Sign in to follow this  
Skyfall

Kenalan Sama Taman Nasionl Tanjung Puting di Kalimantan Tengah

7 posts in this topic

tanput.jpg

Kenapa saya bilang kenalan? Karena saya yakin masih banyak dari kita yang belum kenal dengan taman nasional habitat dari sejumlah orangutan (yang sudah diadopsi menjadi kata dalam bahasa inggris) dan Proposcis monkey (alias bekantan) ini.

orangutan-covering-head.jpg

Kalimantan bukan hanya Derawan, dan memang butuh perjuangan kalau mau ke Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP). Pangkalan Bun adalah kota terdekat dari TNTP yang bisa dicapai dengan pesawat dari Banjarmasin, Pontianak, ataupun Jakarta. Dari Pangkalan Bun, kita masih perlu naik minivan ke Kumai. Dari sini, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan klotok menyusuri Sungai Sekonyer menuju ke TNTP.

Klotok, Perahu Tradisional Khas Sungai Sekonyer

p473740139-4.jpg

Jalan2ers tenang saja. Sesampainya di TNTP, kita pasti akan ditemani oleh guide (national park ranger istilahnya) untuk menjelajahi TNTP. Oleh guide nanti akan dijelaskan mengenai betapa beranekaragamannya kekayaan hayati di TNTP ini, betapa pentingnya keberadaan TNTP untuk keseimbangan ekosistem di Indonesia (bukan hanya Kalimantan)

Tertarik jalan2 ke sana? Yuk. :)

Tapi sebelumnya, jangan lupa baca lengkap disini dan juga sini dulu ya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bagus tuh judulnya. Kenalan.

ya, karena saya juga malahan baru mendengar nama tempat itu.

hahaha....

untuk taman nasional, saya cm tahu Ujung Kulon saja.

hehehehe....

Share this post


Link to post
Share on other sites

perjuangan banget yaaaa utk datang je taman nasional ini...

bener kata TS ni, pasti masi banyak yang belum tau :)

sudah saatnya TV swasta atw nasional menjangkau tempat2 yang begini untuk diekpose lebih :D

kalo sama TV swasta ato nasional, mungkin pernah ngeliput sih mas. tapi gak banyak pasti, tampak tidak menarik kecuali kalo emang cinta ato peduli sama kelestarian alam / lingkungan / hewan. padahal menarik banget loh, kapan lagi liat orangutan sebelum mereka punah, secara jumlahnya udah sedikit banget sekarang

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo sama TV swasta ato nasional, mungkin pernah ngeliput sih mas. tapi gak banyak pasti, tampak tidak menarik kecuali kalo emang cinta ato peduli sama kelestarian alam / lingkungan / hewan. padahal menarik banget loh, kapan lagi liat orangutan sebelum mereka punah, secara jumlahnya udah sedikit banget sekarang

Padahal kalo bagi orang2 barat pasti menarik banget ya.. lokasi2 kyk gini kan kunjungannya nat-geo... kalo indonesia karena masih sering ketemu hutan jadi mungkin kurang tertarik ya? Hihihi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Padahal kalo bagi orang2 barat pasti menarik banget ya.. lokasi2 kyk gini kan kunjungannya nat-geo... kalo indonesia karena masih sering ketemu hutan jadi mungkin kurang tertarik ya? Hihihi

wah bener juga, mungkin itu alesannya ya mbak. kenapa jarang dimasukin ke acara tv indonesia, padahal udah banyak dibahas di acara tv luar negeri. bagi orang indonesia, yang kebanyakan masyarakatnya masih tinggal di rural, hutan itu masih biasa, dan bukan objek wisata yang menarik

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By seyakasamira
      Lalala-yeyeye..Setelah menunggu selama 7 Bulan lamanya, akhirnya nemu juga 5 orang korban lain (*eh?!) yang bersedia nge-trip bareng ke sini..uwowww jd terharu sayaa..  so, langsung saja..
      Day 1.
      Kita berangkat hari Jumat tgl 26 Sept'14, naik pesawat TriganaAir dari Jakarta menuju PangkalanBun. Sesampainya disana langsung dijemput oleh Tour Guide kami (Pak Andreas dari Yobel Tour), dan kita dicarterin taxi untuk menuju pelabuhan Kumai dengan jarak tempuh yg lumayan singkat yaitu 30 menit saja..Da..engingjrennggg... langsung terkesima dengan kapal yang akan kita kendarai selama 3 hari 2 malam mendatang..huhuhu..ga nyangka kapalnya oke banget,bersih dan ga se-prihatin yg saya bayangkan (mulai norak).
       
      Jadi awak kapal terdiri dari 1 orang kapten kapal, 1 orang crew kapal, 1 orang juru masak, dan Pak Andreas sbg Tour Leadernya. Kapal yg populer dinamakan kapal kelotok (karena bunyinya klotok..klotok..klotok) ini cukup luas buat kami ber 6 plus 4 orang awak kapal. Ada 2 dek, dek bawah itu untuk aktivitas awak kapal (buat nahkodanya, tempat menyimpan kasur2 tamu, tempat masak, dll). Dek atas disediakan untuk tamu. Fasilitasnya juga Ok bgt, kamar mandi pakai shower dan ada closet duduk, disediakan meja makan, ada balkon dengan 2 kursi leyeh2 untuk berjemur (what?berjemur??udah ky areng ginih -____- ! ) Oiya, jangan sedih..kita dapat 3x makan dan 2x snack dalam 1 hari. dan masakannya sungguhlah berlimpah dan super yummy..





