• 0
Sign in to follow this  
bangchangkyu

Sepeda Ontel

Question

Ngomongin Sepeda Ontel, ini termasuk salah satu peninggalan sejarah bangsa nih. Sepeda Ontel adalah sepeda yang pertama kali masuk ke Indonesia. Dulu, sejak orang2 Belande mulai jajah kita, imporan sepeda dari sana banyak banget yang masuk.

Nah, mungkin masih banyak nih jalan2ers yang di rumahnya atau sodara yang masih nyimpen sepeda ontel. Ini barang sekarang jadi barang antik banget. Buat para kolektor barang2 antik, sepeda ontel jadi salah satu item yang mahaaaaallll dan banyak diburu. Ga segan2 ngerogoh kocek hingga ratusan juta rupiah buat beli ini ontel. Semakin lama tahunnya semakin mantap nilainya... :)

Selain itu, ontel juga masih lho jadi alat transportasi di beberapa daerah, salah satunya di daerah utara Jakarta. Daerah sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa misalnya, masih banyak ojek ontel yang beroperasi. Bukan tanpa penumpang, tapi masih aja ada kok bahkan masih rame lah yang nikmatin ojek ontel macem gini.

kalo yang mau ngerasian jalan2 pake ontel, di Jakarta ya Kota Tua tempatnya. Kalo di Jogja, ada juga di alun2 selatan. Mau yang single sampe yang tandem masih ada. Sebagai salah satu warisan sejarah, kita harus berusaha ngejaga warisan ini. Belakangan cukup santer kalo ontel mulai dibeli orang2 asing lho... Jangan ampe dibeli ama orang luar terus menerus dan akhirnya hilang. Bisa2 kita malah kehilangan identitas dan ciri bangsa sendiri. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

5 answers to this question

  • 0

Ya Di Jogja memang masih banyak sekali orang-orang, baik muda maupun sudah sepuh alias veteran :D - pada berkeliling menggunakan sepeda ontel setiap hari, lengkap dengan pakaian khas jaman belanda dulu :D

di Jogja memang ada komunitas sepeda termasuk sepeda ontel. kalo saya gak salah info sih, setiap hari jumat minggu terakhir dalam setiap bulannya pasti ada ngumpul2 barenk tuuhhhh . . . . B)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

iya, seru kalo liat mereka lagi pawai... lengkap ama seragam veteran... wiihh... keren.. makin jadul makin antik.. makin antik makin berharga.. makin berharga makin mahal... :D

apa jalan2ers ada yang ikut komunitas ontel ini?? share dong klo ada...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Pernah tuh motor g kempes ban,karena sudah mau masuk jam kantor..untuk nguber waktu aku nyetop sepeda ontel,takut banget waktu naiknya……bingung..takut jatuh juga…..Tapi aku kagum sama tuh ojek sepeda,dia mengayuh sepeda cepet banget,akhirnya g sampe kantor ngak telat deh…..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Pernah tuh motor g kempes ban,karena sudah mau masuk jam kantor..untuk nguber waktu aku nyetop sepeda ontel,takut banget waktu naiknya……bingung..takut jatuh juga…..Tapi aku kagum sama tuh ojek sepeda,dia mengayuh sepeda cepet banget,akhirnya g sampe kantor ngak telat deh…..

emang kantor dimana bos? iya awal2 ngeri tapi kalo udah kesanain biasa aja ya... :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this