Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • 0
Sign in to follow this  
klausaklise

Tips Membeli Voucher Hadiah

Question

Seperti postingan sebelumnya tentang hadiah unik yang bisa diberikan ke pernikahan sahabat, saya ingin membahas lebih detail soal voucher.

Temen-temen mungkin pernah menerima voucher sebagai hadiah. Voucher perjalanan wisata, voucher belanja, voucher makan dan lain sebagainya saat ini memang bisa menjadi salah satu ide hadiah yang unik dan pastinya bermanfaat. Dengan voucher, kita bisa mendapatkan potongan harga atau bahkan gratis semuanya. 

Voucher ini bisa dibeli di mana-mana termasuk secara online. Sejumlah situs penjualan voucher sudah banyak tersebar. Beberapa di antaranya adalah evoucher dan juga groupon. Nah tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan voucher sebagai hadiah. Salah-salah, bukannya mau kasih hadiah malah kasih masalah :(

stylish-business-n-gift-card-templates-0

Ini dia beberapa yang harus diperhatikan berikut tipsnya.

1. Beli di tempat yang terpercaya
Membeli voucher harus di tempat yang terpercaya. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas atau bisa dicari tempat lain yang memang sudah terjamin mutunya. Bisa googling bagaimana testimoni pelanggan sebelumnya yang pernah membeli voucher di tempat yang anda tuju untuk menilik track record-nya. 

2. Baca Syarat dan Ketentuannya
Ini penting banget! Jangan sembarangan beli voucher. Kita harus teliti dengan syarat dan ketentuannya. Sebelum membeli, biasanya tertera banyak syarat dan ketentuannya, kecuali memang voucher yang nggak bersyarat ya. 

Syarat dan ketentuan biasanya meliputi tentang:

- tanggal penggunaan voucher, sampai kapan berlakunya 
- tempat penggunaan voucher, jika punya cabang perlu diperhatikan. Ada yang bisa digunakan di semua cabang ada juga di tempat tertentu
- Full free atau ada minimum payment. Apakah si pengguna voucher bisa menggunakan voucher tanpa bayar apa pun lagi atau harus ada pembelian atau pembayaran lainnya. Biasanya ini terjadi pada voucher belanja dan kuliner.
- Apa fasilitas yang didapat. Teliti dengan detail apa saja yang didapat dari voucher tersebut. Misalnya, jika itu merupakan voucher menginap, di kamar tipe apa dengan fasilitas apa saja. Jika jalan-jalan misalnya apakah sudah termasuk makan, guide dan sebagainya. Begitu juga dengan paketan yang ditawarkan pada voucher tersebut.

3. Cek tujuan voucher
Ada baiknya, sebelum anda memutuskan untuk menghadiahi sahabat anda sebuah voucher, anda perlu juga mengecek kredibilitas dari tujuan penggunaan voucher. Hal ini untuk meminimalisir ketidaknyamanan saat meredeem voucher. Pada beberapa kasus, ada pelanggan yang merasa diribetkan ketika me-redeem voucher. Atau bisa juga mendapat pelayanan yang kurang ramah karena menggunakan voucher dan bukan pembayaran langsung. Jangan salah, ada lho yang mendapat pelayanan berbeda karena penggunaan voucher dianggap sebelah mata. Jadi, kita bisa mencari tahu dulu siapa dan bagaimana pelayanan mereka ketika ada yang ingin menggunakan voucher.

Mencari tahu dulu soal tempat tujuan juga diperlukan untuk memastikan apa yang diiklankan sesuai dengan aslinya. Misalnya, soal hotel. Apakah hotel yang dituju benar-benar cantik, bersih, atau bagus seperti yang digambarkan dalam iklan? Jangan sampai ternyata ketika sampai malah mengecewakan karena beli secara online.

Kuonigiftlist.jpg

4. Waspada penolakan
Hati-hati dengan penolakan voucher yang bisa saja terjadi saat kita datang. Misalnya karena hotel penuh atau alasan lainnya. Itu mengapa, biasanya ada pemberitahuan untuk menghubungi pihak tujuan (hotel atau restoran) beberapa hari sebelum tanggal kedatangan. Ini untuk memastikan apakah ada kamar atau tempat yang bisa digunakan seperti yang tertera pada voucher. Untuk voucher menginap dan makan seperti ini, jika tidak ada pemberitahuan tersebut, lebih baik anda tetap menghubungi pihak hotel atau resto sebagai langkah antisipasi.

5. Survey Harga
Yang perlu diperhatikan lainnya adalah urusan harga. Kita bisa saja tertipu dengan kata 'paket' atau 'diskon' atau 'lebih hemat' atau apapun yang ditawarkan. Tapi sebenarnya, harga yang tertera di voucher dengan harga aslinya bisa saja sama atau bahkan lebih mahal. Jika niatnya memang ingin mendapatkan yang lebih murah, poin ini penting. Cari tahu dulu berapa harga aslinya dan bisa dibandingkan apakah lebih baik membeli voucher di situs tertkait atau tidak. 

Nah, jika sudah mengetahui sejumlah hal di atas, kamu bisa lebih nyaman saat memberikan voucher sebagai hadiah. Kan nggak enak, alih-alih mau kasih hadiah tapi malah jadi bikin ribet si penerima hadiah. :) 

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Recommended Posts

Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...