Sign in to follow this  
shata

Green Tea, Green Tea Everywhere... [Edisi Kue Cubit & Bandros]

17 posts in this topic

Beberapa waktu lalu, jajanan dengan modifikasi green tea mendadak jadi ngetop. Bandung sebagai surga kuliner juga ikut jadi korban. Saking apa-apa serba greentea, TS pernah liat ada jokes yang isinya kalau jomblo ditaburin green tea pasti laku. TS pengen deh ditaburin green tea supaya laku :P

Sebagai mahasiswi Bandung dan pecinta green tea, TS lumayan ngikutin perkembangan jajanan2 green tea yang hits di Bandung. Ada 4 jenis jajanan yang TS perhatiin paling kena dampak fenomena green tea --> kue cubit, kue balok, bandros , martabak, dan es krim. TS bakal sebutin nama merek dan tempat jualan masing2 jajanan yang jadi favoritnya warga Bandung. Karena bakal panjang buanget, TS bagi jadi 2 sampai 3 trit sesuai dengan kategori jajanan.

 

Kue Cubit

Kue yang satu ini adalah salah satu kue indonesia favorit TS. Begitu fenomena green tea menyebar luas di Bandung, hampir semua penjual kue cubit jadi punya menu kue cubit green tea. Baik abang2 pinggir jalan yang pake gerobak maupun restoran2 cantik ber-AC yang punya menu kue cubit (atau yang gak punya tiba2 jadi punya menu kue cubit green tea). Diantara mereka, ada beberapa penjual yang terkenal karena mereka yang mencetuskan ide kue cubit greentea dan terbukti emang enak. TS bakal sebutin apa aja dan nambahin kue cubit yang pernah TS coba, enak, tapi gak banyak orang yang tau. 

 

1. Kue Cubit Cisangkuy (Nu Sadaya)

Lokasi & penampakan: Kue cubit ini ada di sisi kiri Jalan Cisangkuy, di depan bangunan antara Pasar Cisangkuy (nama restoran loh bukan pasar) dan rumah disebelahnya. Buat Jalan2ers luar Bandung, Jalan Cisangkuy ada di sebelah Taman Lansia, sebrangnya kantor pusat Pos Indonesia di Bandung. Kue cubit cisangkuy punya nama dagang Nu Sadaya, dijual dengan menggunakan gerobak warna biru, dan ada 3 gerobak. TS pernah nanya sama si aa' yang jualan, katanya ketiga gerobak tersebut sama aja, mulai dari yang punya sampai menu kue cubitnya. 

Kue cubit cisangkuy termasuk salah satu pionir kue cubit green tea karena pas dulu awal2 kue cubit green tea baru booming, dia udah ada. Karena salah satu pionir, kue cubit cisangkuy dulunya rame pembeli sampe ngantri2 segala. Sekarang sih udah gak terlalu karena banyak saingan dan gerobaknya udah ada 3. TS kemarin baru lewat Jalan Cisangkuy lagi dan liat ada gerobak kue cubit Nu Sadaya juga tapi di sisi kanan jalan, di seberang restoran Sambel Hejo, gerobaknya warna putih. Di tempat yang biasa mangkal juga tetep ada. Nah, TS ga tau apakah sama atau beda dengan Kue Cubit Nu Sadaya yang biasa. Boleh tuh Jalan2ers tanya dulu sebelom beli. Tapi TS rasa bakal sama2 aja lah rasanya :D

5e655b69-f3e1-4158-8e83-4104026332c1_zps

Gerobak (warna biru dengan payung warna-warni) dan para pembeli Kue Cubit Cisangkuy

Waktu beli: Waktu awal2 Kue Cubit Cisangkuy booming, adonan udah habis dari sore hari bahkan siang hari. Tapi berhubung sekarang udah dikembangin sampe ada 4 gerobak, sampai sekitar waktu magrib Jalan2 masih bisa kebagian beli Kue Cubit Cisangkuy.

