Sign in to follow this  
febeVBfebe

WISMA ESMERALDA - DANAU LINOW > alternatif honeymoon

3 posts in this topic

Jalan2ers ada yg pernah nginep di wisma esmeralda?

Hmm... saya pengen banget nih kesini habis baca2 n denger dari temen.

1db7d454e97bbbb35ed33a94b1ba0ca6.jpg

Lokasinya di danau Linow. Danau terkenal di Manado yang memiliki air belerang jadi air di danaunya bisa berubah jadi tiga macam warna sesuai kondisi cuaca n udara sekitar danau.

Katanya air danaunya bisa jadi kebiruan, kehijauan, sama keputihan (bukan masalah kewanitaan lho ya hehehe)

danau-linow-16.jpgdanau-linow4.jpg

Jadi wisma esmeralda itu lokasinya pas di muka danau, satu2nya penginapan di kawasan danau Linow. jadi bisa bayangin kan indahnya kayak apa kalo pagi2 bangun tidur buka jendela yg diliat suasana danau. di temani pohon2 pinus, juga burung2 belibis yg katanya hobi ‘berjalan’ diatas danau linow.

kalo udah seger pagi2 bisa jalan2 lewat jalan setapak yg ngelilingi danau :)

Jalan2ers ada yg udah pernah nginip disini?

Duh, pengen rasanya semi bulan madu disini hehehehe :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

untuk pastinya kurang tau brooo... tapi kalo perkiraanya sekitar 200a ribu per malem...

untuk fasilitasnya bukan kamar mewah, jadi ya paling sekelas hotel bintang 1 or 2

lagian disini dingin, jadi gak perlu AC :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Viviiy

      Pernah ke Embung Nglanggeran Jogja? tempatnya bagus, sangat cocok untuk selfie karena terletak di Puncak Gunung Kidul Jogja, jadi view point lah! semuanya terlihat jelas. Melihat keindahan sunset dan sunrise di Embung Nglanggeran dan yang pasti, tidak membutuhkan budget banyak saat hendak kesini.
      Saat saya googling, disitu saya sedikit bingung karena dari referensi yang saya dapat, banyak situs yang menyebut Embung Nglanggeran sebagai Danau yang terletak diatas gunung Api purba yogyakarta, ada juga yang menyebutnya sebagai Waduk. Nah! setelah saya lihat, sepertinya tempat ini memang Waduk, karena ukurannya gak seluas Danau pada umumnya. Meskipun berbeda-beda nama, mau itu Waduk, Danau, Telaga maupun Bendungan, so... Keindahan ditempat ini sangat menakjubkan guys.
      Pada postingan kali ini, saya nggak akan menulis banyak, hanya mengambil gambarnya saja, selengkapnya bisa Anda baca disini "Embung Nglanggeran"
      Embung Nglanggeran – Keindahan Waduk di Puncak Gunung Kidul Jogja

