Sign in to follow this  
ryaryuu

Papeda Papua, apa rasanya?

7 posts in this topic

Makanan pokok bangsa kita ini memang nasi yang berasal dari beras, termasuk indonesia bagian timur. namun , dahulu kala papua tidak menyantap nasi sebagai makanan pokonya, melainkan sagu. pelan-pelan kebiasaan itu berubah , sejak mudahnya transportasi ke papua, masyarakat papua mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokonya.

Papeda merupakan salah satu makanan khas Papua, yang dahulu kala merupakan maknaan sehari-hari. layaknya nasi timbel di jawa barat, papeda ini memiliki ciri khas papua. terbuat dari sagu dan disiram kuah kuning, papeda layak untuk dicoba.

salah satu restaurant yang menyajikan papeda ini adalah restauran di danau sentari, Yaougwa namanya. disini anda akan diberi 3 pilihan ikan, ikan gabus, ikan kue, dan ikan kakap. ketiga ikan ini dibuat dengan rasa asam kuning, dengan sambal dabu-dabu akan menambah selera makan anda.

rasa papeda sendiri mungkin terasa sedkit aneh. Papeda adalah bubur sagu berwarna putih bening yang dicampur kuah ikan asam kuning. pertama mengunyah mungkin anda akan merasakan sensasi lumer di mulut anda dengan perpaduan rasa asin asam. bagi anda yang tidak suka anyir, pilihlah ikan danau, namun hati-hati kebanyakan restaurant mungkin menyajikan ikan yang agak bau tanah, restauran yaugwa salah satu yang sangat handal dalam menyajikan papeda ini, jadi dijamin rasanya paling pas diantara yang lain.

papeda2.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya pernah ni, sama temen2 anak2 papua yang merantau dijogja, karena mereka kangen kampung halaman ya salah satu nya makan makanan khas daerah :)

alhasil saya cuma nyoba sedikit, karena rasanya aneh bagi saya dan bentuknya kaya' lem :(

tapi bagi teman2 saya yang pace'2 mereka sangat suka sekali. wkwkwkwkwkwwkw

dJogja ada bberapa warung makan papeda, salah satunya di daerah jetis :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
Nggak hanya Papua yang memiliki kuliner Papeda sis. Di Sulawesi utara juga ada makanan serupa.Hampir sebagian besar rumah makan khas Maluku menghidangkan menu Papeda Ikan Kuah. Kuliner yang satu ini merupakan gabungan dari Papeda dan Ikan Kuah. Papeda dan Kuah Ikan memang sudah tidak asing lagi di lidah orang Maluku asli. Belum lengkap makan tanpa Papeda, begitulah pepatah orang-orang Ambon.
 
detik_IMG_6683-s.jpg
 
Hampir seluruh pelosok desa di kepulauan Maluku mengenal baik Papeda beserta Kuah Ikan. Papeda merupakan makanan pokok penduduk Ambon, setara dengan nasi, jagung maupun sagu. Makanan ini sudah menjadi turun temurun bagi anak cucu orang Ambon, biasanya sebelum makan nasi terlebih dahulu memakan papeda, selanjutnya baru makan nasi.
 
Papeda terlihat seperti lem, karena makanan ini teksturnya kenyal, dan rasanya tawar. Hasil hutan non kayu ini sudah turun- temurun diolah menjadi makanan utama. Menurut Flach and Schuiling (1991) kandungan Nutrisi (g) yang terdapat pada batang sagu adalah N = 590, P = 170, K = 1700, Ca = 860 dan Mg = 350. Pada saat diolah di lapangan, nutrisi ini banyak hilang dan kembali ke tanah tempat tumbuhnya.
 
Papeda sendiri terbuat dari sari perasan air sagu yang telah mengering. Biasanya sari perasan air sagu yang dijual di pasar tradisional dikenal dengan sebutan sagu tumang. Untuk membuat Papeda, sagu tumang ini dimasak dengan mencampur air sedikit demi sedikit. Biasanya pengadukan cairan sagu tumang dilakukan berkali-kali, hingga adonan papeda terlihat lebih kenyal.
 
Yang unik dari Papeda ini adalah cara penyajiannya. Setelah papeda dimasak, papeda diangkat dan dipotong menggunakan sendok khusus dari bamboo, yang lebih dikenal sebagian orang di Maluku dengan Gata-gata. 
 
