Asa Citra

Dubai Memang Surganya Arsitektur! Sampai Penginapan yang Murah Meriah Pun Desainnya Keren!

16 posts in this topic

Bagi pecinta arsitektur dan teknologi, tak ada impian travelling yang lebih indah daripada Dubai. Sebuah kota di Uni Emirat Arab ini memang terkenal dengan perkembangan kotanya yang super pesat. Dari gurun yang kosong dan tandus, dalam beberapa tahun kini Dubai telah dipenuhi dengan bangunan pencakar langit dan tanah reklamasi yang super duper canggih dan mewah. Saat ini, Dubai memang dikenal sebagai pusat arsitektur dan teknologi bangunan di dunia.

Jalan-jalan ke Dubai, pasti kita ingin melihat sebanyak mungkin bangunan unik yang ada di sana. Kalau perlu sih, sekalian menginap juga untuk lebih merasakan pengalamannya. Kalau budget tidak terbatas, mungkin kita bisa mencoba menginap di Burj Khalifa yang merupakan Menara tertinggi di dunia. Atau mencoba The Palm yang berdiri di atas tanah reklamasi. Bisa juga ke Dynamic Tower yang lantainya bisa berputar 360 derajat untuk melihat sekeliling.

Masalahnya, sebagai traveler muda, seringkali kita perlu mencari penginapan yang semurah mungkin karena terbatasnya anggaran. Kalau kamu travelling di Indonesia, hotel murah biasanya bangunannya biasa saja dan cenderung membosankan. Tapi kalau di Dubai, banyak juga lho ternyata penginapan murah yang desain arsitekturalnya seperti hotel mewah. Berikut di antaranya:

 

1.       Ibis Al Rigga Hotel; Konsep Kotak-Kota yang Dinamis dan Modern

Lokasi    : Al Rigga Road, Deira, Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 617.000,00

 

1.jpg.40c010ae7597ffe568daf6f7eda774ff.j

 

Meski bentuk dasarnya tetap kotak, bangunan Ibis Al Rigga Hotel terlihat sangat dinamis dan unik. Bangunan kotak ini tersusun dari elemen-elemen kotak lainnya dengan warna dan tekstur yang berbeda. Di bagian bawah, dinding didominasi oleh kaca jendela sementara di bagian atasnya, dinding tampak solid dengan tembok biasa. Perpaduan warnanya pun cukup cerdas. Meski hanya menggunakan beberapa warna netral, tapi kesan manisnya tetap dapat dirasakan oleh mata.

 

Bagi para travelers yang suka berpetualang, hotel ini cukup menarik karena berlokasi di Deira alias Old Dubai yang ramai di malam hari. Bila ingin bepergian pun tidak sulit karena Al Rigga Metro Station bisa dijangkau dalam 5 menit berjalan kaki. Kalau mau belanja, ada Al Ghurair City Mall yang bisa dijangkau dalam lima menit berkendara. Di sekitar hotel juga banyak pilihan restaurant.

 

2.jpg.b8731c27917d6e190f7df993d8895054.j

 

Ibis Al Rigga Hotel sendiri mempunyai sebuah restaurant 24 jam yang menyuguhkan menu internasional. Ada juga bar, fitness center, dan juga wifi gratis. Pada setiap kamar, lantainya full dilapisi karpet dan ranjangnya bermerk Sweet Bed by Ibis. Fasilitas kamar termasuk AC, TV kabel, dan brankas mini. Sementara itu, kamar mandi juga sudah dilengkapi dengan hairdryer dan toiletries gratis.

 

 

 

2.       Reflection Hotel; Dimana Kamu Akan Menemukan Kejutan Berbeda pada Setiap Ruangnya

Lokasi    : Al Jadaf 1, Bur Dubai, Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 538.000,00

 

3.jpg.cf83f2834d64516bb0ab89a420862a53.j

 

Konsep dari Reflection Hotel adalah menghadirkan sebuah pengalaman global dalam gaya cosmopolitan. Pada dasarnya, pengalaman itu jugalah yang biasanya dirasakan oleh setiap traveler ketika menjelajah Dubai. Untuk merealisasikan hal tersebut, setiap ruangan yang ada di hotel ini dibuat dengan dekorasi interior yang berbeda-beda. Ada satu kamar tidur yang menampilkan aura manis dan tenang seperti pada gambar di bawah ini. Sementara ada juga kamar yang terkesan penuh semangat dan ambisius. Ruangan lain seperti gym atau spa memiliki konsep yang berbeda lagi. Dengan begini, akan ada banyak pengalaman yang didapat oleh setiap tamu hotel.

 

Bukan hanya dekorasi interiornya yang beragam, namun ukuran dan bentuk kamar juga hadir dalam berbagai pilihan. Ada single room, double, twin, dan suite. Masing-masing memiliki AC, TV layar datar, minibar, dan ketel elektrik. Setiap kamar mempunyai jendela lebar yang menyuguhkan pemandangan kota. Pada beberapa kamar, kamu dapat melihat Burj Khalifa yang terkenal dengan cukup jelas.

 

4.jpg.23c41bb2d37eed6b09d5a4a89b0a1d5e.j

 

Reflection Hotel dilengkapi dengan adanya outdoor pool, fitness center, dan spa. Restaurant hotel dapat melayani room service selama 24 jam. Wifi tersedia gratis di seluruh area hotel. Bukan hanya itu saja, para tamu juga bisa menikmati shuttle service gratis ke berbagai tempat penting dan menarik di seluruh Dubai termasuk Dubai Mall, Mina Bazaar, Dubai Museum, dan Al Jaddaf Metro Station.

 

 

3.       Sun and Sands Hotel; Glamor Penuh Gemerlap dalam Gaya Kontemporer

Lokasi    : 37th Street, Al Rigga Road, Clock Tower, Deira, Deira, Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 672.000,00

 

5.jpg.36cf4949cfbf4a038289dfd1beb28f75.j

 

Bangunan bergaya kontemporer dengan banyak elemen gemerlap ternyata bukan saja dimiliki oleh bangunan mahal pencakar langit di kota Dubai. Hotel murah seperti Sun and Sands Hotel pun bisa saja menggunakan konsep glamor tersebut. Memasuki hotel ini, hampir setiap ruangan terkesan meriah. Desainnya pun sangat tidak biasa dibandingkan dengan bangunan lain pada umumnya.

Glamoritas dalam hotel ini tidak sebatas pada arsitekturalnya saja. Bahkan fasilitas yang ditawarkan pun juga mendukung gaya hidup glamor ala kota modern. Terbukti dengan ada 4 pilihan bar dan restaurant yang masing-masing menyuguhkan live music dengan genre berbeda-beda dan makanan dengan menu kuliner yang berbeda pula. Lalu masih ada juga rooftop pool, gym, spa and sauna, serta private beach yang nyaman.

 

6.jpg.0b6b2dd1bb38572f929c6144851955ee.j

 

Wifi pada area public dapat diakses secara gratis sementara yang di kamar akan dikenai biaya namun tidak mahal. Pihak hotel juga menyediakan shuttle service gratis dengan jadwal tertentu setiap harinya. Bila mau bepergian sendiri pun tidak sulit karena metro station terletak cukup dekat dari hotel. Dubai International Airport pun cukup dekat, yaitu hanya sekitar 3 km dari penginapan ini.

 

 

4.       Five Continents Cassels Ghantoot Hotel and Resort; Kemegahan Arsitektur Tradisional khas Timur Tengah

Lokasi    : Ghantoot, and P.O Box – 126969, Ghantoot, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 758.000,00

 

7.jpg.3159925c029757d8823942942b7a2f82.j

 

Bangunan yang keren tidak selamanya harus menggunakan gaya kontemporer. Contohnya, Five Continents Cassels Ghantoot Hotel and Resort ini yang justru mengusung gaya arsitektur tradisional setempat. Ciri khas arsitektur kuno di Timur Tengah teraplikasikan dengan sangat apik pada setiap elemennya seperti bentuk balkon, jendela, dan warna dinding. Sementara itu, interiornya dipenuhi gemerlap keemasan yang sangat mencirikan budaya lokal. Ditambah lagi dengan berbagai ornament klasik di setiap elemen bangunan, hotel ini seolah bangga akan identitasnya sendiri.

 

Area outdoor yang mengelilingi hotel ini sangat luas dimana kamu bisa menikmati kolam renang outdoor dan taman yang asri. Bukan hanya itu saja, hotel ini juga memiliki sebuah private beach dengan berbagai pilihan olahraga air. Lalu, masih ada lagi fasilitas mewah lainnya meliputi lapangan tennis, squash, dan billiard. Restaurant juga tersedia dan dapat melayani permintaan room service. Tamu anak-anak bisa menikmati kids club dan children playground.

 

8.jpg.79735a45e98d3bc739a232885f1f37fe.j

 

Akomodasi yang ditawarkan hotel ini juga tidak tanggung-tanggung. Mulai dari standard room, excecutive suite, diplomat suite, royal suite, baby junior suite, hingga family room pun juga ada di sini. Semua kamar memiliki ruangan yang ekstra luas dan dilengkapi dengan AC, TV kabel, brankas mini, dan kamar mandi dalam. Akses internet dapat dinikmati secara gratis melalu wifi di seluruh area.

 

 

5.       Emirates Concorde Hotel and Apartment; Menara Berteknologi Tinggi Ini Masih Tergolong Sederhana untuk Ukuran Dubai

Lokasi    : Riqqat Al Bateen, Al Maktoum Street, Creek Side, Deira, Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 893.000,00

 

9.jpg.40e9616f0754193cc014c9ba68b993de.j

 

Emirates Concorde Hotel and Apartment memiliki bangunan berupa menara tinggi. Bangunan ini bukan hanya didesain dengan gaya arsitektur ala masa kini, namun teknologi konstruksinya pun tergolong yang terdepan. Dari luar saja sudah terlihat bentuk dinding bangunannya yang memiliki berbagai lengkungan dan sudutan dengan lapisan kaca. Sementara bagian interiornya pun tak kalah canggih. Sebuah atrium luas yang menerus tinggi menghadirkan kesan megah yang dapat langsung dirasakan oleh setiap tamu yang datang.

 

Menara ini bukan hanya terdiri dari kamar hotel dan unit apartment saja. Berbagai fasilitas yang canggih dan memanjakan juga hadir untuk memaksimalkan pengalaman menginap yang menyenangkan. Restaurant hotel menyajikan berbagai menu tradisional dan modern ala Timur Tengah. Ada juga fasilitas kolam renang dan hammam (semacam spa ala Timur Tengah). Bahkan, hotel ini juga mempunyai shopping mall sendiri lengkap dengan salon rambut, salon kecantikan, dan klinik gigi.

 

10.jpg.304cf54f3103549ecad9e6c4e19ea2e8.

 

Pilihan akomodasinya ditawarkan dalam berbagai kelas mulai dari standard, deluxe, hingga premier. Ukurannya pun bervariasi mulai dari double room, hingga suite dengan dua atau tiga kamar tidur. Semua unit memiliki ruangan yang super luas dan nyaman. Fasilitas kamar meliputi AC, ranjang ekstra panjang, lounge dengan area duduk, meja tulis, dan TV kabel. Untuk suites, fasilitas juga termasuk balkon yang cozy dan dapur yang berperalatan lengkap.

 

 

6.       Grand Midwest Reve Hotel Apartment; Cermin Raksasa di Tengah Kota

Lokasi    : Tecom, Tecom, 125616 Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 904.000,00

 

11.jpg.8a560bacad6e742aed1ccea7a56ee419.

 

Gedung dari Grand Midwest Reve Hotel Apartment terlihat sangat mencolok dengan gayanya yang terlihat canggih dan solid. Yang paling unik dari desain arsitekturalnya adalah sisi depannya yang tampak seperti cermin segitiga raksasa yang merefleksikan berbagai pencakar langit lainnya di Dubai. Interiornya bergaya minimalis modern untuk memaksimalkan kesan nyaman bagi para tamu yang menginap.

 

Tiap unit apartment yang disewakan sudah dilengkapi dengan furniture lengkap termasuk perlengkapan dapur berupa kulkas, microwave, dan peralatan masak. Fasilitas kamar juga termasuk AC, TV kabel, brankas, kamar mandi, dan area duduk. Wifi bisa dinikmati di seluruh ruangan tanpa tambahan biaya sama sekali.

 

12.jpg.4696c6e3530e7b854b104f8aada83cf7.

 

Kolam renang tersedia dalam bentuk outdoor dengan lounge di sekitarnya untuk para tamu berjemur. Hotel apartment ini juga menyediakan sarana fitness, spa, dan restaurant. Ada juga sebuah lapangan golf tidak jauh dari lokasi hotel. Selain itu, obyek-obyek menarik lain yang terletak tidak jauh dari hotel antara lain adalah Mall of the Emirates, Ski Dubai, dan Medinat Jumeirah.

 

 

7.       Number One Tower Suites; Tidak Diragukan Lagi, Ini Memang Nomor Satu

Lokasi    : Sheikh Zayed Road, Trade Centre 1, Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 1.261.000,00

 

15.jpg.ef37ca50ce999537e28c2504fd469e3a.

 

Tidak perlu sulit mencari dimana letak Number One Tower Suites Hotel. Cukup cari saja menara tinggi yang berbentuk seperti angka satu. Sebenarnya sih bentuknya tidak benar-benar berupa angka satu. Lebih tepatnya kotak biasa berwarna gelap dengan aksen berupa angka 1 yang berwarna terang sehingga nampak begitu kontras. Ide arsitektural ini dapat dibilang simple tapi cukup efektif untuk menarik perhatian dan identitas. Dari kejauhan, pasti orang sudah akan bisa mengenali bangunan ini.

 

Number one bukan hanya sekedar nama. Akan tetapi, kualitas akomodasi dari hotel ini pun memang tergolong yang terdepan. Ranjang di setiap kamar bukanlah sembarang ranjang yang biasa kamu temukan di kamar hotel lain. Semua ranjang memiliki kualitas orthopedic dan bantal gulingnya pun berkualitas hypo-allergenic. Tiap kamar juga dilengkapi dengan sebuah dapur terbuka yang higienis serta working area dengan meja dan kursi kantoran. Pilihan akomodasi tersedia dari deluxe studio, family room, hingga suite dengan dua, tiga, atau empat buah kamar tidur.

 

16.jpg.5d6d2b11be85eb76edddebc947850b06.

 

Tower ini juga menyediakan 2 buah coffee shop, satu area sauna, serta sebuah indoor pool yang tenang. Bagi kalian yang suka berpetualang, metro station bisa dijangkau dalam lima menit berjalan kaki. Sementara itu, Burj Khalifa, Dubai Mall, dan Souk Al Bahar bisa diakses dalam lima menit berkendara.

 

 

8.       Al Bustan Rotana Hotel; Ketika Gaya Tradisional Berpadu Dikemas dengan Sentuhan Kontemporer

Lokasi    : Casablanca Road, Near Airport, Garhoud, Dubai, United Arab Emirates

Tariff     : Rp. 1.154.000,00

 

17.jpg.9aebf0042f3e390f285a5b09a62cd722.

 

Salah satu karya arsitektur yang sulit dilakukan adalah ketika mendesain bangunan kontemporer dengan mengadaptasikan arsitektur tradisional. Itulah yang berhasil dilakukan pada bangunan Al Bustan Rotana Hotel. Baik pada eksterior bangunan, interior ruang, hingga area outdoornya, semua menggunakan gaya arsitektur kuno khas Timur Tengah yang diatur sedemikian rupa agar berkesan ala masa kini. Setiap elemen didesain secara mendetail sehingga kemanapun matamu memandang, semuanya tampak indah dan unik.

 

Hotel ini terletak sekitar 1 km dari Dubai International Airport, sehingga sempurna bagi mereka yang malas perjalanan jauh setelah turun dari pesawat. Fasilitasnya pun sangat lengkap dan beragam mulai dari outdoor pool, lapangan tennis, serta fasilitas spa dengan berbagai menu perawatan. Restaurant dan bar saja tersedia dalam 5 pilihan yang mana masing-masing menawarkan jenis kuliner yang berbeda-beda. Ada juga beberapa toko dan salon di dalam bangunan hotel.

 

18.jpg.546ad5b4349b5984c76ea1858355d640.

 

Dalam kamar, fasilitasnya pun tak kalah mewah. Mulai dari AC,TV kabel, meja kerja, sandal kamar, jubah mandi, hingga peralatan minum teh/kopi. Wifi gratis tersedia di area public sementara wifi dalam kamar akan dikenai biaya 95 AED per harinya. Para tamu juga bisa menikmati berbagai layanan khusus seperti room service, babysitting, laundry, setrika, dan shuttle service.

 

 

Bagaimana? Keren-keren juga kan bangunannya? Padahal, itu masih tergolong hotel berbudget menengah ke bawah lho. Selain itu, masih banyak lagi akomodasi-akomodasi yang lebih mahal. Tentunya juga dengan bangunan yang lebih cantik pula. Tapi kalau kamu adalah seorang pengelana yang akan lebih banyak menghabiskan waktu jalan-jalan keliling kota ketimbang diam di dalam hotel, mungkin kamu tidak akan memerlukan menginap di hotel yang terlalu mahal dan mewah. Karena, berbagai penginapan yang disebutkan di atas sudah cukup nyaman dan sebagian sudah tergolong agak mewah juga.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 3/4/2016 at 10:46 AM, HarrisWang said:

Kok murah murah ya :tercengang

haa... iya awalnya juga kupikir mahal2 semua.. ternyata murah-murah..

 

On 3/4/2016 at 10:32 AM, deffa said:

bayangan gue di dubai ini harga hotel dari jutaan ampe milyaran

ternyata ada yang 500 ribu juga hehheh nice info neh :D

kalau mau yang semacam The Palm ato Burj Al-Arab gitu bisa kok nyampe puluhan juta semalamnya.. ranjangnya lapis emas mungkin. hahahaa..

 

On 3/4/2016 at 0:38 PM, Jalan2 said:

@Asa Citra wow dubai memang keren :D, disana ada gedung paling tinggi di dunia juga

yupp.. rekor sekarang dipegang Burj Khalifa..

 

On 3/7/2016 at 3:57 PM, Agung Kristiono said:

dubai mang keren, ada juga hotel yg terjangkau minimal 1/2 jutaan ++

iyaa.. yang harga segitu aja bentuknya udah amazing gitu..

 

On 3/8/2016 at 7:13 AM, Diana Ray said:

Bisa juga nih buat plan kesana. 

wwwoooowww.. semoga segera terwujud nih plan-nya.. kalo udah kesana jangan lupa bikin field report ya disini.. aku juga pengen tapi masih entah kapan ni bisa terwujud..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now