Sign in to follow this  
bangchangkyu

Eretan, istirahat di pantai Pantura

1 post in this topic

nah buat agan2 yg sering mudik ke daerah Jawa.. akrab nih ama jalur yg satu ini. Jalur pantura atau pantai utara. kalo ud masuk indramayu, ada pantai yg biasa disebut Eretan.

ane dr kecil meratiin ini laut makin taun makin maju aja. Kalo lewat sini emang gersang bawaannya. nah karna laut yg makin maju, akhirnya mnarik para investor buat bikin bisnis disini.

Spnjg jalan ini anda akan sering nemuin restoran2 dan juga bahkan sekedar lapangan parkir dan juga sengaja dibikin tmpt wsata dmn anda bisa main2 di pantai.

air lautnya emng ga trlalu bagus.. tp lumayan buat tempat istirahat kalo kita lagi perjalanan jauh. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By dernz27
      Halo semua,
      Salam Kenal 
      Sesuai judul, saya ingin tanya pantai mana saja di daerah selatan malang yang kita bisa berenang atau main main air cantik gitu hehehe..
      ps : selain pantai tiga warna dan gatra ya, karena kesananya hari kamis dan pengelolanya tutup hari kamis.
       
      Sesudah capek2 di pantai, saat nya makan nih... tp butuh referensi juga kuliner enak unik di malang rekomendasi teman-teman jalan2.com
       
      Thanks before 
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Memakan seafood mungkin saja menjadi salah satu lifestyle dimana banyak orang sekarang menggemari makanan yang satu ini. Nah, bagaimana jika kamu menyambangi kota Jakarta sambil menikmati seafood di kota ini?
      Jakarta rupanya juga memiliki banyak referensi restoran yang dapat kamu sambangi terutama untuk kamu yang ingin menikmati makanan seafood. Nah, apakah kamu penasaran dengan rekomendasi tempat makan seafood di Jakarta?
      Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam melihat berbagai rekomendasi makan seafood di Jakarta yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.
       
      1. Aju Pantai Indah Kapuk

      Aju Pantai Indah Kapuk via Opensnap

      Kuliner seafood via Kaskus
       
      Untuk mengawali perjalanan wisata kulinermu selama berada di Jakarta dan ingin menyambangi seafood, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Aju Pantai Indah Kapuk yang satu ini.
      Destinasi wisata kuliner ini menawarkan kuliner seafood yang sangat nikmat dan tentunya dapat kamu nikmati. Aju sendiri terletak di kawasan Food Plaza, Jalan Outer Ring Road, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
      Pasar Pantai Indah Kapuk memang terkenal dengan seafoodnya yang nikmat dan harga yang tergolong terjangkau. Bagi kamu yang bingung ingin pilih yang mana, kamu bisa memilih Aju yang satu ini.
      Salah satu rekomendasi kuliner yang dapat kamu coba di Aju ini adalah ikan bakar rica-rica dengan sambal. Rasanya begitu nikmat dan bahkan kamu juga dapat meminta sambal ekstra jika kamu ingin.
      Selain itu, kamu juga dapat mencoba kepiting asap dan kerang bambu saus padang yang rasanya nikmat. Jika kamu ingin memakan makanan yang cepat tersaji, kamu dapat mencoba untuk memilih memesan calamari dan nasi sembari menunggu kepitingmu datang.
      Daging kepitingnya cenderung manis dan empuk. Kamu juga dapat mencoba untuk mencicipi cumi telur asin dan juga kailan bawang putih. Kamu juga dapat mencoba untuk mencicipi ikan kue bakar pedas yang bumbunya terasa di seluruh ikan.
      Range biaya yang harus kamu persiapkan untuk mencoba mencicipi seafood di tempat ini adalah sekitar 200.000 rupiah untuk dua orang.
       
      2. Kerang Kiloan Pak Rudi Blok M

      Kerang Kiloan Pak Rudi Blok M via Foody

      Kerang Kiloan Pak Rudi via Jajalable
       
      Selanjutnya, inilah dia salah satu destinasi wisata kuliner seafood yang dapat kamu sambangi di Jakarta. Tempat ini adalah Kerang Kiloan Pak Rudi Blok M.
      Bagi kamu pecinta kerang sejati, dapat mencoba untuk menyambangi tempat ini. Tempat ini dibuka dari pukul 5 sore hingga sold out. Nah, pastikan kamu menyambangi tempat ini pada waktu yang tepat, ya.
      Karena dinamakan sebagai kerang kiloan, sehingga sekalinya kamu memesan, kamu diharuskan untuk memesan dalam bentuk per kilo. Kamu bisa mencoba menikmati kerang dara ataupun kerang bamboo ketika menyambangi tempat ini.
      Beberapa bumbu yang tersedia di sini adalah garlic butter, cheesecream, mushroom, saus padang, saus tiram, saus barbeque, sambal matah dan masih banyak lainnya.
      Salah satu rekomendasi kuliner yang dapat kamu coba ketika menyambangi tempat ini adalah kerang hijau goreng dengan menggunakan saus nanas asam manis.
      Kerang yang tersedia di sini sangat enak, fresh dan juga memiliki harga yang terjangkau. Kamu juga dapat memesan kerang dengan dilengkapi berbagai jenis sambal sesuai dengan preferensimu.
      Range biaya yang harus kamu siapkan adalah sekitar 150.000 untuk sekitar 2 orang.
       
