zeekyuryu

membuat visa korea Bikin Visa Korea, Dipanggil Wawancara Bukan Akhir Segalanya

43 posts in this topic

Asik ya judulnya? Heheh, akhirnyaaaa bisa juga nulis dan berbagi pengalaman tentang visa Korea Selatan seperti orang-orang. Visa Korea Selatan ini emang bikin geregetan karena banyak banget postingan di Google yang bilang kalau bikin visa korea itu susah lho. Nggak sedikit permohonan visa yang ditolak pihak kedutaan besar korea untuk Indonesia. Alasanny? Hampir semua yang pernah ditolak nggak dikasih tahu alasannya, karena memang, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya tentang visa korea, Kedutaan Korea termasuk yang tidak berbagi kenapa alasan visa kita ditolak, seperti Amerika, katanya sih. Hmmm saya juga termasuk yang awalnya degdegan sih kalau baca-baca yang ditolak, termasuk postingannya Mone :(

Dan kini, saya mau berbagi pengalaman. Nambah data terkini di Google deh tentang pengajuan visa korea hehe. 

Pendahuluan
Berawal dari adanya promo Air Asia pada bulan Maret 2015, tanpa pikir panjang saya beli itu tiket CGK-KUL-ICN dan sebaliknya dengan harga 3,4 juta rupiah dengan asuransi dan tanpa bagasi dulu. Saya beli untuk keberangkatan tanggal 1 September mendatang. Dari saat itulah drama bikin visa korea dimulai. Baca blog orang sana sini dan dengerin cerita temen-temen yang udah pernah pergi di sana, bikin saya harap-harap cemas, tapi tentunya tetep positif.

Syarat Visa Korea
Saya pun mulai mempersiapkan segala syarat untuk membuat visa korea seperti yang ditulis pada web resminya. Bisa dikunjungi ke sana ya. Tapi karena banyak referensi blog dan cerita yang saya baca, maka ada beberapa persiapan lebih yang saya siapkan. Bahkan, saya nemu blog yang isinya ada foto kopian syarat pengajuan visa korea dari petugas di kedutaan dan itu agak sedikit berbeda dengan di web. Perbedaannya sih ada pada bukti keuangan kita yang mana kalau di web mereka bilang hanya salah satu, tapi di kertas yang dikasih petugas dibilang itu semua wajib. Jadi intinya, lebih baik persiapkan semuanya sih.

Syarat Visa Korea dari web resminya

- Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
- Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
- Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
- Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
- Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
- Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:
    * Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    * Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    * Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank 
    * Surat keterangan dan copy kartu membership golf
    * Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    * Surat keterangan pemegang program jamsostek
    * Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun

Dan ini yang saya temukan dari blog, katanya dari petugas di kedutaan. Ini yang saya pakai untuk pengajuan visa kemarin. 

syarat-visa-korea.thumb.jpg.e52d6b767203

 

Nah, berikut poin-poin penting yang mau saya bahas:


1. Rekening Koran
Rekening koran selama 3 bulan terakhir ini penting banget. Tapi inget, bukan saldo lho yang jadi patokan. Sudah banyak blog yang nulis kalau saldo minim aja lolos, bener banget. Petugas kedutaan juga bilang nggak ada minimum saldo sebenarnya, tapi yang penting rekening kita aktif dan cukup dana selama kita di Korea. Saya akan berangkat bersama 2 orang teman lainnya, dan 2-2nya ini cuma bermodalkan saldo 10 juta lebih dikit doang, alhamdulillah kita lolos. Rekening yang kami lampirkan adalah rekening gaji dari kantor alias rekening yang aktif debit dan kreditnya.

Sedikit tips tentang rekening koran:
- Kalau udah direncanakan perginya kapan, memang lebih baik jaga sih keluar masuknya duit. Pokoknya biar banyak pengeluaran, yang penting ada pemasukkannya. 

- Kalau mau pinjem duit tambahan, masukkinnya jangan sekaligus, tapi nyicil aja jadi kelihatanlah kamu kayak nabung gitu bukan dana yang bikin kaget yang bikin orang mempertanyakan darimana kamu dapat uang segitu? hehe yakali gitu.

- Sesuaikan dengan budget di korea
Emang sih nggak ada syarat itinerary dan pada banyak kasus, itinerary yang dilampirkan akan dikembalikan oleh petugas. Tapi kemarin punya kami dilampirin dan nggak dikembalikan. Di itinerary yang kami lampirkan itu kami buat sesimple dan semurah mungkin jadi tidak melebihi dana tabungan kita. Misal tabungan 10 juta, kemarin estimasi budget dalam itinerary cuma 7 juta. Nggak tau ngaruh atau nggak sih, tapi bisa dicoba :D Oya, di form aplikasi pengajuan visa korea itu ada data tentang estimasi biaya hidup di sana, jadi ya di sana juga masukkin dengan jumlah yang sesuai dengan dana tabungan kita.

2. SIUP
Awalnya saya nggak mau ngelampirin ini surat karena males minta sama HRD sih. Tapi akhirnya saya minta juga di detik-detik hari H pengajuan visa karena cukup deg-degan lantaran kantor saya teh masih kecil yakkkk hehe. Biar nggak disangka kantor siluman dan saya mau nyusup nyari kerja di Korea, akhirnya saya lampirin juga. Tapi salah satu temen saya nggak ngelampirin, dia kerja di salah satu media besar dan lolos. Hm lagi-lagi sebenernya nggak tahu juga apakah ngaruh atau nggak SIUP dengan kantor besar kecilnya, tapi kalau emang bisa lampirin ya lampirin aja, kalau nggak, ya optimis aja! Toh yg penting ada surat keterangan karyawan, slip gaji, dan surat referensi (atau sponsorship) kantor dengan kertas berkop dan distempel resmi kantor.

