• 0
Sign in to follow this  
adhebrokocot

Libooran.com travel agent yang cocok untuk liburan kalian

Question

Libooran.com introduce you The beauty of nature above equator line, Indonesia!
From sabang until merauke.

This is our private trip with fabelio.com, exploring ujungkulon national park.

Want to join and want to know more?

Follow & subscribe :
Insta @libooran
Tweet @libooran
Facebook Libooran.com
Youtube Libooran.com

Or contact :
Nazar +62 812 9045 6356
Indra +62 812 1544 3612

www.libooran.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By zeekyuryu
      Beberapa kali saya melakukan perjalanan, saya sering ditanya sama teman atau saudara, apakah saya pakai agen travel atau backpackingan saja ngebolang sendiri? Dan tentunya, saya akan jawab kalau saya lebih suka jalan sendiri dibanding menggunakan agen travel. Tapi tunggu dulu, menurut saya, semua itu tergantung kebutuhan dan harus ada pertimbangan juga mana yang lebih baik dipilih. Tidak selamanya ngebolang sendirian lebih asyik dibanding menggunakan agen travel, dan sebaliknya. Pertanyaan lain juga muncul, kok bisa backpackingan di kampung atau bahkan negeri orang? Kembali lagi, ketahui dulu apa yang anda inginkan dari perjalanan anda, kondisi budaya, keamanaan, dan lain-lainnya tentang destinasi tujuan anda, dan masih banyak lagi yang bisa menjadi alasan, manakah yang terbaik untuk jenis perjalanan anda.

      1. Bagaimana destinasi anda?
      Yang pertama yang bisa menjadi pertimbangan anda adalah, destinasi liburan anda. Kemana anda akan pergi? Ke sebuah kota besarkah? kota kecilkah? gunung? pantai dan sebagainya? Anda harus tahu pasti ke mana anda akan pergi dengan begitu anda bisa memutuskan apakah lebih baik bepergian sendiri atau perlu menggunakan travel agent. 
      Kota besar, misalnya. Jika anda punya rencana untuk mengunjungi kota besar, pada umumnya bisa dilakukan tanpa agen travel. Mengapa? kota-kota besar biasanya sudah ramah turis, bahkan turis asing. Mereka sudah menyediakan petunjuk yang cukup memungkinkan anda untuk ngebolang sendiri. Bahkan nggak jarang, tersedia fasilitas tourist centre yang bisa menjadi tempat anda mampir untuk bertanya-tanya. Fasilitas umum lain, seperti kendaraan umum juga tersedia dan bisa digunakan dengan mudah. Tipsnya, banyak-banyak membaca catatan perjalanan orang dan jangan ragu bertanya serta mengantongi peta setempat. 
      Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga jika jalan-jalan di kota besar menggunakan agen travel. Misalnya, ada hal-hal di bawah ini (yang nanti akan saya bahas) yang membuat anda lebih baik menggunakan agen travel. Atau ketika destinasi yang anda tuju adalah di pedalaman yang sebaiknya lebih disarankan punya guide agar lebih aman dan nyaman. Ada orang yang bisa memandu anda dari mulai akomodasi, transportasi, sampai masalah izin dengan orang lokal setempat. Atau ketika anda pergi ke pantai dan pulau yang akan lebih nyaman jika dicapai bersama-sama guide berpengalaman. 
      2. Bersama siapa anda berangkat
      Pertimbangan lain yang harus anda pikirkan adalah dengan siapa anda akan berangkat. Selain mengetahui destinasi yang anda targetkan, teman perjalanan juga penting agar bisa menilai mana yang lebih baik. Jika anda pergi bersama keluarga besar atau rekan kerja tim di kantor, tentunya lebih baik menggunakan agen travel. Selain akan memudahkan semua pengaturannya, anda pun bisa ikut santai menikmati waktu bersama mereka. Mereka pun akan lebih nyaman karena sudah ada yang berpengalaman yang akan mengurus segalanya.
      Beda lagi kalau anda pergi bersama partner yang memang doyan jalan, yang suka berpetualang. Anda bisa pergi tanpa menggunakan agen travel tapi dengan syarat, jika semuanya memang mendukung untuk anda dan teman bisa ngebolang sendirian. 
      3. Apa yang anda inginkan
      Selanjutnya, ketahui juga apa yang anda inginkan dari perjalanan anda kali ini. Anda pasti punya suatu tujuan yang anda harapkan bukan? Misalnya, anda ingin mengunjungi suatu wilayah karena anda ingin bisa mengeksplorasi setiap sudutnya atau merasakan denyut kotanya seperti orang lokal. Jika ya, maka backpackingan sendirian lebih cocok buat anda. Atau ketika anda ingin mencari pengalaman yang unik di tempat asing untuk anda, tempat yang baru, maka anda bisa memilih untuk jalan sendiri. 
      Sebaliknya, jika anda ingin punya teman perjalanan yang baru, anda bisa ikut open trip yang biasa diadakan kelompok tur atau sering juga oleh agen tur itu sendiri. Atau ketika tujuan anda hanya ingin mengunjungi suatu tempat dengan santai tanpa ribet, maka agen travel akan menjadi opsi yang lebih baik untuk anda. 

      4. Berapa banyak waktu yang anda punya
      Tak kalah pentingnya adalah berapa banyak waktu yang anda punya? Ini juga terkait dengan itinerary yang anda rencanakan. Ketika anda hanya punya waktu 2 hari liburan, misalnya, tapi anda ingin bisa mengunjungi banyak tempat sekaligus, maka jangan buang waktu anda dengan nyasar sana sini sendirian. Pilihan menggunakan guide atau bahkan agen travel sepertinya menjadi yang terbaik untuk anda. Biasanya, para agen travel ini sudah punya itinerary yang bisa memuaskan keinginan anda. Mereka sudah lebih siap dalam urusan akomodasi dan transportasi karena sudah biasa mengurus masalah ini. Anda tinggal duduk tenang di dalam mobil dan kemudian menikmati tempat yang anda ingin kunjungi. Waktu yang hemat pun tak lagi menjadi halangan.
      Kalau anda punya waktu yang panjang, ini pilihan anda. Bisa ditunjang dengan pertimbangan lainnya. Anda bahkan bisa menggunakan 2-2nya sekaligus. Anda hanya menyewa jasa guide misalnya di lokasi tertentu atau ikut agen tur selama beberapa hari dan kemudian lanjut sendirian.
      5. Jenis perjalanan
      Lalu bagaimana dengan jenis perjalanan anda? Apakah anda menginginkan perjalanan yang romantis, perjalanan liburan, atau perjalanan seperti outing? Jenis perjalanan ini cukup bisa merangkum apakah lebih cocok jalan sendiri atau lebih baik bersama travel agent. Perjalanan outing tentunya lebih cocok jika anda serahkan pada yang berpengalaman, karena akan lebih terkoordinasi. Apalagi jika outing yang membutuhkan trainer berpengalaman. Untuk perjalanan romantis dengan pasangan, anda bisa pergi berdua atau ikut dalam program pasangan yang biasanya diadakan oleh situs wisata atau hotel tujuan. Ini bisa sangat membantu, apalagi jika anda sedang melakukan perjalanan bulan madu. Ada nuansa yang berbeda yang biasanya disiapkan pihak penyelenggara jika itu merupakan program atau promo spesial pasangan untuk berbulan madu. 
      6. Berapa budget yang anda miliki
      Dan tak kalah pentingnya adalah soal budget. Anda harus tahu estimasi budget yang akan anda keluarkan masing-masing. Tidak selamanya lho ngebolang sendirian lebih murah dari pada ikut dengan agen tur. Begitu juga tak jarang agen tur yang memasok harga lebih tinggi karena memang ada fasilitas lebih yang anda akan dapatkan. Ini penting untuk dipertimbangkan. 
      Hitung bagaimana jika anda ngebolang sendiri. Berapa akomodasi yang dikeluarkan, transportasinya dan juga termasuk worst case nya atau hal-hal tak terduga kayak nyasar dan lain-lain. Atau ketika anda ke pantai, berapa budget yang dibutuhkan jika harus sewa alat sendiri dan lain sebagainya. Bandingkan jika anda memilih pergi bersama agen travel. Apakah akan lebih murah atau lebih mahal. Jangan lupa, pertimbangkan lagi soal kenyamanannya. Misalnya, biar lebih mahal, tapi anda tidak perlu repot ini itu dan lain sebagainya. Tinggal dilihat valuenya, apakah worthed atau tidak. :)
      7. Resiko
      Dan yang terakhir menurut saya adalah resiko yang harus anda pertimbangkan. Jadi begini, apakah dengan anda jalan atau ngebolang sendirian ini anda yakin akan berjalan dengan mulus? Apa anda siap untuk nggak ngeluh ini itu. Nah, kalau punya jiwa ngebolang, biasanya resiko gini sih nggak dipikirin. Kalau udah berani ngebolang, harus berani 'ngenes' juga perjalanannya. Nyasarlah, capeklah, ribetlah, dan lain sebagainya. Justru bagi anak bolang, di situ seninya. Nah, kalau bawa keluarga, misalnya dan diajak negbolang, juga boleh aja. Asal kamu juga inget resikonya kalau ajak keluarga. Pertimbangkan juga mereka, apalagi kalau orang tua dan anak kecil, nggak semua bisa disamaratakan kemampuan 'ngebolangnya'.

