Hartono Hasian

pasar semawis, pasar kuliner terpanjang

7 posts in this topic

pasar semawis atau dikenal dengan warung semawis adalah pasar malam di daerah pecinan semarang yang di pelopori oleh perkumpulan kopi semawis , kopi semawis singkatan dari komunitas pecinan semarang untuk pariwisata

sejarah semawis : menyusul diresmikan nya libur falkutatif oleh Gus Dur tahun 2001, dan dilanjutkan oleh Megawati Soekarnoputri yang meresmikan libur nasional pada tahun 2003, maka pada tahun 2004, bertepatan dengan imlek 2004, perkumpulan kopi semawis memulai mengadakan pasar imlek di pecinan, itu lah awal dari pasar semawis yang masih ramai sampai saat ini

Pasar Semawis terletak di jalan Gang Warung, untuk menuju ke sana, ada beberapa jalan yang bisa dipilih. Dari jalan Gajahmada, dapat masuk lewat jalan Wotgandul Barat > Plampitan > Kranggan > parkir di jalan Beteng. Dari jalan Gajah mada juga dapat masuk langsung ke jalan Kranggan lewat perempatan Depok. Jalur lain adalah lewat Pasar Johar atau Jurnatan, masuk lewat jalan Pekojan > parkir di jalan Gang Pinggir. Setiap akhir Minggu malam saat Waroeng Semawis digelar, beberapa jalan di Pecinan ditutup salah satu ujungnya, yaitu jalan Gang Besen, Gang Tengah, Gambiran, Gang Belakang, dan Gang Baru. Jalan-jalan tersebut dapat digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung Pasar Semawis.

Pasar semawis merupakan pasar jajanan malam yang paling panjang di semarang, dan dengar dengar akan di perpanjang lagi lokasinya , jam buka hanya pada hari jumat, sabtu dan minggu , dimulai dari jam 06.00 sampai dengan tengah malam

silakan di coba kalau ke semarang

 

https://hartono238.wordpress.com/2016/04/30/semarang-pusat-kuliner-pecinan-semawis/?frame-nonce=1af0e31964&preview=true&iframe=true

DSCN2071.JPG

DSCN2072.JPG

DSCN2073.JPG

DSCN2074.JPG

DSCN2075.JPG

DSCN2076.JPG

DSCN2077.JPG

DSCN2078.JPG

DSCN2079.JPG

DSCN2080.JPG

DSCN2081.JPG

DSCN2082.JPG

DSCN2083.JPG

DSCN2084.JPG

DSCN2085.JPG

DSCN2086.JPG

IMG_20160123_204428.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By Nicole Sacha
      Ola !!!
      Berhubung kangen banget udah lama ga ngisi FR di FJ2, kebetulan abis ke Semarang juga (walaupun udah 3 bulan lalu )
      Berikut sedikit cerita gw, Semarang Dadakan. (yeeeeeeiiiiiiiii)
       
      Kenapa pilihan gw ke Semarang, jadi begini sob :
      1. Gw belom pernah kesana
      2. Berhubung gw disuruh cuti sama bos gw karena dia liat perfomance gw agak mengendur a.k.a 5L (nah bingung kan lw singkatan apapula ini) jadilah gw ambil cuti. 
      3. Kota ini lumayan punya banyak destinasi menarik dan tidak memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk menjelajahinya, cocoklah untuk flashpacker dadakan kaya gw.
       
      Singkat cerita, setelah membeli tiket kereta & voucher penginapan secara online di salah satu website yang  menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring (hidup makin mudah ya cin) bertolaklah gw ke Semarang.
      Dengan menumpang kereta Tawang Jaya dari Stasiun Pasar Senen, kami berangkat tepat pukul 23:00, sebelum berangkat isi perut dulu dengan makan nasi goreng ala kadarnya di depan stasiun, mureh bro, 12 ribu perak seporsi pake telor (boleh milih mau di dadar atau di ceplok).
       

      Harga tiket PP Pasar Senen - Semarang Poncol u/ 2 Orang

      Semarang Poncol, 18 Agustus 2017
       
      Tepat pukul 06:15 kereta Tawang Jaya berhenti di Stasiun Semarang Poncol. Sampai di Semarang, gw segera mencari bilik termenung , dan seperti biasa, antri.
      Pagi di Semarang, bingung mau kemana karena emang ga bikin ittin yang well prepared. Setelah ngubek-ngubek maps online, kami putuskanlah untuk ke Kota Lama dengan berjalan kaki.
       