       
      Di hari pertama ini kita langsung menuju Tanjung Harapan untuk lihat feeding time nya orangutan. Trekking masuk hutan sekitar 1 km dan sesampai di tempat feeding cuaca mulai mendung dan turunlah hujan. Eh, ternyata disana sudah menunggu beberapa rombongan tourist yg mau lihat proses feeding time ini. Dan dikarenakan wisata tanjung puting ini lebih populer atau diminati tourist luar, maka pemandangan disini adalah bule bule semua   . Disini kita menunggu ?-/+ 30 menit hingga orangutan yg masih ngumpet pada mau turun dari atas pohon menghampiri "panggung" yg berisi pisang2. Beruntung kita bisa melihat orangutan yg muncul dikarenakan kalau hujan biasanya mereka prefer leyeh2 di atas pohon (macam manusia yg kalo hujan lebih senang nedekem di rumah). Uwoww, beda lho rasanya ngelihat orangutan di ragunan/taman safari dengan orangutan disini. Kalo disini ada perasaan degdegan kalo mereka melintas dengan tubuh besarnya itu. Dikarenakan orangutan liar belum terbiasa disentuh oleh manusia (tdk sperti kbon binatang di jakarta), maka juga ada anjuran jangan sembarangan memberi makan orangutan, jangan berdiri diantara orangutan jantan dan betina, jangan bersuara terlalu keras/ribut yg akan mengganggu ketenangan orangutan dan beberapa rambu2 lainnya.







       
      Diperjalanan pulang, ketika melintasi sungai sekonyer kita bisa melihat sekawanan bekantan di kiri dan kanan pepohonan, kalau beruntung bisa melihat buaya pula. Dan saya beruntung melihat buaya dengan mata merahnya sedang mengincar mangsa.
      Malam harinya kita ber candle light dinner dengan lauk ikan nila bakar, tumis kangkung, tempe goreng, uhmm apa lagi ya lupa hehehe dan ditutup dengan dessert potongan buah mangga. Bener2 beruntung dapet chef yg jago masak.  Setelah kenyang, kapal menuju tempat dimana kita bisa melihat kunang2 dimana-mana..woww ga bisa dilukiskan dengan kata2 kita lihat pemandangan sejuta bintang dan kunang2 yg seprti pohon natal di kiri kanan kita..(sayang ga bisa ke photo). suasana malam hari disana sangat sunyi dan syahdu. Hanya ada suara jangkrik dan serangga2 lain yg bersahut2an dan Anyway kita tidur disediakan kasur beserta kelambu..Thanks God we had a marvellous momment and unforgettable experiences.
       
      Day2.
      Yang biasanya pagi2 di jakarta dibangunin sama kokok ayam, eh jangan sedihh disini kita subuh2 dibangunin sama suara bekantan jejeritan yg sedang bersendagurau..woww so sweet bgt ga sih dibangunin suara monyet.. hehehe..Setelah sarapan nasi goreng ikan asin yang banyaknya naujubilah (tapi abis dan kenyang) dan ngeteh2 cantik, maka berangkatlah kita menuju Pondok Tanggui dan dilanjutkan ke Camp Leakey. Di Pondok Tanggui trekkingnya seru, byk spot2 lucu buat foto2, nemu tumbuhan kantong semar, rayap, akar liana, dll tapi sayang setelah menunggu selama 1 jam, orangutannya ga ada yang mau turun di tempat feeding. Mungkin karena masih pagi dan byk bgt wisatawan yg berkunjung kesana jadi mereka malu-malu mau gitu kali ye..







       
      Perjalanan dilanjutkan ke Camp Leakey, pusat rehabilitasinya orangutan. Perjalanan lumayan jauh sekitar 8 km, namun pemandangannya mulai berubah, pohon2 lebih rindang, kiri kanan bisa lihat burung kingfisher, lihat buaya dan biawak berenang, pokoknya settingannya mirip film annaconda deh ngeri-ngeri sedap gitu heheheh.. dan air sungai berubah menjadi lebih jernih dan berwarna hitam. Warna hitam dikarenakan dasar tanahnya gambut namun bening sekali. Sampai bisa ngaca dan hasil fotonya mengagumkan bgt,krn pohon2 yg terpantul di air seperti ada reflection effectnya.  Begitu menginjakkan kaki disini, kita disambut oleh kedatangan Siswi, orangutan betina dewasa yang dari kecil sudah diasuh disini. Dikarenakan hujan, dia mulai ngumpet2 nyari tempat berlindung dan menutupi kepalanya dengan mencabut2 dahan2 yg ditumbuhi banyak daun. Uwoww lutunaaa.. Perjalanan ternyata masih panjang. Pak Andreas mengarahkan untuk ambil jalur masuk hutan sambil lihat2 tumbuhan endemik yang ada di hutan sini,jadi sekitar 1,5 km untuk sampai ke tempat feedingnya orang utan. Beruntung bisa lihat beberapa orangutan,uwa-uwak,squirel yg ke "atas panggung" buat ambil makanan. Yang menyenangkan lihat proses feeding ini adalah, kita jadi tahu gimana cara manggil orangutan supaya turun, gimana liat proses mereka bergelayutan dari pohon ke pohon, gimana cara mereka mengupas pisang dan memasukkan ke mulut, gimana cara ibu orangutan memberi makan anaknya, gimana mimik muka/ekspresi mereka mengendap2 atau mencuri makan lalu kabur, dan banyak lagi tingkah laku kocak lainnya. Adapula kedatangan babihutan yang ikut meramaikan suasana. Setelah sekitar 2 jam muncullah orangutan yg kita tunggu2 yaitu Tom, the king of Camp Leakey. Ya, si Tom ini penguasanya. Selayaknya raja, binatang lain akan mundur atau menyingkir ketika rajanya datang dan membiarkan si raja menghabiskan makanan yg disediakan. Jika ada orangutan dewasa disekitar sana yang dirasa mengancam kedudukannya, serta merta akan terjadi baku hantam disana. Hampir saja kami melihat proses baku hantam itu, yaitu ketika Ponorogo (salah satu orangutan dewasa ) terbirit2 dikejar oleh Tom karena lebih dahulu mengambil jatah makanannya. Namun sayang tidak terkejar dan Tom kembali duduk di singgasanannya sambil minum susu. Ya, makanan yg disediakan oleh Ranger hutan (petugas yg memberi makan orangutan) itu biasanya adalah pisang, tebu, dan susu dancow. wow. hehehe..Perjalanan trekking pulang, kita dihampiri juga oleh orangutan remaja bernama Gajah Mada. Serem ya namanya, tapi ternyata unyu2 gitu penampilannya hihihi..