      Jadi penting dipikirkan. Karena sebenarnya, keseruan itu kita yang ciptakan sendiri, tergantung apa yang kita harapkan dan kita inginkan dari sesuatu. Jangan  selalu salahkan agen travel kalau anda nggak bisa dapat keinginan yang anda harapkan, karena bisa jadi sebenarnya anda salah pilih untuk mewujudkan apa yang anda harapkan itu. Saya suka mendengar keluhan kalau jalan-jalan ama travel agent cuma numpang foto aja abis itu langsung digiring lagi ke tempat lain jadi nggak bebas. Lahhh kan situ baca dulu itinerary sebelumnya, pasti ada jadwal yang memberikan juga estimasi lama waktu di setiap lokasi wisata. Jadi, ya jangan salahin juga agennya. Kalau mau puas nggak digiring-giring, jalan-jalannya ngebolang aja. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu. :)
    • By Wili
      Untuk yang masih survey2 travel agent yang bagus buat ke sana, saya mau recommend satu travel agent yang saya ikut tour nya kemarin nih. Bukan promosi lhoo ya? Cuma bantu informasi saja (Secara sudah rahasia umum kalau milih travel agent untuk tur ke Ha Long Bay kudu ati2 soalnya banyak scam nya).
       
      Bulan Juni kemarin saya ikut 2D 1N Ha Long Bay Tour dari Vega Travel. Travel Agent ini saya temukan setelah survey2 ke banyak travel guide dan forum jalan2 seperti Lonely Planet (dan forum Thorn Tree milik mereka) dan Trip Advisor. 

      Saya booking paket mereka dari Indonesia secara online. Paket 2D1N dibandrol 130 USD sudah termasuk single suplement 20 USD karena saya solo traveller. Jadi kalau perginya berduaan minimal seorangnya jadi 110 USD.
       
      Travel Agent ini servicenya sangat memuaskan bagi saya: 
      1. Mereka menjemput kita dari hotel tepat waktu dengan minibus sejenis Elf yang besar dan lega.
      2. Kondisi Junk mereka juga bagus dan kokoh meskipun terlihat sudah tua dan kondisi dalamnya sangat bersih. Kamar tidur di dalam junk juga sangat bersih dan nyaman ditempati untuk dua orang.
      3. Makanan yang disajikan selama perjalanan sangat memuaskan: berlimpah dan lezat. Kebanyakan menunya seafood sih jadi yang alergi seafood atau vegetarian perlu memberitahukan pada waktu booking ya?
      4. Yang paling saya acungi jempol dari travel agent ini adalah manajemen waktu dan itinerary mereka yang sangat, sangat nyaman dan menyenangkan. Mereka mengatur acara mereka lain dari kebanyakan travel agent. Untuk kunjungan ke Surprising Cave misalnya, mereka menjadwalkan kunjungan di sore hari saat junk dari travel agent lain baru saja meninggalkan gua. Jadi kita bisa explore obyek wisata tersebut dengan nyaman dan bebas dari yang namanya berdesak-desakan, Kebayang dong pengapnya kalau harus berjubel di dalam gua (meskipun guanya besar ya).
      5. Tour guide mereka fasih berbahasa inggris serta sangat ramah dan komunikatif. Kru kapal juga sangat ramah dan siap mengakomodasi permintaan kita.
       
      Untuk penampakan, Foto-foto saat perjalanan kemarin akan saya post di komen pertama dan kedua karena keterbatasan space.
      Informasi lebih lanjut bisa ke website mereka: www.vegatravel.vn atau www.vega-travel.com
      Semoga informasi ini berguna.

      Ini waktu kayaking.. kita masuk ke goa yang tembus ke suatu laguna.. beningg banget airnya sampai bisa dibuat berenang.. akhirnya kita diijinkan berenang sambil godain monyet2 yang ada disekitar laguna.

      Penampakan minibus dari Vega Travel.

      Mampir dulu di toko kerajinan sekalian istirahat setelah +/- 1.5 jam perjalanan. Hampir semua travel agent pasti ke sini. Kenapa ya?

      Naik perahu kecil untuk mencapai junk

      Safety briefing oleh sang tour guide
                               
      Penampakan kamar tidur di dalam junk.

      Lunch time

      Saya bersama Tim, Tour guide kami selama di Ha Long Bay

      Hang Sung Sot a.k.a Surprising Cave

      Bai Tu Long Bay dari atas Surprising Cave

      Sunset di Ha Long Bay. Bentuknya kayak ekor naga. Amazing!

      Ramai-ramai membuat Vietnamese Spring Roll sebelum dinner

      Dinner

      Junk kami selama tour.
      All photos taken by ASUS Zenfone 6 dan GoPro Hero 4 (GoPro Hero 4 courtesy of Damien Kervennic , rekan saya selama tour di Ha Long Bay)
      Bonus:

      Ha Long Bay dari puncak Ti Top Island.
      Semoga berguna. Mohon maaf jika banyak gambar yang kurang rapi. Maklum pemula. 
      Terima kasih atas perhatiannya.
       
       
    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
       
      Travel Agent, ini salah satu jenis pekerjaan yang sangat vital dan sangat di minati dalam dunia pariwisata, karena siapa seh yang gak mau jalan2 lalu dapat duit pula heheh
       
      Tapi karena ini merupakan bidang jual beli Jasa, jadi pelayanan dan reputasi sangat lah berpengaruh. Feedback dari customer jadi salah satu acuan buat mereka agar selalu lebih baik dalam memberikan pelayanan.
       
      Walaupun saya pribadi belum pernah terlibat langsung dalam dunia Travel Agent, minimal saya punya beberapa kenalan yang bergerak di bidang ini dan memperhatikan sistem kerja mereka. 
       
