Sign in to follow this  
nafariza

Yuk Jalan2 ke Pegunungan Alpen dan Taman Nasional Glacier Sebelum Terlambat

7 posts in this topic

Kenapa harus terlambat? Terlambat dari apa?

Menurut penelitian, salah satu akibat nyata dari global warming adalah naiknya panas bumi (obviously), sehingga salju2 abadi di permukaan bumi menjadi cair, perlahan tapi pasti. Sebagai contoh adalah Puncak Jayawijaya di Papua, yang semakin sedikit area tertutup saljunya, dan semakin tipis ketebalan saljunya.

Karena itu, sebelum salju2 abadi di dunia mencair, 2 tempat berikut ini wajib dikunjungi sebelum terlambat:

1.Pegunungan Alpen

Pegununguan Alpen di Eropa terkenal dengan resort2 untuk ski-nya. Karena pegunungan ini lebih rendah dari Pegunungan Rocky di Amerika, maka Pegunungan Alpen justru lebih rentan terhadap efek global warming. Terbukti dengan semakin naiknya suhu di Pegunungan Alpen. Salju abadi di Pegunungan Alpen diperkirakan habis di tahun 2050. :(

2.Taman Nasional Glacier

Diawal tahun 1900an, ada sekitar 150an puncak glacier di Taman Nasional yang terletak di Kanada ini. Sejak tahun 2005, hanya tersisa 27-an puncak glacier di sini, menyeramkan ya efek global warming itu. Masih ada yang tidak percaya?

Penampakan Salju Abadi di Taman Nasional Glacier Dari Tahun ke Tahun

untitled.png

Sumber Gambar

Salju abadi di Taman Nasional ini diperkirakan akan habis di tahun 2030, atau bahkan lebih cepat lagi.

Yuk, cepat2 ke sana. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

woowwwwwwww.......

begitu yaa??

wah sedih amat yaaa sampe terjadi begini :( org2 apalagi yang udah punya kuasa n harta pada g sayang sama bumi kali yaaa....hanya utk kepentingan sendiri aja :(

Sebenernya bukan cuma karna ulah jahat penguasa2 aja mas, tapi juga kita2 ini rakyat biasa. Walopun mungkin mereka faktor utamanya, karna menebang pohon2 di hutan seenaknya, tapi kita rakyat biasa juga punya handil loh. masih buang sampah sembarangan gak? hayo, angkat tangan :D

wah, secepat itukah bakal menghilangnya...?

saya juga dapet dari berita2x katanya puncak jaya wijaya emang makin dikit salju abadinya....

yup, secepat itu mas. secepat salju mencari ketika dipanasin deh, mana tahan kan.

nah loh, mas nya udah nyampe ke puncak jayawijaya belom? keburu menghilang loh mas, salju abadinya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

waduh udah mau cair, saya juga sering dengar nih banyak artikel nulis buruan ke tempat tempat bersalju gitu sebelum saljunya cair, kayak antartika misalnya, sayang banget ya..

Share this post


Link to post
Share on other sites

waduh udah mau cair, saya juga sering dengar nih banyak artikel nulis buruan ke tempat tempat bersalju gitu sebelum saljunya cair, kayak antartika misalnya, sayang banget ya..

wihii, saya masih belum bisa masukin antartika sebagai tempat wisata sih mas. bukan apa2, butuh persiapan yang matang buat mau ke sana, lebih berat dari mendaki puncak himalaya soalnya, terutama persiapan fisiknya. tapi setuju sih kalo salju di antartika udah pada mencair, wong salju yg di ekuator aja udah pada mencair. tapi kalo salju di antartika mencair semua, ada yang bilang bakal kiamat deh.. bener gak ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taman nasional adalah sesuatu yang sangat berharga. Sebab di dalamnya kamu dapat menemukan banyak keindahan alam flora dan fauna yang khas dari suatu daerah. Itulah sebabnya banyak negara berusaha untuk memperbaiki dan mempercantik taman nasional yang mereka miliki.
      Keindahan alami juga semakin mempengaruhi tingkat keindahan taman nasional tersebut. Taman nasional rupanya memiliki daya tarik tersendiri yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya.
      Nah, apakah kamu penasaran? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di dunia yang seru untuk kamu kunjungi pada liburan selanjutnya. Adapun daftar ini dibuat secara acak.
       
