• agoda-hemat.png

baihaki1985

Destinasi Wisata Terpopuler di Pulau Penang: Penang Hill

5 posts in this topic

Negara bagian Penang di Malaysia menyimpan banyak tempat wisata. Terlebih wisata alamnya. Negara bagian yang mayoritas wilayahnya berada di Pulau Penang tersebut punya keindahan alam yang bakal membuat takjub. Dan para wisatawan yang berkunjung ke Penang, tempat yang tak boleh dilewatkan tentunya adalah Penang Hill. 

penang_hill_1.thumb.jpg.750724c47e2d3ccf

Pemandangan dari Penang Hill di malam hari (kredit: Wikipedia)

Berada di dataran tinggi, membuat Penang Hill menjadi destinasi wisata yang banyak diminati di Penang. Tempat ini berada di ketinggian 735 meter di atas permukaan laut. Udara di sini pun kerap terasa sejuk. Bahkan sejak saat Malaysia diduduki oleh Kolonial Inggris, Penang Hill pun menjadi tempat favorit para pejabat. 

Tidak mengherankan kalau tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing ataupun lokal. Pada saat berada di puncak Penang Hill, bakal terasa kenyamanan dan keindahan tempat ini. Rata-rata suhu di sini berkisar di angka 20 hingga 25 derajat Celcius. Jadi sangat tepat untuk dijadikan lokasi refreshing. 

Penang Hill yang juga dikenal dengan nama Bukit Bendera ini terletak di Air Itam. Lokasinya berada sekitar 6 kilometer dari pusat kota George Town yang merupakan ibukota negara bagian Penang. Karena tidak terlalu jauh dari George Town, akses transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat ini pun tidak sulit. Bahkan bisa dibilang cukup mudah. Terdapat bus yang menghubungkan George Town dengan Air Itam.  

Sebagai sebuah daerah wisata alam favorit di Penang, tempat ini pun menjanjikan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Aktivitas terpopuler yang biasa dilakukan oleh wisatawan saat berada di Penang Hill ini adalah penjelajahan hutan. Salah satu rute yang bisa dilalui rute yang diawali dari Botanical Garden Penang. Jalur ini mempunyai panjang sekitar 5 km. Kira-kira memakan waktu sekitar 2 atau 3 jam lah. 

trekking_penang_hill.thumb.jpg.b1efa9a8e

Jalur trekking di Penang Hill (kredit: ompvstheworld)

Namun tentu saja, kalau ingin melakukan aktivitas trekking di bukit ini, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Kalaupun capek, ada rest area di tengah jalur yang bisa dijadikan lokasi pemberhentian. Namun jalur trekking di sini juga bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Karena jalurnya mudah ditengarai, jadi tidak akan tersesat di tengah hutan. 

Kalau ingin cara yang lebih mudah untuk mencapai puncak Penang Hill, tentu juga ada. Terlebih bagi yang mempunyai waktu terbatas saat berkunjung ke Penang. Caranya adalah dengan menggunakan kereta yang berangkat setiap 15 menit sekali. Dengan cara ini, traveler pun bisa mencapai puncak Penang Hill dalam waktu hanya lima menit. 

Jalur kereta di Penang Hill ini sudah beroperasi sejak lama. Pertama kali dibuat oleh Pemerintah Kolonial Inggris pada tahun 1923. Dan kereta yang digunakan pun telah dirombak pada tahun 2010 lalu, dan kini punya desain yang lebih modern buatan Swiss. Selain itu kereta ini telah dilengkapi AC dan mampu menampung hingga 100 penumpang sekali jalan. 

Untuk tiketnya sendiri, para wisatawan asing dikenakan biaya 30 ringgit sementara anak-anak dapat diskon 50 persen. Dan selama berada di kereta, para penumpang juga tetap bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan dengan puas. Terlebih lagi kereta di Penang Hill Railway ini juga tidak terlalu cepat, yakni sebesar 10 meter per detik. 

kereta_penang_hll.thumb.jpg.5422ccbc1aa5

Kereta di Penang Hill (kredit: Flickr)

Kereta di Penang Hill Railway ini berangkat paling pagi pukul 6:30. Sementara untuk kereta paling malam bisa dijumpai pada pukul 23:00. Dan kereta terakhir yang diberangkatkan tentunya adalah kereta yang datang dari stasiun atas. Jadi masih cukup sempat kalau ingin menghabiskan waktu di malam hari. Terlebih untuk menyaksikan pemandangan sunset. 