      Embung Nglanggeran salah satu Waduk yang berada di atas bukit dengan pemandangan cantik, seolah menggoda siapapun untuk berkunjung menikmati suasana alam yang ditawarkan. Tempat ini salah satu wisata alam yang menyuguhkan waduk buatan di atas perbukitan dengan pemandangan alam yang menenangkan.
      Embung buatan ini berlokasi tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang terkenal dengan ekowisata geoparknya. Pembangunan waduk buatan ini memang bertujuan untuk menampung air, baik yang berasal dari air hujan maupun sumber mata air dari Gunung Nglanggeran. Tampungan air di dalam embung tersebut akan digunakan untuk mengairi lahan di sekitar waduk yang rencananya akan digunakan sebagai kebun buah. Hingga sekarang pun pembangunan kebun buah Nglanggeran ini masih terus digarap.
      Semoga saja beberapa tahun ke depan, pemandangan perbukitan yang sedikit gersang akan segera menghijau dengan adanya pepohonan yang tumbuh rimbun, ditambah dengan atraksi wisata petik buah yang akan semakin menarik minat wisatawan berkunjung kemari.Embung Nglanggeran memang memiliki luas yang tidak seberapa, pun demikian pengunjung juga tidak diperkenankan bermain-main air di sekitar waduk.
      Bagaimana mau main air, kalau di bagian pinggir waduk saja diberi pagar pembatas demi keamanan pengunjung. Namun, jangan khawatir, karena suguhan utama dari Embung Nglanggeran ini adalah pemandangan alamnya yang memanjakan mata. Anda bisa melihat hamparan perbukitan di sisi selatan, pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran di sebelah utara, serta pemandangan hamparan persawahan dengan kontur terasiring dari atas perbukitan.
      Disekitar waduk juga dibangun beberapa gazebo untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan alam yang terhampar.Perjalanan menuju Embung Nglanggeran sendiri tak kalah menarik. Aspal halus akan kita lalui sampai area Gunung Api Purba Nglanggeran. Selebihnya, medan jalan yang aduhai akan menantang nyali kita untuk mengendarai kendaraan menuju lokasi Embung Nglanggeran ini. Saya masuk melewati pintu gerbang Kebun Buah Nglanggeran yang lokasinya tidak jauh dari posko Gunung Api Purba. Setelah membayar retribusi, jalanan berbatu yang cukup sempit dengan medan menanjak pun seolah menyambut kedatangan kami.
      Di beberapa tanjakan pun kami harus memaksa motor untuk terus melaju, walau dia sudah mengerang menahan beban. Agak kaget juga setelah sampai di parkiran, usai melewati jalanan yang jahanam , karena ternyata ada alternatif jalan lain dengan medan yang tidak terlalu menanjak serta jalan yang lebih halus daripada jalur yang kami lalui.Embung Nglanggeran memiliki potensi wisata yang cukup menarik.
      Selain keunikan waduk yang berlokasi di atas bukit, Embung Nglanggeran juga dikelilingi dengan pemandangan alam yang cantik. Suasana senja di Embung Nglanggeran pun uga tak kalah ciamik. Sayang, saya belum sempat menikmati senja di sana. Mungkin suatu saat nanti saya akan kembali lagi ke Embung Nglanggeran untuk berburu senja ! Semoga saja bisa kesana lagi ya!
      Informasi
      Alamat - Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862, Indonesia Website - www.gunungapipurba.com Tiket Masuk - Rp 7.000,00/ orang (sudah termasuk parkir) Google Maps - https://goo.gl/jFGq7w Lokasi Embung Nglanggeran
      Dari arah Jogja silahkan arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari hingga Bukit Patuk. Setelah melewati Bukit Patuk silahkan belok ke kiri mengikuti jalan aspal di samping stasiun Radio GCD FM. Ikuti saja jalan aspal tersebut hingga ke arah Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasi embung ini tidak jauh dari posko Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika bingung, silahkan bertanya kepada penduduk sekitar.
      Masyarakat Jogja dan sekitarnya, wajib kesini!
    • By inggit9393
      Cukup kaget sih, ga ada thread hanimun di bandung. hhe. 
      Ini opsi kedua saya sih untuk hanimun di bali. Kalau liat dari itin dibawah sih gak romantis2 amat sih, tapi emang kami suka explore sesuatu.
      Minta saran dong para suhu. 
      Sampe Stasiun Bandung Malam.
      Hari 1 (explore bandung selatan)
      Ciwidey 
      Kawah putih 
      Pemandian Air Panas Ciwalini
      Penangkaran Rusa Ranca Upas
      Kebun stroberry (Petik Sendiri)
      Kampung Sawah 
      Pusat Oleh2 Cibaduyut dan Pasar Baru
      Hari 2 (explore bandung utara)
      Tangkuban Perahu
      Kebun Teh
      Kampung Gajah
      Sari Ater
      Flolating Market Lembang/Farm Hause/Dusun Bambu/De Ranch
      Bosscha Observatory 
      Tebing Keraton/D’café
      Kebun Bunga Begonia
      Hari 3 (explore kota)
      Jl. braga
      Gedung Sate
      Oleh-oleh primarasa
      Factory outlet
      Please kasi saran dong explore mana kalo di kota.
      Balik ke Jkt Malam.

       Pertanyaan :
      1. Kalo liat dari itin diatas, enaknya nyari hotel di daerah mana yak ? ada advice ? hho
      2. Kalo emang ada yang gak perlu, atau gak cukup coret aja suhu.
      Mohon pencerahannya ^^

       
       
       
       
       
       
    • By inggit9393
      Halo Para Suhu,
      Mau bikin itin buat hanimun 4D3N. Minta advicenya dong para suhu destinasi mana aja yang searah.
       