3. Bagi yang punya 1 nama
Ini jadi salah satu hal yang ngeganjel sih buat saya karena saya cuma punya 1 kata di nama saya. Kalau di paspormemang seperti KTP tapi kalau pesan tiket kan harus pengulangan. Misal: JOKO JOKO. Nah di aplikasi form korea ini saya hanya isi Given Name nya saja nggak pake Sure Name. Jadi hanya satu, kata petugasnya yang dilihat di paspor kok. Saya cantumin ini karena saya kesulitan cari info ini di google waktu itu. Semoga membantu yak hehe

4. Calo atau sendiri?
Kalau bisa ngurus sendiri, kenapa nggak? Ngurus sendiri gampang kok. Bisa dapat pengalaman juga. Tinggal datang ke kedutaan Korea di Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan (samping RS. Medistra) dari jam 9-12 siang tiap Senin - Jumat. Ambil nomor antriannya dan nanti tinggal serahkan dokumennya ke petugas loket. Setelah itu, akan dicek jika ada kekurangan disuruh melengkapi, jika screening awal sudah oke, akan diberi resi atau surat tanda terima dan jadwal pengambilan visanya. Disarankan untuk telepon dulu karena tanggal di resi itu estimasi saja, bisa lebih lama. Biasanya tanggal jadi yang ditulis seminggu setelah tanggal penyerahan dokumen. 

Sistem agen atau para calo juga sama kok. Nggak ada jaminan jika menggunakan calo atau agen pasti lolos. Karena pada dasarnya mereka juga hanya mengantarkan dokumen ke kedutaan dan selanjutnya pihak konsular yang akan menentukan diterima atau nggaknya. Waktu saya ke sana karena dipanggil wawancara (akan saya ceritakan selanjutnya), itu banyak juga yang memang nitip ke calo atau agen. jadi, mereka pun nggak luput dari panggilan wawancara dan harus datang langsung juga kalau memang dipanggil untuk itu.

5. Dipanggil wawancara
Nah, ini sih sebenernya inti ceritanya hehe. Kalau kita baca di web kedutaan korea, di sana tertulis jika pihak kedutaan berhak memanggil pelamar untuk sesi wawancara jika dibutuhkan, kira-kira begitulah. Dan pada saat ngubek-ngubek google, dikit banget yang berbagi pengalaman soal wawancara. 

Seminggu setelah saya mendaftar, saya pun mengalami drama para pelamar yang mempertanyakan nasib visanya. Saya apply tanggal 4 Agustus dan dijadwalkan tanggal 11 sudah bisa tanya nasibnya. Mulai dari jam 10 pagi telpon, dibilang belum ketauan dan telpon lagi nanti jam setengah 2. Telpon jam segitu, disuruh lagi telpon jam setengah 3. Ngecek di online pun statusnya masih belum berubah masih 'application received'. Sampai pas jam 3, ada nomor yang akrab di mata saya seharian masuk ke HP dan bener dari kedutaan korea.

Saya dan seorang teman diminta datang wawancara (terserah harinya dalam seminggu ke depan mulai jam 2 siang). Saya diminta membawa Buku Tabungan Asli, Ijazah Asli, SPT 21, tagihan kartu kredit dan BPKB jika ada. Karena nggak punya kendaraan jadi saya skip yang terakhirnya. Waktu pertama kali ditelpon suruh dateng wawancara, rasanya tuh ya campur aduk bangettt. Udah parno sana sinilah. Nyari cerita wawancara visa korea di google minim banget. Yang kepikiran postingannya Mone kan yang pernah wawancara dan ditolak, hiks banget. Cuma paniknya hilang beberapa jam kemudian. Rasanya udah ikhlas aja tapi tetep optimis. Masa iya udah lengkap tapi ditolak kan.. hehe

Akhirnya, saya langsung persiapkan itu dokumen dan besoknya saya langsung ke kedutaan, sendirian, karena temen saya yang juga dipanggil lagi keluar kota dan baru bisa ke sana abis 17an. Paginya saya konfirmasi ke mas-mas loketnya via telepon kalau saya akan datang hari itu jam 2 siang. Setelah ke sana dan menyerahkan dokumen yang diminta saya diminta menunggu. Oya, saya lampirin lagi SPT 21 saya padahal waktu di awal saya udah lampirin juga. 

Lihat kiri kanan banyak yang ambil visa juga dan ada sekitar 4 orang yang nasibnya kayak saya. Tapi mereka ditemani para calo atau agen mereka, itu sebabnya saya bilang, proses pake calo atau jalan sendiri ya sama aja. Yang kasian emang yang kalau di luar kota, banyak yang keburu-buru karena mereka harus kejar flight. Oke balik lagi ke kasus saya, dan setelah ekitar 40 menitan, saya dan yang juga disuruh wawancara dipanggil satu-satu ke loket. 

Mas nya ngembaliin ijazah asli dan buku tabungan asli saya sambil bilang, "Pihak konsular sudah memeriksa semua dokumennya dan dapat. Tunggu sebentar lagi ya mbak." Wah saya langsung ngeyakinin lagi, dapat maksudnya diterima? nggak perlu wawancara lagi? dan yap, bener banget. 10 menit kemudian, saya dapet deh itu visa Korea, temen saya yang nggak pake SIUP (tapi nggak dipanggil wawancara) juga dapet. Saya tanya apakah temen saya di luar kota bisa nitip berkas? Dia bilang nggak bisa, karena memang pada beberapa kasus ada yang benar-benar dibutuhkan untuk wawancara. Seminggu kemudian, temen saya yg satu itu pun ikut lolos. Tanggal 1 nanti insya Allah kami berangkat ke Korea. 

Yeaay!! Intinya sih, referensi yang banyak tapi nggak perlu pesimis. Lengkapin persyaratannya dan optimis! terus berdoa setelah apply! hehe. 

kyosash, yayu sri rahayu and Jalan2 like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

selamat zee akhirnya bisa ya

setelah saya lihat, mungkin ada titik Penguat nya di bagian SIUP

karena jika ada SIUP berarti rekomendasi dari kantor jadi ada jaminan, bagus juga cc @mone

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

selamat zee akhirnya bisa ya

setelah saya lihat, mungkin ada titik Penguat nya di bagian SIUP

karena jika ada SIUP berarti rekomendasi dari kantor jadi ada jaminan, bagus juga cc @mone

hmm mungkin sih, tapi temenku ga pake SIUP juga lolos kok :)

wah dapat yah visanya, selamat yah :senyum 

@deffa bagus juga tips nya, boleh juga di fitur di fan page mod :D

yup thats the plan :D

wah... infonya lengkap... baguuus.... :)

hahah makasih ya semuanya :kesengsem

Jalan2 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

oh temannya gak pake SIUP tapi ngajuin nya bareng kah dengan destinasi dan tanggal berangkat yang sama ?

