Asa Citra

Lupakan Bangunan Hotel! Mumpung ke Venice si Kota Terapung, Mendingan Nyoba Nginep di Salah Satu Hotel Kapal yang Terapung Juga!

7 posts in this topic

Venice bukanlah kota yang mirip dengan kota-kota lain di dunia. Pasalnya, kota ini tidak berupa daratan biasa, melainkan gabungan dari 117 pulau-pulau mini. Antar pulau dipisahkan dengan kanal-kanal dan dihubungkan dengan jembatan. Sepintas terlihat, kota ini tampak seperti sebuah kota yang terapung di atas lautan.

Dengan kondisi geografis seperti itu, hampir tidak mungkin bagi kendaraan darat untuk beroperasi di sini. Jalan raya dan mobil-mobil berseliweran tidak akan bisa kamu temukan di Venice. Transportasi yang ada rata-rata berupa water bus atau gondola yang didayung secara manual. Namun, justru di situlah pesona kota ini. Suasana romantis akan terhirup kuat dalam atmosfernya, terutama bila kamu mengunjungi kota ini bersama pasanganmu.

Untuk lebih menikmati sensasi kota terapung, salah satu ide anti-mainstream yang bisa kamu coba adalah mencari penginapan terapung juga. Di kota ini, banyak juga lho hotel-hotel yang semacam itu. Hotel terapung maksudnya adalah perahu atau kapal pesiar yang menyewakan kabin-kabin harian dengan fasilitas layaknya sebuah hotel. Akomodasi berkonsep unik ini termasuk populer di kalangan turis. Secara, dimana lagi kamu bisa mendapatkan pengalaman unik seperti ini?

Hotel kapal di Venice ada banyak sekali pilihannya. Mulai dari yang cukup hemat sampai yang super duper mewah bak putri raja juga ada. Dilihat dari konsepnya pun berbeda-beda. Ada yang berkonsep Boat & Breakfast, yang mana itu mirip dengan konsep BnB (Bed & Breakfast). Ada juga yang beroperasi seperti hotel biasa. Dan ada juga yang perahu mini untuk disewa secara keseluruhan. Biasanya, perahu hotel semacam itu bisa menampung beberapa orang, cocok untuk satu keluarga atau sekelompok teman.

 

1.       Venezia Boat & Breakfast Caicco Freedom

Lokasi    : Campo Chiesa 1, Castello, 30132 Venice, Italy

Tariff     : Rp. 909.000,00

 

1.jpg.e0559bfd0fa013b0e2a40ce48bebf8c5.j

 

Kalau kamu mencari penginapan terapung paling hemat di seantero kota Venice, mungkin Venezia Boat & Breakfast Caicco Freedom adalah jawabannya. Hotel ini bertempat di sebuah perahu bernama Caicco Freedom yang tertambat di Saint Elena Marina. Salah satu obyek wisata terkenal yang cukup dekat adalah Saint Mark Square yang bisa diakses dalam 30 menit berjalan kaki. Ada juga galeri seni Venice Biennale dalam jarak 5 menit berjalan kaki. Selain itu, di kawasan ini juga masih terdapat banyak museum, galeri seni, serta berbagai obyek yang bernilai budaya dan sejarah.

 

Perahu Caicco Freedom hanya membuka pelayaran jarak pendek menuju Pulau Murano dan Burano. Kapal ini juga dapat berlayar menuju Pulau Fido dan Certosa juga bila ada tamu yang memintanya. Meski terkesan cukup sederhana, kapal ini banyak mendapat review positif dari para traveler yang pernah menginap di sana.

 

2.jpg.4155d19cb9ec11f2fd47ee7f860294c3.j

 

Secara keseluruhan, ada 10 buah kabin yang ditawarkan untuk akomodasi dengan variasi bentuk dari single room, twin, double, dan triple. Rata-rata kabin memang tidak memiliki ruangan yang luas. Namun, semua kabin sudah difasilitasi dengan adanya brankas mini, penghangat ruang, lemari, kamar mandi dalam, dan toiletries gratis. Lantainya berkarpet dan sudah dilengkapi dengan sistem penghangat untuk memastikan kakimu tidak akan kedinginan.

 

Tariff menginap sudah termasuk sajian sarapan yang variasi menunya cukup menggiurkan, antara lain seperti aneka jus, minuman hangat, roti-rotian, buah-buahan, serta yogurt. Di bagian dek kapal, terdapat semacam teras untuk bersantai sembari menikmati pemandangan laut dan kanal. Akses internet juga tersedia secara gratis dalam bentuk wifi yang bisa kamu gunakan di seluruh penjuru kapal.

