Lia Cute

tips TIps Jalan2 ke Belitung

14 posts in this topic

Halo temen2, kali ini saya mau share beberapa tips berguna buat temen2 yang mau jalan2 ke Belitung, pulau Laskar Pelangi. Ini sih berdasarkan pengalaman pribadi aja :)

  1. Update harga tiket pesawat pada tanggal rencana keberangkatan. Ke Belitung perbedaan harga tiketnya bisa jauh banget, kalo lg murah cuma 300 ribuan, tapi kl musim liburan bisa diatas sejuta.
  2. kalau soal penginapan tidak perlu kuatir karena banyak hotel tersedia disini, tapi tentukan hotel yang paling dekat dengan tujuan wisata kita. Soalnya jarak antara belitung barat dan timur hampir 2 jam loh...
  3. Untuk transportasi sebaiknya menyewa mobil di Belitung,soalnya disini masih minim banget kendaraan umum. Kalaupun ada cuma untuk pedagang pasar aja dan jam2nya tertentu pula
  4. Tidak ada salahnya menggunakan jasa tour guide, karena biar kita ngga nyasar2, selain itu bahasa juga penting buat komunikasi sm orang setempat loh...
  5. Jangan melewatkan kuliner sea food nya, yaitu sup ikan gangan, dan makan di pinggir pantai top banget deh :P

Okee deh..mudah2an berguna ya buat temen2 yang bakal trip ke Belitung :D

post-5-0-47311700-1354520157_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

benar Sis, belum lama ini saya ke Belitung dan jangan salah harga tiket pesawat ke Belitung di hari biasa memang sekitar 300rb sedangkan weekend sabtu dan minggu harganya beda Sis itu kalau ngak salah kemaren saya sekitar 600rb atau 700rb

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya memang gitu sis, makanya kalau mau berhemat sebaiknya pilih waktu yang biasa2 aja...kecuali tujuannya pulang kampung saat lebaran atau natal ya ngga bisa milih2 lagi hehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

nice info Sis, ada rencana bulan maret mau liburan ke Belitung ada rekomen ngak hotel mana yang bagus Sis?

Share this post


Link to post
Share on other sites

nice info Sis, ada rencana bulan maret mau liburan ke Belitung ada rekomen ngak hotel mana yang bagus

 

waktu aku ke sana nama hotelnya hotel LUX di daerah tanjung pendam, semalamnya itu sekitar 200rban hotelnya bersih Sis dan juga dekat dengan pantai tanjung pendamnya

Share this post


Link to post
Share on other sites

kadang bertanya juga sih, kenapa harga tiket di hari biasa dan weekend bedanya jauh banget ya...untungnya waktu saya kesana harganya masih standart PP cuma 1jt :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

satu lagi Sis, kalo mau ke Belitung siap2 aja dietnya gagal total :lol:

karena kulinerny asli....bikin lidah goyang terus :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau kebelitung jangan lupa ke pulau lengkuas. alias mercu suar,anda bisa melihat pemandangan dari ketinggian menara mercu suar ok,,,

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo pakai kapal laut gmna yak dr jakarta ?

rencana mau touring pake motor...

ada yg tau gak ?

mohon infonya..

arigatou..

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Haren Te

kalo kapal laut mungkin bisa di pelabuhan merak kang

kalo gak salah ada kapal barang yg ke belitung :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Haren Te

kalo kapal laut mungkin bisa di pelabuhan merak kang

kalo gak salah ada kapal barang yg ke belitung :D

@deffa fee nya tau gak om ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Lia Cute