Iya sama kok. Bahkan dia ga pake dipanggil intrview kayak aku dan temnku yg pake SIUP :)

Jalan2 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Chukhahae yakh zee udah lolos visa korea dan bebas dari interview, padahal waktu saya dokumen udah saya bawa lengkap banget ama bpkb motor saya eh tapi ttp interview dan gak lolos. Tp tetep saya gak mau apply visa korea directly, mending apply visa jepang aja akh.

deffa likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Iya sama kok. Bahkan dia ga pake dipanggil intrview kayak aku dan temnku yg pake SIUP :)

oh gitu bagus dnk

kemaren pernah baca blog, kalau bikin visa korea barengan dan tanggal berangkat nya bareng minimal berdua, jadi masing2 nya akan jadi penguat untuk yang lain, karena logika nya yang 1 pasti akan bantu yang lain ketika di Korea, ya mungkin kalian di definisikan saling bantu :D

Edited by deffa

Share this post


Link to post
Share on other sites

Chukhahae yakh zee udah lolos visa korea dan bebas dari interview, padahal waktu saya dokumen udah saya bawa lengkap banget ama bpkb motor saya eh tapi ttp interview dan gak lolos. Tp tetep saya gak mau apply visa korea directly, mending apply visa jepang aja akh.

hore jepang :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mau tanya ni..

Maret 2016 besok aku sama org tua aku mau berangkat ke korea..

Nah mereka berdua ini blm ada yg pernah keluar negri, aku sndiri udah pernah beberapa kali tapi berhubung paspor saya mati dan diperpanjang otomatis pakai buku baru (tidak ada cap imigrasi).

Kira2 ngaruh ga ya utk pengurusan visa nnti?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mau tanya ni..

Maret 2016 besok aku sama org tua aku mau berangkat ke korea..

Nah mereka berdua ini blm ada yg pernah keluar negri, aku sndiri udah pernah beberapa kali tapi berhubung paspor saya mati dan diperpanjang otomatis pakai buku baru (tidak ada cap imigrasi).

Kira2 ngaruh ga ya utk pengurusan visa nnti?

Mba Indah, saran saya kalau belum urus visa jangan beli tiket pesawat dulu, karena saya baru urus pertengahan bulan 9 ini dan baru keluar bulan 10 ini, asli ribet sampai saya dari daerah harus ke jakarta untuk menghadiri panggilan wawancara dan disuruh bawa data pelengkap. Data harus lengkap sesuai yang diminta dari persyaratan visa korsel, berdoa dan moga-moga tembus. Untuk masalah paspor ada cap atau tidak, menurut saya bukan menjadi poin utama pertimbangan konsulat. Dengar-dengar dari agent pebgurusan disana korsel lagi ketat-ketatnya bagi turis Indonesia.

Share this post


Link to post
Share on other sites

betul kata @Erwin Cuarman

Visa Korea memang tidak perlu beli tiket Pesawat dulu. Jadi ajukan Visa nya dahulu baru beli tiket pesawat.

Untuk hal Passport yang masih kosong karena perpanjangan (buku baru) tidak masalah, di data mereka harusnya terdeteksi sudah pernah melakukan perjalanan ke luar negeri.

@indah purnama sari

Share this post


Link to post
Share on other sites

Makasi mas @Erwin Cuarman dan momod @deffa tapi udah kebeli duluan ni tiketnya dari Maret lalu abisnya mumpung promo dapet 2,3jt pp huhuhu

Mudah2an di approve ya visanya agak takut juga lumayan bnyk yg ditolak sepertinya :terharu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kok interview si suruh bawa ijasah jg bro, seperti mau nge apply visa sekolah aja ya.

Gw ke aussy & jg korea gak pernah di tanya atau di minta ijasah tuh, gw hanya nyerahin Ktp, kk, buku nikah, bank statment, sponsor kantor,  & siup, sdh gitu aja seingat gw ya.

Dan bersyukur seh gak ada masalah & di approve.

Edited by Dhony
Forgot

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Dhony

untuk Visa Korea beberapa kasus memang berbeda2 kok 

jadi tidak di sama ratakan

Teman ku yang lain juga pernah harus bawa ijazah 

memang tidak di bilang alasannya apa, tapi ya berhubung itu syarat dari mereka ya di bawa aja

saya tebak seh untuk mencocokkan dengan Dokumen lain nya agar lebih kuat dan rinci datanya

Berhubung Visa Korea Selatan ini unik seh, ada teman yang passport nya sudah penuh bahkan udah ada Cap Visa dari negara lain Ditolak

Teman lain Passport baru bikin Diterima. hehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

dear semua...

 

ada yg punya contoh pengisian form Visa korea kah? soalnya aku rencana ngajuin april dan takut salah dalam pengisian 

Share this post


Link to post
Share on other sites
29 minutes ago, Dessita NaRatia said:

dear semua...

 

ada yg punya contoh pengisian form Visa korea kah? soalnya aku rencana ngajuin april dan takut salah dalam pengisian 

mungkin @zeekyuryu atau @mone masih nyimpen?

Share this post


Link to post
Share on other sites
12 minutes ago, deffa said:

mungkin @zeekyuryu atau @mone masih nyimpen?