Nah, untuk pelengkapnya, papeda dihidangkan bersama dengan ikan kuah atau kuah ikan. Kuah ikan menjadi penting karena sebagai penyedap rasa papeda yang tawar. Kuah Ikan merupakan racikan ikan yang dimasak hingga berkuah beserta bumbu dapur yang khas. Biasanya rasa sirih, kunyit harus lebih nendang ditambah warna kuning asli kunyit. Kunyit di dalam kuah merupakan wajib, yang nantinya berperan sebagai penggugah rasa Papeda.
 
Untuk cara memakannya, mudah saja. Kuah ikan dituangkan beberapa mili ke dalam piring papeda. Tinggal dicicipi bersama ikan kuah. Di Maluku sendiri, saat menikmati Papeda Ikan Kuah, sangat lazim dengan hanya menggunakan tangan. Mungkin bagi sebagian orang ini kurang lazim. Bagi yang tidak terbiasa dengan tangan langsung, kalian bisa menggunakan sendok untuk menikmati sajian Papeda Ikan Kuah. Namun umumnya tamu dari luar kota turut menggunakan tangan bila menikmati Papeda Ikan Kuah demi menghormati Tuan Rumah.
 
Tentang rasa, kalau kata orang ambon “Paleng Sadap Seng Ada Lawang†yang artinya sangat enak dan tidak ada tandinganya. Saking enaknya, orang Ambon yang merantau ke negeri Belanda juga mengolah beberapa bahan masakan untuk membuat papeda ala mereka.
 
Orang Ambon yang berdomisili di Belanda sejak tahun 1951, mencoba menemukan bahan baku dari papeda, selain daripada sagu dan kanji. Bahan papeda pengganti sagu, ditemukan dari tepung kentang yang disebut dalam bahasa Belanda ‘aardappelzetmeel’.
 
Tepung ini sebenarnya orang-oranag Belanda peruntukan membikin extra voeding, semacam kue-kue untu makanan ekstra. Tepung yang dibuat dari kentang ini, lebih putih dan bersih penampilannya apabila dibanding dengan sagu asli. Orang Ambon  saling mengajak makan papeda atau acara makan papeda bersama dirumah salah seorang diantara mereka saat zomer (musim panas).

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo ngga yakin suka makanan ini, tapi disuruh nyobain sama tuan rumah, lebih baik makan sedikit aja terus langsung ditelan.

 

Jangan dirasa dulu di mulut. Karena kalo dimuntahin lagi, dianggap ngga hormat sama mereka.

 

Kalo ternyata suka, baru nambah lagi. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Traveler Jogja
      Honeymoon adalah saat-saat yang paling diimpikan oleh pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Setelah terjun memasuki tahapan rumah tangga durasi waktu intensif bagi pasangan kadang semakin berkurang. Urusan pekerjaan, & seabrek problem yang hadir di dalamnya seakan-akan lumayan menyita waktu & mengurangi moment-moment penuh romantis bersama pasangan baru.

      Nah, sebelum masalah itu semuanya terjadi, kayaknya acara bulan madu menjadi solusi yang tepat untuk merasai kebersamaan empat mata bersama belahan jiwa. Melakukan bepergian ke destinasi wisata spesial dengan belahan jiwa akan menjadi sebuah kenangan terbaik.

      Agar jadwal bulan madu kamu terasa lebih berkesan kamu pun bisa mengagendakan ke tempat wisata yang romantis. Nggak usah jauh-jauh sampai ke negeri seberang, karena di Indonesia mempunyai beragam tujuan wisata khusus agenda bulan madu kamu agar makin berkesan.

      Di bawah ini beberapa lokasi liburan untuk honeymoon di tanah air. So, selain menumbuhkan rasa cinta pada sejoli juga bakal menyuburkan rasa patirotisme pada tanah tumpah darah tercinta Negeri Indonesia.

      Raja Ampat, Mutiara Surga Tersembunyi di Ujung Merauke


      Belum ada yang menyoal keindahan Pantai Raja Apat. Ya, tujuan liburan ini telah diakui oleh publik sebab pesona alamnya yang cukup memanjakan mata. Deretan kepulauan utama Bantat, pulau Misool, Salawati, & Waigeo bersama bagian pulau-pulau anak di sekelilingnya membuat Pantai Raja Ampat bak sorga dunia.

