Asa Citra

Ternyata Ada Lho Hotel-Hotel yang Nyaman di Sydney dengan Tariff di Bawah Satu Juta Rupiah Tapi Masih Tetap Nyaman dan Menyenangkan

11 posts in this topic

Pesona Sydney memang tak mudah untuk dilewatkan begitu saja. Mulai dari Bondi Beach yang tenang hingga Circular Quay yang penuh gemerlap, menikmati Blue Mountain yang syahdu hingga menonton pertunjukan yang memukau di Sydney Opera House. Dan entah berapa banyak lagi atraksi menarik di kota ini yang rugi bila dilewatkan begitu saja.

Seperti layaknya negara maju, hampir semua hal terasa begitu mahal di Australia, terutama di kota besarnya seperti Sydney. Akomodasi yang hanya kita pakai untuk beristirahat di malam hari saja terasa bisa sangat menguras kantong. Sebagai traveler dengan anggaran pas-pasan, pasti kita sangat berharap mendapatkan penginapan semurah mungkin. Namun, kenyamanan tetap harus diutamakan mengingat kita sangat perlu istirahat yang berkualitas karena keesokan harinya harus berpetualang lagi.

Hotel-hotel di Sydney tarifnya rata-rata bisa mencapai jutaan, padahal itu juga bukan termasuk hotel mewah. Maka bila kita menemukan hotel yang tarifnya masih di bawah satu juta saja, rasanya sudah cukup beruntung. Berikut adalah beberapa contoh hotel murah di Sydney yang banyak mendapat review dari para traveler di seluruh dunia. Tentunya, hotel-hotel ini bisa menjadi rekomendasi yang baik untuk kalian.

 

1.       Ibis Budget Wentworthville yang Memang Sangat Worth It Bagi Para Budget Traveler

Lokasi    : 377-383 Great Western Highway, Wentworthville, Parramatta, 2145 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 824.000,00

 

1.jpg.1177af61cb132f03825a04f0ea486328.j

 

Jaringan hotel Ibis memang sudah terkenal dengan Ibis Budget-nya yang banyak terdapat di kota-kota besar di dunia. Ibis Budget memang dikhususkan untuk para budget traveler yang mengharapkan kenyaman tinggi dan fasilitas cukup. Di Sydney pun ada beberapa hotel Ibis Budget, salah satunya adalah di Wenthworthville. Lokasi hotel ini juga menawarkan kemudahan akses ke berbagai tempat menarik di kota Sydney.

 

Ibis Budget Wentworthville menawarkan kamar dengan fasilitas berupa AC, penghangat ruang, meja tulis, jam alarm, dan kamar mandi dalam. Selain itu, hotel ini juga ditunjang dengan adanya coffee shop, laundry service, restaurant, dapur umum, fasiltas khusus penyandang difabilitas, serta mesin fax dan fotokopi. Ada juga wifi yang bisa diakses dari seluruh ruangan.

 

2.jpg.59b0d8a3fdae022dfe5fc96b411399bb.j

 

Kelebihan:

-          Lokasinya cukup strategis untuk naik bepergian kemana-mana karena dekat halte bus dan stasiun kereta

-          Staff ramah dan banyak membantu

-          Kamar dan ranjangnya nyaman

-          Banyak restaurant, café, dan bar di sekitar. Pertokoan pun cukup banyak.

-          Lingkungan cukup tenang, tidak terlalu ramai

-          Ada dapur umum sehingga bisa hemat dengan cara memasak sendiri

-          Keamanan terjamin dengan baik

 

3.jpg.a7205bbfcda4b6c98c1f94484980f9cc.j

 

Kekurangan:

-          Kamar mandi terlalu sempit sehingga agak sulit bergerak

-          Fasilitas penyandang difabilitasnya kurang memadai

-          Kebersihan kurang stabil terjaga. Kadang masih ada sprei yang agak kotor dan kamar mandi yang agak bau

 

 

2.       Macleay Lodge Dimana Kamu Bisa Melihat Keseluruhan Kota Sydney yang Indah dari Jendelamu

Lokasi    : 71 Macleay Street, Potts Point, 2011 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 791.000,00

 

4.jpg.c358833ad7ca9c781de06e545dc183d9.j

 

Macleay Lodge adalah sebuah hotel sederhana yang terletak di lokasi yang cukup strategis. Jaraknya hanya sekitar 5 menit berjalan kaki menuju Woolloomooloo Bay, Darling Harbor, Kings Cross, dan masih banyak lagi. Hotel ini berada di daerah Potts Point yang merupakan pusat hiburan malam, belanja, dan café. Stasiun kereta dapat ditempuh hanya dalam 9 menit berjalan kaki. Supermarket hanya satu menit berjalan kaki.

 

Macleay Lodge menawarkan pilihan kamar mulai dari single, twin, double, triple room, hingga family room. Setiap kamar dilengkapi dengan kipas angin, mesin pembuat kopi/teh, lemari es,  dan akses menuju kamar mandi umum. Beberapa ruangan memiliki balkon dan dapur mini lengkap dengan microwave. Dari kamar hotel, kamu juga bisa menikmati pemandangan berupa kota Sydney yang indah termasuk harbor bridge dan Sydney Opera House. Tersedia juga mesin fax/fotokopi dan tour desk di hotel ini.

 

5.jpg.60aacccae066202eb5256b31a60e208c.j

 

Kelebihan:

-          Pemandangan kamar indah, apalagi kalau dapat kamar yang mempunyai balkon

-          Staff ramah dan melayani tamu dengan sangat baik

-          Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan pertokoan, restaurant, dan transportasi umum

-          Kebersihannya terjaga sepanjang waktu dengan baik

-          Dapur mini dalam kamar sangat lengkap karena ada lemari es, ketel, toaster, dan alat

 

9.jpg.e29c3fb47cc2e6da2da50f1e8bd6c299.j

 

Kekurangan:

-          Wifi harus membayar padahal kecepatannya lemot

-          Kamar single agak terlalu sempit

-          Tidak ada lift sehingga repot kalau membawa koper ke lantai atas

 

 

3.       Serunya Menikmati Masa Muda yang Penuh Semangat Bersama Sesama Traveler di The Jolly Swagman Backpackers Hostel Sydney

Lokasi    : 27 Orwell Street, Potts Point, 2011 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 323.000,00

 

6.jpg.22cc43c1e99218b2f951fecabf57bc57.j

 

Hostel selalu jadi pilihan sempurna bagi traveler untuk menghemat anggaran akomodasi sekaligus mencari teman baru sesama traveler. Dan dari semua hostel di  Sydney, mungkin The Jolly Swagman Backpackers Hostel adalah pilihan yang paling tepat. Bangunan ini tampak mencolok dengan perpaduan warnanya yang cerah, baik dari eksterior maupun interiornya agar sesuai dengan semangat para traveler muda untuk menaklukkan dunia. Kerennya lagi, hostel ini juga mempunyai rooftop lounge dan fasilitas barbecue.

