• 0
Sign in to follow this  
zeekyuryu

Pilih masak main dish apa desert?

Question

Jalan2ers, pilih mana nih, masak termasuk hobi kan.. terutama cewe yang sering di dapur..

jusk ask jalan2ers pilih mana ya,

  1. masak menu-menu utama kayak makanan2 berat atau menu utama buat makan
  2. menu2 desert yang ringan layak kue, pudding, atau minuman2 gitu???

kalo saya pribadi mending pilih yang pertama. kalo yang kedua saya justru malah nggak bisa bikin kue,.. kalo minuman, puding suka tapi malah jarang... saya lebih suka masak buat main dish lebih seru hehhe

kalo temen2 gmn??

Share this post


Link to post
Share on other sites

4 answers to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By azizkece
      Hai, perkenalkan saya Aziz pecinta kucing. saya baru di forum ini. untuk yang mau kenal lebih dekat silahkan kontak saya langsung. oh iya, pekerjaan saya sehari-hari jual kandang kucing. jadi kalau ada yang memelihara kucing boleh lah kita saling bersinergi.
       
      terima kasih. :)
    • By onesecond
      Mari Menulis!
      Tak sedikit dari kita yang ingin menumpahkan ide-ide cemerlangnya ke dalam suatu karya. Entah itu puisi, pantun, cerpen, novel, fabel atau karya ilmiah. Namun, kekuatan penghambat yang muncul dari dalam kita ini seringkali bermunculan. Percaya diri. Rasa percaya diri sangat berpengaruh dalam menulis. Jika tidak adanya rasa percaya diri dalam diri kita, kapan kita mulai menulis? Padahal ide-ide kita sudah cukup baik untuk dijadikan sebuah cerita dan kita pun tau teori menulis. Sangat disayangkan bukan?
      Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu. Seperti para penulis provesional yang bukunya sudah beredar di toko buku bahkan sudah dijadikan sebuah film. Sebenarnya pemikirian tersebut kurang tepat. Semua orang bisa menjadi penulis.
       

      Apa kalian tidak menyadari bahwa sebagian besar aktivitas yang kita lakukan menghasilkan sebuah tulisan? Misalnya kalian mengupdate status di sosial media. Walaupun hanya satu-dua kata, tetapi secara tidak langsung kalian sedang berbagi cerita, juga mencurahkan isi hati dan pikiran kalian terhadap publik.
      Selain itu adalah buku diari. Pasti semua orang mempunyai benda satu ini terutama perempuan. Buku diari ini memang terkenal sebagai teman curhat kita, dan tidak ada satu pun yang boleh membacanya, tentunya buku ini bersifat rahasia. Di dalam buku tersebut kalian menuliskan setiap detail cerita pada satu hari penuh. Entah itu momen bahagia, sedih, menakutkan atau lainnya. Kalian tentu merangkai kata demi kata hingga menjadi sebuah kalimat bahkan sebuah cerita. Lalu, apa kalian sudah menjadi seorang penulis?
      Banyak orang yang beranggapan bahwa tulisan mereka kurang menarik, bahasa yang biasa-biasa saja, dan sebagainya. Apalagi anggapan ini datang di waktu pertengahan menulis. Hal ini menyebabkan penulisan karya terhambat.
      Menulis bukan mengandalkan skill atau kemampuan, melainkan keinginan. Seseorang yang pandai menulis bukan berarti dia “berbakat” dalam menulis. Tetapi seseorang tersebut mempunyai keinginan yang kuat untuk terus menulis. Mungkin karya pertama si penulis provesional tidak sehebat dengan karya yang kini sudah terkenal di publik. Bisa jadi tulisan mereka jelek, bahasa yang tidak enak di dengar, cerita yang membosankan dan sebagainya. Mereka tidak berhenti disitu saja. Mereka tetap dan terus menulis. Tidak peduli dengan karya sebelumnya yang buruk.
      Seseorang tidak berada dalam keadaan yang begitu-gitu saja, jika mereka mau dan mencoba untuk berubah. Apabila seseorang mengalami kesulitan atau hampir putus asa cobalah untuk memiliki motivasi. Entah itu motivasi dari orang lain atau dari diri anda sendiri. Seperti, jika anda tengah merasa putus asa dalam menulis. Lihatlah para penulis idola kalian bagaimana mereka bisa menjadi apa yang mereka inginkan. Berandai-andailah untuk bisa seperti mereka. Dengan demikian rasa takut akan gagal, putus asa atau pun ketidak percayaan diri akan menghilang. Lalu, teruslah dorong hati kalian untuk menulis, bersikeras agar harapan dan cita-cita kalian tercapai tentu hal ini diiringi dengan berusaha.
      Kalau berbicara menulis, yang terlintas di pikiran kita ialah imajinasi. Imajinasi kita digunakan sebagai bahan penulisan kita terutama dalam penulisan cerita seperti cerpen, novel, dan fabel.  Sekreatif mungkin kita berimajinasi agar cerita yang dihasilkan menarik untuk dibaca. Berikut ini adalah tips untuk kalian yang masih kurang percaya diri dalam menulis :
      ·         Banyak Membaca Apa tulisan yang dihasilkan itu dibuat asal-asalan? Tidak kan. Pastinya penulis banyak membaca untuk mendapat hasil yang memuaskan dan sesuai yang diinginkan. Misalnya konflik yang terjadi dalam sebuah novel adalah seorang adik yang sedang mencari kakaknya yang hilang di Hollandia, Belanda selama bertahun-tahun. Tentu penulis dituntut untuk membaca bagaimana keadaan masyarakat di Belanda, gedung apa saja yang ada di Belanda, dan kebudayaan Belanda. Selain itu biasanya bahasa sastra lebih disukai pembaca. Karena terlihat dan terdengar indah. Kemampuan berbahasa dapat kita kembangkan dengan cara memperbanyak membaca novel, terutama novel yang banyak memiliki bahasa sastranya. Dengan begitu apa yang telah kalian baca mudah terekam di otak dan mulailah untuk menulis.
       