      Hari 1
      Nyampe DPS jam 09.00
      Tanjung Benoa
      Nasi Ayam Bu oki
      GWK
      Pantai Padang-padang
      Sunset+Kecak di uluwatu
      Dinner di jimbaran
      Hari 2
      Bali bird ubud
      Bebek tepi sawah
      Monkey forest
      Ubud village cycling
      Café pomegranate
      Dinner swept away/kamandalu resort
      Hari 3
      Crate Cafe di Canggu atau Sisterfields di Seminyak.
      horse riding, seperti Bali Equestrian Centre atau Kuda P Stables
      Dinner di Teatro, Seminyak
      Pulang Hari ke-4 pagi dari Ngurah Rai
       
      Pertanyaannya :
      1. Saya masih pengen ke Jati Luwih,Tanah Lot,Kintamani,Kedisan Lake view,virgin beach,tirta gangga kasem, taman ujung karangasem,Jogger,Oleh-oleh pie susu/pie legong. Bisa diselipin di mana yak ? Atau kalo emang gak memungkinkan, bisa dicoret ajah.
      2. Kalau mau seharian ke nusa lembongan bisa kah ? 
      3. Kalau dari itin 3 hari diatas, saya perlu nginep di hotel yang berbeda atau satu hotel ajah ? sarannya ambil hotel di lokasi mana yak ?
      4. Rencana saya mau sewa mobil+sopir+bbm selama di bali. ada rekomendasi kah ? udah googling sih, cuma kayanya lebih enak kalo dari forum ini yang rekomendasiin. 
       
      Mohon pencerahannya suhu.
    • By TravellingAddict
      Bagi pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan malam pertama bulan madu adalah momen yang paling ditunggu, hal ini yang juga saya dan istri rasakan.  Setelah lelah mempersiapkan pernikahan dari A - Z, begitu pun saat hari H (baca: pernikahan) mulai dari akad nikah sampai acara resepsi dimana kita harus berdiri dan ramah tamah dengan tamu undangan berjam-jam. Maka bulan madu adalah saat yang tepat untuk istirahat sejenak sambil menikmati momen sebagai pasangan suami istri. Intinya beduaan gitu.    Pengennya sih pergi bulan madu itu pergi jalan-jalan keliling Eropa, atau menginap di Resort mewah di Maldives. Namun sayangnya budget saya dan istri tidak memungkin kan untuk melakukan hal tersebut, karena tabungan kami berdua sudah terkuras untuk pesta pernikahan #hiks. Karena pada intinya keromantisan itu bukan soal mewah-mewahan. Yang setuju angkat rok tangan.   Ini adalah beberapa opsi yang saya dan istri lakukan untuk menghabiskan uang waktu sebagai pasangan yang baru menikah, Meskipun emang gak hemat-hemat banget aktifitas bulan madu kita berdua tapi paling engga biaya yang dikeluarkan gak akan semahal pergi jalan-jalan keliling Eropa, atau menginap di Resort mewah di Maldives. 

      1. Menginap 1-2 hari di Hotel Mewah/ Bagus
        Setelah sebelumnya saya dan istri meninap di Hotel yang kamarnya super minimalis di Singapore, kali ini kami memilih Hotel yang lumayan bagus di D'Majestic Place by Swiss Garden, Kuala Lumpur. Banyak aktifitas yang dapat kita lakukan secara "private" di Kamar hotel, mulai dari mandi berdua sampai bobo berdua. #eh untuk aktifitas tersebut pastikan kalian sudah menjadi pasangan yang syah dibuktikan dengan buku nikah yang asli tentunya.    Untuk option lain sebenarnya gak harus menginap di Hotel yang ada di luar negeri juga sih, kalo kalian gak punya passport atau dana yang terbatas, kalian bisa mencoba menginap di Hotel mewah / bagus di kota asal kalian. Karena harga menginap di Hotel mewah / bagus di kota asal kalian pasti lebih hemat dibanding harga menginap di Marina Bay Sands, Singapore.   2. Menghabiskan waktu seharian penuh Theme Park       Siapa sih yang gak suka main ke Theme Park, pasti hampir semua suka ke Theme Park iya kan?? hayo ngaku!. Saya dan istri kebetulan memang suka pergi ke Theme Park karena kita termasuk "adrenaline junkie" Kalo pergi Theme Park kita pasti langusung mencari wahana paling extrem terlebih dahulu semacam istana boneka roller coaster. Saya maunya sih  pergi ke Disneyland Paris tapi gak ada duit #sad, makanya kita memilih pergi ke Universal Studio, Singapore saja selain jarak dan biayanya ga akan semahal kalo kita pergi ke Disneyland, Paris wahananya extream di Universal Studio, Singapore juga lumayan banyak.   Opsi lain Theme Park di dalam negeri juga ada, semisal Jakarta ada Dufan, Bandung ada Trans Studio Bandung dan Makasar juga ada Trans Studio Makasar.
      3. Back to nature / pergi ke taman 
          Niatnya sih pengen kembali ke alam gitu biar kaya anak-anak jaman sekarang, tapi kita bedua bukan tipe pendaki jadi gimana dong? Naik gunung aja gak pernah tapi kalo naik yang lain mah sering, tangga misalnya #hehehe jadi kita pilih ke Taman aja, di Bandung emang banyak sih Taman Tematik di Bandung, tapi ya gitu-gitu aja karena keseringan lewat jadi biasa aja.   Nah karena kebetulan kita berdua lagi ada di Singapore dan belum pernah masuk ke dalam Garden By The Bay, Singapore jadi kita pilih tempat selanjutnya untuk berbulan madu adalah Garden By The Bay, Singapore. Ternyata di dalem Garden By The Bay, Singapore itu ada Cloud Forest dan Flower Dome. Buat opsi lain ada taman oke di Bandung semisal Tahura (baca: taman hutan raya juanda) emang ga kalo dibandingin ama Garden By The Bay, Singapore jomplang banget tapi lumayan lah Tahura Bandung.       4. Pergi menyusui menyusuri Goa
          Ngga ada salah nya kan berbulan madu ke Goa serem-serem gimana gitu, kalo di Bandung masih berada di satu area yang sama Tahura Bandung ada Goa Jepang dan Goa Belanda melipir sedikit ke Padalarang ada juga Goa Pawon. Dan di Gunungkidul Jogjakarta juga ada Goa Pindul. saya taunya segitu doang sih, Mungkin ada yang mau nambahin Goa-Goa hits di Indonesia?