      Kamu dapat menghabiskan waktu bersama pasangan baru sembari memandang keindahan sepanjang pantai dengan ombak pantai yang jernih dan kerikil pantai putih. Atau dapat melihat kecantikan alam dasar laut menggunakan diving atau snorkelin. Memadu kasih di tempat ini bakal jadi hadiah menarik bersama kekasish yang tak akan pernah kamu lalaikan.

      Ubud Pulau Bali, Kunjungi dan Rasakan Suasana Magis Nan Eksotis


      Pulau Bali tetap konsisten menjadi magnet bagi para pengunjung dengan kecantikan deretan alam dan pantai pesisirnya. Tidak heran jika sebagian besar pasangan pengantin muda yang memilih wilayah ini untuk menghabiskan waktu barengan. Ubud Bali, yups daerah ini memang menjadi kesukaan guna menghabiskan waktu plesiran bersama pasangan tercinta.

      Bentangan sawah yang hijau disertai hutan yang tetap natural dengan kesunyian ala pedalaman desa membuat daya tarik paling utama Ubud Bali. Di Ubub terdapat berbagai rumah makan di hotel sederhana ataupun resort yang bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk kamu & kekasih mengadakan makan malam yang romantis.

      Selain keindahan wisata alam, di Ubub Bali pun terdapat pasar bernama Sukawati yang menjual berbagai budaya ala rakyat Bali. Kamu pun bisa belanja berdua bersama kekasih guna membeli aneka aksesoris untuk hadiah. Selain itu kamu juga dapat melihat pentas akbar tari legong atau tari budaya kecak api yang biasa ditampilkan di daerah puri Agung Sareng.

      Kota Jogja, Setiap Pojoknya Senantiasa Eksotis Untuk Dinikmati Bersama Kekasih Hati


      Ngomong-ngomong tentang Jogja memang tak ada puasnya. Setap ujung dari kota bersejarah ini memiliki keindahan tersendiri. Jogjakarta menyajikan destinasi tempat wisata yang sangat komplit. Bila kamu mau menikmati keakraban eksotis di pesisir pantai, kamu dapat ke Daerah Gunkid. Di tempat tersebut bermacam-macam pantai dengan pasir kerakal dan sajian tenggelamnya matahari yang menawan.

      Mau merasakan romantisme tempo dahulu?? Kamu dapat ajak pasangan kamu jalan menuju ke Wisata Keraton Jogja. Kamu akan merasakan sensasi jadi raja dan permaisuri yang lagi jalan berdua untuk menikmati suasana kerajaan.

      Ingin makin romantis lagi? Jangan lewatkan pemandangan malam di Kota Jogjakarta. Kamu bisa menikmati pengamen jalanan di sepanjang jalan raya Malioboro, atau ngumpul di tempat angkringan bebarengan menikmati panasnya kopi.

      Nah supaya plesiran di kota Jogjakarta makin berkesan kamu dapat mamanfaatkan servis tour and travel Yogya yang melayani berbagai paket plesiran di kota Jogja.

      Intinya Kota Yogyakarta memang sungguh-sungguh menarik, kota yang penuh akan bermacam-macam cerita dan kenangan indah bagi siapa saja yang mengunjunginya.

      Umbul Sidomukti, Menyuguhkan Kecantikan Wisata Alam Di Semarang


      Jawa Tengah juga mempunyai alternatif wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Satu di antaranya destinasi pariwisata kesukaan yang paling banyak dikunjungi yaitu Kolam Umbul Sidomukti. Tempat wisata yang bertempat di wilayah Semarang ini menjadi satu-satunya tempat wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan alam di pegunungan.
       
      Di daerah pariwisata tersebut terdapat kolam air dengan empat tingkat dengan kedalaman yang berbeda-beda. Bayangkan andai kamu bersama pasangan berada di dalam kolam renang di sisi atas bukit dengan pamandangan cantik di wilayahnya. Romatis banget kan?
       
      Di samping kolam renang umum juga ada fasilitas outbond yang bisa kamu lakukan bareng pasangan. Memacu adreanlin bareng dengan kekasih hati tentunya akan menjadikan kamu selalu kepingin saling menjaga dan mensupport satu sama lain.
       