      ·         Teruslah berlatih menulis Apapun hasilnya jangan berhenti menulis. Jadikan setiap karya kalian sebagai koreksian. Kalian dapat melihat kekurangan dan kelebihan pada setiap karya yang dihasilkan juga melihat perkembangan bahasa sastra dari waktu ke waktu.
      ·         Meminta pendapat orang lain Ajak saudara atau kerabat kalian untuk membaca dan menminta pendapat mengenai tulisan kalian. Jika terdapat kekurangan cerita atau lainnya, kalian dapat memperbaikinya. Sampai tulisan tersebut terlihat bagus bagi para pembaca.
       
       
    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Akhirnya kita kembali akan mengadakan Gathering Nasional berupa Jalan2 Bareng ke beberapa daerah di Indonesia, untuk kali ini yang ke 10 kali nya diadakan. Dah lumayan banyak juga ya hehehe 
      Adapun rencana awal tanggal yang kita pilih adalah 25 - 27 Maret 2016. Karena itu adalah Long Weekend di harapkan tanggal 25 sudah berada di TKP destinasi yang terpilih ya
      Untuk destinasi nya di ajukan ada 3 nama daerah yaitu Balikpapan, Karimun Jawa (Jepara) dan Bangka / Belitung.
      Jadi seperti biasa kita akan polling untuk destinasi wisata nya sampai tanggal 1 Januari 2016.
      Dan juga di harapkan untuk Rekomendasi tempat wisata dari masing-masing kota tujuan yang ada di Destinasi tersebut, juga kesediaan nya member Komunitas Jalan2 Indonesia yang berada atau mengenal dengan baik daerah di Destinasi tersebut untuk menjadi Ketua Panitia secara Sukarela (tidak di bayar).
      Sistem yang biasa kita lakukan adalah SHARING COST 
      Polling ini juga akan diadakan di Facebook Groups Komunitas Jalan2 Indonesia dan hasil nya akan di Akumulasikan 
      Note : Untuk Bangka / Belitung, sesuai kondisi disana aja tar, jika memungkinkan kedua pulau itu ya gak masalah, tapi jika tidak memungkinkan ya akan di pilih salah satu saja :)
      Hasil Akhir Polling :
      Bangka / Belitung = 11 + 67 = 78 Balikpapan = 25 + 21 = 46 Karimun Jawa = 8 + 30 = 38  
      POLLING DITUTUP PEMENANG NYA BANGKA / BELITUNG