      Nah bagi kalian yang mau memutuskan menggunakan jasa Travel Agent, baik itu Tiket, Tur, Bus dll 
      Wajib memperhatikan beberapa hal berikut untuk pertimbangan jangan hanya tergiur karena Murah saja
       
      Mungkin kalian punya pengalaman dengan Travel Agent boleh di share ya
       
       


    • By pleasejackys
      Perlukah Menggunakan Jasa Travel Agent untuk Travelling?
       
       
      Jasa travel agent sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu dimana seorang pebisnis bernama James Cook mengadakan kerja sama dengan perusahaan kereta api untuk mengatur sebuah perjalanan sekelompok orang di Lecheister. Pada saat itu, travelling adalah kegiatan yang sulit dilakukan. Kesempatan untuk dapat bepergian adalah sesuatu yang langka dan hanya bisa didapat segelintir orang yang beruntung saja. Belum lagi, merencakan perjalanan memanglah sulit di masa itu.
       
      Di masa sekarang, travelling bukan lagi merupakan hal yang langka. Kemajuan teknologi telah memunculkan berbagai pilihan alat transportasi yang menghubungkan banyak lokasi. Hampir setiap orang memiliki kesempatan untuk bepergian ke berbagai tempat. Namun, memang tidak semua orang bisa menjangkau semua tempat dengan mudah. Inilah sebabnya jasa travel agent masih digunakan juga sampai sekarang.
       

      Travel Agent Menguruss Rencana Perjalananmu]
      (Sumber: wisegeek.com)
       
      Pengaturan travelling yang susah susah gampang seperti inilah yang kadang membuat orang bingung. Perlukah mereka menggunakan jasa travel agent untuk mengatur perjalanan mereka? Sebagai seseorang yang hobi jalan-jalan, kamu sendiri pun mungkin pernah mengalami kebingungan seperti ini. Supaya tidak bingung lagi, berikut adalah panduan yang bisa kamu gunakan untuk mempertimbangkan apakah kamu perlu jasa travel agent atau tidak.
       
       
      1. Informasi dan Data yang Lengkap
       
      Merencakan sebuah perjalanan bisa jadi sesuatu yang cukup ribet dan merepotkan. Berbagai pilihan moda transportasi dan akomodasi yang belum pernah kita lihat seringkali membuat kita bingung harus memilih yang mana. Padahal, salah pilih bisa membuat liburan kita terasa kurang menyenangkan, atau bahkan kacau. Belum lagi kita masih perlu melakukan reservasi. Terkadang, untuk dapat membooking satu kamar hotel pun kita masih harus direpotkan dengan cara pembayaran yang tidak praktis.
       

      Data yang Berguna untuk Menyyusun Rencana Perjalanan
      (Sumber: topcollegeonline.org)
       
      Masalah itu akan jadi lebih ribet lagi jika kita harus menyusun rencana kegiatan sendiri di tempat yang kita kunjungi. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk menentukan obyek lokasi, jenis kegiatan, moda transportasi, alokasi waktu, dan banyak hal lainnya lagi. Untuk dapat membuat susunan rencana yang baik, kita perlu mengetahui banyak informasi sebagai tambahan bahan pertimbangan. Proses inilah yang sering menyita waktu dan terkadang membuat kita pusing, apalagi jika kita kesulitan mengumpulkan data dan informasi.
       
      Di sinilah kemudahan yang paling menggiurkan dari jasa travel agent. Perusahaan travel agent tentunya sudah memiliki data dan informasi yang lengkap atas tempat yang akan kamu kunjungi. Mereka bahkan mungkin sudah sering mengatur rencana jalan-jalan untuk para turis selama di sana. Dengan informasi yang lengkap dan pengalaman yang banyak, travel agent tentu dapat membuat sebuah rencana perjalanan dengan lebih baik daripada yang kamu lakukan.
       
      Perlu atau tidaknya sebuah jasa travel agent ditentukan dari seberapa mampukah kamu untuk mengumpulkan data dan informasi sendiri. Seberapa lengkap dan akuratkah data yang berhasil kamu kumpulkan? Jika kita kesulitan mendapatkan informasi yang jelas, maka kemungkinan kamu tidak akan bisa membuat perencaan travelling sendiri dengan baik. Saat seperti inilah dimana kamu akan memerlukan jasa dari sebuah travel agent. Ada juga orang-orang yang dari awal memang malas untuk mencari informasi. Orang-orang seperti ini otomatis dapat dibilang selalu memerlukan jasa travel agent.
       
       
      2. Familiar
       
      Tempat yang baru dan asing seringkali membuat kita kebingungan dan merasa tidak tenang. Semakin jauh suatu tempat, umumnya suasana tempat itu akan semakin berbeda dengan suasana kota asal kita. Inilah yang membuat kita merasa canggung dan bingung untuk beradaptasi. Sulitnya adaptasi ini kemudian akan membuat kita merasa tidak nyaman saat berjalan-jalan mengeksporasinya. Akhirnya, acara liburan kita justru meninggalkan kesan yang kurang menyenangkan. Hal ini tentu akan sangat disayangkan mengingat travelling bisa memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.
       

      Kebingungan di Tempat Asing
      (Sumber: edinburghfestival.list.co.uk)
       
      Jika pergi sendirian di tempat yang asing, tentu proses adaptasi akan semakin terasa sulit. Beda halnya jika kita ke sana dengan orang lain yang sudah cukup familiar dengan lingkungan dan suasananya. Orang tersebut tentu dapat membantu kita menjelaskan beberapa hal yang membingungkan di sana. Dengan begitu, kita jadi semakin mudah untuk beradaptasi. Selain itu, perasaan kita pun akan lebih tenang dan santai.
       
      Inilah pertimbangan lain yang bisa menentukan perlu atau tidaknya sebuah jasa travel agent untuk rencana jalan-jalanmu. Jika kamu termasuk orang yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, maka jasa travel agent akan sangat berguna. Dengan catatan, pilih perusahaan travel agent yang memang sudah berpengalaman dengan tempat tujuanmu. Sebaliknya jika kamu cukup mampu beradaptasi sendiri tanpa bantuan orang lain, maka mungkin kamu tidak terlalu membutuhkan jasa travel agent.
       
      Setiap kali akan jalan-jalan mengunjungi tempat yang asing, carilah informasi tentang bagaimana suasana di sana. Cari tahu seberapa asingnya kah tempat tersebut supaya kamu bisa memperkirakan seberapa sulit kita nanti untuk beradaptasi. Jika kita ragu, lebih baik gunakan saja jasa dari sebuah perusahaan travel agent agar acara liburan kita dapat terjamin. Apabila nanti di sana kita merasa cukup nyaman sendirian, kita bisa minta ijin untuk memisahkan diri dari rombongan travel agent tersebut dan bergabung kembali kemudian.
       
       
      3. Paket yang Praktis
       
      Mengurus sebuah perjalanan bukanlah suatu hal yang sederhana, apalagi jika perjalanan tersebut untuk tujuan wisata atau berlibur. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dan diurus. Belum lagi kita harus menyusun jadwal kegiatan dengan segala detailnya. Inilah yang banyak membuat orang merasa malas.
       
      Travel agent dapat membebaskanmu dari masalah seperti itu. Mereka akan mengurus segala hal yang diperlukan untuk perjalanan wisatamu dan semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar. Terkadang, mereka bahkan sudah mempunyai berbagai pilihan paket wisata tertentu dengan harga yang pasti sehingga kamu bisa langsung memilih satu paket yang sesuai dengan keinginanmu. Bayangkan saja, dalam waktu singkat, kamu sudah bisa mendapatkan tiket pesawat, reservasi hotel, jadwal kegiatan, dan urusan apapun yang berkaitan dengan hal itu. Tidak ada kerepotan yang perlu kamu hadapi. Semuanya beres dalam waktu yang sangat singkat. Rencana yang disusun oleh travel agent pun cenderung lebih detail dan lebih presisi daripada rencana yang kamu buat sendiri.
       