 

Bukan hanya murah meriah, hostel ini juga sangat strategis. Royal Botanic Garden dan Sydney Opera House yang terkenal bisa diakses hanya dengan berjalan kaki saja. Dari bandara, pihak hostel menawarkan jasa penjemputan gratis. Pilihan akomodasi tersedia untuk dormitory perempuan, dormitory campuran, twin room, dan double room. Setiap kamar dilengkapi dengan lemari es. Hostel ini juga menyediakan fasilitas umum seperti lounge, dapur, laundry, dan kamar mandi bersama. Sarapan dan wifi tersedia gratis untuk seluruh tamu.

 

7.jpg.c4262cd172eba226ea822cf6a0098b0e.j

 

Kelebihan:

-          Lokasi sangat strategis

-          Tarif sangat murah dan hemat

-          Fasilitas cukup memadai dengan adanya lemari es, kulkas, dan laundry sehingga bisa hemat

-          Atmosfernya menyenangkan, interaksi sosial sesama traveler cukup akrab

-          Staff sangat ramah dan membantu

-          Kebersihan cukup terjaga

 

8.jpg.c64e3e1e128c2ee7fc7d7cd75ee36af0.j

 

Kekurangan:

-          Wifi agak lemot dan hanya gratis untuk satu jam pertama saja

-          Hostelnya agak sesak karena terlalu banyak pengunjung sementara ruangannya tidak terlalu luas

-          Jam check-out terlalu awal (jam 09.00 pagi) sehingga orang jadi agak terburu-buru

 

 

4.       Cobalah ke Newtown Hotel Pada Musim Panas dan Kamu Akan Merasa Seperti Pangeran/Putri Kerajaan

Lokasi    : Wesley College, Western Ave, Sydney University, Newtown (off Carillion Ave), Camperdown, 2042 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 501.000,00

 

10.jpg.e30ebe8952e48b519415333038343859.

 

Newtown Hotel memanfaatkan bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1917 dengan gaya arsitektur klasik Eropa. Terletak di tengah taman rumput yang luas dengan sebuah danau di antaranya, hotel ini tampak seperti kastil kerajaan. Siapa yang menyangka bahwa penginapan ini justru menawarkan tariff yang begitu hemat?

 

Lokasi hotel tidak jauh dari King Street yang ramai dengan jajaran restaurant, bar, dan pertokoan. Akses pun cukup mudah karena halte bus bisa ditempuh hanya dalam 3 menit berjalan kaki. Setiap kamar dilengkapi dengan meja, lemari, dan penghangat ruangan. Kamar mandi ada yang di dalam kamar dan ada yang komunal. Hotel ini juga menyediakan fasilitas laundry, pantry sederhana, dan area TV.

 

11.jpg.9ec6201a0c1a47bce9b29ee9ec83c4f6.

 

Kelebihan:

-          Bangunannya unik dan menarik. Jarang sekali bisa menikmati tinggal di kastil kuno dengan tariff super murah

-          Pemandangan indah karena ada taman yang sangat luas dan asri. Danaunya juga menyenangkan untuk dinikmati

-          Staff ramah dan melayani dengan sangat baik

-          Lokasinya dekat dengan berbagai restaurant dan toko

-          Akses transportasi umum mudah

-          Ranjang nyaman

 

12.jpg.4da759df210eac7f5a1e5ac19669015f.

 

Kekurangan:

-          Dapur umum terlalu sederhana. Peralatan masak yang standar kurang lengkap.

-          Kebersihan kurang terjaga dengan baik karena kamar mandi kadang masih agak kotor dan kadang ada serangga seperti kecoak atau nyamuk

-          Hotel ini hanya tersedia selama musim panas karena merupakan asrama kampus. Pada musim panas, asrama kosong sehingga disewakan sebagai hotel.

 

 

5.       Pemandangan Indah Menghadap Pelabuhan Hanya Bisa Kamu Nikmati dengan Menginap di Woolbrokers at Darling Harbour Hotel

Lokasi    : 22 Allen Street, Pyrmont, Pyrmont, 2009 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 840.000,00

 

13.jpg.f93cc1ac8c36ea7f704ff1aeded50729.

 

Woolbrokers at Darling Harbour Hotel menyuguhkan pemandangan pelabuhan yang segar karena terletak persis di sebelah pelabuhan tersebut. Untuk mengaksesnya, kamu pun hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit berjalan kaki. Atraksi lainnya yang tidak jauh dari situ antara lain Powerhouse Museum, Sydney Fish Market, dan masih banyak lagi. Masalah transportasi umum, dari sini kamu bisa naik apa saja dengan mudah baik itu kereta, bus, atau bahkan kapal.

 

Setiap kamar difasilitasi dengan penghangat ruang, kipas angin, TV, lemari es, mesin kopi/teh, telepon, jam alarm, dan kamar mandi dalam. Fasilitas penunjang hotel ini antara lain berupa fasilitas laundry dan setrika, wifi gratis, dan lounge. Pihak hotel juga bersedia membantumu mengatur jadwal tour dan transportasimu. Kamar tersedia mulai dari single room, twin, double, triple, quadruple, hingga family room yang luas.

 

14.jpg.0d7422617f4fbd6095e23ff13f09c472.

 

Kelebihan:

-          Lokasi super strategis. Bisa naik transportasi umum jenis apapun. Obyek wisata menarik yang dekat juga banyak pilihannya.