      3. Seafood Ayu Kelapa Gading

      Seafood Ayu via Doyan Kuliner
       
      Selanjutnya, inilah dia sebuah tempat wisata kuliner yang dapat kamu sambangi di Jakarta. Tempat wisata ini adalah Seafood Ayu yang terletak di Jalan Raya Boulevard Barat, Belakang Gedung Gading Marina.
      Tempat ini memang berupa seafood tenda tetapi tempatnya sangat ramai. Beberapa rekomendasi jenis kuliner yang dapat kamu cicipi di sini adalah ikan kue bakar (berukuran untuk dua orang), cumi goreng tepung, cumi saus padang, dan kerang rebus.
      Ikan kuwe bakar adalah salah satu rekomendasi kuliner favorit di sini. Bahkan konon, jika kamu mendiamkan ikan ini dan memasukkannya ke dalam kulkas tetapi rasa ikan kuwe bakar ini tetap saja nikmat dan lezat.
      Sementara itu, kerang dara rebus terasa sangat nikmat terutama jika dimakan dengan sambal yang dicampur dengan nanas. Ya, rasa kuliner ini memang sangat nikmat.
      Cumi gorengnya juga terasa sangat lezat dan nikmat. Selain itu, kamu dapat mencoba untuk mencicipi cumi saus padang. Cumi saus padang menawarkan bumbu legit ringan dan rasa yang pedas.
      Bagi kamu yang tidak begitu menyukai rasa pedas, kamu dapat mencoba untuk memesan kepada pihak restoran agar cumi yang ditawarkan tidak begitu pedas. Hal ini karena biasanya standar di restoran ini memang sangat pedas.
      Masalah harga juga tergolong tidak begitu mahal. Untuk melengkapi referensi wisata kuliner seafoodmu selama berada di Jakarta, kamu dapat mencoba untuk menyambangi restoran ini.
       
      4. Cut The Crab

      Cut The Crab via Manual
       
      Masih penasaran dengan referensi wisata kuliner seafood lainnya di Jakarta? Kali ini, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Cut The Crab yang satu ini.
      Ada tiga cabang restoran Cut The Crab yang dapat menjadi referensimu. Restoran tersebut adalah Senayan, Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading.
      Lokasi tepat dari restoran cabang Senayan adalah Jln Cikajang 32, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sementara itu, lokasi tepat dari restoran cabang Pantai Indah Kapuk adalah Rukan Garden House Blok B Nomer 1B, Jakarta Utara.
      Lokasi tepat dari restoran cabang Kelapa Gading adalah  Jalan boulavard Barat Raya Blok LC-6 No.7, samping Dunkin Donut.
      Restoran Cut The Crab sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian area merokok dan tidak merokok. Bagian merokok terdapat di luar restoran dan berdekatan dengan tempat parkir. Sementara itu, bagian yang tidak merokok terletak di dalam restoran dengan kapasitas sekitar 40 hingga 50 meja.
      Menu utama yang ditawarkan oleh Cut The Crab adalah kepiting dengan berbagai pilihan saos yang tersedia dan tentu saja dapat kamu pilih sendiri sesuai selera. Untuk porsi berdua, kamu dapat memesan small atau medium dan ditambah dengan mix seafood.
      Mix seafoodnya juga ada beberapa jenis, ada yang pakai kepiting, ada yang pakai lobster, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat memilih sendiri jenis saos yang tentunya dapat disesuaikan dengan seleramu.
      Di sini juga tersedia menu lainnya, seperti karbohidrat yang bisa kita pilih mulai dari nasi, jagung, kentang, ubi, dan lain-lain. Kalau gak mau seafood juga ada ayam kok di menunya.
      Yang menarik dan unik dari Cut The Crab adalah cara penyajiannya. Seperti yang sudah kita ketahui, memakan kepiting itu cukup ribet. Namun, Cut The Crab mampu memberi alternative lain sehingga memakan kepiting tidak akan terasa menyulitkan lagi.
      Meja di Cut The Crab akan diubah menjadi piring. Pelayan Cut The Crab akan mengantarkan alas makan kepadamu yang tentunya dapat kamu gunakan sebagai alas untuk memakan kepitingmu dan membuka cangkangnya.
      Menurut website Cut The Crab, Kepiting Cut The Crab dikirim setiap hari melalui cargo pesawat udara dari Irian Jaya, Sulawesi dan Kalimantan, pada hari yang sama saat nelayan menangkapnya. Dengan demikian, kesegaran dari seafood yang ditawarkan di restoran ini memang sangat terjaga dengan baik.
      Range biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar 400 ribu hingga 500 ribu untuk dua orang. Untuk pelayanannya sendiri termasuk sangat memuaskan karena para pelayan sangat sigap.
      Nah, untuk melengkapi referensi makan seafoodmu selama berada di Jakarta jangan lupa sempatkan untuk menikmati seafood di restoran yang satu ini.
       
      5. Ben Seafood

      Ben Seafood via Benseafood
       
      Nah, apakah kamu masih penasaran dengan destinasi wisata kuliner seafood lainnya yang terdapat di Jakarta? Kali ini, kamu dapat mencoba Ben Seafood yang satu ini.
      Ben Seafood adalah salah satu restoran seafood yang menyajikan seafood segar dan tanpa bahan pengawet. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah kesehatan ketika menyambangi Ben Seafood yang satu ini.
      Jenis seafood yang disediakan di Ben Seafood bervariasi seperti kepiting, ikan, cumi, kerang bamboo dan masih banyak lainnya. Ben Seafood terletak di Kompleks Duta Mas, Jalan Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat.
      Ben Seafood sendiri beroperasi dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Ben Seafood hanya menerima uang tunai sehingga pastikan kamu akan membayar makananmu dengan menggunakan uang tunai.
      Fasilitas yang tersedia di Ben Seafood ini adalah area merokok, area parkir dan juga fasilitas take away. Untuk masalah harga, kamu tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan oleh tempat makan ini cukup terjangkau dan sesuai dengan rasa yang didapatkan.
      Beberapa contoh menu makanan yang tersedia di Ben Seafood ini adalah kepiting asap, kepiting saus padang, ikan bakar, ikan tim, cumi goreng tepung, kerang bamboo dan masih banyak lainnya.
      Nah, jangan lupa untuk menyambangi Ben Seafood ini agar kamu dapat merasakan sensasi nikmatnya mencicipi seafood.
       