nais inpo ... ada rekomen penyewaan mobil/motor gak disana... beserta harga tentunya :tersipu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Tips Traveling Untuk Introvert, satu kata disini yang harus di cermati adalah Introvert, pasti kalian pernah mendengarnya atau mungkin kalian sedang mengalami nya, atau mungkin juga kalian menyangkal tidak mengalami nya padahal sedang terjadi pada diri kalian.
      Memang dengan ada nya kemajuan jaman dengan teknologi dan sosialitas yang berkembang, juga makin membuat daya pikir dan daya sosialisasi seseorang menjadi maju dan bahkan juga ada yang mengalami kemunduran. Hal ini memang berkaitan dengan berbagai faktor terutama Lingkungan dan juga Kepribadian.
      Introvert atau Introversion menurut Dokter Psikologi dari Swiss Carl Jung adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berfikir dari pada beraktifitas. Mereka juga lebih suka dengan kesunyian daripada di tempat yang banyak orang lain.
      Ada pun ciri-ciri Introvert menurut Dokter Carl Jung tersebut sebagai berikut :
      Senang Menyendiri Pemikir Pemalu Pendiam Lebih senang bekerja sendiri Berinteraksi secara langsung (One by One) Susah bergaul Senang berimajinasi Lebih suka mendengarkan dan memperhatikan Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan Pada realita nya, hal ini sering terjadi dengan masyarakat pada umum nya, bahkan orang dewasa yang tadi nya dia tidak Introvert, ketika masuk dunia kerja menjadi Introvert dikarenakan lingkungan nya membuat dia untuk selalu Fokus terhadap Pekerjaan nya. Maka dari itu banyak sekarang pekerja kantoran juga tidak sadar jika diri nya sudah masuk kategori Introvert.
      Namun pada dasar nya seorang Introvert itu juga bisa kok untuk Traveling, walaupun cara mereka traveling di sesuaikan dengan kepribadian nya, misalkan memilih destinasi yang tidak ramai, atau pun melakukan perjalanan sendirian atau juga dengan tidak banyak orang. 
      Adapun beberapa cara Traveling yang bisa di lakukan seorang Introvert adalah sebagai berikut :
      01. Riset : Salah satu keuntungan dari Introvert, mereka adalah pemikir dan perencana yang sangat baik. Karena mereka selalu Fokus dengan suatu pekerjaan, jadi Riset adalah salah satu keunggulan mereka. Karena mereka tahu jika spesifikasi untuk kepribadiannya itu khusus, jadi riset yang di sesuaikan dari Destinasi, Itinerary, Biaya dan Keperluan lainnya, akan sangat detil.
      02. Partner Yang Cocok : Memang seorang Introvert ini akan agak sulit untuk mendapatkan teman untuk sharing yang cocok, tapi tidak demikian untuk teman traveling yang cocok. Karena dengan mereka Introvert, bisa membaca dengan tepat, kriteria teman seperjalanan yang cocok dengan diri nya itu seperti apa, misal dia perlu teman yang gak banyak ngobrol tapi tahu yang di perlukan untuk rute yang di tuju, atau juga teman yang mengerti kondisi Introvert nya jadi bisa beradaptasi dan tidak memaksa.
      03. Smartphone : Dikarenakan seorang introvert ini asik dengan dunia nya sendiri, smartphone adalah salah satu teman terbaik bagi mereka. Karena disini mereka bisa kembali ke dunia mereka yang tenang tanpa ada keraguan, dan disini dia bisa mencurahkan semua pengalaman dan cerita dari traveling nya via internet (forum). Terkadang seorang introvert ini mempunyai sebuah tulisan Cerita Perjalanan yang sangat bagus dan detil loh, karena Risetnya juga yang mendalam
      04. Akomodasi Private : Untuk hal akomodasi ini, memang seorang Introvert cenderung memilih hal yang bersifat private atau bisa di bilang hanya mereka seorang. Misal dari pemilihan tempat duduk di kereta ataupun pemilihan penginapan yang Kamar Private. Karena ketenangan dan privasi tetap menjadi nilai penting bagi mereka. Jadi hendak nya jika kalian jalan bersama seorang Introvert, untuk menghormati pilihan nya dan jangan di paksa. Karena kemungkinan mereka akan mau gabung tapi dengan tidak enak hati
      05. Cobalah Bercerita : Hal ini mungkin adalah hal paling sulit bagi seorang Introvert, karena inti dari Introvert itu ya tidak mau (bisa) untuk sharing dengan yang lain. Tapi untuk hal traveling apalagi jika jalan dengan beberapa orang. Seorang Introvert hendak nya bisa sadar jika dia seorang Introvert dan mau untuk memberi tahu teman nya, sedikit kepribadian dia tersebut, agar teman nya bisa untuk beradaptasi. Hal ini bukan sesuatu aib atau kejelekkan tapi untuk memberikan ruang kebersamaan yang lebih baik dan saling menghormati

       
      Dari sedemikian cara traveling bagi Introvert ini masih banyak tips lain yang bisa dicoba. Pertanyaan nya adalah apakah kalian sadar jika termasuk seorang yang Introvert ?
       