      1. Taman Nasional Acadia, Maine, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Acadia
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menawarkan pemandangan cantik berupa air laut yang biru jernih. Air laut tersebut merupakan Samudera Atlantik. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Acadia yang terletak di Maine, Amerika Serikat.
      Taman nasional ini didesain oleh seorang arsitek lanskap yang bernama Charles Eliott. Taman nasional ini dahulunya bernama Taman Nasional Lafayette namun kemudian berubah nama menjadi Taman Nasional Acadia pada tahun 1929.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan kawasan pegunungan, lautan, danau dan lain-lain. Semuanya terdapat dalam kawasan taman nasional dengan luas mencapai sekitar 19.000 hektar ini.
      Di taman nasional ini juga terdapat banyak flora dan fauna yang dapat kamu temui. Flora yang terdapat di taman nasional ini adalah flora dengan jenis algae, fungi, dan lain-lain. Sementara itu, fauna yang terdapat di taman nasional ini adalah rusa, berang-berang, tupai dan lain-lain.
       
      2. Taman Nasional Olympic, Washington, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Olympic 
       
      Inilah dia taman nasional cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mendatangi Amerika Serikat. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Olympic yang terletak di Mount Angeles Road, Port Angeles, Washington, Amerika Serikat.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan berbagai keindahan dari banyak ekosistem, keindahan alam serta sejarah kebudayaan. Bagi kamu yang ingin bersantai sejenak dari penatnya kehidupan sehari-hari, tentu dapat mencoba mengunjungi taman nasional yang satu ini.
      Beberapa kegiatan wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah mendayung, camping, climbing, memancing, stargazing di malam hari, dan lain-lain. Nah, ketika kamu mengunjungi taman nasional ini pada waktu musim dingin, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti skiing.
      Jika kamu berniat untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu hari penuh, kamu dapat melakukan kunjungan cepat ke kawasan ekosistem utama taman nasional ini, pegunungan, hutan dan pantai.
      Selain itu, jika kamu berniat untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu atau dua hari penuh, maka kamu dapat mengeksplor lebih banyak lagi keanekaragaman ekosistem yang terdapat di taman nasional ini. Kamu mungkin juga berminat untuk melakukan hiking atau mengunjungi taman rusa di taman nasional ini.
       
      3. Taman Nasional Virgin, Kepulauan Virgin, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Virgin 
       
      Masih di Amerika Serikat, kali ini kamu juga akan mengetahui taman nasional cantik lainnya yang terdapat di negara ini. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Virgin yang terletak di St John, Kepulauan Virgin, Amerika Serikat.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan panorama alam yang luar biasa cantik dan tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah hiking, boating, fishing, snorkeling, kayaking, windsurfing dan lain-lain.
      Jika kamu berencana untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu jam, kamu dapat berjalan di trail Annaberg sugar mill dan Teluk Cinnamon. Selain itu, jika kamu berencana untuk mengeksplor taman nasional ini selama dua hingga tiga jam, kamu dapat melakukan hiking dari Visitor Center menuju Pantai Honeymoon atau Solomon.
      Taman nasional ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan spot snorkelingmu. Hal ini karena kamu dapat merasakan air hangat yang berasal dari St. John. Cobalah untuk mengambil panduan snorkeling di Visitor Center untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.
       
      4. Taman Nasional Snowdonia, Wales, Britania Raya
       

       

      Snowdonia, Wales, Britania Raya 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional tercantik yang terdapat di Britania Raya. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Snowdonia yang terletak di Wales, Britania Raya.
      Taman nasional ini terletak di 3560 kaki di atas permukaan laut. Selain itu, ketika mendatangi taman nasional ini kamu akan dapat merasakan hawa yang sejuk serta melihat panorama yang indah untuk kamu sambangi.
      Taman nasional ini merupakan taman nasional yang juga merupakan rumah bagi sekitar 26.000 orang. Selain merupakan taman nasional terbesar di Wales, taman nasional ini juga merupakan tempat pegunungan tertinggi Wales dan Inggris berada.
      Nah, Taman Nasional Snowdonia ini juga merupakan tempat dimana danau alam terbesar di Wales berada. Di taman nasional ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan berupa pegunungan, danau, bukit dan lain-lain.
      Ketika pertama kali mengunjungi taman nasional yang satu ini, kamu juga akan merasa terbiasa mendengarkan penduduk lokalnya berbicara dengan bahasa Welsh. Hal ini karena bahasa Welsh ini sendiri merupakan bahasa lokal bagi lebih dari 50% penduduk di taman nasional tersebut.
      Mengunjungi taman nasional ini tentu dapat kamu masukkan dalam daftar taman nasional yang dapat kamu sambangi. Nah, ketika kamu mengunjungi Britania Raya, sebaiknya kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional indah yang satu ini.
       