      Di Kolam Umbul juga menyediakan rumah penginapan atau resort yang bisa kamu pakai untuk tinggal bareng kekasih hati. Jika menginginkan suasana baru yang sedikit berbeda kamu bisa menyewa tenda & memanfaatkan fasilitas outbond. Sudah terbayang kan? Alangkah menyenangkan & romantisnya berbulan madu di destinasi wisata ini?

      Danau Toba, Paparan Air Yang Nyaman Dipandang Bareng Kekasih Tercinta


      Siapa yang belum mengerti danau terbesar Danau Toba? Danau indah yang membentang cantik di daerah Sumatera Utara ini merupakan satu-satunya destinasi honeymoon bagi sebagian banyak pasangan yang baru menikah. Pesona daerah alam di Danau Toba Sumatera akan memanjakan dua mata setiap pasangan kekasih yang datang.

      Luasnya bentangan laut biru yang damai selaras dengan pohon-pohon yang hijau di sekitarnya memberikan nuansa alam yang cukup mempesona. Di tempat ini kamu dapat menyewa perahu guna mengarungi Danau Toba barengan pasangan tersayang.

      Tak hanya itu kamu pun dapat mendatangi pulau indah Samosir yang tepatnya berada di antara danau. Di wilayah tersebut kamu dapat melihat aneka budaya khas Masyarakat Batak yang senantiasa lestari. Di seputaran danau juga banyak rumah penginapan yang dapat kamu jadikan sebagai tinggal bermalam bersama kekasih hati.

      Nanggu, Lombok. Honeymoon Seakan Di PantaiPutih Milik Sendiri


      Andai berbicara terkait destinasi wisata, Indonesia sungguh tiada duanya. Hampir saben pulau yang terdapat di negeri Indonesia memiliki lokasi wisata favorit, di antaranya Pulau Lombok tepatnuya di Nusa Tenggara Barat (Provinsi NTB). Di Lombok ada beberapa pulau kecil yang menjadi alternatif daerah wisata.

      Tentu kamu pernah memahami nama Gili Trawangan dan Gili Meno kan? Ya, kedua daerah tersebut memang telah terkenal sebagai tempat wisata mutu internasional. Tapi ada satu daerah lagi di Lombok yang masih minim dijumpai para pelancong yaitu wisata Gili Nanggu.

      Di Wisata Gili Nanggu kamu akan dihidangkan pemandangan pantai putih\pantai jernih yang sangat mempesona dengan hamparan pasir kerakal putih & air ombak lautnya yang jernih. Iklim lautnya yang hening dan masih kecilnya para wisatawan yang berkunjung alhasil sangat sesuai untuk dijadikan tempat bulan madu.

      Kamu bisa menghayati keindahan hayati Gili Naggu sesuka-sukanya. Tempat ini masih cukup hening sehingga seakan-akan kamu berada di private beach.
    • By Nanda Hartoph Rio

      Haloo Freak
      Mumpung ada waktu senggang gue mau kasih info buat traveler yang berkunjung di raja ampat bagian utara. karna kemarin kita uda bahas ya tentang raja ampat bagian selatan. nih dia tempat yang bisa lo kunjungi kalo dah di kota waisai tapi ga semua yaaa,Cekidooooot.!
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
      Masih banyak yang pengen gue share tempat tapi waktu senggang dah abis neeh.

    • By Nanda Hartoph Rio
      Nah ni lanjutannya dari pembahasan tentang pulau di bagian misool yang unik unik
      Masyarakat misool mayoritas beragama Muslim dan pulau misool sendiri berdekatan dengan pulau seram maluku.

      Welcome to Misool

      ini adalah salam pembuka dari kep. misool yang berada di raja ampat selatan dan ini adalah pintu memasuki Hidden paradise
       
       
       
       
       
       

       
       
       
       
       
    • By Nanda Hartoph Rio
      Raja Ampat tak asing lagi ditelinga para traveler, yang menjadi destinasi impian para traveler.  Memang untuk menuju kesini begitu mahal mau backpacker ataupun tidak tetap harus mengeluarkan budget hingga jutaan. tetapi disini ane pengen mengenalkan tempat tempat yang bisa anda kunjungi.
       