      siswi

      the team
      Tom
      Gajah Mada
       
      Day 3.
      The Last Day, pagi2 seperti biasa kita dibangunkan oleh sekawanan bekantan, namun kali ini pemandangannya bekantan lagi pada lompat-lompat main air, ceritanya mau nyebrang pohon melintasi sungai, cuman ada aja jatoh2nya di sungai.. LUCU BGT, tapi ga sempet kefoto saking terseponanya. Oia, karena kita malam itu kapal berlabuh di pinggir rawa2 masih dekat Camp Leakey, maka paginya pun kita juga dibangunkan oleh kikikan burung kingfisher, iya kikikkan bukan kicauan karena ternyata suaranya macam kuntilanak yg lagi ngikik. hiiiii...
      Sepanjang perjalanan pulang ke pelabuhan kumai, puas2in berjemur (literally berjemur, panas sih untung byk angin dan hewan kece) demiii menikmati pemandangan yang sebentar lagi akan kami tinggalkan huhuhu..
      Jam 12 siang kami sampai di bandara pangkalan bun dan belum siap move on untuk menghadapi hiruk pikukknya jakarta
       
    • By Yolifa Queen
      Orangutan adalah dua spesies eksklusif Asia kera besar yang Keberadaanya hampir Punah karena faktor pemburuan liar dan banyak lainya. Tapi Orangutan yang hampir punah Ini  masih ada di  Indonesia, Meskipun Orangutan saat ini hanya ditemukan di Hutan  Kalimantan dan Hutan Sumatera. Karena Tempat Tinggalnya Yang Merupakan hutan yang lebat menjadikanya Sulit untuk Memperkirakan populasi yang Tepat. Di Borneo Populasi perkiraanya Sekitar 55.000 individu, dan di Sumatra sekitar 200 individu hal Ini terjadi karena Pembukaan Lahan yang Berlebihan. Orangutan adalah arboreal dari kera besar dan Paling Banyak  menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon-pohon karena Mereka Memakan buah-buah yang yang Dimana Buah adalah komponen yang paling penting dari diet orangutan, bagaimanapun kera juga akan makan tanaman, kulit kayu, madu, serangga dan bahkan telur burung. Mereka dapat hidup lebih dari 30 tahun baik di liar dan penangkaran.
       

      Orangutan Merupakan makluk Pemalu Mereka jarang Memperlihatkan dirinya pada manusia maupun makhluk lainya, Orangutan menjalani gaya hidup lebih menyendiri daripada kera besar lainnya hal ini yang menyebabkan Orangutan Lebih senang Menyendiri di pohon-pohon dan bergerak sangat cepat. kebanyakan ikatan social terjadi antara betina dan beberapa anaknya. Sebuah cerita rakyat di Sumatra dan Kalimantan dalam sebuah budaya popular bahwa orangutan jantan menampilkan daya tarik seksual perempuan manusia dan mungkin bahkan secara paksa bersanggama dengan Mereka.
      Beberapa Fakta Menarik lainya dari orangutan adalah orangutan mampu Menggunakan Tongkat sebagai alat bantu untuk mendapatkan Makananya dan Menggunakan daun Sebagai Pelindung dari sinar matahari. Tetapi Kini Populasi nya Benar-benar Terancam bahkan Bisa jadi anak cucu kita tak Mengenal orangutan karena pemburuan liar, Penjualan illegal dan Perusakan habitat alslinya. Maka dari itu untuk Membantu kelangsungan Hidupnya alangkah baiknya kita mendukung pelestarianya yang berada di borneo Kalimantan.
      Hari ini, ada banyak perjalanan wisata Orangutan di Kalimantan dan Sumatera yang akan melayani pengunjung mengeksplorasi kehidupan Orangutan. Semua wisata didasarkan pada prinsip perjalanan bertanggung jawab; melindungi lingkungan, menghormati budaya lokal, menguntungkan masyarakat setempat, membantu dan melindungi orangutan, satwa liar dan Budaya Lokal. 

       
    • By Yolifa Queen
      Assalamualaikum para good Jalan2lover . . .
       

      Pagi Ini saya akan Mengajak anda Untuk Berkunjung Ke Taman Nasional Tanjung Puting . Belum Tau Apa Itu Taman Nasional Tanjung Puting ? jangan Khawatir Ini lah Gunanya Kita Berda Di Forum Ini Untuk Saling Bertukar Informasi. Taman Nasional Tanjung Puting Merupakan Wisata Alam Kalimantan yang Juga Termasuk sebagai hutan Lindung yang memiliki Wilayah sangat Luas. Tanjung puting Di Jadikan Sebagai habitat asli orangutan Untuk Melestarikan Keberadaanya Yang Hampir Punah. kalian Patut bangga berada Di Indonesia Karena Tanjung Puting Menjadi habitat Orangutan Terbesar Di Dunia Dengan Penguhuninya Yang Mencapai 40.000 Spesies Orangutan.
      Kenapa saya Berkata Mengajak anda mengunjungi Nenek Moyang manusia Di tanjung Puting ? Ya Tidak lain karena Orangutan Merupakan Salah Satu Hewan Yag secara Fisik Hampir Mirip Dengan Manusia hehehe, tapi jangan Marah Ya  . . .
       