      5. Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan
       

       

      Taman Nasional Kruger 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional terindah yang terdapat di Afrika Selatan. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Kruger. Nah, ketika mengunjungi taman nasional ini kamu dapat menyaksikan keindahan kehidupan satwa liar Afrika.
      Taman ini memiliki luas yang sangat besar dan mencapai lebih dari 19.000 kilometer persegi. Selain itu, taman nasional ini merupakan taman nasional pertama yang ada di Afrika Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1926.
      Berbagai aktivitas wisata yang dapat coba kamu lakukan ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi taman nasional ini adalah menyetir sambil berkeliling dan menyaksikan kehidupan satwa liar secara lebih dekat, mountain biking, eco trails, hingga mengamati satwa burung.
      Taman nasional ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu tempat yang dilindungi oleh UNESCO. Beberapa jenis fauna yang terdapat di taman nasional ini adalah badak hitam, cheetah, kuda nil, gajah, badak putih, singa, hyena, leopard, jerapah, buaya, impala, dan lain-lain.
      Sementara itu, beberapa jenis flora yang terdapat di taman nasional ini adalah akasia, red bush willow, dan lain-lain. Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Afrika Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional menarik yang satu ini dan merasakan sendiri bagaimana rasanya lebih dekat dengan kehidupan satwa liar di Afrika.
       
      6. Taman Nasional Haleakala, Hawaii, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Haleakala, Hawaii
       
      Taman nasional ini adalah taman nasional yang terletak di kawasan Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Ya, taman nasional ini bernama taman nasional Haleakala.
      Taman nasional ini memiliki luas total kawasan yang mencapai lebih dari 130 kilometer persegi. Taman nasional ini juga dibangun untuk melindungi banyak fauna yang hanya terdapat di taman nasional ini.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di Taman Nasional Haleakala adalah melihat sunrise atau sunset, hiking, camping dan lain-lain. Beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah topi, sunblock, kacamata hitam, makanan, air minum, poncho, sepatu olahraga atau sepatu hiking.
      Jika kamu ingin mengunjungi daerah pantai di taman nasional ini, kamu dapat mengunjungi daerah Kipahulu. Nah, ketika mengunjungi bagian ini jangan lupa untuk membawa pula lotion anti nyamuk. Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu menjelajahi Amerika Serikat, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      7. Taman Nasional Deosai, Scardu, Pakistan
       

       

      Taman Nasional Deosai, Scardu, Pakistan 
       
      Taman Nasional Deosai terletak di Skardu dan bukit Astore, bagian utara Pakistan. Taman nasional ini terletak sekitar 13.000 kaki di atas permukaan laut. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai sekitar 3.000 kilometer persegi. Selain itu, di antara bulan November hingga Mei, kamu dapat menyaksikan ada salju di taman nasional ini. Sementara itu, pada waktu musim panas ketika sedang tidak terdapat salju, kamu dapat mencapai taman nasional ini dari arah Skardu (utara) dan bukit Astore (barat).
      Beberapa satwa yang terdapat di taman nasional ini antara lain adalah serigala, leopard, marmot dan sejumlah burung yang seringkali bermigrasi. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Pakistan, jangan lewatkan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      8. Taman Nasional Kakadu, Australia
       

       

