baihaki1985

Fakta Unik dan Menarik Mengenai Forbidden City di Kota Beijing Cina

14 posts in this topic

Dari sekian banyak tempat wisata di negeri Cina, Forbidden City tentu jadi lokasi utama yang dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih lagi Forbidden City atau Kota Terlarang ini terletak di kota Beijing yang merupakan ibukota sekaligus kota terbesar kedua di negara Cina. 

56c5a128a020a_forbiddencity_1.thumb.jpg.

Pintu Gerbang menuju Forbidden City (sumber gambar: hostelrocket)

Di zaman dulu, Forbidden City ini pun berfungsi sebagai istana kerajaan untuk Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Dan dari dulu hingga sekarang, Forbidden City ini pun menjadi simbol kejayaan negara Cina. Dan bangunan megah yang satu ini pun mempunyai beberapa fakta menarik seperti berikut di bawah ini:

1. Forbidden City ini dikenal sebagai lokasi dari museum terbesar dunia, Palace Museum yang menyimpan koleksi dari era Dinasti Ming hingga Dinasti Qing. Setiap tahunnya, museum ini pun dikunjungi sebanyak 26 juta pengunjung, membuat Palace Museum ini juga memperoleh gelar museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. 

2. Forbidden City ini juga dikenal sebagai rumah tinggal para kaisar Cina dari Dinasti Ming dan Qing. Total sebanyak 24 kaisar Cina pernah menempati Forbidden City, 14 di antaranya berasal dari Dinasti Ming sementara 10 lainnya merupakan Kaisar Dinasti Qing. 

3. Forbidden City mempunyai total sebanyak 9.999 kamar yang masing-masing mempunyai dekorasi unik. Setiap kamar pun dilengkapi dengan dekorasi patung, semakin banyak patung yang ada di dalamnya, maka semakin tinggi pula status orang yang menempatinya. Dan kamar dengan status tertinggi mempunyai 10 patung. 

56c5a2355ef7b_forbiddencity_2.jpg.225a06

Throne Room di Forbidden City (kredit: Flickr/D200-Paul)

Forbidden City ini terbagi menjadi dua bagian, yakni inner court dan outer court. Inner court pun menjadi tempat yang sangat terbatas dan tak boleh sembarangan dimasuki. Mereka yang diperbolehkan masuk ke area inner court merupakan anggota kerajaan serta para pelayan istana. 

4. Kompleks Forbidden City mempunyai luas mencapai 720 ribu meter persegi dengan jumlah bangunan sebanyak 980 unit. Luas Forbidden City ini lebih besar jika dibandingkan Vatikan ataupun Kremlin yang masing-masing berukuran 440 ribu meter persegi dan 275 ribu meter persegi. 

Forbidden City ini pun dikelilingi oleh dinding yang mempunyai ketinggian mencapai 10 meter dengan parit yang memiliki lebar 52 meter. Di dalamnya terdapat sekitar lebih dari 800 bangunan, termasuk di antaranya adalah bangunan seperti istana, kuil serta ruang pertemuan. 

Dengan ukuran seluas itu, Forbidden City ini pun dikenal sebagai istana kuno terbesar dunia. Terlebih lagi, bangunan Forbidden City ini memiliki umur mencapai 600 tahun. Tak hanya itu, Forbidden City ini juga dikenal sebagai salah satu dari 5 istana paling penting dunia. Pembangunan istana ini pun membutuhkan waktu selama 14 tahun, dari tahun 1406 dan selesai pada tahun 1420. 

5. Forbidden City ini pun tak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Masyarakat umum pun baru diperbolehkan untuk masuk ke area Forbidden City hanya setelah mereka memperoleh izin dari Kaisar. Kebijakan ini pun diberlakukan di Forbidden City sampai pada tahun 1911. Mungkin karena alasan inilah penamaan Forbidden City disematkan, mungkin lho ya :D. 

Diperbolehkannya masyarakat umum datang ke Forbidden City ini setelah terjadi revolusi, di mana Dinasti Qing mengalami keruntuhan dan digantikan oleh keberadaan Republik Cina yang menguasai dataran Cina dari tahun 1912 hingga 1949. Dan saat ini, masyarakat umum pun masih tetap diperbolehkan berkunjung ke sini dengan batasan jumlah tertentu setiap harinya. 

6. Forbidden City masuk dalam daftar situs warisan dunia pada tahun 1987. Bersamaan dengan hal tersebut, Forbidden City juga menjadi bangunan bersejarah berbahan kayu terluas yang pernah ada. 

7. Forbidden City ini juga menjadi saksi sejarah berakhirnya sistem kekaisaran yang berlangsung di negara Cina. Dan Kaisar Cina terakhir yang mendiami Forbidden City adalah Kaisar Puyi. Dan kisah mengenai Kaisar Puyi inipun juga diabadikan dalam sebuah film berjudul The Last Emperor yang lokasi shootingnya juga dilakukan di Forbidden City. 

56c5a30d1683b_lastemperor.thumb.jpg.0de0

The Last Emperor (sumber gambar: emanuellevy)

Film The Last Emperor ini pun menjadi film barat pertama yang diperbolehkan melakukan proses shooting di area Forbidden City. Hasilnya, film The Last Emperor ini pun memenangkan total 9 Academy Awards, termasuk di antaranya adalah kategori Best Picture dan Best Director. 

8. Forbidden City bukanlah satu-satunya nama dari tempat megah ini. Forbidden City juga dikenal dengan nama lain seperti Palace Museum, Imperial Museum serta Forbidden Palace. 

9. Di dalam area Forbidden City, terdapat bangunan Hall of Supreme Harmony yang berada di area outer court. Bangunan ini pun menjadi bangunan yang paling penting di outer court. Menariknya, bangunan seluas 2400 meter persegi ini merupakan bangunan tertinggi di area Forbidden City dengan ketinggian 36,57 meter. Di era kekaisaran, bangunan yang ada di Beijing tidak diperbolehkan memiliki ketinggian melebihi Hall of Supreme Harmony. 

56c5a2b30a021_forbiddencity_3.thumb.jpg.

Hall of Supreme Harmony  (kredit: Venividizoom)

10. Forbidden City ini mempunyai empat pintu gerbang utama. Dan pintu gerbang yang menjadi lokasi masuk para wisatawan saat ini adalah Meridian Gate. Dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Forbidden City mencapai angka 10 juta orang setiap tahunnya. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Gila, ini luas banget. Kemarin sampe lelah mutar mutar.

Benar benar forbidden city, kemarin karena ngga kuat buat keliling semuanya, mau keluar/balik lagi dari pintu masuk tapi ngga dibolehin.

Harus tetap keluar lewat pintu keluar yang jauh banget.

Capeeeeeee hahahahahahahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 minutes ago, deffa said:

kayak @ko Acong pernah poto disini ya 

tiket masuk nya berapa ya

BTW, Gw cuma nemu tiket gerbang depannya, Tian an men square nih 15 yuan, gatau ke Forbidden nya kemana fotonya hahaha. Kayaknya 40 an kalau ngga salah wkwkwk

Ko Acong mungkin masih ingat nih :D 

20151013_095448.thumb.jpg.86c20c0467a753

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, HarrisWang said:

BTW, Gw cuma nemu tiket gerbang depannya, Tian an men square nih, gatau ke Forbidden nya kemana fotonya hahaha. Kayaknya 40 an kalau ngga salah wkwkwk

Ko Acong mungkin masih ingat nih :D 

20151013_095448.thumb.jpg.86c20c0467a753

40 yuan murah ya 

dapat tour keliling forbidden city atau jalan sendiri ya ? 

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, deffa said:

40 yuan murah ya 

dapat tour keliling forbidden city atau jalan sendiri ya ? 

Jalan sendiri Mod, makanya mutar mutar ngga jelas. Mana rame banget, mami saya sampe kecapean hahahahaha

Nih, crowded banget:

20151013_104542.thumb.jpg.21e93c1a4ee5ec

Share this post


Link to post
Share on other sites

karcis masuk Di High season Total 68 yuan biasanya traveler nginapnya sekeliling Forbident city jadi tinggal jalan kaki setelah dari thian an men juga bisa kalo soal pengunjung di bulan 1 s/d 10 oktober sangat membludak 80.000 tiket habis diantri dalam 3 jam trus over kapasitas ditutup Bila sewa tranleter berbahasa inggris jadi swapanduan Perlu 1/2 hari kunjungan kesini  dan kita bisa membuktikan jumlah kamar2 para selir dayang dan taikam (lelaki di kebiri ) dengan aura yang cukup dingin salah satu kaisay ada yang mempunyai serlir dayang 6863 perempuan hahaha kebayang 22 tahun sekali baru ke gilir 

2012-09-06 12.36.04.jpg

IMG_0372.JPG

IMG_0340.JPG

@baihaki1985 Mohon ijin Share

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya hanya bawa yang mau pulkam ke Moyan Meizhou dan

tambah 1 grup ke SIN lumayan deffa rejeki bulan Februari

yang paling Enak anter yang mau pulkam udak ketemuan sama keluarganya langsung balik kanan ke Guangzhou KL Indonesia

Angpao Pasti Lay

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now