      Tapi kok itu fotonya di Batu Cave, Malaysia sih Bud??  iya soalnya kan Cave artinya Goa jadi pergi ke Batu Cave, Malaysia sama-sama pergi ke Goa juga kan? #ngeles #kayatukangbajaj, Gak gitu juga karena kebetulan kita lagi di Malaysia jadi sekalian aja kesini selain itu masuk ke Batu Cave, Malaysia juga GRATIS jadi lumayan hemat berbulan madunya.      5. Menikmati malam ditemani lampu berwarna-warni   Kalo di Batu, Malang punya BNS (baca : batu night spectacular) objek wisata malam hari dimana terdapat  lampu bermacam bentuk dan berwarna-warni, di Tangerang juga ada loh Sakura Park yang letaknya di Aeon Mall BSD dan di Malaysia punya I-City tepatnya di Syah Alam, Selangor Malaysia. Memang lumayan jauh dari tempat kami menginap di Jalan Pudu, Kuala Lumpur, namun tidak menyurutkan kami berdua untuk sampai ke I-City.    Selain bisa menikmati lampu yang berwarna-warni disini juga ada wahana lain seperti Red carpet ini adalah semacam museum lilin yang terbesar di Malaysia, Snowalk ini adalah kawasan rumah salju, Water World ini adalah semacam water park, Trick Art Museum tempat berbagai macam koleksi lukisan 3 dimensi, Space Mission tempat pameran luar angkasa yang mempunyai berbagai peratalan sains, dan House of Horror adalah rumah hantu yang menggunakan teknologi 3 dimensi. Untuk masuk ke tiap wahana dikenakan harga tiket yang berbeda-beda.   Salam www.travellingaddict.com
    • By vie asano
      Bagi pasangan yang baru menikah, bulan madu termasuk salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah lelah menjadi raja dan ratu selama sehari, serta sibuk beramah tamah dengan keluarga besar, maka bulan madu menjadi saat yang tepat untuk istirahat sejenak sambil mengenal menikmati momen sebagai pasangan baru.
      Sayangnya, bagi sebagian pasangan, bulan madu kerap diasosiasikan dengan kata “mahal”. Bulan madu juga identik dengan aktifitas hura-hura yang hanya akan memboroskan tabungan yang sudah terkuras paska pesta pernikahan. Dengan dalih “hidup berumah tangga baru dimulai setelah pesta”, nggak sedikit pasangan yang akhirnya memilih untuk menunda momen bulan madu, atau bahkan melewatkannya sama sekali.
      Tapi, kalau kita pikir-pikir lagi, siapa sih yang bikin aturan kalau bulan madu itu harus mahal? Nggak ada kan? Memang sih, jika kalian memilih melancong ke Paris, Maldives, Hawaii, keliling Eropa, bahkan menginap di resort mewah di Bali; jelas saja kalian memerlukan dana liburan yang unlimited. Soalnya tempat-tempat tersebut memang terkenal menawarkan romantisme mewah, yang di klaim bisa membuat bulan madu jadi terasa begitu berkesan.
      Untungnya, nggak semua hal-hal romantis itu harus identik dengan kemewahan yang menguras tabungan. Bulan madu berkesan pun bisa kalian lakukan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. 12 ide berikut ini menawarkan opsi aktifitas bulan madu hemat tapi berkesan, yang bisa kalian lakukan sekarang juga. Tentunya, asal sudah ada pasangannya ya.
      *             *             *             *             *
      1. Nikmati Momen Pertama Sebagai Pasangan Baru dengan Menyewa Rumah di Area Pegunungan.