Harga, menu, & rasa: Menu Kue Cubit Nu Sadaya ada yang green tea dan ada yang biasa. Yang green tea ada yang polos dan pake topping. Topping yang tersedia ada keju, mesis, nutella, dan oreo. Harganya berkisar antara Rp 10.000 - Rp 22.000. Yang paling murah tentu yang polos dan yang paling mahal yang pake topping nutella. Oh ya bisa request mau tekstur kue yang mateng, setengah mateng, dan 3/4 mateng. TS nyoba beli yang green tea + nutella 3/4 mateng 1 porsi dapet 10 pcs. Rasanya enak, green tea nya lumayan kerasa, nutellanya pas jadi ga terlalu manis. 

 

2. Kue Cubit Asiong

Lokasi & penampakan: kue cubit Asiong ada di Jalan Sultan Agung, tepatnya di depan gerbang Sekolah St. Aloysius, di seberang Rumah Makan Legoh dan distro Flashy. Penjual Kue Cubit Asiong adalah aa' dan teteh, jualannya pake gerobak warna abu2 dengan spanduk bertuliskan Kue Cubit Asiong. Kue cubit ini lumayan ngetop juga karena TS taunya dari beberapa orang yang ngomongin kue cubit ini. 

df4593b5-c8bc-4488-a78e-8827c5a0590e_zps

Penampakan Gerobak Kue Cubit Asiong

9fd3d25c-9910-4e46-817a-ae0a0f780b52_zps

Penampakan Sekolah Santo Aloysius lokasi Kue Cubit Asiong berada

Waktu beli: Waktu yang paling tepat buat beli kue cubit Asiong adalah pas jam sekolah. Karena berlokasi di depan sekolah, kue cubit Asiong selalu laku sama anak2 sekolah, jadi sore sekitar jam 4 (jam pulang sekolah) suka udah abis. Jangan harap jam setengah 5 ke atas gerobak Kue Cubit Asiong masih ada...

Harga, menu & rasa: Menu kue cubit di Asiong ternyata gak cuma original dan green tea aja tapi juga ada kue cubit taro dan red velvet. Gaya banget ya kue cubit jaman sekarang :D Masing-masing rasa bisa pake topping sesuai selera. Bisa juga beli campur / semua rasa, dengan tingkat kematangan bisa di rikues. Daftar rasa, topping, dan harga bisa diliat di foto yang TS cantumin:

ac33c6b8-c145-4bf6-9df3-6cd17dabd2f3_zps

Menu Kue Cubit Asiong

TS coba beli green tea plus topping oreo 3/4 mateng. Nyesel juga gak sekalian nyoba yang taro dan red velvet padahal udah ditawarin sama si aa' nya dengan harga yang sama. Untuk rasa enak, green tea nya pas, matengnya juga sesuai sama yang TS harapkan, harga juga lebih murah dibanding Kue Cubit Cisangkuy walaupun bedanya gak jauh.

 

3. Green Tea Holics

Lokasi & penampakan: Beralih ke seberang Kue Cubit Asiong ada kios Green Tea Holic. Kios ini ada di depan distro D'loops, satu tempat sama kios Kedai Ling-ling, Juicide, dan lain2. Green Tea Holics dan kios2 disebelahnya bentuknya kayak bar, jadi pembeli duduk di kursi2 bar yang tinggi dan menghadap ke dapur/tempat operasional kedai. Pihak Green Tea Holics juga nyediain meja makan tambahan kalau lagi ramai pembeli.

10895411_1431077120516585_1769995712_n_z

Kios Green Tea Holics

Harga, menu & rasa: Green Tea Holics punya menu macem2, lebih jelasnya bisa diliat di foto berikut:

41a82470-b424-4763-ac80-e0e2e924e3da_zps

Menu Green Tea Holics

Kalau Kue Cubit Nu Sadaya dan Asiong bentuknya menyerupai bunga, kue cubit Green Tea Holics bentuknya bulet2 kecil. Setiap pcs kue dikasih potongan topping diatasnya dan bisa pake tambahan es krim juga. TS pesen kue cubit red velvet (waktu itu kue cubit green tea nya lagi abis) dengan mix semua topping. Soal rasa TS bilang red velvetnya gak terlalu terasa. Pesenan TS juga dibuat gak sesuai (dibuat 1/2 mateng padahal TS pesen 3/4 mateng). Untung toppingnya beragam jadi rasanya lebih enak. Bentuk kuenya yang bulet dan imut2 jadi kurang ngenyangin dibanding Nu Sadaya dan Asiong. Soal harga, bisa diliat di foto menu. Lebih mahal sedikit dibanding Nu Sadaya dan Asiong karena bentuk Green Tea Holics kios dan pengunjung bisa makan di tempat. 

