Sign in to follow this  
chime

National Museum Singapore

2 posts in this topic

Jalaner's ada yg pernah mengunjungi National museum di singapore nga ya?, soalnya sy sendiri wkt ke singapore nga sempet kesini sich, cm info yg sy dapatkan bahwa disana beberapa waktu yg lalu ada pameran The Wedding dress-200 years.

Ternyata warna busana yg dipakai menunjukkan status sosial ekonomi si pengantin dan keluarganya, mereka yg status sosialnya tinggi akan memakai busana pengantin dgn warna putih sama silver, tapi nga tau sich klu status sosialnya rendah pake warna apa ya ?

Terus ada Galerynya juga dimana sebelum memasuki galery ini kita akan dipinjamkan alat elektronik yg berfungsi sbg pemandu utk memberikan informasi yg lengkap mengenai sejarah singapore, Jadi ditiap lantai yg kita lewati akan ada kode angkanya, dan kode tersebut klu dimasukkin kedlm alat pemandu akan ada suara yg menjelaskan apa yg kita lihat ditempat tersebut. keren bgt ya :D ...

Share this post


Link to post
Share on other sites

ia saya pernah kesini. emang ada alatnya. jadi pake headphone. kalau ktemu satu titik, diketik nomornya.

nanti dari alat itu bisa kasih penjelasan tentang sejarah alat tersebut.

kalau mau liatin satu2 pake alat. bisa dari pagi sampe malam tuh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By F0xy.Lady
      Halo manteman jalan2.com!
      Disaat aku jalan kemana, banyak orang yg pada pergi ke Singapore. Nah kali ini mumpung sebagian besar orang udah kurang memburu Singapore,, aku justru bikin rencana backpackeran ke Singapore selama 3 hari. telat banget kan? Biariiinn!!
      Kebetulan dapet tiket promo AA pp dan udah lama banget nggak piknik neehh.
      Aku cari temen jalan maksimal 3 orang ajaa. Maaf, nggak pengen terlalu banyak...biar nggak keribetan hehehe (dari pengalaman). Kamu bisa berangkat bareng aku dari Denpasar (buat yg stay di Bali) maupun ketemuan disana aja.
      30 Nov'17 -> DPS 07.20 - SIN 09.55
      02 Des'17 -> SIN 20.45 - DPS 23.30
      Selama 3 hari di Singapore yang jelas aku nggak masuk Universal Studio dan mall-mall yaa. Sebagaian besar pengen explore nature & culture. Aku lebih suka teman yang supel, nggak rewel, nggak ngambekan, dan betah jalan-jalan pastina...ehehee
      Kalau kriteria diatas dirasa sesuai dgn jiwamu dan kamu tertarik untuk jalan bareng sama aku, silakan email ke [email protected] .
      Keuntungan yang akan kamu dapet kalo jalan bareng aku adalah foto kamu bisa nampang di travel blog ku (so what?),, nggak cuma di medsos kamu ajaa wkwkwkk..
      Estimasi budget : 1.5 - 2 jutaan (bisa kurang asal nggak shopping2)
       
      Terima kasih jalan2.com
       
    • By maipura
      Ada museum baru di Kota Solo, baru diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi pada tanggal 9 Agustus yang lalu. Namanya Museum Keris Nusantara. Kebetulan saya pas lagi ada di Solo minggu lalu, jadi deh kita sempatkan mampir mengunjungi Museum ini sebelum pulang kembali ke Sumatera.
      Lokasi Museum Keris ini ada di pusat kota, gak jauh dari taman Sriwedari, bersebelahan dengan stadion di Jalan Bhayangkara. Kalau lewat jln. Slamet Riyadi, pas pertigaan Sriwedari belok kiri, Museum nya ada di ujung jalan pas perempatan. Gak akan mungkin kelewatan lah. :)
      Harga tiket masuknya berapa? nah selama bulan Agustus ini, tiket masuk ke Museum Keris masih gratis, namun mulai september nanti katanya harga tiketnya Rp.6000 / orang.
      Museum ini merupakan gagasan pak Jokowi sewaktu beliau masih menjadi walikota Solo. Namun pembangunan gedung museum ini baru dimulai secara bertahap sejak tahun 2013. Gedung Museum Keris ini terdiri dari 1 basement yang dimanfaatkan sebagai tempat parkir, dan 4 lantai sebagai ruang pamer. Terdapat lift yang menyambungkan semua lantai-nya. Jadi kalau capek naek tangga, bisa naek lift.

      Lantai 1
      Di lantai ini fungsinya sebagai lobi, soale gak ada keris yang dipajang disini. Cuman ada ruang Audio Visual di sisi sebelah kanan dan kiri dari pintu masuk. Loket pengunjung juga ada disini, disebelah kanan dari pintu masuk kemudian bagian informasi ada di sebelah kiri dari pintu masuk.
      Lantai 2
      Di lantai 2 kita mulai bisa menikmati koleksi dari Museum Keris ini. Dan saya yang gak paham sema sekali soal keris. Di lantai 2 ini kita akan paham dan mengerti lebih dalam soal keris. Karena di lantai ini disuguhkan juga informasi tentang keris dan bagian-bagian keris, apa itu pamor, jejeran, luk dsb.
      Di lantai 2 ini juga ada tempat bermain untuk anak-anak dan perpustakaan. Koleksi buku-bukunya tidak jauh dari masalah keris dan budaya baik tentang kota Solo maupun kota-kota lain di Indonesia. Tapi sepertinya koleksi bukunya perlu diperbanyak, soale rak nya masih banyak yang kosong.



       
      Lantai 3
      Lantai ini selain memajang beberapa koleksi keris ada juga diorama-diorama. Antara lain diorama pembuatan keris dan  diorama ritual saat akan membuat keris. Selain itu di dinding  ada informasi proses pembuatan keris dan rangkaian sesaji ketika akan membuat keris.


       
      Lantai 4
      nah, lantai 4 ini merupakan ruang pamer utama, disini selain keris dari tanah jawa, ada juga keris dari bali, sulawesi dan sumatera. Selain keris ada juga beberapa koleksi tombang dan parang. Karna museum ini tidak mengkhusus kan keris dari Jawa saja, namanya kan Museum Keris Nusantara. walapun memang umumnya orang mengenal keris itu dari Jawa. Tapi ternyata ada juga keris dari Sulawesi dan Sumatera.

       

      Di lantai 4 ini saya ngobrol banyak dengan seorang bapak yang saya pikir petugas museum. Beliau berkata keris yang dipajang disini merupakan hibah dan pinjaman dari pribadi, tertulis di keterangan masing-masing keris yang dipamerkan. Dan katanya lagi masih ada sekitar 300-an lagi koleksi keris yang masih akan dipamerkan. Dan ada kabar bahwa pemerintah Belanda akan menyerahkan koleksi keris yang mereka miliki untuk kemudian disimpan dan dipamerkan di Museum Keris Nusantara ini.
      Ketika saya bertanya, koleksi yang paling tua dan mempunyai nilai sejarah paling tinggi yang mana, bapak petugas yang saya lupa tanya namanya itu menjawab.
      "semua koleksi kita disini berharga mas, baik usia maupun nilai sejarah-nya"
      "semua keris disini berusia lebih dari 100 tahun"
      "semuanya sudah di teliti terlebih dahulu oleh tim kurator kita sebelum kemudian bisa dipajang dimuseum ini"
       
      Lalu bapak itu membawa saya ke salah satu kotak tempat beberapa keris dipamerkan, lalu beliau mengatakan,
      "ini keris yang paling tua, ini diperkirakan dibuat pada jaman sebelum kerajaan Singosari"
      "pada waktu itu para pembuat keris belum mengenal cara mencampur besi untuk membentuk pamor (motif)"
      "ini bentuk awal daripada keris, masih sederhana, dan kemudian berkembang menjadi seperti sekarang ini"
       
       
      Ketika saya bertanya mana keris yang paling mahal, beliau pun mengajak saya kembali ke bagian tengah, dan mengatakan
      "ini semua keris yang mahal, semua keris-keris ini ditaksir harganya antara 3 - 15 milyar"

      Mendengar itu, gak ada komentar yang keluar dari mulut saya, cuman decak kagum yang ada.
      Obrolan santai pun terus berlanjut, kebetulan lantai 4 sudah agak sepi, sebelumnya rame dengan rombongan anak-anak SD. :). Sang bapak menjelaskan apapun yang saya tanyakan, baik itu soal keris maupun tentang Museum nya sendiri. Beliau pun sempat memperlihatkan foto nya ketika mendampingi pak Jokowi ketika pembukaan 9 Agustus yang lalu. Dan saya bener-bener bodoh gak nanya siapa namanya.
      Penasaran dengan koleksi-koleksi keris dari Museum Keris Nusantara? atau hobi dengan keris? Atau pengen dateng ke tempat Wisata yang sedikit berbeda waktu berkunjung ke Solo.
      Monggo, mampir ke Museum Keris Nusantara. :)

       
      foto-foto laen :)



       
    • By Ayusuf
      Cari temen yg punya plan ke Singapore tanggal 27 Oktober 2017
      ini first time ke singapore barangkali ada yg pengalaman yg mau nemenin? 
       
    • By D_GUNN3R1
      mau sharing aja kalau di Singapura baru dibuka toko apple resmi. lokasinya di jalan orchard.
       
    • By D_GUNN3R1
      halo, ini cm mau posting beberapa video kegiatan2 yang terjadi di singapura, sambil iseng buat channel youtube. tolong bantu di like sama subscribe yah. thank you
       
      1. 
      ini acara tahunan di sing, dan biasanya menampilkan show dengan menggunakan cahaya. ini salah satu contohnya, jadi semacam membuat film pendek dengan gedung sebagai proyektorny, keren deh.
       
      2.
      cafe bernuansa film harry potter di singapura, lokasinya dekat dengan MRT.
       
      3.
      taman dengan pemandangan yang cantik. cocok untuk relaxing dengan keluarga, untuk hiking, maupun untuk olahraga.
       
       
      4.
      pemusik jalanan yang ada di Chinatown, meski hanya istilahnya pengamen, tetapi mereka punya suara dan skill yang tidak kalah dengan penyanyi profesional
       
      5.
      di Singapura, juga sering diadakan parade, salah satunya adalah parade tsum - tsum. karakter2 disney yg imut2 juga bermunculan disini.
       
      Video lain bisa dilihat di https://www.youtube.com/channel/UC2t3iug4WllVPaBqMYc_VYQ
      Tolong bantu di like dan subscribe yah.
      nanti kalau ada video baru,  saya coba posting disini lagi.
      thank you
       
    • By RahmadR
      Hi guys
      Buat liburan nanti saya mau nyari teman backpacker ke singapore, malaysia , thailand  karena saya cuma berdua (masih amatir hehe) sama teman jadi mau nyari teman lagi biar lebih seru . untuk itinerary masih disusun belum fix. untuk kontak add line : rahmad_riyan97
    • By Ivan Andreass
      ada yang mau backpacker ke singapore? tanggal keberangkatan dan kepulangan antara 25 maret-1 april 2017 barang kali bisa backpackeran bareng. saya ivan di malang line saya di ivan_andreass89 wa di 081231690227. thanks