      Taman nasional Tanjung Puting Telah Terkenal Sebagai wisata alam Yang Seru dan Menyenangkan yang Menjadi Incaran para Wisatawan domestik dan manca Negara. Untuk Menuju Kesana Kita Tidak Perlu Khawatir karena Telah Tersedia Team Guide Profesional yang Siap Mengantar anda Untuk Berwisata Mengunjungi nenek Moyang Manusia , Biar Bisa Kangen- kangenan  ... ya Gk lah Tentunya Kita Sebagai manusia Berkunjung Kesana Selain Untuk Berwisata kita Juga Untuk Ikut Serta Dalam pelestarianya agar Orangutan Tidak Punah. Untuk Menuju Ke Taman nasional tanjung Puting Kita dapat Menggunakan Klotok Tour tanjung Puting  yang Siap Mengantarkan dan Menemani Wisata alam kita Di Borneo Island.

      Saat kita Menaiki Klotok anda Tentu akan Merasakan sensasi yang Berbeda yang Tak akan di Temui Di tempat lain, Dengan Klotok transpotasi tradional kalimantan Ini anda akan di manjakan Dengan hilir Sungai yang sangat Jernih dan Tentunya dengan panorama hutan Tropis khas kalimantan. Untuk Berkunjung kesana anda Tidak Perlu khawatir karena Agen Orangutan Tour akan Memberikan service Terbaik Dengan Harga Terjangkau . Bagai mana anda Mau Mencobanya Berwisata Di Borneo Tour tanjung Puting bermain Bersama Orangutan secara Lebih nyata .
      Untuk Keseruan Orangutan lainya anda Bisa Membacanya Bersama Disini .
    • By disiniaja10
      Selamat sore semuanya, bagaimana kabarnya hari ini? Sudah puaskah kalian liburan di tahun baru 2017 ini? hehe. Jika ada yang masih kurang liburannya dan masih liburan di rumah, kamu bisa tuh melihat-lihat benda sejarah dari Kalimantan Tengah yakni senjata tradisional.
      Tepatnya senjata tersebut disimpan di sebuah museum yang bernama Museum Balanga. Ada yang dari Kalimantan kah disini? Mungkin bagi kamu yang berasal dari Kalimantan bisa sedikit membeberkan bagaiman liburan disana. hehe
      Di Museum tersebut banyak benda-benda yang unik dan bersejarah tentunya. Diantaranya keunikan senjata tradisional khas Kalimantan Tengah yang mungkin sebagian dari kita belum tahu. 
      Senjata-senjata unik tersebut diantaranya:
      1. Sumpit
      Senjata tradisional sumpit atau biasa masyarakat Kalimantan menyebutnya sipet, merupakan senjata khas yang dipergunakan dalam berburu di hutan ataupun sebagai senjata pembunuh diam-diam (kaya sniper). 
      Cara menggunakannya pun susah-susah gampang karena kalau kita hanya melihatnya saja memang terlihat gampang karena tinggal ditiup. Tetapi kenyataannya tiupan tersebut haruslah tiupan yang kuat untuk menghasilkan tembakan yang akurat dan cepat.
      Untuk saat ini, senjata tradisional sumpit sudah dipergunakan oleh para tentara AD untuk digunakan sebagai latihan. Karena selain mematikan peluru tersebut di olesi dengan getah pohon yang memang sangat beracun untuk melumpuhkan musuh.
      2. Mandau
      Untuk senjata mungkin sudah pada tahu ya.. Karena memang senjata mandau ini sudah terkenal merupakan senjata khas dari Kalimantan. Senjata ini dikenal sebagai senjata suku dayak. Mandau juga merupakan salah satu senjata yang unik karena terdapat cirri khasnya yaitu pada ukiran-ukiran di bagian bilahnya.
      Senjata Mandau ini terdapat 2 varian senjata yaitu Mandau dengan jenis yang biasa dan ada Mandau dengan jenis tampilan. Biasanya untuk Mandau dengan jenis tampilan sering dipergunakan dalam peperangan ataupun dalam upacara-upacara adat di Kalimantan. Untuk yang jenis Mandau biasa, sering dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.
      Mandau khas Kalimantan ini mempunyai ukuran kurang lebih ½ meter karena merupakan sejenis senjata jenis parang dalam segi bentuknya.
      Ada yang bisa menambahkan lagi apa saja yang khas dari Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah? Monggo di kolom komentar yaa.
    • By denorra
      Hola gaes, long time no write!
      berhubung td ada kendala teknis, gue jd males nulis ulang, gue langsung singkat aja ya, ntar gue tambahin dikti2 pas ada waktu (yeah rite, kaya yg sibuk aje:p)
      gue ke pangkalan bun akhir taon lalu (iye, telat banget nulis dimari, hihihi). gue ke SM. Lamandau, Orangutan Care Centre, Camp Leakey/Tj. Puting
      Berhubung ini terkait sama kerjaan gue, jd gue ga bisa syer soal tour guide, transportasi atau hotel, semua uda diarrange, hehehe
      Satu hal yg pasti, kalo mau kesana, pake baju bahan kaos aj yg nyerep kringet, dg kelembaban seratus persen, gue sakses berat basah bermandi keringat, mending jg bermandikan cinta kan? #eaaaaaaaaaaa
      Borneo kali ini istimewa karena bberapa hal sih,
      1. Tour guide gue Dr. Biruti galdikas, the living legend herself. setelah pertemuan pertama 2010 tanpa kata,  5 taon kemudian ktmu lagi dan ga cm ngobrol, tp kerja bareng! yg ga tau beliau, gugel deh
      2. Menyaksikan interaksi antara manusia sm hewan emg membahagiakan. restore ur humanity, bikin ati adem. gue smpe ga bisa komen ngliat orang2 yg mendedikasikan ngurusin orangutan di Kalimantan. mengharukan. berkaca-kaca
      3. Cinta Tanpa Koma. setelah mengarungi luasnya dan panjangnya sungai ples masuk utan, gue ga kebayang kerja Bu Biruti taon 70an, naik perahu kayu seharian (skrang pake speedboat bisa 2 jam, naik perahu agak gede 4 jam) utk menuju Lamandau dan Tp Puting ples ngediriin Camp Leakey. Kalao bukan Cinta ya ga mungkin! denger cerita stafnya aj bikin maknyes. ga ada ekspresi sedih, capek, bahagia2 aj mereka. Love at its purest form. 
      4. di Care Centre, gue liat bayi orangutan, remaja, sm yg dewasa, kaya manusia aj, bayi manusia ya ampuuun cue abiiiiiis!
      5. SM Lamandau dan TN Tanjung Puting tu ga melulu liat pemandangna yg eksotis (TjPuting ternyata cakep bagnet deh sepanjang sungainya), tp ya cinta itu sendiri (ini gue kok drama banget, hahah)
       
