Sign in to follow this  
nonaJJ

Buat Aksesoris Sendiri dari Kawat

2 posts in this topic

Masa liburan udah habis, ya? Tapi tenang, masih selalu ada akhir pekan untuk beristirahat di tengah kesibukan. Kalau nggak tahu harus ke mana saat liburan, aktivitas seperti membuat aneka ketrampilan juga bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi hari libur. Kegiatan seperti ini bisa juga disebut dengan DIY atau Do It Your self, artinya membuat sesuatu secara sendiri. Bukan hanya hemat, kalau hasilnya bagus dan telaten mengerjakannya, hasil-hasil DIY ini bisa menghasilkan uang lho, jadi bisnis rumahan yang menguntungkan, deh.

Berawal dari acara kumpul-kumpul tahun baru kemarin, kami menggunakan headband atau bando dari kawat saat acara. Setelah cari tahu, harga di online mulai dari 8 ribu hingga 20 ribuan. Belum lagi ongkir. Hmmm lumayan juga untuk barang yang sekiranya bisa dibuat sendiri. Karena itulah, saya mulai iseng buat sendiri di rumah. 

Bahan dasarnya tentu saja kawat. Kawatnya bisa sekitar 0,5 - 1 mm. Ketebalannnya bisa disesuaikan kebutuhan dan selera kamu. Kenapa kawat? Kawat mudah atau flexibel di bentuk. Dia juga kuat dan tidak mudah patah. Dari kawat ini, ada sejumlah item aksesoris yang bisa dihasilkan. Berikut ini item atau aksesoris tersebut, juga dengan sekilas cara membuatnya.

1. Headband atau bandana atau bando
Anak kecil sampai wanita dewasa masih suka pakai headband atau bandana. Selain bisa menjaga dan merapikan poni, bandana juga mempercantik dengan aneka bentuk dan warna yang lucu. Banyak jenis bandana, dan salah satunya bandana kawat ini.

polkadot-bunny-ear-wire-hairband-bando-b

Bandana kawat biasanya dibuat seperti telingan kelinci atau seperti pita kado di bagian atasnya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya antara lain:

- Kawat dengan panjang sekitar 80 cm atau disesuaikan dengan kepala kamu. 
- Kain bekas yang punya motif dan warna 
menarik menurut kamu. Kamu bisa menggunakan pakaian atau celanan lama yang sudah tidak digunakan lagi. 
- jarum jahit beserta benang dan jarum pentulnya. 
- Tang, gunting.

Nah, sekarang bagaimana cara membuatnya?

- Potong kawat sepanjang 80 cm atau sesuai keinginan dengan menggunakan tang.
- Siapkan kainnya dengan panjang yang sama. Buat sedikit lebar, misalnya 10 cm. Lipat menjadi 2 atau selera kamu untuk lebarnya. Lalu jahit bagian pinggirnya. Jangan lupa, sisakan sedikit lubang untuk memasukkan kawatnya. Untuk mempermudah jahitan, sematkan beberapa jarum pentul sepanjang kain agar lipatan rata dan stabil saat dijahit. 
- Jika kamu ingin membuat ujung seperti telinga kelinci, kamu bisa melipat ujungnya berbentuk segi tiga atau menggunting ujungnya berbentuk daun. 
- Setelah jahitannya selesai, kamu sudah bisa memasukkan kawat dan kemudian rapikan. Agar kawat tidak kemana-mana, jahit atau kunci bagian ujung kawat dengan jahitan.

Tadaaaa... bandana kawatnya jadi deh. sekarang, coba pakai dengan berbagai macam model.

usagi_head_band.jpg

2. Kuncir Rambut dan gelang
cara membuat bandana kawat juga bisa diaplikasikan untuk membuat kuncir rambut kawat. Bedanya, buat lebih pendek agar mudah mengikatnya. Selain kuncir rambut, bisa juga jadi gelang tangan lho. Tinggal dipilih saja motif kain yang lucu untuk menjadi gelang.

3. Cincin
Selain yang sudah tersebut di atas, aksesoris lain yang bisa dibuat dari kawat adalah cincin. Buat lebih pendek dan sesuaikan dengan jari kamu. Mudah kan???

Gaya aksesoris kawat ini cukup populer di tahun 80 dan 90-an. Sekarang masih bisa diaplikasikan dan tetap kece kok. Selamat mencoba, ya. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this