      Paket Wisata Mempermudah Perencanaan Travelling Kita
      (Sumber: indiabydriverandcar.blodspot.com)
       
      Alasan utama orang-orang menggunakan jasa travel agent memanglah untuk mencari kepraktisan. Banyak orang yang ingin jalan-jalan namun tidak ingin direpotkan dengan berbagai urusan reservasi dan penyusunan jadwal. Mereka hanya ingin tahu beres saja dan menikmati liburan mereka tanpa banyak urusan tetek bengek. Di lain pihak, ada pula orang yang justru menikmati proses mencari perencanaan travellingnya sendiri. Mereka merasa tertantang jika harus berjam-jam duduk di depan komputer dan mencari informasi selengkap-lengkapnya dari internet kemudian membuat sebuah susunan rencananya sendiri untuk petualangannya sendiri.
       
      Untuk menentukan apakah kamu perlu jasa travel agent atau tidak, kamulah yang perlu mengukur dirimu sendiri. Apakah kamu tipe orang yang lebih suka mencari kepraktisan atau kamu justru menikmati saat-saat menyusun detail perjalananmu sendiri. Selain itu, ukur juga seberapa lengkap dan akurat informasi yang kamu miliki. Jika informasinya tidak valid dan tidak lengkap, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengatur semuanya sendiri, kecuali kamu sendiri siap untuk menanggung resikonya.
       
       
      4. Biaya
       
      Setiap kali melakukan travelling, orang pasti akan mempertimbangkan masalah budget. Karena masalah ini cukup krusial efeknya. Banyak traveler yang harus ekstra berhati-hati supaya tidak mengeluarkan terlalu banyak uang untuk berwisata karena keterbatasan dana yang ada. Di sisi lain,  juga banyak orang yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk travelling asalkan acara liburan mereka berjalan dengan lancar serta menghasilkan kenangan dan pengalaman yang berharga. Seberapun uang yang kita keluarkan mungkin tidak akan menjadi masalah bagi kita selama kita mendapatkan manfaat yang sepadan. Masalahnya, terkadang seseorang bisa salah dalam merencanakan suatu perjalanan wisata. Akibatnya, uang yang dikeluarkan tidak sepadan dengan pengalaman yang didapat. Tentu hal ini akan sangat disayangkan jika harus terjadi pada kita.
       

      Budget untuk Travelling
      (Sumber: gapyear.com)
       
      Dari segi biaya, travel agent umumnya memang lebih mahal daripada jika kita mengatur perjalanan kita sendirian. Wajar saja karena memang ada harga untuk sebuah kemudahan. Namun, dengan menggunakan jasa travel agent, kita bisa meminimalisir resiko akan salah pengaturan biaya. Dengan pengalaman dan profesionalitasnya, mereka menjamin bahwa setiap uang yang kita keluarkan akan menghasilkan manfaat yang sepadan.
       
      Lagipula, paket wisata yang ditawarkan travel agent pun tidak selalu lebih mahal. Terkadang mereka juga menawarkan paket promosi yang jika dihitung-hitung, justru harganya jadi lebih murah daripada jika kita membeli masing-masing poin sendiri-sendiri. Jika melihat hal seperti ini, tentu kita akan bertanya-tanya, darimana mereka mendapatkan keuntungan jika menjual paket dengan harga murah? Penjelasannya, perusahaan travel agent sering melakukan kerja sama dengan berbagai pihak lain seperti maskapai penerbangan, jaringan hotel internasional, atau manajemen di obyek wisata tertentu. Kerja sama ini memungkinkan mereka mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasaran. Maka dari itulah mereka bisa menjual dengan harga yang murah pula untuk menarik lebih banyak klien.
       
      Setiap kali akan membeli paket wisata dari sebuah travel agent, ada baiknya kita melakukan kroscek terhadap harga pasaran umumnya. Perhitungkan setiap detail manfaat yang didapat dalam paket tersebut. Dari situ, kita bisa melihat seberapa besar selisihnya antara membeli paket wisata mereka dengan jika kita melakukan reservasi dan lainnya sendiri. Pertimbangkan juga dari segi kemudahan dan minimalitas resikonya, apakah benar-benar sepadan atau tidak.
       
       
      5. Kelompok
       
      Paket perjalanan wisata yang ditawarkan oleh travel agent biasanya berupa group tour. Ini berarti, kamu akan berkelana bersama dengan orang-orang lain dalam satu kelompok. Jumlah orang dalam satu kelompok group tour bisa bervariasi. Namun umumnya adalah sekitar 20-30 orang. Peserta group tour ini juga memiliki variasi yang luas dari segi usia dan profesi. Itu berarti, kamu akan bertemu dengan banyak jenis orang baru.
       
      Bagi sebagian traveler, bertemu dengan orang baru adalah sebuah pengalaman yang cukup menarik untuk dinanti-nanti. Mengobrol dengan orang yang baru dikenal dapat membuat kita melihat sudut pandang baru yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Belum lagi, cerita-cerita seru tentang pengalaman mereka yang mungkin bisa kita ambil hikmah dan inspirasinya. Jika kamu termasuk tipe traveler yang seperti ini, berarti ikut serta dalam sebuah paket wisata group tour dari sebuah travel agent akan sangat menguntungkanmu.
       

      Keseruan dalam Group Tour
      (Sumber: plus.google.com)
       
      Sebaliknya, ada juga traveler yang justru tidak suka jika pergi beramai-ramai, apalagi dengan orang yang asing. Bagi mereka, orang yang terlalu banyak justru akan membuat suasana menjadi canggung. Semakin banyak orang asing, akan semakin canggung suasananya. Banyak orang juga akan membuat suasana menjadi bising. Padahal, sebagian traveler suka merenung saat berada di tempat yang asing atau unik. Kebisingan yang timbul karena banyaknya orang tentu akan mengganggu asyiknya kita dalam merenung.
       
       
      6. Jadwal
       
      Paket wisata dari sebuah travel agent biasanya sudah termasuk jadwal kegiatan yang benar-benar terarah dan terencana. Kita hanya perlu mengikuti alur yang sudah ditentukan oleh panitia dan biarkan mereka memimpin acara berkeliling kita dalam mengeksplorasi tempat tersebut. Sesekali mereka akan memberikan waktu bebas dimana kita bisa melakukan hal lain sesuai keinginan sampai tiba waktunya untuk berkumpul kembali dan meneruskan touring.
       
      Bagi sebagian orang, jadwal yang sudah ditentukan seperti ini akan membuat mereka merasa nyaman. Jadwal yang pasti dapat menjamin kita dapat mengunjungi setiap obyek wisata yang menarik dengan alokasi waktu yang seimbang. Orang-orang seperti ini biasanya justru kebingungan jika harus mengatur jadwal sendiri. Mereka cenderung akan menghabiskan terlalu banyak waktu di satu obyek sehingga tidak punya cukup waktu untuk obyek lainnya.
       

      Jadwal Wisata
      (Sumber: Slideshare.com)
       
      Sebaliknya ada orang yang justru merasa terbebani dengan jadwal yang mengikat. Keterbatasan rute menyebabkan mereka tidak bisa mengunjungi tempat-temat lain yang menarik perhatian mereka. Belum lagi, terkadang ada suatu obyek tertentu dimana mereka ingin lebih berlama-lama menikmatinya. Alokasi waktu yang padat menyebabkan hal ini sulit untuk mereka lakukan.
      Adanya jadwal yang terperinci inilah yang bisa menjadi salah satu faktor apakah kamu perlu atau tidak menggunakan jasa dari sebuah perusahaan travel agent. Seandainya pun kamu termasuk orang yang suka dengan jadwal yang pasti, kamu juga harus mengecek apakah jadwal yang mereka siapkan cukup sesuai dengan minatmu atau tidak.
       
