bimo

Macet Di Malaysia VS Indonesia

23 posts in this topic

Halo temen2 sekalian, pengen sharing info aja neh. Ternyata di Malaysia itu ngga jauh beda sama Indonesia dalam hal kemacetan jalannya :D Sama-sama crowded dan memuncak di pagi hari dan jam pulang kantor. Apa karena negara tetangga jadi bisa mirip gitu ya? Mungkin disana transportasi umum nya juga belum maksimal. Daerah paling macet yaitu di perempatan jalan Tuanku Abdul Rachman yang ke arah Jalan Tun Perak dank e arah Dataran Merdeka.

post-122-0-20564900-1354193013_thumb.jpg

Perbedaan nya dari kemacetan di Indonesia adalah pengendaranya lebih disiplin di setiap lampu merah, motor2 dan mobil2 menunggu di balik garis sampai lampu hijau baru deh para jalan. Kalo di kita kan setiap ada kesempatan kosong langsung deh motor2nya selonong boy semua :P

Penyeberang jalannya juga disiplin semua, mereka nunggu lampu penyebrang jalan hijau baru pada nyebrang. Ngga ada yang berani mati nekad nyebrang di jalan ramai hehehe…

post-122-0-82889100-1354192986_thumb.jpg

Tapi sekali lagi ada kemiripan kalau soal parkir motornya, di jalan Tuanku Abdul Rachman ini banyak motor2 yang parkir di trotoar jalannya, padahal dekat situ juga ada tempat parkir. Nah yang satu ini mirip kayak disini deh…:P

Penyakit negara berkembang mungkin kayak gitu ya? Beda dengan negara2 maju yang sudah lebih displin dan tertata rapi sistem nya. Mudah2an kita cepat menyusul negara2 maju tersebut!!

Share this post


Link to post
Share on other sites

ya, semuanya juga kembali ke pribadi masing2x sepertinya mas.

di malay mungkin aja ada yang melanggar lampu merah, di indonesia juga gak semuanya yang gak taat peraturan.

betul gak...?

hehehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Waktu sy ke malaysia nga kena macet hehhehe...cm yg agak kaget waktu lewat jalan tol ternyata di malay motor jg boleh masuk tol .. gratis lagi :D :D :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Waktu sy ke malaysia nga kena macet hehhehe...cm yg agak kaget waktu lewat jalan tol ternyata di malay motor jg boleh masuk tol .. gratis lagi :D :D :D

oya?? terus apa bedanya ya ama jalan besar biasa lainnya??

kalo di negara2 maju motor itu jarang keliatannya... mereka juga pakenya highway buat jalan bebas hambatan dan gratis kan?? kalo kita bebas hambatannya berbeyar.. toll... CMIIW

Share this post


Link to post
Share on other sites

oya?? terus apa bedanya ya ama jalan besar biasa lainnya??

kalo di negara2 maju motor itu jarang keliatannya... mereka juga pakenya highway buat jalan bebas hambatan dan gratis kan?? kalo kita bebas hambatannya berbeyar.. toll... CMIIW

ya klu bedanya sich sy nga tau persis cm wkt itu sy lagi perjalanan ke genting trus lewat jalan tol, nah waktu lewat itu sy liat motor trus menurut ket. dari supir taxi bahwa motor mah bebas masuk lewat jalan tol malahan nga bayar... :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

yang saya tahu juga disana motor boleh naik ke tol.. Btw macet ada kok di Malaysia. biasanya sih daerah perkotaan kaya Kuala lumpur gitu.

kalau melanggar peraturan juga saya pernah lihat. tapi yah ga sebanyak di Jakarta sih he2

Share this post


Link to post
Share on other sites

ya, semuanya juga kembali ke pribadi masing2x sepertinya mas.

di malay mungkin aja ada yang melanggar lampu merah, di indonesia juga gak semuanya yang gak taat peraturan.

betul gak...?

hehehehe...