      Taman Nasional Kakadu, Australia
       
      Inilah dia sebuah taman nasional yang terletak di Australia Utara, sekitar 171 kilometer sebelah timur Kota Darwin. Taman Nasional Kakadu ini sendiri terletak di daerah sungai Alligator Australia Utara.
      Taman Nasional Kakadu menutupi area seluas 19.804 kilometer persegi, terbentang hampir 200 kilometer dari utara ke selatan dan lebih dari 100 kilometer dari barat ke timur. Di taman nasional ini kamu dapat menemukan banyak keanekaragaman ekologi dan biologi.
      Taman nasional ini merupakan rumah bagi banyak flora dan fauna endemic yang sudah jarang dan hampir punah. Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi sekitar sepertiga spesies burung asli Australia dan setengah fresh water di Australia.
      Taman Nasional Kakadu juga sangat berkaitan erat dengan kebudayaan lokal Australia. Ya, lanskap budaya memang sudah sangat melekat di taman nasional ini. Konon, warga lokal sendiri sudah menjaga taman nasional ini selama lebih dari 50.000 tahun.
      Ya, kunjungan ke taman nasional ini memang sebaiknya dapat kamu masukkan dalam daftar kegiatan wisatamu ketika mengunjungi Australia. Nah, ketika mengunjungi Australia Utara khususnya, jangan lupa untuk menyambangi taman nasional cantik yang satu ini pula.
       
      9. Taman Nasional Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat
       

       

      Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang dapat kamu sambangi ketika kamu mengunjungi Amerika Serikat. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Grand Canyon.
      Taman nasional ini merupakan taman nasional yang terletak di dekat Sungai Colorado dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1979. Grand Canyon sendiri pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah mengikuti program free ranger. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui berbagai hal mengenai seluk beluk taman nasional ini. Ya, kamu dapat mengetahui berbagai sisi seperti sejarah, kebudayaan, dan lain-lain.
      Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan hiking. Kamu juga dapat menyaksikan film documenter yang menjelaskan tentang Taman Nasional Grand Canyon ini. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Amerika Serikat, jangan lupa untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      10. Taman Nasional Sagarmantha, Nepal
       

       

      Taman Nasional Sagarmantha 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terletak di Nepal. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Sagarmantha.
      Secara spesifik, taman nasional ini terletak di daerah Namche, Nepal. Taman nasional ini merupakan kawasan lindung yang terletak di daerah Himalaya, sekitar bagian timur Nepal. Taman nasional ini memiliki luas area sekitar 1.148 kilometer persegi.
      Taman nasional ini didominasi oleh Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia dengan puncak yang mencapai 8.848 meter. Di tempat ini kamu juga dapat menemukan banyak spesies yang sudah hampir punah, seperti leopard dan panda.
      Beberapa vegetasi yang terdapat di taman nasional ini adalah juniper, bamboo, rhododendron, pinus, dan lain-lain. Selain vegetasi, beberapa satwa yang terdapat di tempat ini adalah leopard, panda merah, monyet langur, hingga serigala Himalaya.
               
      11. Taman Nasional Iguazu, Argentina
       

       

      Taman Nasional Iguazu, Argentina 
       
      Inilah dia sebuah taman nasional cantik yang terletak di Argentina. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Iguazu. Secara spesifik, taman nasional ini terletak di Ruta 101, Puerto Igazu, Argentina.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan sebuah air terjun yang terletak di pusat kawasan taman nasional ini. Nah, air terjun tersebut memiliki ketinggian yang mencapai sekitar 80 meter. Karena keindahannya, air terjun ini pun menjadi salah satu air terjun tercantik di dunia.
      Taman Nasional Iguazu memiliki luas total kawasan yang mencapai sekitar 550 kilometer persegi. Beberapa satwa liar yang terdapat di taman nasional ini adalah jaguar, jaguarondi, tapir Amerika Selatan, dan lain-lain.
      Selain itu, di Taman Nasional Iguazu ini juga kamu dapat menemukan banyak jenis kupu-kupu. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Argentina, jangan lupa untuk datang mengunjungi taman nasional yang satu ini.      
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di dunia yang seru untuk kamu kunjungi pada liburan selanjutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu agar kamu dapat memiliki referensi wisata kunjungan taman nasional pada kesempatan liburan selanjutnya.
      Ternyata, taman nasional juga mampu menjadi destinasi wisata cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu datang berkunjung ke suatu negara. Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
       
      Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem yang asli. Selain itu, taman nasional ini juga dikelola dengan system zonasi yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan juga rekreasi.
      Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi. Selain pantai, gunung, Indonesia juga rupanya memiliki banyak taman nasional yang menanti untuk kamu sambangi.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi taman-taman nasional yang terdapat di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Adapun daftar ini dibuat secara acak dan tidak berurutan.
       