    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Akhirnya kita kembali akan mengadakan Gathering Nasional berupa Jalan2 Bareng ke beberapa daerah di Indonesia, untuk kali ini yang ke 9 kali nya diadakan. 
      Adapun rencana awal tanggal yang kita pilih adalah 16 - 18 Oktober 2015. Karena tanggal 15 Oktober tanggal merah jadi memungkinkan untuk Long Weekend, jadi acara diadakan selama 3 hari.
      Untuk destinasi nya di ajukan ada 3 nama daerah yaitu Balikpapan, Lombok dan Banyuwangi.
      Jadi seperti biasa kita akan polling untuk destinasi wisata nya sampai tanggal 24 Agustus 2015.
      Dan juga di harapkan untuk Rekomendasi tempat wisata dari masing-masing kota tujuan yang ada di Destinasi tersebut, juga kesediaan nya member Komunitas Jalan2 Indonesia yang berada atau mengenal dengan baik daerah di Destinasi tersebut untuk menjadi Ketua Panitia secara Sukarela (tidak di bayar).
      Sistem yang biasa kita lakukan adalah SHARING COST 
       
      POLLING DITUTUP 
      Hasil Total dari Facebook Group dan Forum Jalan2 :
      BALIKPAPAN = 20 Vote
      BANYUWANGI = 94
      LOMBOK = 131 Vote
       
      Jadi Gathering Nasional IX tanggal 16-18 Oktober 2015 dengan Destinasi Lombok 
      Pembukaan pendaftaran nanti di umumkan. Thx u

    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
       
      Tamiya, orang Indonesia kalau gak kenal satu kata yang Legend ini mungkin dia lahir nya baru 1 - 5 tahun lalu ya heheheh
      Yup siapa seh yang gak kenal salah satu mainan yang sangat Populer pada jaman nya dan mungkin merupakan mainan anak cowok yang paling di minati sampai sekarang
       
      Flashback sedikit, berawal dari saya TK, masih tinggal di pedalaman bumi Sumatera Selatan tepatnya kota minyak Pendopo, Talang Ubi kabupaten Muara Enim (sekarang udah Kabupaten Pali). Tinggal di komplek Pertamina jauh dari peradaban, kiri kanan hanya hutan. Membuat kami anak kecil disana kurang dengan mainan. Hanya bermodalkan kelereng, karet, ketapel, mainan kami saat itu.
       
      Tetapi semua berubah ketika TVRI menyiarkan serial kartun Dash Yonkuro semua anak-anak di komplek saya rajin nonton ini di rumah saya barengan, karena pada saat itu di satu blok komplek yang punya TV hanya di rumah saya saja. Akhir nya kami pun merengek minta di beliin salah satu Tamiya ini kepada orang tua masing-masing.

       
      Yang notabene mainan ini hanya bisa didapatkan di kota Palembang, perjalanan dari Pendopo ke Palembang pada saat itu memakan waktu sekitar 12 jam, karena jalan yang masih jelek apalagi kalau hujan lumpur (kubangan) nya bikin jalan amblas. Itu pun belum jika kita terlambat untuk menyebrang Sungai Lematang, karena sungai ini membelah jalan raya yang waktu itu belum ada jembatan, jadi untuk moda pengangkut Kendaraan Mobil nya digunakan lah Kapal Tongkang dari sisi satu ke sisi lainnya. Yang waktu operasinya hanya sampai jam 8 malam. Jika telat ya terpaksa menginap semalam di mobil atau bikin tenda di dekat sana.

       
      Skip, akhir nya perjuangan Orang Tua kami berhasil membawa masing-masing Tamiya, untuk kami anak-anak kampung ini, saya masih ingat Tamiya pertama saya adalah Mantaray Junior. Ketika mendapatkan tamiya ini, dalam hitungan menit saya bisa merakit nya jadi utuh (kata orang tua saya) dan saya waktu itu masih TK 0 Besar.

