• 0
Sign in to follow this  
JUNASIKPARK

5 Palung Laut Terpopuler Di Dunia

Question

5 Palung Laut Terpopuler Di Dunia

Hi jalan2ers & divers, apakah di sini ada penyelam sejati yg sdh prnh masuk ke dalam palung laut atau lubang yg ada di dasar laut? hehe saya sih belum pernah berenang di laut apalagi menyelam, mgkn krn kbykn ntn film Jaws. Palung2 laut ini membentuk sebuah bulatan besar yg gelap di laut jika dilihat dari atas angkasa, sehingga disebut blue hole. Ada 5 palung terpopuler yg saya dapatkan informasinya antara lain:

The Blue Cave, Korcula

http-inlinethumb12.webshots.com-13259-2972136030102347975S600x600Q85.jpg

Sebuah palung laut yg terdapat di dalam goa biru, Modra Spilja, tidak jauh dari lepas pantai Korcula, salah satu pulau terbesar Kroasia, yang dapat diakses hanya dengan perahu. Palung ini terletak 9m dari permukaan laut, dan memiliki kedalaman 35m. Palung ini tidak terlalu gelap bagi penyelam karena masih mendapat sinar matahari. Pemandangan bawah laut di sini dikatakan sangat indah sekali.

The Blue Hole, Gozo

http-inlinethumb43.webshots.com-41450-2451324830102347975S600x600Q85.jpg

Palung ini tidak tampak terlalu jelas di permukaan laut, karena ia terletak di antara formasi bebatuan alami yang terbentuk selama berabad2 oleh angin dan terpaan ombak. Palung ini berkelok2, setelah masuk ke kedalaman 17m lalu mauk ke sebuah pintu besar pada dinding dan lalu turun pada kedalaman 50 m. Ada lokasi yg merupakan spot terbaik bagi fotografer utk mengabadikan kehidupan bawah laut di sini.

Dean's Blue Hole, Bahamas

http-inlinethumb08.webshots.com-43847-2778458310102347975S600x600Q85.jpg

Salah satu palung terdalam dengan 202 m. Palung ini melebar sampai 100 m di kedalaman 20 meter ke bawah. Palung ini dinamai oleh sebuah keluarga yang memiliki tanah di sekitar situ dan merupakan lokasi penyelaman populer.

The Blue Hole, Dahab

dahab-blue-hole.jpg

Terletak di utara desa Dahab, sekitar 50 mil dari Sham el-Sheikh ke selatan. Terkenal di kalangan diving sebagai situs selam paling berbahaya di dunia. Banyak penyelam yang menghilang di sini. Palung ini memiliki kedalaman 130 m, dengan sebuah terowongan pada kedalaman 52m.

The Great Blue Hole, Belize

319599_134108736742676_1313629207_n.jpg

Lubang biru terbesar di dunia, 96km sebelah timur dari daratan Belize. Palung ini memiliki diameter 305 meter dan kedalaman 146 meter. Hampir berbentuk lingkaran sempurna. Merupakan tempat yg paling menarik para penyelam scuba untuk mengeksplorasi kedalamannya dan menyelam di antara stalaktit dan stalagmit raksasa yang terbentuk selama Zaman Es terakhir.

Mungkin infomasi saya tdk terlalu detil, tapi setidaknya memberi sedikit gambaran seperti apa palung2 laut/blue hole terkenal di dunia itu. Saya masih belum berani utk mencoba, karena selain dibutuhkan peralatan yg memadai jg skill yg bagus, karena saya orgnya agak panikan di dlm kegelapan heheh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

ternyata palung indah juga ya. saya jadi kepengen nyoba diving buat ngeliat langsung keindahan palung laut ini.

kira-kira di negara kita Indonesia tercinta ada palung laut juga gak ya?

Secara negeri kita kan termasuk negara kepulauan yang dikelilingi laut..

Sekalian buat penghematan juga, kalo mau lihat palung laut yang di atas kan musti ke luar negeri.hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wow....keren2 ya, cuma kalo gw belum berani deh kalo buat diving di tempat yang kayak gini...ngeliat kedalaman sama bentuk palungnya aja udah ngeri :D

Haha, iya gan, bisa mimpi buruk, berenang2 di atasnya aja udah ngeri lubang gitam gitu jgn2 ada monsternya

ternyata palung indah juga ya. saya jadi kepengen nyoba diving buat ngeliat langsung keindahan palung laut ini.

kira-kira di negara kita Indonesia tercinta ada palung laut juga gak ya?

Secara negeri kita kan termasuk negara kepulauan yang dikelilingi laut..

Sekalian buat penghematan juga, kalo mau lihat palung laut yang di atas kan musti ke luar negeri.hehehe

Indonesia negara kepulauan, lautnya luas, palung mah banyak lah di Indonesia. Wah saya tunggu nih ceritanya dan foto2nya :D

wuah keren yah. pasti bagus banget kalau snorkling.

tapi mst bawa lampu senter sih, karena gelap. he2

Kalau snorkeling setau saya cuma di tempat2 dangkal aja, kalo mau nyelam ke dalam palung sebutannya udah selam cuba.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this