Sesampainya di puncak Penang Hill, pemandangan yang disuguhkan pun bakal sangat indah. Terlebih dari sini wisatawan bisa memandang area di sekitar Penang Hill. Termasuk tentunya adalah pemandangan kota George Town. Dan karena kereta paling malam berangkat dari stasiun atas pukul 23:00, maka wisatawan tetap bisa menyaksikan keindahan malam di puncak Penang Hill. 

Selain itu di puncak Penang Hill juga terdapat berbagai fasilitas di antaranya adalah masjid, kuil serta bahkan terdapat pula sebuah tempat yang dijadikan untuk menggantungkan gembok. Ceritanya sih kayak gembok cinta yang ada di Paris sono gitu. Sebagai tambahan pula, di atas bukit juga akan ada penjual yang menjanjakan gembok lho :D

gembok_penang_hill.thumb.jpg.64008727ba1

'Gembok Cinta' di Puncak Penang Hill (kredit: virtualtourist/Gyppo)

bel_retiro.thumb.jpg.e601b483da2b68f6cbd

Bangunan Bel Retiro di Penang Hill (kredit: ompvstheworld)

Selain itu di sini juga terdapat bangunan tua bernama Bel Retiro yang dulunya difungsikan sebagai tempat tinggal Gubernur Penang. Bangunan ini didirikan pada tahun 1789. Saat ini, bangunan Bel Retiro ini digunakan sebagai lokasi menginap pejabat tinggi Malaysia. Utamanya sih kalau Yang Dipertuan Agung Malaysia berkunjung ke Penang Hill. 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By brocoli
      Sedikit ulasan :
      Berlibur ke Penang, tidak lengkap tanpa mengunjungi obyek wisata Penang Hill atau yang biasa disebut bukit bendera.
      Penang Hill merupakan atraksi terkenal di Penang,
      dari puncak bukitnya Jalan2'er bisa melihat panorama kota georgetown, menancapkan gembok cinta (love lock), mengunjungi Owl Museum, Historical heritage

      the train

      Love Lock
       
      Untuk menuju puncak bukit, Jalan2'er bisa naik TRAM (Funicular Train) yang didesain khusus dengan sensasi kemiringan hingga 27,9 derajat, ongkos naik tram ini kalo beli di loket on the spot harganya RM 30.
      Dijual Tiket Fisik Tram Penang Hill / Bukit bendera
      Kondisi :
      Open Date Tiket - Exp. 31 Des 2016 Terbatas cuman ada 4 biji saja Harga Murah Rp. 7x.xxx saja Silakan PM atau WA : 0822-3620-0920  
       
                    
       
    • By Jalan2
      Berkunjung ke Malaysia memang bukan selalu tentang Kuala Lumpur. Buktinya, kedatangan wisatawan asing ke area lain di Malaysia kian meningkat. Salah satu area yang cukup menyedot perhatian traveler internasional adalah Penang. Ya, kota yang sarat dengan budaya ini semakin eksotis dan menggoda untuk dijelajahi setiap sudutnya.

      Datang ke Penang dengan pesawat memang masih cukup jarang dilakukan wisatawan Indonesia. Alasan terkuatnya, mahal. Ya, harga tiket dari Jakarta ke Penang bisa mencapai Rp. 2000.000. Akan lebih murah bila Anda Anda datang dulu ke Kuala Lumpur baru kemudian oper naik pesawat yang menuju ke Penang. Anda bisa menghemat hampir separuhnya.



      Bagi pendatang, berada di tempat yang baru memang terkadang menjadi momok tersendiri. Terkadang justru karena masalah – masalah kecil seperti selepas dari bandara harus naik apa, dimana mendapatkan tiket untuk sarana transportasi umum, dan hal – hal lainnya. Menginjakkan kaki di bandara adalah awal dari perjalan Anda, jangan sampai liburan Anda kacau hanya gara – gara masalah yang sebenarnya sepele.