-          Kebersihan sangat terjaga dengan baik, bahkan hingga ke kamar mandinya pun bersih dan tidak ada bau

-          Staffnya memberi pelayanan yang sangat baik dan juga ramah

-          Fasilitas kamarnya bisa dibilang sangat lengkap

-          Tarifnya cukup murah untuk kualitas dan fasilitas seperti itu. Value for money!

-          Bentuk bangunannya klasik

 

15.jpg.9900aa633d3c3f7515146a713c0c2845.

 

Kekurangan:

-          Kadang masih terdengar suara bising dari jalan raya, pelabuhan, atau bahkan dari koridor hotel atau kamar sebelah.

-          Tidak ada lift sehingga repot bagi orang yang membawa koper atau orang tua bila mendapat kamar di lantai atas

-          Karena merupakan hotel lama, beberapa elemen sudah tidak berfungsi secara optimal dan perlu diganti. Misalnya ranjang susun yang berdecit atau kasur yang sudah tidak empuk lagi sehingga kurang nyaman untuk dipakai tidur.

 

 

6.       Klasik dan Penuh Sejarah, Itulah Mercantile Hotel

Lokasi    : 25 George Street, Sydney CBD, 2000 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 891.000,00

 

16.jpg.4dde522ab9580b263f91e9b3619dcfbc.

 

Mercantile Hotel memiliki sejarah yang panjang di Australia, khususnya di kota Sydney. Dari bentuk bangunannya saja sudah terlihat bahwa hotel ini lebih nampak seperti rumah di jaman kuno ketimbang sebuah hotel sungguhan. Konon, hotel ini merupakan hotel yang sudah paling lama mengelola sebuah Irish Pub alias bar ala Irlandia. Mengenai lokasi, hotel ini bisa dikatakan sangat strategis karena banyak obyek wista menarik yang ada di dekat situ misalnya seperti Circular Quay, Museum of Contemporary Art, atau Harbour Bridge Climb. Terminal bus dan stasiun kereta pun bisa dijangkau dengan sangat mudah.

 

Setiap kamar dilengkapi dengan AC, penghangat ruang, dan brankas mini. Beberapa kamar memiliki kamar mandi dalam dan bahkan spa. Fasilitas hotelnya sendiri meliputi banyak hal seperti billiard, game room, taman, bar, restaurant, dan akses wifi gratis. Mereka bahkan mampu memberi pelayanan khusus kepada para tamu yang mempunyai menu dietnya sendiri. Pilihan kamar tersedia untuk ukuran single, twin, double, dan family room.

 

18.jpg.21b6dedc6ff64b0eb8dcfdeb45e6e586.

 

Kelebihan:

-          Suasananya klasik dan nyaman

-          Lokasi strategis, mudah untuk para traveler yang ingin bepergian kesana kemari

-          Ada spa bath tub untuk beberapa kamar tertentu

-          Staffnya ramah dan banyak membantu

-          Kamar dan kamar mandinya cukup luas sehingga bergerak terasa leluasa

-          Di sekitar hotel terdapat restaurant dan pedagang makanan pinggir jalan. Sempurna untuk para pemburu kuliner

 

17.jpg.0955f706ede39934122a1df51ba66f1a.

 

Kekurangan:

-          Suara music dari pub di bawah kadang masih terdengar sampai ke kamar sehingga menyebabkan susah tidur. Musik biasanya terus menyala hingga jam 1-2 pagi.

-          Anak-anak tidak bisa menginap di hotel ini

-          Wifi seringkali tidak bisa online karena sangat lemot

 

 

7.       Kalau Ingin Penginapan yang Berasa Seperti Rumah Sendiri, Ya Dalziel Lodge Jawabannya

Lokasi    : 44 West Street,  North Sydney, North Sydney, 2060 Sydney, Australia

Harga    : Rp. 688.000,00

 

19.jpg.ae1909c8f43c5ad4d1de169a9ea181ff.

 

Dari luar, bangunan Dalziel Lodge memang nampak seperti rumah biasa selayaknya rumah-rumah lain di Australia. Rasa nyaman dan tenang sudah kental mewarnai atmosfer penginapan murah ini, baik dari luar bangunan hingga ke bagian dalam hotel. Letaknya yang sedikit agak jauh dari hiruk pikuk kota memang sangat menguntungkan bagi para traveler yang ingin merilekskan diri dan beristirahat dalam ketenangan.

 

Kamar hotel di sini sudah dilengkapi dengan AC, meja, dan TV. Hotel ini juga menyediakan kamar mandi bersama, dapur umum, ruangan untuk merokok, serta akses wifi gratis yang bisa digunakan di seluruh ruangan. Sederhana, tapi cukup untuk segala kebutuhan standar yang diperlukan setiap traveler.

 

20.jpg.dcba53375937c0263885d16b3ecdf482.

 

Kelebihan:

-          Sangat bersih dimana-mana dan sepanjang hari selalu terjaga kebersihannya, bahkan kamar mandi umumnya pun selalu sangat bersih

-          Areanya tenang dan suasana rumah sangat nyaman, berasa berada di rumah sendiri

-          Dapurnya luas dan peralatan standarnya tersedia sehingga nyaman untuk memasak sendiri

-          Staffnya ramah dan sangat membantu

-          Semua furniture dan peralatan dalam kondisi baik dan terawat

-          Akses wifi yang gratis dan cepat

 

21.jpg.c99a06ac0b2665e81fa2d34a9db6aa71.

 

Kekurangan:

-          Jumlah kamar mandi umum terlalu sedikit sehingga kadang harus antri

-          Lokasinya tidak dekat dengan obyek wisata. Untuk mencapai stasiun pun harus naik bus terlebih dahulu meski tidak terlalu jauh.

-          Dinding tidak kedap suara sehingga kadang masih terdengar suara orang di sebelah kamar atau koridor

 

Kalau diperhatikan, sepertinya banyak hotel yang tidak menggratiskan akses wifinya. Sebenarnya, hal ini merupakan hal yang umum di Australia. Maka beruntunglah kita bila kita bisa mendapatkan hotel murah yang nyaman dan menyediakan wifi gratis. Selain masalah wifi gratis, kalian mungkin juga akan menyadari bahwa banyak hotel-hotel tersebut yang tidak menyediakan AC padahal itu fasilitas yang lumrah dimana-mana. Namun coba kalian ingat lagi, iklim di Australia cenderung lebih dingin daripada di Indonesia. Kemungkinan besar toh kita tidak akan membutuhkan AC. Jadi bukan perkara besar bila hotel yang kita inapi tidak menyediakan AC. Yang penting ada justru adalah selimut ekstra atau penghangat ruang. Rata-rata, fasilitas tersebut sudah disediakan bahkan di hotel-hotel murah sekalipun.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
6 hours ago, deffa said:

Ibis dimana2 ya karena jaringan hotel internasional

mungkin ada Pop Hotel juga kah hahaha :D 

Iya, jaringan accor ada dimana mana tuh Mod.