Waktu beli: Kalau Jalan2ers mau nikmatin kue cubit malem2 tapi udah kehabisan Kue Cubit Asiong dan Nu Sadaya, langsung aja beralih ke Green Tea Holics. Kios ini buka sampai malam sekitar jam 8an. Tapi ketersediaan rasa memang tergantung hasil penjualan hari itu. Kayak waktu TS ke Green Tea Holics jam setengah 8 malam udah gak kebagian yang rasa green tea karena udah abis terjual. 

4a1dd461-ab44-4be6-a971-6ecb94adc6bd_zps

Kue Cubit Green Tea di Green Tea Holics

4. Nom Nom Eatery Cafe

Lokasi & penampakan: Dari gerobak dan kios sekarang beralih ke restoran yang punya menu kue cubit green tea. Restorannya Nom Nom Eatery namanya. Lokasinya di Jalan Merak no. 2, satu gedung sama toko kaos C59, Nom nom nya ada di lantai 2. Curhat dikit, Nom Nom adalah salah satu cafe favorit TS karena lokasinya deket kampus, interiornya nyaman, suasananya sepi, pelayannya baik2, dan makanannya enak. Wuih paket komplit deh! Luas cafe Nom Nom gak terlalu besar, makanya suasananya enak karena gak terlalu ramai pengunjung. Satu hal yang paling menarik di Nom Nom adalah dinding interiornya yang super cute. Pihak Nom Nom gambar frame pake cat item di dinding. Frame ini ditujukan buat pengunjung yang mau gambar apapun, baik yang berhubungan dengan Nom Nom atau gak. Kalau pengunjung berminat, pihak Nom Nom bakal ngasih spidol item. Thanks to pengunjung2 yang kreatif, dinding Nom Nom jadi penuh lukisan2 lucu.

9e737067-e834-42fd-b733-2945aa63b3d6_zps

Lukisan dinding di Nom Nom

Harga, menu, & rasa: Begitu kue cubit green tea ngetop, Nom Nom ikutan bikin menu kue cubit green tea. Pengen beda dari kue cubit pada umumnya, koki Nom Nom buat kue cubit green tea berukuran besar. Setiap porsi dapet satu kue, lengkap dengan potongan biskuit oreo, saus coklat, dan es krim vanilla. Harga 1 porsi Rp 15.000. Dengan kue cubit Nom Nom Finally TS bisa ngerasain kue cubit yang green tea nya kerasa walaupun agak sedikit berlebihan. Coba dikurangin sedikit aja mungkin rasa green tea nya akan pas. Green tea yang kebanyakan ditambah potongan oreo dan saus coklat ngebuat kue jadi manis banget.. Apalagi ada es krim vanilla. Dijamin setelah makan kue cubit ini kenyangnya bisa bertahan sampe taun depan :P Selain kue cubit green tea, Nom Nom juga punya menu pannacotta green tea. Harganya Rp 15.000, ukurannya kecil. Panna cotta green tea favorit TS karena rasanya enak banget. One of the must-try item at Nom Nom!

df935bc6-074d-427b-aac7-1195c244049d_zps

Kue Cubit Green Tea di Nom Nom

6a652117-36b3-4e11-823d-ec6d3baceccb_zps

Pannacotta Green Tea di Nom Nom

 

Waktu beli: Nom Nom Eatery buka dari jam 10.00 sampe jam 22.00 (Weekdays) dan sampe jam 23.00 (Weekend). TS beberapa kali ke Nom Nom pas malem banget selalu gak pernah kehabisan apa yang TS pesen. Tapi balik lagi sesuai dengan ketersediaan dan jumlah pengunjung di hari itu. 