       








    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taman nasional adalah sesuatu yang sangat berharga. Sebab di dalamnya kamu dapat menemukan banyak keindahan alam flora dan fauna yang khas dari suatu daerah. Itulah sebabnya banyak negara berusaha untuk memperbaiki dan mempercantik taman nasional yang mereka miliki.
      Keindahan alami juga semakin mempengaruhi tingkat keindahan taman nasional tersebut. Taman nasional rupanya memiliki daya tarik tersendiri yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya.
      Nah, apakah kamu penasaran? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di dunia yang seru untuk kamu kunjungi pada liburan selanjutnya. Adapun daftar ini dibuat secara acak.
       
      1. Taman Nasional Acadia, Maine, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Acadia
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menawarkan pemandangan cantik berupa air laut yang biru jernih. Air laut tersebut merupakan Samudera Atlantik. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Acadia yang terletak di Maine, Amerika Serikat.
      Taman nasional ini didesain oleh seorang arsitek lanskap yang bernama Charles Eliott. Taman nasional ini dahulunya bernama Taman Nasional Lafayette namun kemudian berubah nama menjadi Taman Nasional Acadia pada tahun 1929.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan kawasan pegunungan, lautan, danau dan lain-lain. Semuanya terdapat dalam kawasan taman nasional dengan luas mencapai sekitar 19.000 hektar ini.
      Di taman nasional ini juga terdapat banyak flora dan fauna yang dapat kamu temui. Flora yang terdapat di taman nasional ini adalah flora dengan jenis algae, fungi, dan lain-lain. Sementara itu, fauna yang terdapat di taman nasional ini adalah rusa, berang-berang, tupai dan lain-lain.
       
      2. Taman Nasional Olympic, Washington, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Olympic 
       
      Inilah dia taman nasional cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mendatangi Amerika Serikat. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Olympic yang terletak di Mount Angeles Road, Port Angeles, Washington, Amerika Serikat.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan berbagai keindahan dari banyak ekosistem, keindahan alam serta sejarah kebudayaan. Bagi kamu yang ingin bersantai sejenak dari penatnya kehidupan sehari-hari, tentu dapat mencoba mengunjungi taman nasional yang satu ini.
      Beberapa kegiatan wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah mendayung, camping, climbing, memancing, stargazing di malam hari, dan lain-lain. Nah, ketika kamu mengunjungi taman nasional ini pada waktu musim dingin, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti skiing.
      Jika kamu berniat untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu hari penuh, kamu dapat melakukan kunjungan cepat ke kawasan ekosistem utama taman nasional ini, pegunungan, hutan dan pantai.
      Selain itu, jika kamu berniat untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu atau dua hari penuh, maka kamu dapat mengeksplor lebih banyak lagi keanekaragaman ekosistem yang terdapat di taman nasional ini. Kamu mungkin juga berminat untuk melakukan hiking atau mengunjungi taman rusa di taman nasional ini.
       
      3. Taman Nasional Virgin, Kepulauan Virgin, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Virgin 
       
      Masih di Amerika Serikat, kali ini kamu juga akan mengetahui taman nasional cantik lainnya yang terdapat di negara ini. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Virgin yang terletak di St John, Kepulauan Virgin, Amerika Serikat.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan panorama alam yang luar biasa cantik dan tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah hiking, boating, fishing, snorkeling, kayaking, windsurfing dan lain-lain.
      Jika kamu berencana untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu jam, kamu dapat berjalan di trail Annaberg sugar mill dan Teluk Cinnamon. Selain itu, jika kamu berencana untuk mengeksplor taman nasional ini selama dua hingga tiga jam, kamu dapat melakukan hiking dari Visitor Center menuju Pantai Honeymoon atau Solomon.
      Taman nasional ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan spot snorkelingmu. Hal ini karena kamu dapat merasakan air hangat yang berasal dari St. John. Cobalah untuk mengambil panduan snorkeling di Visitor Center untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.
       
      4. Taman Nasional Snowdonia, Wales, Britania Raya
       

       

      Snowdonia, Wales, Britania Raya 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional tercantik yang terdapat di Britania Raya. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Snowdonia yang terletak di Wales, Britania Raya.
      Taman nasional ini terletak di 3560 kaki di atas permukaan laut. Selain itu, ketika mendatangi taman nasional ini kamu akan dapat merasakan hawa yang sejuk serta melihat panorama yang indah untuk kamu sambangi.
      Taman nasional ini merupakan taman nasional yang juga merupakan rumah bagi sekitar 26.000 orang. Selain merupakan taman nasional terbesar di Wales, taman nasional ini juga merupakan tempat pegunungan tertinggi Wales dan Inggris berada.
      Nah, Taman Nasional Snowdonia ini juga merupakan tempat dimana danau alam terbesar di Wales berada. Di taman nasional ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan berupa pegunungan, danau, bukit dan lain-lain.
      Ketika pertama kali mengunjungi taman nasional yang satu ini, kamu juga akan merasa terbiasa mendengarkan penduduk lokalnya berbicara dengan bahasa Welsh. Hal ini karena bahasa Welsh ini sendiri merupakan bahasa lokal bagi lebih dari 50% penduduk di taman nasional tersebut.
      Mengunjungi taman nasional ini tentu dapat kamu masukkan dalam daftar taman nasional yang dapat kamu sambangi. Nah, ketika kamu mengunjungi Britania Raya, sebaiknya kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional indah yang satu ini.
       