      6. Bola Seafood Acui

      Bola Seafood Acui via Makanmakan
       
      Selanjutnya, inilah dia referensi tempat makan seafood lainnya yang dapat kamu nikmati selama kamu berada di Jakarta. Tempat makan ini adalah Bola Seafood Acui yang terletak di Jalan Outer Ring Road, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
      Selain itu, ada pula Bola Seafood Acui yang terletak di Muara Karang B.8 Timur, Jakarta Barat. Memang Bola Seafood Acui ini menggunakan tenda namun tidak mengurangi cita rasa Bola Seafood Acui ini yang juga sangat nikmat.
      Range harga seafood yang dapat kamu nikmati di tempat ini adalah sekitar 15 ribu hingga 150 ribu. Berbagai macam jenis kuliner yang dapat kamu nikmati di tempat ini adalah aneka jenis kerang (dara, bambu, kampak, mutiara (Oyster), aneka jenis ikan (pari, kakap merah, kerapu, baronang), kepiting, cumi-cumi dan juga udang.
      Salah satu menu kuliner yang sangat direkomendasikan di tempat ini adalah kepiting asap. Bagi kamu yang menyukai makanan pedas, kamu dapat meminta agar menu ini diberi rasa lebih pedas. Selain kepiting asap, kamu juga dapat mencoba ikan bakar di sini.
      Nah, jangan lupa untuk merasakan nikmatnya seafood di tempat ini. Ya, sebaiknya tempat ini memang masuk dalam daftar restoran seafood yang dapat kamu nikmati selama kamu berada di Jakarta.
       
      7. Seafood Mulyono 94

      Seafood Mulyono via Qraved
       
      Selanjutnya, inilah dia referensi tempat kuliner lainnya yang tentu saja menarik untuk kamu masukkan dalam daftar referensi tempat kuliner seafood selama berada di Jakarta. Tempat ini adalah Seafood Mulyono 94.
      Seafood ini disebut-sebut sebagai juaranya seafood kaki lima di Jakarta. Sudah seringkali tempat makan seafood ini dijadikan sebagai rekomendasi terutama untuk kamu yang menyukai kuliner seafood.
      Lokasi tepat dari tempat ini adalah Jl. Hidup Baru, Kalimati Pademangan, Jakarta Utara. Nah, tempat ini terletak tidak begitu jauh dari Mangga Dua Square.
      Tempat ini beroperasi dari pukul 18.30 hingga pukul 00.30 sehingga kamu masih dapat tetap menyambangi tempat ini bahkan di waktu tengah malam sekalipun.
      Beberapa menu yang tersedia di tempat ini adalah kepiting, ikan bakar, kangkung polos, cumi saus padang, udang saus tiram, kerang rebus dan masih banyak lainnya yang tentu saja menggugah selera.
      Untuk rasa, tergolong enak dan tidak mengecewakanmu. Sambalnya sendiri tergolong pedas sehingga dapat membuatmu semakin nikmat ketika mencicipi tempat ini. Kamu juga dapat mencicipi kepiting mentega yang nikmat ketika menyambangi tempat ini.
      Ketika menyambangi tempat ini, kamu tidak perlu khawatir masalah parkir. Ya, tersedia lahan parkir yang cukup luas serta tenda yang cukup besar sehingga menjadi nilai tambah tersendiri bagi tempat ini.
      Pelayanannya sendiri juga tergolong cepat. Banyak orang memesan menu dalam jumlah besar namun dapat tersedia dalam waktu yang tergolong singkat. Untuk melengkapi referensi tempat makan seafoodmu selama berada di Jakarta, jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi restoran yang satu ini.
       
      8. Bandar Djakarta

      Bandar Djakarta via Indoindians
       
      Bagi kamu yang merupakan pecinta seafood, tentu sudah tidak asing lagi mendengar Bandar Djakarta. Nah, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi makan seafood di kawasan pantai, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Bandar Djakarta ini.
      Suasananya sangat nyaman dan cocok untuk bersantai sehingga seringkali tempat ini dijadikan sebagai rekomendasi untuk mencicipi seafood di Jakarta.
      Begitu tiba, kamu akan melihat deretan seafood yang tersedia di pasar ikan. Kamu tidak perlu khawatir akan bau amis, karena pihak petugas Bandar Djakarta akan membantumu dalam memilih seafood terbaik untuk dapat kamu konsumsi.
      Setelah puas memilih, kamu dapat langsung menyambangi area penimbangan. Baru setelah itu kamu dapat memesan seafood apa dan akan dimasak seperti apa.
      Beberapa rekomendasi seafood yang dapat kamu nikmati di sini adalah udang goreng tepung, kepiting saus padang, cumi saus tiram, kepiting tarakan dan masih banyak lainnya. Selama menikmati makanan, kamu juga akan melihat pemandangan yang indah di teluk Jakarta.
      Tidak mengherankan jika Bandar Djakarta juga masih menjadi salah satu restoran favorit terutama untuk keluarga yang ingin menikmati makanan seafood.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai melihat berbagai rekomendasi makan seafood di Jakarta yang sayang untuk dilewatkan. Semoga referensi ini dapat membantumu dalam menentukan pilihan restoran seafood terbaik yang akan kamu sambangi selama kamu berada di Jakarta.
      Happy eating seafood!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Bandung terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menjadi incaran para kawula muda. Ya, jika kamu adalah salah satu penikmat destinasi wisata di Bandung, tentu saja terkadang tempat nongkrong-nya lah yang menjadi perhatianmu.
      Menelusuri Bandung belum lengkap rasanya jika belum merasakan serunya Bandung di waktu siang dan malam. Merasa lapar padahal sudah larut malam? Kamu tidak perlu khawatir karena ternyata Bandung menawarkan berbagai rekomendasi tempat kuliner yang beroperasi selama sampai pagi.
      Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam rekomendasi kafe di Bandung yang buka sampai pagi. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.
       