      Kota Lama
      Kota Lama Semarang ini mirip dengan Kota Tua Jakarta, yang membedakan adalah Kota Lama terkesan lebih rapih dan saran gw, kalau tujuan kalian ke Kota Lama memang untuk huntphot a.k.a Hunting Photo (istilah anak jaman sekarang) datanglah di pagi hari, karena selain udara pagi lebih adem, kegiatan juga belum terlalu banyak manusia alias sepi, jadi hasil foto lebih ciamik.
      Setiap sudut Kota Lama juga sangat menarik untuk diabadikan, so be prepared your camera before guys.

       

      Salah satu sudut Kota Lama Semarang
      Bangunan yang paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, dibangun pada tahun 1753, bangun yang bergaya neo-klasik ini menjadi Landmark Kota Lama Semarang. Gw hanya berhasil memotret bangunan dari luar saja.

      Gereja Blenduk
      Selain Gereja Blenduk, ada beberapa bangunan yang berada di kawasan Kota Lama, seperti Pabrik Rokok Praoe Lajar & Gedung Marba. Bangunan tersebut menarik untuk disambangi, selain bernilai sejarah, arsitektur bangunannya masih terjaga dan lumayan terawat hingga kini.
      Puas berkeliling di Kota Lama, kami menuju destinasi berikutnya yaitu Lawang Sewu.
       
      Untuk menuju Lawang Sewu, dari kawasan Kota Lama kami menaiki Trans Jateng. Di Semarang, ada 2 jenis BRT (Bus Rapid Trans) yang beroperasi, yaitu Trans Jateng & Trans Semarang. Sedikit berbeda dengan TransJakarta, BRT di Semarang ini tidak memiliki jalur khusus, jadi berjalan seperti kendaraaan umum lainnya.Untuk harganya lumayan terjangkau Rp 3.500 sekali jalan.
       
       

       
       

       

       
      Perjalanan dari Kota Lama ke Lawang Sewu hanya memakan waktu kira kira 15 menit. Singkat bukan, ya, karena Semarang adalah kota kecil, untuk menuju satu destinasi ke destinasi lain tidak memerlukan waktu yang lama, asal masih berada di area dalam kota.
       

      Lawang Sewu
       
      Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu, bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1904-1907. Masyarakat setempat menyabut Lawang Sewu (yang berarti seribu pintu) karena bangunan ini memiliki banyak pintu walaupun pada kenyataannya tidak sampai seribu.Kesan yang gw dapat waktu pertama kali masuk ke bangunan ini adalah artistik, pada dasarnya gw memang mengagumi bangunan bangunan tua yang berkarakter dan nilai historicalnya tinggi.

      Harga Tiket Masuk Dewasa
       

      Foto Bangunan di tahun 1907
      Selain dapat menikmati arsitektur gedung, Lawang Sewu juga memiliki koleksi sejarah perkereta apian di Indonesia, sangat lengkap dan menarik untuk dilihat.

      Telephone jaman dulu
       

      Salah satu bangunan utama Lawang Sewu
       
      Puas menjelajahi Lawang Sewu, kami menuju destinasi selanjutnya yaitu Kelenteng Sam Poo Kong.
      Untuk menuju kesana, kami disarankan oleh satpam Lawang Sewu untuk menaiki kendaraan online saja agar lebih praktis. Dan berangkatlah kami dengan naik Go-Car, salah satu layanan yang dimiliki oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan nama Gojek.
       
      Sampai disana, perut mulai berbunyi minta diisi a.k.a laper, kebetulan didepan pintu masuk kelenteng, ada tenda penjual makanan khas Semarang, Mie Kopyok, penasaran dengan rasanya, kami langsung saja pesan dan rasanya ternyata enak. Harganya murah meriah pula, Rp 8,000 perporsi.
       
       

       

      Mie Kopyok
       
      Kelenteng Sam Poo Kong
       
      Kelenteng ini terletak di daerah Simongan, kompleks bangunannya sangat luas dan terdapat banyak bangunan yang semuanya berwarna merah. Tujuan saya kesini adalah untuk melihat secara langsung patung Zheng He/ Chang Ho seorang Laksamana Tiongkok yang beragama islam.
       