      Ilustrasi, via greatsmokies
      Nggak semua pasangan suami istri bisa langsung punya rumah sendiri begitu pesta pernikahan berakhir. Sebagian di antaranya memilih tinggal lebih dulu di rumah orang tua maupun mertua, sambil menabung untuk mencicil membeli rumah idaman. Beberapa bahkan terjebak selama bertahun-tahun tinggal bersama keluarga besar. Kalau sudah seperti itu, boro-boro bisa menikmati momen sebagai suami istri baru. Bisa tidur nyenyak sampai pagi tanpa diganggu oleh kesibukan anggota keluarga lainnya, itu sudah berkah banget deh!
      Nah, bagi kalian yang tengah merencanakan bulan madu hemat dan ingin menikmati momen sebagai pasangan baru dengan sepuas hati, cobain tips ini deh. Daripada menghabiskan seluruh tabungan untuk menginap selama satu hari di resort mewah, kenapa nggak mencoba menyewa sebuah rumah untuk beberapa hari? Supaya makin sip, kalian bisa menyewa rumah kecil nan sederhana di daerah pegunungan. Bagi para istri, ini kesempatan untuk menunjukkan keahlian memasak; sementara sang suami bisa memamerkan keahliannya mengatasi masalah rumah tangga sehari-hari.
      Ada keuntungan lain jika memilih menyewa rumah kecil di daerah pegunungan. Selain memiliki kesempatan untuk menikmati suasana sebagai pasangan baru, kalian bisa sekaligus menikmati suasana tenang khas pegunungan. Sedangkan di siang hari kalian bisa jalan-jalan santai dan mengenal lingkungan sekitar. Namun, seandainya kalian nggak suka dengan suasana yang terlalu tenang, kalian bisa menyewa rumah mungil dimana saja. Asal, sesuaikan dengan budget yang kalian miliki ya!
      *             *             *             *             *
      2. Untuk Pengalaman Bulan Madu yang Lebih Maksimal, Kalian Bisa Menginap 1-2 Malam di Hotel Mewah di Kotamu.

      Salah satu kamar di Hotel Padma Bandung, via dhr
      Lho, kok menginap di hotel mewah? Bukannya artikel ini tentang tips bulan madu hemat ya?
      Oke, tips ini mungkin kontradiktif terhadap kata ‘hemat’. But hey, coba kalian hitung lagi. Jika kalian memilih untuk bulan madu di Paris, Maldives, Hawaii, maupun menginap di resort mewah di Bali; kira-kira berapa biaya yang harus kalian siapkan? Hitung juga biaya pesawat, visa, passport, dan tentu saja biaya transportasi serta biaya lain-lain yang harus kalian siapkan.
      Sekarang, bandingkan dengan harga kamar mewah di sebuah hotel mewah di kotamu. Nggak perlu hotel yang mewah-mewah banget deh, asalkan hotel tersebut punya kamar yang cukup ‘wah’ dan ‘wow’ yang belum tentu akan kalian lirik dalam kehidupan sehari-hari. Secara teori, menginap di kamar hotel tersebut barang 1-2 malam harusnya lebih murah dibanding jika kalian harus bepergian ke luar negeri. Terutama karena kalian nggak perlu mengeluarkan biaya transportasi yang terlalu besar.
      Tips tersebut hanya berlaku jika kalian memang memiliki budget untuk itu, dan pernah mempertimbangkan untuk bulan madu ke luar daerah atau ke luar negeri. Dan, jangan memaksakan diri juga seandainya hotel mewah di kota kalian ternyata sekelas Burj Al-Arab (Dubai). Wah, bisa-bisa setelah bulan madu, kalian malah harus kerja rodi untuk membayar semua pengeluaran selama liburan. Kan nggak asyik tuh!
      *             *             *             *             *
      3. Pernah Bermimpi Merayakan Momen Bulan Madu di Atas Kapal? Percaya Deh, Itu Bisa Kalian Lakukan Secara Hemat Lho!