      1. Bober Café

      Bober Café via Foody
       
      Untuk mengawali rekomendasi mengenai kafe di Bandung yang beroperasi selama sampai pagi, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Bober Café ini. Bober café terletak di Jalan R. E. Martadinata no. 123 Bandung.
      Bober café adalah sebuah kafe dengan spesialisasi sisha smoking, kue kering dan juga kopi. Kafe ini berdiri pada tahun 2004. Pada awalnya merupakan tempat kumpul-kumpul anak muda Bandung. Namun, pada tahun 2008, pemilik kafe menambahkan fasilitas free wifi di kafe yang satu ini.
      Di kafe ini, kamu juga dapat melihat pertunjukkan live music yang ditampilkan oleh musisi-musisi lokal Bandung. Live music di kafe ini hanya disajikan tiga kali selama seminggu, yaitu hari Rabu, Jumat dan Sabtu.
      Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh kafe ini adalah kafe ini dibuka sampai pagi. Hal ini membuat para pengunjung dapat menyambangi kafe ini kapanpun mereka mau.
      Salah satu menu yang dapat kamu nikmati ketika menyambangi kafe ini adalah Tirtilla Chips. Tirtilla Chips adalah spaghetti yang ditambah dengan irisan dagings api, cabe rawit, dan paprika.
      Selain itu, kamu juga dapat mencoba menikmati Chicken Cordon Bleu. Chicken Cordon Blue yang disajikan yaitu berupa ayam fillet yang  diisi smoked beef dan keju dengan disiram saus salsa. 
      Menu makanan lainnya yang dapat kamu nikmati di café ini yaitu Spaghetti Marinara, Nasgor Bober, Garden Salad, French fries, lumpia, steak, sup, dan sebagainya. Range biaya makanan dan minuman yang dapat kamu nikmati di sini adalah sekitar 5.000 hingga 40.000-an.
       
      2. Madtari

      Madtari via Ejiebelula
       
      Selanjutnya, inilah dia salah satu rekomendasi tempat makan di Bandung yang beroperasi selama sampai pagi. Tempat makan ini adalah Madtari yang terletak di Jl. Ranggagading, Taman Sari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.
      Bagi kamu yang tidak ingin makan terlalu berat, kamu tentu dapat langsung mencoba menyambangi Madtari ini. Selain itu, Madtari juga beroperasi selama sampai pagi sehingga kamu dapat datang ke sini kapanpun kamu mau.
      Kafe ini sepintas terlihat seperti kafe kaki lima. Selain itu, menu yang ditawarkan di kafe ini juga merupakan menu siap saji yang cocok untuk ngopi di sore-sore.
      Beberapa rekomendasi menu yang dapat kamu cicipi di sini adalah roti bakar, pisang panggang, aneka indomie, aneka sandwich, dan makanan ringan lainnya. Sementara itu, minuman yang tersedia di sini adalah es the manis, minuman kopi, wedang jahe, jahe susu, aneka jus dan masih banyak lainnya.
      Namun, yang paling khas dari kafe ini adalah porsi kejunya yang melimpah. Ya, di kafe ini menyediakan keju yang sangat banyak pada porsi makanan yang diberikan.
      Salah satu menu andalan Madtari adalah mie instan telor keju dan kornet yang sangat nikmat. Untuk masalah biaya, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan sesuai untuk kantongmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan merasa kelaparan di waktu larut malam selama berada di Bandung.
       
      3. Warung Nasi Bu Imas

      Warung Nasi Bu Imas via Sebandung
       
      Selanjutnya, inilah dia salah satu rekomendasi tempat kuliner di Bandung yang dapat kamu sambangi. Tempat ini adalah Warung Nasi Bu Imas yang terletak di Jalan Balonggede no. 67 Bandung.
      Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi nikmatnya masakan Sunda, maka kamu tentu dapat mencoba untuk menyambangi tempat kuliner yang satu ini.
      Menjadi lebih mantap lagi karena Warung Nasi Bu Imas ini buka selama sampai pagi. Hal ini terutama cocok ketika kamu tiba di Bandung pada waktu larut malam dan butuh untuk mengisi perutmu. Ya, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Warung Nasi Bu Imas ini.
      Suasana yang ditawarkan oleh Warung Nasi Bu Imas ini sangat merakyat dan sederhana. Ketika memasuki tempat ini, kamu akan langsung dipersilakan untuk duduk di kursi panjang yang telah disediakan dengan daftar menu yang siap kamu pesan.
      Menu andalan dari restoran ini adalah ayam goreng dengan sambal dadakan yang pedas dan maknyus, serta karedok leunca. Nah, ada juga beberapa rekomendasi menu lainnya seperti gepuk, udang goreng tepung, empal, usus, dan paru.
      Harga yang ditawarkannya cukup murah dan terjangkau yakni ayam goreng atau bakar hanya dibanderol Rp 8.000, udang goreng tepung Rp 4.500, pepes jamur Rp 2.500 dan paru goreng Rp 6.000. Kurang lebih adalah sekitar sekian.
      Primadona sebenarnya dari Warung Nasi Bu Imas adalah sambalnya. Ada dua jenis sambal yang ditawarkan di sini yaitu sambal leunca dan sambal dadakan. Hati-hatilah ketika mencicipi sambal leunca sebab sambal ini tergolong sangat pedas.
      Nah, untuk melengkapi referensimu mengenai rekomendasi kafe dan juga tempat makan di Bandung yang beroperasi selama sampai pagi, khususnya jika kamu ingin mencicipi makanan khas Sunda, kamu dapat mencoba menyambangi Warung Nasi Bu Imas yang satu ini.
       