       
      Seiring bertambah nya usia dari TK - SD - SMP - SMA saya habiskan di kota Pendopo itu, tiap kali orang tua ada Dinas ke Kota Besar pasti saya minta oleh-oleh Tamiya (bahkan saya gak perlu bilang). Dahulu semua seri saya lengkap, dari Dash 1 Emperor, Dash 2 Burning Sun, Dash 3 Shooting Star, Dash 4 Cannonball, Dash 5 Dancing Doll. Sampai ke seri-seri seperti Neo Burning Sun, Proto Emperor, Great Emperor, Black Mantaray, Falcon Junior, Avante Junior, dll

       
      Namun semua berubah ketika Negara Api Menyerang, eh ketika saya pindah ke Bandung untuk melanjutkan Kuliah, koleksi saya yang mungkin sudah Ratusan itu terpaksa saya tinggal dan mungkin di bagikan ke anak-anak kecil disana oleh orang tua saya.
       
      Tapi yang namanya Hobi sampai kapan pun Api nya Tidak Akan Pernah Padam, berawal dari saya jalan2 ke acara Toys Hobby Bandung 2014 baca di Akhirnya saya di pertemukan lagi dengan Tamiya ini.
       
      "Bagaikan anak kecil yang berlari bertlanjang bebas, keluarkan suara-suara canda tawa dan tersenyum puas" itu Lirik lagu Bebas Iwa K ya. Seperti itulah penggambaran saya waktu itu. Saya langsung ke pincut dengan satu Kit Tamiya Dash 001 Great Emperor versi terbaru. Dengan harga Rp. 150.000 langsung saya sikat

       
      Semenjak itulah saya langsung bertekad, inilah Hobi yang sudah lama terpendam ingin keluar lagi, dan saya bertekad untuk mulai mengumpulkan lagi Koleksi saya ini dengan uang saya pribadi, karena akan beda rasa nya antara Memiliki dan Pemberian.
       
      Setelah beberapa lama akhir nya saya melengkapi koleksi dengan hunting ke Facebook Groups Tamiya, Website Tamiya Shop di Indonesia, bahkan sampai ke toko Tamiya pusat di Jepang Tamiya Plamodel Factory baca di

       
      Sekarang koleksi saya sudah puluhan mungkin di atas 50 buah Kit Tamiya dari berbagai merk, oh ya sebelum nya Tamiya itu Merk ya. Jadi kalau kit nya disebut Mini 4WD (Mini Four Wheel Drive) nah Merk nya ada banyak yang asli merk Tamiya, namun merk lain ada juga dari Cina seperti Auldey, AA, HJH, Seda, Gokey, dll
       
      Dan yang paling membanggakan saya udah berhasil mengoleksi kembali Kit Dash 1 - 5 versi Classic dari jaman saya dahulu, ditambah Koleksi dari seri yang Baru

       
      Namun koleksi ini gak kan berhenti, sekarang tiap jalan2 saya punya Misi baru. Apapun Destinasi nya, Tamiya Oleh-Oleh nya hahahahahhaha
       
      Thx u @mone dan @Hubulala yang sudah bantuin saya mencari koleksian ini di Jogja dan Jepang kemaren
       
      Bagi kalian yang mempunyai hobi sama bisa saya bantu info untuk mencari kit nya di bawah ini
       
      Facebook Groups :
      All Brand Mini 4wd Community STBox Market Mini 4wd Auction Forum Website Online Shop Indonesia :
      Dolphin Tamiya Mini 4wd Junkies Toko Mini 4wd SALAM DASH YONKURO
    • By pleasejackys
      Kumpulan Resep Praktis untuk Dimasak Saat Camping
       
       
      Serunya bercamping adalah tantangan yang mengharuskan kita untuk hidup sejauh mungkin dari kehidupan modern agar dapat merasa lebih dekat dengan alam. Ditambah lagi kesempatan untuk menghirup udara yang bersih dan segar yang terhembus dari rimbunan pepohonan di sekitar kita. Pemandangan yang hijau dan asri pun menjadi sebuah kenikmatan yang tak akan bisa dapatkan di perkotaan.
       
      Susana seperti ini tentu tidak ingin kita sia-siakan. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan atas kenikmatan yang langka ini. Berbagai macam petualangan dan olahraga yang menantang bisa kita jadikan salah satu pilihan seperti misalnya mendaki gunung, memanjat tebing, atau trekking. Beberapa kegiatan lain yang lebih santai juga bisa dijadikan selingan seperti memancing atau berenang.
       
