• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Apriyani Indrawati

LAWANG SEWU SEMARANG

10 posts in this topic

lawang_sewu_jl_pemuda_semarang.jpg
Dari komplek Tugu Muda    

Assalamu'alaikum wr.wb
Halloooooo :))
Mau bagi-bagi info nih seputar tempat wisata di Semarang.
Disini aku cuma mau bagi untuk wisata aja ya, nggak sampai sejarah yang mendalam kayak tour guideyang rinci ngejelasin 
Karena aku orang Semarang, jadi aku beberin dulu info-info seputar wisata di Semarang uhuuuyy
Langsung aja yah. CHECK THIS OUT!

1. Lawang Sewu

Siapa yang belum pernah denger Lawang Sewu? Aku yakin hanya sedikit dari kalian yang belum pernah denger. Tapi sayangnya, masih banyak dari kalian yang cuma tau "Lawang Sewu" adalah tempat peninggalan Belanda aja tanpa tau apa istimewanya. Kita bahas yuk?

Lawang Sewu adalah kata dalam bahasa Jawa yang kalau diartikan ke bahasa Indonesia artinya "Seribu Pintu" 

Apa bener pintunya ada seribu?
Begini gais, pintu yang disebut itu sebenarnya adalah jendela, karena bentuknya yang besar-besar dan menyerupai pintu, makanya penduduk Semarang menyebut itu sebagai pintu. Dan karena jendela itu buanyaaakkk banget, jadi orang setempat menyebut jumlahnya ada seribu. Begitu, lanjut?

Okay, bangunan ini berdiri sejak 1904. Tua banget kan? Tadinya gedung ini sering digunakan untuk uji nyali, masih ada yang inget nggak? atau pernah nonton? Itulah alasan kenapa orang-orang menyebut bangunan ini menyeramkan. Eitssss, tapi setelah pemugaran...beuhhhh ajibbbbb...
Nggak serem lagi dah kayak yang di uji nyali-uji nyali itu...

Kenapa sekarang nggak buat uji nyali lagi?
Naaaahh, kenapa nih? Aku denger-denger sih, Lawang Sewu sudah tidak boleh lagi untuk uji nyali-uji nyali itu karena untuk menghilangkan kesan mistis. Wisatawan yang ke sana nggak lagi deh ngerasain serem-sereman. Denger juga katanya kalau mau shooting film di sana, tiap jam dipatok harga huuuyy...

Di sana juga ada ruang bawah tanah, kalian harus cobain nih keren abis, kalian bisa lihat gimana sih penjara penduduk pribumi jaman dahulu. Kalian juga bisa ngerasain lewat penjara-penjara itu, mulai dari penjara jongkok sampai penjara berdiri. Ruangannya sangat sempit dan sumpek, kebayang nggak sih orang jaman dahulu disumpelin ke dalem tempat itu? Untuk tahu-tahu ajanih dan ngerasain gimana anehnya bentuk penjara itu. Buruan cobain deh, recomended banget nih tempat! biaya masuknya nggak mahal kok :)

Letaknya dimana sih?
Kalau kalian sudah bediri di Tugu Muda, kalian bakal nemuin nih gedung di arah timur. Gedung ini tepat menghadap ke arah Taman Wilhelmina atau sering disebut Komplek Tugu Muda. Gedungnya besaaar kok jadi tetep bakal kelihatan. Gak afdol banget kalo main-main ke Semarang nggak mampir ke tempat ini :) 

Gambar 
          01-ok.jpg 

 
     

                       

 

             images?q=tbn:ANd9GcQPTmavHpj8i2JK2v9ueds 

      images?q=tbn:ANd9GcQzi84yKkJiQpoVeSGKFW4 

 

Wuissss nih yang mau foto-foto di kereta api :))    

Buruan ke Semarang!!!