      Penang International Airport, satu – satunya bandara di Penang, tergolong bandara yang sibuk. Dalam setahun, penumpang dari Penang International Airport bisa mencapai 4.5 juta orang. Dan angka tersebut terus naik seiring dengan makin gencarnya pemerintah Penang dalam mempromosikan Penang sebagai destinasi wisata yang lebih dari sekedar menyenangkan.

      Begitu turun dari pesawat, Anda bisa langsung menuntaskan segala yang berkaitan dengan dokumen dan bagasi Anda. Setelahnya, masih di lantai yang sama, Anda bisa bertanya – tanya sebentar di spot milik Tourism Malaysia. Di sini, Anda bisa membawa beberapa brosur obyek wisata yang mungkin nantinya bisa berguna sebagai petunjuk Anda menjelajah Penang.



      Pertanyaan selanjutnya, bagaimana transportasi dari bandara menuju penginapan ataupun obyek wisata? Tidak perlu risau. Ada tiga cara yang bisa Anda manfaatkan. Menggunakan bis, taksi, atau menyewa mobil pribadi. Berikut ulasannya.


      Menggunakan Rapid Penang

      Bila menyebutkan dua kata, bis dan Penang, maka kata yang selanjutnya muncul adalah Rapid Penang. Ya, menumpang bis di Penang menjadi sangat nyaman karena anak perusahaan dari RapidKL ini juga menghadirkan solusi sarana transportasi yang murah sekaligus nyaman.
      Berangkat dari Penang International Airport dan Anda merupakan wisatawan dengan budget yang ketat, maka jawaban yang paling pas ya dengan menumpang Rapid Penang. Ini adalah jalan paling murah sekaligus paling umum digunakan oleh wisatawan yang datang ke Penang dengan menggunakan pesawat.


      Begitu keluar dari Arrival Hall, Anda akan melihat satu jalan besar yang kemudian terbagi menjadi tiga bagian. Untuk menumpang Rapid Penang, maka jalan yang Anda ambil adalah jalan yang paling jauh, alias Outer Channel. Jalur tersebut memang dikhususkan untuk pengguna bis dan tempat parkir kendaraan pribadi. Anda tinggal berjalan ke jalur tersebut dan duduk manis menunggu kedatangan Rapid Penang.

      Empat rute disediakan Rapid Penang untuk mengakomodasi penumpang dari Penang International Airport. Bis yang bisa Anda dapatkan adalah bisa dengan kode 102, 306, 401, dan 401E. Masing – masing rute memiliki jeda armada 45 menit di halte Penang International Airport. Menumpang Rapid Penang pin cukup mudah. Anda tinggal naik bis dengan rute yang sesuai dengan tujuan Anda dan katakan pada supir bis dimana Anda akan turun. Selanjutnya, supir akan menyebutkan harga yang harus Anda bayar dan Anda tinggal memasukkan uang Anda ke dalam kotak yang tersedia. Maka, pastikan Anda membawa pecahan ringgit dalam jumlah yang cukup karena supir bis tidak akan memberikan kembalian.
      Penumpang Firefly Flight

      Bila Anda datang ke Penang International Airport dengan menggunakan armada pesawat milik Firefly Flight, maka Anda akan mendapatkan kemudahan tambahan. Ya, penumpang Firefly Flight bisa mendapatkan tiket bis Rapid Penang dengan cuma – cuma. Anda tinggal mendatangi counter milik Firefly yang ada di bandara dan mendapatkan Boarding Pass. Kemudian, Anda tinggal menunjukkan Boarding Pass tersebut kepada supir bis dan Anda bisa menumpang secara cuma – cuma.

      Menggunakan Airport White Taxi


      Anda yang punya dana lebih, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Airport White Taxi. Tarifnya memang lumayan bila dibandingkan Rapid Penang. Tapi bila Anda membawa anak kecil ataupun barang bawaan yang lumayan banyak, tentunya menggunakan Airport White Taxi adalah pilihan yang bijak. Meskipun lebih mahal, tapi kenyamanan Anda selama berkendara benar – benar terjamin.