Kalau POP masih group nya lokal.

Kirain yang IBIS budget cuma ada di Indonesia, kirain market di LN khusus IBIS styles atau IBIS biasa, ternyata Sydney aja tetap ada yang budget :D 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
20 minutes ago, HarrisWang said:

Iya, jaringan accor ada dimana mana tuh Mod.

Kalau POP masih group nya lokal.

Kirain yang IBIS budget cuma ada di Indonesia, kirain market di LN khusus IBIS styles atau IBIS biasa, ternyata Sydney aja tetap ada yang budget :D 

 

ooo siapa tau ada Pop Hotel pula exist abis tuh hotel dimana2 :P 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By vie asano
      Bagi traveler, menginap di hotel menjadi salah satu hal yang hampir selalu dilakukan saat traveling; walau kadang ada juga non-traveler yang rutin menginap di hotel karena alasan tertentu, salah satunya karena menyukai suasana hotel. Saya pribadi termasuk salah satu yang doyan banget menginap di hotel. Bukan karena faktor makanannya maupun fasilitas ekstra di hotel tersebut (seperti tempat fitness maupun spa), melainkan karena faktor suasananya, dan juga interior kamarnya. Dan satu lagi yang saya suka, adalah mengamati macam-macam karakter tamu yang menginap di hotel.
       
      Ya, bicara tentang hotel memang nggak lepas dari ngobrolin tentang tamu-tamu hotel. Terlepas dari apakah mereka termasuk tipe family (alias yang hanya bepergian bersama keluarga di akhir pekan), pebisnis (menginap hanya untuk keperluan bisnis), turis, maupun lansia; yang menarik untuk diamati adalah macam-macam karakter tamu hotel. Sebagai tempat bertemunya orang-orang yang memiliki kepribadian beragam, kadang ada saja karakter tamu hotel yang unik dan nyeleneh, sehingga menarik untuk diamati.
       
      Saya mengumpulkan beberapa karakter tamu yang lazim kita lihat setiap menginap di hotel. Sebagian saya dapat dari pengamatan pribadi, sebagian lainnya dengan mengamati tulisan dari mereka yang bekerja di industri hotel, serta hasil ngobrol-ngobrol dengan saudara yang pernah bekerja di hotel. Dari bermacam karakteristik tamu hotel berikut ini, manakah yang paling cocok dengan kalian?
       
      1. Tipe Ordinary
      Mungkin kebanyakan tamu hotel menganggap diri mereka biasa-biasa saja. Datang untuk check-in, istirahat di hotel maupun menikmati fasilitas didalamnya, dan check-out pada waktunya. Normalnya sih tamu hotel memang seperti itu, namun lihat dulu tipe-tipe tamu lainnya di bawah ini sebelum menganggap diri kalian adalah tamu biasa ya.
       
      *             *             *
       
      2. Tipe Selebriti
       

      Ilustrasi staff hotel sedang mencatat pesanan dari tamu, via gumtree 
       
      Maksud tipe selebritis disini maksudnya bukan selebriti sungguhan, namun para tamu yang terlalu ingin dilayani layaknya selebriti. Sebagian orang mungkin lebih suka menjuluki tamu jenis ini sebagai tamu manja. Tamu dengan tipe selebriti ini sangat suka diperhatikan, dan mereka maunya serba dilayani sebaik mungkin. Mereka suka dinomorsatukan, kadang nggak mentolelir kesalahan yang dibuat oleh pihak hotel maupun staff hotel, dan selalu menekankan jika “tamu adalah rajaâ€. Nggak sedikit staff hotel yang akan kesal dengan tipe tamu seperti ini.
       
      *             *             *
       
      3. Tipe Turis Sejati
       

      Spa di hotel, via hotels.1001tur 
       
      Tamu seperti ini datang ke hotel dengan tujuan untuk beristirahat. Mereka memilih hotel bukan karena faktor lokasi semata, melainkan karena fasilitas dan suasana yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Karenanya, mereka suka menggunakan fasilitas hotel seperti spa dan fitness maupun berenang dan bersantai di tepi kolam renang; dan nggak sungkan membelanjakan uangnya untuk memesan makanan di hotel maupun mengikuti program tour yang diselenggarakan oleh hotel. Tamu jenis ini biasanya cenderung royal terhadap uang tip sehingga disukai oleh staff hotel.
       
      *             *             *
       
      4. Tipe Tukang Komplain
       

      Ilustrasi seorang tamu hotel yang sedang komplain, via bikashmohanty 
       
      Dari seluruh jenis tamu yang ada di daftar ini, mungkin tamu jenis ini yang paling membuat staff hotel mengelus dada. Segala macam dikeluhkan olehnya, mulai dari air kamar mandi yang lama panasnya, sampah yang telat dibersihkan, room service yang lambat merespon, dan banyak lagi komplain-an lainnya. Sebetulnya, tamu tukang komplain ini penyebabnya bermacam-macam. Ada yang memang sifat aslinya hobi mengeluh, namun ada juga yang berusaha mencari keuntungan dengan melakukan komplain ini-itu, seperti mengincar kompensasi dari hotel tersebut.
       
      *             *             *
       
      5. Tipe Kabayan
       

      Ilustrasi tamu yang bahagia, via hotelserena 
       
      Maksud dari tipe kabayan (diambil dari nama tokoh dalam cerita Sunda, Kabayan, yang dulu kerap diperankan oleh Didi Petet) disini adalah tamu yang kelihatan banget jarang menginap di hotel. Mereka selalu terpukau setiap kali masuk ke dalam hotel, selalu terlihat malu-malu, dan menganggap hotel (terutama hotel berbintang) merupakan dunia lain yang berbeda dengan dunia mereka sehari-hari. Biasanya, tamu jenis ini sangat ramah terhadap staff hotel maupun tamu lainnya, sehingga cukup menyenangkan untuk dijadikan tetangga kamar.
       