@Dessita NaRatia ada di situs resminya kok... Bisa didownload langsung. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, Dessita NaRatia said:

klo di web resminya kan blm di isi.. aku butuh yg udah si isi.. biar ga salah dlm pengisian

ooo @zeekyuryu dia butuh "contoh form yang udah di isi" 

Dessita NaRatia likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By Gabriella Vania Wijaya
      Jadi, sekitar sebulan-an lagi bakalan ke Jepang for the second time! (yang sebelumnya acara kuliah gitu hehe ..)
      Karena sibuk banget sama persiapan ujian akhir semester, plus papa mama baru pulang dari trip, jadi baru tadi bikin visa. padahal tinggal sebulan lagi berangkatnya 
      Nah, ini aku mau sharing tentang visa Japang yaa hehe
      Bikin visa Jepang itu gampang banget, isi form + lengkapin data-datanya, tinggal ikutin aja kayak post yang di share kak @deffa  
      Terus, buat kalian yang bakalan pakai AirBnb buat accommodation di Jepang, dont worry 
      Karena, sekarang its acceptable! jadi di bagian Accomodation tulis aja nama HOST, nomer telpnya, dan alamat tempat kalian tinggal, trus kasik keterangan kalau itu AirBnb 

       
      Terus, kok bisa dapet FREE Japan Visa?
      hehe, khusus buat MAHASISWA diploma / S1 / S2 FREE visa  dengan mentandatangani surat pernyataan hehe. 
      cuma perlu photocopy kartu tanda pelajar aja kok hehe, trus tanda tengan form 
      yuhuuu, lumayan lohh 


      Hehehe sekiaann 
       
      for my article in english http://bit.ly/JapanVisaforFREE
       
    • By Wulansari Denu
      Selamat siang, mau tanya nih. Kalau mau apply visa tapi belom beli tiket pesawat bisa kah? (krn takut visa ditolak dan tiket hangus)
      Kalau bagi yang historynya masih kosong dan solo travel apa ada kesempatan di approve visanya?
       
      Terima kasih responnya :))
      Wulan
    • By rianifitria
      Untuk teman2 yg sedang berniat ke Canada, berikut ini adalah sedikit tips dan trik untuk mengajukan visa turis ke Canada.   Berikut ini adalah pengalaman saya dan keluarga saya, dan ini subjektif sekali. Bagi saya cukup merepotkan urusannya, jadi saya berharap dengan ini dapat membantu.   1. 'Online' atau 'On Paper'   Pertama2: ada 2 cara aplikasi, yaitu melalui website (online) atau secara langsung datang dengan berkas2 kertas di tangan (on paper).   Saya telah melakukan keduanya karena sebab2 tertentu, dan ini pengalaman saya:   - Kalau melalui online, maka aplikasi akan memakan jangka waktu LAMA. Lamanya serius banget.   Pengalaman: Saya aplikasi online (sabtu) karena gak bisa ngambil cuti buat datang ke VFS. Teman saya aplikasi langsung karena lagi libur (senin).   Waktu aplikasi online: 16 hari (proses) + 5 hari (masukin passport)
      Waktu aplikasi langsung: 3 hari jadi   Untuk perbandingan:
      Menurut website rata2 waktu aplikasi: 10 hari
      Jawaban telp VFS tanya berapa lama: 24 hari
      Jawaban chat VFS tanya berapa lama: 21 hari   Untuk aplikasi Online
      http://www.cic.gc.ca/english/visit/visas.asp
      http://www.cic.gc.ca/english/visit/apply-how.asp   Untuk formulir2 aplikasi langsung / On Paper
      http://www.cic.gc.ca/english/information/applications/visa.asp?countrySelect=ID   Tempat masukin formulir/passport:
      http://www.vfsglobal.ca/canada/Indonesia/   Juga, saat memasukan formulir online, maka passport akan diminta dimasukkan melalui CIC di Singapura. Bila memasukan passport langsung, tidak diminta mengirim passport ke Singapura.   2. Pengisian Formulir
      Sebenernya cukup singkat untuk pengisian formulir ini, dan mudah ditemukan cara pengisiannya di website diatas   3. Berkas2 pelengkap Formulir
      Yang paling merepotkan: Menyiapkan berkas2.   Kalau Anda pergi ke Formulir Visa untuk Indonesia dan melihat daftar berkas2 di: Document Checklist [IMM 5484] dan Visa office instructions – Visit [IMM 5870] maka isinya sangat... enteng sekali. Tidak ada detail apapun mengenai apa sih yg sebenernya diperlukan.   Masalahnya, Imigrasi Canada ini sebenernya sangat ketat, jadi berkas2 harus lumayan detail.   Jadi untuk detailnya saya pergi ke requirement buat Singapura Formulir Visa untuk Singapura dan lihat Visa office instructions – Visit [IMM 5890]. Terutama bagian surat kantor dan bank account.   Jangan lupa bahwa semua berkas yg berbahasa Indonesia harus di terjemahkan ke Bahasa Inggris dengan cap notaris. Maka sebisa mungkin surat2 diminta dalam bahasa Inggris.   4. Pemberitahuan
      Online:
      - Anda akan menerima 2 email setiap kali ada update status
      - Email update status belum tentu benar
      - Cek email setiap hari
      - Kadang2 email baru sampai 1-2 hari sesudah status di update   Offline:
      - Cek status via website setiap hari
      - Kadang2 setelah visa jadi, tidak dikirimkan email/sms   Saya tidak menaruh lebih banyak detail, seperti pengisian formulir atau apa saja yg diperlukan karena permintaan imigrasi Canada lumayan sering ganti (kayaknya kemaren 3 bulan terus ganti gitu), jadi lebih baik Anda mendatangi situs2 diatas untuk informasi paling baru.   Sekian pengalaman saya. Untuk lebih tepatnya, nasehat paling berguna untuk aplikasi visa Canada: siap2 apply kira2 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan.     PS: @deffa nanya biaya: Untuk standard 1 aplikasi (perorang) : CAN$100 / Rp 990 000 (ini dari kedutaan Canada) 
      Untuk biaya admin vfs 1 aplikasi (perorang)  : Rp 277000
      Update status pake SMS: Rp 20000
      Extra: Ongkir ke Singapura: Rp 751 000
      Dan harus tunai.
        Cheers, Rian  
    • By deffa
      Hola Momod Here !!!
       
