• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
CahayaTour

Melancong Ke “Belanda” nya Sumatera Barat

10 posts in this topic

Tahukah Anda, jika Kota Sawahlunto yang terdapat di Sumatera Barat menyimpan banyak peninggalan Belanda? Hampir 40 persen bangunannya masih mempertahankan arsitektur Belanda lho. Belum lagi berbagai museum yang mencirikan bahwa kota ini pernah menjadi pusat aktivitas Belanda terutama dibidang tambang Batu Bara. Dengan keindahannya anda akan dibuat terkesima dengan semua keunggulan wisata kota seluas 273,45 km persegi tersebut.

 

Uniknya Wisata Kota Tua Sawahlunto

Kota yang terdiri dari empat kecamatan ini berdiri tahun 1888. Dan mulai dieksplorasi oleh Belanda terutama karena terbukti memiliki cadangan batubara luar biasa. Alhasil, jadilah dia kota tambang sejak 1892. Kemajuan pesatpun terjadi mulai dari pembangunan tambang, sarana transportasi kereta api sebagai moda pengangkut batubara menuju pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang. Lantas, apa saja keunikan wisata disana?

Bangunan Cagar Budaya. Saat berkunjung ke kawasan yang berjarak 95 km dari pusat Kota Padang ini, Anda akan melihat bangunan-bangunan megah Belanda yang disulap jadi ikon wisata kota. Sebut saja gedung pusat kebudayaan Sawahlunto dengan arsitektur Belanda khas dimana bangunannya tinggi menjulang, dan terdiri dari beberapa lantai, yang jendela dan pintunya besar. Lalu ada kantor PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin yang didirikan tahun 1916. Juga ada sebuah gereja tua yang sangat mencirikan kolonial Belanda. Semuanya bisa Anda nikmati dengan mengendarai mobil atau motor keliling Kota Sawahlunto lho.

Yuk Ke Lubang Tambang Mbah Soero. Berupa sebuah lubang, yang pada masa Belanda dijadikan lokasi penambangan batubara. setelah ditutup tahun 1930, lubang ini dipugar kembali menjadi objek wisata tahun 2007. Memasukinya harus menggunakan jasa pemandu, dan hanya diizinkan 20 orang per satu trip ke dalam lubang dengan lebar dan tinggi 2 meter, dengan kedalaman yg sudah bisa ditempuh hingga 186 meter ini, biaya masuknya tidak mahal kok, hanya Rp8000 saja.

 

Santap Siang Dengan “Sapi”

Mengunjungi objek wisata tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas setempat. Nah, karena sedang di Sawahlunto, saatnya mencoba kelezatan dendeng batokok yang beda dari dendeng pada umumnya. Ciri khas terletak pada proses pembuatan, dimana daging sapi yang sudah dilumuri bumbu dipanggang atau diasapi menggunakan minyak kelapa hingga matang, lalu ditumbuk agar bumbu meresap. Pada gigitan pertama saja sudah terasa nikmat rempah yang melekat pada daging, apalagi gigitan selanjutnya pasti jadi ketagihan deh.

Makanan selanjutnya yang pantas dicoba saat mengikuti paket tour Sumatera Barat kesini adalah soto sapi Muara Kalaban. Mungkin melihat penyajian soto di mangkuk, ditambah nasi putih sudah biasa. Tapi  saat mencobanya, lidah akan dibuat berdansa karena perpaduan bumbu yang unik dan gurih, membuat soto ini sangat terkenal hingga mancanegara lho. Ditambah sayatan daging sapi goreng yang menyempurnakan hidangan utama makan siang Anda.

 

Belanja Kain Tenun Dan Kerajinan

Selain terkenal dengan songket Pandai Sikek, Sumatera Barat juga dikenal dengan tenunan Silungkang. Nah ternyata Silungkang itu berada di Kota Sawahlunto ini. tempat pembuatan kain terletak di Kecamatan Silungkang, sekitar 9,8 km dari pusat kota Sawahlunto. Jenis tenunannya ada songket ikat, selendang lebar dan bertabur emas. Aplikasi tenun ini juga sudah semakin bervariasi dari yang dulunya hanya kain, kini banyak pilihan sovenir seperti tas, baju, topi yang dibuat dari tenunan silungkang. Silakan pilih sesuai yang Anda mau, soal harga memang bervariasi, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Usai memilih tenun silungkang, saatnya membeli kerajinan tangan khas Sawahlunto, yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan raya Padang-Sawahlunto. Mulai dari lidi hias, kerajinan rotan, hingga berbagai ukiran Minangkabau. Sekali lirik, Anda akan dibuat kagum, karena kreativitas pengrajin dalam membuat produk, kerapian, dan kebersihan sangat dijaga, sehingga pantas jika Anda memborong kerajinan daerah ini untuk dibagikan kepada keluarga di rumah.

Sudah puas menyibak wisata Kota Sawahlunto? Jangan takut jika anda tidak mendapatkan keseruan di tempat ini, dengan paket tour Sumatera Barat, semua destinasi wisata terbaik kota tambang ini akan jadi “milik” Anda selama berada disana. Tinggal persiapkan energi, uang yang cukup, dan keberanian mengeksplorasi keindahan tersembunyi yang mungkin akan Anda temui nanti.

 

Sumber : cahayatraveltour.com

 

sawahlunto.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Sawahlunto...???ah beruntung sekali bisa mampir disini meski cuma sekitar 3 jam saja. Namun bisa meng-Icip-i keunikan dan eksotik peninggalan Belanda yang kaya dengan batu bara. Bisa kesini karena di kompor-i teman dari FB yang kerap mempromosikan Sawahlunto. Baru tahu konglmerat, Mr Wanandi, lahir di kota ini. Miris dengan "manusia nomor" sebagai pekerja Belanda...ngga berani masuk ke gua bawah tanah yang sebenarnya menarik...

56a848ab4f650_IMG_3129okss.thumb.jpg.528

me with my friend di SawahLunto. Suatu saat akan balik lagi kesini n berminat bermalam....

Share this post


Link to post
Share on other sites
16 hours ago, Alfa Dolfin said:

hehehe....always + GPS. Iya sepertinya punya PTBA, kurang paham juga. Di ajak moto disini karna gedung ini semacam icon Sawahlunto...

ya nampak nya iconic sekali gedung nya banyak Blog tentang Sawahlunto memajang poto itu :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
23 minutes ago, deffa said:

ya nampak nya iconic sekali gedung nya banyak Blog tentang Sawahlunto memajang poto itu :D

Betul Kang Deffa. Sebenarnya ada yang lain yang pantas jadi icon. Nanti aku share. Aku lagi minat bikin tulisan tentang "manusia nomor" yang juga dari Sawahlunto. Nanti kalau sudah selesai aku sharing....

Share this post


Link to post
Share on other sites
23 minutes ago, Alfa Dolfin said:

Betul Kang Deffa. Sebenarnya ada yang lain yang pantas jadi icon. Nanti aku share. Aku lagi minat bikin tulisan tentang "manusia nomor" yang juga dari Sawahlunto. Nanti kalau sudah selesai aku sharing....

ok sip mas ditunggu sharing nya :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this