       

      Ticket Price
       
       
       

      Salah satu sudut di area Kelenteng
       

      Relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho
      Kelenteng Sam Poo Kong adalah destinasi terakhir kami untuk hari ini, setelah puas berkeliling dan mengamati, kami menuju penginapan untuk beristirahat.
      Kembali dengan menaiki Go-Car, diantar ke penginapan yang berada di daerah Jl. Gajahmada, Griya Tentrem Ayem, gw pesen pakai Airy Room. MURAH aja guys, ga bikin kantong bolong. Lumayan juga buat istirahat sama mandi.
      Haha, namanya flashpacker. Makin irit makin asik!!!
       

      Reception Area
       
      Harga roomnya sekitar 240 ribuan permalam, sudah include sarapan (nasi goreng dan teh manis). Lumayan
       
      Sekedar informasi, Semarang iklimnya lebih panas dari Jakarta, mungkin karena lokasinya tidak jauh dari laut / pinggir pantai ya. Selain penduduk ramah, makanan yang murah dan Semarang juga kota yang sangat tenang, jauh dari kesan hip hip hura. Lumayan aman juga kalau mau travelling sendirian ke Semarang.
      Sekian dulu post saya tentang perjalana ke Semarang, semoga informasinya bermanfaat dan yang sudah berencana untuk ke Semarang, semoga segera terlaksana!!!
       
      XOXO
      ANS
       
      (PS : Semua foto adalah dokumentasi pribadi milik penulis)
    • By min0ru
      Mencoba Enaknya Makanan di Sushi Hiro Senopati

      Penasaran dengan enaknya Sushi Hiro Senopati yang hanya buka pada saat makan siang dan makan malam saja? Akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk mencobanya minggu lalu. Kami datang pukul 16.55 WIB yang kami pikir 5 menit sebelum buka slot kedua pada hari itu, saat kami tiba parkiran sudah penuh dan meluber sampai pararel dipinggir trotoar jalan senopati.

      Waiting list pun sudah mencapai 5 orang dan setelah tanya-tanya kepada pegawainya, kini Sushi Hiro sudah buka non-stop dari pagi hingga malam sejak beberapa bulan silam. Mungkin karena banyak sekali yang berminat untuk makan disini dari berbagai kalangan :D.

      Setelah 10 menit menunggu antrian, akhirnya nama kami dipanggil karena meja sudah tersedia. Makanan-makanannya hampir semua menggiurkan (kecuali sashimi, karena saya pribadi ngga doyan :P).

      Ngga seberapa lama setelah order diinput, makanan pun datang satu per-satu. Beberapa menu yang kami pesan:
      Shiok Maki 130K Ultimate Truffle Gyu Don with Foie Grass 145K Chicken Teriyaki 65K Tori Skin Fried 25K Ice Chocolate & Ice Vanilla 20K Kaki Guratan 50K
      Makanannya enak-enak hanya yang disayangkan staff mereka agak lamban jika ada permintaan tambahan menu atau tambahan alat makanan, karena kami request untuk minuman sampai 2x baru diantar, begitu juga dengan tambahan sendok – piring harus 2x diminta baru diantarkan, mungkin juga disebabkan oleh ramainya pengunjung.
      But overall, kami pasti akan balik lagi kesini lain waktu karena makanannya benar-benar enak!

      Sushi Hiro Senopati
      Jl. Suryo No.24
      Kebayoran Baru, South Jakarta
      Instagram: @sushihiro_id
      Phone: +6221-72800108

       
       