 

3.jpg.76995053321d6002bceee6bace87ce9e.j

 

Dibanding hotel kapal lainnya, Venezia Boat & Breakfast Caicco Freedom memang memiliki desain interior yang jauh lebih simple dan fasilitas yang cukup ala kadarnya. Karena itulah tariffnya cukup hemat. Namun staff-nya yang ramah serta kebersihannya yang selalu terjaga membuat hotel kapal ini terasa cukup menyenangkan untuk diinapi.

 

 

2.       Sarah Sun Island Hotel

Lokasi    : Check-In at Fondamenta Beata Giuliana di Collalto 1, Isola di Saccafisola, Giudecca, 30100 Venice, Italy

Tariff     : Rp. 1.330.000,00

 

4.jpg.3bb92155aefedd3cfb324edcf9723981.j

 

Sarah Sun Island Hotel terdiri dari dua buah kapal pesiar yang ukurannya tidak terlalu besar. Kedua kapal ini tertambat tepat di tengah kota Venice. Lebih tepatnya adalah di sebuah laguna di Sacca Fisola, pulau kecil yang terhubung dengan Pulau Guidecca. Kawasan ini dulunya adalah pusat industri sehingga meninggalkan berbagai pesona unik dalam rautnya. Sekarang, kawasan ini menjadi destinasi sempurna di kota Venice bagi para traveler yang ingin mengagumi kesenian dan kuliner lokal.

 

Untuk dapat mencapai lokasi hotel, kamu perlu menggunakan water bus yang bernama Vaporetto dari Saint Mark Square. Jaraknya cukup dekat karena kamu hanya perlu melewati 4 halte saja. Pada laguna ini, kamu bisa menikmati indahnya panorama berupa kota Venice berikut jembatannya. Setiap dua kali dalam seminggu, kapal pesiar ini mengadakan pelayaran mengarungi laguna. Para tamu yang berminat bisa mengikutinya dengan biaya tertentu.

 

5.jpg.79b3caca6829e6afb8ddd5aa0dc5bfa8.j

 

Interior kapal ini difurnish dengan panel-panel kayu yang mengkilap, sehingga terkesan lebih hangat dan agak mewah. Kamar tidur tersedia dalam bentuk kabin yang bervariasi mulai dari twin room sederhana dengan ranjang susun, double room, hingga suite mewah yang cukup luas. Tiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi dalam, AC, lemari, dan jendela yang menghadap ke arah laut.

 

Di dalam kapal, terdapat semacam lounge yang cukup cozy untuk bersantai. Bila cuaca cerah, kamu juga bisa bersantai di dek kapal yang sama nyamannya. Sarapan disajikan setiap pagi hari, kadang di dek kapal, kadang di dining room dalam kapal. Sajian makan malam juga disediakan oleh pihak kapal dengan harga tertentu.

 

6.jpg.f2ada593351ba2b6b50d72cc689f4a33.j

 

Perahu yang stylish dan mewah ini juga terkenal dengan pelayanannya yang sangat memuaskan sehingga para tamu benar-benar terkesan dengan pengalaman yang didapatnya.

 

 

3.       Motor Yacht Bert – Boat and Breakfast

Lokasi    : Nuova Marina di Sant'Elena, Castello, 30132 Venice, Italy

Tariff     : Rp. 1.852.000,00

 

7.jpg.e93e109ab27beeb9f5e8cb2dad1ded2c.j

 

Motor Yacht Bert – Boat and Breakfast adalah sebuah hotel berkonsep BnB yang menggunakan sebuah kapal pesiar bermesin yang bernama Bert Valetta. Hotel kapal ini bertempat di daerah Castello. Tepatnya, kapal ini ditambatkan di Marina of St Helena. Lokasi ini cukup mudah dijangkau, yaitu hanya 10 menit berjalan kaki dari Sant Elena Water Bus Stop.

 

Lokasi hotel kapal ini cukup strategis. Kamu bisa mencapai Saint Mark Square dengan mengendarai water bus (vaporetto) melewati 3 halte saja. Di seberang dermaga tempat hotel kapal ini tertambat, terdapat Church of Sant Elena yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan arsitektural yang sangat kuat. Hal lain yang bisa kamu nikmati di kawasan ini adalah menyeruput cappuccino di salah satu café di sekitar Giardinni Publici yang indah.

 

8.jpg.3649da0005865c41ae081e32e3f62f0a.j

 

Hotel kapal ini terkenal memiliki sajian makanan yang sangat lezat. Hampir semua traveler yang pernah menginap di sini akan merekomendasikan untuk mencicipi makanannya. Setiap pagi, sarapan akan disuguhkan di dek kapal bila cuaca cerah atau di dining room bila cuaca sedang kurang bersahabat. Menu sarapan cukup variatif mulai dari yang manis hingga yang gurih dengan kesemuanya didominasi kuliner khas Mediterania. Tiap tamu juga akan menerima cocktail gratis saat baru tiba di hotel sebagai welcome drink.

