Asa Citra

Nggak Usah Bingung Kalau Ingin Berpetualangan Safari di Afrika! Ini Dia Rekomendasi Penginapan Murahnya untuk Tiap-Tiap Obyek Safari Terpopuler di Berbagai Negara di Benua Afrika!

7 posts in this topic

Seorang traveler dengan jiwa petualang dan rasa cinta terhadap alam yang tinggi pasti tidak mau melewatkan satu pun jenis kegiatan alam. Tentunya, termasuk juga safari. Menerobos masuk ke sabana yang kering sembari melihat kehidupan satwa liar memang akan memberikan pengalaman tersendiri. Sensasi ini tentunya berbeda dengan trekking di hutan, meski intinya sama-sama menjelajah alam untuk mengamati kehidupan para hewan.

Safari tentu akan terasa paling mengasyikkan kalau dilakukan ke benua Afrika. Tanah dan iklimnya sangat mendukung untuk tumbuhnya padang sabana yang luas beserta berbagai jenis makhluk hidup di dalamnya. Afrika sebagai destinasi safari memang sudah terkenal ke seluruh dunia. Tentunya, di benua Afrika sendiri, ada juga beberapa obyek safari yang terkenal paling menonjol dibanding tempat lainnya. Obyek-obyek tersebut umumnya lebih sering dikunjungi oleh traveler, khususnya traveler mancanegara.

Umumnya, kebanyakan traveler selalu berpikir bahwa liburan safari ke Afrika pasti akan selalu mahal, terutama bila obyek-obyeknya yang sudah terkenal di dunia internasional. Pasalnya, kegiatan safari Afrika inilah yang menjadi awal munculnya trend glamping (glamorous camping) alias berkemah mewah di kalangan traveler. Faktanya pun, lebih banyak lokasi glamping daripada hotel biasa yang berlokasi tidak jauh dari obyek-obyek safari terkenal.

Tidak usah bingung! Masih ada juga kok berbagai penginapan murah yang berlokasi cukup dekat dengan berbagai obyek safari terkenal. Berikut beberapa di antara:

 

1.       Rhino Tourist Camp yang Hanya Beberapa Langkah dari Maasai Mara National Reserve

Lokasi    : Masai Mara, Mau Narok, Oloolaimutia Gate, 20014 Ololaimutiek, Kenya

Tariff     : Rp. 857.000,00

 

3.jpg.55b271e9c23e671ece16d9a2589cf3e0.j

 

Maasai Mara mungkin adalah obyek wisata safari paling populer se dunia. Taman nasional ini terletak di negara Kenya. Di sini, kamu berkesempatan untuk menyaksikan kehidupan sehari-hari berbagai binatang seperti singa, gajah, cheetah, antelope, dan sebagainya. Kalau kamu datang di sekitar bulan Juli hingga Oktober, ada kemungkinan kamu bisa ikut menyaksikan migrasi massal yang dilakukan para hewan bersamaan. Bila petualangan di Maasai Mara kurang memuaskan, kamu bisa melanjutkannya menuju Lake Nakuru National Park dimana seringkali terdapat sekumpulan besar flamingo pink cerah.

Umumnya, penginapan di Maasai Mara memiliki tariff yang berkisar antara 3-5 juta untuk kelas standard dan sekitar 25 juta lebih untuk kelas eksklusif. Namun jangan salah. Ternyata masih ada juga yang tarifnya bisa mencapai angka di bawah satu juta rupiah. Jaraknya pun hanya 800 meter saja dari pintu masuk Maasai Mara National Reserve. Akomodasi tersebut bernama Rhino Tourist Camp.

 

1.jpg.170baaa0d401824fdc872d9dd821aa50.j

 

Seperti umumnya penginapan lain di areal Maasai Mara, Rhino Tourist Camp mengusung konsep hotel semi camping. Hanya saja, jangan bayangkan akomodasi yang semacam glamping dengan segala kemewahannya. Tiap unit camp hanya berupa bangunan batu sederhana dengan pintu kain tenda. Furnitur dan fasilitasnya pun tidak ada yang terlalu wah, namun cukup untuk memberikan kenyamanan.

 

2.jpg.6e4acbde07898ce89610dbd8e7b07f75.j

 

Tiap unit kemah memiliki teras dan kamar mandinya sendiri. Tiap tamu juga akan mendapatkan sandal kamar dan toiletries gratis. Pilihan kamar tersedia dari single room, double, twin, triple, hingga family room. Hotel ini juga memiliki restaurant yang menyajikan berbagai menu tradisional Afrika dan juga menu internasional. Bar menyediakan berbagai minuman termasuk wine, beer, teh, dan juga kopi asli Kenya.

 

Kamu bisa bersafari dengan naik mobil van khusus safari yang disediakan oleh pihak hotel lengkap dengan tour guide-nya. Supirnya pun sudah terlatih dan berpengalaman untuk berkendara di alam liar. Layanan shuttle service juga tersedia untuk menuju bandara atau pusat kota Nairobi.

 

 

 

2.       Saruni River Lodge yang Tak Jauh dari Serengeti National Park dan Ngorongoro Conservation Area

Lokasi    : Arusha - Tanzania, Arusha, Tanzania

Tariff     : Rp. 396.000,00

 

4.jpg.2fe5eeb762ea4640ca7b96e5b2f9af98.j

 

Maasai Mara di Kenya sebetulnya adalah wilayah yang sangat luas. Secara total, area ini sebetulnya masih membentang luas hingga ke wilayah Tanzania. Bagian yang masuk dalam Tanzania ini bernama Serengeti National Park. Sama seperti Maasai Mara, obyek ini juga sangat populer sebagai destinasi safari. Di sini, kamu pun berkesempatan melakukan observasi terhadap berbagai satwa liar serta menyaksikan migrasi massal yang dramatis. Ada juga sebuah kawasan bernama Ngorongoro Conservation Area dimana terdapat gunung berapi berusia tiga juta tahun yang sudah punah dan meninggalkan sebuah danau yang unik. Area inilah yang memegang rekor sebagai area paling banyak dikunjungi untuk kegiatan safari.

Kota yang berada paling dekat dengan Serengeti National Park adalah kota Arusha. Maka dari itu, sebaiknya di situlah kamu mencari penginapan. Ada beberapa penginapan yang cukup murah di sana. Namun yang paling direkomendasikan adalah Saruni River Lodge, karena hotel ini terasa sangat nyaman dan memadai bagi para pelancong hemat.

 

5.jpg.6ed28e6e32a92fabfd04bb037aa4fa3d.j

 

Saruni River Lodge merupakan penginapan sederhana yang menggunakan bangunan bergaya semi klasik Eropa. Di dalam bangunan ini terdapat 14 kamar yang sangat sederhana berbentuk single room atau double. Meski tergolong sangat murah, namun tiap kamar sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti TV kabel, CD and DVD player, akses wifi gratis, serta kamar mandi dalam. Hotel ini juga memiliki bar dan restaurannya sendiri.

 

6.jpg.5c8c98f7c5ec0acc54a99f87cef1233a.j

 

Yang menarik dari hotel ini adalah setiap tamu diperbolehkan membawa serta binatang peliharaannya masing-masing. Semuanya gratis tanpa tambahan biaya. Para tamu hanya perlu melakukan konfirmasi sejak awal saja. Untuk keperluan petualangan, pihak hotel menyediakan rental sepeda dan shuttle service.

 

 

 

3.       Rafiki Backpackers Hostel adalah Solusi Hemat untuk Safari ke Gunung Kilimanjaro

Lokasi    : Uru Road, Moshi, Tanzania

Tariff     : Rp. 132.000,00

 

7.jpg.86702fa37d89dbed5385af9479aa421b.j

 

Tanzania sempat beberapa kali dinobatkan sebagai destinasi safari terfavorit melalui hasil voting dari para travelers di seluruh dunia. Karena memang negeri ini mempunyai banyak tempat eksotis untuk melakukan observasi satwa liar. Gunung Kilimanjaro termasuk salah satunya. Gunung tertinggi di Afrika ini memang merupakan habitat yang ideal bagi berbagai macam binatang. Puluhan ekor gajah bermalas-malasan atau segerombolan besar kuda nil berkubang di sungai dangkal bukan merupakan pemandangan yang langka. Semua itu akan terlihat lebih menakjubkan lagi dari puncak gunung.

 

Safari ke Afrika ternyata tidak musti berkonsep hotel semi camping. Rupanya ada juga konsep hostel di sekitar kawasan Gunung Kilimanjaro meskipun jumlahnya sangat terbatas. Rafiki Backpackers Hostel terletak di kota Moshi dan berjarak hanya 29 km dari gunung. Akomodasi ini banyak difavoritkan oleh para petualang muda, terutama mereka yang anggarannya cukup terbatas.

 

8.jpg.cd17b596b8594de5c1065b33a96be147.j

 

Sama seperti hostel biasa, Rafiki Backpackers Hostel menawarkan akomodasi berupa ranjang susun di kamar dormitory. Dormitory bervariasi mulai dari 4, 5, hingga 7 ranjang dalam satu kamar. Bagi yang menyukai privasi, tersedia juga kamar pribadi berbentu single, double, dan twin room. Kamar mandi semuanya berupa kamar mandi umum.

 

9.jpg.9ac4493c95678fd5d48fdcbec72dd781.j

 

Hostel ini menyediakan sebuah dapur umum yang cukup luas dan berperalatan lengkap. Ada juga fasilitas barbecue bila para tamu ingin berpesta di taman hostel. Wifi tersedia di public area secara gratis. Area lounge cukup luas dan nyaman bagi para traveler untuk berkumpul, bermain bersama, atau menonton TV. Bagi yang ingin berpetualang, pihak hostel juga mampu mengatur kegiatan hiking ke Kilimanjaro. Layanan shuttle service juga bisa kamu dapatkan dari pihak hostel.

 

 

 

4.       Murugo Rwanda Hostel yang Cukup Dekat dengan Nyungwe Forest National Park

Lokasi    : KN 8 Avn street no KG 501 Kacyiru, Kigali, Rwanda

Tariff     : Rp. 330.000,00

 

13.jpg.32b886f031efc2673ead41737dcf3dbf.

 

Dari berbagai macam area konservasi di Afrika, Nyungwe Forest National Park merupakan obyek yang menempati urutan pertama dalam hal prioritas. Hal ini karena tingginya keanekaragaman satwa yang berhabitat di dalamnya. 300 jenis burung, berbagai species primata, dan satwa-satwa lain memang tidak akan habis untuk terus diamati. Binatang yang paling banyak menarik perhatian di sini adalah simpanse dan gorilla. Banyak sekali para traveler datang ke sini hanya untuk melakukan chimpanzee tracking dan semacamnya. Jalur tracking meliputi tantangan seru berjalan di jembatan gantung yang sangat panjang dan tinggi. Hanya traveler yang bernyali yang bisa menaklukkannya!

 

14.jpg.afa4c29e8e55c2734559c48148cebfec.

 

Untungnya bagi para petualang hemat, ada juga sebuah hostel yang letaknya tidak jauh dari kawasan ini. Logikanya jika masih ada hostel yang nyaman, tidak perlu membuang uang untuk kemewahan hotel, bukan? Murugo Rwanda Hostel berada di kota Kigali, kota yang terletak paling dekat dengan Nyungwe National Park.

 

15.jpg.870a285f5686db68060bf5eabf885ac3.

 

Dormitory dipisahkan masing-masing untuk perempuan dan laki-laki. Selain menyewa ranjang dalam sebuah dorm, kamu juga bisa menyewa kamar pribadi berbentuk double atau twin. Wifi gratis tersedia di seluruh area. Hostel ini juga memiliki beberapa toko dan sebuah restaurant yang melayani room service dan diet khusus. Layanan yang ditawarkan meliputi setrika, laundry, tour desk, airport shuttle, dan penukaran uang.

 

 

5.       Kabalega Resort Bisa Menjadi Tempat Singgahmu Menuju Marchison Falls National Park

Lokasi    : Masindi Port Road, Murchison Enrout, Masindi, Uganda

Tariff     : Rp. 659.000,00

 

16.thumb.jpg.eb2d3fabe79d98349551bc96e9b

 

Murchison Falls National Park adalah taman nasional yang berpusat pada sebuah air terjun besar bernama Murchison Falls. Air yang terjun adalah merupakan aliran dari Sungai Nil yang jatuh ke Danau Albert. Air terjun yang megah tersebutlah yang menyokong harmoni kehidupan di padang sabana dan hutan di area sekitarnya. Taman nasional ini merupakan yang terluas di Uganda. Kegiatan safari yang paling banyak digemari di sini adalah rhino tracking karena populasi badak memang cukup berlimpah di sini. Pemandangan paling menakjubkan dapat dinimamti dari puncak air terjun. Tebingnya cukup luas dan kokoh sehingga aman untuk para traveler berdiri di atasnya.

 

Mencari penginapan murah yang terletak cukup dekat dari Marchison Falls National Park adalah yang berada di kota Masindi. Salah satunya yang paling recommended adalah Kabalega Resort. Letaknya sekitar 40 km dari Ziwa Rhino Sancturay. Dari luar, hotel ini tampak seperti sebuah rumah biasa yang sangat manis dengan warna oranye cerah serta taman yang asri dan luas di sekitarnya.

 

17.jpg.925c7ce98a229a019ca24876b7ae41c6.

 

Akomodasi tersedia dalam berbagai pilihan seperti double room, twin room, dan executive suite. Ada TV di setiap kamar. Tamu juga akan mendapatkan sandal kamar dan toiletries gratis dari pihak hotel. Bangunan hotel dikelilingi taman hijau yang sangat luas dan tertata rapi lengkap dengan gazebonya. Anak-anak bisa bermain di children playground yang menghadap taman. Hotel ini juga memiliki restaurant. Tersedia juga fasilitas untuk meeting.

 

18.jpg.fac7c54fa06f771944219faf589bfa07.

 

Selain fasilitas yang lengkap, hotel ini juga menawarkan berbagai kemudahan. Salah satunya adalah pihak hotel mengijinkan tamunya untuk membawa binatang peliharaan tanpa dikenai biaya tambahan. Tersedia juga fasilitas untuk meeting. Wifi tersedia gratis area public. Layanan laundry, setrika, tour desk, dan room service juga bisa didapatkan oleh para tamu. Hotel ini juga menyediakan fasilitas khusus bagi para penyandang difabilitas.

 

 

6.       Columbus Guest House Bisa Disinggahi Bila Ingin ke Kruger National Park

Lokasi    : 102 Columbus Street, 1200 Nelspruit, South Africa

Tariff     : Rp. 339.000,00

 

21.jpg.20eff57fd3dbc5a2ccb0728bb5623692.

 

Kruger National Park adalah suaka margasatwa terluas di seluruh benua Afrika. Taman nasional ini terletak di negara South Africa dan bersambungan dengan dua taman nasional lain dari negara tetangga yaitu Gonarezhou National Park di Zimbabwe dan Limpopo National Park di Mozambique. Ketiganya membentuk satu kawasan bernama Great Limpopo Transfrontier Park yang merupakan taman perdamaian. Suaka margasatwa alami ini menjadi habitat yang nyaman bagi berbagai populasi zebra, singa, gajah, macan tutul, ular black mamba yang berbahaya, impala, kerbau Afrika, badak putih, dan masih banyak lagi. Bukan hanya fauna, jenis floranya pun memiliki keanekaragaman yang tinggi.

 

Kota yang berada paling dekat dengan taman nasional ini adalah Nelspruit. Di kota tersebut, terdapat sebuah guesthouse bertarif hemat yang letaknya sangat dekat dengan pintu masuk Kruger National Park ini. Columbus Guest House memang telah banyak menerima tamu para petualang muda yang ingin menjelajahi rimba Afrika dengan budget terbatas. Di hotel ini, kamu bisa menikmati indahnya Kruger National Park dari jarak yang sempurna.

 

19.jpg.0e9ec8dd8e14dde0f8ca8d050cd81172.

 

Columbus Guest House memiliki desain arsitektur yang indah dan nyaman seperti sebuah villa. Di sekitar bangunan terdapat taman yang luas serta kolam renang yang apik dengan sebuah water feature. Pada taman terdapat sebuah patio yang menyajikan pemandangan menghadap Kruger National Park. Pada patio tersebut, setiap pagi disajikan sarapan yang lezat. Kamu juga bisa mengadakan pesta barbecue di sini dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak hotelnya. Kamar tidur di guesthouse ini memang tidak banyak. Hanya ada 6 kamar dengan bentuk studio, double room, dan twin room. Akan tetapi, setiap kamar di sini memiliki ruangan yang luas. Fasilitas dalam kamar termasuk AC, balkon, TV satelit, dan perlengkapan membuat teh atau kopi. Kamar mandi dalam menyediakan toiletries gratis. Sementara untuk akses internet, terdapat wifi gratis di seluruh area hotel.

 

20.jpg.87d41246851e2ede6368a3305b1a9ac5.

 

Pelayanan yang ditawarkan hotel ini meliputi laundry, dry cleaning, setrika, menu diet khusus, dan babysitting. Selain dekat dengan Kruger National Park, ada juga lapangan golf yang berjarak hanyasek itar 3 km dari guesthouse ini. Ada juga berbagai pilihan restaurant yang menarik di sekitar hotel. Perbatasan menuju Mozambique hanya sekitar satu jam perjalanan saja dengan mobil.

 

 

 

Benua Afrika memang tidak ada habisnya untuk terus dijelajahi. Bahkan untuk tujuan yang sama seperti Safari pun, kamu akan selalu menemukan kejutan baru di setiap lokasi yang berbeda. Mencari penginapan yang murah sangat penting karena bisa membuatmu menghemat anggaran. Sisa dana yang ada kan nantinya bisa kamu manfaatkan untuk berpetualang lebih banyak lagi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 3/10/2016 at 4:12 PM, kyosash said:

Columbus Guest House lumayan reasonable juga harganya, ada kolam renangnya juga lagi :D 

iya bener... afrika kan panas. lumayan bisa renang2 buat ngademm..

 

 

On 3/10/2016 at 5:07 PM, Jalan2 said:

wow deket2 ama binatang ya, kalau mau liat gampang jadinya eheh

afrika masih banyak yang beginian.. kalo Indonesia udah banyak jadi korban pemburu liar.

 

 

On 3/11/2016 at 8:00 AM, HarrisWang said:

Serasa nonton NatGeo hahahaha

Nonton siaran langsung.. hahahaa

 

 

On 3/17/2016 at 11:45 AM, deffa said:

woh anti mainstream neh ke afrika haha

bosen ke negara2 modern mulu. kali2 ngicipin alam bebas yang msih liar..

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now