      5. Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan
       

       

      Taman Nasional Kruger 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional terindah yang terdapat di Afrika Selatan. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Kruger. Nah, ketika mengunjungi taman nasional ini kamu dapat menyaksikan keindahan kehidupan satwa liar Afrika.
      Taman ini memiliki luas yang sangat besar dan mencapai lebih dari 19.000 kilometer persegi. Selain itu, taman nasional ini merupakan taman nasional pertama yang ada di Afrika Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1926.
      Berbagai aktivitas wisata yang dapat coba kamu lakukan ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi taman nasional ini adalah menyetir sambil berkeliling dan menyaksikan kehidupan satwa liar secara lebih dekat, mountain biking, eco trails, hingga mengamati satwa burung.
      Taman nasional ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu tempat yang dilindungi oleh UNESCO. Beberapa jenis fauna yang terdapat di taman nasional ini adalah badak hitam, cheetah, kuda nil, gajah, badak putih, singa, hyena, leopard, jerapah, buaya, impala, dan lain-lain.
      Sementara itu, beberapa jenis flora yang terdapat di taman nasional ini adalah akasia, red bush willow, dan lain-lain. Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Afrika Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional menarik yang satu ini dan merasakan sendiri bagaimana rasanya lebih dekat dengan kehidupan satwa liar di Afrika.
       
      6. Taman Nasional Haleakala, Hawaii, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Haleakala, Hawaii
       
      Taman nasional ini adalah taman nasional yang terletak di kawasan Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Ya, taman nasional ini bernama taman nasional Haleakala.
      Taman nasional ini memiliki luas total kawasan yang mencapai lebih dari 130 kilometer persegi. Taman nasional ini juga dibangun untuk melindungi banyak fauna yang hanya terdapat di taman nasional ini.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di Taman Nasional Haleakala adalah melihat sunrise atau sunset, hiking, camping dan lain-lain. Beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah topi, sunblock, kacamata hitam, makanan, air minum, poncho, sepatu olahraga atau sepatu hiking.
      Jika kamu ingin mengunjungi daerah pantai di taman nasional ini, kamu dapat mengunjungi daerah Kipahulu. Nah, ketika mengunjungi bagian ini jangan lupa untuk membawa pula lotion anti nyamuk. Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu menjelajahi Amerika Serikat, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      7. Taman Nasional Deosai, Scardu, Pakistan
       

       

      Taman Nasional Deosai, Scardu, Pakistan 
       
      Taman Nasional Deosai terletak di Skardu dan bukit Astore, bagian utara Pakistan. Taman nasional ini terletak sekitar 13.000 kaki di atas permukaan laut. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai sekitar 3.000 kilometer persegi. Selain itu, di antara bulan November hingga Mei, kamu dapat menyaksikan ada salju di taman nasional ini. Sementara itu, pada waktu musim panas ketika sedang tidak terdapat salju, kamu dapat mencapai taman nasional ini dari arah Skardu (utara) dan bukit Astore (barat).
      Beberapa satwa yang terdapat di taman nasional ini antara lain adalah serigala, leopard, marmot dan sejumlah burung yang seringkali bermigrasi. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Pakistan, jangan lewatkan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      8. Taman Nasional Kakadu, Australia
       

       

      Taman Nasional Kakadu, Australia
       
      Inilah dia sebuah taman nasional yang terletak di Australia Utara, sekitar 171 kilometer sebelah timur Kota Darwin. Taman Nasional Kakadu ini sendiri terletak di daerah sungai Alligator Australia Utara.
      Taman Nasional Kakadu menutupi area seluas 19.804 kilometer persegi, terbentang hampir 200 kilometer dari utara ke selatan dan lebih dari 100 kilometer dari barat ke timur. Di taman nasional ini kamu dapat menemukan banyak keanekaragaman ekologi dan biologi.
      Taman nasional ini merupakan rumah bagi banyak flora dan fauna endemic yang sudah jarang dan hampir punah. Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi sekitar sepertiga spesies burung asli Australia dan setengah fresh water di Australia.
      Taman Nasional Kakadu juga sangat berkaitan erat dengan kebudayaan lokal Australia. Ya, lanskap budaya memang sudah sangat melekat di taman nasional ini. Konon, warga lokal sendiri sudah menjaga taman nasional ini selama lebih dari 50.000 tahun.
      Ya, kunjungan ke taman nasional ini memang sebaiknya dapat kamu masukkan dalam daftar kegiatan wisatamu ketika mengunjungi Australia. Nah, ketika mengunjungi Australia Utara khususnya, jangan lupa untuk menyambangi taman nasional cantik yang satu ini pula.
       
      9. Taman Nasional Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat
       

       

      Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang dapat kamu sambangi ketika kamu mengunjungi Amerika Serikat. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Grand Canyon.
      Taman nasional ini merupakan taman nasional yang terletak di dekat Sungai Colorado dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1979. Grand Canyon sendiri pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah mengikuti program free ranger. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui berbagai hal mengenai seluk beluk taman nasional ini. Ya, kamu dapat mengetahui berbagai sisi seperti sejarah, kebudayaan, dan lain-lain.
      Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan hiking. Kamu juga dapat menyaksikan film documenter yang menjelaskan tentang Taman Nasional Grand Canyon ini. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Amerika Serikat, jangan lupa untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      10. Taman Nasional Sagarmantha, Nepal
       

       

      Taman Nasional Sagarmantha 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terletak di Nepal. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Sagarmantha.
      Secara spesifik, taman nasional ini terletak di daerah Namche, Nepal. Taman nasional ini merupakan kawasan lindung yang terletak di daerah Himalaya, sekitar bagian timur Nepal. Taman nasional ini memiliki luas area sekitar 1.148 kilometer persegi.
      Taman nasional ini didominasi oleh Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia dengan puncak yang mencapai 8.848 meter. Di tempat ini kamu juga dapat menemukan banyak spesies yang sudah hampir punah, seperti leopard dan panda.
      Beberapa vegetasi yang terdapat di taman nasional ini adalah juniper, bamboo, rhododendron, pinus, dan lain-lain. Selain vegetasi, beberapa satwa yang terdapat di tempat ini adalah leopard, panda merah, monyet langur, hingga serigala Himalaya.
               