      1. Taman Nasional Gunung Leuseur
       

       

      Taman Nasional Gunung Leuser 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terdapat di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang terdapat di antara Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dan Kabupaten Dairi, Karo, Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
      Taman Nasional Gunung Leuser ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980 oleh UNESCO. Taman nasional ini menjadi lokasi konservasi dan pembangunan keanekaragaman hayati, taman yang satu ini terdiri dari ekosistem hutan pantai, hutan hujan tropis dataran rendah, dan pegunungan.
      Di taman nasional ini, kamu dapat merasakan serunya sensasi trekking membelah hutan lebat dan menemukan sungai dan air terjun. Nah, jika kamu beruntung kamu dapat menemukan orangutan dan gajah Sumatera ketika mengunjungi tempat ini.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan banyak hewan lainnya, seperti badak sumatera, siamang, kambing hutan hingga harimau Sumatera. Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah sejak bulan Juni hingga bulan Oktober.
       
      2. Taman Nasional Bunaken
       

       

      Taman Nasional Bunaken 
       
      Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.
      Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991. Selain itu, taman nasional ini memiliki luas sebesar 890,65 kilometer persegi.
      Sebanyak 97% dari kawasan ini merupakan habitat laut sementara 3% sisanya merupakan daratan. Daratan di taman nasional ini adalah Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.
      Beberapa jenis satwa yang terdapat di daratan pesisir adalah kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. Di taman nasional ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska, camar, bangau, dara laut dan cangak laut.
      Yang paling menarik dari taman nasional ini adalah kamu dapat menyaksikan tebing karang vertical sampai sejauh sekitar 25 hingga 50 meter. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah dari bulan Mei hingga Agustus setiap tahunnya.
       
      3. Taman Nasional Baluran
       

       

      Taman Nasional Baluran 
       
      Ini dia salah satu taman nasional di Banyuwangi yang terlalu sayang untuk kamu lewatkan. Kamu menyangka sedang berada di Afrika? Bukan, ini adalah Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.
      Tempat ini adalah hamparan savanna terluas di Pulau Jawa. Ketika kamu berhasil menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam indah yang memukau.
      Kamu akan dapat melihat pemandangan berupa ratusan rusa liar berlarian menuju kubangan air. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan merak jantan melebarkan ekornya guna menarik perhatian sang betina. Kamu juga dapat melihat puluhan kerbau yang gagah dan lain-lain.
      Pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran memang sangat indah dan menarik perhatian. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki Taman Nasional Baluran adalah sekitar Rp 6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang.
      Di tempat ini, kamu dapat melakukan kegiatan penelitian, pengamatan dan atraksi satwa serta berkunjung ke Pantai Bama. Kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
      Luas taman nasional ini mencapai sekitar 25.000 hektar. Di sana juga terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. 40% dari tipe vegetasi di Taman Nasional ini merupakan vegetasi savanna. Hal ini mengakibatkan daerah ini menjadi daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.
       
      4. Taman Nasional Ujung Kulon
       

       

      Taman Nasional Ujung Kulon
       
      Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah taman nasional yang terletak di bagian ujung Pulau Jawa bagian barat. Taman ini memiliki luas sekitar 122.956 hektar.
      Taman nasional ini termasuk salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan paling awal. Selain itu, taman ini juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.
      Tempat ini menjadi habitat asli sekaligus perlindungan bagi badak jawa yang saat ini sudah tinggal puluhan ekor tersisa. Ketika mengunjungi taman nasional ini, kamu akan pertama kali bertemu dengan Pulau Peucang.
      Ya, Pulau Peucang merupakan pulau pertama yang akan ditemui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon ini. Di Pulau Peucang ini kamu dapat menemukan pantai berpasir putih yang indah dan menanti untuk kamu sambangi.
      Terdapat banyak tempat-tempat di taman nasional ini yang dapat kamu kunjungi dan memiliki banyak pemandangan yang cantik. Tempat-tempat tersebut adalah sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya atau sejarah.
      Selain itu, di pantai ini kamu juga dapat menemukan banyak babi dan monyet yang hidup secara liar. Hal ini menandakan bahwa kawasan ini masih alami. Nah, jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan April hingga September karena waktu tersebut adalah waktu terbaik.
       
