Sign in to follow this  
nonaJJ

Mie Aceh Seulawah di Benhil Jakarta

4 posts in this topic

Indonesia dan banyak negara di Asia memang suka banget sama yang namanya mie. Banyak macam mie yang bisa dinikmati, baik yang instan maupun yang bukan. Dan di negara kita ini bukan hanya dikenal sebagai negara dengan mie instan terenaknya di seluruh dunia, tapi juga oleh mie yang bercita rasa otentik daerah yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari sabang sampe merauke kita pasti punya rasa mie yang istimewa masing-masing, dan di antaranya adalah Mie Aceh. Yap, siapa nih yang belum pernah coba mie Aceh? Kayaknya wajib banget deh cobain mie yang satu ini.

Nggak perlu jauh-jauh ke Aceh buat yang pengen banget nyoba rasanya mie Aceh. Di Jakarta ini, salah satu lokasi yang banyak dikenal dengan mie Acehnya adalah di Bendungan Hilir atau yang biasa disebut dengan Benhil yang letaknya ada di jakarta pusat. Kalau udah masuk kawasan Benhil, kita bukan hanya akan melihat banyak banget lokasi percetakan, tapi juga tempat makan yang jual Mie Aceh. Hmm saya termasuk beberapa kali pernah coba makan mie Aceh di sini, dari yang di gerobak biasa tanpa nama sampe masuk ke salah satu lokasi yang cukup banyak direkomendasikan di media sosial. Karena tempat makan langganan (gerobak biasa depan pasar Benhil) lagi ditutup, makanya saya coba googling dan nemu ini, Mie Aceh Seulawah.

Dari banyak review orang yang makan di sini, Mie Aceh Seulawah memang nggak asing lagi buat para pecinta mie aceh. Mie ini termasuk yang sangat populer di media sosial yang bikin saya penasaran. Saya pun menemukan alamatnya, yaitu di Jalan Bendungan Hilir Raya Nomor 8. Setelah lihat google map, ternyata lokasinya ada setelah Pizza Hut dan pas banget di seberang RS AL Mintohardjo. Yep, nemu, ini dia sekilas penampakkannya dari luar. 

rm-seulawah.jpg

Kalau dilihat memang bukan resto besar gitu, melainkan hanya warung makan biasa yang berada di antara warung-warung makan lainnya. Pantas saja saya baca ada yang bersyukur banget bisa dapat parkir mobil ketika ke sana, karena emang halamannya susah buat parkir mobil. Ketika melihat pelatarannya, banyak motor yang berjejalan di parkiran. Dan pas agak masuk, saya baru sadar, itu emang parkiran mie aceh seulawah yang rame. Dan pas di dalam, penuh dong. Saya mau harus rela menunggu. Hmm ekspektasi saya semakin besar buat nyobain mie yang kuning ini. Sampe ada waiting list kan berarti enak banget kali ya?

Hmm akhirnya kita dapat meja juga setelah sekitar 10 menit nunggu. Hmm mau komen tentang pelayanannya sih. Sebenernya nggak lama tapi mbak-mbaknya jarang senyum, hehee cape kali ya jadi ya udah deh. Nah, lokasinya dulu ya. Tempatnya sih nggak besar. Kalau nggak salah, ada sekitar 8 meja yang tersedia. Satu meja bisa untuk ber-6 orang deh. Tenpatnya sangat sederhana kayak rumah makan padang biasa aja gitu dan nggak ada AC. Jadi jangan ngebayangin ini macam resto atau cafe lucu gitu. Tapi yang menarik perhatian adalah temboknya yang penuh dengan testimoni dari public figure. Bahkan ada juga klipingan liputan yang pernah dilakukan Pak Bondan maknyus :) 

Hmm beda dengan mie Aceh yang ada di gerobak depan pasar Benhil, harga yang ada di sini mie Aceh nya muli dari 28 ribu. Mi nya ada pilihan daging, udang dan spesial yang mana gabungan antara daging dan udang. Ada juga yang digoreng, tumis, maupun rebus. Ya pokoknya sama seperti menu mie Aceh lainnya. Selain mie, ada juga nasi goreng ala Aceh dan berbagai cemilan seperti roti cane yang bisa pakai toping keju dan cokelat. cukup vaiatif memang pilihan menunya. Nah, akhirnya kita pesan dan nggak lama, pesanan pun datang. Hmm untuk porsi standar sih nggak banyak banyak banget.

b534.jpg

Dan ini yang paling penting, bagaimana rasanya? Mie Aceh Seulawah ini banyak yang bilang bumbunya pas banget. Emang sih, tapiii mungkin rombongan kami lagi nggak pas aja kali ya. Disambut dengan mbak-mbak yang tampaknya lelah semua ditambah pas makan kok ya rasanya masih enakan yang di depan pasar benhill yang di gerobak tanpa nama ya? Kurang nampol bumbunya dan kurang fresh, kurang panas juga. Jadi berasa makan mie angetan :( Hmm saya kira saya doang yang ngerasa begitu, tapi ternyata kami satu rombongan merasa emang kurang nampol. Apa terlalu besar ya ekspektasinya? hiks. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By nonaJJ
      Di mana tempat ngabuburit favorit kamu? Kalau warga Jakarta pasti tahu deh Pasar yang satu ini. Pasar benhil atau pasar bendungan hilir yang ada di Jakarta Pusat. Pasar ini sudah banyak diliput berbagai media kalau bulan puasa datang. Tahu kenapa? Karena Pasar Benhil ini merupakan pasar yang selalu super duper ramai dan padat apalagi di waktu-waktu menjelang buka puasa.
       