      4. Warkop Gembul

      Warkop Gembul via Cerita Perut
       
      Selanjutnya, inilah dia salah satu referensi tempat kuliner di Bandung yang dapat kamu sambangi. Tempat kuliner ini menawarkan konsep sampai pagi sehingga dapat kamu sambangi pada pukul berapapun. Cocok untuk kamu yang ingin makan di waktu yang sudah larut malam.
      Tempat ini adalah Warkop Gembul yang terletak di Jalan Gegerkalong Hilir, Setiabudi, Bandung. Untuk mahasiswa maupun anak muda yang sedang menyambangi atau juga warga lokal Bandung, Warkop Gembul ini dapat dijadikan sebagai salah satu tempat kuliner alternative yang menyenangkan.
      Beberapa menu yang tersedia di Warkop Gembul ini adalah mie instan, susu, kopi dan lain-lain. Nah, jika kamu memesan menu dengan keju, kamu akan melihat timbunan keju di porsi makananmu. Ya, hal ini tentu menyenangkan sekali, bukan?
      Gurihnya keju membalut empuknya roti bakar berisi pisang manis diiringi rasa khas susu kental manis.
      Kamu tidak perlu khawatir masalah harga karena Warung Gembul menyediakan porsi makanan maupun minuman dengan harga yang terjangkau. Sehingga tentu saja akan cocok dengan kantongmu.
      Pelayannya cukup ramah dan sigap sehingga membuatmu tidak perlu menunggu terlalu lama ketika menyambangi tempat ini. Rata-rata hidangan akan diantarkan selama 10 menit setelah kamu memesan.
       
      5. Bakso Ceker Braga

      Bakso Ceker Braga via Travelawan
       
      Masih ingin melengkapi referensi tempat kuliner sampai pagi yang dapat kamu sambangi selama berada di Bandung? Nah, kamu dapat mencoba untuk menyambangi bakso ceker Braga yang satu ini.
      Bakso ceker Braga ini terletak di Jalan Suniaraja No.23, Sumur Bandung, Bandung. Tidak sulit untuk mencari tempat ini. Bangunan tempat kuliner baso ini berwarna hijau muda dengan kombinasi warna merah.
      Gedung bakso ceker Braga ini bersatu dengan Gedung I am Beer. Dulunya gedung yang berada di sebelah Warung Baso Ceker Braga itu pernah menjadi bioskop bernama Braga Sky.
      Di sini tersedia mie kocok yang dilengkapi dengan bakso dan kikil. Mie kocok semakin lengkap karena ditambahi juga dengan tauge. Kuah mi di sini bening berbeda dengan mi kocok lainnya yang biasanya terlihat keruh. Harga mi kocok di sini berada di kisaran sekitar Rp. 23.000-26.000.
      Selain mie kocok, di sini juga tersedia mi bakso yamin, bihun, tulang rusuk, ceker, babat, atau bakso komplit. Nah, kamu juga dapat mencoba untuk menikmati kesegaran jus yang ditawarkan oleh Bakso Ceker Braga ini.
      Bagi kamu yang suka begadang dan ingin mencicipi bakso. Maka kamu dapat mencoba untuk menikmati Baso Ceker Braga yang satu ini.
       
      6. Perkedel Bondon

      Perkedel Bondon via Dunia Icip
       
      Selanjutnya, inilah dia salah satu rekomendasi restoran sampai pagi yang dapat kamu sambangi di Bandung. Restoran ini adalah restoran Perkedel Bondon yang terletak di Babakan Stasiun Hall No. 43, Jl. Kebon Jati, Bandung.
      Bandung memang adalah salah satu kota yang tidak akan pernah kehilangan jajanannya yang nikmat. Salah satunya adalah perkedel ini. Perkedel ini dibuka di malam hari sehingga kamu dapat mencoba untuk mencicipinya.
      Tetapi, kamu harus waspada karena biasanya terjadi antrian untuk mendapatkan perkedel ini. Nah, jika kamu menginap di sekitar stasiun kereta api dapat mencoba untuk mencicipi perkedel ini.
      Biasanya sajian perkedel yang tersedia di sini akan dilengkapi dengan nasi dan juga lauk pauk sesuai dengan keinginanmu. Banyak orang mengatakan belum afdhol rasanya jika belum mencicipi perkedel ini langsung di tempatnya sehingga usahakanlah agar menikmatinya langsung di tempat ini.
      Gerai ini sendiri terlihat begitu sederhana. Berbentuk ruko biasa mirip toko kelontong di pinggir jalan. Namun, kamu bisa saja terkejut ketika mengetahui omzet penjualan yang mencapai jutaan setiap bulannya.
      Apakah kamu penasaran dan ingin segera mencicipi perkedel ini? Untuk itu, sisihkanlah waktu untuk menjajal langsung perkedel ini di Bandung.
       
      7. Punclut

      Punclut via Tempat Wisata Bandung
       
      Masih ingin mencari referensi? Nah, selanjutnya kamu dapat mencoba untuk menyambangi Punclut. Punclut menawarkan sensasi pemandangan Bandung dari atas bukit di malam hari yang indah. Bayangkan kamu dapat menikmati pemandangan yang indah sambil memanjakan lidah dengan mencicipi berbagai kulinernya yang nikmat.
      Tempat makan di Punclut ini biasanya menawarkan sensasi lesehan sambil menikmati berbagai makanan khas Sunda. Menu wajib yang biasanya tersedia adalah nasi timbel dan juga nasi goreng Bandung.
      Nah, ada salah satu menu rekomendasi di Punclut yang dapat kamu coba nikmati. Ya, rekomendasi kuliner tersebut adalah nasi merah. Nasi Merah di sini dihidangkan dalam boboko dari anyaman bambu dengan dilengkapi banyak “Rencang sangu” alias menu makanan pendamping nasi.
      Berbagai aneka pendamping nasi yang dapat kamu nikmati adalah aneka gorengan tahu bandung, tempe, ayam, udang, cumi, ikan hingga belut goreng. Sajian tersebut akan disajikan bersama dengan sambal terasi, lalapan petai merah dan jengkol goreng.
      Kamu juga dapat menikmati secangkir kopi hangat di sini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati bandrek dan bajigur. Jangan lupa juga untuk membeli ketan bakar dan jagung bakar untuk dinikmati bersama minumanmu.
      Kawasan ini merupakan kawasan rakyat sehingga harganya pun cukup sesuai dengan kantong. Ya, kamu dapat menikmati makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Menyenangkan sekali, bukan?
      Pastikan kamu dapat merasakan sensasi menikmati kuliner khas Sunda yang nikmat sambil menikmati pemandangan perbukitan Punclut yang indah.
       