      Cuma mau share sedikit pengalaman kemaren Apply Visa Jepang Kunjungan Sementara Dana Pribadi
      untuk keberangkatan 19 - 23 november 2014 ini
      Jadi singkat cerita saya mengikuti info yang di berikan oleh mas @kyosash di SINI
      Dan memang pas loh info nya ini saya quotes dikit bagian yang perlu di perhatikan ya
       

       
      Kalian tinggal ikutin aja cara di atas sangat lah gampang pengalaman saya kemaren apply visa, ketika datang dapat no antrean ke 55 sedangkan no yang sedang berlangsung no antrean 50. Hebat nya tidak sampai 10 menit saya sudah di panggil dan dalam hitungan menit saja semua sudah beres dan saya dikasih semacam struk untuk di bawa 3 hari kemudian untuk pembayaran Visa nya. Mudah dan tidak buang-buang waktu kan.
       
      Terus saya coba bertanya untuk MINIMAL SALDO ke Jepang itu berapa ke Petugas nya dan dia jawab Minimal Saldo tidak berpengaruh, yang penting Cash Flow (pergerakan uang) yang terjadi pada Rekening tersebut selama 3 bulan terakhir. Beliau bercerita bahwa pernah ada yang apply visa dengan saldo cuma 1 juta dan dia lolos untuk Visa Jepang, karena Cash Flow nya bagus. Apalagi jika kalian seorang karyawan yang tiap bulan menerima gaji gak perlu khawatir dengan MINIMAL SALDO karena tidak terlalu berpengaruh. 
       
      Beliau juga menjelaskan malah jika saldo kalian dengan rekening yang besar namun statik tanpa ada nya atau minim Cash Flow dalam 3 bulan terakhir itu tidak menjamin akan lolos, karena akan di anggap itu uang mengendap atau titipan dalam rekening.
       
      Oiya terus perlu di perhatikan jika kalian membuat Visa untuk orang lain yang tidak ada Hubungan Keluarga misal nya Teman atau Pacar. Diwajibkan untuk membawa Catatan Koran Rekening Masing-Masing jadi tidak bisa menggunakan Satu rekening saja, kecuali jika hubungan keluarga bisa satu rekening dengan melampirkan Kartu Keluarga
       
      Oiya berdasarkan ketentuan baru Visa Jepang turun harga dari 350 ribu menjadi 320 ribu per 1 April 2014
      Mungkin ini karena Desember mulai Free Visa untuk WNI yang menggunakan E-Passport ya

       
      Sekian sedikit informasi tambahan tentang mudah nya Apply Visa Jepang semoga bisa membantu yang lain ya
    • By Qin Neng
      Hi guys... 
      Nanya donk yg udh pernah ke china, bener gak untuk pembuatan visa ke china d butuhkan ft copy rekening koran
      Minimal saldo 10/50 jutaan? Thanks....
    • By kalmura
      Halloooow manteman
       
      Kali ini gw mw coba sharing pengalaman mengurus visa UK (berdasarkan chitchat dengan om mood deffa) bahwa belum ada yang mengupdate sharng tentang mengurus visa UK. Mengurus visa UK ataupun visa Schengen memang sebuah pengalaman yang seru (maklum ane baru pertama urus kedua visa ini). Gak seperti visa untuk ke korea selatan yang bisa diwakilkan tanpa kita harus dateng ke kedutaan. Kepengurusan Visa UK ini kita diwajibkan untuk membuat janji wawancara dan pengambilan foto dan pengambilan sidik jari. Jadi kalo ente-ente mw urus visa UK ini mending pikir pikir lagi untuk melalui agen travel. Disamping ini merupakan pengalaman yang seru (menurut ane), orang travel agen pun tidak pernah bisa memastikan visa UK ente di terima. karena murni keputusan ada di tangan UK Embassy yang ada di manilla. Jadi gak ada salahnya ente urus semua sendiri. Oke ane bakal berbagi syarat dan tips nya di sini. Oh iya disini ane berbagi persyaratan jika ente adalah seorang employee. Dan status marietal adalah "single" . Untuk Pengusaha dan/atau berkeluarga mungkin ntar ada temen kita yang lain yang mungkin bisa berbagi tipsnya.
       
      Lama Pengurusan Visa UK paling cepat adalah 15 hari kerja. Dan yaps... waktu kepengurusan visa ane selesai dalam jangka waktu 10 hari kerja.
      Yang wajib ente persiapkan adalah:
      1. Paspor
      Yap paspor wajib ente punya klo mw pesiran ke luar negeri. Untuk kasus ini Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan terakhir (beserta paspor lama). Memang ada yang bilang paspor minimal masa berlaku adalah 6 bulan terakhir. Tapi menurut gw lebih baik lebih daripada kurang. Jadi 8 bulan minimal masa berlaku paspor adalah waktu yang ideal. Dan jika sudah pernah berganti paspor lampirkan juga paspor lama tersebut. Jangan lupa untuk memfoto copy paspor ente.
       
      2. Surat Sponsor dari tempat ente bekerja
      Surat ini wajib di buat dalam bahasa inggris. Surat yang dikeluarkan oleh company ente ini minimal berisikan data sudah berapa lama ente kerja disitu, berapa sallary ente perbulan, dan pimpinan meyakinkan kalo ente bakal balik lagi ke indonesia jika trip ente udah kelar. Disini untuk meyakinkan pihak kedutaan ente juga boleh melampirkan slip gaji 3 bulan terakhir dan syrat cuti ente (yang ane lakukan).
       
      3. Surat Referensi Bank
      Surat ini bisa ente peroleh di bank mana aja dimana ente punya duit disitu. Fungsi surat referensi ini meyakinkan pihak kedutaan bahwa ente punya cukup dana di tabungan untuk hidup selama trip ente di UK. Biasanya surat referensi ini sudah di buat dalam bahasa inggris oleh pihak bank.
       
      4. Print Bukti Keuangan 3 Bulan Terakhir
      Print Rekening koran tabungan 3 (tiga) bulan terakhir ini fungsinya untuk mengetahui apakah rekening ente tersebut aktif atau tidak. saran ane rekening koran tersebut adalah rekening koran untuk akun bank yang dimana ente banyak melakukan transaksi. lebih bagus jika akunnya adalah akun rekening gaji.
       