    • By Dewi Calico
      AYAM GEPREK DEKAT KAMPUS
      안녕하세요,
      Huuwaaaa Traveler Cute menemukan kuliner enak di Bali, cocok buat para pecinta rasa pedas.
      Based olahannya adalah Ayam.
      Jadi Pedas & Ayam, pasti banyak yang suka kan????
      Dan menurutku lidah orang Indonesia itu suka pedas hahaha.
      Awalnya aku terpesona dengan kuliner ini saat ada postingan di IG dan yaa aku kepoin dong karena foto makanannya beneran meluluhkan hatiku.
      Well, lokasi di Bali dan aku sudah bertekad kalau ke Bali harus mencari makanan Ayam pedas itu.
      Finally saat aku di Bali langsung buka App Waze, yeeaahh App kesayanganku yang always help me dan setia menunjukan jalan hahaha.
      Okay chek Waze estimasi waktu sekitar 30 menitan dari Kuta.
      Dan capcuuss berangkat mengikuti petunjuk Waze.
      Aaaiihhh ternyata cukup jauh yaaa ditempuh dengan Motor dan cuaca super panas dan hanya pakai Hotpant Tanktop.
      Yaahh begitulah lalu lintas padat, dan perjuanganku cukup berat haha.
      Tarraaaa saat sampai di lokasi,
      Hmm lokasi tidak terlalu besar tapiiii rapi bersih dan good looking laaaa ibaratnya.
      Nama tempat makan ini yaaa itu tadi AYAM GEPREK DEKAT KAMPUS.
      Maybe because dekat kampus dan supaya orang mudah ingat kali yaa that's why diberi nama seperti itu.
      Saat itu aku meminta untuk dibungkus.
      Aku memilih menu dan woow harga terjangkau.
      Aku membeli Paket Ayam+Nasi+Sayur seharga 20.000 IDR.
      Dan juga Ceker mercon seharga 15.000 IDR.
      Ceker isi 5 pcs.
      Ayam paketnya unik siihh karena di Box bungkusan itu sudah bentuk ayam suwir, jadi aku gak harus ribet memilah Ayam dan tulang.
      Soal rasa yaapp eennaakkk, sedap dan aku pengen lagi.
      Sambalnya nyoosss pedasnyaaaa.
      Ceker super empuk, bumbu pas banget.
      Dan pokoknya aku suka banget pedasnyaaaa itu lhoo menggoyang lidah banget hahhahaha.
      No., Jl. Jend. Sudirman No.19A, Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80113
       
      Kuliner ini pas banget untuk kalian kalian yang pengen tantangan pedas.
      Capcuuss dicoba yaaa.
      Happy Traveling.
      Salam Dewi Calico.







    • By eka wibisono
      Hai teman-teman KJJI penggemar kopi, kebetulan beberapa minggu lalu, aku dan teman2 kulineran  di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.  Setelah makan siang dan jalan2 di PIK Avenue, beberapa temanku yg memang maniak kopi ngajakin  ke tempat ngopi yg nyaman dan tentunya kopinya pasti enak juga.
      Namanya UPO Coffee ("UPO")  dan berlokasi di Ruko Cordoba, Blok H No. 79, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
       
      UPO buka hari Senin s/d Jumat jam 09.00 – 19.00 WIB. Hari Sabtu & Minggu: jam 09.00 s/d 24.00 WIB dan hari libur besar pun buka lho. Tempatnya mungil dan terselip diantara ruko-ruko tp sore itu banyak jg pengunjungnya. Untung deh kami dapat tempat di lantai 2. Walaupun tempatnya mungil, tp nyaman lho untuk kongkow2 dgn teman2, ngelamun2 doang, ngopi sambil kerja ok jg, pokoke  suasananya asik lah.

       
      Untuk teman2 yg gak doyan kopi, jgn kawatir ada kok pilihan minuman lainnya seperti teh,coklat dll.
      Ini dia menu-menunya:

      Untuk harga, mulai dari Rp. 8 ribu s/d Rp. 85 ribu. Hmm.. aku rasa masih wajar kok sebanding lah dng kenyamanan tempat dan rasa minuman yg dijual.
      Nah pastinya kami semua pingin cobain minuman yg spesial dr UPO ini.. Ini lah pesenan kami semua:
      1. Mocha Master: Minuman kopi ini unik lho, Kenapa unik? Krn kita sendiri yg meracik kopinya  sesuai dgn selera kita dan tidak disajikan dgn es batu seperti tempat lain Liat nih tampilannya.
       