      8. Kampung Daun

      Kampung Daun via Kuliner Panduan Wisata
       
      Inilah dia salah satu destinasi wisata di Bandung yang tentu saja dapat kamu sambangi untuk mencicipi kulinernya. Destinasi wisata ini adalah Kampung Daun yang terletak di Villa Triniti, Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
      Di tempat ini kamu dapat menikmati hidangan dengan tenang, nyaman dan asri. Ya, tempat ini memang sangat cocok bagi kamu yang bukan hanya ingin menikmati kuliner tapi juga ingin menikmati pemandangan yang ditawarkan.
      Begitu memasuki tempat ini di malam hari, kamu dapat melihat obor yang menggunakan bambu di kanan kiri jalan sehingga suasana hangat, rasa dan ciri khas pedesaan mulai terasa disini. 
      Memasuki resto Kampung Daun kita akan melihat berbagai bangunan saung dengan atap rumbia dalam berbagai ukuran sebagai tempat makan pengunjung, mulai ukuran kecil, sedang hingga besar, besarnya ukuran saung ini ternyata memang di buat untuk menyesuaikan dengan jumlah pengunjung yang datang. 
      Ketika mengunjungi tempat ini, para pengunjung akan ditanya mengenai berapa jumlah rombongan yang kamu ajak. Selanjutnya, pelayan akan langsung mengajakmu untuk menuju tempat terbaik sesuai dengan jumlah rombonganmu.
      Jika pengunjung sedang membludak, salah satu konsekuensinya adalah kamu terpaksa mengantri. Kamu dapat mencoba untuk duduk lesehan dengan santai di sini.
      Suasana juga akan semakin nyaman dengan hadirnya suara gemericik air dari aliran sungai kecil yang terdapat di dalam area Kampung Daun.
      Beberapa jenis kuliner yang dapat kamu nikmati ketika kamu menyambangi tempat ini adalah nasi liwet parahyangan, gurame goreng sambel terasi, gurame bakar sambel kecap, nasi pepes daun kemangi, nasi tutug oncom, sop gurame, nasi goreng kampung daun.
      Nah, tetapi bagi kamu yang menyukai western food, restoran ini juga menyajikan beberapa rekomendasi western food yang dapat kamu coba. Beberapa rekomendasi kuliner tersebut adalah blackpepper beef, chicken steak dan beef ribs.
      Sementara itu, rekomendasi minuman yang dapat kamu coba adalah bandrek, bajigur dan es goyobod. Kamu juga dapat menikmati jus dan kopi ketika menyambangi tempat ini.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai rekomendasi kafe dan tempat kuliner yang buka sampai pagi dan dapat kamu sambangi. Bagaimana? Rupanya Bandung menawarkan berbagai kuliner yang dapat kamu sambangi bukan?
      Semoga artikel ini dapat menginspirasimu dalam memberikan referensi mengenai berbagai jenis wisata kuliner yang dapat kamu nikmati selama berada di Bandung.
      Selamat berwisata kuliner!
    • By Tarmizi Arl
      Apakah kamu pemburu senja? Mencintai ketenangan yang dihadirkan oleh semburat mentari kala menuju peraduannya?
      Senja sejatinya tidak hanya menarik bagi mereka yang mencintainya, melainkan bisa dengan mudah dicintai oleh siapapun. Itulah keajaiban senja. Keajaiban yang diciptakan Sang Maha Cipta sebagai bentuk pengingat umatnya untuk setidaknya meluangkan sedikit waktu menikmati keindahan alami dari rutinitas alam.
      Indonesia sendiri sudah sangat terkenal sebagai surganya penikmat sunset dengan berbagai variasi. Kamu menyukai gunung, lembah, hingga pantai bisa menikmati sunset di Indonesia tercinta ini.
      Kali ini, kita akan menelusuri tempat-tempat di Pulau Jawa yang memiliki spot terbaik untuk melihat lukisan alam berupa senja. Apakah salah satu atau beberapanya sudah pernah kalian alami?
       
      1. Bagai Terbingkai, Sunset di Istana Ratu Boko Jogja Dijamin Membuatmu Tak Henti Terpanah

      Sudah mengenal tentang Situs Ratu Boko? Situs atau Candi yang berada di Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta ini memang sudah sangat populer dan diburu oleh wisatawan. Tidak hanya karena merupakan peninggalan sejarah, namun juga karena situs ratu boko ini memiliki bentuk yang artisitik untuk difoto, apalagi saat senja tiba.
      Senja menjadi waktu terbaik datang dan menikmati peninggalan agung abad ke-8 ini. Lokasinya yang berada di atas bukit ketingian 196 mdpl menjadi alasan mengapa sunset disana berhasil memanah siapa saja yang datang.
      Jika kalian berniat datang ke Istana Ratu Boko ini bukanlah hal sulit karena berjarak hanya sekitar 18 km dari Stasiun Tugu Jogja. Jika kebetulan menggunakan angkutan umum, bisa naik Transjogja rute 1A tujuan Prambanan. Barulah kemudian harus dilanjutkan dengan naik ojek karena belum tersedia angkot yang langsung menuju lokasi.
      Tiket masuknya sendiri terbagi dalam 2 tipe yaitu sebelum jam 3 sore sebesar Rp 25 ribu dan setelah jam 3 sore sebesar Rp 100 ribu. Ya, perbedaan ini dikarenakan memang saat senja merupakan waktu paling populer sehingga dikenakan biaya jauh lebih mahal. Namun jika ingin lebih hemat maka tentu datanglah sebelum jam 3 dengan resiko harus menunggu lebih lama tentunya untuk menuju momen senja yang dinanti.
       