      Setelah semua kegiatan tersebut, tentu tenaga kita akan terkuras habis. Rasa lapar yang teramat sangat pun akan datang menghampiri. Di saat seperti ini, tak ada hal yang dapat melengkapi kebahagiaan kita di alam bebas selain makanan yang lezat. Tapi masalahnya, memasak bukanlah hal yang mudah dilakukan saat sedang camping akibat keterbatasan dalam hal bahan makanan dan peralatan memasak. Jika dibayangkan, mungkin memang agak merepotkan jika kita harus membawa berbagai macam daging dan sayuran ke lokasi camping. Belum lagi alat masak yang besar dan ribet seperti kompor, panci, dan sebagainya.
       

      Memasak Saat Camping
      (Sumber: ninthandbird.com. Credit: Kathelyn Shield)
       
      Namun, jangan khawatir. Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan beberapa jenis resep masakan ala camping yang akan dijelaskan di bawah ini. Resep-resep ini sudah dirancang untuk jadi sesimpel dan semudah mungkin agar bisa dipraktekkan saat camping.
       
       
      1. Burger Biskuit
       
      Burger adalah pilihan makanan yang sangat sederhana dan cukup mudah untuk dimasak. Dari segi rasa, burger pun cukup nikmat untuk dikonsumsi saat santai atau ketika sedang merasa kelelahan. Burger kali ini dimodifikasi dengan bahan biskuit agar terasa lebih renyah dan gurih, cocok untuk memuaskan nafsu makan yang meningkat akibat lelah beraktivitas di tengah belantara alam.
       
      Bahan yang Diperlukan:
      -          2 cup tepung terigu
      -          3 sendok teh baking powder
      -          1 sendok makan gula
      -          1 sendok teh garam
      -          6 sendok teh susu putih bubuk
      -          2 sendok teh lada hitam bubuk
      -          4 sendok makan minyak goreng atau minyak canola
      -          Setengah cup keju cheddar yang sudah diparut dari rumah
      -          1 cup air
      -          12 butir telur ayam
      -          12 lembar daging burger kemasan
      -          Saus sambal, saus tomat, dan mayonaise untuk pelengkap.
       
      Alat Masak yang Perlu Dipersiapkan:
      -          Mangkok atau baskom kecil untuk mencampur adonan
      -          Pengaduk adonan
      -          Wajan dengan cetakan bulat kecil
      -          Sendok adonan
       

      Memasak Adonan Dasar Biskuit Burger
      (Sumber: Jellytoastblog.com. Credit: Emily)
       
      Cara Memasak:
      -          Campurkan tepung terigu, baking powder, gula, garam, susu putih bubuk, lada hitam bubuk, dan minyak goreng. Aduk         sampai semuanya tercampur dengan rata.
      -          Adonan kering tersebut kemudian ditambahkan air secara pelan-pelan dan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Lakukan proses ini sampai air habis dan adonan tercampur dengan sempurna.
      -          Jika adonan sudah mengental dan tercampur sempurna, masukkan parutan keju cheddar sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan agar keju tidak terlalu hancur.
      -          Letakkan wajan di atas api unggun dan lapisi dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket ke wajannya.
      -          Jika wajan sudah panas, masukkan adonan tadi sebanyak seperempat cup ke dalam tiap-tiap cetakan bulat pada wajan
      -          Masak hingga berwarna coklat keemasan.
      -          Balik adonan dan tunggu sampai sisi satunya matang juga. Tiriskan.
      -          Menggunakan wajan yang sama, goreng telur di tiap-tiap cetakan dalam wajan. Ini akan menghasilkan telur ceplok dengan bentuk yang bulat sempurna persis seperti adonan roti burger tadi.
      -          Terakhir, goreng daging burger.
      -          Susun roti, telur ceplok, dan daging burger lalu tambahkan saus dan mayonaise sesuai selera.
       
      Tips:
      -          Agar resep jadi lebih praktis dan  mudah untuk dipraktekkan, adonan biskuit burger bisa diganti dengan adonan biskuit instan yang banyak dijual di supermarket.
      -          Biskuit burger juga bisa diganti langsung menggunakan roti burger yang sudah siap pakai. Sehingga, kita hanya tinggal memanaskannya saja saat akan disantap. Jika menggunakan cara ini, maka keju cheddarnya harus dipersiapkan dalam bentuk lembaran supaya bisa disusun dengan roti, telur, dan dagingnya.
      -          Untuk rasa yang lebih unik, bisa ditambahkan oregano kering dalam adonan biskuit atau ditaburkan begitu saja di atas saus sambal dan mayonaise.
       
