Sign in to follow this  
fariezetta

Enak Nggak Enaknya Belanja di Home Shopping

4 posts in this topic

Sebelum belanja online populer di kalangan masyarakat kita, belanja di home shopping sudah jauh lebih dulu banyak dilakukan. Belanja home shopping lebih banyak berkaitan dengan alat-alat rumah tangga, alat kesehatan, dan juga alat olahraga. Ada perkakas dapur, seperti panci, teflon, mixer, kompor, dan lain sebagainya. Alat kesehatan bisa seperti gelang kesehatan, matras refleksi, hingga belt yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Alat olahraga seperti treadmill dan masih banyak lagi. Sejauh ini, TV yang memiliki tayangan home shopping antara lain O Channel, CTV, RTV dan sejumlah TV lokal lainnya. Pernah belanja di home shopping? Dan karena pernah coba, sebagai pelanggan, ini enak nggak enaknya belanja di home shopping.

Enak / Keunggulan
Keunggulan dari belanja di home shopping antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bisa lihat detail produk
Keuntungan pertama belanja dari belanja di home shopping adalah bisa melihat detail produk lebih jelas. Tayangan di TV akan memberikan kita penjelasan tentang spesifikasi produk berikut juga keunggulannya. Kita bisa tahu lebih jelas bentuknya, ukurannya, dan lain sebagainya. Biasanya akan terlihat lebih jelas karena akan ada sorotan kamera yang close up. Dibanding belanja online yang hanya melihat barang atau produk dari gambar saja, belanja di home shopping lebih terlihat jelas. 

05-01(1).jpg

2. Bisa lihat demo
Selain bisa melihat detail spesifikasi produk, enaknya belanja di home shopping juga karena kita bisa melihat demo produk yang lebih jelas. Kalau belanja online, kita hanya bisa membaca spesifikasi atau cara penggunaannya. Tapi kalau di home shopping, kita bisa menonton demonya. Demo ada yang disiarkan secara langsung, ada juga yang disiarkan secara taping atau rekaman. Kalau yang langsung biasanya berkaitan dengan demo alat rumah tangga seperti perkakas dapur yang bisa didemokan dengan demo masak. Bisa juga perkakas rumah seperti bor atau apa pun yang akan lebih meyakinkan dengan disiarkan langsung. Tapi banyak juga alat kesehatan dan olahraga yang ada demonya.

3. Testimoni pengguna dan ahli
Memang banyak yang yakin jika testimoni pelanggan dan juga ahli yang banyak diputarkan itu tidak asli 100%. Tapi setuju maupun tidak, testimoni para pengguna dan ahli punya kekuatan yang cukup kuat untuk meyakinkan para calon pembeli untuk membeli produk tersebut. Misalnya, suka ada dokter atau ahli kesehatan yang ikut mempromosikan produk terkait yang sedang dijual. Atau ada yang cara mempromosikannya dengan menggelar live talk show atau interaksi dengan penelpon yang ingin bertanya langsung. Ini bisa saja menambah keyakinan calon pembeli untuk membeli produk tersebut.

qvc-hsn2-edit.jpg

4. Lebih meyakinkan karena di TV
Kepercayaan yang diterima para calon pembeli akan lebih meningkat karena home shopping ini tayang di TV yang artinya memang nggak sembarangan toko bisa masuk. Pasti pihak TV sudah memverivikasi apakah store yang masuk ini bisa dipercaya atau nggak. Untuk belanja online dan home shopping semacam ini memang kepercayaan sangatlah diperlukan. Dengan melihat home shopping yang ada di TV maka tingkat kepercayaan penonton akan lebih tinggi biasanya. 

5. Tinggal tunggu, free ongkir
Biasanya nih, untuk wilayah Jabodetabek, belanja di home shopping sudah termasuk bebas biaya ongkos kirim. Jadi kita tinggal duduk di rumah setelah order sambil nunggu barang kita sampai. Nggak perlu khawatir soal besar barang dan berat barang yang akan membengkakkan harga ongkos kirim. Pihak home shopping punya kurir sendiri yang bisa mengirimkan barang ke alamat yang kita minta. Terkadang, ada juga home shopping yang menyuruh kurirnya untuk mendemokan lagi cara penggunaannya. Jadi nggak asal nganter aja, tapi bisa didemokan sambil ngecek kelengkapan barang dan bekerja atau nggak.