       
      7. Keamanan
       
      Faktor lain yang membuat seseorang lebih memilih menggunakan travel agent daripada bepergian sendiri adalah faktor keamanan. Ketika pergi dengan travel agent, kita akan bepergian dalam sebuah kelompok yang cukup besar. Ini akan sangat meminimalisir kita untuk menjadi target kriminal seerti penodongan maupun perampokan. Selain itu, travel agent juga menyediakan setidaknya seorang pemandu wisata yang akan menuntun setiap langkah kita. Ini akan meminimalisir resiko kita untuk tersasar atau tersesat. Dan seandainya pun kita sampai tersesat, kita hanya perlu menghubungi pihak travel agent dan mereka pun akan segera menjemput kita.
       

      Keamanan Travelling
      (Sumber: ecoworldtravel.com)
       
      Kamu tidak memerlukan travel agent untuk bepergian jika kamu yakin kamu akan tetap aman walaupun pergi sendirian. Misalnya, kamu sudah cukup mahir membaca peta sehingga kamu tahu jalan mana yang harus dilewati. Lalu, kamu juga tahu bagaiman acaranya menjaga diri di tempat asing tersebut. Ukurlah kemampuan diri sendiri dengan baik. Jika kamu ragu akan keselamatanmu, lebih baik pilihlah jalan yang aman seperti menggunakan jasa travel agent.
       
       
       
      Perusahaan travel agent terbentuk untuk memudahkan orang dalam bertravelling. Namun pada kenyataannya, jasa travel agent tidak selamanya memberi manfaat. Terkadang, travel agent justru akan membuatmu sulit dan boros. Perlunya travel agent atau tidak tergantung pada banyak hal. Di situlah kita harus bijak dan berhati-hati dalam mempertimbangkannya.
    • By pleasejackys
      Panduan Praktis dalam Memilih Travel Agent
       
       
      Merencanakan travelling memanglah suatu hal yang menarik untuk dilakukan. Kita harus mencari informasi yang lengkap, membuat perkiraan, menyusun jadwal, melakukan reservasi, dan masih banyak lagi. Bagi sebagian traveler, hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Rumitnya menyusun rencana akan terbayarkan saat kita menjalani sebuah petualangan yang seru dan berkesan di temat asing. Di situ, kita akan merasa puas atas keberhasilan rencana kita.
       
      Di sisi lain, ada juga orang yang kesulitan untuk membuat sebuah rencana perjalanan. Seringkali, apa yang mereka prediksikan ternyata tidak tepat. Kenyataan seringkali berbanding terbalik dengan apa yang direncanakan. Akibatnya, liburan mereka pun menjadi kacau. Orang-orang seperti ini pun akhirnya memilih menggunakan jasa travel agent untuk menjamin liburan mereka akan terasa menyenangkan dan berkesan manis.
       

      Travel Agent
      (Sumber: smartdestination.com)
       
      Masalahnya, perusahaan travel agent itu sendiri ada banyak sekali jumlahnya. Antara satu sama lain pun ada yang mirip, dan ada juga yang jauh berbeda. Banyaknya travel agent ini tentu akan memusingkan kita untuk memilih travel agent mana yang bisa kita percayai untuk mengurus perjalanan wisata kita. Salah memilih travel agent bisa sangat merugikan kita. Acara liburan wisata kita bisa jadi kacau dan melenceng dari yang kita harapkan. Belum lagi sejumlah uang yang tidak sedikit jumlahnya juga dapat melayang percuma. Apalagi, jika keamanan dan keselamatan diri kita yang jadi korbannya.
       
      Demi memperkecil berbagai resiko di atas, memang sebaiknya kita tidak sembarangan dalam memilih sebuah travel agent, apalagi untuk perjalanan yang cukup jauh dan atau lama serta menghabiskan banyak biaya. Ada banyak faktor yang harus kita kaji dan pertimbangkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk pertimbangkan saat akan memilih sebuah jasa travel agent:
       
       
      1. Pengalaman
       
      Yang menjadi alasan utama seseorang menggunakan jasa travel agent adalah karena faktor kemudahan yang mereka tawarkan untuk sebuah perencanaan wisata. Selain mudah, rencana yang mereka buat pun cenderung lebih sempurna daripada yang kita buat sendiri. Segala sesuatunya sudah mereka atur secara lebih detail dan teliti. Hasilnya, rencana mereka cenderung lebih akurat dengan kenyataan yang akan kita alami di tempat tujuan nantinya. Dengan begini, resiko munculnya masalah-masalah baru pun bisa lebih diperkecil.
       
      Itu semua dapat mereka lakukan umumnya karena mereka sudah memiliki pengalaman untuk itu. Sebagai sebuah perusahaan travel agent, tentu mereka sudah berulang kali membuat dan menjalankan rencana yang sama untuk klien-klien mereka sebelumnya. Setiap kali ada masalah pun, mereka sudah terbiasa menghadapinya. Pengalaman ini membuat mereka dapat lebih berhati-hati dan mempersiapkan segala macam tindakan antisipatif. Semakin banyak pengalaman, tentu semakin banyak hal yang mereka ketahui. Ini berarti, semakin banyak pula hal-hal yang bisa mereka lakukan baik dalam urusan perencanaan, persiapan, maupun eksekusinya.
       

      Pengalaman Menjadikannya Semakin Mudah dan Presisi dalam Membuat Rencana Perjalanan
      (Sumber: vacationcom.files.wordpress.com)
       
      Pengalaman yang banyak dari sebuah travel agent memang tidak selalu menjamin bahwa acara jalan-jalanmu akan berjalan mulus dan indah, karena segala macam kemungkinan pasti ada. Namun, dengan memilih travel agent yang berpengalaman, resiko kekacauan acara jalan-jalanmu dapat lebih dihindari. Secara umum, travel agent yang berpengalaman memang lebih menjamin kesuksesanmu dalam hal berwisata. Untuk itu, sangat disarankan memilih sebuah perusahaan travel agent yang berpengalaman untuk mengurus acara liburanmu.
       
      Pengalaman yang perlu kamu pertimbangkan pun tidak sembarangan. Pilihlah travel agent yang banyak pengalamannya dalam mengurus perjalanan wisata yang sama dengan perjalanan wisata yang kamu inginkan. Lebih spesifik pengalamannya akan lebih baik. Sebagai contoh misalnya kamu ingin melakukan tour budaya di kota Kyoto. Maka, carilah perusahaan travel agent yang sering melakukan pengurusan wisata budaya ke Kyoto. Jika yang kamu temukan adalah travel agent yang hanya biasa melakukan wisata ke Eropa, kemungkinan mereka juga akan kebingungan jika kamu memintanya menguruskan sebuah wisata ke Kyoto. Hal ini akan sia-sia saja.
       
       
      2. Reputasi
       
      Banyaknya pengalaman tidak akan menjamin sebuah kualitas travel agent jika perusahaan tersebut tidak memiliki reputasi yang baik. Misalnya, sebuah perusahaan travel agent sering mengadakan tour ke banyak negara dan pengalamannya di bidang itu sudah sampai bertahun-tahun. Namun, sebagian besar klien mereka banyak menyampaikan keluhan dan komplain. Bahkan tak sedikit pula yag mengaku menyesal sudah menggunakan jasa travel agent tersebut. Travel agent yang seperti inilah yang wajib kamu hindari.
       