       
      2. Burrito Camping Sederhana
       
      Tidak jauh berbeda dari burger, buritto pun termasuk makanan yang nikmat untuk dikonsumsi saat sedang bersantai melepas lelah setelah seharian berpetualang di alam bebas. Burrito memiliki bentuk dan tekstur yang lebih menarik daripada burger. Cara memakannya yang unik juga bisa membuat acara api unggunmu terasa lebih berkesan.
       
      Bahan yang Diperlukan:
      -          12 butir telur ayam
      -          10 potong sosis sapi
      -          1 buah bawang bombay
      -          3 siung bawang putih
      -          6 buah kentang ukuran sedang
      -          2 cup keju cheddar yang sudah diparut dari rumah
      -          Daun bawang dan seledri yang diiris halus
      -          Garam dan merica
      -          8 lembar kulit burrito siap pakai (bisa dibeli di supermarket)
      -          Saus sambal, saus tomat, atau saus salsa untuk pelengkap.
       
      Alat Masak yang Perlu Dipersiapkan:
      -          Aluminium foil untuk membungkus burrito
      -          Wajan untuk menggoreng
      -          Panci untuk merebus kentang
      -          Wadah untuk mencampur semua bahan
       
       

      Buritto Sedang Dipanggang
      (Sumber: NinthandBird.com. Credit: Kathelyn Shield)
       
      Cara Memasak:
      -          Potong kentang menjadi bentuk dadu dan rebus hingga teksturnya lunak.
      -          Iris bawang bombay tipis-tipis dan cincang bawang putih. Tumis keduanya sampai tercium aroma harum.
      -          Masukkan telur dan masak sambil terus diaduk sampai terbentuk telur orak arik.
      -          Saat telur orak arik sudah setengah matang, masukkan sosis yang sudah dipotong-potong.
      -          Tambahkan garam dan merica untuk penambah rasa.
      -          Masak hingga matang dan cicipi.
      -          Masukkan kentang, telur orak arik sosis, keju parut, bawang daun, dan seledri ke dalam satu wadah.
      -          Aduk perlahan agar semuanya tercampur rata.
      -          Letakkan campuran tersebut ke atas kulit burrito.
      -          Gulung burrito dan bungkus dengan aluminium foil.
      -          Panggang burito di atas api unggun ketika akan disantap.
       
      Tips:
      -          Seluruh adonan bisa dibuat dari rumah sehingga kamu hanya tinggal membawanya dalam bentuk bungkusan aluminium foil. Akan tetapi, dengan cara ini, burrito mu tidak akan bertahan lama sehingga harus disantap segera begitu sampai di lokasi camping.
      -          Sosis juga dapat diganti dengan daging cincang. Namun, daging cincang ini harus sudah digoreng terlebih dahulu dari rumah supaya tidak membusuk saat dibawa camping.
       
       
      3. Pizza Panggang Arang
       
      Di saat santai dan kelaparan, tidak ada makanan yang lebih menggiurkan selain pizza. Akan tetapi, umumnya pizza memiliki cara memasak yang rumit dan merepotkan. Namun, itu semua bisa disederhanakan dengan memanfaatkan beberapa bahan siap pakai yang bisa dibeli di supermarket. Dengan cara ini, kamu bahkan bisa membuat pizza sendiri saat sedang berada di tengah hutan belantara.
       
      Bahan yang Diperlukan:
      -          Minyak sayur atau minyak goreng sedikit
      -          Adonan dasar pizza siap pakai (bisa dibeli di supermarket)
      -          Saus barbeque atau saus bolognese (bisa dibeli di supermarket)
      -          Oregano kering atau bubuk oregano
      -          Daging cincang yang sudah digoreng kering atau daging pepperoni
      -          Keju mozarella yang sudah diparut atau dicincang
      -          Keju cheddar yang sudah diparut
      -          Paprika dan bawang bombay yang diiris tipis
      -          Garam dan merica bubuk untuk penambah rasa
      -          Saus tomat dan saus sambal
       
