baihaki1985

Wisata Anti Mainstream di Taiwan, Stasiun Kereta Berbentuk Kipas

5 posts in this topic

Meskipun Taiwan adalah negara yang wilayahnya tak terlalu besar, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dijelajahi selama di negara tersebut. Baik tempat wisata yang populer ataupun lokasi wisata yang anti mainstream dan jarang dikenal. 

Nah, untuk lokasi wisata yang anti mainstream, terdapat sebuah tempat yang mempunyai daya tarik tersendiri. Tempat tersebut adalah sebuah garasi kereta tua yang mempunyai desain arsitektur unik mirip sebuah kipas di kota Changhua. Garasi kereta ini pun kerap disebut dengan nama Fan Shaped Train Garage Changhua Station atau Roundhouse Changhua Station.

roundhouse_changhua_2.thumb.jpg.6c6e96eb

Roundhouse Changhua dilihat dari atas (kredit: Vimeo).  

Garasi Kereta Stasiun Changhua ini dibangun pada tahun 1922. Meskipun sudah berusia sangat tua, bangunan stasiun ini masih digunakan lho hingga sekarang. Jadi, bisa dikatakan kalau tempat ini merupakan saksi sejarah perkembangan negara Taiwan dari dulu hingga sekarang. 

Stasiun kereta ini berfungsi sebagai lokasi garasi lokomotif kereta. Selain itu, di sini juga menjadi tempat untuk perbaikan ketika ada lokomotif yang mengalami kerusakan.Desain yang unik ini pun memberi kemudahan dalam fungsinya sebagai sebuah garasi kereta. Dengan desain ini, memberi ruang yang cukup untuk bisa memarkir ataupun memperbaiki lokomotif dalam ruang yang terbatas.

Garasi stasiun ini pun kerap dijadikan tempat menginap lokomotif jarak jauh. Dan karena itu, tempat ini pun juga memperoleh sebutan "hotel lokomotif".  Desain dari stasiun ini memang cukup menarik. Biasanya sebuah garasi kereta mempunyai desain normatif berbentuk persegi. Namun lain halnya dengan garasi kereta di stasiun ini, di mana garasinya didesain berbentuk seperti sebuah kipas lipat atau biasa disebut dengan nama roundhouse. 

roundhouse_changhua.thumb.jpg.00b7757767

Deretan kereta terparkir di Roundhouse Changhua (kredit: Wikipedia)

Bangunan garasi kereta seperti ini pun sebenarnya sempat ada lima buah di negara Taiwan. Kelima stasiun tersebut sama-sama dibangun pada masa pendudukan Jepang di Taiwan. Sayangnya, saat ini hanya terdapat satu yang tersisa. 

Selain itu, bangunan garasi stasiun berbentuk kipas seperti di Changhua ini pun terbilang sangat langka di level dunia. Stasiun ini pun merupakan satu dari tiga bangunan serupa yang ada di seluruh dunia yang kini masih bisa dijumpai. 

Kereta-kerata yang diparkir di sini pun mengarah ke depan. Hal ini disesuaikan dengan desain awalnya yang ditujukan untuk kereta uap. Seperti diketahui, lokomotif kereta uap hanya bisa berjalan ke depan. Berbeda dengan kereta sekarang yang bisa melaju dalam dua arah. 

changhua_roundhouse.thumb.JPG.02750f59c8

Garasi stasiun berbentuk kipas di Changhua (kredit: Sullivan Chen)

Dalam pengoperasiannya, stasiun ini pun dilengkapi dengan rel kereta melingkar yang bisa diputar. Selain itu, terdapat jalur tambahan yang terletak di bagian tengah dari jalur kereta melingkar. Dan jalur kereta melingkar ini pun difungsikan untuk mengubah arah dari lokomotif. 

Stasiun kereta berbentuk kipas atau yang kerap disebut dengan nama roundhouse seperti di Stasiun Changhua ini pun sebenarnya cukup banyak. Stasiun berdesain roundhouse tersebut secara khusus memang didesain untuk lokomotif kereta uap. Namun seperti yang tertulis sebelumnya, keberadaan stasiun berbentuk roundhouse saat ini sangatlah langka. 

Karena tempat ini adalah sebuah stasiun garasi untuk kereta uap, tentu saja bisa juga dong menjumpai lokomotif kereta uap di sini. Terdapat tiga lokomotif uap yang biasa terparkir di stasiun ini, yakni CK101, CK124 dan yang terakhir adalah DT668.

lokomotif_uap.thumb.jpg.127d536b43e1f64a

Dua lokomotif uap CK101 dan CK124 di Garasi Stasiun Kereta Changhua (kredit: internationalsteam)

Ketiga lokomotif uap tersebut pun semuanya merupakan kereta buatan Jepang. Dan yang paling tua merupakan CK101 buatan Kisha Seizo pada tahun 196. Sementara itu CK124 dan DT668 masing-masing dibuat oleh Nippon Sharyo di tahun 1936 dan Kawasaki di tahun 1941. 

Keunikan lain yang bisa dijumpai di Garasi Stasiun Kereta Changhua ini adalah keberadaan dua patung robot. Kedua patung tersebut punya desain yang jadul, jauh dari sebuah desain robot yang di zaman sekarang. Benar-benar merepresentasikan kondisi gedung yang dibangun pada zaman dulu. 

robot_changhua.thumb.JPG.f6d05afa085c298

Salah satu patung robot di Changhua Roundhouse (kredit: Flickr/Wm Jas)

Untuk menuju ke tempat ini pun tidak terlalu sulit. Para traveler bisa secara langsung menuju ke Stasiun Changhua. Dari stasiun, perjalanan bisa dilanjut dengan berjalan kaki kurang lebih selama 15 menit, maka sampailah di Garasi Stasiun Kereta Changhua yang berbentuk unik ini. 

Menariknya lagi, tempat ini bisa didatangi secara gratis lho. Meski begitu, untuk masuk ke tempat ini harus melakukan registrasi terlebih dulu. Tempat ini buka dari pukul 8 pagi hingga 12 siang dan dilanjut pukul 13:00 hingga pukul 17:00. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now