Menguasai Blank Bicara Internasional (kendala Bahasa Biar Bisa Masuk Negara Lainnya )

wih mantap @ko Acong 

cerita jepang nya itu menginspirasi :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

"Sekelas Ko Acong "aja Bisa  dan menyatakan semua Pasti Bisa Ke jepang Mau Murah atao mau Mahal tergantung Selera Buddgednya Kan

dan Jurusnya Hajar saja yang Penting Enjoy  Betulkan @deffa

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
11 minutes ago, ko Acong said:

"Sekelas Ko Acong "aja Bisa  dan menyatakan semua Pasti Bisa Ke jepang Mau Murah atao mau Mahal tergantung Selera Buddgednya Kan

dan Jurusnya Hajar saja yang Penting Enjoy  Betulkan @deffa

 

manrap @ko Acong gue suka gaya ko acong

HAJAR SAJA hahahha

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now