Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

klausaklise

Berbagai Jenis Jaket Favorit Untuk Traveling

Recommended Posts

Baik wanita maupun pria suka sekali tampil bergaya dengan jaket. Ada banyak macam jaket di luar sana, dan tahukah kalian dengan nama-namanya? Buat yang belum tahu, berikut ini jenis-jenis jaket yang favorit banget buat dibawa traveling santai sampai berpetualang di alam liar. 

img-thing?.out=jpg&size=l&tid=61635093

1. Jaket Denim
Jaket Denim ini tak pernah lekang dimakan waktu, ya nggak? Denim adalah bahan yang sudah populer sejak era 80 dan 90an. Kini, denim sangat digemari dari pakaian kemeja biasa sampai jaketnya. Jaket denim ini bisa menyempurnakan penampilan anda yang suka dengan gaya retro. Jaket denim cocok aja digunakan baik oleh pria maupun wanita. Warna jaket denim favorit adalah biru muda pudar. Jaket ini cocok untuk dipakai saat jalan-jalan santai seperti hangout di cafe atau mall atau bisa juga dipakai saat ke bandara. Bahannya yang tebal dan berat serta cukup panas di cuaca yang panas membuat jaket denim ini tidak cocok dipakai jika ingin backpaking atau berpetualang di alam bebas. Jadi cuma untuk jalan-jalan lucu aja. 

2. Jaket Varsity
Jaket varsity ini adalah jaket yang biasa dipakai para atlet dan biasa juga disebut sebagai jaket baseball. Jaket varsity akan membuat siapa pun yang memakainya terlihat lebih sporty dan berenergi. Jaket ini juga punya berbagai desain yang menarik yang cocok digunakan baik pria maupun wanita. Untuk wanita, pakai jaket varsity ini memang akan terlihat lebih tomboy, tapi jika dipadukan dengan celana pendek atau rok, jaket varsity akan tetap memberi kesan yang feminim pada pemakainya. 

Jaket ini cukup nyaman baik di cuaca cerah, berangin maupun dingin. Makanya, banyak yang pakai jaket varsity ini ke tempat-tempat yang sejuk seperti ke taman, puncak atau sekedar jalan-jalan santai ke alun-alun. Jaket varsity juga bisa buat yang suka city tour dan juga treking.

f41e08e3c4eb528a1d823088d1946c1b.jpg

3. Long Coat
Long coat biasanya minimal panjangnya selutut dan hits banget di negara-negara yang punya musim dingin. Long coat juga sudah difavoritkan sejak dulu. Kalau suka nonton film barat lama ataupun baru dan settingnya musim dingin, long coat nggak pernah ketinggalan. Kesan klasik dan elegan akan melekat saat seseorang mengenakan long coat ini. Bahannya memang terbuat dari fleece katun yang tebal sehingga sangat pas dipakai di musim dingin. Di Indonesia agak susah sih pakai long coat. Musim hujan walaupun agak dingin tapi ribet becek malah ngotorin coatnya :D Baik pria maupun wanita ada modelnya. Warnanya dari yang natural sampai warna-warna cerah pun ada. Long coat ini cocok jika dikenakan untuk city tour, jalan-jalan cantik. Sayang dan ribet kalau dipakai naik gunung :D

productlistingfront_04_WW0WW03691_212?$o

4. Parka
Parka mirip-mirip dengan long coat tapi bahannya saja yang berbeda. Parka bukan dari fleece dan modelnya biasanya ada resleting, berhoodie, dan juga berkancing. Parka ini juga biasa dikenakan orang-orang di musim gugur hingga musim dingin. Bedanya lagi, parka lebih memberi kesan yang kasual atau santai. Penggunanya juga akan terlihat lebih keren, baik itu wanita maupun pria. Warna-warna parka biasanya lebih ke hitam, cokelat, navy, dan juga hijau army. Parka ini favorit banget buat jalan-jalan santai, camping, dan bisa juga untuk hiking. Di Indonesia, saat cuaca adem  berangin atau hujan akan lebih cocok pakai parka dibanding long coat. 

jaket%2Bkulit%2Bariel%2Bnoah.png

5. Jaket Kulit
Jaket Kulit merupakan jaket yang sangat populer untuk memberi kesan keren pada pemakainya. Jaket kulit lebih banyak digunakan oleh para pria, namun wanita pun bisa memakainya. Biasanya jaket kulit dikenakan untuk naik motor atau saat touring karena cukup hangat dalam menahan angin. Jaket kulit yang tebal rasanya kurang pas dibawa mereka yang suka backpacking. Biasanya, jaket kulit yang terbuat dari kulit hewan asli akan lebih mahal dari pada kulit sintesis. Karena itu, jaket kulit yang banyak beredar di pasaran lebih banyak yang terbuat dari kulit sintesis dibanding kulit asli. Kalau wanita, jaket kulit juga akan memberi kesan lebih maskulin dan biasanya jaket kulit wanita dibuat dengan panjang badan yang pendek, cuma sampai di atas perut atau paling panjang sepinggang saja. 