    • By Nofelina Samosir
      Cari teman backpacker bareng ke Belitung tanggal 16-18 Maret 2017 (3D2N), siapa tau ada yang mau kesana juga, biar rame. hehe..
      Saya berdua sm tmn. Info WA: 081382112224
      Thanks
       
    • By vie asano
      Apa kalian punya fobia terbang? Tenang, kalian nggak sendirian kok. Percaya deh, banyak kok orang yang punya fobia terbang. Bahkan, nggak sedikit, lho, para petualang yang sudah menjelajah berbagai negara, tapi ternyata punya fobia terbang. Aneh, tapi nyata.
      Tapi, serius lho. Ternyata banyak juga traveller – salah satunya adalah teman saya sendiri – yang sudah malang melintang menjelajah berbagai belahan dunia, namun masih belum bisa lepas dari masalah fobia terbang. Padahal, mereka pastinya harus menggunakan pesawat untuk mencapai berbagai negara tersebut karena – mau nggak mau – pesawat memang masih menjadi transportasi paling praktis untuk menghubungkan berbagai negara. Tapi rata-rata traveller tersebut memiliki tips dan triknya sendiri untuk menaklukkan fobia terbangnya.
      Pertanyaannya, gimana sih caranya mengatasi fobia terbang? Gimana caranya supaya kita bisa duduk santai di atas pesawat sampai ke tempat tujuan, tanpa harus merasa paranoid akan berbagai hal? Yuk, simak beberapa tips berikut ini yang disarikan dari berbagai sumber – termasuk tips dari traveller profesional dan juga tenaga medis.
      *             *             *             *             *
      Sekilas Tentang Fobia Terbang

      Ilustrasi, via intercambitas
      Fobia terbang, atau kerap disebut sebagai aviophobia (kadang-kadang ada juga yang menyebutnya ‘aerophobia’) merupakan sebuah fobia/ketakutan yang berhubungan dengan aktifitas terbang – entah itu di dalam pesawat terbang, helikopter, maupun obyek terbang lainnya. Penyebabnya bisa sangat kompleks. Ada yang disebabkan karena ketakutan kalau pesawat akan jatuh, ketakutan akan terjadi tindak pembajakan pesawat/terorisme, takut kalau pesawat akan gagal landing/take off, hingga ketakutan yang dipengaruhi oleh fobia lain seperti claustrophobia (takut akan tempat tertutup) dan acrophobia (takut akan ketinggian).
      Oh ya, fobia terbang bisa juga disebabkan karena ketakutan akan mengalami mabuk perjalanan (motion sickness). Jadi, jangan dulu merasa dramatis kalau punya fobia terbang, karena penyebabnya ternyata banyak sekali.
      Dari sekian jenis fobia, fobia terbang termasuk salah satu fobia yang sulit dihindari. Hal tersebut terutama karena sampai saat ini pesawat masih menjadi moda transportasi paling praktis, terutama untuk bepergian ke negara lain yang jaraknya cukup jauh. Beberapa profesi (maupun hobi) bahkan menuntut seseorang untuk rutin terbang, terlepas dari orang tersebut punya fobia terbang ataupun tidak.
      Namun, walau nggak bisa dihindari, fobia terbang bisa jadi termasuk salah satu fobia yang selalu sukses bikin penumpang lain sebal. Hal tersebut karena terkadang para pengidap fobia terbang kerap mengeluarkan respon emosi yang berlebihan, seperti menjerit berlebihan, menangis, bahkan membuat kehebohan lain. Jadi, walau kalian tak perlu merasa malu kalau memiliki fobia terbang, tak ada salahnya belajar mengendalikan fobia tersebut agar masih dalam batas wajar.
      *             *             *             *             *
      Fakta Penerbangan