      *             *             *
       
      6. Tipe Kolektor
      Kalau tamu jenis ini murni berdasarkan pengamatan dan, uhuk, pengalaman pribadi. Mereka suka mengumpulkan barang-barang dari hotel, mulai dari barang-barang kecil seperti sampo, sabun, maupun toiletries; hingga barang-barang yang agak besar seperti sandal hotel, perlengkapan menulis, dan lain-lain. Asalkan barang tersebut ada logo hotelnya, maka barang tersebut bisa di embat untuk di koleksi. Adakah yang termasuk tipe ini?
       
      *             *             *
       
      7. Tipe Ogah Rugi
      Check-in jauh sebelum waktunya sehingga bisa masuk kamar tepat waktu, dan selalu check-out sesaat menjelang batas waktu yang ditentukan. Tujuannya supaya nggak rugi waktu selama menginap di hotel. Semua fasilitas gratisan selalu dimanfaatkan dengan maksimal, mulai dari sarapan gratis (semua menu dicoba, mulai dari semua jenis appetizer hingga dessert), toiletries, kolam renang; pokoknya tamu jenis ini selalu memaksimalkan waktu kunjungannya saat berada di hotel deh.
       
      *             *             *
       
      8. Tipe gratisan
      Nah, tamu jenis ini biasanya sering menginap di hotel, maupun mengetahui seluk beluk dunia perhotelan. Jadi mereka mengerti celah-celah untuk meminta diskon, dan malah terkadang minta gratisan.
       
      *             *             *
       
      10. Tipe Pebisnis
       

      Ilustrasi seorang pebisnis di kamar hotel, via themalaymailonline 
       
      Tamu tipe ini hanya menginap di hotel untuk keperluan bisnis. Jadi, mereka hanya menggunakan hotel sebagai tempat istirahat sementara dan jarang menggunakan fasilitas dalam hotel karena sibuk diluar. Kalaupun ada fasilitas yang sering digunakan, adalah area lounge untuk bertemu dengan tamu, serta fasilitas internet di hotel. Jika bicara, gaya bicaranya formal dan berwibawa.
       
      *             *             *
       
      11. Tipe Annoying
       

      Tetangga kamar yang hobi membuat keributan jelas menyebalkan, via motherswhowork 
       
      Nggak semua dinding hotel itu kedap suara, karena faktanya, banyak juga hotel yang memiliki dinding tipis dan berbahan non-bata. Sayangnya, nggak semua tamu hotel bisa bersikap tenang. Ada juga yang kerap menyetel TV keras-keras, ngobrol dengan keras, bahkan bertengkar tanpa malu-malu sehingga bisa didengar oleh tetangga sebelahnya maupun berpesta. Saya pernah bertetangga dengan tipe seperti ini (hobi ngobrol dengan suara keras), sehingga kami harus mengeraskan suara TV di kamar supaya suara obrolan di sebelah nggak kedengaran lagi.
       
      *             *             *
       
      12. Tipe Kombinasi
       
      Faktanya, bisa saja seorang tamu hotel memiliki kombinasi dari karakteristik yang sudah disebutkan di atas. Misalnya saja, jika menginap di hotel, saya termasuk tipe turis sejati (datang ke hotel untuk istirahat dan santai) dengan kombinasi tipe ogah rugi (check-in dan check-out tepat waktu supaya maksimal istirahat di hotelnya, haha). Dulu sih sempat jadi kolektor, untungnya sekarang sudah insyaf, hehe.  
       
      Nah, kira-kira teman-teman termasuk tipe yang mana? Jika kombinasi, kombinasi apa saja nih? Share dong! Feel free kalau mau menambahkan tipe tamu hotel lainnya yang belum ada dalam daftar ini.
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taipei merupakan kota terbesar di Taiwan yang memiliki banyak destinasi wisata dan menarik untuk kamu kunjungi. Banyak perusahaan industri dan jasa termasuk peralatan listrik dan elektronik, tekstil, logam, pembuatan kapal, dan motor yang menempatkan kantor pusatnya di sini.
      Kota Taipei termasuk kota yang paling besar dan banyak penduduknya di Taiwan. Saat ini, kota Taipei ini dijadikan sebagai ibukota sementara Republik Cina.
      Kota Taipei terletak di dataran rendah Taipei dengan dikelilingi oleh pegunungan terutama bagian utara, timur dan tenggara. Nah, penasaran ingin segera menjelajahi Taipei? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam melihat lebih dekat Taipei di Taiwan.
       
      Penerbangan Menuju Taipei

      Penerbangan Menuju Taipei via Bandarasoekarnohatta
       
      Nah, untuk menuju Taipei, kamu dapat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang dari Jakarta menuju Taipei. Terdapat dua penerbangan setiap hari yang melayani rute Jakarta menuju Taipei. Sesampainya di Taipei, kamu akan tiba di Taoyuan International Airport.
      Rata-rata waktu perjalanan yang kamu butuhkan dari Jakarta menuju Taipei adalah sekitar 5 jam 30 menit. Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dengan rute tersebut adalah China Airlines dan Eva Air.
       
      Sekilas tentang Taipei

      Sekilas tentang Taipei via Wikimedia
       
      Taipei beriklim subtropis dengan suhu rata-rata 20 derajat celcius sepanjang tahunnya. Suhu terendah pada waktu musim dingin dapat mencapai 6 derajat celcius sedangkan di musim panas mencapai sekitar 34 derajat celcius.
      Waktu terbaik untuk menyambangi Taipei adalah sekitar akhir Oktober hingga Januari. Pada waktu-waktu tersebut biasanya cuaca di Taipei cenderung sejuk dan nyaman sehingga sepi turis.
      Pada Februari hingga April, Taipei cenderung turun hujan sementara taifun sesekali melanda pada Mei hingga Oktober.
      Sementara mengenai masalah transportasi publik, sistem transportasi di kota Taipei tertata dengan baik dan perencanaan yang teratur. Jaringan Mass Rapid Transit (MRT) Taipei memudahkan pengunjung untuk mengagumi pemandangan kota.
      Walaupun sistem busnya tergolong sulit untuk dinavigasi, namun peta-peta yang menunjukkan halte-halte bus dapat kamu temukan di stasiun-stasiun MRT. Ongkos NT$15 untuk sebagian besar rute pusat kota. Kartu prabayar EasyCard untuk MRT maupun bus kota dijual seharga NT$500 (NT$300 untuk anak-anak; keduanya termasuk deposit NT$100).
      EasyCard sendiri tersedia di mesin kartu stasiun MRT dan toko-toko tertentu seperti 7-Eleven, FamilyMart, dan Starbucks.
       
      Memilih Penginapan di Taipei

      Menyambangi Ark Hotel Changan via Hotel R
       
      Setelah puas memilih penerbangan selama berada di Taipei, selanjutnya kamu dapat memilih tempat penginapan selama kamu berada di Taipei. Nah, salah satu penginapan yang mungkin dapat menjadi referensimu adalah Ark Hotel Changan yang satu ini.
      Lokasi hotel ini terletak di 3F, No. 246, Section 2, Changan East Road, Zhongshan District, 10492 Taipei, Taiwan.
      Nah, ketika memasuki kawasan hotel ini, kamu akan melihat desain yang simpel dan juga elegan. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir masalah lokasi karena hotel ini berada di kawasan lokasi yang strategis.
      Terdapat banyak sekali objek wisata menarik di sekitar kawasan Ark Hotel Changan yang dapat kamu sambangi dengan berjalan kaki beberapa menit. Beberapa objek wisata tersebut adalah Liaoning Street Night Market, Breeze Center, Taipei Arena, dan SOGO Department Store. Bila ingin pergi lebih jauh, Nanjing Fuxing Metro Station bisa ditempuh hanya dalam 4 menit berjalan kaki.
      Beberapa fasilitas yang tersedia di hotel ini misalnya adalah AC, TV kabel, mesin kopi, sandal kamar, hair dryer serta masih banyak lainnya. Hotel ini juga menyediakan fasilitas seperti restoran, rental mobil, laundry, perpustakaan, hingga akses wifi gratis. Bagaimana? Menyenangkan sekali, bukan?
       
      Menyambangi Menara Taipei 101

      Menara Taipei 101 via Gamaantara
       
      Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Menara Taipei 101 yang satu ini. Menara Taipei 101 adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di pusat kota Taipei.
      Menara ini terletak sekitar beberapa blok dari Taipei World Trade Center. Menara ini memiliki 101 lantai. Nah, jika kamu ingin melihat Taipei dari ketinggian 506 meter, kamu dapat mencoba untuk menaiki gedung ini hingga lantai ke 91.
      Untuk mencapai lantai tersebut, kamu dapat menaiki lift yang merupakan lift tercepat menurut Guiness Book of Records. Lift ini mampu mengantarkanmu dari lantai satu ke lantai 91 dalam waktu sekitar 37 detik.
      Hingga tahun 2007, Menara Taipei 101 ini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Burj Al Khalifa. Namun, sampai saat ini gedung ini masih tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia yang ramah lingkungan.
      Para insinyur yang membangun gedung ini membuat perbaikan pada sistem energy untuk pemanasan, pendinginan, dan ventilasi udara yang semuanya dibuat menjadi ramah lingkungan. Tujuannya adalah untuk penghematan.
      Menara Taipei 101 kemudian mendapatkan predikat LEED Platinum yang merupakan sertifikasi dan penghargaan tertinggi bagi bangunan yang menerapkan sistem eco-friendly.
       
      Mengunjungi Kuil Long Shan

      Kuil Long Shan via Cina Panduanwisata
       
      Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Taipei yang sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata ini adalah Kuil Long Shan.
      Kuil ini merupakan salah satu kuil yang ramai dikunjungi untuk berdoa. Meskipun demikian, banyak juga pengunjung yang datang menyambangi kuil ini untuk sekedar berfoto.
      Kuil Long Shan sendiri adalah salah satu bangunan kuno yang sangat populer di Taipei. Kuil yang dibangun pada tahun 1783 ini berfungsi sebagai tempat ibadah sekaligus sebagai tempat berkumpul warga yang tinggal di sekitar kawasan kuil.
      Daya tarik utama Kuil ini terletak pada desainnya yang khas dengan atap berwarna merah yang berhiaskan patung makhluk-makhluk mitologi seperti naga dan phoenix.
      Nah, meskipun demikian banyak juga pengunjung yang datang menyambangi tempat ini untuk sekedar berfoto. Tidak ada biaya yang dikenakan jika kamu ingin menyambangi kuil ini alias gratis.
       
      Mengunjungi Gedung Memorial Chiang Kai Sek

      Mengunjungi Gedung Memorial Chiang Kai Shek via Cina Panduanwisata
       
      Nah, bagi kamu yang masih ingin menjelajahi Taipei, selanjutnya inilah dia destinasi wisata yang dapat kamu perhitungkan. Destinasi wisata ini adalah Gedung Memorial Chiang Kai Shek.
      Gedung memorial ini tercatat juga sebagai landmark kota Taipei. Terdapat banyak acara nasional yang diselenggarakan di gedung yang satu ini. Di gedung memorial ini, kamu dapat mempelajari tentang Chiang Kai Shek yang juga merupakan pemimpin Taiwan pada abad ke 20.
      Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Chiang Kai Shek, kamu dapat mengunjungi museum yang terletak di bagian bawah gedung ini. Di tempat ini terdapat patung Chiang Kai Shek, serta pemandangan taman hall yang dihiasi dengan keramik-keramik bercita rasa Cina. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama mengunjungi Taipei, kamu dapat juga memanfaatkan waktumu untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.
       