      5. Pas foto dengan latar belakang putih dengan ukuran 3.5 x 4.5cm
      Ente wajib menyiapkan pas foto berwarna terbaru dengan latar putih minimal 2 (dua) lembar. yang nanti satu akan di tempel pada form aplikasi pengajuan visa.
       
      6. Foto copy KK , Akta Kelahiran dan KTP dalam bahasa inggris
      Nah ini yang jadi kendala dimana KK KTP dan Akte kelahiran wajib di translate ke dalam bahas inggris oleh sebuah badan/perusahaan/jasa services yang terlegalisasi. untuk ente yangada di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya gak masalah. Karena ane saat ini berada di kota yang gak ada jasa untuk translate maka ane mengirim berkas ke Jasa Translate yang ada di Surabaya dengan per lembar sebesar 85rb rupiah.
       
      7. Travel Insurance
      Travel insurance ini ane beli juga via online. Dengan membeli disalah satu agen asuransi ternama di indonesia. ane beli paket Traveler dengan cakupan tanggungan kelas WorlsWide Platinum dengan masa Tanggungan sebanyak 27 hari. yang ane beli sebesar USD 70 kurs Rupiah pada saat itu sebesar Rp 970.970
       
      8. PrintOut Ticket
      Sedikit flashback gimana ane bisa nekad urus ini visa UK, yang menggoda pertama adalah ane dapet tiket promo Vietnam Airlines untuk rute KL - HTR (LDN) sebesar 6.420.000 VND (vietnam Dong) jika di kurs kan pada waktu itu adalah sebesar 3.9 jtaan. Yaps siapa yang gak tegoda dengan harga segitu hahahaa...
      oke balik ke print out ticket. Ini wajib ente print sebagai syarat kelengkapan pengajuan visa.
       
      9. PrintOut Booking Hotel
      Bookingan hotel ini ane percayakan ke booking.com dimana ada klausul free cancelation. jadi kalo visa di tolak kita bisa cancel bookingan hotel tsb. (pait pait pait jangans ampe di tolak lah gan).
       
      10. Itinerary Trip
      Disini ane melampirkan rincian rencana perjalanan ane disono. Mau kemana dan ngapain aja disana.
       
      OKe... Setelah persyaratan diatas lengkap. ente bisa buka web untuk permohonan online aplikasi Visa UK. Untuk kepengurusan visa uk ada sebuah perusahaan di indonesia yaitu VFS Global yang ada di Lt 2 Mall Kuningan City. Jadi aplikasi kita, kita ajukan ke mereka kemudian mereka yang akan berurusan langsung dengan UK Embassy yang ada di Manilla. Saran ane jangan teralalu mepet ngurus visa ini. karene visa ini di kirim ke manilla. tidak di proses di jakarta. oleh karena itu akan memakan sedikit waktu. Berbeda dengan kepengurusan visa schengen (perancis) yang bisa selesai dalam jangka waktu 4 hari. untuk link nya ente bisa aksis di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

       
      Nah ente pada bisa ikuti petunjuk registrasi di web tersebut. perlu diketahui bahwa kepengurusan Visa UK ini ente wajib membayar langsung visa online biaya visa tersebut. Jadi resiko untuk kehilangan lebih cepat dana yang udh ente transfer lebih besar. Langkah Simplenya seperti berikut :
      Pertama ente registrasi. kemudian link konfirmasi akan di kirimkan ke email ente. kemudian ente pilih visa apa yang akan ente buat. Setelah itu lengkapi mengisi form aplikasi online nya. setelah lengkap pengisian fomn di setiap halaman maka ente akan di informasikan untuk lanjut mengeprint declaration signed. yang berarti form ente sudah lengkap dan siap untuk di cetak. Setelah itu ente diminta untuk menentukan kapan datang ke kantor VFS yang berada di Kuncit untuk penyerahan berkas dan foto serta sidik jari. Nah setelah ente menentukan tanggal dan waktu kedatangan ente disuruh membayar sebesar USD128 (ane terakhir aplikasi bulan feb seharga itu).  Ente wajib bayar terlebih dahulu. Beda dengen kepengurusan visa schengen yang dibayar pada saat kita selesai menyerahkan berkas. Nah stelah ente bayar maka akan ada email mengenai pembayaran tersebut. ente print semua form aplikasi, dan bukti pembayaran visa serta lembar konfirmasi kedatangan.
       
      Hari H tiba....
      Setelah semua berkas siap. ane dateng ke kantor VFS di lt 2 di Kuncit. Ane buat janji jam 09.10 . jadi jam 09.00 ane sudah bisa masuk ke dalam kantor tsb. Sama seperti kepengurusan visa Schengen sebelumnya. Didalam kantor VFS dilarang mengaktifkan Smartphone. Tapi Disini ente masih bisa membawa masuk. sedangkan di kepengurusan visa Schengen via TLS contact semua smart phone dan handphone wajib masuk kedalam locker. Oke selanjutnya ane masuk dengan penuh ketenangan ane sedikit bertanya kepada bapak security disana. Kemudian security menanyakan ke mana kita akan mengurus visa. Karena di kantor VFS ini ada beberapa negara juga yang visa nya di urus disana. maka tentukan tujuan kita dateng kesana untuk ngelamar salah satu mbak2 cantik disana (pasti langsung di usir ente klo bilang gitu). Oke ente bisa bilang ke security klo ente akan urus Visa UK. maka ente akan dikasih no antrian. dan duduk di depan conter untuk penyerahan berkas dan form aplikasinya.
      Gak lama kemudian no ane di panggil. oke dengan pecaya diri ane menghampiri mbak2 yang memanggil manggil ane. hahahaa (lebay) ... berkas ane serahkan. kemudian doi ngecek2 berkas nya. Gak lama kemudian gak sampai 10 menit ane disuruh cek list (cek list inin diberikan mbak2 nya untuk memastikan berkas kita sudah lengkap atau belaum, asli atau copy) ane cek list dengansedikit chit chat untuk mencairkan suasana (ane pikir akan ditanya "mw ngapain di UK? Brp lama di UK? Sama siapa di UK?" alhamdulillah ane kagak ditanya2.. malah terkesan komunikasi pasif. Setelah selesai cek list, kemudian si mbak tersebut menyodorkan form yang wajib kita tanda tangani. setelah selesai maka si mbak tersebut menawarkan untuk memantau perkembangan visa via SMS (dalem hati gw udah seneng "wah bakal dikasih no mbak ini" hahaha) sebesar 25rb rupiah. Oh iya perkembangan kepengurusan visa ini hanya sebatas sampai mana visa anda di proses. karen kita gak pernah tw apakah visa kita di setujui atau tidaknya. sebelum paspor berada ditangan kita. Oke setelah selesai dengan mbak satu ini ane kemudian kembali ke kursi tunggu yang berada di depan mbak tersebut untuk di panggil masuk keruangan untuk proses foto dan pengambilan sidik jari. setelah menunggu sekitar 20 menit, ane dipanggil masuk ke ruang tersebut. dan setelah foto serta pengambilan sidik jadi ane pulang dan terus berdoa sampai hari dimana paspor ane dikembalikan.
       
