• agoda-hemat.png

  • 0
Imron Rosyadi

DESA TRADISIONAL SAPIT

Question

a.thumb.jpg.9cc2f335706c726bd1eb8b1d873c

Desa Tradisional Sapit Merupakan salah satu desa adat tradisional yang kerap dikunjungi wisatawan untuk menengok kehidupan tradisonal di Lombok. Dari desa ini kita bisa melihat Samudera Indonesia dan Selat Alas sekaligus gunung Rinjani. Desa ini berada di ketinggian 1.100 mter dari permukaan air laut, sehingga udaranya dingin dan bersih. Sunrise di Desa Sapit sangat indah karena kita bisa melihat matahari terbit dari arah daratan Sumbawa.

 

Satu lagi yang menjadi keunikan Desa Tradisional Sapit adalah keberadaan langgar Sapit yakni masjid peninggalan Wetu Telu yang berlokasi di Dusun Montong Kemong. Letaknya sekitar 500 meter dari pusat desa, Bangunan Langgar Sapit ini cukup menonjol karena berbentuk rumah khas suku Sasak yang saat itu tergolong cukup megah dan hingga kini masih terjaga kelestariannya. Desa Tradisional Sapit terletak kira-kira 85 kilometer arah timur Kota Mataram Tepatnya di Kabupaten Lombok Timur Kecamatan Swela.

 

Sekitar 5 kilometer di utara desa ini terdapat sumber air Lemor. Selain itu ada air terjun dan air Sebau yang mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

 

 Mata air Lemor & Air terjun Sebau ini berasal dari  Gunung Rinjani, oleh karenanya air terjun Sebau sangatlah sejuk.

langgarsapit2.jpg

menikmati-pohon-tembakau.jpg

sapit.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

5 answers to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now