       
      Pasar Benhil sudah berdiri sejak lama. Pasar ini difungsikan menjadi pasar takjil alias pasar yang menyediakan aneka menu buka puasa sejak tahun 2000. Dari situ, pasar yang terletak di Jakarta Pusat ini selalu ramai dari tahun ke tahun.
       
      Ada apa aja sih di Pasar Benhil ini? Pasar Benhil menyediakan aneka menu makanan berbuka puasa. Mulai dari menu-menu yang ringan saja sampai ke makanan berat yang jadi menu makanan utama. kalau mau cari gorengan, bubur sum-sum, segala rupa es, kolak, biji salak, atau menu-menu jajanan tradisional berlimpah di sini. Kita hanya perlu siapkan energi untuk membaur bersama warga lainnya berburu takjil sesuai selera.
       
      Selain makanan yang ringan sebagai pembuka puasa seharian, di sini juga ga kalah rame soal makanan utamanya. banyaknya sih memang masakan padang. tapi tunggu dulu, aneka ikan bakar sampai menu-menu ala berbagai wilayah di Indonesia disediakan di sini. Banyak banget deh dan akan membuat kita punya banyak pilihan sekaligus juga bingung mau makan apa.
       
      Menu buka puasa bukan satu-satunya makanan yang dijajakan di sini. Bahkan nih, di Pasar Benhil juga sudah menyediakan aneka kue lebaran. Weeeeehhh bisa beli dari sekarang dong? heheh. Nah, suasana ramai dan hiruk pikuk di Pasar Benhil akan semakin ramai lagi kalau ada media atau bahkan artis yang datang. Jangan salah, karena memang udah terkenal banget jadi selalu aja ramai dan nggak pernah sepi.
       
      Berapa ya harga makanan di Pasar Benhil ini? kalau dibilang murah sih nggak juga. Yang jelas mungkin masih relatif standar tapi agak mahal sedikit lah dari biasanya. Kok bisa? Wajar sih, karena lokasi Pasar Benhil ini berada di area perkantoran. Harganya berbagai kisaran. kalau gorengan bisa sekitar Rp 1000 atau Rp 1500 sampai Rp 2500 per satuannya. Beda lagi dengan makanan berbuka lain kayak kolak, bubur sum-sum, es dan sebagainya. Variannya sekitar Rp 5000 hingga Rp 8000 an. Kalau makanan berat, bisa coba yang mulai dari Rp 15,000. Nah, untuk kue-kue lebarannya juga macam-macam. Sekitar Rp 35.000 hingga Rp 60,000.
       
      berdasarkan sumber yang saya dapat dari kompas, para penjaja makanan di Pasar Benhil ini sudah turun temurun. Jadi, sudah langganan tiap tahunnya sewa tempat atau lapak. Jadi, tiap tahun banyak yang sudah tetap tempatnya. Untuk para pedagang baru jadi agak kesulitan jika mau bergabung. Setiap stand udah ada yang booking.
       
      Harga sewanya ternyata cukup mahal. Satu stand bisa mulai dari Rp 2,5 sampai 3,5 juta selama satu bulan puasa. Ditambah lagi, ada biaya kebersihan sama biaya jasa angkut meja setiap harinya Rp 50,000. lumayan banget kan? Tapi kalau ga ketutup sama omset yang didapat pasti sepi. Jadi, kebayang ga berapa omset dalam satu bulan yang bisa didapet tiap penjaja.
       
      Apalagi nih, di sini buka dari jam 11.00. Walaupun banyak yang bilang puncaknya ada di jam 17:00, tapi ternyata sekitar pukul 16:00 aja udah bingung pilih stand mana karena saking sana-sini ramai. Nah, jadi mau ke Pasar Benhil ini?
      Sedikit tips, kalau mau ngabuburit, ini dia tipsnya:
      1.       Perkirakan waktu berangkat sama jam buka puasa, diperkirakan jangan sampai tadinya niat mau buka puasa di luar sambil ngabuburit malah habis waktunya karena macet dan lain hal.
      2.       Ajak teman. Untuk lebih seru, ngabuburit memang ngajak teman. Lebih ramai jadi akan lebih seru
      3.       Tentukan tempat. Tentukan lokasi berbuka sebelum memutuskan untuk ngabuburit. Misalnya memang ingin pergi ngabuburit hunting makanan buka puasa di Benhill jadi bisa sekitar sana.
      4.       Tetap waspada, hati-hati menikmati buka puasa di pinggir jalan. Sebaiknya tetap waspada. Pilih lokasi yang lebih bersih dan kelihatan lebih terjamin.