      Ilustrasi cruise romantis, via asmaraku
      Beberapa drama romantis kerap mengulas tentang romantisme momen bulan madu sambil melakukan cruise singkat. Naik kapal pesiar mengarungi lautan, menikmati sunset dan sunrise dari atas kapal bersama orang tercinta, candle light dinner; semua terasa bagai mimpi, terutama bagi pasangan baru yang memiliki budget terbatas.
      Tapi, saat ini sudah banyak opsi cruise dengan harga terjangkau yang bisa kalian cicipi, lho. Tentunya cruise-cruise ini bukan cruise super mewah yang menjanjikan romantisme berbalut kemegahan; melainkan cruise singkat untuk menjelajah beberapa spot wisata di Indonesia. Ada cruise yang hanya berputar di satu wilayah yang sama (seperti cruise menyusuri Teluk Jakarta) yang durasinya cukup beberapa jam saja, ada cruise yang mengunjungi beberapa wilayah berdekatan di Indonesia, dan banyak opsi cruise singkat lainnya yang bisa kalian jajal. Atau jika punya budget yang agak longgar, kalian bisa mengikuti cruise singkat ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.
      Aneka cruise singkat tersebut mungkin memiliki cita rasa suasana yang berbeda dari cruise romantis di kapal mewah. Namun, jika ditilik dari segi budget dan pengalaman, cruise singkat tersebut menawarkan pengalaman baru dalam budget yang lebih ramah kantong. Jadi, semua kembali pada kalian, apakah lebih suka mencicipi cruise singkat atau menabung lebih dulu agar bisa mencoba cruise yang lebih mewah.
      *             *             *             *             *
      4. Bagi Pemburu Petualangan, Hiking dan Camping Bisa Jadi Opsi Bulan Madu Romantis Nan Hemat Untuk Dilakukan.

      Camping bisa jadi opsi bulan madu romantic, via familyclub
      Tips yang satu ini khusus bagi kalian dan pasangan yang sama-sama hobi melakukan petualangan outdoor. Jika kalian menginginkan bulan madu yang hemat tapi tetap romantis, berarti ini saatnya kalian untuk melirik aktifitas hiking dan camping sebagai pilihan bulan madu.
      Hiking dan camping biasanya identik dengan aktifitas outdoor yang kerap dilakukan oleh para muda-mudi. Namun sebetulnya, dengan sedikit tambahan kreatifitas, kalian yang tengah merencanakan bulan madu pun bisa melirik aktifitas ini, lho. Apalagi jika sebelumnya kalian memang sama-sama menyukai aktifitas berbau petualangan.
      Adapun poin kreatifitas yang dimaksud dimulai dari memilih lokasi hiking yang asyik. Jika saat masih lajang kalian lebih suka mencari jalur yang menantang, kali ini tak ada salahnya jika kalian sengaja mencari jalur yang melewati pemandangan indah. Lebih asyik lagi jika jalur hiking tersebut bermuara pada sebuah lokasi camping yang cukup privat untuk pasangan baru, sehingga kalian bisa menikmati momen petualangan sekaligus momen bulan madu dalam satu kesempatan saja. Asyik banget kan?
      *             *             *             *             *
      5. Siapa Bilang Bulan Madu Harus Keluar Kota atau Luar Negeri? Kalian Juga Bisa Menjadi Turis di Kota Sendiri, Kok!

      Jadi turis di kota sendiri, via getintravel
      Siapa sih yang mencetuskan kalau bulan madu tuh harus pergi ke luar kota, luar daerah, atau luar negeri? Nggak ada kan? Inti dari perjalanan bulan madu adalah menghabiskan momen awal yang istimewa bersama pasangan sah, dan itu sama sekali nggak berkaitan dengan lokasi tujuan bulan madu.
      Karenanya, jika budget memang terlalu tipis untuk merencanakan perjalanan bulan madu ke luar daerah (atau malah ke luar negeri), nggak ada salahnya kok kalau kalian mencoba jadi turis di kota sendiri. Caranya, coba deh pilih sebuah daerah yang jarang banget kalian jelajahi di kota tempat tinggal kalian. Jika ada budget untuk menginap di hotel, nggak ada salahnya menjajal tidur di hotel yang ada di daerah tersebut untuk pengalaman ekstra. Hotelnya nggak perlu hotel berbintang. Sekelas bed and breakfast pun cukup, asalkan memiliki suasana yang mendukung untuk momen honeymoon.
      Lantas, apa saja yang bisa kalian lakukan setelah itu?
      Bersikaplah layaknya turis domestik. Salah satu alasan kenapa disarankan untuk memilih daerah yang tidak terlalu familiar, adalah supaya kalian bisa menjelajah daerah tersebut dan menemukan kesenangan baru. Mungkin kalian bisa mampir di pusat perbelanjaan yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, menonton film di bioskop yang belum pernah di coba, hingga menjelajah kuliner di sekitar area hotel. Intinya sih, manfaatkan setiap momen dan aktifitas sebagai pasangan baru, sekalipun kalian nggak pergi terlalu jauh dari rumah.
      *             *             *             *             *
      6. Dan, Jika Kalian Sudah Terlalu Sering Jalan-jalan di Kota Sendiri, Pertimbangkan Untuk Menjelajahi Kota Lain yang Nggak Terlalu Jauh dari Rumah.