      Ilustrasi, via tourpluscyprus
      Dari sekian banyak alasan di atas, ketakutan kalau pesawat akan mengalami kecelakaan udara bisa jadi merupakan pemicu utama munculnya fobia terbang. Siapa sih yang suka membayangkan jatuh bebas dari ketinggian sekian puluh ribu kaki di atas permukaan tanah? Apalagi karena kita nggak memiliki kendali atas peristiwa tersebut, dan juga nggak langsung memiliki kendali untuk menyelamatkan diri.
      Kita juga nggak tahu seperti apa kemampuan pilot dan co-pilot dalam menangani situasi darurat, serta apakah pilot tersebut dalam kondisi terbaiknya saat menerbangkan pesawat atau tidak – mengacu pada terjadinya beberapa kecelakaan yang disebabkan karena faktor pilot. Salah satu contohnya adalah kecelakaan pesawat Airbus A320-211 milik GermanWings yang menewaskan 150 orang tahun 2015 silam. Kecelakaan tersebut diduga dilakukan oleh pilot Andreas Lubitz, yang ternyata memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.
      Ketakutan kalau pesawat akan jatuh itu sangat wajar kok. Tapi, untuk meminimalkan rasa takut kalau pesawat akan jatuh, mari kita lihat dulu beberapa fakta penerbangan berikut ini:
      1. Saya ingin mengutip sedikit fakta dari sebuah artikel lama yang saya tulis tahun 2014 (baca disini: [Penting] Tips Untuk Mempertinggi Potensi Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang. Walau kita seringkali mendengar berita tentang pesawat jatuh, secara statistik rasio kecelakaan pesawat ternyata jauh lebih kecil dibanding moda transportasi darat. Berdasarkan laporan kecelakaan pesawat antara tahun 1980-2000, tingkat survival rate dari kecelakaan pesawat berkisar antara 76,6% hingga 95,7%. Cukup tinggi kan?
      2. Akhir-akhir ini tingkat kecelakaan pesawat sudah relatif jauh lebih berkurang dibanding 50 tahun silam. Bahkan menurut laporan dari AirlineRatings.com, tahun 2015 termasuk salah satu tahun yang relatif aman dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan di tahun 2016, jumlah kecelakaan pesawat yang terjadi selama 10 tahun terakhir sudah jauh berkurang dibanding 10 tahun sebelumnya – masih menurut AirlineRatings.com (dikutip dari berita CNN). Dengan kata lain, secara statistik terbang dengan pesawat sudah semakin aman.
      3. Saat ini sudah semakin banyak informasi mengenai maskapai mana yang memiliki tingkat prosentase keamanan terbaik. Walaupun masalah keselamatan penerbangan itu diluar kuasa manusia, setidaknya kalian dapat memilih maskapai dengan reputasi keamanan yang baik untuk memberikan sugesti rasa aman dan bisa menekan resiko munculnya fobia terbang.
      Sebagai contekan, berikut ini daftar 20 maskapai penerbangan teraman + 10 maskapai low cost teraman di dunia sepanjang tahun 2016 versi AirlineRatings.com. Daftar peringkat ini disusun (berdasarkan alfabet – kecuali untuk nomor 1) setelah memonitor ratusan laporan penerbangan pada tahun sebelumnya.
      1. Qantas
      2. Air New Zealand
      3. Alaska Airlines
      4. All Nippon Airlines (ANA)
      5. American Airlines
      6. Cathar Pacific Airways
      7. Emirates
      8. Etihad Airways
      9. EVA Air
      10. Finnair
      11. Hawaiian Airlines
      12. Japan Airlines
      13. KLM
      14. Lufthansa
      15. Scandinavian Airline System (SAS)
      16. Singapore Airlines
      17. Swiss
      18. United Airlines
      19. Virgin Atlantic
      20. Virgin Australia
      Sedangkan untuk 10 budget airlines teraman di dunia tahun 2016, bocorannya sebagai berikut (disusun berdasarkan alfabet):
      1. Aer Lingus
      2. Flybe
      3. HK Express
      4. Jetblue
      5. Jetstar Australia
      6. Thomas Cook
      7. TUI Fly
      8. Virgin America
      9. Volaris
      10. Westjet
      Lantas bagaimana dengan tingkat keamanan penerbangan maskapai di Indonesia?
      Masih menurut website AirlinesRatings.com (seperti dikutip dari thejakartapost.com), maskapai terbaik di Indonesia, Garuda Indonesia, ternyata hanya mendapat 3 bintang saja – sementara maskapai negara lain bisa mendapat 4-7 bintang. Untuk low cost carrier pun rata-rata maskapai kita (seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Wings Air) hanya mendapatkan penilaian 1 bintang saja (dan termasuk salah satu yang terburuk di dunia).
      Walau begitu, jangan dulu merasa paranoid. Menurut versi World Airlines Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax tahun ini, Garuda Indonesia masih masuk dalam peringkat 20 besar (ada di posisi 11). Hasil berbeda mungkin akan didapat dari survei lainnya. Dengan kata lain, jangan sampai daftar peringkat ini menjadi harga mati untuk menjatuhkan pilihan pada sebuah maskapai.
      *             *             *             *             *
      Tips Mengatasi Fobia Terbang