betuuuuulll... saya termasuk pengguna jalan yang taat lalu lintas lho... sejak smp, meski semboyan peraturan dibuat untuk dilanggar..hehehe.. udh berkumandang saat itu, tapi saya lebih suka menikmati berdisiplin... emang disiplin itu berangkat dari kesadara pribadi.pernah tuh waktu di surabaya, ada pengendara motor yang berada di depan sendiri di lampu merah nylonong duluan (saya ngga lho), terus diikuti oleh pengendara di belakangnya....ternyata hal itu dapat memprovokasi orang lain lho atau menginspirasi pengendara lain... jadi hrs jaga iman....jgn ikut2an

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, motor bisa masuk jalan toll...?

baru tahu banget disana bisa seperti itu.

haha...

ah, tapi kata temen saya yang kuliah disana, banyak juga kok yang suka melanggar peraturan juga mas :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

hm...ini kuala lumpur di bagian mananya ya?? Paling enak di KL itu naik LRT, Komuter, dan monorail. Dijamin gak bakalan macet. Dibandingin dengan Jakarta, wah bagai langit dan bumi lah. Kalau jakarta baru punya bus way aja udah bangga. Di sana udah 20 tahun lebih maju. Padahal duluan kita merdekanya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, motor bisa masuk jalan toll...?

baru tahu banget disana bisa seperti itu.

haha...

ah, tapi kata temen saya yang kuliah disana, banyak juga kok yang suka melanggar peraturan juga mas :P

iya ya hehehe berarti sama aja nih kelakuan nya kayak di sini. Masih satu rumpun sih.....mudah2an aja bisa lebih oke lah dengan bantuan pak Jokowi hehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

moga2 MRT terbangun.. kalo jkt di bangun pasti yg laen nyusul

 

bener mas, di Surabaya katanya sedang dibagung jalur MRT juga, meskipun baru melayani rute dalam kota saja dan cuma satu jalur, tapi ini merupakan awal yang baik untuk perkembangan transportasi di daerah2... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

sekarang bukannya sedang di realisasikan ya...tapi susah untuk bagaimana cara menyampaikan sama masyarakat Indonesianya, belum apa2 aja udah pada ngedemo karna lahan untuk berjualan ngak ada lah...gimana mau maju  -_-

Share this post


Link to post
Share on other sites

Indonesia juga sekarang sudah lumayan disiplin kok mas, apalagi disetiap lampu merah itu sekarang sudah ada tombol untuk penyebrang jalan *tombol yang ada dilampu merah apa itu namanya saya tidak tahu* :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Harusnya itu yang bener ... mereka juga bayar, dan diberikan jalur khusus.

jalan tol artinya jalan yang mesti bayar, bukan jalan yang menganak tirikan sepeda motor.

 

wah, motor bisa masuk jalan toll...?
baru tahu banget disana bisa seperti itu.
haha...

ah, tapi kata temen saya yang kuliah disana, banyak juga kok yang suka melanggar peraturan juga mas :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Harusnya itu yang bener ... mereka juga bayar, dan diberikan jalur khusus.

jalan tol artinya jalan yang mesti bayar, bukan jalan yang menganak tirikan sepeda motor.

yup betul harusnya motor juga bisa masuk tol

cuma mungkin agak di bedakan jalurnya

Share this post


Link to post
Share on other sites

yup betul harusnya motor juga bisa masuk tol

cuma mungkin agak di bedakan jalurnya

ia bagusnya sih bisa naik tol, tapi kalau motor naik tol nanti jalur darurat yang biasa paling kiri bisa jadi susah kalau ada yang stop pasti lewatin jalur motor.