      Airport White Taxi adalah satu – satunya armada taksi yang bisa Anda gunakan untuk berangkat dari Penang International Airport. Taksi yang biasanya beroperasi di kota memang tidak diperbolehkan untuk ikut mengambil penumpang dari bandara. Taksi biasa hanya diperbolehkan untuk menurunkan penumpang di Penang International Airport.

      Untuk mendapatkan Airport White Taxi, Anda bisa melangkah menuju Airport White Taxi Kiosk yang ditunjukkan melalui papan – papan pengumuman di Arrival Hall. Anda bisa mendapatkan tarif Anda di papan yang sudah tersedia. Jadi tidak ada manipulasi mengenai harga. Sebagai gambaran, dengan menggunakan Airport White Taxi dari Penang International Airport menuju Weld Quay, Anda akan dikenai tarif sebesar RM 44.70. Bila Anda menumpang taksi mulai dari pukul 24.00 hingga 05.59, maka tarif yang dikenakan hampir mencapai dua kali lipat dari tarif di siang hari.

      Selanjutnya, Anda tinggal memberikan tiket yang Anda dapatkan pada supir taksi. Selesai sudah, Anda tidak perlu membayar lagi. Satu – satunya yang Anda berikan pada supir taksi adalah tiket yang sudah ada di tangan Anda.

      Menyewa mobil

      Alternatif sarana transportasi terakhir dari Penang International Airport adalah dengan menyewa mobil. Anda tidak perlu khawatir harus repot terlebih dulu dengan menyewa jauh - jauh hari. Begitu Anda tiba di bandara, Anda bisa langsung menuju counter persewaan mobil. Atau bila dalam bahasa Malaysia disebut dengan Kaunter Kereta Sewa.

      Sebagai persiapan budget, Anda bisa menggunakan acuan sebagai berikut. Untuk mobil tipe Perodua Myvi dan mobil – mobil sekelasnya, Anda akan dikenakan tarif sewa RM 184.99. Itu adalah jangka sewa 24 jam. Tarif tersebut sudah termasuk asuransi diri, asuransi mobil, biaya administrasi, peralatan anti pencurian, serta jarak kilometer yang tidak dibatasi. Anda bebas membawa mobil tersebut sejauh apa pun selama masih dalam durasi 24 jam. Anda pun bisa mendapatkan supir dengan menambahkan biaya RM 10.60 perharinya. Takut tersesat? Anda juga bisa menyewa GPS yang ditarif 21.20 perhari.

      Menggunakan mobil di Penang tergolong mudah. Kurang lebih sama dengan menggunakan mobil di Indonesia. Apalagi SIM Indonesia juga diakui di Malaysia, jadi Anda tidak perlu pusing lagi. Dengan menggunakan mobil, untuk keluar dari bandara, Anda mulai dengan jalur melingkar yang ada di lokasi parkir mobil utama, tepatnya di depan bangunan terminal. Ambil jalan ke kiri melewati area parkir tambahan, ikuti saja terus dengan terus mengamati petunjuk yang mengarahkan Anda ke George Town. Anda bisa dengan selamat keluar dari Penang International Airport tanpa kesulitan berarti.

      Nah, bila indikator bensin pada mobil Anda berada di level mengkhawatirkan, tidak perlu khawatir. Dekat dengan bandara, Anda bisa menemui dua pom bensin sekaligus, pom bensin milik Petronas dan Shell. Salah satunya berada di Jalan Sultan Azlan Shah, jalan yang mengarah ke Bayan Lepas Free Trade Zone. Anda bisa mengambil jalan menanjak di flyover dan Anda akan sampai di pom bensin tersebut. Pom bensin kedua yang terdekat dari Penang International Airport berada di Bayan Lepas. Anda bisa mengambil belokan ke kiri tepat sebelum flyover dan Anda akan sampai. Liburan ke malaysia cukup menyenangkan

      Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu.