Sign in to follow this  
fariezetta

Masakan yang Enak Direbus

5 posts in this topic

Ada yang punya pantangan makan makanan digoreng atau dibakar? Katanya sih, makanan direbus dan dikukus punya jumlah nutrisi yang lebih baik dibanding makanan yang digoreng dan dibakar. Ini membuat makanan yang dimasak dengan cara direbus jadi lebih sehat.

seaside-suki-franchise-bisnis.jpg

Makanan yang digoreng punya kolesterol jahat yang lebih tinggi dibanding direbus. Ini karena minyak goreng memang mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh. Tapi, ada alternatif minyak baik seperti minyak sayur atau minyak zaitun yang punya kolesterol lebih rendah. Namun, cara memasaknya tidak boleh dengan api yang terlalu panas atau dengan proses deep frying yang minyaknya banyak banget dan menggoreng sampai terendam. Biasanya, sekedar tumis menumis dengan minyak sayur ini enak.

Nah, gimana kalau dibakar? Makan makanan yang sering dibakar juga ga bagus untuk kesehatan. Makanan yang dibakar bisa melenyapkan nutrisi baik yang terkandung dalam bahan makanan yang akan kita konsumsi, seperti ikan, daging dan lain sebagainya. Bahkan, ada senyawa yang timbul dari makanan yang dibakar itu yang bisa memicu kanker. 

Cara aman mengkonsumsi makanan dibakar antara lain adalah dengan: 1. tidak langsung membakar makanan dengan alat bakarnya. Artinya, kita bisa menggunakan alumunium foil terlebih dahulu dan tidak langsung meletakkan bahan ke atas panggangan. 2. Tidak mengoles bumbu berlebihan. Ini menyebabkan sisi yang dioles bumbu berlebihan lebih cepat gosong yang tidak bagus untuk tubuh. 3. Jangan terlalu lama saat membakar. Nah, yang ini bisa disiasati dengan cara mengukus atau merebus bahan makanan terlebih dahulu baru membakarnya. Jadi, waktu membakarnya tidak terlalu lama. 

Pada dasarnya, semua sebaiknya dimakan dalam jumlah yang tidak berlebihan dan tidak keseringan. Ada yang aman, yakni dengan cara direbus atau dikukus. Ini bisa jadi penambah varian masakan yang kita konsumsi sehari-hari. Emang sih, merebus lauk atau sayur kurang nikmat karena rasanya lebih hambar dibanding masakan yang digoreng atau dibakar dengan bumbu yang lebih meresap. Karena itu, kita butuh kreativitas tersendiri agar makanan yang direbus atau dikukus juga enak dan tidak membosankan.

Ini dia beberapa jenis makanan yang enak dengan direbus atau dikukus

Resep-Ikan-Pepes-Kemangi-635x325.jpg

- Pepesan / botok
Pepesan / botok ini emang juaranya sih lauk lauk yang dikukus. ada juga yang setelah dikukus kemudian dibakar. Kita bisa meracik bumbu-bumbu dasar pepes dan langsung mengoleskan ke bahan utamanya. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang dan kemudian kukus deh. Bukan cuma bumbunya yang meresap, tapi wanginya juga menggugah selera banget. 

Dan kabar baiknya, pepesan ini banyak banget jenisnya. Kita bisa mengolah berbagai bahan makanan atau lauk utama dengan cara dipepes. Ada ayam, jeroan, daging, tempe, tahu, aneka ikan, dan lain sebagainya yang bisa dipepes atau dibotok. Semua bisa disesuaikan dengan selera kita. 

- Kentang
Kentang juga sudah banyak digunakan untuk pengganti karbohidrat dalam nasi putih yang dikenal punya kadar gula yang tinggi. Kentang selain digoreng juga enak lho direbus dan dikukus. Kentang rebus dan kukus yang manis bisa disajikan sebagai cemilan. Nggak cuma polos, kentang rebus atau kukus saat ini sudah divariasikan dengan bumbu yang menambah enak rasanya. Kamu juga bisa menjadikan kentang ini ke dalam campuran siomay, kol, tahu yang juga dikukus atau direbus.

- Telur
Telur rebus juga punya kandungan protein yang tinggi. Tapi sayangnya, kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi juga sehingga para penderita kolesterol tinggi pantang makan kuning telur. Nah, putih telur juga enak dimakan dengan cara direbus. Telur rebus bisa dimakan langsung atau dengan cara disemur dan bumbu lainnya, seperti bumbu balado. 

- Sayur Ikan
Nggak cuma sayur mayur yang bisa direbus, ikan juga bisa lho direbus. Kalau kamu suka makan yang seger-seger, kamu bisa coba menyayur ikan. Sayur ikan kuning, dan lain sebagainya enak banget lho kalau direbus. Bumbunya meresap, banyak kuahnya, dan dagingnya pun jadi lunak. 

Selain masakan di atas, apa lagi ya makanan rebusan yang enak? Sayuran juga jangan direbus terlalu lama karena bisa menghilangkan nutrisi di dalamnya. Selamat memasak dan salam sehat. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Paling sulit cari masakan serba rebusan :senyum:senyum:senyum kita terbiasa dengan segala jenis gorengan , jd lidahpun ga "mempan" makan rebusan yg cenderung rasanya campah/tawar , ayo dong sapa yah yg bs bagi2 resep rebusan , saya jg tertarik :melambai

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 5/4/2016 at 8:40 PM, devi admaja said:

Paling sulit cari masakan serba rebusan :senyum:senyum:senyum kita terbiasa dengan segala jenis gorengan , jd lidahpun ga "mempan" makan rebusan yg cenderung rasanya campah/tawar , ayo dong sapa yah yg bs bagi2 resep rebusan , saya jg tertarik :melambai

Daun pisang di rebus + Sambel colek.... sepet-sepet gemanaaaaa githuuuu.... :ngakak # KETEPOOK..PLAAAAKKKK..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By indah permata
      http://oden-houseware.com'>www.oden-houseware.com


      ODEN Houseware – Head Office
      Monday - Saturday; 08.00 - 18.00 WIB
      Jl. Ruko Grand Galaxy City RGN-08
      Telp. +62 21 33998081
      Jakasetia – Bekasi Selatan
      Email : office@oden-houseware.com


      http://indah-oden.blogspot.com'>indah-oden.blogspot.com

      keterangan : harga tidak mengikat


    • By putria
      Obat Tradisional Kolesterol

      Berikut ini informasi tentang Obat Tradisional Gold-G yang merupakan alternatif pengobatan yang paling tepat dan cocok Anda pilih untuk dijadikan sebagai Obat Tradisional Kolesterol yang telah terbukti khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi secara cepat dan aman.

      Kolesterol merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan komponen lemak berwarna putih seperti lilin yang terdapat dalam pembuluh darah yang diproduksi oleh hati.

      Gejala Penyakit Kolesterol


      Mengalami pembengkakan pada kaki Mudah merasa lelah dan kecapaian Sering mengalami kesemutan Penumpukan kolesterol yang berlebih kadang-kadang terlita di daerah kulit Mengalami pegal-pegal dibagian tengkuk sampai bagian kepala belakang Munculnya binti-bintik warna kuning di bawah kelopak mata yang disebabkan oleh penimbunan lemak berlebih


      Obat Tradisional Jelly Gamat Gold-G merupakan Solusi paling Tepat untuk Obat Tradisional Kolesterol yang dapat Menurunkan Kolesterol

      Obat Tradisional Kolesterol dari Jelly Gamat Gold-G terbuat dari bahan alami yakni ekstrak teripang yang mengandung omega 3, 6, dan omega 9 yang telah terbukti akan khasiatnya yang sangat luar biasa dalam menurunkan kadar koelsterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dengan kandungan omega3, 6, dan omega 9 dalam teripang dapat menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh, terutama saat terjadi peningkatan kolesterol.


      PEMESANAN VIA  SMS:
      GOT: Brp Botol : Nama : Alamat Lengkap: No. Hp / Telepon
      Kirim Ke
      081222991999 / 085322489000

      INFO LEBIH LENGKAP »»»»» KLIK DISINI

      ANDA PESAN – KAMI KIRIM PRODUKNYA – BARU ANDA TRANSFER PEMBAYARANNYA


      Artikel lain :
      Obat Tradisional Tumor Lambung
      Obat Ambeien Tradisional
      Obat Herbal Ace Max's
    • By kitten
      Entah kenapa, ditengah masyarakat kata lemak lebih sering mengundang pikiran negatif. Jantung, obesitas, problem kolesterol, dan banyak masalah kesehatan yang langsung muncul di kepala kalau mendengar kata yang satu ini. Padahal, nggak semua lemak bersifat merusak. Dan lemak juga ambil bagian penting dalam keseimbangan tubuh, asal kadarnya pas.
       
      Naturalnya, memang ada lemak jahat dan lemak baik dalam tubuh. Lemak jahat disebut Low Density Lipoprotein (LDL), sedangkan lemak baik disebut High Density Lipoprotein (HDL). Sebenarnya, agak kurang pas sepertinya menyebut LDL sebagai lemak jahat, karena pada kadar tertentu memang dibutuhkan dalam proses-proses tubuh. Selama kadar HDL mampu mengimbangi, maka LDL nggak akan menimbulkan masalah kolesterol dan sejenisnya.
       
       
                                                                                   
       
       
      Masalahnya adalah, kita lebih sering mengonsumsi makanan yang memicu peningkatan LDL dalam tubuh, tanpa diimbangi juga dengan konsumsi makanan yang mengandung HDL. Sebagian orang memutuskan diet dengan menghindari makanan-makanan berlemak untuk mengurangi resiko-resiko buruk yang ditimbulkan. Mengurangi konsumsi makanan berlemak memang baik. Tapi pastikan bahwa yang dikurangi hanya makanan atau minuman yang mengandung banyak lemak jahat seperti makanan-makanan yang digoreng, makanan cepat saji, daging sapi, susu tinggi lemak, dan masih banyak lagi. Untuk makanan-makanan yang banyak mengandung lemak baik seperti kacang-kacangan, alpukat, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden dan yang lainnya, sebaiknya lebih ditingkatkan konsumsinya. Karena efeknya justru baik untuk tubuh.
       
      Mungkin konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat nggak bisa sepenuhnya dihindari. Namun kita bisa meminimalisir dan mengimbangi dengan makanan yang mengandung lemak baik. Kalau ingin makanan yang digoreng, gunakanlah minyak yang kadar asam lemak tak jenuh-nya lebih banyak dibanding asam lemak jenuh-nya. Perlu diperhatikan juga cara menggoreng, jangan sampai suhu menggoreng terlalu tinggi. Sebab pada suhu tertentu, asam lemak tak jenuh bisa berubah menjadi jenuh. Penggunaan minyak zaitun untuk menggoreng juga baik. Bagi yang ingin mengambil manfaat dari susu, pilih saja susu rendah lemak atau susu tanpa lemak. 
       
      Yah, balik lagi, kuncinya keseimbangan. Mengonsumsi makanan dengan tetap memperhatikan kandungannya dan efek-efeknya bagi tubuh. Bukan hal yang mudah tampaknya ya . Suka tergoda dengan makanan yang memang dianggap enak rasanya, walaupun kandungannya kurang bagus. Tapi harus tetap diusahakan. Semangat hidup sehat! :)
       
      Semoga manfaat
      Monggo kalau ada yang mau ditambahkan atau mungkin diralat
    • By Lyn
      1. Keju. Keju dapat memicu gas di perut yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

      2. Junk Food. Walau junk food membuat perut merasa kenyang, tapi junk food sulit dicerna dan dapat memicu masalah lambung.

      3. Minuman Ringan. Soda, minuman dingin, dan semacamnya dapat memicu masalah lambung dan memicu bau mulut.

      4. Pemanis Buatan. Biasa ditemukan pada permen atau permen karet, dapat menyebabkan sakit gigi dan perut kembung karena membuat gas lebih mudah masuk ke perut.

      6. Mi atau Pasta. Sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut terasa kembung.

      7. Alkohol. Selain menimbulkan maslah pencernaan juga dapat membahayakan perjalanan.

      8. Makan pedas. Kalau kebanyakan bisa bikin sakit perut.