      Salam Pembuka

      Puncak Harfat - Misool ( Raja ampat selatan )
       
      Misool itu termasuk raja ampat ya...
      belakangan ini sedang gempar - gemparnya yang kesana hingga banyak yang bingung akses menuju kesana. kalau kapal menuju ke misool 2x dalam seminggu dan bisa berubah waktu berangkat dalam beberapa bulan. tetapi ingat bahwa disana masih perkampungan dan akses untuk kedestinasi di atas anda harus menyewa boat pada masyarakat sekitar. Tapi klu ane siih ada boat sendiri jadi ane dah keliling hampir keseluruhan sih..
       

      Piaynemo
      Jika anda ingin ke tempat ini anda kudu ke waisai dulu agar gak mahal" amat. Tempat penyewaan boat berada dekat pelabuhan waisai, anda bisa langsung nego harga disitu. harga bervariasi tergantung jenis boatnya, untuk semi speedboat harga kisaran 5,5 juta hingga 6 juta. anda juga harus pintar karna kebanyakan wisatawan kecewa karna kru speedboat kadang gak mengikuti maunya kita dan juga mereka pengen buru balik padahal yang menyewa yang menentukan kapan harus pergi kan.. be a smart 

      Wayag
      Begitupun dengan wayag anda juga harus melalui waisai, Awal mula promosi raja ampat adalah tempat ini yang menjadi ikon pemerintah raja ampat. Untuk menuju kesana anda harus diwajibkan membeli Pin Raja Ampat ( Klu menurut ane sih pin ini hanya permainan pemerintah "entar deh ane bahas") dan melewati pos penjagaan dengan membayar reteibusi masuk dan juga harus memakai jasa guide local. eeeh menurut ane sih rugi klu mau kesini, itu buat ane pribadi yaa.
      Nah disini ane mau cerita tentang awal mula Pin... yang sekarang harganya untuk wisatawan Local Rp. 500.000 dan wisatawan luar Rp. 1.000.000 tuh biaya banyak banget ya buat ke raja ampat. Menurut ane Pin Raja Ampat digunakan untuk melihat jumlah Tourist yang berkunjung ke raja ampat tetapi dipermainkan berbagai pihak, yah itulah manusia..
      Coba deh ente klu berunjung ke raja ampat trus ke dinas pariwisata dan ente tanya berapa jumlah wisatawan ke raja ampat. Pasti mereka akan memberikan perkiraan data wisatawan karna data yang tidak valid.
       
       
      Ane lanjutin nih.
      Jadi yang ane perkenalkan sekarang pulau-pulau yang berada di Misool, Misool dulunya bernama pulau BATANME. Orang raja ampat sendiri belum tentu sudah mengelilingi semua pulau di raja ampat. Menurut pengamatan ane sih ada beberapa orang yang udah mengelilingi hampir semua pulau di raja ampat. Nah itu dia yang membuat ane termotivasi mengelilingi semua pulau raja ampat, uda 7 tahun ane memulai perjalanan menjelajah.
      Sama halnya seperti orang pada umumnya ane kudu ngumpulin duit dulu baru memulai menjelajah, klu beruntung kadang teman yang tinggal di pulau tersebut ngajak ane untuk bermain ke rumahnya di pulau. Yang perlu anda ingat klu ada yang ngajak begini anda kudu mau hidup susah, karna semua serba manual. seperti mau mandi harus nimba air di sumur dulu, toiletnya yang seadanya (paham kan toilet kampung), makan musti seadanya, dan sebagainya.
      Jadi 2 tahun belakangan ini ane fokus mengelola trip organizer yang merangkap menjadi pemandunya sekalian. hehehe sekalian ane ngumpulin duit buat ke tempat lain dan untuk perut ane.
      Nah kita lanjut ke pembahasan awal.
       
       
       
       

       
       
       
       
       
       
       
      Gak ada habisnya klu ane bahas raja ampat ....! tunggu aja foto terbaru ane selepas trip di lebaran haji nanti yaa.
       