      2. Rasakan Betapa Indahnya Karunia Tuhan Kala Senja di Air Terjun Toroan Madura

      Sudah pernah mengenal Air Terjun Toroan? Air terjun ini terkenal karena mengalir langsung ke lautan lepas alias berlokasi di tepi pantai. Berlokasi di Desa Ketapang Daja, Kabupaten Sampang, kalian jangan sampai melewatkan mengunjungi objek wisata ini jika ke Pulau Madura. Jika melalui Jembatan Suramadu, kalian bisa mengikuti jalur Jalan Pantura Bangkalan kemudian melalui Kecamatan Ketapang kemudian hanya sekitar 4 km akan sampai di Air Terjun Toroan tersebut. Atau jika dari Kota Sampang, jaraknya sekitar 43 km.
      Air Terjun Toroan memang menyimpan sejuta pesona. Tidak hanya dari keunikannya karena langsung bermuara ke Laut Jawa, tetapi juga karena kealamian yang masih terbilang perawan. Ya, air terjun ini belum begitu banyak dikenal sehingga memang belum serius dikelola bahkan belum ada fasilitas penunjang wisata seperti toilet, dan sebagainya.
      Dengan segala kealamiannya tersebutlah yang akhirnya membuat air terjun ini semakin menawan, terutama ketika senja menjelang. Kalian bisa melihat dua mahakarya secara bersamaan yaitu air terjun bersanding dengan semburat jingga dari matahari yang bersiap menuju peraduan.
      Keindahan yang tidak hanya dapat dinikmati secara visual namun juga secara pendengaran dari riuh air terjun, burung yang berterbangan, dan suasana alam lainnya. Kolaborasi tersebut akhirnya mampu menusuk ke jiwa hingga akan terekam secara indah dalam memori siapa saja. Jadi, bagi kalian pemburu senja, jangan lewatkan melihat keagungan alam milik Air Terjun Toroan, ya !
       
      3. Pantai Buyutan di Pacitan Tak Sekedar Indah Kala Senja, Tapi Nampak Artistik nan Eksotis

      Jika kalian pemburu sunset sejati, sangat disarankan untuk menyempatkan diri ke Pantai Buyutan yang berada di Kecamatan Donorojo atau sekitar 44 km dari pusat Kota Pacitan, Jawa Timur. Ada dua pilihan untuk menikmati pantai ini yaitu dari atas tebing atau turun ke pantainya. Keduanya sama-sama mempesona. Jika dari atas, hijaunya rumput berpadu lahan pertanian akan menjadi dasar alam, sedangkan jika turun ke pantai maka putihnya pasir akan membuat terlena mata. Dan beruntungnya lagi ialah untuk turun ke pantainya kini sudah terbangun jalan sehingga tak perlu bertaruh nyawa melewati tebing.
      Yang menjadikan spesial dari pantai ini ialah keberadaan karang-karang besar dan yang paling artistik ialah sebuah karang bernama Watu Narodo. Bisa dikatakan bahwa karang satu ini menjadi landmark dari Pantai Buyutan itu sendiri.
      Menikmati keindahan pantai dengan ombaknya yang berkejaran nampak akan membuat terlena, namun tetaplah berhati-hati karena ombak yang besar khas pantai selatan selalu menghantui. Jadi tak perlu dan memang tidak disarankan untuk berenang, cukup nikmati saja keindahan yang sudah sangat mempesona.
      Tentunya kalian juga tak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas melihat langsung spot terbaik sunset di Pacitan ini. Dari pantai ini, semburat jingga akan memberikan kesan dramatis yang tak bisa ditemukan di lokasi lain. Apalagi dengan adanya Karang Watu Narodo yang akan menjadi lukisan siluet terbaik milik alam. Dijamin kalian tidak akan pernah merasa puas untuk mengabadikannya dalam jepretan foto.
       
      4. Magelang Punya Punthuk Sukmojoyo untuk Memuaskan Hasratmu Berburu Senja

      Ini dia objek wisata di Magelang yang mungkin belum banyak dikenal luas oleh wisatawan pecinta alam, Punthuk Sukmojoyo. Beralamatkan di Dusun Krinjing, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, objek wisata alam di ketinggian 1000 mdpl ini sangat cocok bagi kalian pemburu senja ataupun fajar. Ya, karena berada di atas ketinggian membuat Punthuk Sukmojoyo dapat merekam dua fenomenal rutin sekaligus yaitu sunrise dan sunset.
      Untuk menuju puncaknya, kalian harus mendaki sekitar 20 menit. Terlihat singkat namun karena cukup curam sehingga akan cukup pula menghasilkan peluh. Siapkan fisik termasuk makanan dan minuman untuk berjaga-jaga. Tetapi, jika sudah sampai di atas puncak, maka tak ada pilihan lain selain menikmati panorama lanskap yang dihadirkan.
      Dari atas Puncak Puncak Sukmojoyo, kalian bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, bahkan termasuk Candi Borobudur. Semuanya nampak terhampar luas didepan mata. Apalagi, sudah tersedia plaza kecil seperti rumah pohon yang siap membuat puas pandangan sekaligus mempercantik foto apalagi saat sunrise dan sunset.
      Di kala senja, bentang alam yang dilapisi jingganya cahaya mentari akan membuat kalian tak ingin berkedip. Begitu luas dan siap memukau pengunjung, Jangan sia-siakan untuk mengabadikan momen tersebut karena ada banyak pilihan spot untuk menghasilkan foto dengan cerita dan kesan yang berbeda-beda.
      Jika kalian tertarik untuk datang, kalian bisa langsung menuju arah candi Borobudur lalu ambil jalan ke Amanjiwo atau Rumah Kamera. Ikutlah jalan menuju Desa Giri Tengah, kalian bisa tanya ke penduduk setempat jika bingung karena jalannya cukup banyak kelokan. Jika sudah tiba di Desa Giri Tengah dan melihat Balai desa, kalian tinggal belok kanan dan menemukan masjid, disanalah awal perjalanan kalian untuk mendaki. Kendaraan bisa kalian titipkan dimasjid karena sudah ada petugas parkirnya.
       