      Alat Masak yang Perlu Dipersiapkan:
      -          Wajan lebar untuk memanggang pizza
      -          Tutup wajan
       
      Cara Memasak:
      -          Kumpulkan arang dan bakar hingga menjadi sebuah tungku alami
      -          Letakkan wajan di atasnya
      -          Tumis sebentar bawang bombay dan paprika sampai setengah matang. Tiriskan.
      -          Menggunakan wajan yang sama, masak adonan pizza dengan cara meratakan adonan dasar pizza ke permukaan wajan. Lebarkan hingga selebar wajan.
      -          Lumuri permukaan atas adonan dasar pizza dengan saus barbeque atau saus bolognese.
      -          Sebarkan keju cheddar parut di atasnya hingga merata.
      -          Letakkan daging atau irisan pepperoni di atasnya secara merata kemudian letakkan paprika dan bawang bombay yang sudah ditumis setengah matang tadi.
      -          Sebarkan keju mozarella parut di atasnya hingga hampir seluruh permukaan pizza tertutup dengan mozarella tersebut.
      -          Taburkan sedikit oregano kering atau bubuk di atasnya secara menyebar.
      -          Tutup wajannya dan biarkan selama beberapa saat sampai matang.
      -          Angkat dan sajikan selagi panas.
       

      Pizza Panggang Arang yang Sedang Dimasak
      (Sumber: Buzzfeed.com. Credit: whatscookingamerica)
       
      Tips:
      -          Paprika dan bawang bombay boleh ditumis sampai matang dan boleh juga tidak ditumis terlebih dahulu. Semua tergantung selera masing-masing.
      -          Keju cheddar dapat diganti atau dikombinasikan dengan keju parmesan jika suka.
      -          Boleh juga menambahkan bahan lain sebagai topping misalnya daging ayam, seafood, jamur, dan masih banyak lagi. Berkreasilah sesuai selera masing-masing.
      -          Merica bubuk dapat diganti dengan lada hitam bubuk untuk varian rasa yang lebih unik.
      -          Jika tidak ada oregano, bahan ini boleh tidak digunakan. Akan tetapi aromanya akan kurang kuat.
      -          Jika tidak ada keju mozarella, dapat menggunakan jenis keju cheddar yang mudah leleh. Namun, jangan menggunakan keju cheddar biasa karena keju cheddar biasa tidak akan leleh jika dipanaskan.
       
       
      4. Tumis Jamur Api Unggun
       
      Hidangan selama camping tidak melulu harus berupa daging dan karbohidrat. Kita juga bisa memasak hidangan sayuran yang nikmat, misalnya tumis jamur. Hidangan ini akan melengkapi kebutuhan gizi yang kita perlukan untuk kesehatan tubuh kita. Cara memasaknya tidaklah sulit dan rasanya pun tidak kalah lezat dengan hidangan lainnya.
       
      Bahan yang Diperlukan:
      -          200 gram jamur coklat yang sudah dipotong-potong
      -          200 gram irisan jamur portabello
      -          2 sendok makan minyak goreng (bisa juga menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun)
      -          3 sendok makan butter atau mentega
      -          2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
      -          2 siung bawang merah yang sudah dicincang halus
      -          1 buah daun rosemary segar
      -          Setengah buah jeruk nipis, ambil sarinya
      -          Kaldu ayam atau kaldu sapi
      -          Garam secukupnya
      -          Gula secukupnya
      -          Seledri, dicincang untuk taburan pelengkap
       
      Alat Masak yang Perlu Dipersiapkan:
      -          Wajan untuk menggoreng
       

      Tumis Jamur yang Lezat
      (Sumber: chezus.com. Credit: Denise Woodward)
       
      Cara Memasak:
      -          Panaskan wajan di atas api unggun yang kobaran apinya sudah agak padam
      -          Tuangkan minyak dan mentega
      -          Jika mentega sudah meleleh, masukkan bawang merah, bawang putih, dan daun rosemary. Tumis hingga aromanya harum.
      -          Masukkan jamur coklat dan masak hingga lunak. Proses ini umumnya memakan waktu sekitar 3-5 menit, tergantung dari seberapa panas apinya.
      -          Masukkan jamur portabella dan masak hingga 3-5 menit lagi.
      -          Tambahkan air sari jeruk nipis, garam, dan gula. Cicipi hingga rasanya sudah sempurna.
      -          Tuangkan kaldu dan masak hingga 5 menit.
      -          Taburkan seledri cincang di atasnya.
       