      11. Taman Nasional Iguazu, Argentina
       

       

      Taman Nasional Iguazu, Argentina 
       
      Inilah dia sebuah taman nasional cantik yang terletak di Argentina. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Iguazu. Secara spesifik, taman nasional ini terletak di Ruta 101, Puerto Igazu, Argentina.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan sebuah air terjun yang terletak di pusat kawasan taman nasional ini. Nah, air terjun tersebut memiliki ketinggian yang mencapai sekitar 80 meter. Karena keindahannya, air terjun ini pun menjadi salah satu air terjun tercantik di dunia.
      Taman Nasional Iguazu memiliki luas total kawasan yang mencapai sekitar 550 kilometer persegi. Beberapa satwa liar yang terdapat di taman nasional ini adalah jaguar, jaguarondi, tapir Amerika Selatan, dan lain-lain.
      Selain itu, di Taman Nasional Iguazu ini juga kamu dapat menemukan banyak jenis kupu-kupu. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Argentina, jangan lupa untuk datang mengunjungi taman nasional yang satu ini.      
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di dunia yang seru untuk kamu kunjungi pada liburan selanjutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu agar kamu dapat memiliki referensi wisata kunjungan taman nasional pada kesempatan liburan selanjutnya.
      Ternyata, taman nasional juga mampu menjadi destinasi wisata cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu datang berkunjung ke suatu negara. Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem yang asli. Selain itu, taman nasional ini juga dikelola dengan system zonasi yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan juga rekreasi.
      Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi. Selain pantai, gunung, Indonesia juga rupanya memiliki banyak taman nasional yang menanti untuk kamu sambangi.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi taman-taman nasional yang terdapat di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Adapun daftar ini dibuat secara acak dan tidak berurutan.
       
      1. Taman Nasional Gunung Leuseur
       

       

      Taman Nasional Gunung Leuser 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terdapat di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang terdapat di antara Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dan Kabupaten Dairi, Karo, Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
      Taman Nasional Gunung Leuser ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980 oleh UNESCO. Taman nasional ini menjadi lokasi konservasi dan pembangunan keanekaragaman hayati, taman yang satu ini terdiri dari ekosistem hutan pantai, hutan hujan tropis dataran rendah, dan pegunungan.
      Di taman nasional ini, kamu dapat merasakan serunya sensasi trekking membelah hutan lebat dan menemukan sungai dan air terjun. Nah, jika kamu beruntung kamu dapat menemukan orangutan dan gajah Sumatera ketika mengunjungi tempat ini.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan banyak hewan lainnya, seperti badak sumatera, siamang, kambing hutan hingga harimau Sumatera. Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah sejak bulan Juni hingga bulan Oktober.
       
      2. Taman Nasional Bunaken
       

       

      Taman Nasional Bunaken 
       
      Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.
      Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991. Selain itu, taman nasional ini memiliki luas sebesar 890,65 kilometer persegi.
      Sebanyak 97% dari kawasan ini merupakan habitat laut sementara 3% sisanya merupakan daratan. Daratan di taman nasional ini adalah Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.
      Beberapa jenis satwa yang terdapat di daratan pesisir adalah kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. Di taman nasional ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska, camar, bangau, dara laut dan cangak laut.
      Yang paling menarik dari taman nasional ini adalah kamu dapat menyaksikan tebing karang vertical sampai sejauh sekitar 25 hingga 50 meter. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah dari bulan Mei hingga Agustus setiap tahunnya.
       
      3. Taman Nasional Baluran
       

       

      Taman Nasional Baluran 
       
      Ini dia salah satu taman nasional di Banyuwangi yang terlalu sayang untuk kamu lewatkan. Kamu menyangka sedang berada di Afrika? Bukan, ini adalah Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.
      Tempat ini adalah hamparan savanna terluas di Pulau Jawa. Ketika kamu berhasil menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam indah yang memukau.
      Kamu akan dapat melihat pemandangan berupa ratusan rusa liar berlarian menuju kubangan air. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan merak jantan melebarkan ekornya guna menarik perhatian sang betina. Kamu juga dapat melihat puluhan kerbau yang gagah dan lain-lain.
      Pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran memang sangat indah dan menarik perhatian. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki Taman Nasional Baluran adalah sekitar Rp 6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang.
      Di tempat ini, kamu dapat melakukan kegiatan penelitian, pengamatan dan atraksi satwa serta berkunjung ke Pantai Bama. Kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
      Luas taman nasional ini mencapai sekitar 25.000 hektar. Di sana juga terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. 40% dari tipe vegetasi di Taman Nasional ini merupakan vegetasi savanna. Hal ini mengakibatkan daerah ini menjadi daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.
       
      4. Taman Nasional Ujung Kulon
       

       

      Taman Nasional Ujung Kulon
       
      Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah taman nasional yang terletak di bagian ujung Pulau Jawa bagian barat. Taman ini memiliki luas sekitar 122.956 hektar.
      Taman nasional ini termasuk salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan paling awal. Selain itu, taman ini juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.
      Tempat ini menjadi habitat asli sekaligus perlindungan bagi badak jawa yang saat ini sudah tinggal puluhan ekor tersisa. Ketika mengunjungi taman nasional ini, kamu akan pertama kali bertemu dengan Pulau Peucang.
      Ya, Pulau Peucang merupakan pulau pertama yang akan ditemui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon ini. Di Pulau Peucang ini kamu dapat menemukan pantai berpasir putih yang indah dan menanti untuk kamu sambangi.
      Terdapat banyak tempat-tempat di taman nasional ini yang dapat kamu kunjungi dan memiliki banyak pemandangan yang cantik. Tempat-tempat tersebut adalah sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya atau sejarah.
      Selain itu, di pantai ini kamu juga dapat menemukan banyak babi dan monyet yang hidup secara liar. Hal ini menandakan bahwa kawasan ini masih alami. Nah, jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan April hingga September karena waktu tersebut adalah waktu terbaik.
       