tapi ga tau juga lah, kan bisa dicoba juga sekali2.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By fariezetta
      Jakarta oh Jakarta. Banyak banget sih masalahnya. Banjir iya, macet apalagi. Pada tahu dong kalau DKI sekarang buat peraturan untuk para PNS naik kendaraan umum setiap JUmat awal bulan. Cuma sekali sebulan lho.. efektif ga?   Kebetulan saya waktu itu merasakan cukup efektif. Jalanan lebih lengang sih dari biasanya. Tapi yah kalau dipikir2 lagi, orang Indonesia itu pinter pake trik atau ngakalinnya. Saya jadi kepikiran bisa aja diakalin kayak 3in1. Niat biar 1 mobil ga 1 malah muncul joki2.   Kalau kali ini, ya bisa jadi kan itu para PNS tetep naik kendaraan pribadi tapi parkir di tempat lain? Ada PNS di sini? Gimana menurut anda?   Kalau nanti ga cuma PNS tapi swasta juga setuju ga sih? :)
    • By redocean
      Buat temen2 yang ada di Jakarta, atau di mana saja, apa sih yang menurut teman2 yang unik dan hanya ada di Jakarta?
       
      saya pribadi ngeliat Jakarta tuh numpuk dan serba ada. Mungkin karena panas dan macetnya, nah berikut ini serba-serbi tentang Jakarta di mata saya:
       
      Macet, pasti banget. Rasanya jakarta ga macet ga seru. wajar sih, karena ini ibu kota. Pusat pemerintaha, pusat ekonomi, pusat segalanya deh. Belum lagi jumlah penduduk dan kendaraan yang padat banget.  Joki 3 in 1, ini unik banget kalo kata saya. Ga tau deh tempat lain ada ga ya. Pada jam2 3 in 1, banyak warga yang berjejer di pinggir jalan2 menuju jalan protokol. Dibuat peraturan biar satu mobil ga kurang dari 3, malah jadi ada lahan duit baru... ckckkc ada2 aja Pak Ogah / Polisi cepek. Ini buat sebutan orang2 yang ngatur di puteran2. Kadang ngebantu kadang juga malah ngerecokin yah unik sih, puteran bisa jadi lahan pekerjaan lagi  Kota Mall, temen saya dari luar jakarta pernah main ke jkt dan saya bingung ngajak jalan ke mana. karena jakarta itu penuh dengan mall. dan pas saya ajak ke tempat lain ya mereka juga ogah. alesannya panas, macet, dan pengen nyobain mall2 di jkt.  Belanja di Lampu Merah. Nah ini lagi, lampu merah bukan cuma koran dan asongan doang, tapi juga barang2 lain yang lebih lengkap. Bantal, boneka, mainan, dsb.  apa lagi ya?? yang mau nambahin silakan...  :)
    • By Married2014
      Tadi lagi baca2 berita dari internet terus kepikiran. sekarang kan banyak masalah karena motor atau mobil terobos jalanan busway.
      kalau menurut saya salah satu alternatifnya adalah busway dibuat berlawanan arah.
      saya jamin pasti ga ada yang terobos atau minimal berkurang. serem juga kan kalau lagi lewat jalur busway terus ada bus didepan.
      apalagi kalau jalannya cepat, pasti seram he2..
      bagaimana pendapat teman2?
    • By zeekyuryu
      hai semua... di sini saya mau tanya...
      banyak yang ngeluh sama macet JKT. penyebabnya tentu beragam kan. Dari mulai emang JKT kan pusatnya kota jadi segala sesuatu numpuk di situ, mobilitas pun jadi tinggi jadi wajar kalo pada jam2 berangkat / pulang kerja macet ga ketolongan. Terus juga emang pengendara kendaraan bermotor (mobil motor) itu banyaaakkk banget. dll deh sebabnya

      Nah, saya mau tanya, anda pribadi kalo keluar pada naik apa ya? Saya sih termasuk Angkot Lovers. Bukan karna nggak bisa naek motor, tapi karena kalo naek motor capek dan alesan lainnya. Sebenernya, kalo kita semua diangkut pake kendaraan umum bisa ga sih JKT bebas macet? jadi semua move on angkot, busway, kereta dsb. Toh rame2 lebih asyik.. asal fasilitas dan pelayanannya saja yang ditingkatkan. kalau angkutan umum di JKT dibuat nyaman senyaman mungkin, yakin nggak pada mau move on?