 

Bandros

Bandros adalah kue jajanan asal Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan santan. Kalo di Jakarta, bandros sama kayak kue pancong. Begitu green tea ngehits, bandros juga ikut termodifikasi jadi bandros green tea, walaupun penjualnya gak sebanyak kue cubit green tea. Jalan2ers bisa nemuin penjual bandros green tea di tempat2 berikut:

1.  Depan Yoghurt Cisangkuy

Lokasi & penampakan: Di depan kedai yoghurt legendaris di Bandung, yoghurt Cisangkuy, ada banyak jajanan yang bisa dijadikan pelengkap minum yoghurt. Salah satunya adalah Bandros Green Tea. Sang penjual bernama Mang Ade, dia menggunakan gerobak kecil dengan spanduk bertuliskan Bandros Green Tea didepannya. Spanduknya jelas banget, bikin orang2 yang lewat Jalan Cisangkuy tertarik buat nyoba bandros green tea. Oh ya, lokasi Yoghurt Cisangkuy tepat berada disebelah Pasar Cisangkuy (TS udah sebutin lokasi lengkapnya di bagian kue cubit cisangkuy), jadi Jalan2ers bisa beli Kue Cubit Cisangkuy dan Bandros Mang Ade secara bersamaan.

a6bbb30b-4a6c-42fc-89e8-4404a296c8cd_zps

Gerobak Bandros Green Tea Mang Ade

Menu & rasa: Kata Mang Ade walaupun green tea sekarang lagi ngetop, masih banyak pembeli yang lebih menyukai bandros original. Jadi Mang Ade tetap mempertahankan bandros original. Buat bandros green tea, Jalan2ers bisa pake tambahan topping silverqueen, silverqueen keju susu, silverqueen selai kacang, silverqueen oreo, oreo keju susu, tobleron, dan tobleron keju susu. Sedangkan yang original rasanya bisa pilih mau gurih, gurih gula mentega, manis polos, manis coklat, keju susu, dan coklat meses. Selain green tea dan original, kabar2nya Mang Ade juga jual bandros rasa taro sekarang. Sayangnya pas TS beli belum ada rasa taro. Semua rasa bandros Mang Ade jual mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 40.000-an tergantung rasa dan jumlah yang dipesan. TS beli 1 porsi (isi 6 potong) bandros green tea polos seharga Rp 8.000.

Yang TS heran, bandros dengan modifikasi green tea rasa dan teksturnya malah lebih mirip sama kue pukis. Adonan yang digunakan bukan lagi tepung beras, parutan kelapa, dan santan tapi adonan yang hampir sama dengan adonan kue pukis. Bandros kan aslinya gurih karena pake santan dan parutan kelapa, mungkin aneh kali ya kalau dicampur sama green tea. Jadilah pake adonan kue pukis, termasuk bandros green tea nya Mang Ade. Tapi dari segi rasa tetep enak kok. Green tea nya kerasa, tekstur bandrosnya juga lembut. Dengan harga yang sama, seporsi bandros lebih ngenyangin dibanding kue cubit. Recommended!!!

ceebc636-b711-42e4-87b7-611097b51517_zps

Bandros Green Tea Polos

Waktu beli: Bandros Mang Ade buka dari jam 10.30 sampai 18.30. Yoghurt Cisangkuy dan jajanan2 di depannya identik dengan makanan buat sarapan tapi sayangnya kalau dateng jam 8an masih pada belum buka. Kalo terlalu mendekati jam tutup kadang2 Bandros Mang Ade juga suka udah abis terjual, terutama pas akhir minggu.

 

2. Factory Outlet Rumah Mode

Lokasi & penampakan: Rumah Mode adalah factory outlet yang sangat terkenal di Bandung. Lokasinya di Jalan Doktor Setiabudi No. 41. Di dalam Rumah Mode ada area kuliner dengan jenis kuliner yang macem2, salah satunya bandros. Bandros Rumah Mode ada di jejeran stand jajanan khas Indonesia, di sebelah kanan pintu masuk ke bagian kuliner (bersebrangan dengan area pakaian). 

Menu & rasa: Menu Bandros Rumah Mode terbagi atas bandros gurih/asin, bandros manis, bandros special, dan bandros toblerone. Bandros gurih / asin adalah bandros original yang diberi garam sehingga rasanya gurih atau asin. Bandros manis adalah bandros yang diberi gula dan topping oreo atau mesis. Bandros special adalah bandros dengan pilihan topping silverqueen, nutella, chunky bar, kit kat, cadburry, dan milo. Bandros toblerone diberi pilihan topping toblerone, susu keju, meses susu keju, dan oreo susu keju. Gak tau kenapa susu keju, meses susu keju, dan oreo susu keju masuk ke dalam bandros toblerone, sepertinya ditambah toblerone juga... Semua bandros kecuali bandros gurih/asin adonannya bisa pilih mau original atau green tea. Bahan adonannya juga sama kayak kue pukis. Mungkin yang gurih/asin baru ditambahin parutan kelapa dan santan. Harga2 bandros Rumah Mode TS sertakan di foto. TS pesen bandros green tea dengan nutella (bandros special). Rasanya terlalu manis karena adonan dasarnya udah manis + nutella yang lumayan banyak. Kalau nutellanya dikurangin sedikit pasti lebih mendingan. Tekstur kuenya juga jauh lebih lembek dibanding Bandros Mang Ade. TS gak rekomen tapi buat Jalan2ers yang iseng2 pengen nyoba kue green tea boleh lah beli sekalian belanja belanji di Rumah mode

c8543075-f364-4db9-99e9-4a8ad8d87e81_zps     f58de3d4-133d-4ac8-bc46-c18f7dada6f3_zps    ef8c6c20-d169-4031-ad1c-d81d68c23ed3_zps

Bandros Green Tea Nutella in the Making - Menu Bandros Rumah mode - Bandros Green Tea Nutella

Waktu beli: Jam buka area kuliner Rumah Mode mengikuti jam buka Rumah Mode yaitu jam 09.30 sampai 20.30. Tetapi kalau lagi banyak pengunjung (biasanya akhir minggu) kadang suka cepat habis, gak tersedia sampai jam tutupnya area kuliner.

 

Sumber foto: koleksi pribadi, suakaonline.com, aneka kuliner bandung, kompas travel, dan id.openrice.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@shata saya juga suka green tea hehehe.. kayanya makanan/minuman yg di campur2 green tea lebih enak hahah

saya juga kalo ke bandung ke rumah mode hehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah beraneka macam Green Tea :wub:  , nice share :rate 

Iya Mas green tea lagi menjamur nih di Bandung. Makasih ya mas :)

@shata

wah yang di cisangkuy pernah nyoba tuh rame banget kalo weekend hahaha

Dulu tiap hari Mod rame.. Sekarang udah gak terlalu karena udah ada 4 gerobak. Kalo weekend emang masih rame hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pannacotta Green Tea kayanya enaakkkkk :terpesona

Enaaakkkkkk banget Mbak :kesengsem

@shata saya juga suka green tea hehehe.. kayanya makanan/minuman yg di campur2 green tea lebih enak hahah

saya juga kalo ke bandung ke rumah mode hehe...

Wih kita sehati min :D:D:D Di SG banyak banget makanan dan minuman yang di campur green tea kan Mas? Aku googling yang di SG kayaknya enyak2 hehehe.. Kalo Green tea disini ku bilang kurang kerasa green tea nya :(

Share this post


Link to post
Share on other sites

Iya Mas green tea lagi menjamur nih di Bandung. Makasih ya mas :)

Dulu tiap hari Mod rame.. Sekarang udah gak terlalu karena udah ada 4 gerobak. Kalo weekend emang masih rame hehe

ya kemaren sempat lewat seh masih rame weekend

Share this post


Link to post
Share on other sites

Beneran 1 jam Mbak? Aku pikir 

Beneran 1 jam mbak? aku kira sekarang udah gak terlalu parah ngantrinya ternyata masih ya haha. Kelamaan nunggu jadi capek duluan ya mbak..

wah asik infonya ...:senyum

Makasih mas :D

suka bgt ama green tea.... dan ini bnyk variasiiii.. waaahhh... bisa mengila kalo dicoba semua....:terpesona

Aku juga suka banget Mas.. Di Bandung lagi banyak variasi karena apa apa serba green  tea. Bisa meledak perut aku kalo dicoba semua :makan

masih di bandung kamu ?

kirain dah beres heheh

Aku udah lulus Senen kemaren hikz hikz sedih meninggalkan Bandung Mod...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Beneran 1 jam mbak? aku kira sekarang udah gak terlalu parah ngantrinya ternyata masih ya haha. Kelamaan nunggu jadi capek duluan ya mbak..

iya nunggu 1 jam, yg gerobaknya di taman lansia, udah kenyang duluan ngeliatin mamang2 lg bikin kue cubit hahaha...

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this