      Ilustrasi, via travelbird
      Gimana kalau kalian ternyata sudah hapal seluruh pelosok kota tempat tinggal selama ini? Kayaknya bakalan mati gaya deh kalau jadi turis di kota sendiri!
      Nah, khusus untuk kalian yang memang sudah bosan menjelajah kota sendiri, kalian bisa kok melirik daerah lain yang sedikit berada di luar kota. Prinsipnya masih sama seperti tips no 5, yaitu kalian memilih hotel di kota tetangga dan jelajahi area di sekitar hotel dengan sepuas hati. Sebagai contoh, jika selama ini kalian tinggal di Jakarta, kalian bisa memilih Bogor maupun Tangerang untuk dijelajahi. Warga Bandung bisa mencoba main-main ke Sumedang maupun Garut. Sedangkan warga Surabaya bisa main-main ke Malang atau Madura.
      Kenapa sih harus memilih kota yang nggak jauh dari tempat tinggal sekarang?
      Salah satu alasannya tentu saja dari segi biaya. Menjelajah kota tetangga pastinya akan lebih terjangkau dibanding kalian pergi ke kota yang lebih jauh, atau terbang ke pulau lain. Ingat, nggak perlu memaksakan diri untuk menginap di hotel berbintang ya. Yang penting adalah suasana dan kenyamanan menginap, sehingga nggak mengganggu romantisme berbulan madu.
      *             *             *             *             *
      7. Sudah Tahu Kan Kalau Indonesia Itu Negara Kepulauan? Jadi, Kenapa Nggak Memilih Bulan Madu ke Pulau Lain?

      Jembatan Cinta di Pulau Tidung, via adesantora.blogspot
      Sampai disini, ada yang mau protes nggak? Katanya ini tips untuk bulan madu hemat. Tapi kok disuruh untuk pergi ke pulau lain? Memangnya nggak mahal tuh bulan madu lintas pulau seperti itu?
      Tenang, santai dulu. Maksud bulan madu lintas pulau ini bukan berarti kalian harus pergi ke pulau yang jauh kok. Tapi, pergilah bulan madu ke pulau yang paling dekat dengan tempat tinggal kalian.
      Indonesia itu negara kepulauan. Banyak pulau-pulau kecil yang cantik dan menarik, yang lokasinya nggak begitu jauh dari pulau-pulau besar. Beberapa pulau tersebut malah sudah dikembangkan sebagai kawasan wisata, seperti Kepulauan Seribu yang ada di wilayah DKI Jakarta. Provinsi Banten juga memiliki beberapa pulau yang kerap jadi tujuan wisata favorit. Dan banyak lagi pulau-pulau lain yang siap dijadikan tujuan bulan madu kalian.
      *             *             *             *             *
      8. Namun, Kalau Takut Mabuk Laut, Kalian Bisa Memilih Opsi Bulan Madu di Jalur Darat, Seperti Naik Mobil Keliling-keliling Pulau.

      Traveling dengan mobil, via avtomobileru
      Seandainya ide untuk menyeberang ke pulau lain terdengar bukan ide yang bagus untuk kalian, ada opsi lain yang bisa kalian pilih dengan menggunakan jalan darat. Misalnya saja, dengan naik mobil dan melakukan long trip ke beberapa kota, atau bahkan mengelilingi pulau.
      Dengan melakukan long trip ke beberapa kota, kalian memiliki banyak sekali kesempatan untuk berduaan selama di dalam mobil. Kalian juga bisa mengunjungi kota-kota yang belum pernah disinggahi sebelumnya, dan menemukan petualangan baru yang mungkin nggak terbayangkan dalam kehidupan sehari-hari. Nggak perlu memusingkan masalah penginapan, karena dewasa ini hampir di semua kota sudah ada penginapan yang murah namun tetap menawarkan kenyamanan.
      Ngomong-ngomong, opsi ini sebaiknya hanya dilakukan oleh kalian yang memiliki kendaraan pribadi yang irit bensin. Kalian yang nggak punya kendaraan memang bisa saja menyewa dari rental, namun pastinya kalian harus siap dengan budget yang membengkak karena biaya sewa. Selain itu, privasi kalian mungkin agak sedikit terganggu karena harus berbagi ruang dengan supir (kecuali jika kalian menyewa mobil tanpa supir).
      *             *             *             *             *
      9. Mengaku Punya Jiwa Sosial Tinggi? Kalian Bisa Menjadi Sukarelawan Sambil Berbulan Madu, Lho!