      Pentingnya Mempertimbangkan Reputasi Perusahaan
      (Sumber: poweredbysearch.com)
       
      Reputasi memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin bahwa acara liburanmu akan berjalan lancar dan uang yang kamu keluarkan akan memberikan hasil yang sepadan. Reputasi yang baik menandakan bahwa perusahaan tersebut memang memiliki kemampuan yang baik dalam mengurus sebuah perjalanan wisata. Reputasi juga menunjukkan tingkat keprofesionalan dan keseriusan mereka dalam mengerjakan tugasnya. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan yang teliti terhadap reputasi perusahaan tersebut.
       
      Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu reputasi perusahaan tersebut. Pertama, kamu bisa mencarinya di internet. Beberapa perusahaan yang sudah cukup eksis tentu akan banyak dibahas baik dalam forum, blog, maupun di media sosial. Dari situ, kamu bisa melihat pendapat dari beberapa orang yang pernah menjadi klien mereka. Kamu juga bisa mengecek reputasi mereka dengan datang langsung ke kantornya. Carilah klien lain yang juga menggunakan jasanya. Tanyakan pada mereka apakah mereka cukup puas dan nyaman dengan pelayanan dan kualitas kerja dari sang agent tersebut. Semakin banyak orang yang merasa puas, kemungkinan besar kita juga akan merasa puas jika menggunakan jasa travel agent tersebut nantinya.
       
       
      3. Harga
       
      Biaya travelling yang tidak sedikit memang akan memaksa kita untuk ekstra hati-hati setiap kali kita akan mengeluarkan uang. Padahal, menyewa jasa travel agent tentu akan menghabiskan lebih banyak uang daripada jika kita mengurus perjalanan kita sendiri. Ini berarti, faktor dana menjadi suatu hal yang cukup krusial dalam memilih sebuah perusahaan travel agent. Umumnya orang sudah mengalokasikan budget tersendiri untuk setiap acara travelling yang mereka rencanakan. Dengan begini, kita hanya perlu mencari paket yang kisaran harganya masih masuk dalam budget kita.
       

      Berbagai Paket Wisata dengan Harga yang Berbeda
      (Sumber: Slideshare.net)
       
      Selain pembatasan budget dalam memilih beberapa paket wisata, kita juga harus memastikan bahwa harga yang dipatok untuk setiap paket memang berada dalam kisaran harga yang wajar. Kita bisa memperhitungkan berapa biaya yang sekiranya akan kita keluarkan jika mengurus sendiri perjalanan kita kemudian membandingkannya dengan harga paket wisata yang ditawarkan. Di situ, kita bisa menilai apakah harga yang ditawarkan terlalu mahal, standar, atau justru murah meriah. Kita juga perlu membandingkan antara travel agent yang satu dengan yang lainnya untuk bisa melihat agen mana yang mahal dan mana yang murah.
       
       
      4. Pelayanan
       
      Bagus atau tidaknya kualitas suatu travel agent juga ditentukan dari seberapa baik mereka memberikan pelayanan kepada kliennya. Kualitas pelayanan mereka akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan kepuasan kita saat berwisata nanti. Ada perusahaan yang manajemennya cukup baik dan rapi, namun pemandu wisatanya terlalu galak sehingga kita merasa tidak nyaman saat berjalan-jalan bersamanya. Hal ini tentu akan menjadikan liburan kita tidak menyenangkan.
       
      Perusahaan travel agent yang baik akan memberikan pelayanan yang lebih personal. Misalnya, mereka akan mengingat makanan apa yang kamu suka, obyek wisata apa yang menarik bagimu, apa yang membuatmu tidak nyaman saat di perjalanan, dan sebagainya. Pelayanan yang seperti inilah yang banyak dicari dari sebuah travel agent.
       

      Pelayanan yang Baik dan Memuaskan dari Travel Agent
      (Sumber: bussinessnewsdaily.com)
       
      Kualitas pelayanan mereka dapat kamu ukur dengan mudah sejak awal. Kamu bisa menilai dari cara mereka menyapamu saat pertama kali datang, dari cara mereka menjelaskan tawaran-tawaran yang mereka punya, dari cara mereka berusaha memahami preferensimu, dan masih banyak lagi. Semakin banyak kamu mengobrol dan bertanya, kamu akan semakin mudah melakukan penilaian. Maka dari itu, saat masih survey, cobalah untuk berkomunikasi secara intens.
       
       
      5. Jadwal dan Fasilitas
       
      Pihak travel agent akan menawarkan jasa mereka selengkap-lengkapnya. Mulai dari transportasi, pengurusan dokumen, akomodasi, makan, sampai jadwal kegiatan yang sangat detail. Mereka selalu berusaha memilihkan yang terbaik agar uang dan waktu yang kamu habiskan bisa sepadan dengan pengalaman seru yang kamu rasakan nanti. Semuanya mereka persiapkan supaya kita bisa menikmati acara liburan kita tanpa kerepotan apapun. Kita hanya membayar jasa mereka dan tahu beres saja.
       
      Walaupun mereka sudah berusaha memilihkan yang terbaik, bukan jaminan bahwa kita akan suka dengan apa yang mereka pilih. Terkadang, kita memiliki selera tertentu atau bahkan preferensi yang berbeda dari kebanyakan orang. Akibatnya, bisa jadi pilihan mereka kurang cocok dengan apa yang kita harapkan. Bukan salah mereka juga jika hal ini sampai terjadi karena mereka berpatokan pada standar umum. Namun, ada juga perusahaan travel agent yang bisa melakukan pendekatan yang lebih personal sehingga  bisa memberikan penawaran yang agak berbeda pada tiap orang. Masing-masing disesuaikan dengan kepribadian dan preferensinya.
       

      Fasilitas dan Jadwal yang Termasuk dalam Paket
      (Sumber: bctravelandtours.com)
       
      Agar tidak terjadi hal seperti itu, sebaiknya kita melakukan pengecekan terhadap setiap hal yang mereka pilihkan dalam penawaran mereka. Cari tahu fasilitas apa saja yang kita dapatkan, jadwal kegiatan yang mereka rancang, dan segala sesuatunya. Jika kamu menemukan ada satu atau beberapa hal yang kurang berkenan, coba komunikasikanlah dengan pihak travel agent tersebut. Ada beberapa travel agent yang bersikap fleksibel terhadap paket yang mereka tawarkan agar lebih sesuai dengan kepuasan klien. Walaupun ada juga yang tidak mau merubah apapun dalam paket yang mereka tawarkan. Kemampuan mereka untuk bersikap fleksibel ini bisa dijadikan bahan pertimbangan yang positif dalam memilih travel agent.
       
      Walaupun kamu sudah menemukan satu travel agent dengan satu paket wisata yang sekiranya cocok denganmu, sebaiknya jangan terburu-buru untuk melakukan reservasi. Cobalah untuk mendatangi pihak travel agent lain dan lihat paket apa yang mereka tawarkan. Bandingkan beberapa paket dari beberapa pihak travel agent sehingga kamu bisa memilih satu yang paling cocok.
       
       
      6. Kelompok
       
      Ikut paket wisata dari sebuah travel agent berarti kamu akan berwisata bersama dengan klien-klien mereka lainnya yang mengambil paket yang sama dengan kamu. Satu kelompok paket wisata bisa terdiri dari berbagai jumlah orangm tergantung kebijakan dari pihak travel agent itu sendiri. Kelompoknya bisa saja berupa kelompok kecil yang berisi lima orang, dan bisa juga kelompok yang cukup besar dan muat untuk masuk satu bus. Kebanyakan travel agent tidak terlalu pilih-pilih klien. Ini berarti, dalam sebuah kelompok, bisa terdapat berbagai macam orang. Dari yang tua maupun muda, dari yang single maupun yang berkeluarga, perempuan maupun laki-laki, serta berbagai macam profesi pun bisa saja ikut serta dalam kelompok wisatamu.
       