      5. Panorama Senja Milik Pantai Puncak Guha di Garut, Tak Kalah Memukau Mata

      Garut tidak hanya tentang kesejukan di dataran tinggi, karena Garut Selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu panorama indah yang dimiliki Garut ialah Pantai Puncak Guha. Pantai apa Puncak? Ya, begitulah nama pantai ini, dinamakan demikian karena pantai ini berbatasan langsung dengan tebing tinggi dengan kata lain wisatawan akan menikmati lautan lepas dari atas ketinggian.
      Lokasi pantai ini berada sekitar 2 km dari Pantai Rancabuaya atau sekitar 90 km dari Pusat Kota Garut. Wisatawan pada umumnya lebih mengenal Pantai Rancabuaya, padahal Pantai Puncak Guha yang berada di tepi jalan ini juga tak kalah menariknya apalagi saat senja mulai menunjukkan dirinya. Tiket masuknya sendiri hanya sebesar Rp 5ribu per orangnya.
      Sebelum benar-benar berada di puncak, pengunjung memang harus melakukan usaha lebih terlebih dahulu yaitu dengan menaiki tanjakan. Namun semua kelelahan yang mungkin dirasa akan langsung terbayar ketika sudah sampai di puncak. Luas dengan deburan ombak pantai selatan yang terkenal dahsyat.
      Sebenarnya tidak hanya panorama dari atas bukit saja yang menjadi daya tariknya melainkan juga bisa menuju goa di salah satu sisi tebing. Hanya saja karena terlalu curam, tidak semua orang berani menuju goa tersebut.
      Sebagaimana tema tulisan kali ini, maka waktu terbaik untuk datang ialah saat sore hari. Romantisme senja yang dihadirkan akan memberikan pengalaman yang spesial. Ditambah lagi, puncak Pantai Guha ini merupakan padang rumput yang luas sehingga akan memberikan pandangan yang seolah tanpa batas langsung menuju barat tepat ke peraduan sang mentari.
       
      6. Pulau Umang di Banten Menjadi Penutup Sunset-nya Pulau Jawa

      Tidak benar-benar berada di garis ter-Barat dari Pulau Jawa memang, namun cukup menyimbolkan diri sebagai penutupnya mentari di Pulau Jawa. Begitulah Pulau Umang yang berada di provinsi paling Barat Pulau Jawa, Banten.
      Masuk dalam Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Perjalanan menuju Kecamatan Sumur dapat ditempuh sekitar 6 jam dari Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan boat menyebrang ke Pulau Umang hanya sekitar 10 menit. Untuk urusan akomodasipun tak perlu dikhawatirkan karena ada beberapa pilihan penginapan di dalam pulau umang ini.
      Menikmati keindahan pulau umang ini ada baiknya dinikmati secara penuh seharian, karena selain melihat sunset, kegiatan snorkeling juga sangat direkomendasikan mengingat keindahan biota laut yang dimiliki perairan barat jawa ini. Jika tidak ingin snorkeling pun, menikmati keindahan laut biru berpadu pasir putih juga bisa dilakukan dengan sekedar bersantai di pantai hingga momen yang ditunggu pun tiba. Ya, keindahan senja dari Pulau Umang.
      Senja di Pulau Umang ibarat magnet bagi wisatawan untuk datang. Banyak spot yang bisa kalian pilih untuk menghasilkan siluet tersendiri dari hasil kilau mentari sore. Kesemuanya menghadirkan kesan tersendiri yang akan membuat kalian tidak menyesal. Tentunya agar lebih maksimal, datanglah saat musim kemarau, ya.
       
    • By Muhammad Harits Arfan
      Mau Tanya, saya kan rencananya mau tour 1 bus ke pantai indrayanti dari cirebon,
      nah saya pengen pagi itu sudah ada di daerah imogiri, sekitar jam 5.. nah kira-kira resto yang bisa dikunjungi jam 5 pagi untuk mandi, dan sarapan jam 6 pagi  dmn ya?
      mohon info alamat dan no telpnnya kawan,, :)
    • By Barajiwa Patria Soedarmo
      Hallo guys ketemu sama ane sang travler super alami sejati :wakaka di treat ane, kali ini ane bakal ngajak ente sekalian jalan-jalan di sekitar Jawa Barat tempat kedua ortu ane dilahirkan. Tempat yang pertama mungkin tempat yang biasa agan kunjungi karena pantainya memang sudah terkenal yaitu Pantai Pangandaran tapi kali ini ane bukan untuk main di pantainya melaikan untuk snorkling:wow , nyok kita liat map nya

      Tempat kedua kami juga pergi untuk merelaxkan diri di pemandian air panas Ciater :matabelo . Sebelum ke cerita ane mau memperkenalkan temen-temen ane yang ikut dalam perjalan kali ini
       
       
       
       
       
       
       

      Day 1, 26 Februari 2016
      Singkat cerita kami ber4 (ane, Mardha, Made, Arif) sudah sampe terlebih dahulu di tempat checkpoint kami yaitu di Rumah Makan dan Motel Saung Lembu, Citalok, Sumedang, Jawa Barat dari Semarang tanggal 25 Februari 2016:recsel .

      Di Saung Lembu kami kami bisa istirat dan makan sambil menunggu rombongan Jakarta yaitu Bernard, Grandy, Rico, sama Mbel dateng.:cd: Namun ketika siang pun kami merasa bosen karena tidak ada kegiatan maka kami memutuskan jalan-jalan sebentar ke tempat rekreasi sekitar sana:travel yaitu waduk Jatigede yang sebenernya tidak terlalu jauh namun karena kita nyasar yasudahlah :sorry . Nah ini gan kira-kira tempatnya kita ambil foto tidak banyak karena setelah sampe disana ada hujan dan kita emang kurang beruntung:mewek
       
    • By Adhitya Darmawan
      Salam kenal saya Adit dari Indramayu,
      Buat warga Jabar Khususnya Indramayu kalau mau bikin Regional jangan lupa Undang" ane yah..
      Buat seluruh warga Jalan" salam kenal semua.. semoga Forum ini bisa buat berbagi panduan kalau kita mau jalan" dan bisa buat referensi lokasi" jalan" yang belum dikunjungi..