 

Kabin kamar yang disediakan oleh hotel kapal ini memiliki desain interior yang sangat elegan dan tampak seperti sebuah hotel sungguhan. Ruangannya ber-AC dan susunan lampunya terkesan artistik. Pada setiap kamar juga terdapat TV layar datar, sebuah DVD player, brankas, dan kamar mandi dalam. Beberapa kamar bahkan mempunyai spa bath di kamar mandinya.

 

9.jpg.0790d0cc0e3fbda778e09817971df4e6.j

 

Akses internet dapat dinikmati secara gratis di area public dalam bentuk wifi. Bagian dek kapal juga sudah dilengkapi dengan area duduk yang nyaman untuk bersantai bila cuaca cerah. Hotel kapal ini juga bisa dijadikan tempat untuk mengadakan pesta dengan tamu hingga 40 orang. Pihak hotel sudah terbiasa mengorganisir berbagai macam pesta di kapal ini.

 

 

 

4.       Hotel HouseBoats Venice

Lokasi    : Via Tiro 2 - Isola Le Vignole, 30126 Venice, Italy

Tariff     : Rp. 4.478.000,00

 

10.jpg.a094a8b6ab7e0c8dea9decf10ea4891e.

 

Hotel HouseBoats Venice menawarkan dua buah kapal boat untuk disewakan. Kedua kapal ini ditambatkan di Le Vignole. Tempat ini bisa diakses dengan menaiki vaporetto (water bus) dari pusat kota Venice menuju Venice Lido.

 

HouseBoat yang tersedia memiliki desain yang elegan hingga ke bagian interior kabinnya. Kesan modern dan mewah sangat terasa. Berlibur di sini akan benar-benar memberimu pengalaman yang maksimal. Lantai kapal dilapisi karpet agar terasa hangat dan nyaman. Sistem penghangat pun dipasang untuk semakin menambah kehangatan dalam ruang.

 

11.jpg.5806751df08ffe2ca2c9031babb2cd09.

 

Satu kapal boat memiliki 3 buah kabin dengan masing-masing berisi ranjang berukuran double. Di area living room, masih ada 1 lagi ranjang single. Sehingga total kapal boat ini mampu menampung hingga 7 orang. Cocok untuk keluarga atau teman satu geng. Hotel kapal ini juga mengijinkan tamunya untuk membawa serta binatang peliharaannya. Tamu yang berniat membawa binatang perlu mengajukan request terlebih dahulu sejak awal dan kemungkinan akan dikenai sedikit biaya tambahan.

 

Tiap kapal memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari yang basic seperti kamar mandi, hingga fasilitas yang bersifat mewah seperti area santai di dek kapal yang sempurna untuk bersantai, berjemur, dan menikmati pemandangan. Bila cuaca tidak mendukung untuk bersantai di dek, masih ada living room yang nyaman di dalam kapal.

 

12.jpg.113e716ba59c86a5e56c57eeeee09355.

 

Dapur dan dining room juga tak ketinggalan, lengkap dengan peralatannya termasuk kompor dan lemari es. Dengan begini, kamu bisa memasak sendiri agar liburanmu terasa lebih akrab. Dan bila kamu malas memasak sendiri, tak perlu kahawatir karena di sekitar banyak terdapat restaurant dan café yang bisa kamu sambangi. Sebagian besar menawarkan kuliner khas Mediterania. Inilah kesempatanmu mencicipi sajian khas Italia selain pizza dan pasta.

 

 

 

5.       Hotel Gargantua

Lokasi    : Isola della Certosa, 30141 Venice, Italy

Tariff     : Rp. 1.925.000,00

 

13.jpg.cda74a83b6a48a058a27230868d26666.

 

Satu lagi pilihan hotel kapal yang menyewakan satu kapal utuh untuk pemakaian pribadi adalah Hotel Gargantua yang ditambatkan di Pulau Certosa. Lokasi hotel ini sangat strategis, yaitu hanya sekitar 500 meter dari Venice Airport. Kamu bisa menjangkaunya dengan naik vaporetto (water bus). Pusat kota Venice pun tidak jauh dari tempat penambatan kapal ini.

 

Hotel kapal ini menawarkan sebuah perahu boat yang didesain secara klasik hingga ke interior kabinnya. Ukurannya tidak begitu besar. Kira-kira bisa menampung sekitar 4 orang. Tamu yang menyewa kapal ini diperbolehkan membawa binatang peliharaannya dan tidak akan dikenai biaya tambahan untuk itu.