      Dan kemudian.... ane melakukan penyerahan berkas ke VFS adalah tanggal 09 feb 16 dan pada tanggal 19 feb 16 ane dapet sms klo paspor ane sudah bisa diambil di kantor VFS. Dikarenakan ane berada di pulau yang berbeda. maka ane sebelumny sudah mengirimkan surat kuasa ke temen yang ada di Jakarta untuk kuasa pengambilan paspor ane.
      dan..... alhamdulillah rejeki anak sholeh... visa UK ane di setujui...
       

      yuhuuuuu visa kunjungan diberikan 180 hari.
      oke segitu dulu sharing pengalaman urus Visa UK ane.. semoga memotivasi temen temen untuk coba mengurus semua persyaratannya sendiri. Dan jangan lupa sering sering lihat promo maskapai luar... hehehe karena kita gak tau kapan rejeki kita dapet tiket murah... hahahaa
       
    • By mone
      Hai Jalan2ers semua.
       
      Gimana yang abis pada Gathering Nasional ke-7, pasti menyenangkan. Saya pengen ikut sebenar'y tapi berhubung waktu yang bentrok ama perjalanan saya jadi saya tidak bisa ikut pergi kesana. Tapi saya bukan mau ngomongin gathering bsich hari ini, lebih ingin menceritakan pengalaman pribadi saya waktu akan mengajukan aplikasi visa korea selatan.
       
      Awal mula dari kisah ini adalah cita - cita saya sejak SMP yang ingin sekali mengunjungi negeri ginseng karena terhanyut oleh drama korea yang tidak monoton dan selalu mempunyai daya tarik tersendiri untuk setiap serial'y. Nah sejak januari 2013 saya sudah mempersiapkan dana untuk pembelian tiket pesawat menuju korea selatan, dan pada januari 2014 saya berhasil mendapatkan tiket menuju korea selatan. Namun saya hanya membeli tiket pergi saja karena saya masih ragu untuk jadwal kuliah saya. Dan setelah saya menginformasikan promo tiket itu, ada teman dari forum ini yang berminat ikut yaitu mas @KABULRIYANTO. dan mas kabul pun membeli tiket dengan jadwal keberangkatan sama seperti saya. jadwal keberangkatan kami adalah saat musim dingtin yaitu pada bulan februari 2015.
       
      Selama setahun lama'y saya mengumpulkan uang jajan untuk mempersiapkan dana liburan saya. Dan sampailah pada bulan desember sesuai dengan schedule saya untuk pengajuan visa. Namun saya mendapat kabar buruk dari mas @KABULRIYANTO, ternyata dia tidak bisa ikut dengan saya karena harus melanjutkan sekolah lagi yang jadwal'y bentrok dengan jadwal keberangkatan kami ke korea. Alhasil saya mengajukan sendiri visa korea selatan.
       
      Pada tanggal 30 Desember 2014 saya mengambil cuti untuk apply visa korea, sebenar'y tidak perlu cuti juga bisa, tapi karena mau sekalian ketemu rekanan jadilah saya ambil cuti. Pagi hari saya berangkat menuju konsuler korea yang ada di alamat ini:
      Alamat : Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950 Tel : 62-21-2967-2555 Fax : 62-21-2967-2556/2557 E-mail : Jam Kerja : 08:30-12:00, 13:30-16:30 Saya datang kesana sendirian menggunakan busway, jarak'y hanya tinggal jalan sedikit aja dari halte busway. Nah saya langsung menyerahkan dokumen saya ke konsuler korea karena disana sangat sepi sekali dan hanya ada beberapa travel agent yang sedang mengurus visa juga. Setelah dokumen saya diserahkan, saya membayar biaya visa sebesar Rp. 480,000 dan mendapatkan bukti tanda terima dari staff konsuler korea. Dokumen yangt saya serahkan seperti yang tertera di website mereka seperti di bawah ini:
      < Persyaratan Dokumen >

      - Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
      - Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
      - Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
      - Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
      - Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
      - Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:
          * Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
          * Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
          * Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank 
          * Surat keterangan dan copy kartu membership golf
          * Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
          * Surat keterangan pemegang program jamsostek
          * Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun

      ** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
      ** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
      ** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
      ** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

      ** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen
      NB: Nanti saya share picture lampiran dokumen yang saya serahkan ke konsuler korea.
       
      Saya diminta untuk kembali lagi pada hari brabu, 7 Januari 2015. Dan saya pun menunggu dengan was was sampai tanggal tersebut. Namun sebelum saya datang pada tanggal 7, saya diminta untuk menghubungi pihak konsuler terlebih dahulu.
       
      .............
       
      Tiba saat'y tanggal yang ditunggu2, yaitu tanggal 7 Januari 2015, saya sudah tidak sabar menunggu hasil aplikasi visa saya. Saya menghubungi pihak konsuler pada pukul 9 pagi, dan ternyata saya mendapat jawaban yang kurang memuaskan, yaitu saya harus menghubungi mereka sejam lagi. Saya tetap tidak putus asa dan saya coba telepon lagi saat jam 10 pagi. Namun jawaban mereka masih saja sama, saya suruh menghubungi mereka sejam lagi. Dan hari itu setiap jam saya menghubungi nkonsuler korea sampai tiba pukul 4 sore saya mendapat jawaban yang mengecewakan saya harus menelepon kembali besok.
       