      Mengunjungi Yamingshan National Park

      Mengunjungi Yamingshan National Park via Images Travel
       
      Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Taipei yang tentu saja sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata yang satu ini adalah Yamingshan National Park.
      Yamingshan National Park adalah taman nasional ketiga yang diresmikan oleh pemerintah Taiwan pada tahun 1985. Taman nasional ini dipenuhi oleh berbagai vegetasi serta kebun bunga sakura yang indah.
      Yamingshan Park terkenal dengan kebun bunga sakura, pemandian air panas, fumarol dan trek hikingnya. Trek hiking yang terkenal salah satunya adalah gunung Qixing atau Seven Star Mountain. Gunung ini berada di tengah-tengah Yangmingshan National Park dan merupakan gunung tertinggi di Taiwan. Trek hiking yang ada di Yangmingshan memiliki beragam ketinggian mulai dari 200 meter sampai 1120 meter.
      Yamingshan terkenal dengan keindahan alamnya. Yamingshan terkenal dengan iklimnya yang tropis, yang membuat taman nasional ini menjadi ideal sebagai tempat tumbuh banyak vegetasi indah di sini.
      Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, kamu dapat mengunjungi Lin Yutang House yang merupakan tempat wisata terkenal di Yangmingshan. Di sana, kamu dapat menyaksikan keindahan arsitektur bangunan rumah sekaligus mengunjungi kafe untuk melepas lelah.
      Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, jangan lupa untuk menyempatkan diri menyambangi destinasi wisata yang satu ini.
       
      Menyambangi Pasar Malam Shilin

      Menyambangi Pasar Malam Shilin via Culinaryntravelmania
       
      Masih ingin menjelajahi dan mengeksplor Taipei? Kali ini, kamu bisa menyempatkan diri untuk menyambangi pasar malam Shilin yang satu ini.
      Shilin ini sendiri terkenal sebagai salah satu pasar malam yang tersohor di Taipei. Tempat ini juga terkenal dengan sebutan “rajanya pasar malam”.
      Di tempat ini kamu dapat menyaksikan ratusan kios kuliner yang sudah menjajakan dagangannya di sini hingga pagi buta. Lebih dari 500 kuliner Taiwan sudah dapat kamu nikmati di sini.
      Kuliner yang tersedia di pasar malam ini antara lain adalah Fried Chicken Steak, Oyster Omelette, Tempura, Pearl Milk Tea, juga Stinky Tofu. Stinky tofu terkenal sebagai salah satu kuliner yang paling digemari di kawasan Asia Timur.
      Taiwan menyediakan ratusan street foods yang sangat banyak dan digadang-gadang mampu menaklukan Singapura. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Taiwan ketika menyambangi tempat ini.
      Pada pukul 23.00, biasanya kawasan ini menjadi cukup sepi karena terjadi pergantian kloter. Ya, pedagang biasanya berganti dengan pedagang lainnya di sini. Selepas tengah malam, Shilin Night Market ini dibuka kembali hingga pukul 02.00 malam keesokan harinya.
      Atmosfer suasana yang tercipta di Shilin Night Market ini begitu hangat dan mampu menyebabkan banyak orang baik penduduk lokal maupun para wisatawan memilih datang dan berkumpul di tempat ini.
      Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, jangan lupa untuk menyambangi Shilin Night Market yang satu ini.
       
      Mengunjungi Pasar Malam Shida

      Menyambangi Pasar Malam Shida via Traveldetik
       
      Bagi kamu yang masih ingin mengetahui pasar malam lainnya yang tersedia di Taipei, kamu dapat mencoba untuk menyambangi pasar malam Shida yang satu ini.
      Sesuai dengan namanya, pasar ini memang baru akan menjadi semakin ramai ketika hari sudah menjelang malam.
      Lokasi pasar malam Shida tergolong sangat strategis sehingga memudahkan aksesibilitasmu. Jika kamu menggunakan jasa transportasi MRT, kamu bisa turun di Stasiun MRT Taipower Building di Exit 3.
      Dan jika Anda menggunakan bus, bisa turun di halte National Taiwan Normal University, Roosevelt Road Intersection. Kedua moda ini sangat dekat dengan Shida Night Market. 
      Kawasan pasar malam Shida ini juga sudah sangat dikenal bukan hanya oleh penduduk lokal namun juga oleh berbagai wisatawan yang datang menyambangi tempat ini.
      Tidak heran jika pasar ini tergolong sangat ramai terutama jika sudah menjelang akhir pekan. Banyak kios dan pertokoan di tempat ini sudah mulai buka pada pukul 17.00 setiap harinya.
      Di tempat ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat kamu coba seperti es campur ala Taiwan, creepes manis, takoyaki, es jeruk dan masih banyak lainnya. Bagi kamu yang masih ingin berburu kuliner khususnya di malam hari, dapat mencoba untuk menyambangi pasar malam yang satu ini.
       
      Melihat Lebih Dekat Pemandian Air Panas Beitou

      Air panas Beitou via Cina panduanwisata
       
      Masih ingin menjelajahi Taipei? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menyambangi air panas Beitou yang satu ini.
      Air panas Beitou ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer dan membuat banyak orang seringkali menyempatkan diri untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Sebagian besar fasilitas air panas dan atraksi buatan manusia di daerah Beitou didirikan di tempat ini ketika Jepang menduduki wilayah ini.
      Beitou Hot Springs memiliki nilai pH 2,5-6,5 dengan suhu bervariasi antara 37 derajat Celcius dan 40 derajat Celcius. Pada dasarnya air ini terdiri oleh tiga komponen, hijau sulfur (sulfat), belerang putih (Copperas), dan belerang besi (karbonat).
      Tidak jauh dari tempat ini, kamu juga dapat menikmati Tiwan Folks Arts museum. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mengeksplorasi salah satu bangunan kayu khas Jepang yang terkenal di Taiwan.
      Tidak jauh dari situ, kamu juga dapat menemukan Puji Temple. Puji Temple adalah sebuah kuil Jepang yang sampai saat ini masih bisa dapat dilestarikan. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Taipei, jangan lupa untuk menyempatkan diri dan menyambangi destinasi wisata yang satu ini.
       