 

14.jpg.9a845307d5d1312f0e9cae8e11e87fc5.

 

Kabin memang agak sempit namun masih sangat nyaman dan ada lemari pakaian juga. Tersedia juga dapur mini lengkap dengan kompor, oven, lemari es, peralatan masak, dan juga dining table. Untuk duduk-duduk, disediakan sofa yang empuk dan cozy. Kamar mandi dalam kapal menyediakan toilet dan wastafel. Bila ingin mandi, kamu bisa shower yang tersedia di marina tempat kapal ini ditambatkan.

 

Fasilitas yang ada di dalam kapal ini sudah cukup memadai. Sistem penghangat ruang sudah disediakan agar para tamu tidak menggigil di musim dingin. Akses internet bisa dinikmati di setiap area dalam bentuk wifi berbayar. Bagi yang merokok, ada juga area khususnya agar asapnya tidak tersebar dan mengganggu. Paket sarapan yang manis disediakan setiap pagi secara gratis.

 

15.jpg.973fc9bc58cbbd715b2be9b0ad09a628.

 

Bagi yang ingin berpetualang, selain menggunakan vaporetto juga bisa memanfaatkan rental sepeda gratis dari pihak hotel. Kebutuhan shuttle service dan laundry pun juga akan dilayani oleh para staffnya. Di sekitar hotel ini banyak terdapat café dan galeri seni yang bisa menambah pengalaman manismu saat berkunjung ke Venice.

 

 

 

6.       House Boat Venezia Lido

Lokasi    : Via Malamocco 28, 30126 Venice-Lido, Italy

Tariff     : Rp. 1.415.000,00

 

16.jpg.b3f6b0b57192531249eb860acfefdd43.

 

Berada terlalu dekat dengan pusat kota Venice mungkin akan membuatmu merasa tidak nyaman karena terlalu ramai. Bila kamu termasuk orang yang lebih menyukai keheningan, mungkin bisa menikmati hotel kapal bernama House Boat Venezia Lido ini. Letaknya di Pulau Venice-Lido, yaitu sekitar 9 km dari Saint Mark Square. Meski agak jauh, akses menuju ke hotel ini tidaklah sulit karena kamu bisa menjangkaunya dengan naik vaporetto (water bus).

 

Berbeda dengan hotel kapal lain yang menyediakan ranjang dalam kabin-kabin kecil, di sini kabinnya pas hanya berisi satu buah ranjang. Secara keseluruhan ada dua buah kabin dengan masing-masing ranjang double. Di living room ada tambahan satu ranjang single yang berfungsi ganda sebagai sofa. Jadi totalnya, kapal ini bisa menampung tamu hingga 5 orang.

 

17.jpg.9a12d72931ef12f67c7e93f711463bd4.

 

Lantainya berkarpet untuk mendukung kenyamanan. Di dalam kamar juga ada lemari untuk menyimpan pakaian. Meski kapalnya cukup kecil, fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Ada dapur yang lengkap dengan lemari es, kompor, dan peralatan masaknya. Di dalam kamar mandi terdapat shower, toilet, handuk, dan bahkan hairdryer. Di atas kapal, kamu bisa duduk santai sembari menikmati pemandangan laut.

 

18.jpg.e6fa630328ab8660b39576e97e904b17.

 

Meski tidak terletak di tengah kota Venice, kamu masih bisa menemukan banyak atraksi menarik di kawasan ini. Berbagai bangunan bersejarah serta galeri seni tersebar di sekitar hotel. Venice Film Festival pun diadakan di area ini setiap tahunnya pada bulan September.

 

 

 

 

Di negara-negara lain, kamu juga bisa menikmati akomodasi dalam sebuah kapal. Namun rata-rata akomodasi tersebut disediakan sekaligus untuk pelayaran jarak jauh, misalnya seperti melintasi negara-negara di Oceania atau sebagainya. Sementara hotel kapal yang ada di Venice rata-rata tidak melakukan pelayaran jauh. Akomodasi semacam itu murni disediakan untuk meningkatkan keunikan dari pengalaman travellingmu di Kota Terapung di Italy ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 3/24/2016 at 1:58 PM, HarrisWang said:

Dari luar keliatan kecil, ternyata hahahaha

iya.. awalnya juga aku liat "ih ni apaan cuma buat berlayar sendirian apa gimana?"

haha. ternyata bisa muat sekeluarga dalemnya..

 

On 3/25/2016 at 5:55 AM, kyosash said:

Wah unik2 nih tempatnya, nice info :salut

thanks

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now