       

      Hehehe... pasti bingung kan liat tabung-tabung yg disodorin ke muka kita, serasa mo praktek di laboratorium gt.
      Untuk Mocha Master, kita akan dikasih cairan Susu murni tawar, coklat, kopi espresso dan cold brew (kopi yg didinginkan selama 12 jam (kata waiternya lho)) dan ini dia yg nambah uniknya, kalo biasanya kopi disajikan dgn es batu, nah Mocha Master disajikan dgn ice cube stainless steel. Sempet gak percaya lho, tp emang bener ice cubenya  terbuat dr stainless steel yg udah didinginkan sama dgn dinginnya es batu, dan udh pasti gak bakal mencair. Jgn kawatir,  ice cube stainless steel dijamin kok hygienis.
      2. Upo spesial Black Sesame Latte terdiri dari: Susu murni tawar, cairan black sesame (wijen hitam) dan bola es rasa wijen hitam.
      Minuman ini menurut aku unik jg ya krn jarang kan wijen hitam dibuat utk campuran minuman. Rasanya..hehehe susah utk mendeskripsikannya. Kalo teman2 mau tau rasanya, sebaiknya dateng langsung deh ke UPO.
       
       

      3. Upo spesial Taro Latte terdiri dari: Susu murni tawar, cairan Taro (talas ungu) & bola es rasa taro.

       
      4. Upo spesial Green Tea Latte: Susu murni tawar, cairan green tea & bola es rasa green tea.

       
      5. 
      Peach Ice Tea: Teh rasa peach & bola es rasa peach.
       
       

      Jd dari semua minuman yg kami pesan, menurut aku sih yg harus dicoba yaitu Mocha Master dan Upo Spesial Black Sesame Latte. Rata-rata minumannya minim rasa manis ya, jd utk penggemar minuman manis bisa minta tambahan gula cair.
       
       
      Oh iya, kalo teman2 ingin cari snack pendamping minuman, UPO jg menyediakan aneka cake dan pastries.  Kalo gak selera dng kue2 yg ditawarkan, jgn  kawatir boleh kok kita bawa snack dr luar. Seperti yg aku & teman2 lakukan, kita beli aja deh pisang goreng , tempe & tahu goreng  di Prima Rasa Pisang Goreng Pontianak yg terletak di bagian depan ruko Cordoba. Lebih cocok sih sbg snack pendamping minuman kita.
       
       

      Jadi teman2 kalo ingin cari tempat nongkrong di daerah PIK, jangan lupa mampir ke UPO. Recommended lah!
    • By Dewi Calico
      안녕하세요...
      Makan lagi makan lagi.
      Yap aku memang suka makan.
      Apalagi menu dari Ayam, hmm enak banget deh.
      Dan salah satu yang aku suka adalah Ceker.
      Meskipun 90% Ceker itu adalah Tulang tapi tetap saja enak untuk dinikmati.
      Apalagi kalau olahannya enak, bumbu pas dan empuk.
      Makin melted deh ini hati untuk makan ceker yang banyak.
      Saat aku di Kuta,Bali itu aku menemukan sebuah kuliner Ceker yang enak banget.
      Diolah menjadi Soto yang sangat gurih.
      Kuah hangat ditambah sambal, kecap dan jeruk nipis.
      Cekernya juga sangat empuk banget.
      Gak perlu dipegang pakai tangan.
      Cukup pakai sendok dan dinikmati cekernya.
      Karena empuk itulah jadi tidak rumit untuk menikmati ceker.
      Gimana enak dan mudah banget kan menikmati olahan ceker yang spesial.
      Dan ini Lokasi nya di Pasar Kuta.
      Happy Traveling.
      Salam Dewi Calico.
      IG: Deelittlestep
      FP: Dee little step
      Blog: www.dewicalico.blogspot.com
       

