Sign in to follow this  
JUNASIKPARK

Sinar Biru di Permukaan Laut, Pantai Toyama

16 posts in this topic

Sinar Biru di Pantai Toyama

Hi Jalan2ers, di sepanjang pantai Toyama di Jepang ada fenomena cahaya biru yang unik. Bisa dilihat penampakannya di foto ini.

241083386273781152_GlZ3ejbJ_c.jpg

Sumber: http://pinterest.com...83386273781152/

Apakah Anda tahu cahaya apa itu dan dari mana asalnya? apakah itu ulah manusia?

firefly-squid-1%25255B4%25255D.jpg?imgmax=800

Sumber: http://www.amusingpl...-bay-japan.html

Sesungguhnya cahaya biru itu berasal dari tubuh cumi-cumi yang disebut The Firefly Squid, cumi-cumi dengan panjang tubuh hanya 3 inchi. Firefly squid dilengkapi dengan organ khusus penghasil cahaya yang disebut photophores yang memancarkan cahaya biru. Photophores besar terdapat di ujung tentakel serta sekitar mata cumi-cumi, dan ada sekitar ribuan photophores kecil di dalam tubuh cumi-cumi tersebut.

firefly_squid01.jpg

Sumber: http://foodfordesign...d-toyama-b.html

Biasanya Firefly Squid hidup pada sekitar kedalaman 350 meter, namun mereka terbawa oleh ombak dan terdampar di sepanjang pantai Toyama. Dan pada periode yang sama mereka sedang dalam musim pemijahan, jutaan cumi datang bersamaan utk membuahi dan bertelur di pantai Toyama. Kejadian alam ini menjadi satu pemandangan yang menakjubkan dan menarik ribuan turis pada. Fenomena ini biasanya terjadi pada sekitar bulan Maret sampai Juni.

Share this post


Link to post
Share on other sites

gileee... cumi-cumi glow in the dark wkwkw.. keren banget.. Kalau liat sekilas gambarnya, itu jadi keliatan kaya api biru gitu. Cakep banget nich pasti. Dari fosfor ya? jgn2 yg biasanya alat fosfor yg diketok2 jadi nyala itu dibuat dari ini? wkkw

Share this post


Link to post
Share on other sites

keren banget ya hahaha cumi-cuminya itu selalu ngumpul di ujung gitu ya, bagus jadi keliatan jelas dari atas :D

kerennya yaaaa........

setiap tahunnya cuma diantara maret - juni aja yaaa??

selain di toyama, fenomena gini dmn lg yaaa?? sapatau ada yang warnanya merah atw kuning gitu :D

haha setuju nih, siapa tau warnanya ada banyak ya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

wow keren banget....

boleh kita tangkap untuk pelihara gak yah?

lumayan, bwt mengganti emergency light kalo mati lampu.

hahahaha....

Haha.. katanya sih rasa cumi ini enak, jd sering ditangkep buat dijadiin makanan sm org jepun

kerennya yaaaa........

setiap tahunnya cuma diantara maret - juni aja yaaa??

selain di toyama, fenomena gini dmn lg yaaa?? sapatau ada yang warnanya merah atw kuning gitu :D

keren banget ya hahaha cumi-cuminya itu selalu ngumpul di ujung gitu ya, bagus jadi keliatan jelas dari atas :D

haha setuju nih, siapa tau warnanya ada banyak ya :P

Wah saya sih kurang tau ada lagi atau ngga fenomena inni di tempat lain, harusnya sih ada. Haha, kalo banyak warna jadi kyk di kisah dongeng ya, nnti lautnya jadi bercahaya warna warni haha

gileee... cumi-cumi glow in the dark wkwkw.. keren banget.. Kalau liat sekilas gambarnya, itu jadi keliatan kaya api biru gitu. Cakep banget nich pasti. Dari fosfor ya? jgn2 yg biasanya alat fosfor yg diketok2 jadi nyala itu dibuat dari ini? wkkw

Hahaha ada2 aja, ya ini jadi kyk di film avatar nya james cameron kan wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites

wow keren dan banyak banget ya.. tuch ngomong2 turisnya ngeliatnya dari jauh doank ya... ntar klu dari deket ke injek injek mati nga tuch cumi cuminya :D atau ada pembatasnya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

wow keren dan banyak banget ya.. tuch ngomong2 turisnya ngeliatnya dari jauh doank ya... ntar klu dari deket ke injek injek mati nga tuch cumi cuminya :D atau ada pembatasnya...

Hahaha.. itu kan masih di dalam air gan, ya sebaiknya sih jgn nyemplung, nanti banyak yg keinjek kasian :P ga ada pembatasnya itu bebas mau ditangkep jg gapapa, jumlah cumi nya banyak sekali.

wah cantik banget,nyetrum ngak yah kayak ubur2 .hehehe

Hahaha.. ya ga nyetrum lah, ini cumi bukan ubur2 ;p

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo gua pikir bro, sama yang kaya gua jelasin di thread gua, karena sebab dari binatang bersel satunya, bukan cumi cuminya. jadi mungkin ada hewan bersel satu kaya plankton gitu yang mungkin nempel di cumi cumi itu, karena si cumi cumi punya satu zat tertentu, gitu bukan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wih, cakep gitu, bewarna tapi punya pola, kaya nyambungin titik titik jadi satu bentuk cumi cumi gitu, mantep.. Sekali sekalinya ke toyama, harus pas ni waktunya..

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo gua pikir bro, sama yang kaya gua jelasin di thread gua, karena sebab dari binatang bersel satunya, bukan cumi cuminya. jadi mungkin ada hewan bersel satu kaya plankton gitu yang mungkin nempel di cumi cumi itu, karena si cumi cumi punya satu zat tertentu, gitu bukan?

Bukan bro, tapi itu berasal dari tubuh si cumi itu sendiri, penjelasan yg gua dpt adalah ada organ di badan cumi yg disebut photophores, yg warna nya emang sama dg warna plankton berchaya itu.

Wih, cakep gitu, bewarna tapi punya pola, kaya nyambungin titik titik jadi satu bentuk cumi cumi gitu, mantep.. Sekali sekalinya ke toyama, harus pas ni waktunya..

Mantap! ditunggu kabar berita ke toyama nya gan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tuch cumi2 pada ada yg nangkepin buat dimakan nga ya?, soalnya klu cumi nya cakep gt nga tega juga klu mau dijadiin lauk, hrsnya dilindungi nich cumi biar khusus utk menarik wisatawan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih mantap jepun emang uye dah :D

Tuch cumi2 pada ada yg nangkepin buat dimakan nga ya?, soalnya klu cumi nya cakep gt nga tega juga klu mau dijadiin lauk, hrsnya dilindungi nich cumi biar khusus utk menarik wisatawan :D

Iya tuh om, ditangkep n dimakan sama warga di sana jg, katanya rasanya lezat tuh, mungkin cumi ini jumlahnya masih banyak, jadi ngga masuk dalam kategori hewan yang harus dilindungi, nih foto2nya.

Hotaruika_Namerikawa.jpg

Ini contoh masakannya :P

4447720977_54eb1b5545.jpg

Sumber: http://doubleredapples.blogspot.com/2012/05/toyama-bays-blue-light-firefly-squid.html

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this