      Keesokn harinya saya telepon kembali konsuler korea jam 9 pagi, tapi sungguh bsangat menyebalkan, saya diberikan jawaban yang sama oleh mereka yaitu saya harus menelepon kembali sejam lagi. Saya masih tidak menyerah dan terus mencoba, dan ketika sore hari saya mendapatkan kekecewaan kembali, yaitu saya harus menelon kembali esok hari.
       
      Hari ketiga yaitu jum'at 09 Januari saya coba kembali telepon setiap jam seperti sebelum'y karena saya mendapatkan jawaban yang masih sama. Namun ketika sore hari ada sedikit harapan yang muncul, saya diminta datang untuk interview pada hari selasa  11 Januari 2015. Saya agak sedikit senang dan bingung saat itu, karena saya baca2 d blog, belum pernah ada yang d interview untuk pengajuan visa korea. tapi saya tetap positive thinking, meskipun ragu. Saya diminta datang dengan membawa persyaratan sebagai berikut:
      Tagihan Kartu Kredit (Asli dan Copy) BPKB Kendaraan (Asli dan Copy) Rekening Tabungan (Asli dan Rekening Koran) Ijazah Terakhir (Asli dan Copy) SPT PPH21 (Asli dan Copy)  
      Saya menyiapkan semua berkas tersebut sebelum tanggal 11 Januari 2015, dan ketika hari selasa tiba saya bersiap untuk interview pada selasa siang. Saya ijin keluar kantor dan menuju konsuler korea pada siang hari. Saat tiba disana konsuler korea lebih sepi lagi dan hanya ada saya sendiri. Tapi setelah saya menyerahkan dokumen tambahan yang diminta saya disuruh menunggu hampir 20 menit. Setelah itu saya langsung dipanggil untuk interview. Saya diajak masuk ke ruangan konsuler untuk bertemu langsung dengan konsuler dan ditanya beberapa hal seperti berikut ini:
      Apa tujuan datang ke korea? Disana akan kemana saja? Disana ada saudara atau kenalan tidak? Pergi kesana bersama siapa? (pertanyaan pake english yakh)
      Saya menjawab seperti biasa, namun dia beranya juga kenapa di tiket saya tercantum nama lain'y, dan saya menjawab dia tidak jadi berangkat.
       
      Saya kembali menunggu lagi hasil interview sekitar 10 menitan.dengan jantung deg - degan saya menunggu bhasil interview dan sangat gugup apakah visa saya diterima atau ditolak. Saya dipanggil oleh staf konsuler dan diberitahukan jawaban yang langsung membuat saya lemas. Dia bilang begini:
      " mas maaf yakh visa tidak disetujui oleh konsuler, karena mas pergi sendirian dan juga mas baru pertama kali ke korea. Itu terlalu berbahaya."
      Saya langsung shock, koq alesan'y gak logis banget yakh, masa cuma gara2 hal kaya gtu saya tidak bisa diberikan visa, padahal selama ini saya travel sendirian gak masalah tapi kenapa ini malah dijadikan alasan. DAn pihak staff tidak bisa berbuat apa2 karena itu adalah keputusan final, dia bilang saya tidak bisa mengajukan visa korea lagi sampai 3 bulan ke depan, jadi saya baru bisa mengajukan visa pada bulan april.
       
      Saat itu saya sudah tidak mood lagi datang ke kantor, pasti teman sekantor bakal; bertanya, alhasil saya baru balik ke kantor setelah pukul 5 sore. Saya langsung ceritakan hal ini ke orang2 yang mengetahui proses pengajuan visa saya salah satu'y adalah momod @deffa. Mereka semua memberikan support ke saya yang sedang kacau karena mimpi ke korea gagal karena visa ditolak.
      Namun setelah bercerita2 dengan momod @deffa terutama, saya diigatkan kembali oleh dia kalo masih ada jalan lain untuk menuju korea. Sebenar'y saya pernah menyampaikan hal ini sebelum'y ke momod ndi forum ini ketika dia akan pergi ke jepang, namun saya baru menyadari setelah diingatkan kembali oleh momod @deffa. (maklum lagi kacau abis pikiran ).
      Ada satu cara supaya saya bisa tetap pergi ke korea, yaitu dengan cara saya harus apply visa jepang. karena menurut pertauran mereka kalo kita pergi ke jepang menggunakan visa jepang, maka kita akan bebas masuk korea selama 30 hari seperti penjelasan di bawah ini.
       
      http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDeta...showMenuId=375
      Transit tourists bound for another country
      Eligible countries

      Applicable to all countries (save for Cuba, and Macedonia) that are not granted visa-free entry into Korea.

      Applicable to

      Those with a visa or a re-entry permit for U.S., Japan, Canada, Australia, or New Zealand (5 countries) and traveling to any one of those countries through Korea.
      Those traveling from any one of the five countries mentioned above, whose final destination is not Korea.

      Requirements

      Must have a confirmed onward flight ticket for departure within 30 days after entering Korea, in addition to having no record of criminal offence in the five countries mentioned above.


      atau secara singkat
      Punya visa U.S., Japan, Canada, Australia, or New Zealand
      naik pesawat
      transit di korea
      Menuju atau dari U.S., Japan, Canada, Australia, or New Zealand
      Menunjukkan tiket keluar korea dalam 30 hari setelah tiba pada tanggal yang pasti
      Bukan warga negara Cuba, and Macedonia
       
      Nah saya langsung mencari persyaratan untuk pengajuan visa jepang karena waktu saya sudah sangat mepet sekali. Dalam seminggu sejak tanggal 12 Januari 2015 saya mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk pengajuan visa jepang. Saya mempunyai harapan terakhir di visa jepang ini. tunggu kelanjutan penulisan visa jepang yakh kawan2...
       

       
      Attachment.