Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

Endar

Taman Laut Tumbak

Recommended Posts

Manado tidak asing dengan taman laut Bunaken, tapi kalau taman laut Tumbak masih jarang terdengar. Lokasinya sekitar tiga jam dari Manado. Melewati Tomohon yang sejuk sampai Minahasa Tenggara dan Tumbak adalah desa paling ujung yang langsung berbatasan dengan Laut Maluku.

Bertolak dari Jakarta Jumat malam saya tiba di Manado tengah malam. Di Manado saya menginap di rumah teman dari jejaring sosial traveler. Sabtu pagi saya menuju ke Tumbak tapi sebelumnya mampir-mampir dulu di Tomohon. Ada bukit doa Tomohon, Patung Tuhan Yesus Memberkati, Pasar Tomohon, Danau Linow, kebun bunga dan masih banyak tempat lainnya yang dapat kita singgahi di Tomohon. Dari perjalanan Tomohon sampai Tumbak akan banyak melewati desa-desa yang memiliki ciri khas masing-masing. Seperti Kiawa yang khas dengan pengrajin kayu, Languan yang terkenal dengan tomatnya, Pangu dengan salaknya, Kawangkoan dengan kacang dan olahan kacangnya, Tomohon dengan sayurnya, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan lintas jawa atau sumatera yang banyak ditemukan masjid, disetiap  kota akan banyak menemukan gereja. Hal ini karena mayoritas penduduk disana adalah Nasrani. Dari Tomohon ke Tumbak sekitar 2jam dengan jalan yang sudah bagus, hanya ada bagian yang masih dalam tahap perbaikan. Saya sampai di Tumbak malam hari sekitar pukul tujuh dan langsung bertemu dengan keramahan warga Tumbak. Teman baru saya di Tumbak, Ilham, langsung mengajak saya berkumpul bersama teman-temannya sebelum ke Tumbak Cottage – untuk minum. Tapi karena sudah malam dan harus menyebrang dengan perahu dulu jadi saya putuskan untuk langsung menyebrang.

Awalnya saya pikir akan menggunakan perahu ketinting yang agak besar tapi ternayata perahu yang digunakan seperti sampan, tanpa ada sayap. Malam itu bintang indah sekali, angin tidak begitu kencang dan ombak teduh. Saya pun berbicara ke bapak Kentz, "Wah, ombaknya tenang ya Pak." Pak Kentz menjawab, "Kalau disini mau tujuh belasan ombak bakal kencang, Dek. Teduh lagi setelah tujuh belasan." Woh, saya pikir ombak malam itu teduh dan ternyata teduh karena masih di pinggiran. Semakin ke tengah semakin goyang perahunya. Peluk tas dan jangan banyak goyang berharap perahu tidak terbalik. :S

IMG_20150817_214827.jpg

Lima belas menit kemudian saya sampai di Tumbak Cottage, Cottage yang berada langsung ditengah taman laut Tumbak dibalik pulau kecil yang tidak ada daratan hanya hutan bakau saja. Di Tumbak Cottage ada dua kamar, yang satu sudah terisi. Saya tidur sendiri di cottage ini. Setelah selesai berberes, saya ke depan, berbaring beratapkan langit yang bertabur bintang. Takjub. Tenang. Indah. Bukannya lebay tapi di Jakarta sudah tidak bisa lagi mendapatkan moment ini. Tidak beberapa lama angin semakin kencang, saya putuskan masuk kamar.  Suara angin ditambah batang-batang bakau yang bergesekan membuat riuh malam itu. Tidur tidak nyenyak, sedikit-sedikit terbangun. Takut tiba-tiba sudah di dalam air. Jam 2, Jam 4, Jam 5 saya bangun. Mengintip dari jendela, cahaya matahari sudah sedikit muncul. Saya keluar sambil menikmati pagi dengan secangkir teh hangat. Laut sudah sedikit tenang.

IMG_20150829_081616.jpg

Jam setengah tujuh pagi Pak Kentz dan dan Ilham membawa sarapan. Setelah selesai sarapan, saya dan teman-teman dari Jayapura berkeliling taman laut Tumbak. Kami menuju pulau Baling-Baling. Ombak pagi itu cukup besar. Ada sekali waktu Pak Kentz harus mematikan mesin kapal agar  Pulau yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dari atas pulau. Untuk ke atas pulau harus tracking sekitar 5menit dengan kontur yang terjal. Pantai di pulau ini berpindah mengikuti arah angin. Saat itu pantai berada disisi barat pulau, di musim lain pantai bisa berada disisi timur pulau.  

IMG_20150816_133501.jpg

Harusnya kami ke pulau Ponteng tapi karena ombak tidak membaik kami menuju ke pantai Pasir Panjang untuk snorkeling dan tracking di sabana. Arus masih kencang jadi snorkeling agak sulit. Sudah puas di Pasir Panjang kami kembali ke cottage untuk makan siang. Setelah makan, rombongan sebelah kembali ke Manado jadi hanya saya yang tinggal di cottage. Di Cottege saya snorkeling dan ternyata di sekitar cottage underwaternya sungguh cantik. Kita bisa menemukan clown fish, blue spot fish ray, belut laut, fugu dan banggai cardinal fish yang cantik dan langka.

IMG_20150816_180046.jpg

IMG_20150826_215159.jpg

IMG_20150819_172935.jpg

IMG_20150818_164915.jpg

IMG_20150821_225929.jpg

Sorenya saya kembali ke Tumbak dan bermalam di rumah Pak Kentz. Di tengah perjalanan Pak Kentz membawa saya ke spot snorkeling yang tidak kalah cantik. Baru terjun saya sudah menemukan red fan tapi karena arus benar-benar kencang, saya tidak kuat jadi saya putuskan untuk langsung kembali ke Tumbak. Sudah bersih-bersih saya jalan-jalan di perkampungan Tumbak. Ujung jalan langsung bertemu dengan dermaga dan tidak ada lagi jalan. Jadi Tumbak ini perkampungan akhir. 

PicsArt_1439819599981.jpg

IMG_20150818_184926.jpg

Pagi-pagi saya menikmati sunrise di belakang rumah Pak Kentz. Luar biasa cantik. Waktu itu ada tim si Bolang jug yang lagi shooting di Tumbak dan mereka juga mendokumentasikan sunrise pagi itu. Ombak pagi itu lebih tenang dari kemarin jadi saya diajak pak Kentz untuk pergi ke pulau Ponteng. Di Ponteng ini sebenarnya terdapat spot snorkeling yang super cantic dan kalau beruntung bisa melihat anak hiu tapi karena arus sedang kuat-kuatnya jadi tidak bisa snorkeling. Kami hanya tracking saja di pulau ini. Setelah dari Ponteng, saya kembali ke Tumbak dan langsung beres-beres untuk kembali ke Manado.

 

 

Edited by Endar

Share this post


Link to post
Share on other sites

ini kedalaman berapa meter ya...?

arus lautnya kuat gak..??

Mas @gung itu dangkal kok, foto2 diatas   cuma kedalaman 1-1,5meter. pas depan cottagenya.
kalo pas kesana arus lagi kuat krn angin selatan jadi ga banyak yang diexplore. Bagusnya kesana nov, des, karena lagi angin utara. Disana bisa kayak danau.

@Endar

wah ini pas diving atau snorkeling aja ya ?

ditunggu FR nya biar baca nya enak heheh :D

ini snorkeling aja mas @deffa  kalo diving lebih bagus lagi.. tapi blom ada penyewaan alat divingnya..

Siap...

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...