- Banyak bonus
Belanja di home shopping biasanya mendapatnya banyak bonus selain barang utama yang kita beli. Bonus ini bisa berupa item tambahan atau item lain yang lumayan besar. Selain bonus, banyak juga promo yang bisa didapatkan. Ada promo buy 1 get 1 atau promo lainnya. Ini bisa jadi hal yang menarik tentunya. Apalagi dengan iming-iming harga item yang dibonusin juga mahal, penawaran2 semacam ini memang menggiurkan. 

Nggak enaknya
Tapi jangan salah, belanja di home shopping juga ada nggak enaknya lho. Beberapa yang menurut saya nggak enak adalah di antaranya sebagai berikut.

- Mahal
Harga yang dipatok di home shopping ini biasanya mahal banget. Makanya nggak heran kalau mereka suka kasih item bonus atau harga promo. Harganya emang mahal-mahal banget yang ditawarkan. Soal kualitas ya tergantung barang juga. ada yang emang worthed dengan harga segitu, tapi ada juga yang nggak masuk akal. Kalau mau rajin sedikit, cari perbandingan harganya di tempat lain, lihat testimoni orang-orang sehingga bisa memiliki pertimbangan untuk membeli yang mana. Barang mahal emang punya kualitas biasanya, tapi nggak selamanya barang mahal itu juga berkualitas :)


tips
Beberapa tips yang bisa dilakukan jika ingin belanja di home shopping adalah sebagai berikut:

- Pilih home shopping yang sudah berpengalaman
Yang pertama adalah memilih home shopping yang sudah berpengalaman. Saat ini cukup banyak home shopping yang baru muncul. Tapi jika anda ingin lebih nyaman, anda bisa memilih home shopping yang memang sudah berpengalaman lebih lama. Ini bisa memengaruhi bagaimana mereka melayani pelanggan. Anda bisa mendapat pelayanan yang lebih profesional sehingga akan lebih aman dan nyaman untuk berbelanja. Biasanya yang sudah berpengalaman juga sudah biasa menanggapi banyak keluhan atau keraguan para pembelinya.

- Pilih brand yang sudah terjamin kualitasnya
Selain memilih store mana yang ingin anda pilih, brand dari produk yang anda ingin juga berpengaruh. Anda bisa mencari tahu brand-brand yang sudah terjamin kualitasnya sebelum anda memutuskan untuk membeli produk terkait. Misalnya soal teflon, banyak kan brandnya. Anda bisa cari tahu kekurangan dan kelebihannya baru memutuskan untk beli. Riset sederhana ini juga bisa membantu anda memilih barang mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda sendiri. 

- Detail dalam menanyakan produk berikut dengan garansi
Setiap home shopping pasti punya nomor call centre yang bisa anda hubungi. Jangan ragu untuk menanyakan setiap detailnya agar anda bisa lebih yakin. Tanyakan bukan hanya seputar produk, tapi tanyakan juga bagaimana proses pembayaran, pengantaran barang, dan yang penting garansi yang akan diberikan. Anda harus mengetahui semuanya untuk mencegah hal-hal yang dipersulit ketika terjadi kerusakan pada barang anda. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Drpd home shopping, mending belanja online...

Mahal???

Ngga juga...

Harus teliti sebelomnya membeli karena satu item ada bbrp seller..

 

Yg paling repot sekaligus kelemahan belanja online: ngurus garansi...

:bingung

 

Edited by choli_x

Share this post


Link to post
Share on other sites

Drpd home shopping, mending belanja online...

Mahal???

Ngga juga...

Harus teliti sebelomnya membeli karena satu item ada bbrp seller..

 

Yg paling repot sekaligus kelemahan belanja online: ngurus garansi...

:bingung

 

ya belanja online memang pasti ada aja kelemahan nya dari faktor A - Z yang pasti kita harus teliti dulu seh

hal yang paling jarang di baca oleh orang Indonesia itu adalah Syarat & Ketentuan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this