6. Jaket Windbreaker
Untuk jaket yang satu ini paling banyak digunakan oleh anak motor biar nggak masuk angin hehe. Namanya juga windbreaker alias penahan angin dan jaket ini memang sudah didesain dengan bahan-bahan yang akan membuat penggunanya tetap hangat. Selain difavoritkan pengguna motor, jaket ini juga cukup nyaman untuk para traveler lain baik untuk jalan santai maupun mendaki. Hanya saja, kalau untuk mendaki masih kurang hangat dibanding jaket hiking lainnya. Tidak terlalu berat dan nyaman dipakai membuat jaket windbreaker cocok digunakan para traveler di Indonesia. Oya, salah satu tips membeli jaket windbreaker ini adalah jaket yang baik tidak akan membuat penggunanya merasa sesak. Jadi, jangan salah pilih ya.

jaket%20musim%20dingin.jpg

7. Jaket musim dingin
Jaket selanjutnya adalah jaket musim dingin yang biasa dipakai memang untuk cuaca yang ektrem. Jaket ini sudah didesain baik bahan maupun polanya agar bisa membuat suhu badan tetap hangat. Jaket musim dingin akan semakin mahal harganya jika kemampuan menghangatkan badannya semakin tinggi. Artinya, jaket ini akan membuat tubuh terlindung dari cuaca dingin yang ekstrem di luar. Jaket musim dingin yang bagus juga tidak membuat si pemakai merasa sesak. Selain itu, jaket ini punya hoodie dan penutup wajah termasuk telinga, mulut, hingga hidung. Jadi hanya mata saja yang tidak ditutupi. Jaket ini pun tentunya anti air. Ada yang terbuat dari bahan drill, bulu angsa, dan lain sebagainya. Kalau kamu ingin jalan-jalan ke negara yang sedang dilalui cuaca ekstrem, jaket inilah yang terbaik. Jaket musim dingin ini juga sering dipakai para pendaki agar tidak kedinginan di atas sana. 

8. Jaket Ski
Jaket ski mirip seperti jaket musim dingin, hanya saja jaket ini memiliki penutup wajah yang hanya sampai mulut. Jaket ski ada yang memiliki hoodie ada yang tidak. Bahannya juga mirip dan didesain agar tubuh bisa hangat namun dibuat lebih ringan agar mudah bergerak. Jaket ini tentunya biasa digunakan para pemain ski. Baik jaket ski maupun jaket musim dingin punya banyak sekali model dan warna yang bagus. Tinggal disesuaikan saja dengan selera masing-masing. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan jika ingin membeli jaket traveling.

1. Kenali bahan
Pertama, kenali bahan jaket karena bahan ini yang akan membuat kita nyaman atau tidak saat mengenakannya. Bahan jaket itu bermacam-macam dan ada baiknya jika saat ingin membeli diperhatikan dulu apa bahannya. Akan lebih baik jika memegang bahannya langsung agar bisa dirasakan kenyamanannya.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan
Kedua, sesuaikan dengan kebutuhan kita. Pilih jaket gunung jika ingin naik gunung. Atau pilih jaket yang ringan jika hanya ingin jalan-jalan di kota saja yang cuacanya cerah biasa. Menyesuaikan kebutuhan bukan hanya membuat si jaket itu lebih fungsional, tapi juga tidak salah dalam bergaya.

3. Warnanya
Memilih jaket ternyata perlu diperhatikan juga lho warnanya. Pernah terpikir kenapa jaket-jaket gunung punya warna-warna terang atau cerah? Warna-warna seperti merah, orange, hijau, biru terang tersebut akan mudah dikenali kawan perjalanan bahkan ketika gelap. Jadi, akan lebih mudah untuk tetap bersama terutama saat jarak pandang terbatas dan minimnya pencahayaan.

4. Harga dan kualitas
Apakah kamu termasuk yang ingin memiliki jaket lebih bagus kualitasnya atau tidak. Jaket yang punya banyak fungsi seperti jaket-jaket outdoor memang dibandrol dengan harga yang mahal. Tapi tentunya hal tersebut sebanding dengan kualitas dan fungsinya yang bisa melindungi diri dari cuaca ekstrem. Karena itu, pilihan ada di tangan kamu. Ingin punya jaket yang fungsional maka jangan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam. Barang asli akan lebih bagus dibanding barang KW tentunya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
5 hours ago, klausaklise said:

2. Jaket Varsity
Jaket varsity ini adalah jaket yang biasa dipakai para atlet dan biasa juga disebut sebagai jaket baseball. Jaket varsity akan membuat siapa pun yang memakainya terlihat lebih sporty dan berenergi. Jaket ini juga punya berbagai desain yang menarik yang cocok digunakan baik pria maupun wanita. Untuk wanita, pakai jaket varsity ini memang akan terlihat lebih tomboy, tapi jika dipadukan dengan celana pendek atau rok, jaket varsity akan tetap memberi kesan yang feminim pada pemakainya. 

Jaket ini cukup nyaman baik di cuaca cerah, berangin maupun dingin. Makanya, banyak yang pakai jaket varsity ini ke tempat-tempat yang sejuk seperti ke taman, puncak atau sekedar jalan-jalan santai ke alun-alun. Jaket varsity juga bisa buat yang suka city tour dan juga treking.

f41e08e3c4eb528a1d823088d1946c1b.jpg

pertama kali nya pake jaket model gini di Seoul kemarin 

memang ampuh untuk mengatasi dingin :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

  • Similar Content

    • By bangchangkyu
      Hai semua... musim ujan begini dingin banget nih.... kalo lagi dingin2 gini, enaknya selimutan aja...

      Kalo pas lagi jalan2 keluar, temen2 lebih milih mana buat menghangatkan badan??

      Bawa selimut? jarang sih yang kayak gini, tapi ada aja lhooo... temen aku contohnya. ga bisa lepas dari selimut. Biar jalan2 dy rela bawaan banyak demi selimutnya .. :)
      Sleeping bag, wah buat para pendaki pasti apal ama yang ini. Camping juga enak banget kalo bawa sleeping bag. :)
      Jaket, simple. Walau ga melidungi seluruh badan dari dingin, tapi jaket lebih simple dari yang lain...
      Saya pribadi, selalu bawa jaket doang kalo ke mana2.. biar namabah anget, tambahin kaos kaki n sarung tangan. Tidur sambil tangan masukin ke ketiak.. setidaknya lebih hangat... :)
×
×
  • Create New...