Sign in to follow this  
nonaJJ

Mie Instan Terenak di Dunia dan Olahan Kreatifnya

3 posts in this topic

Mie instan sudah menjadi makanan yang mendunia. Mie instan pertama kali diproduksi di Jepang pada sekitar tahun 1958 oleh Mamofoku Ando. Produk pertamanya ini disebut sebagai Chicken Ramen yang ternyata menjadi sebuah perubahan di dunia kuliner dunia. Pada tahun 1971, berkembanglah menjadi produksi mie instan cup atau dan kemudian ramai dikenal berbagai macamnya hingga saat ini. 

noodle-mountain-620x414.jpg

Mie instan juga jadi makanan favoritnya orang Indonesia. Bahkan, mie instan kita sudah dikenal hingga ke berbagai negara di dunia. Di mana saja negara yang dikenal dengan mie instan terenaknya? Ini dia nih, negara yang dikenal dengan mie instan terenaknya.

1. Jepang
Sebagai negara yang pertama kali menemukan mie instan, wajar saja jika Jepang adalah negara dengan mie instan terenak. Mie di Jepang dikenal dengan nama Ramen. Produk ramen Jepang yang katanya terenak di dunia antara lain adalah Sapporo Ichiban Shio Ramen, Myojo Hyoubanya Oriental Flavour, Sapporo Ichiban Chow Mein,  dan Nissin Yakisoba with Mayonaise. 

Masing-masing produknya dinilai punya cita rasa tersendiri. Seperti Sapporo Ichiban Shio Ramen dinilai punya kuah yang sangat gurih seperti mentega, penyajian dengan biji wijen membuat ramen ini sangat disukai. Sementara Myojo Hyoubanya dinilai punya rasa yang sangat tradisional. Mienya kenyal dan kuahnya memiliki rasa seafood. Berbeda dengan kedua mie instan sebelumnya yang merupakan mie rebus, chow Mein dan Nissin Yakisoba adalah mie dengan air yang sedikit seperti mie goreng. Keduanya punya rasa yang manis gurih apalagi nissin yang ditambah dengan mayonaise. hmm..

2. Indonesia
Tentu saja, produk mie instan Indonesia sudah banyak banget diulas berbagai food blogger dunia. Dari daftar mie instan terenak versi The Ramen Rater, produk mie instan Indonesia tercatat ada 3 buah yang menjadi terenak 5  besar. Tentu kamu juga mengakuinya, kan? Produk mie instan yang sangat terkenal tentu saja Mie Gorengnya dari Indomie. Selain itu, ada juga Mie rebus atau mie kuah dari Mie Sedap Kari Spesial.

Menurut situs tersebut, mie goreng Indomie yang versi mie keriting adalah yang paling enak dari semua mie instan yang pernah dia coba. Punya rasa yang kaya seperti gurih, pedas, dan manis. Mie goreng lainnya yang juga sangat enak dan dia menempatkannya di urutan kedua adalah mie goreng rasa ayam panggang. Sementara mie rebus sedap dinilai punya kuah yang sangay gurih perpaduan pedas dan rasa kari yang kental. Hmm hujan gini emang enak banget kan masak mie :D

3. Korea
Selain Jepang dan Indonesia, yang dikenal juga dengan mie instannya adalah Korea. Suka menonton acara Korea? Pasti nggak asing melihat bagaimana mereka makan mie instan, baik yang di tempat bawaan maupun yang langsung di panci masak tanpa harus dipindah ke mangkuk. Dan mie instan Korea yang terkenal adalah produknya Nongshim. Produk ramyun, mie dalam Bahasa Korea, memang sudah banyak ditemukan di berbagai toko retail termasuk di Indonesia. 

Nongshim punya kuah yang gurih, kental, dan juga pedas. Beberapa rasa yang populer adalah Nongshim Shin Ramyun Black Premium Noodle Soup dan juga Nongshim Soon Vegie Ramen. Nongshin Soon Vegie Ramen ini menggunakan sayuran sebagai bahan bumbu dan minyaknya. Rasanya mudah diterima terutama untuk yang kurang suka pedas.

4. Singapura
Negara lain yang nggak kalah dengan mie instannya adalah Singapura. Negeri ini punya makanan dari mie yang terkenal, yakni Laksa. Makanan tersebut pun juga hadir dalam produk mie instan yang dikenal sebagai Laksa La Mian. 

Mie instan yang bungkusnya berwarna hitam ini memiliki tingkat kekenyalan mie yang baik dan juga kuahnya sangat kental dengan santan. rasanya agak pedas namun juga agak manis. Produk ini juga masuk dalam ulasan The Ramen Rater sebagai salah satu mie terenak. Selain itu, produk mie instan dari Singapura yang populer di mancanegara adalah Koka Instan Non Fried Noodles Laksa Flavour. Mie ini dinilai punya kalori dan lemak yang rendah sehingga cocok untuk yang sedang berdiet. Rasanya selain pedas juga agak asam dan beraroma seafood.

4. Hong Kong
Negara ini juga punya mie instan yang katanya terenak di dunia. Hong Kong Doll Instant Noodle Artificial Chicken Flavour sekilas mirip mie rebusnya Indonesia. Mie ini punya warna yang kuning dengan bumbu bubuk dan minyak bawang. Ada bumbu dari wine dan kunyit sebagai bumbu tambahan. Mie ini juga kenyal dan cukup lembut.

5. Thailand
Suka dengan masakan Thailand yang terkenal seperti Tom Yum? Mie instan di Thailand juga banyak yang bercita rasa Tom Yum. Salah satu yang populer adalah produk Mama Shris Creamy Tom Yum. Dikatakan jika mie ini agak lebih tipis dari mie instan kebanyakan. Kuahnya juga bersantan kental namun asam dan pedas. Mie ini punya rasa udang yang nikmat.

Mie instan di Indonesia sering kali jadi makanan pengganti atau penunda lapar sebelum benar-benar makan makanan utama. Nggak heran kalau olahan mie instan juga banyak dibuat dan bahkan menjadi ide bisnis bagi para kreatif di usaha kuliner. Ini dia olahan kreatif rumahan dari mie instan yang kamu juga bisa buat ini.

- Martabak Mie
Dulu saya juga suka menyebut resep ini sebagai pizza mie. Tapi sepertinya belakangan mengakui memang lebih cocok disebut sebagai martabak mie. Kamu mungkin sudah pernah coba. Mie instan yang diolah bersama telur dan mirip dengan martabak hasilnya.

Cara membuatnya sangat gampang. Bahan utamanya cukup menyiapkan mie instan, telur, dan daun bawang jika ingin.

1. Pertama, rebus mie tanpa bumbu sebentar saja. Tips buat yang ingin jadinya crunchy, remas-remas mie dulu sebelum direbus. Rebus sebentar saja dan tiriskan.

2. Siapkan telur dan kemudian kocok bersama bumbu mie instan. Masukkan juga daun bawang yang sudah diiris ke dalamnya. Masukkan mie yang sudah ditiriskan dan aduk rata.

3. Panaskan wajan dengan sedikit minyak. Goreng hingga matang. Gampang banget kan?

- Sandwich Mie
Bagaimana jika isian roti untuk sarapan divariasikan dengan mie instan. Sediakan saja roti tawar dan mie instan goreng. Masak mie instan dan kemudian ukup masukkan mie instan ke dalam roti dan jadilah sandwich mie yang lezat. Kamu tetap bisa menambahkan irisan tomat, selada, dan daging jika ingin. 

- Mie Gulung Sosis

c2d8f5db78eba5ab96ebabed15f6c1717c63a6ec


Olahan mie yang satu ini bisa banget dijadikan cemilan kamu. Ini seperti jajanan di sekolahan yang disukai banyak orang. Kamu cukup menyiapkan sosis dan juga mie instan. Cara membuatnya gampang banget.

1. Pertama, kamu masak mie instan seperti biasa. Gunakan yang goreng agar lebih gurih.

2. Lalu kamu potong sosis menjadi 2 atau 3 bagian sesuai selera. Jangan lupa, buat ujungnya seperti bunga dengan cara membelahnya sedikit berbentuk tanda plus di kedua ujungnya.

3. Lilitkan mie goreng tadi ke sosis dengan rapi.

4. Setelah itu, panaskan wajan dengan minyak lalu goreng sampai kecokelatan. Nah, jadi deh cemilan mie yang mengenyangkan. 

- Burger Mie
Burger juga merupakan olahan dari mie yang banyak disukai dan bahkan menjadi items bisnis yang menggiurkan. Jika burger biasanya menggunakan roti, maka diganti dengan mie. Yang perlu disiapkan adalah mie instan dan isian burger yang kamu inginkan seperti daging, keju, daun selada, tomat, dan lain sebagainya.

Cara membentuk mie agar seperti burger adalah dengan rebus mie seperti biasa lalu tiriskan. Campurkan bumbu mie ke dalam adonan telur lalu kocok dan masukkan mie yang tadi sudah direbus. Setelah itu panaskan wajan dan gunakkan ring cutter dengan diameter 8 cm. Masukkan adonan mie tadi dan goreng sampai matang. Setelah ditiriskan, tinggal susun isiannya seperti membuat burger.

Hmmmm enak banget kan kayaknya. Nah, olahan kreatif lainnya tentu masih bisa kamu dapatkan. Akan tetapi ingat, mie instan tidak baik untuk kesehatan jika berlebihan. Jadi, kamu harus bijak dalam mengkonsumsi mie instan ini. Batasi intensitas makan dan juga jumlahnya. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

udah jelas Indomie yang paling enak se dunia

bahkan dari afrika - amerika - jepang - korea sampe ke rusia meng amin in hahahah

tapi kalo saya seh cukup Indomie Goreng + Telor + Kornet + Cabe Ijo pol dah :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

mie instan paling enak yg pernah gw rasakan adalah mie instan waktu gw beli di sevel singapura, sayang ga tau namanya tulisannya kanji china gt, gw yakin tuh kalo dijual diindonesia bakalan laku.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this