Sekian dulu nih infonya, nanti kalau ada waktu ditambah lagiiiii :D 
Wasaalamu'alaikum wr. wb

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Apriyani Indrawati

btw mengenai gak di gunakan untuk uji nyali lagi

kalo gak salah dulu di acara Dunia Lain pernah ada yang kesurupan dan "katanya" meninggal ya CMIIW

salah satu alasan Dunia Lain berhenti dan jadi Masih Dunia Lain

but nice info dulu saya pernah kesini pas Maghrib tapi gak boleh masuk oleh satpam disana

Share this post


Link to post
Share on other sites

yah...:terharu dr judulnya saya berharap ada cermis

duh..:bingung gak seru kalo ngomongin lawang-sewu tanpa ditaburi kismis

17 hours ago, deffa said:

btw mengenai gak di gunakan untuk uji nyali lagi

kalo gak salah dulu di acara Dunia Lain pernah ada yang kesurupan dan "katanya" meninggal ya CMIIW

itu cuma HOAX :tercengang sdh ada klarifikasi dr forum regional di tetangga sebelah

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 minutes ago, gung said:

itu cuma HOAX :tercengang sdh ada klarifikasi dr forum regional di tetangga sebelah

ooo hoax toh dapat beritanya juga dari forum tetangga sebelah heheh :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
19 hours ago, kyosash said:

wah sepertinya suasananya agak angker nih :senyum 

Sekarang sudah enggak karena banyak yang berkunjung ke sana :D

Tapi, di lantai dasar ada satu cermin yang nggak boleh buat ngaca. Ada tulisannya, sih. Jadi cuma boleh lihat dari jauh. Dan di lantai atas, bau bangkainya agak ganggu, gatau bangkai apa..

18 hours ago, deffa said:

@Apriyani Indrawati

btw mengenai gak di gunakan untuk uji nyali lagi

kalo gak salah dulu di acara Dunia Lain pernah ada yang kesurupan dan "katanya" meninggal ya CMIIW

salah satu alasan Dunia Lain berhenti dan jadi Masih Dunia Lain

but nice info dulu saya pernah kesini pas Maghrib tapi gak boleh masuk oleh satpam disana

Ey sudah dijawab oleh @gung terima kasih :D 

Berapa tahun yang lalu ke sana? :)

3 hours ago, sugi efendi said:

Wah keren ini guys :salut

Denger'' kalo masuk kesana tuh harus pakek tali dari depan sampai kedalam biar gak tersesat

Apa bener itu guys...?

Tali? dulu saya ke sana enggak deh :D jalan biasa aja ngikutin pemandunya hihi

@gung

Waktu saya ke sana nggak ada misterinya sih, jadi nggak disangkutin deh :D tapi kalau jalan sendirian di lorong udah kerasa kok mistisnya, merinding2 gimana gitu wkwk

Ada satu kejadian dmn kita disuruh bayar sama kakek2 penjaga sana, karena kita nggak tahu bayar apa dan masih anak SMP, bingung lah. Tapi tetep nggak pada bayar sampai akhirnya si kakek itu bilang "Saya suruh kalian bayar biar sampai rumah tidak diikutin sama makhluk sini, kalau tidak mau ya jangan salahkan saya kalau sampai terjadi apa-apa" katanya tu kakek sohibnya penghuni sana, sampai kalau nggak nungguin di sana sehari aja itu dijemput sama penghuni sana. Entahlah, itu udah horor sih buat anak SMP :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
12 minutes ago, Apriyani Indrawati said:

Ada satu kejadian dmn kita disuruh bayar sama kakek2 penjaga sana, karena kita nggak tahu bayar apa dan masih anak SMP, bingung lah. Tapi tetep nggak pada bayar sampai akhirnya si kakek itu bilang "Saya suruh kalian bayar biar sampai rumah tidak diikutin sama makhluk sini, kalau tidak mau ya jangan salahkan saya kalau sampai terjadi apa-apa" katanya tu kakek sohibnya penghuni sana, sampai kalau nggak nungguin di sana sehari aja itu dijemput sama penghuni sana. Entahlah, itu udah horor sih buat anak SMP :D 

:ngakak itu modus paling efektif buat nakutin anak2 sekolah :ngakak

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this