• agoda-hemat.png

baihaki1985

Yang Unik dan Menarik di Negeri Bollywood India: Floating Island (1)

3 posts in this topic

Fenomena alam yang unik kerap menjadi daya tarik yang tinggi bagi para traveler. Di negara India, ada fenomena menarik yang membuat para traveler dari berbagai penjuru dunia pun berkunjung ke sana. Fenonema menarik tersebut adalah keberadaan floating island atau pulau melayang. Tak tanggung-tanggung, terdapat dua floating island yang bisa dijumpai di negara India. 

Danau Loktak

Fenomena floating island yang pertama di negara India bisa dijumpai di Danau Loktak yang terletak tidak jauh dari kota Moirang di negara bagian Manipur. Danau ini pun dikenal sebagai danau air tawar terbesar di kawasan timur laut India. Danau ini mempunyai luas mencapai 287 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata sejauh 2,7 meter. Titik terdalam di danau ini bisa mencapai 4,6 meter. 

loktak_1.jpg

Menelusuri Danau Loktak (sumber gambar: theincredibleindia)

Yang membuat unik danau ini tentu tak lain adalah keberadaan floating island. Menariknya lagi, floating island yang ada di tempat ini tidak hanya satu, melainkan terdapat beberapa. Floating island terbesar yang ada di Danau Loktak ini mempunyai luas mencapai 40 kilometer persegi. 

Pulau melayang yang terletak di danau ini tercipta berkat keberadaan apa yang disebut dengan phumdi. Phumdi ini merupakan sekumpulan tanaman, tanah dan materi organik lainnya yang melayang di atas permukaan air. Keberadaan phumdi ini pun sudah berlangsung sejak ratusan tahun. Namun keberadaan phumdi tersebut baru diketahui pada tahun 1886. 

Phumdi yang berada di Danau Loktak ini pun menjadi sumber penghidupan masyarakat lokal yang tinggal di sekitar danau. Di sekitar danau ini, setidaknya terdapat 55 kampung kecil dengan total populasi mencapai 100 ribu orang. Masyarakat sekitar pun biasanya menggunakan phumdi di Danau Loktak ini sebagai lokasi memancing yang strategis. 

danau loktak_1.jpg

Floating island yang ada di Danau Loktak India (kredit: Flickr/Ingudam Manoranjan)

Tak hanya terkenal karena fenomena unik floating island, Danau Loktak di Manipur ini juga mempunyai kekayaan hayati yang beragam. Phumdi yang terletak di danau ini pun menjadi habitat dari salah satu rusa yang terancam punah, rusa eld. Untuk itu, area tempat tinggal hewan langka tersebut dijadikan sebagai taman nasional, disebut dengan Taman Nasional Keibul Lamjao. 

Selain rusa langka, phumdi di Danau Loktak ini juga terkenal sebagai habitat hewan langka lainnya. Seperti di antaranya adalah ular piton india ataupun sambhar. Total spesies hewan yang diketahui tinggal di phumdi Danau Loktak ini mencapai 425 spesies, ( termasuk di antaranya adalah 249 vertebrata dan 176 lainnya hewan invertebrata ). 

Lokasi danau ini pun juga dikenal sebagai wilayah yang memiliki pemandangan fantastis. Mayoritas area di Manipur merupakan daerah yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Sementara Danau Loktak ini merupakan salah satu area terendah yang ada di Manipur. Dan danau ini pun dikelilingi oleh dataran tinggi hijau yang semakin membuat tempat ini indah. 

Bagi para traveler, fasilitas yang disediakan di tempat ini pun cukup lengkap. Bahkan terdapat sebuah tourist house yang ditempatkan di salah satu phumdi yang ada di tengah Danau Loktak. Selain itu, para traveler pun bisa berkeliling danau menggunakan perahu yang disewakan oleh masyarakat lokal setempat. 

perahu di loktak.jpg

Berkeliling Danau Loktak dengan floating island-nya menggunakan perahu (sumber gambar: manipurvacations)

Untuk urusan tempat menginap, di area Danau Loktak tersedia dua penginapan yang bisa dimanfaatkan. Keduanya adalah Forest Lodge Phubala dan Sendra Tourist Home. Dengan keberadaan kedua tempat menginap tersebut, traveler pun tidak perlu kesulitan mencari tempat tidur saat berkunjung ke danau dengan floating island ini. 

loktak_2.jpg

Tourist Home yang ada di salah satu floating island (kredit: Flickr/Kishalaya Namaram)

Lalu bagaimana dengan akses transportasi menuju ke Danau Loktak ini? Untuk yang satu ini, traveler pun tidak perlu kerepotan. Danau Loktak mempunyai jalur transportasi yang lancar menuju ke kota Imphal yang merupakan ibukota negara bagian Manipur. Jarak dari Imphal menuju ke Loktak sejauh 50 kilometer. Dan untuk kemudahan sarana perjalanan ke tempat ini, Kantor Pariwisata Manipur juga menyediakan layanan travel menuju ke sana.

Lalu kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Loktak ini? Musim dingin yang jatuh pada rentang antara bulan November hingga awal bulan Maret pun bisa jadi waktu yang menarik. Di momen ini, para traveler bisa berkesempatan untuk menengok keberadaan rusa langka. Selain itu, dapat pula berkesempatan untuk melihat migrasi para burung. Sebagai tambahan, pada bulan Februari atau Maret, di tempat ini juga dilaksanakan festival bulan purnama Yaosang. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now