      Mengunjungi National Palace Museum

      Mengunjungi National Palace Museum via Images Travelmedia
       
      Inilah dia destinasi wisata di Taipei yang dapat kamu sambangi selanjutnya. Destinasi wisata ini adalah National Palace Museum.
      National Palace Museum merupakan museum yang tergolong sangat megah dan berada di Taipei. Museum ini memang menjadi salah satu museum yang terkenal. Banyak pengunjung yang datang untuk melihat lebih dekat salah satu museum istana nasional indah yang terdapat di Taipei ini.
      Museum ini menyimpan berbagai koleksi barang antik yang berasal dari Cina dan Taiwan. Di tempat ini juga tersedia berbagai macam pahatan giok dan pahatan perahu yang dibuat dengan sebutir biji zaitun sebagai bahannya.
      Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama menjelajahi Taipei jangan lupa untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai melihat lebih dekat Taipei di Taiwan. Sebagai salah satu kota terpadat di Taiwan ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang tentu menarik untuk kamu sambangi.
      Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkan Taipei dalam daftar tempat yang akan kamu sambangi berikutnya. Semoga panduan wisata ini dapat membantumu dalam memilih berbagai destinasi wisata terbaik selama berada di Taipei.
      Happy traveling!
    • By min0ru
      Khaosan World Asakusa di Tokyo merupakan salah satu hostel yang saya singgahin pada perjalanan ke Jepang Maret 2017 lalu. Hanya ada sedikit review yang bisa saya tuliskan kali ini.

      Terletak sangat strategis dipusat kota Tokyo (Asakusa), disekitaran hostel ini banyak sekali mini-market, tempat makan dan pusat perbelanjaan (khusus untuk teman-teman yang suka beli oleh-oleh untuk keluarga dirumah). Dekat pula dengan stasiun metro atau pun JR.
      Berikut ini beberapa lokasi yang terdekat dari Khaosan World Asakusa Hostel ini:
      Dari segi kamar tidur (dormitory) tidak berbeda jauh secara umum. Kebersihan kamarnya sangat terjaga. Kamar mandinya pun bersih.


      Cuma sayangnya kamar dorm sebelah kita banyak orang Indonesia yang agak norak, mereka ngobrol didepan kamar dengan hebohnya padahal sudah jam 10 PM ke atas. Selain dari hal itu, semua terasa nyaman saja. Oh iya di weekend malam suka ada live music jazz kalau tidak salah, lalu dipantry mereka juga ada food & beverages vending machine yang cukup lengkap jika tengah malam lapar atau ingin minum yang hangat-hangat tidak perlu keluar dari hostel. Sempat beli Hot Chocolate dengan harga ¥100 (kalau tidak salah).
      That’s it! Hope this help buat yang lagi milih penginapan di Tokyo.
      Cheers!
      colek @deffa @twindry
    • By Ronny.handoko
      Selamat malam,
      Mohon infonya ,sy rencana akan liburan keBali.berhubung saya berangkat sekeluarga dan sy tdk bawa kendaraan pribadi,tlg infonya hotel yg recomended bagi keluarga ,hotel yg nyaman dan sekitarnya cocok untuk jalan2 keluarga, kuliner,juga bersantai .
      Mohon infonya .
      Makasih 
    • By andiana
      Nginep di hotel di kota sendiri berasa aneh buat saya. Karena diminta menemani teman yang datang dari Jakarta, jadilah sekalian bikin blog post untuk salah satu hotel murah meriah berbintang tiga di Jalan Riau ini.
      Tebu Hotel (JANGAN TERTUKAR DENGAN GRAND TEBU HOTEL YA! ) nyempil banget lokasinya. Persis di sebelah de Pavilion dan Serela. Jadi, kalau dari arah Laswi, kamu bakalan ketemu dulu sama GRAND TEBU HOTEL sebelum akhirnya ke TEBU HOTEL. 
      Persis di seberang Jalan Cimanuk, setelah Jalan Lombok (yang ada KFC di pojokan jalan itu lho) kalau naik mobil, jangan ngebut yak. Pas lihat de Pavilion, pelan-pelan deh, karena setelah itu kamu bakalan nemu TEBU HOTEL yang nyempil itu.
      Udah ya, gak akan nyasar kan?  
      Baca ulasan santai saya di sini dan boleh komentar buat kamu yang pernah nginep di sana.
      Ke Hummingbird tinggal jalan kaki ke Jalan Progo (kagok lho kalo pake mobil atau motor. sekalian olahraga lah). Ke Giggle Box juga jalan kaki. Ke Masjid IStiqomah juga jalan kaki. 
      Gak jauh dari Pasar Cisangkuy. Kuy!
      Nyari Markobar Martabak? Jalan kaki aja, sekalian nongki di Bober Cafe yang suka jadi tempat gaul 24 jam. Asik deh kalo ke sana. 
       
    • By Merrya Nawati
      Hi all!
      Saya mendapatkan voucher dari hadiah undian untuk nginap di Royal Santrian (Deluxe Room)
      Voucher include: 
      2 nights stay
      For 2 people
      Include breakfast
      Voucher Valid: April 2017
      Harga publish per night: IDR10,000,000
      Alasan dijual: karena akan meninggalkan Indonesia di bulan January
      Jika berminat silahkan contact langsung ke 08111551335
       
      Note: voucher hanya 1 jadi siapa cepat dia yang dapat duluan.
       
      Thanks,
      Merry

    • By Gulali56
      Halo halo
      Sekali2 ya nge-post pertanyaan
      Saya ada rencana mo Seoul May thn depan. Kira2 lokasi yang recommended buat stay 5mlm didaerah mana ya? Dari itinerary (iye udh bikin. dari 2thn lalu malah) tujuan utamanya banyakan antar night market-underground market dan market2 lainnya.
      Saya udh book hostel di sktr Dongdaemun History & Culture Park line 5 exit #6. Maksudnya biar pengen deket Dongdaemun shopping area, etapi baca2 si shopping complex nya di seputaran exit #2/#14 alias di line 2. Si station ini station transit 3 line, jadi gedeeee bgt.
      So actualnya mayan bisa jalan kaki  +/- 1,5 km dari hostel via station sendiri.
      Nah saya jadi galau mo daerah Hoehyeon Stn yg deket Namdaemun.
      Ato daerah Myeongdong ya? Denger2 Myeongdong buat belanja dan stay malah mahal krn touristy bgt. Tp kalo mlm rame terus.
      Ato skalian di daerah Ewha Woman's University? denger2 baju2nya lucuk2 dan murmer krn daerah mahasiswa...hadeuuuuhhh....
      Oiya btw libur waisak yg hari libur umat Budha itu berpengaruh gak sih di negara Budha spt Korea??Temen saya yg tinggal di Taiwan bilang gak ngaruh2 amat krn Budha alirannya byk dan yg rame ngerayain itu justru ramean di Indonesia.
       
      Pls pls bantuin ya...