      Ilustrasi, via kokpit.aero
      Berikut ini beberapa tips untuk yang mungkin bisa membantu mengatasi fobia terbang:
      Sebelum pergi
      1. Kenali dulu apa yang menjadi sumber fobia terbang kalian. Apakah kalian takut terbang karena takut jatuh? Atau karena faktor fobia lainnya – seperti claustrophobia dan acrophobia? Dengan mengenali sumber ketakutan tersebut, kalian akan lebih fokus mencari solusinya. Misalnya saja, jika ketakutan terbang itu karena dipengaruhi oleh faktor claustrophobia dan acrophobia, kalian dapat menyiasatinya dengan memilih tempat duduk di dekat lorong, karena duduk dekat orang lain dapat mengurangi rasa takut dan cemas. Sedangkan jika ketakutan kalian karena faktor lainnya, seperti takut berlebih akan turbulensi, kalian dapat melihat tips di bagian ‘saat di pesawat’.
      2. Jangan pernah terlalu kepo dengan berbagai kecelakaan yang pernah terjadi. Kalian boleh-boleh saja mencari informasi tips untuk menyelamatkan diri seandainya terjadi kecelakaan. Tapi hindari mencari-cari informasi tentang kecelakaan pesawat, apalagi sampai melihat foto-foto korban kecelakaan, dll dsb. Hal-hal seperti itu bisa memicu rasa panik saat berada di dalam pesawat.
      3. Sebelum memulai perjalanan, kalian bisa mencoba melakukan visualisasi rangkaian perjalanan yang akan dilakukan, mulai dari datang ke airport, hingga saatnya terbang. Diharapkan dengan sering-sering melatih visualisasi tersebut, otak akan terbiasa dengan situasi saat terbang dan akan semakin jarang mengirimkan sinyal ketakutan pada tubuh.
      4. Sebelum masuk pesawat, nggak ada salahnya menjelaskan perasaan takut kalian pada kru yang bertugas. Kru profesional biasanya sudah terlatih untuk menghadapi penumpang yang takut terbang. Namun jika kalian sudah memiliki tips dan trik sendiri untuk mengatasi fobia terbang, nggak ada salahnya meminta kru yang bertugas untuk membantu melakukan aneka tips dan trik tersebut. Misalnya saja, kalian bisa minta tolong untuk rutin diingatkan kalau kondisi penerbangan baik-baik saja, minta tolong diingatkan untuk melakukan berbagai teknik pernafasan seandainya tiba-tiba terserang panic attack, dan lain-lain.
      5. Kenali kondisi fisik dan psikis diri sendiri. Seandainya fobia terbang kalian sudah terlalu parah, jangan memaksakan untuk terbang dalam jangka waktu lama. Kalian bisa memilih beberapa penerbangan singkat (transit beberapa kali), dan pilihlah pesawat berbadan besar yang relatif lebih tahan terhadap turbulensi.
      6. Atau, jika fobia terbang kalian betul-betul sulit dikendalikan, nggak ada salahnya mencari kelas atau terapi khusus untuk mengatasi fobia tersebut. Kalian bisa datang ke psikolog, psikiater, atau mencari kelas-kelas terapi lainnya yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal kalian.
      Saat di pesawat
      1. Biasanya, turbulensi menjadi penyebab fobia terbesar saat berada dalam pesawat. Ya, turbulance memang kadang terasa mengerikan. Tapi tahukah kalian, bahwa turbulance bagi pesawat terbang tak ada bedanya seperti keberadaan polisi tidur bagi kendaraan bermotor. Salah satu tips terbaik untuk menghadapi turbulensi, adalah dengan membiarkan tubuh berayun mengikuti gerak pesawat (jangan melawan) dan sebisa mungkin bersikap santailah.
      2. Alternatif lainnya, kalian bisa mengambil penerbangan yang – lagi-lagi – secara statistik relatif aman dari turbulensi. Penerbangan pagi biasanya lebih jarang terkena turbulensi, walau harga tiketnya (umumnya) lebih mahal dari penerbangan malam.
      3. Kalian juga dapat menyiasati masalah turbulensi dengan memilih tempat duduk yang tepat. Biasanya, kursi di bagian belakang pesawat akan terkena efek turbulensi lebih parah dibanding bagian lain dari pesawat. Sedangkan kursi terdepan kabin biasanya lebih minim terkena efek turbulensi.
      4. Selama di pesawat, sibukkan diri dengan melakukan aktifitas yang kalian suka agar perhatian tak hanya fokus dengan masalah penerbangan. Kalian bisa menonton film, membaca buku, main puzzle, atau mendengarkan lagu. Lebih baik jika kalian mendengarkan lagu-lagu tenang yang akan membuat perasaan jadi lebih relaks.
      5. Sering-seringlah melatih pernafasan saat berada di pesawat. Bernafas dengan tenang dan teratur dapat membantu membuat tubuh jadi lebih relaks dan mengurangi rasa takut.
      6. Hindari meminum minuman berkafein tinggi seperti kopi, atau minuman seperti soda. Minuman-minuman tersebut dapat merangsang seseorang untuk bersikap berlebihan dan terlalu bersemangat. Sebaliknya, nggak ada salahnya banyak-banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat mebuat tubuh jadi lebih tegang dan lebih mudah terserang panik.
      7. Jika kalian boleh minum minuman beralkohol, menyecap 1-2 gelas wine dapat membantu membuat tubuh jadi sedikit lebih relaks. Tapi, jangan berlebihan! Minum sampai mabuk malah dapat membuat kalian bereaksi berlebihan dan malah mengganggu penumpang lainnya. Selain itu, membiasakan diri untuk minum beralkohol setiap kali terbang dapat menjebak kalian dalam pola hidup tak sehat, karena dosis alkohol harus selalu ditambah setiap kali terbang (agar efeknya terasa).
      8. Jika tidak bisa/tidak boleh minum minuman beralkohol, beberapa traveller menyarankan untuk minum obat anti mabuk untuk meminimalkan potensi terkena mabuk perjalanan.
      9. Selama di penerbangan, fokuslah pada pikiran-pikiran positif. Misalnya, usahakan untuk terus membayangkan tentang destinasi yang akan dituju, dan jangan pikirkan hal-hal buruk selama di perjalanan.
      10. Untuk alternatif lainnya, kalian dapat mencoba teknik pelepasan hormon oksitosin untuk mengatasi fobia terbang. Secara mudah, hormon oksitosin – atau biasa dikenal sebagai ‘hormon cinta’ – merupakan sebuah hormon yang dapat memberikan rasa percaya dan nyaman dalam diri seseorang. Saat hormon oksitosin berhasil dikeluarkan, perasaan stress akan bisa ditekan, dan akhirnya membuat otak berhenti mengirimkan sinyal-sinyal fobia terbang.  
      Lantas bagaimana caranya melepaskan hormon oksitosin? Caranya bisa berbeda bagi wanita dan pria. Bagi wanita, kalian dapat mengingat momen-momen bahagia seperti saat melihat bayi yang baru dilahirkan, saat menyusui, maupun saat tengah bersama pasangan. Sedangkan bagi pria, bisa dengan mengingat momen puncak dalam sebuah hubungan intim.
      Cara lainnya, kalian (khususnya solo traveller) dapat mencoba memulai percakapan dengan penumpang lain yang duduk di dekat kalian. Setelah obrolan nyambung dan merasa terhubung dengan orang itu, kalian akan merasa lebih tenang dan relaks – pertanda hormon oksitosin telah keluar.
      *             *             *             *             *
      Kenapa Kalian Harus Terbang Minimal Sekali dalam Seumur Hidup

      Ilustrasi, via adcomunicazione
      Jika data statistik maupun tips-tips di atas belum cukup untuk membuat kalian tenang, mari simak beberapa alasan kenapa kalian harus mencoba terbang minimal sekali dalam seumur hidup. Siapa tahu di antara alasan-alasan berikut ini ada yang mampu membuat fobia terbang kalian menjadi lebih bisa dikendalikan.
      1. Suka atau tidak, untuk bepergian ke beberapa tempat di dunia, pesawat masih menjadi moda transportasi tercepat, terbaik, dan – berdasarkan statistik – termasuk salah satu moda transportasi teraman di dunia. Jadi, sekalipun kalian benci terbang, ingatlah kalau mau-tak-mau kalian memang acap kali HARUS terbang. Daripada terus-terusan merasa takut, lebih baik jika kalian fokus mencari solusi untuk mengatasi ketakutan tersebut.
      2. Ingatlah bahwa terbang menjadi salah satu cara untuk mengagumi ciptaan-Nya dari ketinggian. Diharapkan dengan mengingat hal tersebut, kalian akan fokus pada hal-hal positif dan akhirnya melupakan ketakutan untuk terbang.  
      3. Tambahan lainnya, ada hikmah positif dari fobia terbang lho. Secara sengaja ataupun tidak, kalian jadi akan lebih banyak berdoa dan akhirnya menyerahkan segalanya kepada-Nya. Jadi, fobia terbang nggak melulu berisi hal-hal negatif kan?
      Semoga tipsnya bermanfaat!
      *             *             *             *             *
      Baca tulisan lainnya yang berhubungan dengan penerbangan:
      [Penting] Tips untuk Mempertinggi Potensi Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang 
      Random Tips Buat Kalian yang Berencana Terbang Bareng Bayi dan Anak-anak
    • By WISATA PANTAI NONGSA BATAM
      Pesona malam kota batam " Nagoya City " (Kepulauan Riau - Indonesia)

    • By Gulali56
      Berhubung sudah banyak yang membuat FR tentang Belitung, maka kali ini saya akan bercerita tentang resort cantik di Belitung hasil liburan long weekend kemarin. 
      Arumdalu merupakan Eco-Luxury resort pertama dan sampai saat ini masih satu2nya di Pulau Belitung. Terletak di bagian selatan Belitung, tepatnya di kecamatan Membalong, 60-an km dari Tanjung Pandan / pusat kota, private resort ini dapat ditempuh dalam waktu 1.5jam menggunakan kendaraan pribadi.
      Arumdalu Private Resort saat ini memiliki 10 buah villa pribadi nan mewah  yang masing-masing memiliki kolam renang private di setiap villanya. Tetapi tentunya nilai plus tertingginya ada di pantai pribadi sebesar 800mtr yang dimiliki resort ini.
      Untuk yang datang ke Belitung di musim-musim liburan, menemukan pantai yang kosong tapi juga cantik itu langka adanya. Apalagi kalau island hopping ke Pulau Lengkuas, Kepayang dll, semua pantai disana penuh sesak dan cenderung kotor.
      Kekurangannya, tentu saja mahal bukan kepalang at least buat ukuran saya, rate yang ditawarkan saat ini adalah 6jutaan per malam termasuk breakfast utk 2 orang. Rate 10juta utk paket kamar dan island hopping dengan ferry. Jadi disaat yg murah2 pakai kapal nelayan, resort ini memberikan layanan ferry khusus utk island hopping.
      Untuk yang belum mampu ber-honeymoon disini, boleh juga walk in numpang nge-pantai dan minum2 cantik di resort ini dengan membayar cover charge sebesar Rp 250,000 per orang. Untuk anak dibawah 5 tahun masih boleh gratis. Cover charge ini bisa dipakai untuk makan dan minum di Sahang Beachfront Restaurant. Apabila bill dibawah 250rb duit gak dikembalikan ya, jadi dihabis2kan utk minum2 saja.
      Berhubung saya kemari sekalian dinner, yang ada nombok, karena main course disini start from 200rb dan belum pajak 21%.  Hitung-hitung kalo makan dan minum plus  pajak, per orang bisa habis sekitar 300ribuan.
      Kalau ditanya apakah worth it? Worth it kalau kalian menggunakan fasilitas yang ada di resort ini dengan maksimal.
      Kesalahan saya dan teman2 saya kemarin adalah kami baru datang sesuai jam reservasi dan sebelumnya menghabiskan waktu di pantai Membalong yang hanya 5menit dari resort(yang masih merupakan milik penduduk lokal sekitar resort). Pantai Membalong ini seriously di skip aja kalau memang ada niatan ke Arumdalu. Karena langsung pale in comparison dibandingkan pantai pribadi di Arumdalu.

      (credit to arumdalu website, berhubung kesana pas gerimis)

      (credit to arumdalu website)
      And to be honest.. kalau saya bisa ngulang hari, saya bakalan seharian deh di resort ini. Gak perlu ke pantai2 lainnya di hari itu.
      Arumdalu resort kalau dari depan akan terlihat seperti pagar perumahan biasa, jadi kalau nyetir jgn kenceng2 kalau GPS sudah memberitahukan kalau kita sudah dekat. Di pagar kita akan disambut penjaga yg menanyakan tujuan kami ke villa, dan mengingatkan kalau masuk property mrk hrs membayar voucher sebesar 250rb. Krn kami sudah reservasi sblmnya, jadi kami dipersilakan masuk dan parkir.


      Area parkirnya kecil, bahkan saat itu tdk ada kendaraan lain yang parkir disana. Kami satu2nya rombongan non tamu hotel yg kemari sore itu.
      Dkt area parkir ada taman kecil utk tanaman hidroponik yg mnrt saya basa basi. Pelengkap biar dikata eco-resort keliatannya. Haha.. blm2 udh suudzon.


      Dari situ kami masuk ke penerima tamu utk mendengar penjelasan singkat mengenai term& condition voucher dan cara pembayarannya. Dengan voucher 250ribu, kami dipersilakan menggunakan pantai pribadi mereka lengkap dengan fasilitas toilet utk membersihkan diri, berhubung kami kesana pas gerimis  dan lagi bawa anak kecil, ya sudah cukup memuaskan diri menjajal masakan chef Bintang 5 saja.
      Sambil menunggu pesanan kami datang, yang sebenarnya mnrt standar restaurant terbilang cukup lama, kami diantar salah 1 waiter merangkap petugas villa (??) keliling resort.
      Karena villa sedang tidak full (padahal long weekend) jadi kami diperbolehkan mengintip isi dalam villa seharga 6jutaan per malam ini.

      (di setiap villa ada private swimmingpool & sunlounge)

      IMO, ini asli villa buat honeymoon banget.Hahaha.. karena gak ada TV sama sekali boo.. tidak ada pintu /sekat terpisah utk bathtub.Soo awkward rendem2 disini kalo datangnya barengan temen doank,bukan TTM atau pasangan. Anyway, untungnya toilet dan standing shower masih ada pintunya.  

      (TV gak adaaaa.... musik mana musik?? )


      (itu batita anak teman saya.. bukan patung ya.. liat kasur bawaannya mo manjat...)

      Selain mengintip isi villa, kami diajak melihat bangunan semacam kincir angin yang instagramable banget deh.


      (kata mas nya, disini biasa dipake utk foto2 pre-wed )

      Setelah puas2 foto, baru deh kami balik ke restaurant. Dan pesanan pun ternyata baru datang. Like maybe 20-25minutes of waiting seandainya kami gak puter2 resort dulu. Mungkin itu maksudnya ya.

      (hiasan2 di resto)

      (fancy dining set)

      Sahang Restaurant berdasarkan yg saya baca dari buku menunya artinya lada dalam bhs lokal Belitung. Main course dari restaurant ini merupakan percampuran antara masakan lokal, Western dan Chinese.
      Kalau pusing melihat list menunya (gak hanya pusing liat harganya) bisa minta menu bergambar sehingga ada bayangan kayak apa masakannya. Dan memang presentation di menu foto dan aslinya cukup dibilang akurat lho. Jadi tdk ada istilah kecele sama hasil foto.

      (pusing liat harga2 di menu

      (ya kaleee mineral water harga 40rb )
      Saya pesan Bird in a cage dengan opsi daging bebek (250rb++) dan minum mocktail Rambai Sunset  (60rb++).

      Bird in a cage ini ternyata bebek goreng crispy dengan kacang panjang yang ditumis di atas seporsi nasi dgn 3 varian sambal. Mengingatkan saya dengan Bebek bengil di Bali. Tampilan ‘kandang2an’ utk bebek nya memang membuat menarik dilihat. Dari segi rasa pun, daging bebeknya empuk dan cukup gurih. Kenapa saya bilang cukup, karena masih lbh gurih Bebek Bengil sih. Saya suka sambal matah nya, walau tidak se-asli di Bali tentunya,tapi cukup ok dan sambal asam pedasnya pun segar. Entah apaan namanya. Kalau yg sambal merahnya, asli pedes mnrt lidah saya yg Jawa.
      Dari segi harga, rasa dan tampilan. Bebek ini worth it Bintang 5-lah. Yang saya sedihkan , karena resto ini kecil, daya tampungnya utk 10penghuni villa kyknya, jadi waiter2nya terlampau sigap menanti utk melayani kita. Knp sedih, krn salah 1nya ada bule cakep yang khusus menangani foreigner ikutan supervisi, mo gerogoti bebek sampai ludes jadi malu2 sendiri.

      Rambai Sunset, ini merupakan minuman mocktail bersoda yang menggunakan buah lokal Belitung yang mirip kelengkeng. Rasanya asam , manis dan menyegarkan.
      Untuk makanan yg ikutan saya icip antara lain Steak on a Beach (300rb++), dagingnya empuk bgt. Meleleh dilidah, tp sayang bumbunya kurang khas. Fish & chips with pineapple tartar (200rb++) kentang gorengnya renyah tapi sayang ikan nya berasa makan pisang goreng, gak berasa ikannya tp tepung nya yg tebal.  Saus tartarnya cukup khas tp kurang cocok dilidah saya.

      (message wall dari customer resort dan resto)

      (nelangsa aja mas..... )
      Salah 1 yang rada effort (selain effort ngirit2 ) adalah jauhnya lokasi resort , tidak mendapat view sunset karena lokasi pantai yang tidak menghadap barat, datang kemari sore-sore, dijamin pulangnya ngeri2 sedap karena jalan menuju pusat kota, masih miskin lampu penerangan jalan, GPS tidak nyala karena sinyal hp terputus even Telkomsel (provider lain mati total) utk menelpon pun tidak bisa, sampai menempuh jarak 5km dari resort.
      Tips: datang dari siang , utk menikmati pantai private di resort sampai puas. Dan diusahakan balik ke kota sblm gelap.
      Sahang Beachfront Café & Resto
      Address: Arumdalu Private Resorts
       Jl. Batu Lubang, Membalong, Pulau Belitung 33452.
      Open daily: 08.00-19.00
      Reservasi: 0819-2760-7626.
    • By jejakmiracleadv
      Flores Nusa Tenggara Timur terkenal dengan wisata yang banyak di kunjungi wisatawan salah satu nya adalah sailing komodo, attau Komodo nasional park