Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

Asa Citra

Asyiknya Berlibur Bersama Binatang Peliharaanmu di Hotel-Hotel yang Pet-Friendly di Malaysia Berikut Ini

Recommended Posts

Bagi pecinta binatang, travelling seringkali membuat kita bingung. Di satu sisi, kita tergerak untuk bepergian sejauh mungkin dan menjelajah sebanyak mungkin tempat asing yang belum pernah kita datangi sebelumnya. Akan tetapi di sisi lain, kita terpaksa harus meninggalkan binatang peliharaan kita di rumah.

Saat akan berangkat, kita sudah disibukkan mencari orang lain yang bisa kita percaya untuk merawat mereka. Dan setelah kita benar-benar pergi, tak jarang rasa khawatir menghantui. Apakah satwa kecil kita baik-baik saja? Apakah mereka makan, minum, dan bermain dengan cukup? Dan lain sebagainya. Kadang ketika sedang bersenang-senang di negeri orang dan melihat warga lokal sedang bermain bersama sahabat satwanya, kita menjadi semakin rindu dengan peliharaan kita sendiri di rumah.

Akan tetapi, hal itu tidak selamanya menjadi masalah. Beberapa tempat tertentu memberikan kita kesempatan untuk bisa berlibur dan jalan-jalan bersama teman kecil kita tersebut. Salah satu negara yang sempurna untuk hal tersebut adalah Malaysia.

Untuk membawa binatang ke Malaysia menggunakan pesawat, kita perlu menyimpannya dalam kandang. Untungnya karena Malaysia cukup dekat, binatang peliharaan kita tersayang tidak perlu berlama-lama dikurung. Selain menggunakan pesawat, kita juga bisa membawanya dengan kapal ferry. Di Malaysia sendiri, ada beberapa hotel yang memperbolehkan tamunya membawa peliharaan. Bahkan, beberapa hotel sudah didesain khusus agar para satwa bisa ikut menginap dengan nyaman. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

1.       Ruby’s Resort

Alamat : Lot 350, Jalan Kemaman, Kg. Chendor, Cherating, 26080 Balok, Pahang, Malaysia

1.thumb.jpg.392c450c091aea6587af12e69711

 

Ruby’s Resort adalah penginapan yang pet-friendly paling terkenal di seluruh Malaysia. Itu karena resort ini memang sengaja didesain agar tamunya bisa berlibur bersama binatang kesayangan masing-masing. Hebatnya, resort ini menyediakan akomodasi untuk segala kebutuhan budget. Dari kamar dormitory hingga pavilion yang nyaman, kamu bisa memilih sendiri villa yang cocok dengan anggaranmu.

 

Para anjing dan kucing bebas berlarian ke mana pun mereka suka di resort yang luasnya sekitar 1,8 hektar ini. Hanya saja, untuk area kafe, binatang tidak diperkenan masuk. Jika kamu ingin makan bersama binatang kesayanganmu, kamu bisa mengajaknya ke area pantai yang masih berada di dalam kawasan resort. Di sana ada meja piknik dimana kalian bisa bersantai sambil makan dan bermain. Staff hotel juga mempunyai beberapa rekomendasi restaurant di sekitar yang mengijinkan binatang untuk ikut masuk.

Binatang peliharaan boleh ikut masuk ke kamar, tapi tidak boleh tidur di ranjang untuk menjaga kasur tetap higienis. Resort ini juga tidak menyediakan sprei dan handuk untuk tamunya karena khawatir akan terkontaminasi binatang. Tidak ada batasan mengenai jenis dan ukuran binatang yang boleh dibawa ke resort ini. Semuanya akan disambut dengan ramah. Pemilik Ruby’s Resort sendiri mempunyai 7 ekor anjing yang juga ikut tinggal di resort yang menyenangkan ini.

 

Bila ingin membawa teman satwamu ke resort ini, pastikan dia sudah terlatih dengan baik. Binatang peliharaanmu juga harus mampu bersosialisasi dengan binatang lain karena akan ada banyak sekali binatang lain di resort ini. Rata-rata hampir semua tamu yang datang ke sini akan membawa satwa kecil masing-masing.

 

 

2.       Ancasa Hotel & Spa Kuala Lumpur

Alamat : Jalan Tun Tan Cheng Lock (Off Jalan Bukit Bintang), Chinatown, Kuala Lumpur, 50050, Malaysia

2.jpg.c08e548610514d10a2d6b805c8994d1f.j

 

Terletak di Chinatown yang ramai, Ancasa Hotel & Spa Kuala Lumpur hadir menawarkan pengalaman menginap dalam kemewahan sembari menikmati berbagai menu untuk perawatan kecantikan dan kebugaran tubuh. Hotel ini juga menyediakan fitness center, buffet restaurant, dan bar. Yang lebih menariknya lagi, hotel ini juga mengijinkan tamunya untuk membawa binatang peliharaan.

 

Ancasa Hotel & Spa Kuala Lumpur memang bukan hotel favorit bagi para pecinta binatang karena mereka memiliki cukup banyak aturan mengenai binatang. Setiap satu kamar diperbolehkan membawa satu ekor binatang peliharaan. Selain itu, ada juga batasan tertentu mengenai jenis, ukuran, dan bobot dari masing-masing binatang. Selain itu, kamu juga akan dikenai tariff sekitar USD 25 per hari.  Beberapa jenis kamar tidak bisa dipesan untuk kamu gunakan bersama binatang peliharaan. Namun rata-rata hampir semua kamar bisa digunakan.

 

 

3.       Bon Ton Restaurant & Resort Langkawi

Alamat : Pantai Cenang, 07000 Pantai Cenang, Malaysia

3.jpg.6cbc7bd3099174d97d5a094dcab1b598.j

 

Bon Ton Restaurant & Resort Langkawi terletak tepat di tengah kebun kelapa yang berusia sekitar 100 tahun. Secara keseluruhan hanya ada 8 buah villa di kebun yang luas ini. Sehingga, kamu bisa bebas berlarian dengan binatang kesayanganmu tanpa khawatir tempat ini akan terlalu ramai. Tidak ada biaya tambahan yang perlu kamu keluarkan untuk bisa membawa satwa kesayanganmu untuk datang ke tempat ini.

 

Bukan hanya mengijinkan tamunya membawa binatang, pemilik resort ini sendiri pun merupakan pecinta binatang. Di dekat resort ini, terdapat Langkawi Animal Shelter & Sanctuary yang dikelolanya sendiri. Tak jarang, kucing dan anjing dari shelter tersebut datang bermain-main ke Bon Ton Resort.

 

Untuk menikmati waktumu bersama sang peliharaan, kamu bisa membawanya bermain di taman atau kebun yang sangat luas ini. Bila binatang kecilmu cukup pandai bersosialisasi, kamu bisa mengajaknya ke shelter agar bisa bertemu dengan teman-temannya. Semua binatang di shelter bisa kamu ajak bermain, berjalan-jalan, atau bahkan kamu adopsi. Jangan lupa juga untuk menyisihkan sedikit uang untuk didonasikan kepada satwa-satwa yang kurang beruntung tersebut.

 

 

4.       Temple Tree Resort

Alamat : Pantai Cenang, 07000 Pantai Cenang, Malaysia

4.jpg.bf7669e46697f835c37e6c9c8925de2b.j

 

Temple Tree Resort terletak bersebelahan dengan Bon Ton Restaurant & Resort Langkawi. Pemiliknya pun masih sama. Itulah mengapa penginapan ini juga memiliki aturan yang sama tentang tamu membawa binatang peliharaan mereka. Temple Tree Resort menawarkan 20 buah villa dengan gaya arsitektur Melayu. Tiap villa dilengkapi dengan AC, DVD player, minibar, dan juga akses Wifi gratis. Villa yang agak mahal juga dilengkapi dengan bath tub kayu yang elegan dan nyaman.

 

Beberapa villa yang tersedia memiliki halaman yang cukup luas di bagian belakang rumahnya sehingga kamu bisa bermain-main santai dengan peliharaanmu. Kamu juga bisa membawanya ke Pantai Cenang yang jaraknya hanya 2 menit dari resort. Sama seperti Bon Ton Resort, Temple Tree Resort juga menyediakan akses dan donasi ke Langkawi Animal Shelter & Sanctuary.

 

Temple Tree Resort juga menyediakan villa untuk keluarga. Ini sangat menguntungkan bagi keluarga yang mempunyai peliharaan karena mereka bisa berlibur bersama tanpa perlu meninggalkan peliharaan mereka sendirian di rumah atau di tempat penitipan satwa.

 

 

5.       Muntri Mews Boutique Hotel

Alamat : 77, Lebuh Muntri, 10200 George Town, Malaysia

5.jpg.4633eff427c8a221cec73ed1554bfbb2.j

 

Muntri Mews Boutique Hotel lebih ditujukan kepada para flashpacker. Namun, binatang peliharaan boleh dibawa masuk ke dalam area hotel dan bahkan kamar tidur. Tidak ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk itu. Hotel ini memiliki desain arsitektural dan detail interior yang tampak homey sehingga para tamu (dan juga binatang tersayangnya) akan merasa nyaman seperti berada di rumahnya sendiri.

 

Meski tidak didesain khusus untuk menerima tamu binatang, hotel ini tetap nyaman dan menyenangkan bagi peliharaanmu. Setiap suite menghadap langsung ke taman sehingga kamu tidak perlu bingung mencari tempat untuk bersantai dan bermain dengan peliharaanmu. Secara keseluruhan, hotel ini hanya menyediakan 11 buah kamar sehingga kamu tidak perlu khawatir hotel ini akan menjadi terlalu penuh dan berisik. Muntri Mews Boutique Hotel juga menyediakan Family Suite yang bisa muat hingga 5 orang. Suite ini cocok untuk keluarga yang berlibur bersama sembari membawa binatang peliharaan keluarga.

 

 

6.       Noordin Mews Hotel

Alamat : 53, Noordin Street, 10300 George Town, Malaysia

6.jpg.31fce40fe22fe28988e4a7ee8f4b8a0b.j

 

Noordin Mews Hotel sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Muntri Mews Hotel dari segi konsep. Bahkan, kedua hotel ini pun satu pemilik. Sama seperti Muntri Mews, Noordin Mews juga lebih ditargetkan untuk para flashpacker. Sama-sama terletak di George Town yang sarat peninggalan sejarah, hotel ini pun memiliki gaya arsitektural kolonial yang elegan.

 

Tidak ada kamar tidur yang kecil di hotel ini. Setiap kamar yang ada minimal mampu menampung sekitar 3 orang. Bahkan ada juga kamar yang memungkinkan untuk ditempati 5 orang bersamaan secara nyaman.

 

Secara keseluruhan hotel ini memiliki 17 buah kamar. Akan tetapi, tidak semuanya boleh dipakai bersama binatang. Hanya 6 buah kamar yang terletak di lantai dasarlah yang diijinkan untuk para satwa ikut masuk dan menginap. Untuk itu, sebaiknya jelaskan secara pasti saat melakukan reservasi bahwa kamu mau meminta kamar yang bisa ditempati bersama binatang peliharaan.

 

Para binatang boleh dibawa ke hampir semua area hotel. Tetapi kamu harus memperhatikannya sepanjang waktu agar jangan sampai mengganggu kenyamanan tamu hotel lainnya, terutama yang tidak membawa binatang. Area makan seperti restaurant dan bar juga tidak boleh dimasuki binatang agar tetap higienis. Hotel ini juga akan meminta biaya ekstra bila kamu ingin mengajak serta satwa kecilmu untuk menginap di sini. Namun jangan khawatir, karena biayanya tidak terlalu besar.

 

 

7.       Borneo Highlands Resort

Alamat : Jalan Borneo Heights, Padawan, 94200 Padawan, Malaysia

7.jpg.358070731fd4ebe6af4aca3b2206c4ba.j

 

Berkelana menjelajah belantara alam yang liar dan luas adalah kegiatan yang sangat menantang dan menyenangkan. Pengalamanmu itu tentu akan jadi jauh lebih berkesan bila kamu bisa berpetualang bersama satwa kecil kesayangan. Borneo Highland Resort bisa membantumu mewujudkannya. Berjarak sekitar 45 menit dari Kuching International Airport, resort dengan taman luas ini mengijinkan tamunya untuk membawa binatang peliharaan.

 

Borneo Highlands Resort terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut. Penginapan ini dikelilingi oleh rimbunnya hutan hujan Borneo yang merupakan hutan hujan tertua di dunia. Hutan yang merupakan terluas kedua di Bumi ini bisa menjadi arena bermain tak terbatas bagimu dan peliharaanmu. Di area yang sama, ada juga Jungle Spa dan Hornbill Golf Course bila kamu ingin menikmati waktumu sendiri. Kamu juga bisa mengajak teman kecilmu mendaki di Penrissen Mountain Range.

 

 

8.       Dog Boarding Hotel

Alamat : Jalan Tun Abdul Razak, Titiwangsa Sentral, Kuala Lumpur

8.jpg.c48b6e1fda42f15a76f8fcdcc1404e10.j

 

Ingin pergi ke suatu tempat yang tidak mengijinkan binatang masuk? Atau ingin melakukan aktivitas yang mustahil membawa anjingmu ikut serta? Hal itu juga tidak akan menjadi masalah karena karena di Malaysia ada hotel khusus anjing bernama Dog Boarding Hotel. Hotel unik ini dilengkapi dengan beberapa kamera CCTV yang bisa dilihat serta online dan real time. Kapanpun dimanapun, kamu bisa mengecek apa yang sedang dilakukan oleh teman kecilmu itu.

 

Dog Boarding Hotel didirikan oleh seorang traveler pecinta anjing bernama Canine. Canine sangat memahami betapa galaunya seorang pemilik anjing yang doyan jalan-jalan setiap kali ingin pergi berkelana. Hotel ini didesain khusus agar nyaman dan memenuhi kebutuhan segala jenis anjing. Semua staff yang bekerja di penginapan ini adalah penyayang anjing. Maka dari itu, dijamin bahwa di hotel ini, setiap anjing akan disambut dan diperlakukan dengan baik serta penuh kasih sayang.

 

Penginapan ini bukan hanya sekedar menyediakan tempat tidur yang nyaman bagi para tamu anjingnya. Di sini, ada juga ruang bermain dengan berbagai pilihan jenis mainan yang anjingmu bisa pilih sesuka hati. Ruang bermain dijaga oleh staff untuk memastikan setiap binatang bisa bermain dengan aman dan nyaman. Pihak hotel bahkan menyediakan chef khusus yang bisa memasak makanan dan cemilan untuk peliharaan kesayanganmu ini. Semua makanan dijamin lezat dan bernutrisi.

 

 

9.       Pet Playground Hotel

Alamat : 6, PJU1A/20B, Dataran Ara Damansara, 47301 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia dan

                  Jalan 21/34, Petaling Jaya, Selangor, Malaysia

m.jpg.8b1726a1d58aa2e6cb095be59b061fb3.j

 

Pet Playground Hotel adalah penginapan bintang 5 khusus untuk anjing, kucing, burung, dan kelinci. Jika kamu sedang ingin jalan-jalan, kamu bisa menginapkan teman kecilmu di sini agar dia juga bisa menikmati liburan sembari bersenang-senang. Pet Playground Hotel terdiri dari dua lokasi yaitu L Residence dan Pet Playground. Kedua hotel ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 20 menit dari pusat kota Kuala Lumpur. Dan bila kamu tidak sempat atau kesulitan untuk mengantarkan peliharaan kecilmu ke sana, pihak hotel pun dapat membantumu dengan layanan antar-jemputnya.

 

Untuk setiap binatang disediakan berbagai pilihan kamar yang masing-masing memiliki luas dan fasilitas berbeda. Setiap kucing dan anjing yang datang menginap akan mendapatkan pelayanan berupa penyisiran bulu, waktu bermain, dan terapi musik. Mereka juga akan mendapatkan makanan dan minuman yang menyehatkan yang menunya pun bisa kamu pilih.

 

Bukan hanya binatang biasa, para staff di Pet Playground Hotel juga terlatih untuk melayani binatang yang memiliki cacat fisik. Jika peliharaanmu sakit, akan ada dokter hewan yang langsung menanganinya. Terdapat 5 orang dokter hewan yang siap sedia di sekitar hotel dengan 2 di antaranya siap selama 24 jam setiap hari dalam seminggu.

 

 

Travelling adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Bermain dengan binatang peliharaan tersayang pun juga sama serunya. Pengalaman kita akan menjadi jauh lebih mengasyikkan bila kita bisa travelling bersama binatang peliharaan. Dengan mencari hotel yang tepat, hal itu bukan lagi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Selain hotel-hotel tersebut di atas, masih ada lagi banyak hotel di Malaysia yang mengijinkan binatang peliharaan untuk masuk ke kamar. Hotel dan daycare khusus binatang pun juga tak sedikit jumlahnya. Malaysia sendiri memang tergolong negara yang pet-friendly untuk destinasi wisata. Di Asia, hal itu merupakan hal yang cukup langka.

Share this post


Link to post
Share on other sites
9 hours ago, deffa said:

wah leh uga neh 

ini dia mantap saya kalo mau jalan2 itu kasian anjing saya si Filo ditinggal karena masalah gak boleh stay di hotel huhu

sekalian donk persyaratan bawa binatang ke Pesawat bagaimana ya @Asa Citra

Nah ini, bawa nya kesono gimana hahahahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
13 hours ago, HarrisWang said:

Nah ini, bawa nya kesono gimana hahahahaha

iya gue pernah baca harus ke dewan karantina dulu untuk di minta surat2 dan katanya di bius 

kasian euy :( 

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa @HarrisWang

kalo bawa binatang ke pesawat itu kebijakan masing2 maskapai. yang aku tahu boleh bawa binatang itu Lion Air sama KLM.

surat dari dokter hewan ato dinas peternakan pasti wajib buat memastikan tu binatang nggak bawa penyakit dan juga bukan satwa dilindungi..

 

bius biasanya diperlukan cuma kalo penerbangannya lama. kalo jakarta ke malaysia kayaknya bisa dikandang aja. :)

paling oye itu KLM. dia bolehin tiap org bawa maksimal 3 binatang (lion air cuma satu). kalo binatangnya kecil malah boleh dibawa ke kabin asal tetep dikandang..

https://www.klm.com/travel/id_id/prepare_for_travel/travel_planning/pets/index.htm

itu KLM malah ngasih ketentuan rinci tentang membawa binatang naik pesawat..

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

×
×
  • Create New...