      Kelompok dalam Satu Paket Wisata
      (Sumber: maxxelli-consulting.com)
       
      Adanya orang lain yang berjalan bersamamu saat berwisata bisa membuat acaramu terasa menyenangkan atau bahkan menyebalkan. Semua tergantung sifat dan seleramu. Ada orang yang merasa nyaman berada di antara segala jenis orang. Ada orang yang jika travelling, hanya bisa nyaman jika teman sekelompoknya semua seumuran. Ada yang merasa bahwa semakin banyak orang akan terasa semakin seru. Sementara, ada juga yang merasa nyaman jika kelompoknya hanya berupa kelompok kecil saja.
       
      Saat akan membeli sebuah paket wisata dari travel agent, cobalah tanyakan berapa banyak kuota orang yang mereka tampung untuk perjalanan tersebut. Pastikan kamu nyaman dengan jumlah orangnya. Setelah itu, cari tahu juga orang-orang seperti apa yang ikut serta dalam paket tersebut. Ada orang yang biasanya merasa terganggu dengan tipe turis tertentu. Misalnya, turis yang membawa bayi sering membuatnya tidak nyaman karena harus mendengar tangisannnya. Atau, turis yang berupa sekelompok pemuda yang terlalu berisik. Jika kamu punya ketidaknyamanan tertentu seperti ini, sampaikan sejujurnya pada pihak travel agent supaya mereka bisa memberitahumu jika tipe-tipe orang tersebut ada dalam kelompok yang sama dengan kamu. Dengan begitu, kamu bisa segera memilih paket yang lain atau bahkan memilih travel agent lain.
       
       
      7. Kenyamanan dan Kecocokan Pribadi
       
      Yang paling penting dari sebuah petualangan travelling adalah kita dapat menikmatinya, menjalaninya dengan santai, dan merasa gembira dengan apa yang kita alami. Untuk itu, penting bagi kita untuk memulai semuanya dengan kenyamanan. Karena, rasa nyaman lah yang akan membuat kita bisa menikmati petualangan kita tersebut.
       

      Pentingnya Kenyamanan dalam Travelling
      (Sumber: Alitalia.com)
       
      Maka dari itu, dalam memilih travel agent pun, kamu harus memilih perusahaan dimana kamu merasa nyaman. Pertama, kamu harus merasa nyaman bekerja sama dengan para staff mereka, terutama yang akan berhubungan langsung denganmu. Kita juga perlu merasa nyaman dengan alat transportasi dan jenis akomodasi yang mereka siapkan. Terakhir, kamu juga harus nyaman dengan kelompok tour kita.
       
      Jika ada sesuatu yang mengganjal rasa kenyamananmu, segeralah memberi tahu pihak perusahaan dan lihat apa yang bisa mereka lakukan untuk membereska masalah tersebut. Jika mereka tidak bisa membuatmu merasa nyaman, lebih baik tidak menggunakan jasa mereka. Rasa nyaman ini seringkali bersumber pada kecocokan pribadi. Misalnya, kamu merasa cukup akrab dengan pimpinan mereka dan yakin bahwa mereka dapat melakukan banyak hal untuk menjamin kenyamananmu.
       
      Terkadang, ada juga sebuah perusahaan yang benar-benar berpengalaman dan memiliki reputasi yang cemerlang, serta memiliki kualifikasi yang sangat cocok dengan keinginanmu. Namun, dalam hatimu masih merasa ada yang tidak pas walaupun kamu sendiri tidak bisa menjelaskan apa itu. Kalau sudah begini, lebih baik ikuti saja kata hatimu dan tidak perlu memaksakan diri untuk memilih perusahaan tersebut. Meskipun kamu tidak bisa membuktikannya, bisa jadi rasa ragu inilah yang akan menghalangi kenyamananmu saat berwisata nanti.
       
       
       
      Memilih sebuah perusahaan travel agent untuk dipercaya menguruskan rencana perjalanan liburan kita adalah seperti sebuah investasi. Jika kita memilih dengan tepat, kita akan mendapatkan keuntungan dan kepuasan. Sebaliknya, salah memilih akan membuat kita kesal dan menyesal. Maka dari itu, lebih baik kita meluangkan sedikit waktu untuk melakukan survey dan perbandingan antara satu travel agent dengan agent lainnya terlebih dahulu. Pertimbangkan semua faktor dan kemungkinannya agar kita bisa memilih satu yang resikonya paling minim dan benefitnya paling banyak sehingga uang yang kita keluarkan pun akan sepadan dengan hasil yang kita peroleh.
    • By indoeasytour

      TANGKAHAN TOUR
      ELEPHANT AND RIVER TUBING
      NORTH SUMATRA
      3 DAYS / 2 NIGHTS


      Website : www.indoeasytour.com
       
       
       
      Day 01 : AIRPORT – TANGKAHAN ( L, D )

      Arrive at Kualanamu Medan new Airport, meet and great, after imigration service, transfer direct to Tangkahan village in the junggle. Lunch enroute. Arrive in Tangkahan, welcome drink than check in Simple Accomodation in Tangkahan Inn or similar. The rest of the day free at own activities.


      Day 02 : ELEPHANT & RIVER ( B, L, D )

      Breakfast at Hotel, we go trekking and bathing in the river with Elephants than continue to see waterfall. After picnic lunch in the forest, back to logement by motor bike. Dinner in logement. The rest of the day free.


      Day 03 : TANGKAHAN – AIRPORT ( B, L ).

      Breakfast at Tangkahan Inn, than return back to Medan the capital city of north Sumatera province. On the way stop for lunch, then transfer directly to airport.

      Tour ends.


      Price : US$ 337 / pax , min 2 pax participant



      For Booking and reservation, please contact :


      IndoEasy Tour & Travel
      Legenda Wisata
      Ruko Newton U.16 / U 24
      Jln. Alternatif Cibubur
      Cibubur – Jakarta
      Indonesia
      Telp : +62 85216088139 ( FRENCH & ENGLISH )
      +62 81318005769 ( ENGLISH & BAHASA )
      Fax : +62 21 7765851
      WhatsApp : +62 81318005769
      Website : www.indoeasytour.com
    • By Gulali56


      Ini sering jadi dilema pada waktu merencanakan pergi berlibur. Pake travel agent atau arrange sendiri.
      So far sih dari liburan yang saya bayar sendiri, baru 2x pake bantuan travel agent.
      Biasanya orang memilih travel agent itu karena gak sempat mengurus sendiri perjalanannya apalagi kalau pergi dalam satu rombongan besar dan karena suatu negara itu susah transportasinya.

      Kalau buat saya yang alhamdulillah suka punya waktu luang di kantor. Lebih sering arrange sendiri perjalanan liburan saya.Termasuk ke luar negeri. Walaupun masih seputaran Asia saja.Tetapi berdasarkan pengalaman saya, gak semua negara mudah dijelajahi tanpa bantuan travel agent.
      Menurut saya idealnya pergi tanpa bantuan travel agent itu adalah ber-4. Kenapa ber-4 ?Karena masih muat dalam satu taxi, sehingga memudahkan dalam pembagian biaya transportasi maupun akomodasi.