       
       
       
       
    • By citrariana

      Danau ini diakui keindahannya oleh 157 negara saat Konferensi Danau Se-Dunia pada 30 November 2007. Berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda tidak akan kecewa bila mengunjungi tempat ini karena tempat ini masih alami dan terjaga kelestariannya.
      Danau dengan luas 14.500 hektare dan berada di ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut itu memiliki hawa sejuk dan dikelilingi oleh bebatuan dan pasir di tepiannya. Terdapat beberapa tebing tinggi di sekitaran danau yang membuat danau ini terlihat semakin eksotis.Danau ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati birunya air danau dan suasana sekitar yang asri. Anda dapat menemukan beragam jenis ikan air tawar di danau ini. Sebut saja Ikan Mas, Ikan Nila, Belut, dan Ikan Pelangi yang merupakan biota khas Danau Paniai yang memiliki nilai jual tinggi.

      Setelah puas menikmati indahnya Danau Paniai dari pinggiran, Anda dapat menyewa perahu untuk mengantarkan Anda mengelilingi danau. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda diperbolehkan memancing di tempat ini. Bila beruntung, Anda dapat menangkap Udang Selingkuh yaitu udang endemik Papua yang mulai langka.

      Jangan lewatkan melihat matahari terbenam dari tempat ini, karena Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya. Anda dapat melihat indahnya siluet kapal nelayan yang muali menepi dan formasi burung yang terbang di udara.
      Tidak jauh dari Danau Paniai, Anda dapat berkunjung ke Danau Tigi tang berada di Kecamatan Tigi dan Danau Tage di Kecamatan Paniai Timur.
      Akomodasi :
      Anda dapat naik pesawat menuju Bandara Timika kemudian naik pesawat perintis menuju Bandar Udara Enarotali. Dari Kota Enarotali, Anda dapat naik bus  menuju Danau Paniai. Bila Anda berniat untuk bermalam, terdapat beberapa rumah penduduk yang dapat Anda sewa atau Anda dapat mendirikan tenda di sekitar danau. Selai itu juga terdapat beberapa warung makan.
    • By Berangan Trip Organizer
      Sebagai bagian dari Kabupaten Raja Ampat, keindahan Misool sudah tidak perlu diragukan lagi. Misool adalah salah satu pulau terbesar di Raja Ampat. Terkenal dengan Misool Eco Resort-nya, yaitu resort eksklusif yang menerapkan prinsip ekowisata. Misool termasuk daerah segitiga karang dunia, dimana taman bawah lautnya menyimpan sekitar 75% jenis ikan hias dan karang yang ada di dunia. Daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintas hewan-hewan besar seperti ikan paus dan gurita. Tidak hanya kekayaan dan keindahan alam, Misool juga memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat dari masyarakat lokalnya. Peninggalan sejarah berupa lukisan di dinding-dinding gua dapat ditemukan di kawasan ini.
      Date :
      7 – 13 Maret 2016 26 Desember – 1 Januari 2017 Itinerary :
      Hari 1 : SORONG – MISOOL
      Bertemu di meeting point, yaitu Bandara Sorong pada pukul 12.00. Kemudian menuju hotel untuk beristirahat sejenak. Malam hari menuju pelabuhan, dan melakukan perjalanan menuju Misool.
      Hari 2 : FREE TIME (B, L, D)
      Pagi hari tiba di Misool. Kemudian waktu bebas untuk beristirahat setelah perjalanan jauh. Dapat digunakan untuk diving atau sekedar bersantai di homestay.
      Hari 3 : BALBULLOL – WAGMAG – FARONDI (B, L, D)
      Hari ini kita akan snorkeling dan island hopping menuju Balbullol – Wagmag – Farondi (kompleks perbukitan karst).
      Hari 4 : LENMAKANA – SUNMALELEN – DAPUNLOL – NAMLOL (B, L, D)
      Pagi hari kita tiba di Misool, kemudian check-in homestay. Setelah itu kita akan snorkeling dan island hoping menuju Lenmakana (danau ubur-ubur), Sunmalelen (goa keramat dan lukisan dinding purba), dan menikmati view Misool dari puncak bukit karst di Dapunlol.
      Hari 5 : KARAWAPOP – KALEG – MISOOL ECO RESORT (B, L, D)
      Setelah makan pagi, memulai perjalanan ke Misool Eco Resort dengan melewati danau ubur-ubur dan snorkeling di beberapa spot. Puas snorkeling, kita akan menuju Misool Eco Resort untuk ber-foto2. Sore hari kembali ke homestay.
      Hari 6 : DESA YELLU – SORONG (B, L, D)
      Seusai makan pagi, kita akan menuju Desa Yellu dengan waktu tempuh 15 menit. Setelah makan siang dan beristirahat sejenak, perjalanan dilanjutkan menuju Kota Sorong. Kemudian menuju Hotel di Sorong untuk bermalam.
      Hari 7 : SORONG – End (B)
      Pagi hari akan diantar ke bandara untuk kembali ke kota asal.
      (B = Breakfast, L = Lunch, D = Dinner)
      Price : Rp 7,900,000/pax
      Quota : min. 5 pax
      Include :
      Transportasi lokal (mobil AC) Kapal ferry Sorong – Misool PP (kamar ABK, AC) Speed boat untuk island hopping Pin Raja Ampat (entrance fee) 1N Hotel Sorong (AC) 4N Homestay Misool (non-AC) Makan 16x Life jacket Guide/Tour leader Foto dokumentasi (copy file) Exclude :
      Tiket pesawat Peralatan snorkeling/diving Terms & Conditions :
      Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp 2,500,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat. Info : Misool Diving Trip 7D6N Rp 12,500,000 (termasuk 9x diving + peralatan diving)
      Contact :
      Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674
      Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675
      Pin BB : 75A0A51D
      Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip
    • By Berangan Trip Organizer
      Wilayah Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool, serta banyak pulau kecil, seperti Wayag, Mansuar, Arborek, Saonek, Friwen, dll. Wayag menjadi ikon Raja Ampat yang terkenal dengan kumpulan bukit-bukit karst-nya. Raja Ampat adalah rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan yang menakjubkan ini.
       