      Tips:
      -          Daun rosemary dapat membuat hidangan ini beraroma dan bercitarasa unik. Namun jika sulit mendapatkan daun rosemary, kamu bisa menggantinya dengan oregano kering atau daun salam.
      -          Air sari jeruk nipis juga bisa diganti dengan air lemon. Perbedaan rasanya tidak akan terlalu signifikan.
      -          Tumis jamur ini cocok dihidangkan bersama dengan daging panggang, burger, burrito, maupun pizza. Bisa juga dimakan langsung.
       
       
      5. Marshmallow Pisang Coklat
       
      Berbagai makanan yang gurih sudah selesai dikonsumsi. Namun, kenikmatan itu tidak akan lengkap tanpa adanya cemilan manis sebagai pencuci mulut di akhir acara makan-makan. Di acara camping biasa, orang-orang seringkali membakar marshmallow dan melahapnya langsung sebagai cemilan. Namun, cara itu bisa dikembangkan dengan sedikit usaha menjadi suatu hidangan yang jauh lebih menggiurkan dan bergizi.
       
      Bahan yang Diperlukan:
      -          Marshmallow ukuran mini
      -          Sereal kering rasa bebas (sesuai selera)
      -          Coklat chips
      -          Pisang yang masih segar
       
      Alat Masak yang Perlu Dipersiapkan:
      -          Aluminium Foil untuk membungkus pisang
      -          Penjepit makanan
       
       

      Marshmallow Pisang Coklat
      (Sumber: tablespoon.com. Credit: Girl Who Ate Everything)
       
       
      Cara Memasak:
      -          Belah pisang menjadi dua bagian tanpa mengupas kulitnya.
      -          Isi belahan tersebut dengan beberapa marshmallow mini
      -          Taburkan coklat chip di atasnya
      -          Bungkus pisang dengan aluminium foil
      -          Panaskan kayu bakar dan tunggu sampai kobaran apinya padam
      -          Panggang bungkusan pisang hingga matang dan teksturnya melunak. Proses ini biasanya memakan waktu selama 3-5 menit.
      -          Angkat bungkusan pisang dengan penjepit.
      -          Buka bungkusan secara perlahan.
      -          Hancurkan sereal dan taburkan di atas pisang
       
      Tips:
      -          Berhati-hati ketika mengangkat dan membuka bungkusan pisang setelah dipanggang karena suhunya bisa jadi sangat panas.
      -          Marshmallow dan coklat chip seharusnya sudah meleleh dengan sempurna saat bungkusan dibuka. Jika belum meleleh sempurna, berarti hidangan tersebut belum sepenuhnya matang. Jika hal ini terjadi, bungkus kembali pisangnya dan panggang lagi selama beberapa menit.
      -          Coklat chip boleh diganti dengan selai strawberry atau blueberry sebagai varian rasa.
       
       
      Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Beberapa resep memang membutuhkan sedikit usaha lebih dalam mempersiapkannya. Namun, hasilnya tentu akan sepadan. Coba bayangkan, apa yang dapat melengkapi serunya petualanganmu di alam bebas selain hidangan yang nikmat dan menggugah selera?
    • By deffa
      Hola Momod Here !!!
       
      Sekarang waktu nya untuk polling destinasi Gathering Nasional Komunitas Jalan2 Indonesia ke 8 untuk tanggal 31 Mei - 2 Juni 2015, bertepatan long weekend. Di sepakati ada 2 destinasi antara Padang (SumBar) atau Balikpapan.
       
      Nah di sini kita seperti biasa akan Polling aja destinasi yang mana yang akan di pilih sesuai minta member komunitas
       
      Sekalian jika ada saran untuk itinerary Padang (Sumatera Barat) dan Balikpapan boleh ditulis ya untuk 3 hari. Dan juga info harga penyewaan Mini Bus 35 seat dan penginapan
       
      Polling ditutup
      yang menang Destinasi Padang - Sumatera Barat
      sekarang mau nentuin itinerary dan siapa yang mau jadi Sukarelawan untuk menghandle acara nya mohon bantuan dari Regional Sumatera Barat