    • By Dewi Calico
      안녕하세요...
      Tulisan spesial untuk kalian yang suka makan Ikan.
      Inget yang suka makan IKAN bukan MAKAN TEMAN !!! 
      Kalau sedang di Bali, tepatnya di Pantai Sanur.
      Cobalah untuk menikmati kuliner yang melegenda.
      Entah kenapa melegenda, pastinya sih karena sudah ada sejak lama.
      Kuliner berbahan dasar Ikan yang dibuat menjadi sup.
      Saat aku datang.
      Aku memperhatikan Warung Mak Benk ini terkesan biasa saja, tak ada bedanya dengan Warung lain.
      Dalam artian bentuk warung tidak megah mewah bergaya modern.
      Di dalamnya terpajang banyak sekali foto artis yang sudah berkunjung.
      Tapi meman sih ramai banget.
      Jadi inilah istimewanya !!
      Setelah memesan Sup Ikan, Nasi dan EsTeh manis.
      Waktunya menikmati citarasanya.
      Hangat, segar, tidak terlalu amis.
      Ikan yang lembut.
      Kuah yang hangat gurih segar.
      Dan semacam ada tambahan sayuran di dalamnya seperti timun yang sudah layu karena kuah panas atau mungkin ikut direbus.
      Enak banget.
      Andaikan ini dimakan saat udara dingin akan lebih woow lagi.
      Happy Traveling,
      Salam Dewi Calico.
      IG: Deelittlestep
      FP: Dee little step
      Blog: www.dewicalico.blogspot.com
    • By petrus.sitepu
      Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Indah Kapuk? Belakang daerah Pantai Indah Kapuk lebih terkenal dengan proyek reklamasi (pulau buatan) tapi siapa sangka ternyata di Pantai Indah Kapuk atau lebih dikenal dengan PIK menyimpan sebuah tempat wisata kuliner yang patut dicoba, ibarat mutiara yang tersimpan rapat.
       
        
      Tidaklah mudah untuk masuk ke area PIK, salah satu menuju tempat ini dengan menggunakan akses tol yang menuju bandara Soekarno Hattta dan keluar di pintu tol Pantai Indah Kapuk.
      Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk wisata kuliner di PIK adalah Food Plaza, berjejer makan enak di area food plaza ini dari yang halal hingga nol-halal dari hidangan laut hingga olahan daging sapi maupun babi. Salah satu nilai jual tempat ini selain makanannya yaitu suasana yang disuguhkan. Area makan dari Food Plaza adalah open air (lapangan terbuka), dan  tersedia banyak tempat untuk makan jadi jangan kuatir tidak kebagian tempat.
      Beberapa jenis makan yang disajikan di Food Plaza adalah : Bola Seafood Acui, Sate Babi Johan, Ayam Gepuk Sambal Bawang Pak Gembus,Nasi Uduk Babi Buncit dan Nasi Goreng Gila. Salah satu makan yang direkomendasikan khususnya pencinta makanan non-halal yaitu Sate Babi Johan.
       
      Kenikmatan Sate Babi Johan jangan ada tanyakan lagi, beberapa orang yang sudah pernah coba ini pasti akan ketagihan untuk kembali lagi. Sate babi manis dan Tulang Iga bakar menjadi salah satu pilihan terbaik ketika mengunjungi Sate Babi Johan. Liang Teh ataupun minuman Badak menjadi salah satu teman yang baik ketika anda menyantap makanan. Masalah harga anda tidak perlu kuatir karena masih bisa terjangkau khususnya untuk mahasiswa (tapi mahasiswa jangan sering sering, tidak baik untuk kesehatan).
      Cara memesan makan di sate babi johan yaitu ada langsung mendekat dengan mba mba yang berdiri tidak jauh dari kasir, langsung pilih jenis sate yang diinginkan dan anda akan diberi no meja untuk mengetahui pesanan and
      a. 
      Puas menikmati makanan utama saatnya menikmati makanan ringan, di Food Plaza PIK banyak pilihan yang disajikan disini salah satunya Kembang Tahu, Bolu Ubi Kopong, Kue Leker, Es Steamboat Durian bahkan sampai Wedang Ronde. Banyak sekali pilihan makanan ringan disini, sebaiknya sebelum anda menentukan untuk membeli ada baiknya anda berkeliling terlebih dulu dan baru menentukan pilihan. Tetapi anda perlu berhati hati jangan sampai anda kalap mata dan membeli semuanya, karena makanan disana "sedap dipandang mata" jadi kepingin untuk membeli semuanya.
       
         
      Food Plaza PIK buka dari jam 18.00 sampai larut malam, tapi jangan datang terlalu larut karena tidak dijamin makanannya masih ada. Sebaiknya ketika anda kesini gunakan pakaian yang nyaman dan sedikit longgar karena ketika ada keluar dari area Food Park pasti ada merasa kekenyangan dan merasa bersalah karena diet anda selama ini gagal semua.
      Selamat menikmati Food Plaza PIK.