Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • 0
Sign in to follow this  
klausaklise

Sederet Mitos Tentang Tahun Kabisat

Question

Tahun Kabisat atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Leap Year memang terjadi setiap 4 tahun sekali. Tahun yang angkanya bisa habis dibagi 4 adalah tahun kabisat. Ini bermula karena waktu bumi mengelilingi matahari adalah 365,25 hari. Digenapkan menjadi 365 hari dengan penambahan 1 hari setiap 4 tahun sekali. Penambahan tersebut adalah tanggal 29 di Bulan Februari. Ada yang lahir di tanggal ini?

leap_year2.gif

Tahukah kawan kalau tahun kabisat ini ternyata punya mitos yang berkembang baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa negara, terutama di Eropa, memiliki berbagai mitos tentang tahun kabisat. Apa saja mitos tersebut dan apakah Indonesia juga termasuk yang memercayainya?

1. Pernikahan di Tahun Kabisat Berujung Perceraian
Mitos tahun kabisat ini paling populer di kalangan masyarakat dunia. Mitos yang berasal dari Yunani tersebut mempercayai jika pernikahan yang dilangsungkan di tahun kabisat ini akan berujung pada perceraian. Karena itu, mereka yang memercayainya akan menunda pernikahan sampai tahun berikutnya. 

Nggak cuma di Yunani dan Barat lainnya, Indonesia juga termasuk ada yang mempercayai mitos ini. Ada yang menunda pernikahan hingga Desember karena diyakini sudah bukan termasuk tahun kabisat lagi. Tapi, ada juga yang hingga tahun berikutnya. Hanya saja, masih sedikit orang Indonesia yang tahu mitos ini dan mempercayainya. Kalaupun tahu, lebih banyak yang tidak mau percaya dan melanjutkan saja pernikahan mereka. 

2. Tidak Bagus Memulai Bisnis
Bukan hanya pernikahan, tahun kabisat, di beberapa negara Barat diyakini sebagai tahun yang tidak baik untuk memulai sesuatu yang baru, termasuk bisnis. Mereka yang mempercayai mitos ini tidak boleh memulai bisnis baru. Menurut mitos, tahun kabisat adalah tahun yang membawa nasib yang buruk. Bukan hanya bisnis yang dibangun sendiri, tapi juga termasuk memulai karir baru atau pindah pekerjaan. Bagi mereka, tidak baik berganti pekerjaan di tahun kabisat ini. Jadi, yang mau resign harus tahan sampai tahun depan lagi atau harus resign sebelum tahun kabisat. Bagi orang Barat yang nggak percaya, mereka juga nggak peduli dan beralasan mengapa ada peluang bagus harus ditolak? :D

MI-Woman-marriage-proposal-iStock.jpg

3. Wanita Melamar Pria
Tahun kabisat ternyata disebut sebagai waktunya para wanita beraksi. Di Irlandia, Inggris, dan sejumlah negara Eropa lain menjadikan tahun kabisat ini sebagai tahun wanita melamar. Para wanita yang biasanya hanya menunggu dilamar bisa melamar di tahun kabisat. Melamarnya seperti seorang pria dengan melakukan aksi berlutut di hadapan kekasih. Nah, maka dari itu, ada mitos yang menyuruh wanita yang melamar tersebut menggunakan rok tertentu. Dan, untuk para pria yang menolak lamaran wanitanya, mereka diwajibkan memberikan si wanita kain atau sutra untuk minimal bisa dijadikan rok. 
Banyak wanita Eropa, baik yang percaya ataupun tidak dengan mitos ini, memanfaatkan tradisi tersebut untuk melamar kekasihnya lho.

4. Punya Keahlian Khusus Menurut Astrolog
Kamu lahir di Tahun Kabisat? Para astrolog dulu menyebutkan jika mereka yang lahir di tanggal kabisat memiliki keahlian khusus. Para astrolog ini meyakini tanggal kabisat adalah tanggal yang istimewa sehingga mereka yang lahir saat itu memiliki bakat atau keahlian khusus yang membuat mereka berbeda.

5. Sulit Diakui
Pada beberapa negara bahkan ada yang membuat perlakuan tidak menyenangkan untuk mereka yang lahir di tanggal kabisat. Tanggal 29 Februari dianggap cacat sehingga tidak diakui ada oleh beberapa perusahaan di negara Barat. Sistem komuputer tidak bisa mendeteksi tanggal 29 Februari sehingga mereka yang lahir tanggal tersebut diminta mencantumkan tanggal 1 Maret sebagai tanggal lahirnya. Perusahaan asuransi, misalnya, yang tidak mengakui adanya tanggal tersebut. Selain itu, karena tidak tercatat di komputer, maka para karyawan perusahaan akan bekerja tanpa digaji di hari kabisat.

6. Di China, Mereka yang Lahir di Tanggal Kabisat Tidak Beruntung di Bisnis
Kalau di China, tanggal 29 Februari juga menjadi sesuatu yang tidak beruntung. Mereka yang lahir di tanggal tersebut disebut-sebut tidak beruntung dalam urusan bisnis.

Hmm mitos di mana-mana emang ada ya, teman. Tergantung pribadi masing-masing apa mau mempercayai atau tidak. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Recommended Posts

Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...