      5. Taman Nasional Wakatobi
       

       

      Taman Nasional Wakatobi 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Total area taman nasional ini adalah sekitar 1,39 juta hektar. Di dalam taman nasional ini terdapat keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Selain itu, taman nasional ini juga menempati salah satu posisi tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.
      Kawasan taman nasional ini memang terkenal sangat kaya dengan koral. Sebab, di taman nasional ini terdapat setidaknya 750 spesies koral dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia.
      Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.
      Wakatobi sendiri memiliki sekitar 25 gugusan terumbu karang yang menjadikannya sebagai habitat ideal bagi berbagai jenis biota laut. Berbagai biota laut senang untuk tinggal di Wakatobi karena memiliki nilai konservasi dan juga estetika yang tinggi.
      Berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah diving, snorkeling, berenang dan memancing. Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Tenggara sebaiknya kamu juga menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Wakatobi ini.
       
      6. Taman Nasional Way Kambas
       

       

      Taman Nasional Way Kambas 
       
      Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfungsi sebagai pusat perlindungan gajah. Taman nasional ini terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.
      Gajah yang menjadi pusat perhatian di taman nasional ini adalah Gajah Sumatera. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 125.621 hektar. Nah, selain itu taman nasional ini juga merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai.
      Di kawasan ini, kamu dapat menyaksikan sebuah pusat latihan gajah yang telah didirikan sejak tahun 1985. Yang menarik adalah hingga saat ini kawasan ini telah melatih dan menjinakkan sekitar 200 gajah. Wah, keren sekali bukan?
      Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan Juli hingga September. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat International Rhino Foundation yang berguna untuk menjaga badak agar tidak punah.
       
      7. Taman Nasional Kepulauan Seribu
       

       

      Taman Nasional Kepulauan Seribu
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang terletak di Jakarta. Ya, taman nasional ini merupakan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Di kawasan ini terdapat setidaknya sekitar 78 pulau besar atau kecil yang tingginya tidak lebih dari 3 mdpl. Pulau ini sendiri merupakan kumpulan dari gugusan karang.
      Nah, di taman nasional ini kamu dapat menemukan lebih dari 54 jenis kerang keras atau lunak, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 144 jenis ikan, dan 17 jenis burung pantai. Yang paling menyenangkan dari tempat ini adalah kamu dapat menemukan tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang tergolong langka.
      Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah pada waktu bulan Maret hingga Mei. Yang paling menyenangkan adalah taman ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, yaitu sekitar 45 kilometer.
       
      8. Taman Nasional Pulau Komodo
       

       

      Taman Nasional Pulau Komodo
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menjadi kebanggaan warga Indonesia. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Pulau Komodo.
      Taman nasional ini terletak pada perbatasan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 yang berfungsi untuk menjaga dan melestarikan komodo, spesies kadal terbesar di dunia.
      Nah, pada tahun 1991, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.
      Nah, Taman Nasional Pulau Komodo ini terletak di kawasan  Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia.
      Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan setidaknya 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini.
      Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sebaiknya kamu tidak melewati kesempatan untuk mengunjungi Pulau Komodo ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo adalah dari bulan Maret hingga Juni atau dari bulan Oktober hingga Desember.
      Selain dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Komodo, kamu juga dapat mencoba untuk menantang adrenalinmu sendiri ketika kamu mengunjungi taman nasional ini. Ya, dengan mengunjungi taman nasional ini kamu juga dapat mengetahui apakah kamu cukup berani untuk berhadapan langsung dengan komodo atau tidak.
        
      9. Taman Nasional Tanjung Puting
       

       

      Taman Nasional Tanjung Puting 
       
      Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional ini terletak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas keseluruhan taman nasional ini mencapai 415.040 hektar.
      Lokasi rehabilitasi orangutan terletak di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Di tempat ini kamu dapat menemukan orang utan asli Kalimantan dengan bulu kemerahan dan tanpa ekor. Menyenangkan sekali, bukan?
      Dengan singgah sejenak di tempat ini, kamu dapat merasa lebih peduli dan menyayangi satwa-satwa langka yang sedang berjuang di pusat rehabilitasi ini. Nah, di taman nasional ini kamu juga dapat menyaksikan orang utan yang hidup langsung di habitatnya sehingga kawasan ini masih tergolong alami.
      Sebaiknya kamu menghindari kunjungan ke taman nasional pada bulan Juli hingga Agustus. Hal ini karena waktu-waktu tersebut merupakan high season sehingga harga diprediksi pengunjung taman nasional ini akan membludak dan semakin banyak.
      Salah satu tips terbaik yang dapat kamu lakukan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah selalu membawa lotion anti nyamuk agar kamu dapat tetap merasa nyaman ketika menjelajahi taman nasional ini.
       
      10. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
       

       

      Taman Nasional Teluk Cendrawasih 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang sebaiknya kamu kunjungi. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua.
      Jika kamu berminat untuk berenang di taman nasional ini, bukan tidak mungkin kamu dapat mendapatkan foto keren sedang berfoto dengan hiu paus. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai lebih dari 1 juta hektar.
      Dengan luas yang besar tersebut, taman nasional ini telah mencakup ekosistem terumbu karang, mangrove, pantai dan hutan tropis. Nah, di taman nasional yang memiliki perairan yang sangat luas ini terdapat 209 jenis ikan, beberapa jenis penyu, duyung, lumba-lumba, paus hingga hiu.
      Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas di Pulau Misowaar, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada waktu terbaik, yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengeksplor banyak taman nasional cantik di Indonesia.
      Happy traveling!