      Ilustrasi, via gozaround
      Jika kalian dan pasangan mengaku punya jiwa sosial yang tinggi, ide yang satu ini mungkin bisa menarik untuk kalian. Sambil melakukan bulan madu, kenapa nggak sekalian saja melamar jadi sukarelawan secara bersama-sama?
      Sebelum ada yang protes, coba simak baik-baik penjelasan berikut ini ya.
      Kalian mungkin membayangkan tenaga sukarelawan sebagai tenaga bantuan di daerah korban perang atau daerah-daerah yang baru terkena bencana alam. Padahal nggak selalu seperti itu lho. Dewasa ini, ada beberapa organisasi yang menyalurkan sukarelawan ke negara-negara yang membutuhkan tenaga tambahan di bidang lain, seperti pendidikan, konservasi alam, dan sebagainya. Salah satunya seperti menyalurkan sukarelawan ke Maldives (baca: Mau Makan dan Tidur Gratis di Maldives? Baca Infonya Disini).
      Di negara tersebut, para sukarelawan dapat membantu sesuai bidang yang diinginkan, seperti mengajar bahasa Inggris, ikut berpartisipasi dalam bidang olah raga, konservasi kelautan, dan banyak opsi lain yang bisa dipilih. Memang sih kalian nggak akan dibayar saat menjadi sukarelawan. Namun kalian akan mendapat tempat tinggal dan makan/minum gratis. Sebagai bonus, kalian juga bisa memanfaatkan waktu luang di sela kegiatan sosial untuk liburan, lho. Jadi, selain mendapat kesempatan momen liburan yang lebih hemat, kalian bisa sekaligus membantu sesama. Asyik kan?
      *             *             *             *             *
      10. Karena Pesta Pernikahan Bisa Begitu Melelahkan, Kalian Bisa Memilih Aneka Program Retreat Untuk Mengembalikan Stamina, Sekaligus Berbulan Madu.

      Ilustrasi, via shutterstock
      Percaya deh, pesta pernikahan itu bisa begitu melelahkan secara fisik dan mental. Sebelum hari H, kalian akan disibukkan oleh bermacam acara fitting, cetak undangan, rapat bersama keluarga besar, hingga melakukan bermacam ritual adat. Belum lagi kalian mungkin harus berjuang menghadapi bermacam konflik yang kadang membuat calon pengantin menjadi bridezilla.
      Sedangkan pada hari H, kalian pun harus tahan berdiri selama beberapa jam, memasang senyum manis, sambil mupeng saat melihat para tamu yang kelihatannya asyik menyantap hidangan pesta. Jika sebelum hari H kalian sengaja melakukan diet demi bisa tampil lebih sempurna, bisa jadi ‘penderitaan’ saat pesta pun semakin berlipat ganda.
      Untuk mengembalikan stamina setelah pesta, dan melepas seluruh ketegangan sebelum betul-betul terjun berumah tangga yang sesungguhnya, nggak ada salahnya jika kalian mempertimbangkan untuk mengikuti program retreat. Maksud dari program retreat adalah kegiatan menarik diri sejenak dari hingar bingar perkotaan. Aktifitasnya sendiri bervariasi, mulai dari spa, yoga, meditasi, dan lain-lain.
      Dewasa ini banyak sekali pilihan program retreat yang diselenggarakan di berbagai kota. Paketnya pun beragam, mulai dari paket singkat dengan harga yang terjangkau, hingga paket liburan selama beberapa hari. Beberapa program retreat bahkan menawarkan paket terapi dan akomodasi dengan harga super miring lho. Tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dengan budget, dan selamat menikmati momen bulan madu yang berkesan (dan hemat).
      *             *             *             *             *
       
    • By syalala
      Halo saya lagi cari jada travel utk ke lombok? Ada yg punya rekomendAsi?