      Date :
      6 – 9 Februari 2016 Itinerary :
      Hari 1 : SORONG – WAISAI (D)
      Bertemu di meeting point, yaitu Bandara Sorong pada pukul 12.00. Kemudian menuju pelabuhan rakyat untuk menyeberang menuju Waisai. Tiba di Waisai sekitar pukul 16.00, dan kita akan langsung menuju ke penginapan untuk check-in. Setelah itu acara bebas.
      Hari 2 : TELUK KABUI – WAYAG – OFO – MANGALE (B, L, D)
      Pagi hari kita akan menuju Wayag dengan menggunakan speed boat. Dalam perjalanan menuju Wayag, kita akan melewati Teluk Kabui. Di sini kita bisa melihat Batu Pensil, atraksi lumba-lumba yang berloncatan, snorkeling, serta menikmati Pulau Urai. Di Wayag kita akan menyusuri puluhan bukit karst dengan boat, kemudian mendaki bukit karst dan melihat keindahan panorama khas Raja Ampat dari ketinggian. Setelah puas menikmati panorama dari puncak karst, kita akan kembali ke Waisai.
      Hari 3 : FRIWEN – SAWINGRAI – MANTA POINT – ARBOREK – RAJA AMPAT DIVE LODGE – YENBUBA – GUSUNG KRI (B, L, D)
      Di hari ini kita akan menuju Pulau Friwen, Manta Point, Pulau Arborek, Gusung Kri, Pulau Mansuar, dan sekitarnya untuk snorkeling dan bermain di pantai. Sore hari kembali ke penginapan di Waisai.
      Hari 4 : WAISAI – SORONG (B, L)
      Pagi hari acara bebas. Bisa digunakan untuk berkeliling pantai-pantai di Waisai. Pukul 14.00 kembali ke kota Sorong. Tiba di Sorong sekitar pukul 16.00. Setelah itu diantar ke hotel atau bandara, dan trip berakhir.
      (B = Breakfast, L = Lunch, D = Dinner)
      Price :
      Rp 5,500,000/pax (penginapan melati, AC) Rp 5,900,000/pax (hotel *2, AC) Quota : min. 8 pax
      Include :
      Airport transfer Transfer pelabuhan – penginapan PP Kapal cepat Sorong – Waisai PP Speed boat untuk island hopping 3N penginapan Waisai (1 kamar 2 orang) Pin Raja Ampat (entrance fee) Makan 9x Life jacket Tour leader Guide Wayag Foto dokumentasi (copy file) Exclude :
      Tiket pesawat Peralatan snorkeling/diving Terms & Conditions :
      Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp 2,500,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat. Contact :
      Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674
      Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D
      Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip