• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
onesecond

Piknik Yuk!

2 posts in this topic

picnic.jpg

Bingung mau pergi ke mana? Gimana kalau piknik bareng aja. Piknik merupakan aktivitas sederhana yang bisa membuat pikiran kita santai dan tenang. Saat piknik, biasanya kita memilih tempat-tempat yang teduh yang memiliki rerumputan untuk menggelar tiker atau alas untuk bersantai. Kalau berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, di mana ya enaknya melakukan piknik? Ini dia beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk piknik. 

- Monas
Ikon Jakarta yang satu ini memang dikenal tempat yang asyik untuk piknik. Monas memiliki taman rumput yang mengelilingi monumennya. Aktivitas piknik adalah salah satu aktivitas yang biasa dilakukan di taman monas. Kita bisa menggelar alas dan bersantai di sana. Selain piknik, di Monas kita juga bisa melakukan banyak aktivitas lain mulai dari jalan-jalan sampai main sepeda. 

- Taman 
Di Jakarta sendiri, saat ini sudah banyak taman kota yang memang difungsikan sebagai tempat piknik warga. Taman-taman dirapihkan sehingga warga bisa menikmati lokasi tersebut dengan nyaman. Aktivitasnya mulai dari sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan taman, ada tempat bermain anak, bisa berolahraga dari jogging hingga futsal dan badminton. Beberapa taman yang menarik untuk anda kunjungi piknik adalah Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Tabebuya Jagakarsa, dan dan masih banyak lagi lainnya. 

- Sentul
Nggak jauh dari Jakarta, Bogor adalah tempat yang bisa dikunjungi untuk alternatif piknik kamu. Sentul, wilayah ini dekat banget dengan Jakarta. Anda hanya harus masuk ke Tol Jagorawi dan keluar di gerbang tol Sentul yang memiliki hawa dan pemandangan yang indash. Di wilayah ini banyak yang bisa dikunjungi sebagai tempat piknik. Mulai dari Gunung Pancar, air terjun bidadari, hingga berbagai taman menarik di sana. 

Apa saja yang bisa dibawa untuk piknik?

Sudah siap mau piknik? Kalau begitu, ini dia beberapa alat dan makanan yang seru buat dibawa piknik. 

- Alas
Piknik kurang afdol kalau nggak pakai alas buat gelar-gelaran. Alasnya bisa berupa kain yang lebar dengan motif-motif lucu, sampai tikar lipat yang mudah dibawa-bawa. Kita bisa cari lokasi yang datar dengan rumput yang tidak tinggi. Jangan lupa, cari tempat yang sejuk agar suasana piknik semakin menyenangkan. 

- Makanan dan Minuman
Piknik juga nggak lengkap kalau nggak bawa makanan dan minuman. Nah, biasanya, perbekalan yang dibawa ini yang simple dan bisa dimakan tanpa repot. Artinya, nggak banyak makan tempat dan nggak ribet penyajiannya. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang biasa dibawa saat piknik. 

1. Sandwich
Roti isi atau sandwich biasanya jadi makanan wajib saat piknik. Selain karena mudah dibuaat, dibawa dan disajikan, sandwich juga enak banget dan disukai banyak orang. Isi roti bisa bervariasi. Mulai dari yang isi sayuran, daging, keju, dan lain sebagainya. Jangan lupa bawa saus jika suka yang pedas. 

2. Cemilan
Makanan lain yang enak dibawa saat piknik adalah cemilan. Cemilan ini bisa banyak jenisnya. Bawa yang anda sukai misalnya aneka  snack gurih, biskuit, cokelat, dan lain sebagainya. Cemilan mudah dibawa dan didapatkan di mana saja. Asal jangan lupa, buang sampah makanan dan apa pun yang anda bawa di tempat sampah yang disediakan. Jangan meninggalkan sampah di taman-taman yang anda kunjungi untuk menjaga keindahan taman tersebut.

3. Kimbap
Yang ini adalah makanan paling populer jika piknik di Korea. Di Jepang namanya sushi, intinya adalah nasi gulung. Roti dan cemilan mungkin kurang mengenyangkan apalagi orang Indonesia yang harus makan nasi. Kimbap ini bisa jadi pilihannya. Dibuatnya juga mudah. Bahan utamanya hanya nasi putih dan nori atau rumput laut. Anda tinggal membuat isian yang sesuai selera, seperti wortel, bayam, sosis, daging ayam, dan lain sebagainya. Semua sesuai selera anda. Tinggal digulung dengan nori dan potong-potong. Sesampainya di tempat piknik, anda hanya tinggal membuka tempat kimbap dan langsung memakannya tanpa repot bawa penghangat nasi, dan lauk pauknya. 

4. Minuman
Minuman selain air putih, biasanya orang orang membawa jus buah atau cola. Cuaca yang hangat tapi sejuk adalah waktu yang pas untuk berpiknik. Karena itu, minum minuman seperti itu akan lebih menyegarkan lagi. 

5. Buah
Nah, buah juga biasanya nggak ketinggalan masuk dalam daftar yang dibawa saat piknik. Pilih buah yang anda sukai dan tidak merepotkan dalam penyajiannya.

81manfaat-piknik.jpg
Tips mengemas makanan saat piknik

Piknik juga butuh ketrampilan dalam mengemas makanan. Jangan sampai makanan yang kita bawa untuk piknik malah rusak dan mengacaukan suasana piknik. Seperti halnya packing pakaian saat traveling, berikut ini juga ada beberapa cara mengemas makanan untuk piknik ria.

1. Pisahkan jenis makanan
Yang pertama, jangan campurkan semua makanan ke dalam satu wadah. Kita harus bisa memilah mana makanan yang harus tetap hangat dan mana yang dingin. Mana yang berminyak dan mana yang harus tetap segar. Sebenarnya, hindari membawa makanan berkuah karena akan cukup repot baik dalam pengemasan yang beresiko tumpah maunpun saat penyajian dan cara memakannya di lokasi piknik. 
Pisahkan buah-buaha dengan makanan utama seperti sandwich dan sebagainya. Bungkus dengan baik masing-masing jenis makanan. 

2. Siapkan wadah yang bagus
Wadah atau tempat penyimpanan juga menjadi hal penting. Biasanya, banyak brand yang menjual alat makan untuk piknik. Wadahnya sudah disesuaikan agar bisa menahan panas dan dingin untuk beberapa waktu. Bahan yang digunakan juga ringan dan tidak pecah belah. Selain itu, ada juga yang menyediakannya sudah dalam paketan sehingga bisa digunakan untuk banyak jenis makanan. 

3. Jika tidak ada, maka gunakan ini
Namun jika anda tidak memiliki wadah penyimpan makanan khusus piknik, anda bisa mengakalinya dengan beberapa cara. Anda bisa membungkus makanan dengan alumunium foil untuk menjaga suhu saat sebelum dibungkus. Untuk pendingin, anda bisa gunakan es batu dalam wadah yang tertutup rapat sebagai pengganti cooler. Letakkan es batu tersebut di bagian paling bawah tas makanan anda. 

4. Dinginkan sebelum packing
Bagian ini sederhana tapi sebenarnya sangat penting. Jika anda memiliki makanan yang panas, jangan langsung membungkusnya karena beresiko bau hingga basi. Biarkan panas makanan tersebut keluar, tunggu hingga dingin baru kemas. Begitu juga dengan buah-buahan. Cuci terlebih dahulu lalu keringkan baru masukkan ke dalam plastik atau wadah lainnya. 

5. Susun yang benar
Menyusun kemasan makanan ke dalam tas juga penting agar makanan tetap segar dan baik. Simpan makanan yang lebih tahan lama di bagian bawah dan sebaliknya, makanan yang cepat busuk taruh di atas atau bahkan dipisahkan saja. 

6. Jangan taruh makanan dingin di bagasi mobil
Suhu bagasi mobil yang panas akan membuat makanan dingin ikut panas. Karena itu, pisahkanlah makanan dingin dan lebih baik bawa bersama anda. 

7. Jangan cammpur es dengan minuman langsung
Hindari ini. Jika anda membawa minuman dingin seperti es buah atau es lainnya, pisahkan es batu dengan minuman tersebut. Ini untuk menjaga rasa minuman lebih enak dan tetap manis. Kalau dicampur, akan tidak enak karena es meleleh di dalam minuman sebelum anda menikmatinya. Bawa ice box agar es batu tetap aman. 

8. Bekukan air dari rumah
Salah satu cara mendapatkan air minum yang dingin saat piknik adalah dengan membekukan air dalam kemasan sejak dari rumah. Anda bisa membuatnya sehari sebelum berangkat piknik. Saat piknik berlangsung, air tersebut akan mencair dan masih terasa dingin. 

9. Buat porsi secukupnya
Anda juga harus memerhatikan porsi makanan yang anda bawa. Hindari membawa porsi yang berlebihan saat piknik jika anda hanya sedikit orang. Makanan yang tersisa banyak kurang enak jika dibawa pulang lagi. Karena itu, perhitungkan jumlah porsinya dan sesuaikan dengan jumlah orang yang datang. 

10. Sampah dan Kebersihan
Yang terakhir, setelah piknik selesai, semua sampah harus dibersihkan dengan baik dan benar. Kumpulkan sampah tersebut, termasuk jika anda membawa alat makan sekali pakai. Buang pada tempatnya. 

Untuk alat-alat kotor, sebaiknya anda sediakan tisu basah dan kering. Anda bisa lap sementara sambil menunggu dicuci dengan benar di rumah. Ini bisa menghilangkan bau tak sedap ketika anda mengemas wadah-=wadah tersebut kembali. 

Tisu basah juga berguna untuk membersihkan tangan anda. Sediakan hand sanitizer karena biasanya tidak selamanya tempat cuci tangan dekat dengan lokasi piknik anda. 

Happy picnic!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this