      5. Taman Nasional Wakatobi
       

       

      Taman Nasional Wakatobi 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Total area taman nasional ini adalah sekitar 1,39 juta hektar. Di dalam taman nasional ini terdapat keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Selain itu, taman nasional ini juga menempati salah satu posisi tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.
      Kawasan taman nasional ini memang terkenal sangat kaya dengan koral. Sebab, di taman nasional ini terdapat setidaknya 750 spesies koral dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia.
      Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.
      Wakatobi sendiri memiliki sekitar 25 gugusan terumbu karang yang menjadikannya sebagai habitat ideal bagi berbagai jenis biota laut. Berbagai biota laut senang untuk tinggal di Wakatobi karena memiliki nilai konservasi dan juga estetika yang tinggi.
      Berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah diving, snorkeling, berenang dan memancing. Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Tenggara sebaiknya kamu juga menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Wakatobi ini.
       
      6. Taman Nasional Way Kambas
       

       

      Taman Nasional Way Kambas 
       
      Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfungsi sebagai pusat perlindungan gajah. Taman nasional ini terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.
      Gajah yang menjadi pusat perhatian di taman nasional ini adalah Gajah Sumatera. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 125.621 hektar. Nah, selain itu taman nasional ini juga merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai.
      Di kawasan ini, kamu dapat menyaksikan sebuah pusat latihan gajah yang telah didirikan sejak tahun 1985. Yang menarik adalah hingga saat ini kawasan ini telah melatih dan menjinakkan sekitar 200 gajah. Wah, keren sekali bukan?
      Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan Juli hingga September. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat International Rhino Foundation yang berguna untuk menjaga badak agar tidak punah.
       
      7. Taman Nasional Kepulauan Seribu
       

       

      Taman Nasional Kepulauan Seribu
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang terletak di Jakarta. Ya, taman nasional ini merupakan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Di kawasan ini terdapat setidaknya sekitar 78 pulau besar atau kecil yang tingginya tidak lebih dari 3 mdpl. Pulau ini sendiri merupakan kumpulan dari gugusan karang.
      Nah, di taman nasional ini kamu dapat menemukan lebih dari 54 jenis kerang keras atau lunak, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 144 jenis ikan, dan 17 jenis burung pantai. Yang paling menyenangkan dari tempat ini adalah kamu dapat menemukan tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang tergolong langka.
      Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah pada waktu bulan Maret hingga Mei. Yang paling menyenangkan adalah taman ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, yaitu sekitar 45 kilometer.
       
      8. Taman Nasional Pulau Komodo
       

       

      Taman Nasional Pulau Komodo
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menjadi kebanggaan warga Indonesia. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Pulau Komodo.
      Taman nasional ini terletak pada perbatasan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 yang berfungsi untuk menjaga dan melestarikan komodo, spesies kadal terbesar di dunia.
      Nah, pada tahun 1991, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.
      Nah, Taman Nasional Pulau Komodo ini terletak di kawasan  Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia.
      Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan setidaknya 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini.
      Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sebaiknya kamu tidak melewati kesempatan untuk mengunjungi Pulau Komodo ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo adalah dari bulan Maret hingga Juni atau dari bulan Oktober hingga Desember.
      Selain dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Komodo, kamu juga dapat mencoba untuk menantang adrenalinmu sendiri ketika kamu mengunjungi taman nasional ini. Ya, dengan mengunjungi taman nasional ini kamu juga dapat mengetahui apakah kamu cukup berani untuk berhadapan langsung dengan komodo atau tidak.
        
      9. Taman Nasional Tanjung Puting
       

       

      Taman Nasional Tanjung Puting 
       
      Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional ini terletak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas keseluruhan taman nasional ini mencapai 415.040 hektar.
      Lokasi rehabilitasi orangutan terletak di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Di tempat ini kamu dapat menemukan orang utan asli Kalimantan dengan bulu kemerahan dan tanpa ekor. Menyenangkan sekali, bukan?
      Dengan singgah sejenak di tempat ini, kamu dapat merasa lebih peduli dan menyayangi satwa-satwa langka yang sedang berjuang di pusat rehabilitasi ini. Nah, di taman nasional ini kamu juga dapat menyaksikan orang utan yang hidup langsung di habitatnya sehingga kawasan ini masih tergolong alami.
      Sebaiknya kamu menghindari kunjungan ke taman nasional pada bulan Juli hingga Agustus. Hal ini karena waktu-waktu tersebut merupakan high season sehingga harga diprediksi pengunjung taman nasional ini akan membludak dan semakin banyak.
      Salah satu tips terbaik yang dapat kamu lakukan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah selalu membawa lotion anti nyamuk agar kamu dapat tetap merasa nyaman ketika menjelajahi taman nasional ini.
       
      10. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
       

       

      Taman Nasional Teluk Cendrawasih 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang sebaiknya kamu kunjungi. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua.
      Jika kamu berminat untuk berenang di taman nasional ini, bukan tidak mungkin kamu dapat mendapatkan foto keren sedang berfoto dengan hiu paus. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai lebih dari 1 juta hektar.
      Dengan luas yang besar tersebut, taman nasional ini telah mencakup ekosistem terumbu karang, mangrove, pantai dan hutan tropis. Nah, di taman nasional yang memiliki perairan yang sangat luas ini terdapat 209 jenis ikan, beberapa jenis penyu, duyung, lumba-lumba, paus hingga hiu.
      Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas di Pulau Misowaar, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada waktu terbaik, yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengeksplor banyak taman nasional cantik di Indonesia.
      Happy traveling!
    • By marioboros
      Taman Nasional Tesso Nilo ,merupakan sebuah taman nasional yang berada di Provinsi Riau. Taman nasional dengan luas 38.576 hektar ini sudah diresmikan sejak 19 Juli 2004. Terdapat sekitar 360 jenis flora yang masuk dalam golongan 165 marga serta 57 suku, 23 jenis mamalia, 107 jenis burung, 50 jenis ikan, 3 jenis primata, 18 jenis amfibia, dan juga 15 jenis reptilia. Tesso Nio sendiri juga merupakan salah satu hutan dataran rendah yang dijadikan sebagai tempat tinggal 60 hingga 80 ekor gajah.







      Wisata pengamatan satwa dan flora



      Pemantauan kehidupan liar satwa dan flora menjadi sebuah hal yang menarik dari Tesso Nilo. Terdapat beberapa trek ekowisata yang difokuskan ke dalam pemantauan kehidupan liar ini, termasuk pada penggunaan pompong (perahu kecil) untuk melewati sungai. Pengamatan burung atau birding sendiri dilakukan di trek Lubuk Nalai, Kuala Napu serta Trek Sawan. Primata seperti halnya siamang, kera ekor panjang, serta wau wau juga banyak dijumpai di kawasan Sungai Nilo serta Lubuk Balai. Berada di lokasi trek ini Anda dapat menjumpai jejak-jejak dari gajah, beruang, tapir, hingga harimau Sumatera.



      Wisata paling menarik






      Salah satu kegiatan ekowisata dari Taman Nasional Tesso Nilo yang paling menarik serta cukup menantang bagi para wisatawan, yaitu observasi Harimau menggunakan Camera Trap atau jebakan kamera. Tujuan dari observasi ini antara lain untuk mendapatkan gambar dari Harimau Sumatera serta berbagai satwa lainnya yang akan tertangkap oleh kamera setelah kamera terpasang.
    • By Agus Bolang Setiawan
      Teluk Damai (peace bay), Merupakan salah satu bagian dari garis pantai selatan di bagian timur Pulau Jawa, yaitu di desa sarongan – Pesanggaran, banyuwangi – jawa timur,  teluk ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri dan merupakan sebuah pantai yang begitu unik. Di pantai ini kami tidak menemukan hamparan pasir putih seperti pantai-pantai selatan pada umumnya. Karena permukaan pinggir pantai di Teluk Damai ini tertutupi oleh batu – batuan malika dalam berbagai ukuran. Deburan ombak yang kencang dari air laut berwarna biru jernih yang menghantam bebatuan di teluk ini seakan memecah heningnya Taman nasional Merubetiri, sungguh berasa damai.

       

       

       
      Walaupun untuk menjangkau dan menikmati teluk ini bukan perkaran yang mudah, tapi jangan khawatir, selama ada niat di situ pasti ada jalan. medan offroad dan treking melewati tebing tebing  yang cukup terjala untuk menuju teluk damai ini akan menambah seru petualangan ada.
       

       

       

      Selamat Berpetualang.
    • By Asakura Yuki
      teman, adakah yang pernah ke TAMAN NASIONAL MERU BETIRI?
       
      gw asal Jakarta dan mau kesana, tapi belum nemu jalur yg enak buat ke Meru Betiri nya. ada yang bisa berbagi info ??
       
      terima kasih
    • By Agus Bolang Setiawan

      Sebutan Afrika Van Java adalah nama lain dari Taman Nasional Baluran, Kawasan Tanam Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas - batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar.   Hanya dengan Membayar Rp. 2.500,- untuk setiap orang dan Rp. 3.000,- untuk kendaraan roda 2.  sangatlah murah untuk menikmati exotisme alam yang begitu lengkap.  


      Memasuki kawasan taman nasional baluran ini memang lumayan panjang alias jauh untuk sampai pos bekol kita harus menempuh jarak 9 km dan 12 km ke pantai bama. dan selepas pintu gerbang jalan yang harus kita lewati adalah aspal rusak dengan krikil krikil liarnya yang bisa membuat roda terpeleset kalau kita tidak berhari hti dan 3 km menuju pantai bama dari bekol kita melewati jalan bebatuan. Kawasan Taman Nasional Baluran ini merupakan wisata alam yang bisa di katakan sangat lengkap, yaitu :
      Hutan
      Kawasan hutan akan menyambut kita selepas pintu gerbang Taman Nasional Baluran sepanjang 5 Km sebelum pos bekol, hutan ini di kenal sebagai evergreen forest yang tak pernah kering sepanjang tahun, alias selalu nampang hijau walaupun musing kemarau.  


        Pegunungan
      Di dalam kawasan ini terdapat gunung yang di sebut gunung baluran, karena itu pula nama nya juga di gunakan sebagai nama taman nasional ini.  

        Savana
      Savana ini bisa kita nikmati di pos bekol, dengan menara pandang kita bisa melihat luasnya savana taman nasional baluran. dan di savana ini lah taman nasional baluran seakan berubah menjadi suasana ala afrika.  

          Laut.
      taman nasional baluran ini berada di daerah pesisir laut dan pantai yang menjadi tujuan utama adalah pantai Bama karena bisa di akses dengan kendaraan. untuk ke pantai yang lain bisa menggunakan perahu atau jalan kaki menyusuri pepohonan bakau.




    • By Skyfall
      Indonesia bukan cuma bagian barat, dan taman nasional laut bukan cuma wakatobi. Ada yang pernah dengar Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) yang terletak di Pulau Rumberpon, Manokwari, Papua? Yuk, kenalan dulu. :)


      Sumber Gambar

      Taman nasional ini terletak di atas bagian leher burung, kalau kita lihat dari penampakan peta papua. Walaupun tidak se-terkenal Wakatobi, TNTC ternyata merupakan taman nasional laut terluas di Indonesia. Taman nasional ini bisa memberikan gambaran kepada kita mengenai ekosistem yang terdapat di timur Indonesia, yaitu rata-rata berupa terumbu karang, pantai mangrove, dan hutan tropika.

      TNTC terkenal dengan kekayaan jenis hewan lautnya, mulai dari ikan anemone, keong, penyu, ikan duyung, ikan paus, sampai ikan hiu, dapat jalan2ers temui di dalam taman nasional ini. Agar jalan2ers bisa menemukan banyak hewan laut yang menarik di sana, disarankan untuk ke TNTC antara bulai Mei sampai Oktober setiap tahunnya.

      Ketemu Ikan Hiu

      Sumber Gambar

      Ketemu Ikan Paus

      Sumber Gambar

      Cara mudah mencapai TNTC adalah dengan naik pesawat menuju Biak, dilanjutkan dengan naik pesawat dari Biak menuju Manokwari. Dari Manokwari, ke TNTC (Pulau Rumberpon) bisa menggunakan long boat sejauh 5.5jam perjalanan.

      Gimana jalan2ers? Tertarik meluangkan budget untuk pergi ke sana? :)

      Sumber Tulisan: DepHut