      Seringnya saya pergi cuma berdua saya dengan temen traveling saya. Karena semakin banyak peserta semakin susah menyamakan waktu perginya. Sebagai orang yang selalu kebagian booking tiket, saya suka kesel sendiri karena selalu gagal tiap kali ada promo tiket, yang lain selalu adaaa aja yang tidak bisa.
      Nah kalau temen saya yang satu ini , paling available dari yang lain. Terus orangnya walau sehari-hari saya kurang cocok, dalam hal berlibur,memiliki visi (halah) yang sedikit banyak mirip sama saya.
      Temen berlibur saya itu adalah orang yang balance antara outdoor dan indoor, alias seimbang antara wisata alam, dan wisata belanja.
      Ibaratnya kami berdua tuh misal harus ke gunung sehari maka besoknya harus ke mall.Kalau engga bisa stress Hahaha..

      Cara bikin itinerary / jadwal perjalanan itu sebenarnya gampang.Asal mau dan ada waktu saja untuk browsenya.
      Cara paling gampang contek plek plek itinerary punya travel agent, terus kita bikin satu persatu cara kesananya. Karena saya tipe orang yang detail biasanya saya kasi keterangan tuh satu2 mengenai tempat tersebut, seperti jam buka/tutup, biaya masuk, sejarah singkat nya apa, dan plus preview foto biar ada gambaran.
      Makanya temen-temen saya selalu minta itinerary saya tiap kali saya selesai ke negara tertentu. Kadang sebelum kasi, saya kasi review juga apa-apa yang recommended.

      Banyak yang bilang ngapain pake itinerary, go with the flow aja,nyasar itu seni lagi, well kalau menurut saya sih, kalau waktu berlibur cuma 3-4hari, gak ada itinerary itu terlalu membuang byk waktu. Kecuali niatan tuh berlibur berminggu2 disatu tempat, itu lain cerita.

      Nah berikut negara-negara yang pernah saya kunjungin :

      1) Singapore : ini negara pertama saya untuk berlibur. Negara paling gampang dijelajahi tanpa travel agent. Baru keluar pesawat aja udah disuguhi kenyamanan airport Changi dan peta-peta gratisannya yang super detail.
      Asli deh peta gratisan SG bener2 top markotop. Gak punya itinerary,cukup mengandalkan peta nya saja sudah cukup. Karena biasanya didalamnya sudah ada highlight tempat2 wisata di SG dari Marina Sands Bay, Bugis, Chinatown, Mustafa, Sentosa, Clarke Quay dll beserta cara kesananya, buka/tutup, dan biaya masuknya. Lengkap banget deh. Negaranya aman, transportasi nya oke dan menjangkau semua tempat.Yang naik taxi itu hanya orang kaya aja deh,menurut saya.hahaha.. :D

      2) HongKong: negara kedua teraman menurut saya.Dan fasih berbahasa inggris.Walau untk bbrp tempat, bisa berbahasa Mandarin itu cukup membantu kalau naik bis.Eh Cantonese denk. Karena teman saya yang fasih Mandarin tetep aja bengong disana.Tapi at least bisa baca tulisannya katanya.
      Sama seperti SG, transportasinya oke banget, MTR or MRT nya kemana aja ada.
      Nah pas di Macaunya nih yang kacau. Bahasa Inggris gak bisa, Cantonese kitanya yang gak bisa. :unsure:
      Macau adalah tempat yang kita nyasar seharian karena cuma ada bis dan taxi. Sampai akhirnya sukses nyampe, senyum udah tipis.

      3) Malaysia: kalau cuma di Kuala Lumpur, masih gampil lah. Bahasa inggris bisa, melayu bisa di mengerti. Asal jangan tanya sama mba mba India, males jawabnya kayaknya mereka. Disini juga gak perlu travel agent. Bis nya kyk bis transjakarta semua,murah dan ber-ac.Ati-ati copet ya btw.
      Harga taksinya sama pula kayak di Indonesia. Nih negara yang tiap kali pasrah atau cape dikit langsung kita naik taxi.
      Bis antar kotanya juga oke. Banyak browsing karena mas mas supir Indianya agresip banget nyari penumpang.Kesannya murah ternyata kemahalan.

      4) Brunei Darusalam: eh memang ada apaan sih disana. Kalau memang kemari ya pake travel agent deh. Suwer gak ngerti ada apaan disana dan pake apaan.
      Terakhir kesana di anter kesana kemari sama orang lokal yang kayaknya kaya kaya semua itu.

      5) Vietnam-Hanoi: Vietnam khan gede tuh ya, baru ke Hanoi nya aja, kalo pake travel agen cari yang langsung Ho Chi Minh-Hanoi-Ha long Bay ya, itu baru worth the value kalau udah termasuk hotel dan tiket pesawat ya.
      Kalau ke Hanoi aja sih. Gak perlu.Cukup nginep didaerah Old Quarter, rata-rata masih dalam sejangkauan kaki. Yang HCM Mausoleum bisa minta dicariin taksi sama hotel.Dicariin yang pake argo jadinya murahh paling cuma 50rb/one way. Ke halong bay bisa minta dicariin sama hotel, agak mahal dikit, tapi kalau ada waktu ya cari-cari sendiri juga bisa travel agent yang murah dikit asal detail ya nawarnya.Dapet antar jemput dari/ke hotel ke port/ tidak, dan fasilitas apa aja di cruisenya.

      6) Taiwan: nah ini dia, negara yang menurut saya perlu pake travel agent.Kecuali cuman stay di Taipei nya ya.
      Di Taipei city sih masih okelah, MRT nya bagus dan oke.Masih banyak yang fasih bahasa inggris. Tapi begitu keluar kotanya, beuh, pake bahasa Mandarin is a must. Gak ada MRT, kemana2 pake bis yang tulisan tujuannya pake tulisan kanji semua. Nanya sebelah, gak ngerti juga bahasanya. :mellow: saya ada ke daerah pergunungannya,bisnya sejam dua jam sekali. Matek berdebu dan ngabisin waktu nunggunya.

      Yang gak perlu pake travel agent itu kalo pergi ber-6 dan nemu supir taxi yang bawa mobil nya sekelas Honda Stream, karena mobil taxinya memang gede-gede,yang bisa dicharter seharian.

      Soalnya temen saya kesana ber-3 itung2 ya kok mahal aje, ongkos saweran charter taxi buat diluar kotanya,belum harus ganti2 hotel ditiap kota. Haduh kebayang enaknya pake travel agent yang pake bus charteran.Cuman bawa diri, koper dijagain.Sampai sekarang saya nyesel gak pake travel agent :( Kapan ya ada duit lebih ke sana lagi.

      8) Thailand-Phuket: Duh ini sih Bali nya Thailand deh,sifat travel agentnya juga mirip. Jadi critanya saya cari gampil, book travel agent lokal buat city tour half day sekalian wisata Phi phi island dll. Gak pake banyak browsing, lah saya baca gak ada yg heboh amat city tournya. Cuma keliling pantai ini itu, liat view pantai dari atas titik tertinggi Phuket, belanja dikit, krn harga disana mahal2 euy, gak kayak di Bangkok.
      Ternyata saya ada lupa.. ada sempilan makan siang tuh dan kita gak tau belanja dimana, terserah mbak aja.Eh dibawalah ketempat makan dan tempat souvenir yang mana supirnya dapat insentif tambahan tiap kali kita makan/belanja disitu. Semacam Dagadu gitu dengan harga yang malah lebih mahal dibanding harga souvenir diseputaran Patong yang notebene Legiannya Thailand.
      Jadi tetep ya pake agen lokal banyak-banyak browsing juga. :wacko:

      So far, baru segitu aja negara-negara yang pernah saya jelajahi. Insya Allah, next nya mau ke China/Korea/Jepang.
      Mari sama-sama berdoa, Rupiah kembali menguat ya